FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by keroncong on Sun Dec 18, 2016 11:13 pm

Kristiani selalu berasumsi bahwa wujud Allah adalah roh dengan berlandaskan ayat ini:
Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Dalam ayat lain tertulis:
Yesaya 26:4 Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.
Ibrani 12:29 Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.

Jika dihadapkan pada ayat Yesaya 26:4 dan Ibrani 12:29 diatas, Kristiani pasti akan satu suara berkata bahwa ayat tersebut merupakan kiasan. Sedang lain halnya jika dihadapkan pada ayat Yohanes 4:24, padahal dicermati penggunaan bahasa yang digunakan dalam tiga ayat diatas sama persis, dalam ayat Yohanes sendiri Yesus sama sekali tidak berkata bahwa wujud Allah adalah roh, tapi sama seperti bahasa yang digunakan pada ayat lainnya, yaitu "Allah itu roh" dalam ayat lain "Allah adalah gunung batu" dan "Allah adalah api". Perhatikan juga kalimat yang dilekatkan Yesus dibelakang perkataanya "menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.", kalimat ini jelas merupakan kiasan.

Pertanyaan:
1. Apakah yang tertulis dalam ayat Yohanes yang dinisbahkan sebagai ucapan Yesus tersebut yang berkata "Allah adalah roh" merupakan wujud Allah yang sebenarnya atau hanya kiasan sama seperti ayat lainnya?
2. Jika kristiani bersih keras bahwa Allah berwujud roh dengan berdasarkan Yohanes 4:24, mengapa Kristiani mengabaikan ayat lainnya padahal jelas penggunaan bahasanya sama, simplenya ketiga ayat tersebut dalam arti sebenarnya atau dalam arti kiasan?
3. Jika dalam Bible Allah berwujud roh, akan ada kejanggalan dalam ayat lain:
*** Wahyu 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. ***
Perhatikan "ketujuh Roh Allah", apakah itu berarti Allah terbagi atau membagi-bagi diri-Nya?

Dalam Islam dan Al-Qur'an Allah tidak berwujud roh, Dzat Allah tidak serupa dengan apapun makhluk-Nya termasuk roh karena roh merupakan ciptaan. Setiap makhluk mempunyai roh Allah dalam arti roh ciptaan Allah, jadi saat Allah berfirman bahwa Dia mengutus roh-Nya, berarti Dia mengutus utusan-Nya contohnya malaikat Jibril a.s:

فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا
"maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril a.s) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna." (QS. Maryam {19}:17)


dalam alkitab Terjemah LAMA

malah kita akan menemukan penyebutan Allah yang disebut Dzat, hanya saja pada terjemahan berikutnya LAI malah menggantinya: berikut ayat-ayatnya:

KISAH PARA RASUL 17:29 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)

Maka oleh sebab kita dijadikan Allah, tiadalah patut kita menyangkakan ZAT Allah itu serupa dengan emas atau perak atau batu yang berukir dengan kepandaian dan akal manusia.

1 TIM 6:16 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)

Yang hanya mempunyai ZAT yang tiada mati, dan mendiami terang yang tiada terhampiri; Yang tiada pernah dilihat atau dapat dilihat orang, maka bagi-Nyalah kemuliaan dan kuasa yang kekal. Amin.

IBRANI 1:3 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)

Maka Ialah menjadi cahaya kemuliaan Allah dan ZAT Allah yang kelihatan, serta Ia menanggung segala sesuatu dengan firman kuasa-Nya; dan setelah Ia membuat persucian segala dosa, maka duduklah Ia di sebelah kanan Yang Mahabesar di dalam ketinggian;

IBRANI 10:1 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)

Karena sedangkan Taurat itu hanya menunjukkan bayang-bayang segala berkat yang akan datang itu, bukannya ZAT yang sungguh segala perkara itu, maka ia itu dengan korban itu juga, yang senantiasa dipersembahkan oleh imam-imam tiap-tiap tahun, sekali-kali tiada dapat menyempurnakan orang-orang yang menghampiri itu.


silahkan buka terjemahan lama... Allah disebut Zat:
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=58&v=3

http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=54&c=6&v=16

http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=44&c=17&v=29
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by keroncong on Sun Dec 18, 2016 11:17 pm

"Fakta Kalimat "Dzat" di dalam Al qur'an dan Alkitab"

بسم الله الرحمن الرحبم
בשם יהוה הרחמן והרחום

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته
השלום אליכם ורחמיה וברכתו

missionaris dan penghujat atas agama islam, banyak menyerang perihal kata "zat" ,padahal di dalam tata bahasa arab yang tepat untuk di sandangkan kepada Tuhan ALLH adalah Dzat (ذات) .

fitnah yang dibuat-buat oleh kristen atas islam,sebenarnya juga menyerang alkitab sendiri.
karna fakta liguistik, kata "dzat" itu hanya terdapat di dalam bahasa arab, dan dilatinkan di dalam bahasa indonesia, fungsinya juga adalah sebagai pernyataan "Diri" atas Tuhan.
berbeda maknanya dengan zat yang untuk benda,walaupun sama sama berasal dari satu akar kata yaitu (ذات) , namun di dalam bahasa indonesia, pengunaan kata ini dibedakan yaitu antara zat dan Dzat.
jika zat untuk benda,contoh Zat cair,zat batu dll
maka kata Dzat,itu hanya disandangkan kepada Tuhan untuk memaknai "DIRI"

Dzat-Mu (DiriMu)
DzatKu (DiriKu)

kata Dzat di dalam Al qur'an,

sangat banyak sekali,tapi hebatnya ALLH tidak pernah di dalam Al qur'an disebut Zat.

Ternyata benar,kalimat (ذات) memiliki dua makna, jika dinisbatkan kepada Makluk, maka artinya maknanya adalah ZAT,sedangkan dinisbatkan terhadap Tuhan ALLH maka berarti DZAT.

satu kalimat yang memiliki makna yang berbedaa.SESUAI APA YANG DIBICARAKAN di dalam kalimat tersebut

contoh ayat

وَٱلْأَرْضِ ذَاتِ ٱلصَّدْعِ [٨٦:١٢]
dan bumi yang mempunyai ZAT tumbuh-tumbuhan, [QS.86.12]

Kalimat Dzat dinisbatkan kepada Tumbuh-tumbuhan Bermakna ZAT.

tapi anehnya, di dalam Al qur'an, ALLH tidak pernah menyatakan diri dengan Dzat???
mengapa???
karna Kata Dzat itu juga sepadan dengan Nafs, yaitu menyatakan "DIRI"

قُل لِّمَن مَّا فِى ٱلسَّمَـٰوَ‌ٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ قُل لِّلَّهِ ۚ كَتَبَ عَلَىٰ نَفْسِهِ ٱلرَّحْمَةَ ۚ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَـٰمَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ ٱلَّذِينَ خَسِرُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ [٦:١٢

Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi". Katakanlah: "Kepunyaan Allah". Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang meragukan dirinya mereka itu tidak beriman. [QS.6:12]

نَفْسِهِ
"diriNya"

kita lihat Tana"kh

jer Yermeyah 51:14 נִשְׁבַּע יְהוָֹה צְבָאוֹת בְּנַפְשׁוֹ כִּי אִמ-מִלֵּאתִיךְ אָדָם כַּיֶּלֶק וְעָנוּ עָלַיִךְ הֵידָד:
"Nishba' Adonai Tzvaot beNAFSHO ki im-milletik adam kayyeleq we'anu 'alayik heydad"

Jeremiah 51:14 قد حلف رب الجنود بنفسه اني لاملأنّك اناس كالغوغاء فيرفعون عليك جلبة
"Qod Rabbal Junuuda BINAFSIHI inni li amliannaka annaasa kaalighu ghooi fayarfi'uuna 'alayka jalbah"

בְּנַפְשׁוֹ
(Benafsho-dengan DiriNya)

بنفسه
(Binafsihi-dengan DiriNya)

Yer 51:14 YHWH Tzvaot telah bersumpah demi diri-Nya sendiri: Sungguhpun engkau penuh dengan manusia-manusia seperti belalang, tetapi orang akan mengangkat pekik pertempuran terhadapmu.
padahal kita tahu kalimat Nafs pun juga digunakan oleh manusia dalam menyatakan diri.
nafs dan dzat sama sama memiliki paralel namun fungsinya berbeda.

NAFS-DZAT= DIRI

Nafs = bisa untuk makhluk
zat = bisa untuk makhluk

contoh Nafs untuk makhluk

Nafshi "Hidup-ku" bisa juga diterjemahkan menjadi diriku

gen Breshith 12:13 אִמְרִי-נָא אֲחֹתִי אָתְּ לְמַעַן יִיטַב-לִי בַעֲבוּרֵךְ וְחָיְתָה נַפְשִׁי בִּגְלָלֵךְ:
"Imri-na achoti at lema'an yitav-li va'avurek wehaytah NAFSHI biglalkh"

Genesis 12:13 قولي انك اختي.ليكون لي خير بسببك وتحيا نفسي من اجلك
"qowli innaki ukhtii liyakuunuu li khayri bisababiki watahyaa nafsi min ajaliki"

Genesis 12:13 Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan DIRIKU dibiarkan hidup oleh sebab engkau."

kalimat nafsi-nafshi tepat diterjemahkan "diriku"

sekarang kita lihat kalimat dzat di dalam alkitab bahasa arab,ternyata bertaburan.

1. Dzaati (ذاتي ) = Dzat-Ku maknanya adalah DIRI-KU

TaNaKh

Genesis 22:16 وقال بذاتي اقسمت يقول الرب.اني من اجل انك فعلت هذا الامر ولم تمسك ابنك وحيدك
"waqoola biDZAATI aqsamta yaquulur Rabb, Inni min ajala innaka fa'alta hadzal amru walam tamsika ibnuka wahidika"

teks asli di Tanakh,

gen Breshith 22:16 וַיֹּאמֶר בִּי נִשְׁבַּעְתִּי נְאֻמ-יְהוָֹה כִּי יַעַן אֲשֶׁר עָשִׂיתָ אֶת-הַדָּבָר הַזֶּה וְלאֹ חָשַׂכְתָּ אֶת-בִּנְךׇ אֶת-יְחִידֶךׇ:
"wayyomer bi nishba'ti neum-HaShem ki ya'an asher 'asita et-haddavar hazzeh welo hasakhta et-binkha et yechidekha"

Genesis 22:16 kata-Nya: "Aku bersumpah demi Dzat-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,

בִּי נִשְׁבַּעְתִּי
)Bi nishva'ti)
diterjemahkan menjadi

بذاتي
(Bi DZAATi) Demi DzatKu (Makna Dzaat dsini adalah DIRI TUHAN)

--------------
Isaiah 45:23 بذاتي اقسمت خرج من فمي الصدق كلمة لا ترجع انه لي تجثو كل ركبة يحلف كل لسان.

بذاتي
(Bi Dzaati) =

isa Yeshayah 45:23 בִּי נִשְׁבַּעְתִּי יָצָא מִפִּי צְדָקָה דָּבָר וְלאֹ יָשׁוּב כִּי-לִי תִּכְרַע כָּל-בֶּרֶךְ תִּשָּׁבַע כָּל-לָשׁוֹן:
"BI NISHBA'TI yatza mifi tzdaqah davar welo yashuv ki-li tikhra' kal-berekh tishba' kal lashon"

Isaiah 45:23 Demi DzatKu sendiri Aku telah bersumpah, dari mulut-Ku telah keluar kebenaran, suatu firman yang tidak dapat ditarik kembali: dan semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku, dan akan bersumpah setia dalam segala bahasa,

BI NISHBA'TI=BI DZAATI=DEMI DZAT-KU = Dzat bermakna DIRI TUHAN.

-----------

Jeremiah 49:13 لاني بذاتي حلفت يقول الرب ان بصرة تكون دهشا وعارا وخرابا ولعنة وكل مدنها تكون خربا ابدية.

بذاتي
(BiDzaati) = Demi DzatKu =

jer Yermeyah 49:13 כִּי בִי נִשְׁבַּעְתִּי נְאֻמ-יְהוָֹה כִּי-לְשַׁמָּה לְחֶרְפָּה לְחֹרֶב וְלִקְלָלָה תִּהְיֶה בָצְרָה וְכָל-עָרֶיהָ תִהְיֶינָה לְחָרְבוֹת עוֹלָם:

bi NISHBA'TI neum-haShem ki-leshammah lecherepah lechorev weliqlalah tihyeh batzrah wekhal-'areyha tihyeynah lecharvot 'olam

בִי נִשְׁבַּעְתִּי
)bi nishba'ti)

Jeremiah 49:13 Sebab Aku telah bersumpah demi DZAT-Ku, demikianlah firman TUHAN, bahwa Bozra akan menjadi ketandusan, cela, keruntuhan dan kutuk, dan segala kotanya akan menjadi reruntuhan yang kekal."

Bi Nishba'ti=Bi Dzaati= Demi DzatKu= Bermakna DIRI

================

2.Dzaatika (DzatMu)

di dalam Injil, Yeshua Berkata

John 17:5 والآن مجدني انت ايها الآب عند ذاتك بالمجد الذي كان لي عندك قبل كون العالم
"wal anna majadni anta ayyuhal abba 'inda DZAATika bil majdil ladzi lii 'indaka qobla kawnaal 'aalima"

teks asli di yunani

John 17:5 και {And} νυν {now} δοξασον {glorify} με {me} συ {thou} πατερ {O Father} παρα {with} σεαυτω {thine own self} τη {the} δοξη {with the glory} η {which} ειχον {I had} προ {before} του τον κοσμον {world} ειναι {was} παρα {with} σοι {thee.}

teks arami peshitta

John 17:5 והשא שבחיני אנת אבי לותך בהו שובחא דאית הוא לי לותך מן קדם דנהוא עלמא:
" wahasya syabachni anta avi leWATka bahu syobekha daiyt hu li leWatka man qadam d'nahu 'alma"

ذاتك
"DzatMu" "DiriMu"

σεαυτω
"Seauto"

ותך
"WatKa"

John 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada Dzat-Mu (DIRI) sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

=============

Kesimpulan::

kata Dzat di dalam bahasa arab memiliki makna Ganda,sesuai konteks dimana kata itu terdapat disebuah kalimat yang sedang dibicarakan.
jika Tuhan yang mengunakan kalimat itu maka dimaknai dengan "NAFS/NEFESH/SELF" sedangkan jika di sandangkan ke benda bisa di artikan Zat,
maka dari itu bahasa indonesia memisahkan kata "zat" dengan "Dzat" karna asal keduanya sama namun fungsinya berbeda walaupun asal katanya dari bahasa arab.
jika para penghujat terus berkelit dan tetap menolak,otomatis mereka menolak alkitab mereka sendiri yang jelas kata "Dzat" dalam bahasa arab juga digunakan Tuhan.

ALLH/YHWH itu Tidak serupa dengan apapun,walaupun dimaknai Dzat,Namun makna Dzat tersebut adalah Diri/Nefesh/Nafs.

isa Yeshayah 40:25 וְאֶל-מִי תְדַמְּיוּנִי וְאֶשְׁוֶה יֹאמַר קָדוֹשׁ:
"We-elmi tedamyuni we-eshweh yomar qadosh"

Isaiah 40:25 Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.

فَاطِرُ ٱلسَّمَـٰوَ‌ٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَ‌ٰجًۭا وَمِنَ ٱلْأَنْعَـٰمِ أَزْوَ‌ٰجًۭا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌۭ ۖ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ [٤٢:١١]
(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. TIDAK ADA SESUATUPUN YANG SERUPA dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat. [QS:42:11]

sebagai penutup kita kutip Hadist Nabi Muhammad SAW

1613. Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: "Allah Ta'ala berfirman: "Aku adalah DZAT (DIRI) yang paling tidak membutuhkan kepada serikat -yakni sekutu- diantara orang-orang yang memerlukan serikat -yakni sekutu- itu. Barangsiapa yang mengerjakan sesuatu amalan dan ia memperserikatkan -menyekutukan- besertaKu dengan yang selain Aku untuk mendapatkan pahalanya amalan tadi, maka Kutinggalkanlah orang itu -yakni tidak Kuperdulikan- dan pula apa yang diserikatkan itu." (Riwayat Muslim)

Jazakumullahu Khayron Katsiron

Yevarekha HaShem etkha

by Ha"davar

Refrensi::

- Al Qur'an
- Al Hadist Nabawiyyah
- Alkitab Muqaddasah
- Ha TaNa"kh,Yaakov ben Chayim
- Peshitta,with hebrew alphabet
- Alkitab LAI
- Manuskrip Stepanus with english
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by njlajahweb on Fri Aug 04, 2017 8:44 am

sekilas info
Qs 6:17  Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung ‘Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by njlajahweb on Fri Aug 04, 2017 8:52 am

sekilasinfo
Yeh10:1 Lalu aku melihat, sungguh, di atas cakrawala yang di atas kepala kerub tampak di atas mereka sesuatu yang menyerupai takhta, yang seperti permata lazurit kelihatannya.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by njlajahweb on Fri Aug 04, 2017 9:09 am

Tuhan itu tidak berwujud, tapi bukan berarti Tuhan pasti selalu tidak berwujud

Tuhan itu tidak berwujud, kecuali Dia sedang berkehendak lain

jika Tuhan sedang berhendak untuk berwujud, maka terjadilah

jika Tuhan sedang berhendak untuk berwujud, maka Tuhan bisa berwujud menjadi apa yang Dia Kehendaki
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by njlajahweb on Fri Aug 04, 2017 4:45 pm

sekilasinfo

quote
Genesis 22:16 kata-Nya: "Aku bersumpah demi Dzat-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,

tanggapan
baca ayat sebelumnya
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by njlajahweb on Sat Aug 05, 2017 4:28 am

quote
1.Apakah yang tertulis dalam ayat Yohanes yang dinisbahkan sebagai ucapan Yesus tersebut yang berkata "Allah adalah roh" merupakan wujud Allah yang sebenarnya atau hanya kiasan sama seperti ayat lainnya?


tanggapan 1:
dalam Al-Kitab tertulis Allah itu Roh, namun Al-Kitab tidak pernah berkata bahwa Allah itu pasti selalu berwujud Roh


---
quote
2. Jika kristiani bersih keras bahwa Allah berwujud roh dengan berdasarkan Yohanes 4:24, mengapa Kristiani mengabaikan ayat lainnya padahal jelas penggunaan bahasanya sama, simplenya ketiga ayat tersebut dalam arti sebenarnya atau dalam arti kiasan?


tanggapan 2:
Allah itu Roh, bukan berarti Allah harus selalu berwujud Roh, karena Kehendak Allah untuk berwujud atau tidak, berwujud apa atau bagaimana, maka Kehendak Allah tidak harus selalu mengikuti jalan pikiran manusia. Karena Allah mampu berdaulat diatas kehendak dan jalan pikiran manusia.

---
quote
3. Jika dalam Bible Allah berwujud roh, akan ada kejanggalan dalam ayat lain:
*** Wahyu 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. ***
Perhatikan "ketujuh Roh Allah", apakah itu berarti Allah terbagi atau membagi-bagi diri-Nya?


tanggapan 3:
Bapa/Putera/RohKudus/KeTujuhRohAllah tetap ESA dalam KualitasKeilahian


---
http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=wahyu&chapter=5&verse=6

Catatan Full LifeWhy 5:6 1
Nas : Wahy 5:6
Kristus, yang menampakkan diri sebagai Anak Domba yang menyandang tanda-tanda bahwa Ia telah disembelih, melambangkan penyerahan diri-Nya di salib bagi dosa umat manusia. Ini menunjukkan bahwa kelayakan, kuasa, wewenang, dan kemenangan Kristus itu datang dari kematian-Nya sebagai korban (ayat Wahy 5:9-14). "Anak Domba" merupakan simbol yang paling menonjol dalam kitab Wahyu untuk Kristus (mis. ayat Wahy 5:6-7; 12:11Wahy 15:3; 17:14; 21:22; 22:1,3). Hukuman Kristus akan berlaku bagi mereka yang menolak korban-Nya sebagai Anak Domba Allah (Wahy 6:16-17). "Ketujuh tanduk" itu melambangkan kuasa dan kekuatan seorang penguasa (1Raj 22:11Dan 7:24); tentang "ketujuh roh",
lihat cat. --> Wahy 4:5.
[atau ref. Wahy 4:5]



Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sat Aug 05, 2017 5:15 am, total 4 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by njlajahweb on Sat Aug 05, 2017 4:43 am

quote
Dalam Islam dan Al-Qur'an Allah tidak berwujud roh, Dzat Allah tidak serupa dengan apapun makhluk-Nya termasuk roh karena roh merupakan ciptaan. Setiap makhluk mempunyai roh Allah dalam arti roh ciptaan Allah, jadi saat Allah berfirman bahwa Dia mengutus roh-Nya, berarti Dia mengutus utusan-Nya contohnya malaikat Jibril a.s:


tanggapan
ada benarnya memang Allah tidak berwujud, karena Allah tidak berwujud selama Allah berkehendak untuk hal itu


ada benarnya pula, jika Allah tidak serupa apapun, karena Allah tidak serupa apapun selama Allah berkehendak untuk hal itu, kecuali jika Allah tidak sedang berkehendak untuk hal itu, selama yang Dia mau.


karena jika Allah sedang berkehendak berwujud menyerupai makhluk, maka pada hakikatnya Allah tetap bukanlah makhluk juga bahwa derajat Allah tetap diatas segala makhluk, dalam pandanganNya, walaupun tidak selalu dalam pandangan manusia
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Wujud Allah dalam Alkitab adalah Dzat

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik