FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by F-22 on Fri Sep 16, 2016 8:59 pm

First topic message reminder :

Telah diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Dan bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal sesuatu itu baik bagimu. Dan bisa jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal sesuatu itu buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)

“Karena itu, hendaklah orang-orang yang menukar kehidupan dunia dengan akhirat berperang di jalan Allah. Barangsiapa yang berperang dijalan Allah, lalu gugur dan memperolah kemenangan, maka kelak akan kami berikan kepadanya pahala yang besar.” (An-Nisa: 78)

Jika kamu tidak berangkat (untuk berperang), niscaya Allah akan menghukum kamu dengan azab yang pedih dan menggantikan kamu dengan kaum yang lain, dan kamu tidak akan merugikanNya sedikit pun. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” (At taubah: 39)

Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezki. (Ali Imran: 169)

http://kisahikmah.com/tujuh-keutamaan-jihad-di-jalan-allah/

Tujuh hal itu sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan at-Tirmidzi adalah sebagai berikut:


  • Diampuni dosanya sejak pertama kali darahnya mengalir
  • Melihat tempat duduknya di surga
  • Diselamatkan dari azab kubur
  • Aman dari ketakutan di Hari Kiamat
  • Diberikan mahkota kewibawaan dari Yaqut yang lebih indah dari dunia dan seisinya
  • Bisa memberikan syafaat kepada tujuh puluh orang dari keluarganya
  • Dinikahkan dengan tujuh puluh dua bidadari surga


http://www.voa-islam.com/read/jihad/2010/03/15/3894/jika-para-syuhada-tidak-matidi-manakah-arwah-mereka

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengetahui kenikmatan yang diperoleh para syuhada'. Karenanya beliau pernah menyampaikan keinginannya untuk gugur di jalan Allah dalam sabdanya:
"Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku berkeinginan meninggal di jalan Allah, kemudian dihidupkan lagi, lalu terbunuh, lalu dihidupkan lagi, lalu terbunuh." (HR. Al Bukhari)

Sesungguhnya kematian di jalan Allah tidak seseram yang kita bayangkan. Banyak hadits dan kisah yang memaparkan bahwa para syuhada' tidak merasakan sakit berlebih ketika menemui kesyahidan, kecuali seperti tercubit.
Disabdakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, “orang yang mati syahid itu tidak merasakan (rasa sakit) pembunuhan kecuali sebagaimana seorang di antara kalian merasakan (sakitnya) cubitan.” (HR. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i – hadits hasan)

Dari ayat2 quran & hadits di atas, mulai dari: perintah, iming2 surga & bidadari, iming2 pahala, "nikmatnya" berjihad, sampe ada ancaman "azab yg pedih" buat muslim yg tidak mau berjihad .......... semuanya ini menunjukkan kalo muslim itu memang "sangat diarahkan" agar mau berjihad. Sama sekali tidak ada keraguan akan hal ini.

Nah skrg kalo bangsa israel itu gimana, bukankah katanya nabi2 yahudi itu beragama islam & menyembah allah swt ??? Apakah bangsa israel itu juga diajarkan utk berjihad, perang suci dg iming2 surga & bidadari ???

Setelah aku bolak-balik bible, kagak ada tuh konsep jihad perang suci berhadiah surga & bidadari spt di ajaran islam.

Yang ada adalah ....... ketika bangsa israel akan maju berperang, perintah TUHAN adalah sbb:

Yosua 1

1  Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian:
2  "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.
3  Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa.
4  Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai ke sungai besar, yakni sungai Efrat, seluruh tanah orang Het, sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam, semuanya itu akan menjadi daerahmu.
5  Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.
6  Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
7  Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.
8  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
9  Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."

Ayat2 di atas berbicara ketika Yosua akan maju berperang, merebut tanah kanaan/palestina yg dijanjikan TUHAN kpd bangsa israel.

Apakah TUHAN meminta yosua & pasukannya utk berjihad dg iming2 surga + bidadari, ndak khan ???

TUHAN cuma meminta agar yosua berjalan "lurus" mengikuti hukum & perintah TUHAN, tidak serong kiri/kanan.

Sebagai balasannya TUHAN akan "menyertai secara spiritual" yosua & bangsa israel, sehingga mereka akan MENANG dalam peperangan.

Dan inilah yang terjadi di jaman yosua & raja2 israel. Ketika bangsa israel mengikuti TUHAN, mereka akan selalu menang melawan bangsa2 kapir. Tapi begitu mereka berpaling dari TUHAN bahkan sampe menyembah berhala, mereka akan dikalahkan oleh musuh2 mereka.

Masalahnya adalah .......... kenapa perintah TUHAN kpd bangsa israel bisa SANGAT BERBEDA dg perintah allah swt kpd muslim yg "sangat menginginkan" muslim utk berjihad dalam perang ???

Bukankah "katanya" nabi2 yahudi itu beragama islam & menyembah allah swt ??? Tapi kenapa ajaran utk berperang bisa sangat berbeda ???


PENDAPAT PRIBADI

Spt sdh sering kubilang ....... jihad + bidadari itu sebenarnya cuma KARANGAN muhammad. Demikian juga dg allah swt. Allah swt itu sebenarnya cuma "tuhan" karangan muhammad.

Muhammad itu tahu persis, sebenarnya TIDAK ADA tuhan yg bernama allah swt. Maka dari itu ..... muhammad TIDAK BISA mengandalkan allah swt utk membantunya dlm peperangan.

Dalam peperangan muhammad TIDAK mengandalkan kpd allah swt, TAPI mengandalkan kpd kekuatan pasukannya. Maka dari itu ......... muhammad "memotivasi" (baca: cuci otak) muslim2 pengikutnya dg ajaran jihad dg iming2 surga + bidadari. Alhasil jadilah pasukan zombie jihad yg berani mati yg sangat ditakuti lawan2nya.

Dalam hal ini kita harus jujur & angkat topi atas ke-lihay-an muhammad dalam memanipulasi muslim2 pengikutnya. Meskipun ber-tuhan-kan abal-abal, muhammad pun sering memenangkan peperangan bahkan akhirnya seluruh tanah arab TUNDUK menyembah muhammad.

Hasil (output)nya memang sama, bangsa israel & muslim sama2 sering memenangkan peperangan. Bangsa israel akhirnya menguasai tanah kanaan/palestina & muhammad akhirnya menguasai seluruh tanah arab.

Bedanya adalah yg satu menang perang krn PERTOLONGAN TUHAN, sedangkan satunya lagi menang perang krn ajaran jihad + iming2 surga bidadari.

Maka tidak heran bisa sampe muncul HADITS2 VULGAR spt bidadari setelah "digituin" bisa kembali perawan, di surga muslim mempunyai kekuatan "begituan" setara 100 laki2 normal dst ........

Emanknya drmn seh asalnya koq bisa muncul hadits2 vulgar tsb ??? Tentu saja hadits2 vulgar tsb muncul bukan hasil "sulapan" tapi berasal dr mulut muhammad sendiri. Ketika akan berperang, muhammad "men-doktrin" pasukannya akan "nikmatnya" surga kalo mati syahid dalam jihad. Doktrin2 muhammad inilah yg dikemudian hari dikumpulkan menjadi hadits2 (vulgar) tsb.

Hal2 inilah yg menjelaskan kenapa iming2 surga buat MUSLIM dg MUSLIMAH bisa sangat berbeda. Iming2 surga buat MUSLIM sangat jelas & fokus yaitu BIDADARI CANTIK SEKSI. Ditambah segudang hadits2 vulgar ttg "nikmatnya" bidadari ini.

Sebaliknya iming2 surga buat MUSLIMAH sangatlah tidak jelas. Tidak ada BIDADARA TAMPAN YANG PERKASA buat muslimah ...........

Muslimah itu khan TIDAK pergi perang berjihad. Jadi ngapain diberi iming2 surga yg muluk2, percuma khan ???

Sekali lagi ......... semua tulisan di atas itu cuma PENDAPAT PRIBADI yang belum tentu bener lho .............

Sekarang gantian muslim yg menjelaskan, kenapa bangsa israel tidak pernah diperintahkan berjihad ???

Supaya gampang ........ aku tuliskan saja beberapa pilihan ......

  1. Karena kitab suci mereka taurat sudah DIPALSUKAN oleh orang2 yahudi yg memang terkenal doyan banget meng-otak-atik kitab suci mereka sendiri. Dalam kitab taurat "versi asli" sebenarnya ada ajaran JIHAD + BIDADARI CANTIK SEKSI yg kemudian "dihilangkan" oleh orang2 yahudi.

  2. Allah swt dulunya di jaman nabi2 yahudi memang bener membantu bangsa israel secara spiritual shg menang perang. Cuma di jaman muhammad karena merasa "capek" allah swt tidak lagi membantu. Sbg gantinya allah swt menurunkan ayat2 jihad utk "memotivasi" muslim2 pergi berperang. Toh hasilnya sama saja ........... setelah diturunkan ayat2 jihad muslim menjadi sering menang perang juga.

  3. Ajaran jihad + bidadari itu sebenarnya cuma karangan muhammad.


Dari 3 pilihan di atas, mana yg paling bener ??? Silahkan para ustadz & ustadzah disini memberikan taudziahnya ........




ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2336
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down


Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by frontline defender on Tue Oct 04, 2016 4:31 pm

buktinya kan baru diketahui di akhir, sebelum mau jihad, Yahudi ndak akan tahu, karena itulah Yahudi perlu diancam hukuman mati segala!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6390
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 127

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by F-22 on Wed Oct 05, 2016 12:44 pm

@frontline defender wrote:buktinya kan baru diketahui di akhir, sebelum mau jihad, Yahudi ndak akan tahu, karena itulah Yahudi perlu diancam hukuman mati segala!
Bangsa yahudi bukan cuma dijanjikan tanah tapi juga PERTOLONGAN TUHAN. Bukan cuma janji buta semata, tapi dibuktikan dg keberhasilan merebut tanah kanaan/palestina dr bangsa kapir.

Semua ini tanpa "cuci otak" iming2 surga + bidadari yg menjadikan manusia normal menjadi pasukan zombie yg berani mati ..........

Tapi kenapa allah swt malah memberi iming2 surga + bidadari yg menjadikan muslim menjadi pasukan zombie berani mati krn mereka mengharapkan "barokah" surga + bidadari ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2336
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 12:51 pm

sekilas info...
18:29 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Kerajaan Allah meninggalkan rumahnya, isterinya atau saudaranya, orang tuanya atau anak-anaknya,
18:30 akan menerima kembali lipat ganda pada masa ini juga, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal."

avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by dee-nee on Wed Oct 05, 2016 4:44 pm

@F-22 wrote:
@frontline defender wrote:buktinya kan baru diketahui di akhir, sebelum mau jihad, Yahudi ndak akan tahu, karena itulah Yahudi perlu diancam hukuman mati segala!
Bangsa yahudi bukan cuma dijanjikan tanah tapi juga PERTOLONGAN TUHAN. Bukan cuma janji buta semata, tapi dibuktikan dg keberhasilan merebut tanah kanaan/palestina dr bangsa kapir.

Semua ini tanpa "cuci otak" iming2 surga + bidadari yg menjadikan manusia normal menjadi pasukan zombie yg berani mati ..........

Tapi kenapa allah swt malah memberi iming2 surga + bidadari yg menjadikan muslim menjadi pasukan zombie berani mati krn mereka mengharapkan "barokah" surga + bidadari ???


mana

biru : katanya bangsa Israel diperintah perang ... moso mereka tidak disebut pasukan zombie berani mati juga ??

merah underline : Muhammad juga perang atas pertolongan Tuhan >>> apa bedanya dengan bangsa Israel yang menang karena ditolong Tuhan ??

strike : yang bener itu bangsa Israel ... judul TS dibaca dong ah >>> ngomongin bangsa Israel kok ngelantur jadi bangsa yahudi >>> itu sama aja lagi ngomongin bangsa Majapahit ngelantur ke bangsa Demak

tolong hargai sedikit lah kitab suci anda sendiri ... jangan diplintir2 terus sejarahnya

sampai kiamat ... anda ga akan nemu kata yahudi dalam kitab Yosua ... ck ck ck

nyerah nyerah

---------------------------------------------------

btw terkait TS

Ayat2 di atas berbicara ketika Yosua akan maju berperang, merebut tanah kanaan/palestina yg dijanjikan TUHAN kpd bangsa israel.

Apakah TUHAN meminta yosua & pasukannya utk berjihad dg iming2 surga + bidadari, ndak khan ???

TUHAN cuma meminta agar yosua berjalan "lurus" mengikuti hukum & perintah TUHAN, tidak serong kiri/kanan.

Sebagai balasannya TUHAN akan "menyertai secara spiritual" yosua & bangsa israel, sehingga mereka akan MENANG dalam peperangan.

jadi menurut anda ... bangsa Israel yang ikut perang bersama Yosua ... mereka2 ini masuk surga ga sih ??

permintaan Tuhan yang hijau pada Yosua ... ada reward nya ga ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 7:08 pm

sekilas info...
7:1 Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang-barang yang dikhususkan itu, karena Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda, mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel.

avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 7:40 pm

sekilas info...
7:3 Kemudian kembalilah mereka kepada Yosua dan berkata kepadanya: "Tidak usah seluruh bangsa itu pergi, biarlah hanya kira-kira dua atau tiga ribu orang pergi untuk menggempur Ai itu; janganlah kaususahkan seluruh bangsa itu dengan berjalan ke sana, sebab orang-orang di sana sedikit saja."
7:4 Maka berangkatlah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu ke sana; tetapi mereka melarikan diri di depan orang-orang Ai.
7:5 Sebab orang-orang Ai menewaskan kira-kira tiga puluh enam orang dari mereka; orang-orang Israel itu dikejar dari depan pintu gerbang kota itu sampai ke Syebarim dan dipukul kalah di lereng. Lalu tawarlah hati bangsa itu amat sangat.


avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 7:44 pm

sekilas info...
7:10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Bangunlah! Mengapa engkau sujud demikian?

7:11 Orang Israel telah berbuat dosa, mereka melanggar perjanjian-Ku yang Kuperintahkan kepada mereka, mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu, mereka mencurinya, mereka menyembunyikannya, dan mereka menaruhnya di antara barang-barangnya.
7:12 Sebab itu orang Israel tidak dapat bertahan menghadapi musuhnya. Mereka membelakangi musuhnya, sebab mereka itu pun dikhususkan untuk ditumpas. Aku tidak akan menyertai kamu lagi jika barang-barang yang dikhususkan itu tidak kamu punahkan dari tengah-tengahmu.

avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 7:49 pm

sekilas info...
7:15 Dan siapa yang didapati menyimpan barang-barang yang dikhususkan itu, akan dibakar dengan api, ia dan segala sesuatu yang ada padanya, sebab ia telah melanggar perjanjian TUHAN dan berbuat noda di antara orang Israel."
7:16 Keesokan harinya bangunlah Yosua pagi-pagi, lalu menyuruh orang Israel tampil ke muka suku demi suku, maka didapatilah suku Yehuda.
7:17 Ketika disuruhnya tampil ke muka kaum-kaum Yehuda, maka didapatinya kaum Zerah. Ketika disuruhnya tampil ke muka kaum Zerah, seorang demi seorang, maka didapatilah Zabdi.
7:18 Ketika disuruhnya keluarga orang itu tampil ke muka, seorang demi seorang, maka didapatilah Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda.
7:19 Berkatalah Yosua kepada Akhan: "Anakku, hormatilah TUHAN, Allah Israel, dan mengakulah di hadapan-Nya; katakanlah kepadaku apa yang kauperbuat, jangan sembunyikan kepadaku."
7:20 Lalu Akhan menjawab Yosua, katanya: "Benar, akulah yang berbuat dosa terhadap TUHAN, Allah Israel, sebab beginilah perbuatanku:
7:21 aku melihat di antara barang-barang jarahan itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, maka kuambil; semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali."
7:22 Lalu Yosua menyuruh orang segera pergi ke kemah itu, dan sesungguhnya, semuanya itu disembunyikan dalam kemah Akhan, dan perak itu ada di bawah sekali.
7:23 Maka mereka mengambil semuanya itu dari dalam kemah, lalu membawanya kepada Yosua dan kepada semua orang Israel, dan mencurahkannya di hadapan TUHAN.
7:24 Kemudian Yosua, beserta seluruh Israel mengambil Akhan bin Zerah, dan perak, jubah dan emas sebatang itu, anak-anaknya yang laki-laki dan perempuan, lembunya, keledainya dan kambing dombanya, kemahnya dan segala kepunyaannya, lalu semuanya itu dibawa ke lembah Akhor.
7:25 Berkatalah Yosua: "Seperti engkau mencelakakan kami, maka TUHAN pun mencelakakan engkau pada hari ini." Lalu seluruh Israel melontari dia dengan batu, semuanya itu dibakar dengan api dan dilempari dengan batu.
7:26 Sesudah itu didirikanlah di atasnya suatu timbunan batu yang besar, yang masih ada sampai sekarang. Lalu surutlah murka TUHAN yang bernyala-nyala itu. Oleh sebab itu nama tempat itu sampai sekarang disebutkan lembah Akhor.

avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 7:58 pm

sekilas info...
8:18 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Acungkanlah lembing yang ada di tanganmu ke arah Ai, sebab Aku menyerahkan kota itu ke dalam tanganmu." Maka Yosua mengacungkan lembing yang di tangannya ke arah kota itu.

bukan karena israel, tapi karena TUHAN

bukan berarti TUHAN tidak pernah murka terhadap israel
juga bukan berarti TUHAN selalu membela israel

bukan berarti israel selalu menang
bahkan TUHAN yang mengizinkan israel sebagai bangsa yang paling lama diperbudak
bahkan lagi israel pernah ditolak oleh TUHAN

---

tidak ada jaminan bahwa semua israel pasti masuk surga
permintaan Tuhan yang hijau pada Yosua ada rewardnya

1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by dee-nee on Wed Oct 05, 2016 8:44 pm

@njlajahweb wrote:sekilas info...
8:18 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Acungkanlah lembing yang ada di tanganmu ke arah Ai, sebab Aku menyerahkan kota itu ke dalam tanganmu." Maka Yosua mengacungkan lembing yang di tangannya ke arah kota itu.

bukan karena israel, tapi karena TUHAN

bukan berarti TUHAN tidak pernah murka terhadap israel
juga bukan berarti TUHAN selalu membela israel
bahkan TUHAN yang mengizinkan israel sebagai bangsa yang paling lama diperbudak

---

tidak ada jaminan bahwa semua israel pasti masuk surga
permintaan Tuhan yang hijau pada Yosua ada rewardnya

1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

merah : sip .... so kalau balik ke pertanyaan saya pada F-22

Ayat2 di atas berbicara ketika Yosua akan maju berperang, merebut tanah kanaan/palestina yg dijanjikan TUHAN kpd bangsa israel.

Apakah TUHAN meminta yosua & pasukannya utk berjihad dg iming2 surga + bidadari, ndak khan ???

TUHAN cuma meminta agar yosua berjalan "lurus" mengikuti hukum & perintah TUHAN, tidak serong kiri/kanan.

Sebagai balasannya TUHAN akan "menyertai secara spiritual" yosua & bangsa israel, sehingga mereka akan MENANG dalam peperangan.

jadi menurut anda ... bangsa Israel yang ikut perang bersama Yosua ... mereka2 ini masuk surga ga sih ??

permintaan Tuhan yang hijau pada Yosua ... ada reward nya ga ??

pertanyaan saya lagi :

1. Yosua dan bangsa Israel berperang untuk merebut tanah yang dijanjikan >>>> apakah "perang" ini perintah Tuhan ??

kalau jawabnya "ya" ... langsung ke no 4
kalau jawabnya "tidak" .... lanjut ke no 2

(hehehehehe jadi kaya buku anak saya - pilih sendiri petualanganmu)

piss  piss

2. kalau jawabnya tidak ... artinya perang itu bukan atas perintah Tuhan ... so apa yang diinginkan Tuhan pada bangsa Israel (Yosua) untuk merebut tanah Kanaan ?? >>>> (supaya cepat ... saya tebak saja ya) .... jawabannya mungkin yang hijau ... maka (no 3)

3. Seperti apa hukum & perintah TUHAN, tidak serong kiri/kanan tersebut ... sehingga akhirnya Yosua memutuskan untuk perang ??

4. Kalau jawabnya ya ... artinya perang yang dilakukan bangsa Israel (Yosua) memang atas perintah Tuhan .... maka bila bangsa Israel melakukan perang itu dengan cara yang hijau .... mereka pun akan mendapat surga >>>> bisa ga saya sebut simple-nya menjadi seperti ini

Tuhan memberi perintah pada bangsa Israel untuk berperang demi merebut tanah yang dijanjikan ... dan bila perang itu dilakukan dengan benar ... Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)

setuju ga dengan yang biru ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 9:03 pm

ya ampun apakah harus dijawab
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 9:18 pm

Q
Tuhan memberi perintah pada bangsa Israel untuk berperang demi merebut tanah yang dijanjikan ...
T
ya

Q
dan bila perang itu dilakukan dengan benar ... Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)
T
bila perang itu dilakukan dengan benar Tuhan memberikan kemenangan

trus maksudnya ini apa?
Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)
memangnya hanya surga yang bisa disebut reward

saya percaya gini, sekalipun israel membunuh karena disuruh TUHAN, tapi jika mereka membunuh karena didominasi kekotoran batin, ya tidak bisa dipastikan masuk surga, walau TUHAN sudah menjanjikan Surga
misalnya israel membunuh karena dendam, berarti bukan karena TUHAN tapi karena dirinya sendiri.

bahkan Syaidina Ali tidak jadi membunuh musuhnya, waktu musuhnya meludahi Syaidina Ali, karena Syaidina Ali terpancing emosi., Syaidina Ali takut membunuh bukan karena ALLOH SWT(TUHAN)
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by dee-nee on Wed Oct 05, 2016 10:07 pm

@njlajahweb wrote:Q
Tuhan memberi perintah pada bangsa Israel untuk berperang demi merebut tanah yang dijanjikan ...
T
ya

Q
dan bila perang itu dilakukan dengan benar ... Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)
T
bila perang itu dilakukan dengan benar Tuhan memberikan kemenangan

trus maksudnya ini apa?
Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)
memangnya hanya surga yang bisa disebut reward

saya percaya gini, sekalipun israel membunuh karena disuruh TUHAN, tapi jika mereka membunuh karena didominasi kekotoran batin, ya tidak bisa dipastikan masuk surga, walau TUHAN sudah menjanjikan Surga
misalnya israel membunuh karena dendam, berarti bukan karena TUHAN tapi karena dirinya sendiri.

ga ada hubungannya dengan bunuh membunuh kok ... pertanyaan saya hubungannya tetap fokus pada TS
ga OOT kemana2 .... anda sensi aja ah

piss piss

so .... balik ke topik >>> terkait perintah Tuhan pada bangsa Israel untuk berperang >>> pada akhirnya Tuhan juga akan menjanjikan surga (bila perang itu dilakukan dengan benar) ... artinya .... tetap ada janji (iming2) surga dalam perintah perang tersebut >>>> ya atau tidak ??

balik ke TS

TS wrote:Ayat2 di atas berbicara ketika Yosua akan maju berperang, merebut tanah kanaan/palestina yg dijanjikan TUHAN kpd bangsa israel.

Apakah TUHAN meminta yosua & pasukannya utk berjihad dg iming2 surga + bidadari, ndak khan ???

TUHAN cuma meminta agar yosua berjalan "lurus" mengikuti hukum & perintah TUHAN, tidak serong kiri/kanan.

Sebagai balasannya TUHAN akan "menyertai secara spiritual" yosua & bangsa israel, sehingga mereka akan MENANG dalam peperangan.

Dan inilah yang terjadi di jaman yosua & raja2 israel. Ketika bangsa israel mengikuti TUHAN, mereka akan selalu menang melawan bangsa2 kapir. Tapi begitu mereka berpaling dari TUHAN bahkan sampe menyembah berhala, mereka akan dikalahkan oleh musuh2 mereka.

Masalahnya adalah .......... kenapa perintah TUHAN kpd bangsa israel bisa SANGAT BERBEDA dg perintah allah swt kpd muslim yg "sangat menginginkan" muslim utk berjihad dalam perang ???

boleh ga saya bilang bahwa statement TS yang merah salah ?? >>> btw ... kata bidadari saya strike karena itu mah TS-nya aja yang mabok bidadari banget

so balik ke underline .... boleh atau tidak ??

bahwa YA ... TUHAN cuma meminta agar yosua berjalan "lurus" mengikuti hukum & perintah TUHAN, tidak serong kiri/kanan  seperti uraian TS >>> tapi yang hijau ini adalah aturan dalam segala aspek kehidupan (termasuk perang) ...

yang pada akhirnya ... Tuhan menjanjikan (memberi iming2) surga bila perintah perang itu dilakukan sesuai yang hijau

jadi tentang kalimat TS yang ungu >>> boleh ga saya bilang ... bahwa perintah Tuhan untu berperang .... apakah itu pada bangsa Israel (era Yoshua) atau pada bangsa Arab (era Muhammad) .... tidak ada bedanya sama sekali >>> yaitu perintah perang (dengan hukum dan aturan Tuhan) ... disertai dengan janji (iming2) surga

artinya ... statement TS yang ungu pun tidak tepat

setuju ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 10:24 pm

bisa nggak anda tunjukan ayatnya di Alkitab

Q
bahwa YA ... TUHAN cuma meminta agar yosua berjalan "lurus" mengikuti hukum & perintah TUHAN, tidak serong kiri/kanan seperti uraian TS >>> tapi yang hijau ini adalah aturan dalam segala aspek kehidupan (termasuk perang) ...
T
yang ini bisa dibilang iya


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Wed Oct 05, 2016 10:34 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by dee-nee on Wed Oct 05, 2016 10:30 pm

@njlajahweb wrote:bisa nggak anda tunjukan ayatnya di Alkitab

ayat tentang apa ya ?? ... kan saya cuma bahas statement TS
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 10:37 pm

ayat perang yang ada iming surga Say...
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by dee-nee on Wed Oct 05, 2016 10:42 pm

@njlajahweb wrote:ayat perang yang ada iming surga Say...

lah tadi katanya kalau bangsa Israel perang sesuai dengan hukum dan aturan Tuhan ... mereka dijanjikan surga

yang biru ini jawaban anda kan

@njlajahweb wrote:
Q
Tuhan memberi perintah pada bangsa Israel untuk berperang demi merebut tanah yang dijanjikan ...
T
ya

Q
dan bila perang itu dilakukan dengan benar ... Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)
T
bila perang itu dilakukan dengan benar Tuhan memberikan kemenangan

trus maksudnya ini apa?
Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)
memangnya hanya surga yang bisa disebut reward
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by dee-nee on Wed Oct 05, 2016 10:46 pm

oh ya btw tentang statement TS lainnya

TS wrote:Hasil (output)nya memang sama, bangsa israel & muslim sama2 sering memenangkan peperangan. Bangsa israel akhirnya menguasai tanah kanaan/palestina & muhammad akhirnya menguasai seluruh tanah arab.

Bedanya adalah yg satu menang perang krn PERTOLONGAN TUHAN, sedangkan satunya lagi menang perang krn ajaran jihad + iming2 surga

yang merah sama aja ah

Muhammad juga menang perang karena PERTOLONGAN TUHAN

(Ingatlah), ketika kamu mengatakan kepada orang mu’min: “Apakah tidak cukup bagi kamu Allah membantu kamu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan (dari langit)?” ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertakwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.Qs.3:124-125

Yoshua pun menang perang karena perintah Tuhan + iming2 surga
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 10:51 pm

Q
Yoshua pun menang perang karena perintah Tuhan + iming2 surga
T
iming-iming surganya yang mana Say...
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 10:52 pm

Q
Muhammad juga menang perang karena PERTOLONGAN TUHAN

(Ingatlah), ketika kamu mengatakan kepada orang mu’min: “Apakah tidak cukup bagi kamu Allah membantu kamu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan (dari langit)?” ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertakwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.Qs.3:124-125
T
iya Cayang...
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 10:58 pm

1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

ok ini bisa disebut iming surga secara tidak langsung

"supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi" hal ini bisa termasuk pergi ke surga
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by dee-nee on Wed Oct 05, 2016 10:58 pm

@njlajahweb wrote:Q
Yoshua pun menang perang karena perintah Tuhan + iming2 surga
T
iming-iming surganya yang mana Say...

lah mana saya tau ...
anda menulis yang biru ... ayatnya mana ??

@njlajahweb wrote:Q
dan bila perang itu dilakukan dengan benar ... Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)
T
bila perang itu dilakukan dengan benar Tuhan memberikan kemenangan

trus maksudnya ini apa?
Tuhan pun berjanji memberikan mereka surga (reward)
memangnya hanya surga yang bisa disebut reward

yang biru underline itu bukannya iming2 surga juga namanya ?? >>> menurut logika TS
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 10:59 pm

udah saya jawab Say...
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by njlajahweb on Wed Oct 05, 2016 11:00 pm

1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

ok ini bisa disebut iming surga secara tidak langsung

"supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi" hal ini bisa termasuk pergi ke surga
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by dee-nee on Wed Oct 05, 2016 11:00 pm

@njlajahweb wrote:1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

ok ini bisa disebut iming surga secara tidak langsung

"supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi" hal ini bisa termasuk pergi ke surga

kalau anda bermasalah dengan kata "iming2" >>> jangan komplain ke saya .... tapi ke TS

karena dalam Al Quran dan hadist pun ga pernah ada kata "iming2" surga dari Tuhan (Allah)

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa TUHAN tidak pernah memerintahkan bangsa israel untuk berjihad ???

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik