FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by F-22 on Wed Nov 02, 2016 2:08 pm



Fatwa MUI:

http://news.detik.com/berita/d-3318150/mui-nyatakan-sikap-soal-ucapan-ahok-terkait-al-maidah-51-ini-isinya

1. Al-Quran surah al-Maidah ayat 51 secara eksplisit berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin. Ayat ini menjadi salah satu dalil larangan menjadikan non Muslim sebagai pemimpin.

5. Menyatakan bohong terhadap ulama yang menyampaikan dalil surah al-Maidah ayat 51 tentang larangan menjadikan nonmuslim sebagai pemimpin adalah penghinaan terhadap ulama dan umat Islam.
Fatwa inilah yg menjadi "senjata utama" kelompok anti ahok agar ybs diadili.

Oklah .... anggap saja nanti setelah melalui pemeriksaan polisi, si ahok ini masuk pengadilan.

Tapi kira2 bgmn memutus perkara ini ???

Kalo pengadilan "meng-amini" fatwa mui tsb, tentu dg "mulus" ahok bisa masuk penjara.

Masalahnya ...... terus gimana dg pandangan orang2 di luar sono ???

Dulu ketika seorang MUSLIM menjadi walikota london (negara kapir), muslim2 di seluruh dunia "bangga" luar binasa ......... bagus bagus .... inilah contoh toleransi ...... Tapi gantian seorang NON-MUSLIM mau jadi gubernur di negara mayoritas muslim, tiba2 dijegal dg alasan agama, kapir tidak boleh menjadi pemimpin.

Bukankah ini akan membuat sebuah persepsi kalo islam itu adalah AGAMA RASIS ??? Belum lagi soal keutuhan NKRI ...... mulai ada rasan2 diantara non-muslim soal kasus ahok ini.


Tapi kalo nanti pengadilan "me-mentahkan" fatwa mui, ya sulit memenjarakan ahok.

Masalahnya ....... berani ndak pengadilan melakukan hal ini ??? Bukankah ini artinya pengadilan terang2an melakukan "de-legitimasi" thd ulama/MUI ???

Masalah yg kedua .... yg ini lebih serem lagi ....... berani ndak pengadilan menghadapi pressure (tekanan) dari ormas2 islam beringas & tokoh2 islam yg secara kasat mata "sangat bernafsu" memenjarakan ahok ???


Ini masalah pelik yg harus dihadapi kepolisian & pengadilan, yaitu masalah KKK kanan kiri kena ......

Gimana pendapat muslim2 disini ???


basi
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2370
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by abu hanan on Wed Nov 02, 2016 5:41 pm

eff wrote:Gimana pendapat muslim2 disini ???
sayah lahir di tengah keragaman..muslim yang lahir di republik..jadi yah biarkan hukum berproses..
eff wrote:
Masalahnya ....... berani ndak pengadilan melakukan hal ini ??? Bukankah ini artinya pengadilan terang2an melakukan "de-legitimasi" thd ulama/MUI ???
harus berani eff..
eff wrote:
Masalah yg kedua .... yg ini lebih serem lagi ....... berani ndak pengadilan menghadapi pressure (tekanan) dari ormas2 islam beringas & tokoh2 islam yg secara kasat mata "sangat bernafsu" memenjarakan ahok ??
harus berani eff..
ormas beringas ini ormas yang uda nolak presiden selaku pemimpin MUSLIM..menolak menkopolhukam selaku pemimpin MUSLIM..apa artinya?kalo bicara ekstrim maka ormas beringas bisa ditumpas atau dibinasakan hingga akar..

lha gimana gak bikin bingung?pemimpin NON MUSLIM ditolak tapi keputusan pemimpin MUSLIM juga ditolak..apa republik ini punya neneknya?

lagian FPI dan ormas serta ulama garis keras juga gak berani calonin habib rizieq selaku gubernur dki..kenapa coba?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by dee-nee on Thu Nov 03, 2016 10:40 am

@F-22 wrote:

Fatwa MUI:

http://news.detik.com/berita/d-3318150/mui-nyatakan-sikap-soal-ucapan-ahok-terkait-al-maidah-51-ini-isinya

1. Al-Quran surah al-Maidah ayat 51 secara eksplisit berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin. Ayat ini menjadi salah satu dalil larangan menjadikan non Muslim sebagai pemimpin.

4. Menyatakan bahwa kandungan surah al-Maidah ayat 51 yang berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin adalah sebuah kebohongan, hukumnya haram dan termasuk penodaan terhadap Al-Quran.

5. Menyatakan bohong terhadap ulama yang menyampaikan dalil surah al-Maidah ayat 51 tentang larangan menjadikan nonmuslim sebagai pemimpin adalah penghinaan terhadap ulama dan umat Islam.

Fatwa inilah yg menjadi "senjata utama" kelompok anti ahok agar ybs diadili.

Oklah .... anggap saja nanti setelah melalui pemeriksaan polisi, si ahok ini masuk pengadilan.

Tapi kira2 bgmn memutus perkara ini ???

Kalo pengadilan "meng-amini" fatwa mui tsb, tentu dg "mulus" ahok bisa masuk penjara.

Masalahnya ...... terus gimana dg pandangan orang2 di luar sono ???

merah : MUI melalui statement Ketua MUI Pusat KH Ma'ruf Amir sudah mengatakan ... bahwa yang disampaikan MUI kemaren ini BUKAN berupa fatwa ... tapi "sikap keagamaan"

artinya ... apa yang tertulis disitu sifatnya bukan fatwa (dimana ada "kewajiban" umat untuk menjalankan apa yang disampaikan MUI) .... yang disebut "sikap keagamaan" disini ... artinya sikap pribadi (dalam konteks keagamaan) lembaga MUI itu sendiri (artinya tidak ada kewajiban atau larangan apakah umat mau menjalankan/mengikuti apa yang disampaikan MUI)

terkait "sikap keagamaan" MUI itu sendiri .... karena sifatnya BUKAN FATWA ... maka keterangan MUI yang akan dijadikan bahan dalam penyelidikan bareskrim hanya sampai pada keterangan seperti point 1 ... tentang tafsir Al Maidah 51 ... yang kemudian akan disandingkan dengan tafsir2 Al Maidah 51 lainnya

artinya statement MUI (seperti) point 5 atau 4 ... (menurut saya) tidak dianggap sebagai keterangan saksi ahli dalam penyelidikan bareskrim ... kenapa ??

1. conflict of interest-nya (kepentingan dan nuansa politik-nya) terlalu kuat pada dua point (4 dan 5) tersebut

2. MUI juga bukan badan hukum yang bisa memberikan keputusan terkait tindak pidana penistaan agama pasal 156 KUHP (misalnya kalimat yang merah).

3. Karena point2 diatas sifatnya bukan fatwa ... maka kata2 seperti "hukumnya haram" .. tidak bisa menjadi dasar hukum untuk polisi melakukan tindakan (berbeda dengan kasus gafatar misalnya .... dimana ketika MUI keluarkan fatwa bahwa gafatar sesat ... berdasarkan fatwa tersebut .... polisi bisa langsung menangkap (melakukan tindakan) terhadap pimpinan gafatar)

4. kapasitas MUI sebagai saksi ahli dalam kasus Ahok ... hanya terbatas sebagai saksi ahli agama (terkait tafsir Al Maidah 51) ... diluar dari itu (misalnya apakah Ahok melanggar pasal 156 KUHP tentang penistaan agama atau tidak ... dsb) ... semua itu bukan ranah-nya MUI sebagai saksi ahli agama di bareskrim

tentang yang biru : saya kok justru yakin sekali "Ahok pasti lepas dari kasus ini" ... bukan karena ada "orang dibalik layar dsb" ... tapi sesuai dengan hukum dan keadilan itu sendiri ... menurut saya Ahok tidak bersalah (tidak melakukan penistaan agama)

tapi ini menurut saya loh ya

piss  piss

--------------------------------------------------------

@F-22 wrote:Dulu ketika seorang MUSLIM menjadi walikota london (negara kapir), muslim2 di seluruh dunia "bangga" luar binasa ......... bagus bagus .... inilah contoh toleransi ...... Tapi gantian seorang NON-MUSLIM mau jadi gubernur di negara mayoritas muslim, tiba2 dijegal dg alasan agama, kapir tidak boleh menjadi pemimpin.

Bukankah ini akan membuat sebuah persepsi kalo islam itu adalah AGAMA RASIS ??? Belum lagi soal keutuhan NKRI ...... mulai ada rasan2 diantara non-muslim soal kasus ahok ini.

merah : oh iya ?? ... rasan2-nya gimana ?? ceritain dong ....

piss  piss

biru : kalau bicara soal keutuhan NKRI >>> saya justru sangat percaya mayoritas muslim "sudah sangat siap" (bahkan mungkin lebih siap dari non-muslim) untuk melakukan segala cara demi mempertahankan NKRI

saya bicara begini bukan untuk membedakan muslim vs non-muslim-nya >>> tapi hanya ingin menjelaskan ... bahwa yang disebut mayoritas muslim ini juga bukan manusia bodoh, buta, dan tuli yang tidak bisa melihat apa yang sedang terjadi di Timur Tengah

apa yang terjadi di Timur Tengah ... sebetulnya kecil sekali bila disambung dengan konflik antara muslim vs non-muslim >>> karena jelas yg terjadi di sana adalah konflik antara muslim vs muslim

jadi ... diluar bicara soal nasionalisme (sikap kebangsaan) dsb ... ada juga sikap "hati-hati" dari mayoritas ini supaya tidak diadu domba (atau dipecah belah)

artinya ... dalam konteks "keagamaan" ... dalam konteks keagamaan loh ya (walaupun banyak juga muslim yang tidak mau bicara tentang agama bila sudah menyangkut nasionalisme)

tapi untuk yang bold ini ... (untuk muslim2 yang religious lah istilahnya) ... di antara mereka ada idealisme kesatuan umat sebagai "Indonesian muslim" >>> mau muslim-nya seperti apa ... pokoknya seperti muslim di Indonesia >>> muslim Indonesia itu seperti apa ?? .... ya muslim yang sudah terikat dengan 4 pilar

jadi banyak juga yang merasa ... dengan menjaga keutuhan NKRI (termasuk 4 pilar) .... itu sama dengan menjaga keutuhan ukuwah (sebagai Indonesian muslim)

4 pilar itu sendiri ... menurut saya ... tidak hanya menyatukan muslim vs non muslim dalam kaitan berbangsa dan ber-negara ... tapi sebetulnya juga menyatukan muslim vs muslim itu sendiri ... antara NU dan Muhammadiyah ... antara yang konservatif dengan yang moderat ... antara muslim di jawa dengan muslim di sumatra dengan muslim di sulawesi dsb (misalnya)

dan yang merah ini juga sebetulnya berlaku bagi agama lain >>> yang intinya ... apapun isi kepala setiap manusia di dalam-nya (dilihat dari SARA-nya, cara berpikir-nya, budaya-nya, adat-nya, dsb) ... semua tetap harus merujuk pada aturan dan hukum yang sama (misalnya aturan untuk tetap menjaga persatuan, mengedepankan musyawarah, meninggikan kemanusiaan dan keadilan, dsb)

itu idealis-nya ... tapi kan memang tidak ada yang sempurna ... jadi masih sering timbul masalah .... tapi intinya ... balik ke ungu

-----------------------------------------------

@F-22 wrote:Tapi kalo nanti pengadilan "me-mentahkan" fatwa mui, ya sulit memenjarakan ahok.

Masalahnya ....... berani ndak pengadilan melakukan hal ini ??? Bukankah ini artinya pengadilan terang2an melakukan "de-legitimasi" thd ulama/MUI ???

Masalah yg kedua .... yg ini lebih serem lagi ....... berani ndak pengadilan menghadapi pressure (tekanan) dari ormas2 islam beringas & tokoh2 islam yg secara kasat mata "sangat bernafsu" memenjarakan ahok ???

Ini masalah pelik yg harus dihadapi kepolisian & pengadilan, yaitu masalah KKK kanan kiri kena ......

Gimana pendapat muslim2 disini ???

basi

yang ini saya idem dengan mbah Abu

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8624
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by njlajahweb on Tue Nov 08, 2016 10:49 am

dari pada bingung atau salah tingkah, bagi yang pingin pilih ahok tapi takut salah sama agama,
pilih saja pak jarot,
coblos pak jarot,
demi pak jarot yang seagama,
dari pada golput.

tapi memang ada yang nggak bingung dukung ahok, seperti video ini
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 4005
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by abu hanan on Thu Nov 10, 2016 11:57 am

Mantan Ketua PBNU dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, KH Hasyim Muzadi, menyiratkan kekuatiran akan hasil akhir kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). Khususnya terkait saksi-saksi ahli yang akan dijadikan rujukan oleh pihak Kepolisian. “Kita masih menunggu hasil finalnya. Hasil Finalnya tersebut bergantung siapa yang dimintai pendapat dan fatwanya oleh pihak kepolisian. Semoga akan selaras dengan keputusan MUI,” ungkap Hasyim.

https://www.kiblat.net/2016/11/09/mantan-ketum-nu-berharap-hasil-kasus-ahok-sesuai-putusan-mui/
------------------
pertanyaannya adalah bagaimana jika ahok secara HUKUM dinyatakan tidak melakukan penistaan?

balik lagi ke mui..ini LSM..apakah pernah diaudit?
lalu point yang sayah ingin sampaikan adalah:
apakah ahok pernah diajak bicara tentang peristiwa di kepulauan seribu?
hal itu perlu dilakukan untuk menegakkan ;
1. al hujurat 6
"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu."

2. al hujurat 12..
"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. "

lalu tiba2 mui mengeluarkan sikap keagamaan (yg kata waketum,zainut tauhid,berkedudukan lebih tinggi dari fatwa)..
lha piye ini nalar ulama?ulama loh ya,bukan awam..
tanpa klarifikasi lalu dikeluarkan sikap keagamaan..

mungkin pilkada 2014 ada baiknya diangkat ;
https://www.tempo.co/read/news/2012/07/29/228419978/maruf-amin-sarankan-pemilih-islam-coblos-foke

tempo wrote:
Ketua Majelis Ulama Indonesia K.H. Ma'ruf Amin menyatakan dukungannya terhadap calon Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

"Pemimpin harus merupakan orang yang memiliki keunggulan, dan keunggulan itu ada dalam diri Fauzi Bowo," kata K.H. Ma'ruf Amin saat memberikan materi dalam seminar bertajuk "Peran Ulama dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta Putaran Kedua" di Jakarta Islamic Center, Ahad, 29 Juli 2012.

Dalam pemaparan materinya, Ma'ruf membeberkan tiga kriteria calon pemimpin terbaik menurut dirinya. Kriteria tersebut adalah pemimpin harus memberikan kemaslahatan, harus memiliki keunggulan, dan telah berpengalaman.

"Seluruh kriteria yang saya tetapkan ada dalam diri Pak Fauzi," kata Ma'ruf. Untuk kriteria pemimpin baik yang pertama, yaitu memberikan kemaslahatan, sosok Fauzi, menurut dia, tidak hanya membawa kemaslahatan bagi duniawi, tetapi juga kemaslahatan agama Islam. Sebab, pasangan calon nomor urut satu itu keduanya beragama Islam.

Sementara kriteria pemimpin yang baik kedua, yaitu memiliki keunggulan, Ma'ruf menyatakan, Fauzi merupakan lulusan S-3 tata wilayah di luar negeri. Karena itu, jauh lebih unggul daripada calon lain yang bukan lulusan S-3.

Selain itu, menurut dia, Fauzi berasal dari keluarga Islam yang sudah turun-temurun akrab dengan kiai Islam. Jadi, ia telah mengenal Islam sejak kecil dan memiliki keunggulan agama lebih baik daripada calon lainnya. "Barang siapa yang mengangkat pejabat publik, padahal dia tahu ada yang lain yang lebih baik, maka dia telah berkhianat pada Allah, rasul, dan agama," kata dia dalam seminar tersebut.

Sementara kriteria ketiga, yaitu telah berpengalaman, ia kembali mengunggulkan pasangan calon gubernur dari Partai Demokrat tersebut. Ma'ruf mengatakan, Fauzi yang telah memimpin Jakarta tentu jauh lebih menguasai permasalahan Jakarta dibanding calon dari luar Jakarta.

"Lagi pula Jakarta bukan Solo. Jakarta memiliki permasalahan yang jauh lebih banyak, dan hanya yang berpengalaman yang mampu mengatasinya," kata anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Hubungan Antar-agama ini.

Ma`ruf mengatakan, penyataan dukungannya tersebut diberikan atas nama pribadinya, bukan atas nama MUI. Jadi, setiap ulama MUI yang hadir dalam seminar itu dibebaskan untuk mengikuti pendapatnya atau tidak.

"Namun, tidak boleh dilupakan peran ulama itu seperti gembala," kata dia. Ia menjelaskan, setiap tokoh ulama wajib membimbing dan menuntun dalam kehidupan umatnya. Umat, lanjutnya, tidak boleh dibiarkan berjalan-jalan sendiri tanpa ada pedoman yang diberikan alim ulama, terutama pada proses pemilihan kepala daerah saat ini.

Ia juga menolak menyebut dukungannya itu merupakan bentuk kampanye untuk Fauzi. Menurut dia, dirinya hanya memberikan kriteria pemimpin Islam terbaik berdasarkan Al-Quran dan sunah. Sementara umat Islam, ia menjelaskan, seharusnya memilih berdasarkan kriteria tersebut. "Jangan bilang orang Islam jika tidak memilih orang Islam lainnya," kata Ma'ruf.

yang ingin sayah sampaikan adalah ;
berdasarkan al quran dan sunnahitu adalah berlaku untuk segala aspek..
jangan karena ahok yg bilang "dibohongin pakai al maidah 53" lalu divonis penistaan tetapi riziq shihab tidak ada penistaan..

baiklah,bila ahok dikatakan menista karena melecehkan ulama..lha habib rizieq apa gak melecehkan ulama?
kyai makruf amin?mui?anybody home?..........


melihat sejarah pilkada dki 2014..
http://www.beritasatu.com/home/67402-inilah-materi-brosur-panduan-muslim-dki-wajib-pilih-foke-nara.html

berita itu wrote:
"Panduan Memilih Pemimpin Jakarta" yang ditulis sebagai hasil pertemuan ulama Menteng yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan dihadiri sekitar 500 jamaah pada Sabtu (11/8) di Masjid Ahmad Yani, Lembang, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam lampiran panduan yang diperoleh Beritasatu.com, tertulis dengan tegas imbauan agar umat Muslim DKI Jakarta dalam pemilihan gubernur putaran kedua nanti memilih pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara).

"Kami meminta agar umat Islam DKI Jakarta dalam pemilihan gubernur putaran ke-2 memilih pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli sebagai tanggung jawab keagamaan (Masullyah Dinniyah) kita semua untuk Jakarta," tulis panduan dalam brosur itu.

Dalam prolog panduan menyebutkan para Ulama dan Habaib merasa bertanggung jawab atas terselenggaranya pemilihan gubernur DKI Jakarta. Sehingga, mereka merasa berkewajiban membuat tausiyah atau pesan kepada umat Islam DKI Jakarta.

Berikut ini intisari materi yang tertulis di dalam brosur "Panduan Memilih Pemimpin Jakarta" itu:

1. Umat Islam harus memilih pasangan calon Gubernur DKI yang memiliki kemampuan untuk menciptakan kemaslahatan bagi seluruh warga Jakarta, kemaslahatan yang harus diciptakan adalah kemashlahatan duniawiyah dan dinniyah sesuai dengan kaidah ayat Alquran.

2. Umat Islam harus memilih calon yang memiliki keunggulan dibanding calon lain dari segi keagamaan, keilmuan, pengalaman dan lain-lain. Memiliki calon yang tidak memiliki afdoliyah (keunggulan) yang dianggap sebagai berkhianat kepada Allah, Rasulullah, dan umat Islam lainnya.

3. Pasangan yang memiliki kemampuan Aqwamiyah memiliki keunggulan adalah pasangan H. Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli, dengan alasan Fauzi Bowo sebagai calon gubernur adalah seorang yang kuat agamanya, dikenal dekat dengan ulama dan pernah menjadi Kepala Tausiyah NU DKI Jakarta.

Memiliki pendidikan yang cukup bahkan tamatan Perencanaan Kota dari Jerman, memiliki pengalaman yang cukup dalam mengabdi DKI Jakarta dan telah banyak meraih prestasi selama menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Sedangkan, Nachrowi Ramli sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta adalah seorang purnawirawan tentara yang tegas dan memahami masalah-masalah keamanan DKI Jakarta yang dapat memperkuat dan mebantu Fauzi Bowo.

Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli adalah pasangan yang ideal dan serasi yang kedua-duanya adalah muslim yang baik dan dapat diandalkan untuk bisa membawa kemashlahatan DKI Jakarta baik duniawiyah maupun dinniyah.

4. Atas hal tersebut kami meminta agar umat Islam DKI Jakarta dalam pemilihan gubernur putaran kedua memilih pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli sebagai tanggung jawab keagamaan (Masuliyah Dinniyah) kita semua untuk Jakarta.

Di bagian akhir, panduan itu terdapat sejumlah tanda tangan yang ditandatangani oleh ketua MUI Jakarta DR KH Ma'ruf Amir, serta Ketua MUI Prof DR Umar Shihab dan Wakil Sekjen MUI Noor Achmad.
selebaran itu beredar tanpa setahu mui secara lembaga,tetapi mui mengakui ada kesepakatan dengan pihak foke..

http://en.tempo.co/read/news/2012/09/19/230430364/MUI-Akui-Dukung-Foke-Nara
tempo wrote:Umar Shihab, salah satu ketua MUI membenarkan, secara personal, ketua MUI membuat kesepakatan bersama di antara mereka untuk mendukung Bang Kumis. Kesepakatan itu dibuat setelah pemilukada putaran pertama menyisakan dua calon, yaitu Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama. “Dalam kesepakatan itu, kami mendukung Fauzi Bowo, memang betul.
kalo uda begini,jangan salahkan orang mencurigai mui mengeluarkan sikap keagamaan untuk ahok karena sejarah menuliskan bahwa mui ada kecenderungan mendukung calon..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by abu hanan on Thu Nov 10, 2016 12:07 pm

terpikir oleh sayah,apakah ulama2 di mui emang tahu isi hati seseorang?
lha wong hari kiamat aja masih ada tanya jawab antara tuhan dengan manusia kok ini hadew..trus ujug2 keluarin vonis ; penistaan..

hebat!


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by ryo on Tue Nov 15, 2016 9:50 am

Komentar WNI Muslim pro-ahok jokowi di luar negeri:

ryo
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 36
Posts : 166
Kepercayaan : Islam
Location : Surabaya
Join date : 09.10.16
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by isaku on Wed Nov 16, 2016 8:15 pm

@F-22 wrote:

Fatwa MUI:

http://news.detik.com/berita/d-3318150/mui-nyatakan-sikap-soal-ucapan-ahok-terkait-al-maidah-51-ini-isinya

1. Al-Quran surah al-Maidah ayat 51 secara eksplisit berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin. Ayat ini menjadi salah satu dalil larangan menjadikan non Muslim sebagai pemimpin.

5. Menyatakan bohong terhadap ulama yang menyampaikan dalil surah al-Maidah ayat 51 tentang larangan menjadikan nonmuslim sebagai pemimpin adalah penghinaan terhadap ulama dan umat Islam.
Fatwa inilah yg menjadi "senjata utama" kelompok anti ahok agar ybs diadili.

Oklah .... anggap saja nanti setelah melalui pemeriksaan polisi, si ahok ini masuk pengadilan.

Tapi kira2 bgmn memutus perkara ini ???

Kalo pengadilan "meng-amini" fatwa mui tsb, tentu dg "mulus" ahok bisa masuk penjara.

Masalahnya ...... terus gimana dg pandangan orang2 di luar sono ???

Dulu ketika seorang MUSLIM menjadi walikota london (negara kapir), muslim2 di seluruh dunia "bangga" luar binasa ......... bagus bagus .... inilah contoh toleransi ...... Tapi gantian seorang NON-MUSLIM mau jadi gubernur di negara mayoritas muslim, tiba2 dijegal dg alasan agama, kapir tidak boleh menjadi pemimpin.

Bukankah ini akan membuat sebuah persepsi kalo islam itu adalah AGAMA RASIS ??? Belum lagi soal keutuhan NKRI ...... mulai ada rasan2 diantara non-muslim soal kasus ahok ini.


Tapi kalo nanti pengadilan "me-mentahkan" fatwa mui, ya sulit memenjarakan ahok.

Masalahnya ....... berani ndak pengadilan melakukan hal ini ??? Bukankah ini artinya pengadilan terang2an melakukan "de-legitimasi" thd ulama/MUI ???

Masalah yg kedua .... yg ini lebih serem lagi ....... berani ndak pengadilan menghadapi pressure (tekanan) dari ormas2 islam beringas & tokoh2 islam yg secara kasat mata "sangat bernafsu" memenjarakan ahok ???


Ini masalah pelik yg harus dihadapi kepolisian & pengadilan, yaitu masalah KKK kanan kiri kena ......

Gimana pendapat muslim2 disini ???


basi
Kasus Ahok adalah kasus hukum, mau dia gubernur apa bukan, bangka apa bukan, cina apa bukan., tidak ada yang istimewa dalam hukum.

Muslim biasa2 saja, tidak ada dan tidak perlu salah tingkah kok.

Ada muslim yang salah tingkah disini???

piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by dee-nee on Wed Nov 16, 2016 11:17 pm

@isaku wrote:
@F-22 wrote:

Fatwa MUI:

http://news.detik.com/berita/d-3318150/mui-nyatakan-sikap-soal-ucapan-ahok-terkait-al-maidah-51-ini-isinya

1. Al-Quran surah al-Maidah ayat 51 secara eksplisit berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin. Ayat ini menjadi salah satu dalil larangan menjadikan non Muslim sebagai pemimpin.

5. Menyatakan bohong terhadap ulama yang menyampaikan dalil surah al-Maidah ayat 51 tentang larangan menjadikan nonmuslim sebagai pemimpin adalah penghinaan terhadap ulama dan umat Islam.
Fatwa inilah yg menjadi "senjata utama" kelompok anti ahok agar ybs diadili.

Oklah .... anggap saja nanti setelah melalui pemeriksaan polisi, si ahok ini masuk pengadilan.

Tapi kira2 bgmn memutus perkara ini ???

Kalo pengadilan "meng-amini" fatwa mui tsb, tentu dg "mulus" ahok bisa masuk penjara.

Masalahnya ...... terus gimana dg pandangan orang2 di luar sono ???

Dulu ketika seorang MUSLIM menjadi walikota london (negara kapir), muslim2 di seluruh dunia "bangga" luar binasa ......... bagus bagus .... inilah contoh toleransi ...... Tapi gantian seorang NON-MUSLIM mau jadi gubernur di negara mayoritas muslim, tiba2 dijegal dg alasan agama, kapir tidak boleh menjadi pemimpin.

Bukankah ini akan membuat sebuah persepsi kalo islam itu adalah AGAMA RASIS ??? Belum lagi soal keutuhan NKRI ...... mulai ada rasan2 diantara non-muslim soal kasus ahok ini.


Tapi kalo nanti pengadilan "me-mentahkan" fatwa mui, ya sulit memenjarakan ahok.

Masalahnya ....... berani ndak pengadilan melakukan hal ini ??? Bukankah ini artinya pengadilan terang2an melakukan "de-legitimasi" thd ulama/MUI ???

Masalah yg kedua .... yg ini lebih serem lagi ....... berani ndak pengadilan menghadapi pressure (tekanan) dari ormas2 islam beringas & tokoh2 islam yg secara kasat mata "sangat bernafsu" memenjarakan ahok ???


Ini masalah pelik yg harus dihadapi kepolisian & pengadilan, yaitu masalah KKK kanan kiri kena ......

Gimana pendapat muslim2 disini ???


basi
Kasus Ahok adalah kasus hukum, mau dia gubernur apa bukan, bangka apa bukan, cina apa bukan., tidak ada yang istimewa dalam hukum.

Muslim biasa2 saja, tidak ada dan tidak perlu salah tingkah kok.

Ada muslim yang salah tingkah disini???

piss

merah : saya pikir ga ada .... dan saya setuju dengan pendapat diatas ... kasus ahok adalah kasus hukum ... dan sesuai dengan aturan hukum itu sendiri ... ahok jadi tersangka pun tetap bisa ikut pilkada ... selama belum terbukti bersalah di pengadilan

jadi karena murni masalah hukum ... dan tidak ada hubungannya dengan politik (pilkada) ... maka tidak boleh juga kan ya melarang2 ahok ikut pilkada walaupun sudah ditetapkan sebagai "tersangka" (kembali ke bold)

2 good

hmmm pilkada itu bulan Feb kan ya .... sidang ahok di pengadilan pasti bisa lebih dari itu .... jadi tetap saja dong ya hasilnya baru keluar setelah pilkada
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8624
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by abu hanan on Sun Nov 20, 2016 11:18 pm

antara politikus dan ulama berpolitik jadi makin susah bedain..mencela politikus tapi eh katanya dia ulama..
lha ruwet tenan cah..

#tribute to mysteri


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 21, 2016 12:56 pm

1. Al-Quran surah al-Maidah ayat 51 secara eksplisit berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin. Ayat ini menjadi salah satu dalil larangan menjadikan non Muslim sebagai pemimpin

padahal ada tafsir lain oleh muslim juga:
TIDAK ADA LARANGAN, gimana dong?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by dee-nee on Mon Nov 21, 2016 2:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:1. Al-Quran surah al-Maidah ayat 51 secara eksplisit berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin. Ayat ini menjadi salah satu dalil larangan menjadikan non Muslim sebagai pemimpin

padahal ada tafsir lain oleh muslim juga:
TIDAK ADA LARANGAN, gimana dong?

ya gimana ??? ... setiap muslim punya hak untuk membawa tafsir mana yang mereka yakini

dalam kasus ini ... kesalahan ahok pada pidato-nya adalah .... ikut2an pro pada salah satu tafsir yaitu "tidak melarang non-muslim sebagai pemimpin (dengan syarat)" .... padahal dia non-muslim

tapi ...

1. Menurut saya ahok juga tidak salah bila harus "nyemplung" ke masalah agama lain ... karena nyatanya ayat itu memang dipakai untuk "menyerang" ahok saja dalam urusan pilkada DKI (politik) ... sementara tidak di pilkada lain

2. Jadi karena dia adalah pihak yang secara langsung dilibatkan dalam tafsir yang lainnya "melarang non muslim sebagai pemimpin" >>> maka terkait pilkada itu sendiri .... jelas dia punya kepentingan untuk pro atau tidak pro pada salah satu tafsir

3. Dalam pidato-nya pun ahok juga tidak memaksa audience untuk pro atau tidak pro pada tafsir2 tersebut .... walaupun dia bold underline diatas

4. Salah karena ikut2an masuk ranah agama lain pun ahok sudah minta maaf .... tapi bila kemudian disebut "menistakan agama" .... menurut saya itu berlebihan ... apalagi bila sekarang ahok dipaksa2 tidak boleh ikut pilkada (dengan cara dipenjara) ... maka motif politik terkait ayat memang jadi kelihatan
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8624
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by isaku on Mon Nov 21, 2016 2:54 pm

Ahok nyemplung pada waktu dan tempat yang keliru.

Yang jelas belum waktunya kampanye.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by dee-nee on Mon Nov 21, 2016 3:35 pm

@isaku wrote:Ahok nyemplung pada waktu dan tempat yang keliru.

Yang jelas belum waktunya kampanye.

semua juga nyemplung sebelum waktu kampanye .... dan dalam pidato-nya ahok juga tidak sedang kampanye >>> justru ahok menjelaskan tentang orang2 yang sudah kampanye (bawa2 Al Maidah 51) sebelum waktu-nya ini

pada waktu dan tempat yang keliru juga bukan artinya dia melanggar KUHP pasal 156 toh
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8624
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by F-22 on Tue Nov 22, 2016 11:43 am

Coba aku sederhanakan masalahnya spy jelas …….

NKRI itu khan dibangun atas dasar keberagaman/ke-bhinneka-an, bukan atas dasar agama tertentu. Setiap warga negara mempunyai hak & kewajiban yg sama. Termasuk hak menjadi pemimpin tanpa melihat agama atau sukunya.

Sedangkan fatwa mui ngomong berdasarkan al-maidah non-muslim itu haram menjadi pemimpin.

Nah nanti kalo di pengadilan kira2 gimana kalo: negara “dibenturkan” dg agama dalam hal di atas ???

Pengacara ahok kemungkinan besar membawa masalah di atas: negara vs agama di pengadilan. Ya wajarlah, namanya pengacara khan harus membela klien.

Terus kira2 gimana tanggapan kelompok PRO fatwa mui, salah tingkah apa ndak ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2370
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by abu hanan on Tue Nov 22, 2016 11:53 am

@F-22 wrote:Coba aku sederhanakan masalahnya spy jelas …….

NKRI itu khan dibangun atas dasar keberagaman/ke-bhinneka-an, bukan atas dasar agama tertentu. Setiap warga negara mempunyai hak & kewajiban yg sama. Termasuk hak menjadi pemimpin tanpa melihat agama atau sukunya.

Sedangkan fatwa mui ngomong berdasarkan al-maidah non-muslim itu haram menjadi pemimpin.

Nah nanti kalo di pengadilan kira2 gimana kalo: negara “dibenturkan” dg agama dalam hal di atas ???

Pengacara ahok kemungkinan besar membawa masalah di atas: negara vs agama di pengadilan. Ya wajarlah, namanya pengacara khan harus membela klien.

Terus kira2 gimana tanggapan kelompok PRO fatwa mui, salah tingkah apa ndak ???


mana
yah berarti bawa ke pengadilan agama.. ehmm


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by isaku on Tue Nov 22, 2016 7:06 pm

@dee-nee wrote:
@isaku wrote:Ahok nyemplung pada waktu dan tempat yang keliru.

Yang jelas belum waktunya kampanye.

semua juga nyemplung sebelum waktu kampanye .... dan dalam pidato-nya ahok juga tidak sedang kampanye >>> justru ahok menjelaskan tentang orang2 yang sudah kampanye (bawa2 Al Maidah 51) sebelum waktu-nya ini

pada waktu dan tempat yang keliru juga bukan artinya dia melanggar KUHP pasal 156 toh
siapa? Anis Sandi? apa Agus Silvi?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by dee-nee on Tue Nov 22, 2016 7:10 pm

@isaku wrote:
@dee-nee wrote:
@isaku wrote:Ahok nyemplung pada waktu dan tempat yang keliru.

Yang jelas belum waktunya kampanye.

semua juga nyemplung sebelum waktu kampanye .... dan dalam pidato-nya ahok juga tidak sedang kampanye >>> justru ahok menjelaskan tentang orang2 yang sudah kampanye (bawa2 Al Maidah 51) sebelum waktu-nya ini

pada waktu dan tempat yang keliru juga bukan artinya dia melanggar KUHP pasal 156 toh

siapa? Anis Sandi? apa Agus Silvi?

ada lah beritanya ... yang jalan2 keliling kampung untuk kenalan dengan warga sambil memperkenalkan diri sebagai cagub cawagub ada ... yang bikin kontrak politik sebelum waktu kampanye juga ada kok
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8624
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by isaku on Tue Nov 22, 2016 7:25 pm

pake AlMaidah 51 g?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by dee-nee on Tue Nov 22, 2016 9:39 pm

@isaku wrote:
@dee-nee wrote:
@isaku wrote:
@dee-nee wrote:
@isaku wrote:Ahok nyemplung pada waktu dan tempat yang keliru.

Yang jelas belum waktunya kampanye.

semua juga nyemplung sebelum waktu kampanye .... dan dalam pidato-nya ahok juga tidak sedang kampanye >>> justru ahok menjelaskan tentang orang2 yang sudah kampanye (bawa2 Al Maidah 51) sebelum waktu-nya ini

pada waktu dan tempat yang keliru juga bukan artinya dia melanggar KUHP pasal 156 toh

siapa? Anis Sandi? apa Agus Silvi?

ada lah beritanya ... yang jalan2 keliling kampung untuk kenalan dengan warga sambil memperkenalkan diri sebagai cagub cawagub ada ... yang bikin kontrak politik sebelum waktu kampanye juga ada kok

pake AlMaidah 51 g?

hmmmmm ... ada salah sambung sepertinya antara merah dan biru

memang yang menentukan kampanye colongan dan bukan colongan ... dilihat dari Al Maidah 51 ya ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8624
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 23, 2016 4:28 pm

@dee-nee wrote:
4. Salah karena ikut2an masuk ranah agama lain pun ahok sudah minta maaf .... tapi bila kemudian disebut "menistakan agama" .... menurut saya itu berlebihan ... apalagi bila sekarang ahok dipaksa2 tidak boleh ikut pilkada (dengan cara dipenjara) ... maka motif politik terkait ayat memang jadi kelihatan

kan ahok ikut tafsir ulama yang membolehkan..
mosok dicap menista AGAMA?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by njlajahweb on Wed Nov 23, 2016 6:00 pm

setuju sama KangSegorowedi
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 4005
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by isaku on Wed Nov 23, 2016 6:38 pm

dua diatas,...
boong ya? lagi membodohi?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by dee-nee on Wed Nov 23, 2016 7:24 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
4. Salah karena ikut2an masuk ranah agama lain pun ahok sudah minta maaf .... tapi bila kemudian disebut "menistakan agama" .... menurut saya itu berlebihan ... apalagi bila sekarang ahok dipaksa2 tidak boleh ikut pilkada (dengan cara dipenjara) ... maka motif politik terkait ayat memang jadi kelihatan

kan ahok ikut tafsir ulama yang membolehkan..
mosok dicap menista AGAMA?

disebut menistakan bukan terletak pada tafsir ... tapi pada kata "bohong" nya

dalam kasus ini ... ahok disebut (disangka/dituduh/diduga) mengatakan bohong pada ulama yang punya tafsir berbeda
kenapa saya sebut berlebihan (warna biru) >>> karena ahok tidak menyebutkan kata ulama

artinya siapapun bisa saja berbohong pakai ayat tersebut >>> kan urusan-nya lagi pilkada
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8624
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by SEGOROWEDI on Sun Nov 27, 2016 4:07 pm

lha yang dibilang 'bohong' kan orang, bukan almaedanya
mosok dituduh menista almaeda/alquran/agama?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kasus ahok membuat muslim salah tingkah

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik