FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by dade on Fri Jun 17, 2016 2:28 pm

Dapatkah terlaksana kerukunan beragama
diantara penganut berbagai agama?


Tegasnya antara orang-orang beriman dengan penganut agama lain tak mungkin, dan tak dibolehkan terjalin kerukunan beragama sebagai keseragaman beragama.

       Bagaimana mungkin disatukan gerak dengan diam, ataupun air dengan minyak. Masing-masing nya tetap terkelompok pada jenis sendiri. Usaha menyatukannya adalah pekerjaan sia-sia. Jadi usaha untuk mewujudkan kerukunan beragama adalah perbuatan sia-sia dan berbahaya, yaitu kemungkinan hancurnya nasib golongan, ataupun suatu fihak ditelan oleh yang lain.


Tentang ini perhatikanlah maksud ayat:

وَلَا تَكُونُوا كَالَّتِي
نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِن بَعْدِ قُوَّةٍ
أَنكَاثًا تَتَّخِذُونَ أَيْمَانَكُمْ دَخَلًا بَيْنَكُمْ أَن
تَكُونَ أُمَّةٌ هِيَ أَرْبَىٰ مِنْ أُمَّةٍ ۚ إِنَّمَا يَبْلُوكُمُ اللَّهُ
بِهِ ۚ وَلَيُبَيِّنَنَّ لَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

16/92. Dan janganlah menjadi seperti perempuan
yang merusak tenunannya sesudah kuat karena pemungkiran,
kamu adakan tata hukummu memasuki (kerukunan beragama)
di antara kamu agar suatu ummat jadi lebih besar daripada
ummat lainnya. Bahwa ALLAH menguji kamu dengannya
dan akan DIA terangkan padamu pada hari kiamat
apa-apa yang telah kamu perselisihkan.


Ada ketentuan ALLAH yang selalu harus diingat, yaitu yang tercantum pada ayat 9/29 bahwa orang-orang beriman diperintah memerangi orang-orang yang mengingkari ALLAH dan Rasul-NYA serta adanya hari akhirat, begitupun orang-orang yang tidak mengharamkan apa-apa yang diharamkan ALLAH, dan yang tidak beragama dengan agama Islam, hingga mereka membayar upeti dan termasuk orang-orang kecil.


    Jadi dengan semua alasan itu teranglah bahwa:

1. Masyarakat Islam adalah suatu kelompok manusia dalam lingkungan daerah tertentu yang hukum hidupnya melulu berdasarkan ayat-ayat suci yang diturunkan ALLAH termaktub dalam Alquran.

2.  Orang-orang kafir tak mungkin ada dalam lingkungan masyarakat Islam, kecuali tenaga ahli yang dibutuhkan sebagai tercantum pada ayat 3/28 ataupun perwakilan negara asing yang dengannya telah diadakan perjanjian.

3.  Setiap anggota masyarakat wajib patuh menjalankan hukum hidup yang terkandung dalam Alquran, dan bagi setiap penentangnya diberikan sangsi hukum tertentu.

4. Maka perintah perang yang terkandung pada ayat 9/29 adalah perang terhadap orang-orang kafir yang menjadi anggota masyarakat dalam lingkungan daerah tertentu:

قَاتِلُوا الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
وَلَا بِالْيَوْمِ الْآخِرِ وَلَا يُحَرِّمُونَ مَا
حَرَّمَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَلَا يَدِينُونَ دِينَ الْحَقِّ مِنَ الَّذِينَ
أُوتُوا الْكِتَابَ حَتَّىٰ يُعْطُوا الْجِزْيَةَ عَن يَدٍ وَهُمْ صَاغِرُونَ

9/29.  Perangilah orang-orang yang tidak beriman pada ALLAH
dan tidak pula pada hari yang akhir, dan yang tidak mengharamkan
apa-apa yang diharamkan ALLAH  serta Rasul-NYA, dan yang tidak
beragama dengan agama logis dari orang-orang yang didatangkan
Kitab, hingga mereka membayar upeti dengan tangan mereka
selaku orang-orang kecil (derajat).
avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 40
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 4:34 pm

bisa kecuali dengan islam (tidak semuanya)

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by cherish on Fri Jun 17, 2016 4:59 pm

Tanya...kenapa ????
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 5:03 pm

misalnya kita puasa gak nyuruh tetangga tutup warung makan
ente puasa ?

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by cherish on Fri Jun 17, 2016 8:59 pm

Itukan cuma segelintir orang aja, dan hanya satu daerah.

Malah kalo hari raya Nyepi di bali...loe ga boleh kemana2, dikurung dalam rumah, ga boleh menyalakan TV, ga bisa masak, nyalakan lampu juga dilarang. Tapi ga ada yang protes tuh.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 9:01 pm

lha gak ada ketentuan dlm kitab suci puasa disuruh tutup warung tentangga, di banyak t4 tuh
emang demikian ketentuan kitab suci mereka, kita hargai itu

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by cherish on Fri Jun 17, 2016 9:45 pm

Ya memang ga ada dalam kitab suci orang disuruh tutup warung...dan 0perlu diketahui juga ga seluruh muslim diwajibkan berpuasa, ada juga yang dilarang berpuasa (khusus untuk wanita yang sedang haidl) dan ada juga yang diperbolehkan untuk tidak puasa (orang sakit, orang yang sedang dalam perjalanan, wanita yang sedang menyusui, orang yang sudah berusia lanjut dll). Mereka itu akan kesulitan mencari makanan kalo seluruh warung dilarang jual makanan.

Makanya....saling menghargailah 
Kalo ada yang mau buka warung silakan aja, tapi jangan terlalu vulgar.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 9:59 pm

-gk ada dikitab suci kenapa harus bikin aturan tambahan, bla bla bla toleransi antara sesama muslim
- silahkan tetap saja pake pengecualian...

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by cherish on Fri Jun 17, 2016 10:19 pm

Aturan tambahan apa ?? Maksud loe Perda coy...

Lha....kalo sama orang hindu loe bisa kasih toleransi, kanapa sama muslim ga ada toleransi.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 10:22 pm

-bukan cuman perda, yg nyuruh2 tutup warung makan mba soinah saat jam puasa
-ketentuan kitab sucinya, ya kita hargai donk, beda halnya ketentuan2 tambahan produk manusia

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by RHCP on Fri Jun 17, 2016 10:30 pm

Menurut gw
@TS menekankan bahwa "PLURALISME beragama" ngga mungkin terlaksana. Dan itu BENAR. Karena masing2 agama punya standard kebenaran masing2, yang ngga mungkin dicampur-aduk. Kalo ada kalangan muslim, yang mengusungnya, itu berarti "kemuslimannya" patut dipertanyakan. Karena itu adalah hypocricy.

Tapi kalo yg dimaksud adalah "PLURALITAS dalam beragama" tetap BISA. Dengan syarat, masing2 penganut agama saling menghormati IBADAH masing2, bahkan harus saling menjaga dan melindungi. Indonesia adalah BUKTINYA.

Dimana salahnya himbauan menghormati orang yg sedang BERIBADAH?? Itu bukan sikap minta DIHORMATI, itu sekedar himbauan utk BERTOLERANSI antar umat BERAGAMA. Bukankah itu udah jadi semacam hukum tak tertulis di Indonesia SEJAK DULU?? Kalo ada pihak yg berusaha mengubahnya, berarti itu adalah pihak yg NGGA KENAL AGAMA dan ngga percaya Tuhan. Atw ngga suka dengan kerukunan umat beragama di Indonesia, yg pengen Indonesia terus berkonflik.
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 10:38 pm

seindah beretorika tetapi larangan bangun tempat ibadah, sampe acara bakar2 contoh toleransi ?

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by RHCP on Fri Jun 17, 2016 11:40 pm

Itu FAKTA.

Sedikit ngutip Pak Jusuf Kalla:
Bangun tempat ibadah bukan urusan Tuhan, tapi urusan pemda. Mendirikan bangunan itu ada syarat dan ketentuan yg berlaku.

Toleransi itu harus dari dua belah pihak. Jangan mayoritas terus yg dituntut toleransinya. Minoritas puh harus tahan diri dan tahu diri. Toleransi muslim di Indonesia juga ada batasnya.





avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 11:48 pm

1. ya saya setuju dgn pak Kalla, tapi larangan yg dibuat2 sampai acara bakar2 t4 ibadah itu toleransi ?
2. emang yg dimaksud melibatkan 2 pihak-semua pihak, tapi sayang idem 1

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by cherish on Sat Jun 18, 2016 7:58 am

Maksud loe yang bakar2 tempat ibadah itu di tolikara ya....

Muslim disini udah sangat toleran, cuma non muslimnya aja udah terlalu ngelunjak, nuntut macam2.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 18, 2016 8:09 am

9:29 toleransinya dimana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by RHCP on Sat Jun 18, 2016 8:30 am

@yadah wrote:1. ya saya setuju dgn pak Kalla, tapi larangan yg dibuat2 sampai acara bakar2 t4 ibadah itu toleransi ?
2. emang yg dimaksud melibatkan 2 pihak-semua pihak, tapi sayang idem 1
Jangan naif. Kalo NEKAT NGELAWAN keputusan pemerintah dan mengganggu ketentraman penduduk sekitar, itu khan namanya CARI GARA2 dan mw menang sendiri.

Jumlah 56000 gereja di Indonesia udah berlebihan jika dibanding jumlah orang kristennya. Jangan gara2 urusan 1 gereja, jd RIBUT. Tahan diri dan tahu dirilah. Kenapa MAKSA bikin gereja ilegal?? Persaingan/rebutan jemaat antar pendeta?? Emangnya pada mw ngejar sorga dunia apa ngejar sorga Tuhan?? wkwkwk...
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Sat Jun 18, 2016 10:48 am

- sudah diikuti sesuai prosedural, tetapi bakar2 t4 ibadah mesjid, gereja, vihara dll itu masuk ketegori toleransi ?... kek anjing melolong 5 x sehari kita gk pake acara bakar2 koq
- standar toleransinya ke dalam dulu, kalau sesama muslim saja sudah saling jontok2kan & bakar2 masjid, apalagi ke agama lain


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by cherish on Sat Jun 18, 2016 7:27 pm

Sesuai prosedur ?? 
Kalo pake manipulasi data dan suap aparat terkait perizinan apa loe bilang sesuai prosedur.....sekarang loe pikir secara orang waras, kalo sesuai prosedur pasti ga akan menimbulkan kegaduhan. Buktinya ada 56.000 gereja yang berhasil dibangun.

Kalo keberatan denger suara adzan...ga usah mewek coy !! Loe tinggal pindah cari kontrakan di hutan atau gabung sama seukuwah loe di papua. Gitu aja.koq repot !!
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 18, 2016 7:41 pm

bikin rumah ibadah kok diquota
dirinya sendiri bikin musola-musola reyot di pekarangan dipasangi toa rak ijin siapa2

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by YADAH on Sat Jun 18, 2016 7:58 pm

@cherish wrote:Sesuai prosedur ?? 
Kalo pake manipulasi data dan suap aparat terkait perizinan apa loe bilang sesuai prosedur.....sekarang loe pikir secara orang waras, kalo sesuai prosedur pasti ga akan menimbulkan kegaduhan. Buktinya ada 56.000 gereja yang berhasil dibangun.

Kalo keberatan denger suara adzan...ga usah mewek coy !! Loe tinggal pindah cari kontrakan di hutan atau gabung sama seukuwah loe di papua. Gitu aja.koq repot !!
lha mo bangun brapapun selama dimanfaatkan menurut fungsinya tdk ada persoalan, malahan musola & masjid nganggur menjamur dimana2, tiap 5 w cuman kaset/cd + toa melolong

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by cherish on Sun Jun 19, 2016 5:28 am

Kalo memang mengikuti prosedur yang benar...ga pake tipu2 dan suap sana sini, silahkan aja.

Masjid nganggur ??? Maksud loe apa.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 19, 2016 7:34 am

gak usah takiya..
semua prosedur dijalani kok

musola2 reyot di pekarangan rumah hanya modal toa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by cherish on Sun Jun 19, 2016 8:49 am

Kalo seluruh prosedur dijalani dengan jujur...ga tipu2....ga sogok sana sini...pasti ga akan ada masalah.

Reyot tapi masih berfungsi toh....ya galala.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 19, 2016 8:52 am

gak ada tipu2 bahkan sudah terbukti di pengadilan, tetep aja gak boleh

seenak wudhelnya itu yg dipertanyakan
gak perlu ijin siapa2, modal toa doang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dapatkah terlaksana kerukunan beragama diantara penganut berbagai agama?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik