FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by F-22 on Thu Sep 15, 2016 1:23 pm

http://www.voa-islam.com/read/jihad/2010/03/15/3894/jika-para-syuhada-tidak-matidi-manakah-arwah-mereka

Setelah mengetahui keutamaan mati syahid dan kemuliaan para syuhada', bahwa mereka hakikatnya tidak mati dan tidak kehilangan kenikmatan. Lalu kita bertanya, "di manakah arwah mereka sebenarnya?"
Arwah para syuhada' ditempatkan di surga Firdaus yang tertinggi. Hal ini didasarkan pada hadits Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam yang bersabda kepada Ummu Haritsah binti Nu’man -putranya gugur di perang badar-ketika dia bertanya kepada beliau (tentang nasib putranya): “Di mana dia?” Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: ”Sesungguhnya dia ada disurga Firdaus yang tinggi.” (HR. Al Bukhari)

Dalam Shahih Muslim, dari Masyruq rahimahullah, berkata: "Kami bertanya kepada Abdullah tentang ayat ini (QS. Ali Imran: 169)
Dia menjawab, "adapun kami telah bertanya tentang hal (kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam), lalu beliau menjawab:
"Sesungguhnya ruh-ruh para syuhada’ itu ada di dalam tembolok burung hijau. Baginya ada lentera-lentera yang tergantung di 'Arsy.

- Arwah para syuhada' ditempatkan di surga Firdaus yang tertinggi.
- Sesungguhnya ruh-ruh para syuhada’ itu ada di dalam tembolok burung hijau.


Dari 2 kalimat di atas, kalo menurut pemahamanku: SURGA FIRDAUS TERTINGGI = TEMBOLOK BURUNG HIJAU.

Mungkin muslim disini ada yg bisa menjelaskan dg lebih jelas lagi, hubungan antara TEMBOLOK BURUNG HIJAU dg SURGA FIRDAUS JANNAH islam itu apa seh ???

Krn setahuku yg namanya tembolok burung itu BAUNYA SANGAT TIDAK SEDAP. Apa ndak termehek2 tuh kalo ruh para syuhada dimasukkan tembolok burung ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2336
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by njlajahweb on Thu Sep 15, 2016 2:28 pm

sekilas info...
kalau menurut pemahamanku tidak begitu...
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3539
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by F-22 on Fri Sep 16, 2016 9:09 pm

Lho ........... koq kagak ada muslim yg menjelaskan yah ???

Kayaknya misterius banget neh si "burung hijau" ini.

Apakah cuma sekedar kiasan, hadits dhoif atau apaan seh ???


basi
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2336
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by dee-nee on Fri Sep 16, 2016 9:19 pm

@F-22 wrote:Lho ........... koq kagak ada muslim yg menjelaskan yah ???

Kayaknya misterius banget neh si "burung hijau" ini.

Apakah cuma sekedar kiasan, hadits dhoif atau apaan seh ???

basi

iya ... burung hijau ini artinya apa sih ?? ... saya juga ga tau

udah ... ga usah dipikirin ... kan intinya untuk menjelaskan

Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.(QS. Ali Imran: 169)

yang QS Ali Imran : 169 nya sudah ngerti kan maksudnya apa ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by F-22 on Sat Sep 17, 2016 10:27 pm

@dee-nee wrote:iya ... burung hijau ini artinya apa sih ?? ... saya juga ga tau
udah ... ga usah dipikirin ... kan intinya untuk menjelaskan
Ok ok ok ............ yg penting masuk surga dulu yah ????

Dari dulu jawabanmu koq selalu "standar" kayak gini seh ???

Di trit sebelah ttg iming2 sorga islam yg berat sebelah antara muslim vs muslimah jawabanmu juga sama: "Yang penting masuk surga dulu .........."

Apa di benakmu sama sekali ndak terbersit secuil pertanyaan kenapa surga islam itu koq bisa begitu amburadul sampe ada tembolok burung ijo segala ???


ketawa guling
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2336
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by dee-nee on Sun Sep 18, 2016 2:06 pm

@F-22 wrote:
@dee-nee wrote:iya ... burung hijau ini artinya apa sih ?? ... saya juga ga tau
udah ... ga usah dipikirin ... kan intinya untuk menjelaskan
Ok ok ok ............ yg penting masuk surga dulu yah ????

Dari dulu jawabanmu koq selalu "standar" kayak gini seh ???

Di trit sebelah ttg iming2 sorga islam yg berat sebelah antara muslim vs muslimah jawabanmu juga sama: "Yang penting masuk surga dulu .........."

Apa di benakmu sama sekali ndak terbersit secuil pertanyaan kenapa surga islam itu koq bisa begitu amburadul sampe ada tembolok burung ijo segala ???


ketawa guling

mbok kalau sudah terpuruk ... agak punya malu sedikit ... tunjukkan secuil saja harga diri

moso tulisan orang dipotong2 terus ... yang merah itu kan ada sambungannya

ngupil
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by frontline defender on Sun Sep 18, 2016 9:00 pm

TSnya ini kenapa ya, kok kelihatannya alergi sama ayat Al-Quran, kalau dikasih ayat Al-Quran kok mesti langsung mendadak nggak lihat/pura2 nggak tahu!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6390
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 127

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by F-22 on Wed Sep 21, 2016 11:58 am

@frontline defender wrote:TSnya ini kenapa ya, kok kelihatannya alergi sama ayat Al-Quran, kalau dikasih ayat Al-Quran kok mesti langsung mendadak nggak lihat/pura2 nggak tahu!
Lho silahkan ........... emanknya sapa yg ngelarang ???

Selama berhubungan dg topik ya silahkan ngutip Q.

Asal jangan orang lagi ngomong A, ente ngoceh soal Z. Ngerti kagak dul ???

Ente tahu kagak topik trit ini ??? Kalo nalarmu basih belum nyantol juga ...... kuberitahu trit ini ttg BURUNG HIJAU di surga islam.

Silahkan ngutip ayat2 Q yg bisa menjelaskan si burung ijo ini.


ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2336
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by isaku on Wed Sep 21, 2016 12:17 pm

Kamunya jongkok sih

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3489
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by njlajahweb on Wed Sep 21, 2016 1:59 pm

sekilas info...
mungkin ada taman surga yang bentuknya mirip/menyerupai pulau yang berbentuk burung(seperti pulau irian jaya tapi bukan pulau irian jaya) dan tampak berwarna hijau, dimana mereka ditempatkan dibagian tembolok pulau surga itu yang mirip burung hijau itu, tapi itu untuk mereka yang jihadnya dengan niat benar.
55:64  Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sun Sep 25, 2016 11:40 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3539
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by F-22 on Sun Sep 25, 2016 12:18 pm

@F-22 wrote:
@frontline defender wrote:TSnya ini kenapa ya, kok kelihatannya alergi sama ayat Al-Quran, kalau dikasih ayat Al-Quran kok mesti langsung mendadak nggak lihat/pura2 nggak tahu!
Lho silahkan ........... emanknya sapa yg ngelarang ???

Selama berhubungan dg topik ya silahkan ngutip Q. Asal jangan orang lagi ngomong A, ente ngoceh soal Z. Ngerti kagak dul ???

Ente tahu kagak topik trit ini ??? Kalo nalarmu basih belum nyantol juga ...... kuberitahu trit ini ttg BURUNG HIJAU di surga islam.

Silahkan ngutip ayat2 Q yg bisa menjelaskan si burung ijo ini.

Gimane dul .......... udah siap menjabarkan ayat2 Q soal burung ijo ini ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2336
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by frontline defender on Sun Sep 25, 2016 5:55 pm

"Sesungguhnya ruh-ruh para syuhada’ itu ada di dalam tembolok burung hijau. Baginya ada lentera-lentera yang tergantung di 'Arsy. Mereka bebas menikmati surga sekehendak mereka, kemudian singgah pada lentera-lentera itu. Kemudian Rabb mereka memperlihatkan diri kepada mereka dengan jelas, lalu bertanya: “Apakah kalian menginginkan sesuatu?” Mereka menjawab: “Apalagi yang kami inginkan sedangkan kami bisa menikmati surga dengan sekehendak kami?” Rabb mereka bertanya seperti itu sebanyak tiga kali. Maka tatkala mereka merasa bahwasanya mereka harus minta sesuatu, mereka berkata, “Wahai Rabb kami! kami ingin ruh kami dikembalikan ke jasad-jasad kami sehingga kami dapat berperang di jalan-Mu sekali lagi. “Maka tatkala Dia melihat bahwasanya mereka tidak mempunyai keinginan lagi, mereka ditinggalkan.” (HR. Muslim)

Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. (QS. Ali Imran: 169)


perincian :
- burung : menggambarkan kebebasan -> klop dengan : bebas menikmati sekehendak mereka
- tembolok : tempat makanan -> klop dengan : rezeki
- hijau : menggambarkan keindahan/kenyamanan -> klop dengan : surga
- lentera : penerang -> klop dengan : memperlihatkan dengan jelas
- Arsy : singgasana/tempat yang ada di dekat Tuhan -> klop dengan : disisi Tuhan

masih kurang jelas? mana
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6390
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 127

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by njlajahweb on Sun Sep 25, 2016 10:19 pm

sekilas info...
Quote
"ruh-ruh para syuhada’ itu ada "didalam" tembolok"
"tembolok : tempat makanan -> klop dengan : rezeki"
Tanggapan
aku jadi bingung KangFrontline...

mungkin...(mungkin lho ya...), mungkin tembolok itu melambangkan Taman/Kebun Surga yang datarannya tinggi

QS 2:265  Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3539
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by frontline defender on Mon Sep 26, 2016 9:00 am

kalau begini masih bingung? http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/article/view/3170
Induk yang bertugas memelihara anak burung kuntul telah menyediakan cadangan makanan yang disimpan dalam tembolok sebagai pasokan makanan untuk anaknya.
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6390
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 127

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 26, 2016 2:35 pm


ditanya bingung, nyeplos sekenanya:
"Sesungguhnya ruh-ruh para syuhada’ itu ada di dalam tembolok burung hijau".

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42893
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by dee-nee on Mon Sep 26, 2016 4:17 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ditanya bingung, nyeplos sekenanya:
"Sesungguhnya ruh-ruh para syuhada’ itu ada di dalam tembolok burung hijau".

aiiiihhhh ada pak jendral

kagum kagum
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by F-22 on Tue Oct 04, 2016 12:00 pm

@frontline defender wrote:"Sesungguhnya ruh-ruh para syuhada’ itu ada di dalam tembolok burung hijau. Baginya ada lentera-lentera yang tergantung di 'Arsy. Mereka bebas menikmati surga sekehendak mereka, kemudian singgah pada lentera-lentera itu. Kemudian Rabb mereka memperlihatkan diri kepada mereka dengan jelas, lalu bertanya: “Apakah kalian menginginkan sesuatu?” Mereka menjawab: “Apalagi yang kami inginkan sedangkan kami bisa menikmati surga dengan sekehendak kami?” Rabb mereka bertanya seperti itu sebanyak tiga kali. Maka tatkala mereka merasa bahwasanya mereka harus minta sesuatu, mereka berkata, “Wahai Rabb kami! kami ingin ruh kami dikembalikan ke jasad-jasad kami sehingga kami dapat berperang di jalan-Mu sekali lagi. “Maka tatkala Dia melihat bahwasanya mereka tidak mempunyai keinginan lagi, mereka ditinggalkan.” (HR. Muslim)

Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. (QS. Ali Imran: 169)


perincian :
- burung : menggambarkan kebebasan -> klop dengan : bebas menikmati sekehendak mereka
- tembolok : tempat makanan -> klop dengan : rezeki
- hijau : menggambarkan keindahan/kenyamanan -> klop dengan : surga
- lentera : penerang -> klop dengan : memperlihatkan dengan jelas
- Arsy : singgasana/tempat yang ada di dekat Tuhan -> klop dengan : disisi Tuhan

masih kurang jelas?

Ini adalah contoh cara bernalar salah seorang paling "jenius" di forum ini ...........

Jujur ya ......... dari sejak jaman dahulu kala aku selalu merasa "kagum" dg cara bernalar muslim.

Mereka itu punya sebuah ilmu iptek maha canggih yaitu ilmu "cocokmology" alias ilmu otak-atik gathuk .....

Muslim itu punya "daya ngayal" yg amat sangat tinggi. Apapun itu bisa menjadi "cocok" dg nalar mereka.

Istilahnya t** kucing pun bisa jadi rasa coklat .............


basi
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2336
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by njlajahweb on Thu Oct 06, 2016 8:00 am

sekilas info...
jika antara aku dan Dia(Kristus)
ibaratnya
t** pun bisa jadi rasa coklat .............
racun pun bisa jadi rasa madu
duka(seizinNya) pun bisa jadi rasa syukur(dalam hatiku)

73:1 Mazmur Asaf. Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya.
73:2 Tetapi aku, sedikit lagi maka kakiku terpeleset, nyaris aku tergelincir.
73:3 Sebab aku cemburu kepada pembual-pembual, kalau aku melihat kemujuran orang-orang fasik.
73:4 Sebab kesakitan tidak ada pada mereka, sehat dan gemuk tubuh mereka;
73:5 mereka tidak mengalami kesusahan manusia, dan mereka tidak kena tulah seperti orang lain.
73:6 Sebab itu mereka berkalungkan kecongkakan dan berpakaian kekerasan.
73:7 Karena kegemukan, kesalahan mereka menyolok, hati mereka meluap-luap dengan sangkaan.
73:8 Mereka menyindir dan mengata-ngatai dengan jahatnya, hal pemerasan dibicarakan mereka dengan tinggi hati.
73:9 Mereka membuka mulut melawan langit, dan lidah mereka membual di bumi.
73:10 Sebab itu orang-orang berbalik kepada mereka, mendapatkan mereka seperti air yang berlimpah-limpah.
73:11 Dan mereka berkata: "Bagaimana Allah tahu hal itu, adakah pengetahuan pada Yang Mahatinggi?"
73:12 Sesungguhnya, itulah orang-orang fasik: mereka menambah harta benda dan senang selamanya!
73:13 Sia-sia sama sekali aku mempertahankan hati yang bersih, dan membasuh tanganku, tanda tak bersalah.
73:14 Namun sepanjang hari aku kena tulah, dan kena hukum setiap pagi.
73:15 Seandainya aku berkata: "Aku mau berkata-kata seperti itu," maka sesungguhnya aku telah berkhianat kepada angkatan anak-anakmu.
73:16 Tetapi ketika aku bermaksud untuk mengetahuinya, hal itu menjadi kesulitan di mataku,
73:17 sampai aku masuk ke dalam tempat kudus Allah, dan memperhatikan kesudahan mereka.
73:18 Sesungguhnya di tempat-tempat licin Kautaruh mereka, Kaujatuhkan mereka sehingga hancur.
73:19 Betapa binasa mereka dalam sekejap mata, lenyap, habis oleh karena kedahsyatan!
73:20 Seperti mimpi pada waktu terbangun, ya Tuhan, pada waktu terjaga, rupa mereka Kaupandang hina.
73:21 Ketika hatiku merasa pahit dan buah pinggangku menusuk-nusuk rasanya,
73:22 aku dungu dan tidak mengerti, seperti hewan aku di dekat-Mu.
73:23 Tetapi aku tetap di dekat-Mu ...
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3539
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by Crescent Star on Thu Oct 27, 2016 10:11 pm

burung hijau ya burung hijau .... ruh orang yg syahid bisa jalan jalan dgn alat transportasinya ya burung-burung tsb. kenapa disimpan di tembolok, kalo kita liat pelajaran biologi, di sana dijelaskan fungsi tembolok sbg alat penyimpan makanan yang bisa dgn mudah mengeluarkan dan menyimpan makanan.

apa maksud syuhada itu HIDUP ?? .... hidup lawannya adalah mati. manusia ketika dicabut nyawanya pergi ke alam kubur terpenjara di sana, tidak bisa kemana mana. itu disebut alam kematian.
nah hanya ada 2 golongan yang tidak berada di alam kematian melainkan hidup, yakni syuhada dan ruh para nabi. mereka bisa berkeliaran bebas tidak terpenjara di alam kematian. khusus ruh syuhada mereka diberi sarana transportasi berupa burung hijau, sedangkan nabi-nabi tidak, mereka lebih leluasa kemana pun pergi dengan mudah, karena keistimewaan mereka.
avatar
Crescent Star
KOPRAL
KOPRAL

Male
Age : 40
Posts : 30
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 26.10.16
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa yang dimaksud dengan "burung hijau" ini ???

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik