FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by frontline defender on Wed Apr 05, 2017 11:05 am

Surat Al-Maidah :
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi. (32) Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar, (33) kecuali orang-orang yang taubat (di antara mereka) sebelum kamu dapat menguasai (menangkap) mereka; maka ketahuilah bahwasanya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (34)

Al-Baqarah ayat 178 :
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita. Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih.
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by dee-nee on Wed Apr 12, 2017 11:51 pm

nyimak

2 good
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by bhre.wijaya on Sun Apr 16, 2017 10:13 pm

@frontline defender wrote:Surat Al-Maidah :
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi. (32) Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar, (33) kecuali orang-orang yang taubat (di antara mereka) sebelum kamu dapat menguasai (menangkap) mereka; maka ketahuilah bahwasanya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (34)

Al-Baqarah ayat 178 :
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita. Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih.

justru ayat menyerahkan kepada keluarga korban....sama sekali tidak menyebut bukti taubat
avatar
bhre.wijaya
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Age : 52
Posts : 13
Kepercayaan : Islam
Location : malang
Join date : 07.04.17
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by frontline defender on Mon Apr 17, 2017 11:13 am

1. ayat mana yang ada tulisannya diserahkan kepada keluarga korban, & tulisannya itu dibagian mananya?
2. tidak menyebut bukan berarti menafikan!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by isaku on Tue Apr 18, 2017 6:28 pm

Terserah kepada korban menurut 2:178, ayat ini sangat spesifik ttg Qishash.


Kalimat Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar, (33) kecuali orang-orang yang taubat (di antara mereka) sebelum kamu dapat menguasai (menangkap) mereka; maka ketahuilah bahwasanya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Ayat di Almaidah ini lebih umum dan tidak bicara khusus Qishash.

Wallahu a'lam.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by frontline defender on Tue Apr 18, 2017 8:51 pm

tapi yang jelas kan, bicara kejahatan yang hukumannya maksimal, yaitu hukuman salib? nah, kalau kejahatan yang maksimal aja mesti dimaafkan kalau orangnya tobat dengan tanpa diancam, apalagi kan kejahatan yang lebih ringan dari itu (kejahatan yang hukumannya cuman mati, potong tangan, dsb), ya nggak?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by isaku on Wed Apr 19, 2017 3:56 pm

@frontline defender wrote:tapi yang jelas kan, bicara kejahatan yang hukumannya maksimal, yaitu hukuman salib? nah, kalau kejahatan yang maksimal aja mesti dimaafkan kalau orangnya tobat dengan tanpa diancam, apalagi kan kejahatan yang lebih ringan dari itu (kejahatan yang hukumannya cuman mati, potong tangan, dsb), ya nggak?
Tidak semua tindak kejahatan diadili karena adanya delik aduan*. Untuk kejahatan melakukan "kerusakan di muka bumi" namun tanpa delik aduan, mungkin saja "bukti tobat" cukup sehingga dirasa tidak perlu dihukum hudud.

Namun untuk delik aduan*, dimana ada manusia lain dirugikan, terutama Qishash yang secara spesifik diberi arahan tersendiri dalam sebuah ayat, bahkan Allah SWT tidak memaksa seseorang untuk memaafkan.

Wallahu a'lam.



*penggunaan kata "delik aduan" mungkin tidak tepat, mungkin lebih tepat ada orang tertentu yang dirugikan VS tidak jelas ada orang tertentu yang dirugikan atau yang dirugikan adalah komunitas bukan spesifik si Fulan.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by frontline defender on Sat Apr 22, 2017 12:50 pm

lebih berat mana merugikan perorangan dibandingkan dengan merugikan komunitas? tetapi sebelumnya, membunuh kan tetaplah membunuh & mencuri kan tetaplah mencuri, terlepas apakah perbuatan tsb gagal ataupun berhasil?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by isaku on Thu Apr 27, 2017 1:31 pm

http://www.ibnukatsironline.com/2015/05/tafsir-surat-al-maidah-ayat-32-34.html



Memang benar begitu...
tapi mungkin ada perbedaan jenis kejahatan yang dimaksud dengan AlBaqarah 178

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by frontline defender on Thu Apr 27, 2017 2:02 pm

mbegalin orang itu kan berarti itungannya sebanding dengan mbunuh lebih dari satu orang, mbegal kan "harta atau nyawa?" & yang digituin kan pasti lebih dari satu orang!

piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by isaku on Thu Apr 27, 2017 2:28 pm

Mungkin lebih tepat pakai JIKA:

Jika langsung tertangkap ---> pilihannya adalah Qishash atau dimaafkan+diyat (2:178)

Jika tidak tertangkap dan di kemudian hari ketemu ---> tergantung ada atau tidaknya bukti tobat.

Wallahu a'lam

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by frontline defender on Thu Apr 27, 2017 4:29 pm

ayatnya berbunyi begini loh :

Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah...

piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Al-Maidah ayat 34 : Diqisas atau Dimaafkan, itu Bukanlah Terserah Kepada Keluarga Korban, Melainkan Terserah Pada Ada/Tidaknya Bukti Taubat.

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik