FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Dzat Allah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Dzat Allah

Post by keroncong on Thu Dec 29, 2011 11:28 pm

Pendapat Drs. H. Amos (Pendeta Nehemia)

1. Mengucapkan dua kalimat
Syahadat

Syarat untuk menjadi pengikut agama bangsa Arab ialah diwajibkan
membaca dua kalimat Syahadat sebagai berikut: "Asy hadu allaa ilaaha illalaah,
wa asy hadu anna Muhammadar rasuulullaah", yang artinya: "Aku bersaksi bahwa
tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan
Allah".

Kalimat yang pertama ialah suatu pernyataan yang hanya mengakui
dan mempercayai kepada Allah yang Esa.

Adapun mengenai definisi daripada
Allah itu, Al Qur'an mempunyai penafsiran tersendiri. Siapa yang dimaksud dengan
Allah dalam hal ini?

Menurut surat 1 Al Faatihah ayat 1 dalam foot
note-nya kitab Al Qur'an terjemah Indonesia terbitan PT Sari Agung berbunyi
demikian:

"Ayat ini dinamakan 'Basmalah' diutamakan membacanya pada
tiap-tiap akan memulai perkerjaan yang baik. 'Allah' ialah zat yang maha suci
yang disembah dengan sebenarnya".

Menurut kamus lengkap bahasa Indonesia
karangan Audi C, maka zat berarti asal sesuatu benda.

Dengan demikian
yang dimaksud dengan 'Allah' di sini ialah zat atau asal sesuatu benda atau
sebuah benda. (hal. 15-17)

Tanggapan H. Ihsan L.S. Mokoginta
(Wenseslaus)

Dalam Islam, Allah itu tidak boleh diterjemahkan apalagi
disamakan dengan benda apapun. Maka mengatakan Allah itu sama dengan suatu zat
berupa benda, apalagi sebagai benda padat, itu sangat keliru.

Allah
adalah nama pribadi dari Tuhan itu sendiri. Kita mengetahui nama-Nya sebab Dia
sendiri yang memperkenalkan bahwa nama-Nya adalah Allah.

"Sesungguhnva
Aku ini adalah Allah, tiada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah
shalat untuk mengingat Aku." (Thaahaa 14).

Jadi, Allah itu adalah suatu
ZatYang Maha Suci, Yang Maha Mulia, Maha Tinggi, yang lebih besar dari apa yang
dikuasai oleh akal manusia, unik tidak terjangkau oleh pikiran-pikiran
manusia.

Allah Swt. menguasai segala batas yang membatasi akal pikiran
manusia. Karena itu akal pikiran manusia tidak akan pernah mampu mengetahui Zat
Allah.

Allah Swt. mempunyai nama-nama yang baik, yang tidak ada celanya
yang disebut 'Al Asmaa-ul Husna'. Allah dalam Islam mempunyai sifat Maha atas
segala sesuatu. Dan kemahaan-Nya tidak ada batasnya, meliputi atas
segala-galanya.

Adapun kata zat dalam sebutan "Allah adalah Zat Yang Maha
Suci", ini tidak dapat disamakan dengan zat cair, zat padat, zat gas, zat arang,
zat lemas, zat pembawa warna, dan zat lain-lainnya yang semuanya adalah ciptaan
Allah.

Sebutan 'zat' yang dirangkai dengan sifat kemahaan Allah, dipaka!
untuk menyebut kepada Allah, pencipta jagad raya. Sedangkan hakikat daripada
Allah, tidak dapat ditangkap dengan indera makhluk-Nya. Allah tidak sama,
berbeda dengan zat-zat apapun yang diciptakan-Nya. Sebab Allah memiliki sifat
mukhalafatu lil hawaditsi (berbeda dengan makhluk).

"Tidak ada sesuatu
apapun yang serupa dengan Dia (Allah). Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha
Melihat." (Qs. As Syuuraa 11).

"Dan tidak ada seorang pun yang setara
dengan Dia (Allah)." (Qs. Al Ikhlash 4).

Allah versi Bibel

Jika
dia menganggap bahwa Allah itu Tuhannya orang Arab, atau Tuhannya Muhammad,
mengapa dalam Alkitab (Bibel) memakai nama Allah? Mestinya kalau mau konsekwen,
dalam Alkitab/injil jangan memakai nama Allah, tapi Elohim atau Eloah atau
Yahweh atau Kuryos atau Yehovah.

Kalau Himar Amos mau teliti dan jujur,
seharusnya dia malu menghujat keberadaan Allah dalam Islam. Sebab konsep Alkitab
(Bibel) tentang Allah sangat kacau balau. Disebutkan di dalamnya bahwa Allah itu
milik suku Bangsa Israel, sebagaimana ayat-ayat sebagai
berikut:

"Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air,
tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab
mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka."
(Yesaya 41:17).

"Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah orang
Israel." (Yeremia 31:23).

"Ia mendirikan maezbah disitu dan dinamainya
itu: "Allah Israel ialah Allah." (Kejadian 33:20).

"Kemudian Musa dan
Harun pergi menghadap Firaun, lalu berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN,
Allah Israel: Biarkanlah umat-Ku pergi untuk mengadakan perayaan bagiKu di
padang gurun." (Keluaran 5:1).

"Lalu mereka melihat Allah Israel;
kaki-Nya berjejak pada sesuatu yang buatannya seperti lantai dari batu nilam dan
yang terangnya seperti langit yang cerah." (Keluaran 24:10).

"Pada waktu
itulah Yosua mendirikan mezbah digunung Ebal bagi TUHAN, Allah Israel" (Yosua
8:30).

"Sekarang aku bermaksud mengikat perjanjian dengan TUHAN, Allah
Israel, supaya murka-Nya yang menyala-nyala itu undur daripada kita" (II
Tawarikh 29:10).

Karena Tuhan dalam Bibel itu milik orang Israel, maka
sangat pantas jika Tuhan umat Kristen punya banyak kelemahan yang menunjukkan
kurang Maha atas segala sesuatu. Perhatikan ayat-ayat di bawah ini:

a.
Tuhan mikir-mikir "Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada
Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?" (Kejadian 18:17).

b. Tuhan
mengerang kesakitan seperti perempuan hamil "Aku membisu dari sejak dahulu kala,
Aku berdiam diri, Aku menahan hati-Ku; sekarang Aku mau mengerang seperti
perempuan yang melahirkan, Aku mau mengah-mengah dan megap-megap." (Yesaya
42:14).

c. Tuhan pikun, lupa alas kaki-Nya ketika marah "Ah, betapa Tuhan
menyelubungi puteri Sion denga awan dalam murka-Nya! Keagungan Israel
dilemparkan-Nya dari langit ke bumi. Tak diingat-Nya akan tumpuan kaki-Nya
tatkala Ia murka" (Ratapan/Nudub Yeremia 2:1 ).

Itulah sebagian ayat-ayat
Bibel mengenai Allah yang diimani oleh Drs. H. Amos. Masih terlampau banyak
ayat-ayat aneh tentang Tuhan dalam Bibel. Namun tidak kami muat seluruhnya,
kasihan nanti Bapak Amos jadi pusing.

Sumber: "Pendeta Menghujat Muallaf
Maralat", Insan L.S. Mokoginta (Wenseslaus), FAKTA (Forum Antisipasi Kegiatan
Pemurtadan), Jakarta, 1999.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by abu hanan on Sat Dec 31, 2011 1:18 pm

kalow bugituh,apakah artih katah 'ALLAH" wahai umat kristen?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Sat Dec 31, 2011 11:59 pm

@abu hanan wrote:kalow bugituh,apakah artih katah 'ALLAH" wahai umat kristen?

Allah = Tuhan, bukan nama
Allah/Tuhan tidak butuh nama karena tidak ada yang laen

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Sun Jan 01, 2012 12:03 am

ichreza wrote:
"Ayat ini dinamakan 'Basmalah' diutamakan membacanya pada
tiap-tiap akan memulai perkerjaan yang baik. 'Allah' ialah zat yang maha suci
yang disembah dengan sebenarnya".

Menurut kamus lengkap bahasa Indonesia
karangan Audi C, maka zat berarti asal sesuatu benda.

Dengan demikian
yang dimaksud dengan 'Allah' di sini ialah zat atau asal sesuatu benda atau
sebuah benda. (hal. 15-17)

berarti ilahnya islam itu BENDA

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by darussalam on Sun Jan 01, 2012 2:02 am

@SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
"Ayat ini dinamakan 'Basmalah' diutamakan membacanya pada
tiap-tiap akan memulai perkerjaan yang baik. 'Allah' ialah zat yang maha suci
yang disembah dengan sebenarnya".

Menurut kamus lengkap bahasa Indonesia
karangan Audi C, maka zat berarti asal sesuatu benda.

Dengan demikian
yang dimaksud dengan 'Allah' di sini ialah zat atau asal sesuatu benda atau
sebuah benda. (hal. 15-17)

berarti ilahnya islam itu BENDA

Adapun kata zat dalam sebutan "Allah adalah Zat Yang Maha
Suci", ini tidak dapat disamakan dengan zat cair, zat padat, zat gas, zat arang,
zat lemas, zat pembawa warna, dan zat lain-lainnya yang semuanya adalah ciptaan
Allah.

Sebutan 'zat' yang dirangkai dengan sifat kemahaan Allah, dipaka!
untuk menyebut kepada Allah, pencipta jagad raya. Sedangkan hakikat daripada
Allah, tidak dapat ditangkap dengan indera makhluk-Nya. Allah tidak sama,
berbeda dengan zat-zat apapun yang diciptakan-Nya. Sebab Allah memiliki sifat
mukhalafatu lil hawaditsi (berbeda dengan makhluk).
avatar
darussalam
Co-Administrator
Co-Administrator

Male
Posts : 411
Kepercayaan : Islam
Location : Brunei Darussalam
Join date : 25.11.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Sun Jan 01, 2012 11:43 pm

Dengan demikian
yang dimaksud dengan 'Allah' di sini ialah zat atau asal sesuatu benda atau
sebuah benda
. (hal. 15-17)


BENDA

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by abu hanan on Tue Jan 03, 2012 11:15 am

@SEGOROWEDI wrote:Dengan demikian
yang dimaksud dengan 'Allah' di sini ialah zat atau asal sesuatu benda atau
sebuah benda
. (hal. 15-17)


BENDA
yg andah warnai merah sebenarnyah pendapat muslim/non muslim?
cobah deh bacah lagih darih atas..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 03, 2012 9:40 pm

@darussalam wrote:
Adapun kata zat dalam sebutan "Allah adalah Zat Yang Maha
Suci", ini tidak dapat disamakan dengan zat cair, zat padat, zat gas, zat arang,
zat lemas, zat pembawa warna, dan zat lain-lainnya yang semuanya adalah ciptaan
Allah.

Sebutan 'zat' yang dirangkai dengan sifat kemahaan Allah, dipaka!
untuk menyebut kepada Allah, pencipta jagad raya. Sedangkan hakikat daripada
Allah, tidak dapat ditangkap dengan indera makhluk-Nya. Allah tidak sama,
berbeda dengan zat-zat apapun yang diciptakan-Nya. Sebab Allah memiliki sifat
mukhalafatu lil hawaditsi (berbeda dengan makhluk).

sama-sama ZAT
tetapi bukan cair, padat dan gas; pokoknya materi/energi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by den panjul on Tue Jan 03, 2012 10:40 pm

@abu hanan wrote:
@SEGOROWEDI wrote:Dengan demikian
yang dimaksud dengan 'Allah' di sini ialah zat atau asal sesuatu benda atau
sebuah benda
. (hal. 15-17)


BENDA
yg andah warnai merah sebenarnyah pendapat muslim/non muslim?
cobah deh bacah lagih darih atas..
PERCUMA DISURUH BACA JUGA WONG PENGIKUT ORANG AYAN ketawa guling
avatar
den panjul
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 91
Join date : 14.12.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 03, 2012 10:59 pm

slim..
zat itu materi/energi, kok disembah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by den panjul on Tue Jan 03, 2012 11:00 pm

YA NYEMBAH ROH GENTAYANGAN KAN KAMU
avatar
den panjul
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 91
Join date : 14.12.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 03, 2012 11:11 pm

@den panjul wrote:YA NYEMBAH ROH GENTAYANGAN KAN KAMU

Allah itu ROH, bukan zat
maka jangan menyembah zat (materi), slim!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by den panjul on Tue Jan 03, 2012 11:15 pm

YA BAPAMU ROH GENTAYANGAN ketawa guling
avatar
den panjul
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 91
Join date : 14.12.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 03, 2012 11:24 pm

diingatkan untuk tidak mengilahkan zat (materi)
kok ngeyel

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by den panjul on Tue Jan 03, 2012 11:33 pm

DIBILANG LEBIH PARAH NYEMBAH ROH GENTAYANGAN KOK SEWOD ketawa guling
avatar
den panjul
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 91
Join date : 14.12.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by abu hanan on Wed Jan 04, 2012 11:16 am

@SEGOROWEDI wrote:diingatkan untuk tidak mengilahkan zat (materi)
kok ngeyel
zat yg dimaksud dalam tulisan diatas adalah utk mewakili ITU,SESUATU,SOSOK,OKNUM,PRIBADI yg memilikih hakekat ketuhanan.

Kalow andah belum paham/tak mau mengertih bahwah Zat yg dimaksud adalah sbg kiasan utk mewakilih DIA,ya gimanah lagih.Dijelasin dengan model apapun jugah gak bakal mauh tahuh.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by den panjul on Wed Jan 04, 2012 11:29 am

PENGENNYA KITA JAWAB KALO DZAT ITU ROH GENTAYANGAN KALI PAK ABU ketawa guling
avatar
den panjul
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 91
Join date : 14.12.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by abu hanan on Wed Jan 04, 2012 11:54 am

@den panjul wrote:PENGENNYA KITA JAWAB KALO DZAT ITU ROH GENTAYANGAN KALI PAK ABU ketawa guling
padahal roh,segaib apapun,memilikih dua kemungkinan,zat materi ataow im-materi atow bahkan perpaduan darih 2 unsur tsb.
Sepertih malekat,meskih ghaib tetapih unsur malekat adalah darih cahayah.berartih terkandung materih atow energih.
Samah halnyah dengan makhluk ghaib laennyah.

Roh memilikih kehendak,dan kehendak/napsuh/keinginan pun bukan dan tidak mungkin terbuat darih materih.Ehm,kayaknyah teman kita @SW mesti ngejelasin duluh definisih ruh/roh versi kristen.
:lkj:


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Thu Jan 05, 2012 8:50 pm

@abu hanan wrote:
@SEGOROWEDI wrote:diingatkan untuk tidak mengilahkan zat (materi)
kok ngeyel
zat yg dimaksud dalam tulisan diatas adalah utk mewakili ITU,SESUATU,SOSOK,OKNUM,PRIBADI yg memilikih hakekat ketuhanan.

Kalow andah belum paham/tak mau mengertih bahwah Zat yg dimaksud adalah sbg kiasan utk mewakilih DIA,ya gimanah lagih.Dijelasin dengan model apapun jugah gak bakal mauh tahuh.

pakai istilah lain aja..
karena zat itu benda/materi baik padat, cair maupun gas

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by SEGOROWEDI on Thu Jan 05, 2012 8:53 pm

@abu hanan wrote:padahal roh,segaib apapun,memilikih dua kemungkinan,zat materi ataow im-materi atow bahkan perpaduan darih 2 unsur tsb.
Sepertih malekat,meskih ghaib tetapih unsur malekat adalah darih cahayah.berartih terkandung materih atow energih.
Samah halnyah dengan makhluk ghaib laennyah.

Roh memilikih kehendak,dan kehendak/napsuh/keinginan pun bukan dan tidak mungkin terbuat darih materih.Ehm,kayaknyah teman kita @SW mesti ngejelasin duluh definisih ruh/roh versi kristen.
:lkj:

roh ya bukan materi/benda (padat, cair, gas)
maka aneh kalau ada malaikat terbuat dari cahaya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by abu hanan on Fri Jan 06, 2012 11:29 am

@SW
wah kalow tidak pake istilah DZAT ituh udah sayah lakukan darih duluh karenah tidak semuwah org bisah memahamih,sebagian orang tidak bermasalah dgn istilah tsb.

aneh?
oce deh,kitah pending duluh.Giliran andah menjelaskan definisi roh/ruh berdasarkan Bibel..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dzat Allah

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik