FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Simbol PKI pada Uang Kertas ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Simbol PKI pada Uang Kertas ?

Post by lampu teplok on Wed Dec 28, 2016 9:55 pm

Kemarin sempat heboh-hobeh tuh, karena di uang kertas 100rb yang baru terdapat simbol palu arit yang identik dengan simbol PKI. Lihat gambar :


Dan silahkan bandingkan dengan Lambang PKI palu arit berikut :


Mirip bukan?

Tapi bantahan bahwa simbol tersebut adalah lambang PKI memang akan selalu ada. Apa tanggapan Kepala Divisi Penanggulangan Uang Palsu Bank Indonesia Hasiholan Siahaan?

Hasiholan menjelaskan, tidak ada kesengajaan pencetakan logo palu-arit dalam setiap uang yang diterbitkan Bank Indonesia. Logo yang dianggap sebagai logo palu-arit itu, kata dia, merupakan bagian dari pengamanan yang disebut rectoverso.

"Rectoverso
 merupakan gambar saling isi jika uang diterawang ke cahaya," ujar Hasiholan melalui keterangan tertulisnya, Ahad, 13 November 2016.

https://m.tempo.co/read/news/2016/11/13/087819809/bi-bantah-ada-logo-palu-arit-di-uang-pecahan-rp-100-ribu

Sikap protes telah disampaikan, salah satunya disampaikan oleh Habib Rizieq yg tidak menganggap bahwa masalah ini adalah masalah sepele. Dikarenakan apabila benar logo PKI tersebut sengaja dibuat pada uang kertas tersebut, maka itu telah melanggar TAP MPRS No. XXV/1966 dan hendaknya pemerintah melakukan segala upaya agar perkembangan faham komunis ini dan atau melalui simbol-simbolnya tidak semakin meluas.

Harapannya, setelah keluar cetakan baru emisi tahun 2016, tidak lagi ada logo yg mirip palu arit itu, dan ternyata masih ada lagi.


Maka kalau begini menurut saya wajar menjadi tanda-tanya?
avatar
lampu teplok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Islam
Join date : 24.02.12
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Simbol PKI pada Uang Kertas ?

Post by dee-nee on Thu Dec 29, 2016 11:21 am

ini klarifikasi BI

http://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/Pages/sp_189116.aspx

Unsur Pengaman dalam Uang Rupiah

Sehubungan dengan maraknya informasi di media sosial yang mengaitkan beberapa tanda di uang Rupiah dengan simbol-simbol terlarang, dengan ini Bank Indonesia menegaskan bahwa informasi atau penafsiran tersebut tidak benar.

Dalam melaksanakan tugas pokok di bidang pengedaran uang, Bank Indonesia senantiasa berupaya agar uang Rupiah yang dikeluarkan dan diedarkan memiliki ciri pengaman yang cukup mudah dikenali masyarakat sekaligus melindungi uang dari unsur pemalsuan. Unsur pengaman ini secara terus menerus telah disosialisasikan oleh Bank Indonesia, termasuk di seluruh wilayah NKRI, dan juga dapat dilihat di website Bank Indonesia.

Salah satu unsur pengaman yang ada dalam uang Rupiah adalah gambar saling isi atau Rectoverso. Unsur pengaman ini telah digunakan oleh Bank Indonesia sejak tahun 1995. Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas yang membuat sebuah gambar berada di posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan belakang. Apabila dilihat tanpa diterawang, gambar akan terlihat seperti ornamen yang tidak beraturan. Namun apabila diterawang, Rectoverso akan membentuk sebuah gambar yang utuh.

Jika diterawang, Rectoverso pada uang Rupiah akan membentuk lambang BI (singkatan dari Bank Indonesia). Rectoverso tidak dirancang untuk membentuk atau dimaknai sebagai gambar atau simbol lain, selain lambang BI. Selain pada uang kertas Rupiah, unsur pengaman Rectoverso juga digunakan oleh negara-negara lain seperti pada uang kertas Malaysia Ringgit (membentuk ornamen bunga), dan uang kertas Euro (membentuk ornamen nilai nominal).


Selain Rectoverso, beberapa unsur pengaman lain yang terdapat dalam uang Rupiah antara lain adalah tanda air, benang pengaman, tulisan mikro, tinta berubah warna, dan gambar tersembunyi.

Dengan memahami unsur-unsur keamanan dalam uang, masyarakat diharapkan dapat lebih mudah mengenali keaslian Rupiah dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas sumber beritanya.

Jakarta, 13 November 2016
DEPARTEMEN KOMUNIKASI

Arbonas Hutabarat
Direktur

kenapa rectoverso (sistem pengamanan) inisial BI menjadi bentuk palu arit >>> ya tanya sistem pengamanannya .... mungkin kalau "BI" diganti "BU" (alias butuh uang) ... bentuknya bukan palu arit ... wkakakakaka

intinya sih ... diraba, dipegang, dan diterawang >>> hasilnya ... jrenk jrenk ... keluar logo "BI" (bukan palu arit)

2 good

tentang ini

Sikap protes telah disampaikan, salah satunya disampaikan oleh Habib Rizieq yg tidak menganggap bahwa masalah ini adalah masalah sepele.

ceile ... manusia penuh cocokologi berujung suudzon model beginian aja ditanggepin ... ya suruh aja beliau rizieq bikin sistem pengamanan uang sendiri (tapi bukan sistem pengamanan dengan cara sweeping loh ya)

bisa kah ??

piss  piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Simbol PKI pada Uang Kertas ?

Post by lampu teplok on Thu Dec 29, 2016 1:23 pm

Ya makanya, setelah di protes kok malah tetap dibuat seperti itu?? kalau alasannya rectoverso kenapa sebelum2 nya bisa tidak seperti palu arit?

sudah tau kontroversi di masyarakat (masyarakat yg rasa curiganya tinggi), di uang baru malah dibuat juga mirip palu arit... hahaha

ya kalau BU, juga masih tetap bisa toh, tetap ada unsur lengkungan pada huruf B (arit) dan yang tegak pada huruf U (palu)...

kesimpulannya, pemerintah masih kurang peka kepada suara rakyat.

Tentu isu logo pd uang yg mirip logo komunis ini tidak akan viral kalau tidak masyarakat kita sendiri yg memviralkan. bukti respon masyarakat begitu besar, mbok ya jangan diulangi pd uang baru (terlepas dari benar atau tidak logo itu disengajakan mirip palu arit)...

piss
avatar
lampu teplok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Islam
Join date : 24.02.12
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Simbol PKI pada Uang Kertas ?

Post by dee-nee on Sat Dec 31, 2016 2:43 pm

lampu teplok wrote:Ya makanya, setelah di protes kok malah tetap dibuat seperti itu?? kalau alasannya rectoverso kenapa sebelum2 nya bisa tidak seperti palu arit?

sudah tau kontroversi di masyarakat (masyarakat yg rasa curiganya tinggi), di uang baru malah dibuat juga mirip palu arit... hahaha

ya kalau BU, juga masih tetap bisa toh, tetap ada unsur lengkungan pada huruf B (arit) dan yang tegak pada huruf U (palu)...

kesimpulannya, pemerintah masih kurang peka kepada suara rakyat.

Tentu isu logo pd uang yg mirip logo komunis ini tidak akan viral kalau tidak masyarakat kita sendiri yg memviralkan. bukti respon masyarakat begitu besar, mbok ya jangan diulangi pd uang baru (terlepas dari benar atau tidak logo itu disengajakan mirip palu arit)...

piss

biru : berapa persen sih yang protes dibanding seluruh penduduk Indonesia yang 250 juta ini ?? ....

lagipula yang protes ini bisa saja kan mengajukan ke pengadilan atau sampai MA sekalipun ... bila mereka memang punya bukti BI melanggar TAP MPRS No. XXV/1966 ttg organisasi terlarang >>> mana nyatanya ?? .... dilakukan ga oleh mereka ??

justru yang dilakukan oleh mereka malah lewat viral toh ... buat apa coba ?? .... ibarat bu Fulan curiga tetangga-nya nyolong mangga di rumah dia ... bukannya dibawa ke polisi atau pak RT untuk di proses dengan benar ... tapi malah dateng ke arisan ibu2 and ber-ghibah

siapapun bisa bikin viral di medsos ... tapi tetap saja statement mereka hanya sampai pada "opini" tanpa bukti (karena tidak dibuktikan di pengadilan)

merah : kenapa sebelum2 nya bisa tidak seperti palu arit ?? ... hmmmm mungkin karena sebelum2nya logo BI tidak pakai sistem pengaman seperti yang dilakukan BI sekarang

misalnya dari link ini

http://www.antaranews.com/berita/602317/bi--terdapat-9-12-pengaman-di-uang-rupiah-baru

BI : terdapat 9-12 pengaman di uang rupiah baru

Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan terdapat sembilan hingga 12 unsur pengaman dalam 11 uang rupiah baru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016.

Usai peluncuran uang rupiah baru NKRI di Jakarta, Senin, Agus mengatakan BI telah meningkatkan jumlah dan kualitas unsur pengaman, dibandingkan penerbitan uang rupiah sebelumnya, untuk mencegah pemalsuan.

"Bahkan untuk uang kertas Rp100 ribu, ada semua 12 unsur. Ke-12 unsur itu dilihat dari unsur pengaman warnanya, unsur pengaman ultraviolet, benang dan teknologi Rectoverso dan lainnya," ujar dia.

Agus mengklaim unsur pengaman dalam uang rupiah pada tahun emisi 2016 merupakan unsur pengaman terbaik dibandingkan mata uang lain di dunia.

"Dan unsur pengaman ini akan diketahui masyarakat luas. Cara sederhananya tinggal dilihat, diraba dan diterawang," ujar dia.

Adapun uang rupiah baru tersebut terdiri dari tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam. Rupiah kertas yang diterbitkan terdiri dari nominal Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Sementara rupiah logam terdiri atas pecahan Rp1.000, Rp500, Rp200, dan Rp100.

Berdasarkan keterangan resmi BI, beberapa unsur pengaman itu, di antaranya, perubahan warna (color shifting), fitur pelangi, gambar tersembunyi, fitur ultra violet, tekstur, dan teknik rectoverso.

Dari fitur pergantian warna, BI menjelaskan apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna.

Kemudian dari sisi fitur pelangi, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu, maka pada uang rupiah akan muncul gambar tersembunyi multiwarna berupa angka nominal.

Selanjutnya dari fitur gambar tersembunyi, apabila dilihat dari sudut tertentu, maka pada uang rupiah akan muncul gambar berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang.

Sementara dari sisi fitur ultra violet, BI memperkuat ultra violet yang memendar menjadi dua warna. Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI dan gambar pahlawan nasional.

Ke-12 unsur pengaman tersebut, ujar Agus, akan langsung disosialisasikan secara lengkap oleh BI setelah penerbitan uang baru hari ini. Agus memastikan, penerbitan dan sosialisasi uang NKRI baru turut dilakukan di 33 Kantor Perwakilan BI di berbagai wilayah Indonesia.

ungu : apa sih yang ga heboh di medsos ?? telolet aja heboh sampai seluruh dunia .... namanya juga medsos

yang underline : ya itu sama saja ... respon masyarakat ttg palu arit ... sama besarnya dengan respon masyarakat ttg "om telolet om"

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Simbol PKI pada Uang Kertas ?

Post by njlajahweb on Sun Jan 01, 2017 9:28 am

saya kira tidak seharusnya memperbesar masalah yang sepele...

tapi peristiwa ini, bisa membuat semua kalangan lebih waspada akan bahwa latin pki yang mungkin menyusup juga dikalangan pemerintah, namun tidak boleh menuduh bahwa ada oknum-oknum tertentu dikalangan pemerintah yang pasti terlibat pki, sebelum ada alasan-alasan yang kuat yang disertai bukti-bukti yang kuat.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5734
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Simbol PKI pada Uang Kertas ?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik