FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Hukum Allah adalah Konstitusi

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by risdianto on Fri Dec 16, 2016 6:48 am

First topic message reminder :



Tidak dijelaskan lebih lanjut oleh beberapa orang tentang apa yang dimaksud dengan hukum Allah secara terbuka. Apakah itu terkait dengan sanksi atau hukum dalam konteks aturan bernegara dan bermasyarakat atau menjadikan Islam sebagai aturan untuk bertata negara.

Belum ada yang mengetahui apakah orang yang berkata seperti itu dan yang mengusulkan seperti itu sudah mempunyai konsep semacam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Islam atau Perdata Islam. Menjadi keniscayaan bahwa nantinya juga ada perombakan dalam kelembagaan hukum. Tujuan yang telah dibicarakan akan menjadi bermanfaat bila disertai bagaimana isi hukum yang dimaksud.

Berangkat dari ayat 5 50 yang berisi tentang pilihan bagi orang beriman ; mana yang lebih baik antara hukum Jahiliyah atau hukum Allah. Dan pada ayat 49,orang Islam diperintahkan untuk memutuskan perkara/masalah berdasarkan petunjuk Allah dan larangan mengikuti hawa nafsu.

Tidak ada seorang muslim pun yang akan mengingkari bahwa Nabi Muhammad adalah operator Allah paling dahsyat. Dan dalam hidup sosial (bernegara) sang Nabi mencetuskan piagam politik untuk mengatur kehidupan bersama di Madinah yang pada saat itu dihuni beberapa golongan yakni Anshar (warga Madinah yang bermukim di Madinah sebelum kedatangan Islam), Muahajirin/ muslim pendatang dari Mekkah, dan suku2  Yahudi serta beberapa kelompok Nashrani. Piagam ini dibuat atas kesepakatan antara Nabi Muhammad SAW dengan wakil-wakil penduduk kota Madinah. Inilah Konstitusi Islam yang pertama atau biasa kita sebut sebagai Piagam Madinah.

Piagam Madinah membawa konsekuensi dan mengajarkan masyarakat untuk  musyawarah dalam urusan umat sendiri pada hal-hal yang berkaitan dengan perincian pelaksanaan kehidupan masyarakat tetapi tidak menyangkut tata cara ibadah/ ‘ubudiyah’.

Pada akhirnya akan menjadi pertanyaan besar,apa maksud hukum Allah di atas hukum konstitusi/negara? Karena sesungguhnya musyawarah atau kesepakatan adalah hukum Allah juga dan mustahil bila sanksi Islam diterapkan pada orang yang beragama lain.Dan Piagam Madinah pun berisi pesan yang mungkin tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang yaitu sebuah pesan untuk berlaku adil terhadap siapapun bahkan kepada para pembenci. Seorang Ali bin Abi Thalib batal menghukum mati seseorang karena menyadari bahwa keputusannya dilandasi oleh emosional. Dan dalam kasus dugaan penistaan agama dan mungkin beberapa kasus lain,kita bisa lihat azas keadilan yang dimiliki oleh Ali bin Abi Thalibb jarang ada dalam diri penggugat perdata maupun pidana.

Rasa keadilan ini terkandung dalam pasal 42  yang tertulis ;

Bila terjadi suatu persitiwa atau perselisihan di antara pendukung piagam ini, yang dikhawatirkan menimbulkan bahaya, diserahkan penyelesaiannya menurut (ketentuan) Allah Azza Wa Jalla, dan (keputusan) Muhammad SAW. Sesungguhnya Allah paling memelihara dan memandang baik isi piagam ini



Hukum negara yang berlaku saat ini,semestinya dipandang sebagai ketentuan Allah sekalipun itu produk warisan Belanda. Mengapa harus menerima warisan Belanda sebagai ketentuan Allah?
Karena disitu ada kesepakatan. Anda,saya dan dia,muslim,Katolik,Hindu,Budha  beserta kelompok manapun akan kesulitan mencapai titik temu dalam menyusun rancangan KUHP baru. Ada titik temu bila terjadi konflik pidana yang melibatkan antar golongan atau antar agama. Contoh ; seorang beragama A  mencuri di rumah orang di pedalaman dan biasa menggunakan hukum adat B. Hukum mana yang harus diberlakukan bagi pencuri?

Termasuk di dalam kasus yang saat ini menjadi sorotan publik internasional dan nasional,solusi terbaik adalah membiarkan mekanisme hukum berlaku sebagaimana mestinya. Kepuasan dalam menerima keadilan adalah relatif,

Seseorang berkata ; rasa keadilan dalam kasus Ahok harus terpenuhi.

Pertanyaan adalah ; rasa keadilan menurut siapa?

Karena tuntutan agar keadilan dapat terpenuhi adalah subjektif. Banyak sudut yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan. Seperti Samsung yang akan kesulitan memuaskan pengguna Xiaomi dan seterusnya. Karena berbicara rasa adalah subjektifitas. Buat anda mungkin tidak pedas tetapi bagi orang lain mungkin sudah berkeringat untuk rasa pedas yang minimal.

Seorang ulama mengatakan ; “Demikianlah, memang sudah seharusnya seorang hamba menerima hukum Allah, sama saja apakah hal itu menguntungkan dirinya atau merugikannya, sama saja apakah hal itu sesuai dengan hawa nafsunya ataukah tidak.”

Mengerahkan massa adalah cara terburuk sekalipun banyak yang berkata bahwa demonstrasi dilakukan ketika ruang aspirasi telah tertutup. Baiklah,saya bertanya siapa yang menerima aspirasi?Sejauh mana penerima aspirasi itu melanjutkan amanah?
Ruang aspirasi itu selalu ada dan menjadikan dia tersumbat adalah penerima aspirasi yang kurang atau tidak peduli dengan suara aspirasi. Jika vox polpuli vox dei,maka penyalur aspirasi telah gagal mendengarkan suara Tuhan. Kesalahan terbesar adalah parlemen ruangan dalam hal mendorong kepolisian untuk memberi prioritas atau juga kegagalan parlemen ruangan mengedukasi umat muslim dalam kasus ini.

Selama ada musyawarah maka tidak akan pernah tertutup suara kebenaran dan selama itu pula Tuhan akan bersama dengan peserta musyawarah selama tidak ada yg berkhianat.

Hukum Allah yang berlaku di Indonesia adalah hukum konstitusi yang berlaku positif di negeri ini, bila seseorang berkata konstitusi adalah buatan manusia,lalu dimana posisi piagam Madinah menurut anda?

Anda boleh menolak bahkan membuang tulisan ini akan tetapi patut diingat ada sebuah tantangan yang harus anda jawab :
Tunjukkan pada publik sebuah Kitab Hukum Pidana dan Perdata Islam yang telah anda buat untuk Sabang sampai Merauke. Dan bersama-sama kita akan mengkaji apakah kitab buatan anda memang pantas berlaku di negeri ini.

Jika anda mampu membuat itu maka tunjukkanlah pada khalayak umum,jika tidak mampu maka berhentilah bermimpi mendirikan Negara Islam di Indonesia.


Untuk Indonesia lebih baik !!!
avatar
risdianto
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Age : 44
Posts : 14
Kepercayaan : Islam
Location : Boyolali
Join date : 28.11.16
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down


Re: Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by njlajahweb on Tue Feb 14, 2017 6:19 pm

28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8772
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by njlajahweb on Tue Feb 14, 2017 6:29 pm

5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

***
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8772
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by njlajahweb on Tue Feb 14, 2017 6:32 pm

8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8772
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by njlajahweb on Tue Feb 14, 2017 6:34 pm

9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8772
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by njlajahweb on Tue Feb 14, 2017 6:38 pm

28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8772
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by njlajahweb on Tue Feb 14, 2017 6:39 pm

1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, 
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. 
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8772
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by njlajahweb on Tue Feb 14, 2017 6:40 pm

1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin. 
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin. 
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
avatar
njlajahweb
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8772
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Hukum Allah adalah Konstitusi

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik