FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by bahdar on Mon Jan 09, 2012 2:46 pm

First topic message reminder :

‘Arsy, yaitu makhluk Allah yang paling besar bentuknya (H.R. Ibn Hibban)

dan makhluk kedua yang diciptakan Allah setelah air (Q.S. Hud : 7).

Imam al Bayhaqi mengatakan : “Para ahli tafsir menyatakan bahwa ‘arsy adalah benda berbentuk sarir (ranjang) yang diciptakan oleh Allah. Allah memerintahkan para malaikat untuk menjunjungnya dan menjadikannya sebagai tempat ibadah mereka dengan mengelilinginya dan mengagungkannya sebagaimana Ia menciptakan ka’bah di bumi ini dan memerintahkan manusia untuk mengelilinginya ketika thawaf dan menghadap ke arahnya di saat shalat” (lihat al Asma’ wa ash-shifat, hlm.497).

‘Arsy bukanlah tempat bagi Allah, karena Allah tidak membutuhkan tempat. Sayyidina ‘Ali berkata :


“إن الله خلق العرش إظهارا لقدرته ولم يتخذه مكانا لذاته” رواه

أبو منصور البغدادي في الفرق بين الفرق
Maknanya:”Sesungguhnya Allah menciptakan ‘arsy untuk menunjukkan kekuasaan-Nya, dan tidak menjadikannya tempat bagi Dzat-Nya”. (Riwayat Abu Manshur al Baghdadi dalam al farq bayna al firaq, hlm : 333)

“ Berkata Imam Abu Hanifah: Dan kami ( ulama Islam ) mengakui bahawa Allah ta’al ber istawa atas Arasy tanpa Dia memerlukan kepada Arasy dan Dia tidak bertetap di atas Arasy, Dialah menjaga Arasy dan selain Arasy tanpa memerlukan Arasy, sekiranya dikatakan Allah memerlukan kepada yang lain sudah pasti Dia tidak mampu mencipta Allah ini dan tidak mampu mentadbirnya sepeti jua makhluk-makhluk, kalaulah Allah memerlukan sifat duduk dan bertempat maka sebelum diciptaArasy dimanakah Dia? Maha suci Allah dari yang demikian”. Tamat terjemahan daripada kenyatan Imam Abu Hanifah dari kitab Wasiat beliau.



Ksimpulannya, dari nukilan d atas, ‘arsy adalah makhluk,namun dia bukanlah tmpat berdiam Allah..

Krn Allah Esa, Allah tak sperti makhluk, Allah ada tnpa tmpat,tnpa permulaan,tak mmbutuhkan arah,dan ssuatu apapun yg dpat mnyamakan Allah dngn makhluk.
avatar
bahdar
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 257
Kepercayaan : Islam
Join date : 23.12.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down


Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Orang_Pinggiran on Wed May 09, 2012 2:53 am

@abu hanan wrote:
@bedah tipis wrote:
@abu hanan wrote:untuk menelusuri 'arsy...sebaiknyah kita tidak meninggalkan rangkaian kata yg bersanding dengan 'arsy..terutama istiwaa.

Qatadah bin An-Nu’man rodiallahu’anhu bahwa ia berkata: Aku mendengar Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم bersabda:

لَمَّا فَرَغَ اللهُ مِنْ خَلْقِهِ اسْتَوَى عَلَى عَرْشِهِ.

“Ketika Allah selesai mencipta, Dia berada di atas ‘Arsy singgasana-Nya.” (Diriwayatkan oleh Al-Khallal dalam As-Sunnah, dishahihkan oleh Ibnul Qayyim dan Adz-Dzahabi berkata: Para perawinya tsiqah)

sebelum ke 'arsy yah sebaiknyah istiwaa' tidak ditinggalkan.

apakah alloh swt cacat fisik..sehingga harus di gotong model pak dirman.. :mon3: :mon3: :mon3: oh alloh punya singgah sana....'Arsy
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

‘Arsy (Bahasa Arab عَرْش, ‘Arasy) adalah makhluk tertinggi, berupa singgasana seperti kubah yang memiliki tiang-tiang yang dipikul oleh para Malaikat.[1] Pengertian ‘Arsy ini yang diyakini oleh para manhaj Salaf, berdasarkan Al Qur'an dan hadits Muhammad, sesuai dengan ayat:
“ (Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy.(Thaha, 20:5)
Wujud 'Arsy

Menurut manhaj salaf, 'Arsy memiliki wujud yang teramat sangat besar, memiliki beberapa tiang yang menjadikan 'Arsy sebagai atap alam semesta. Wujud ini dicatat dalam beberapa hadits-hadits yang shahih. Saking besarnya ada malaikat yang memiliki sayap banyak, diperintahkan oleh Tuhan untuk terbang kemana saja yang ia kehendaki dan ia merasa tidak beranjak dari tempat semula ia terbang.
Allah berfirman kepada malaikat tersebut, "Sesungguhnya Aku telah menjadikan engkau memiliki kekuatan yang sebanding dengan kekuatan 7.000 malaikat." Malaikat itu diberikan 70.000 sayap. Kemudian, Allah menyuruh malaikat itu terbang. Malaikat itu pun terbang dengan kekuatan penuh dan sayap yang diberikan Allah ke arah mana saja yang dikehendaki Allah. Sesudah itu, malaikat tersebut berhenti dan memandang ke arah ‘Arsy. Tetapi, ia merasakan seolah-olah ia tidak beranjak sedikitpun dari tempatnya terbang semula. Hal ini memperlihatkan betapa besar dan luasnya ‘Arsy Allah itu.
“ 'Arsy yaitu singgasana yang memiliki beberapa tiang yang dipikul oleh para Malaikat. Ia menyerupai kubah bagi alam semesta. 'Arsy juga merupakan atap seluruh makhluk.”[2]
Nabi Muhammad bersabda: "Perumpamaan langit yang tujuh dibandingkan dengan Kursi seperti cincin yang dilemparkan di padang Sahara yang luas, dan keunggulan 'Arsy atas Kursi seperti keunggulan padang Sahara yang luas itu atas cincin tersebut."
[sunting]Letak 'Arsy

Menurut syariat Islam, 'Arsy terletak di atas surga Firdaus yang berada dilangit ke-7. Keyakinan ini bersumber dari salah satu hadits Muhammad. Muhammad bersabda kepada sahabatnya yang bernama Abu Hurairah “Apabila engkau memohon kepada Allah, maka mohon-lah kepada-Nya Surga Firdaus. Sesungguhnya ia (adalah) Surga yang paling utama dan paling tinggi. Di atasnya terdapat ‘Arsy Allah yang Maha Pengasih...”[3]
Masih diriwayatkan dari Ibnu Abi 'Ashim, Nabi Muhammad bersabda: “Sesungguhnya ‘Arsy sebelumnya berada di atas air. Setelah Allah menciptakan langit (ke-7), ‘Arsy itu ditempatkan di langit yg ke-7. Dia jadikan awan sebagai saringan untuk hujan. Apabila tidak dijadikan seperti itu, tentu bumi akan tenggelam terendam air.”
[sunting]Hamalat al-‘Arsy

Para malaikat pemikul 'Arsy terkenal dengan nama Hamalat al-‘Arsy (Arab: حملات العرش) berjumlah empat malaikat, setelah kiamat akan bertambah menjadi delapan malaikat yaitu; Israfil, Mikail, Jibril, Izrail dan Hamalat al-‘Arsy.[4] Didalam Al-Qur'an juga disebutkan para malaikat ini, dalam surah Al Haqqah 69 ayat 17:
“ Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung Arasy Tuhanmu di atas (kepala) mereka. (Al Haqqah, 69:17) ”
[sunting]Wujud Hamalat al-‘Arsy
Berdasarkan hadits diriwayatkan oleh Abu Dawud dari seorang sahabat Jabir bin Abdillah, wujud para malaikat pemikul singgahsana Allah sangatlah besar dan jarak antara pundak malaikat tersebut dengan telinganya sejauh perjalanan burung terbang selama 700 tahun.[5][6]
Dikatakan pula dalam hadits, bahwa Hamalat al-'Arsy memiliki sayap lebih besar dan banyak dibandingkan dengan Jibril dan Israfil. Dikatakan bahwa Hamalat al-'Arsy memiliki sayap sejumlah 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil, sedangkan Israfil mempunyai 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril.[7]
Sedangkan Syeikh Muhammad Nawawi bin Umar bin 'Arabi Al-Jawi Al-Bantani, seorang wali besar dari tanah Jawa, mengatakan bahwa, "Mereka adalah tingkatan tertinggi para Malaikat dan Malaikat yang pertama kali diciptakan, dan mereka berada di dunia sebanyak 4 malaikat, pada saat qiyamat akan berjumlah 8 malaikat dengan bentuk kambing hutan. Jarak antara telapak kakinya sampai lututnya sejauh perjalanan 70 tahun burung yang terbang paling cepat. Adapun sifat dari 'Arsy, dikatakan bahwa bahwa 'Arsy adalah permata berwarna hijau dan 'Arsy adalah makhluk yang paling besar dalam penciptaan. Dan setiap harinya 'Arsy dihiasi dengan 1000 warna daripada cahaya, tidak ada satu makhlukpun dari makhluk Allah ta'ala yang sanggup memandangnya.. Dan segala sesuatu seluruhnya di dalam 'Arsy seperti lingkaran ditanah lapang...Dikatakan sesungguhnya 'Arsy merupakan kiblat para penduduk langit.. sebagaimana Ka'bah sebagai kiblat penduduk bumi..."[8] :mon3: :mon3: :mon3: :mon3: CACAT CACAT...LUMPUH TOTAL.....
wah terima kasih lo bro..dan orang pinggiran kayaknya dapat bacaan baru neh..
hehehehe...

Buetul pak abu.. udah sering juga tu tulisan dibawain bedah tipis A.K.A kuku bima di forum sebelah..

raja juga duduk di singgasana kok, ngga ada yang aneh ketiwi
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Otak Trailer on Thu May 10, 2012 7:13 pm

:lkj: bedah tipis is top man.kencing aja doi bisanye kesono kemare ketawa guling
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by frontline defender on Fri May 11, 2012 5:40 am

@Orang_Pinggiran wrote:dari yang pernah saya kaji di taklim

سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى
Sucikanlah Nama Tuhanmu, Yang Mahatinggi
(Surah Al A'la : 1)

maka Allah adalah maha Tinggi.. Dan berada ditempat yang maha tinggi

ini dikuatkan dengan hadits

“Tuhan kita Yang Maha Luhur dan Maha Agung turun setiap malam kepada langit dunia ketika sepertiga malam terakhir, seraya menyeru : Adakah yang menyeru Ku maka Aku akan menjawab untuknya, adakah yang memohon pada Ku maka Aku akan memberinya, adakah yang beristighfar pada Ku maka akan Kuampuni untuknya” (Shahih Bukhari)

Dalil2 ini jelas menunjukkan bahwa Allah Ta'ala berada di Tempat maha Tinggi..

maka ini menggugurkan anggapan bahwa Allah Ta'ala Ada dimana mana seperti anggapan beberapa orang.

dan tidak mungkin juga Allah jalan2 ke bumi ketiwi
Ibarat Orang yang sangat terhormat masuk comberan, atau bahkan tempat yang lebih buruk lagi.

Yang ada ialah kuasaNYA yang di mana mana

dalil Arsy
لَمَّا قَضَى اللَّهُ الْخَلْقَ كَتَبَ فِي كِتَابِهِ -فَهُوَ عِنْدَهُ فَوْقَ الْعَرْشِ- إِنَّ رَحْمَتِي غَلَبَتْ غَضَبِي

“Ketika Allah menciptakan makhluk (maksudnya menciptakan jenis makhluk), Dia menuliskan di kitab-Nya (Al-Lauh Al-Mahfuzh) – dan kitab itu bersama-Nya di atas ‘Arsy (singgasana) – : “Sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan kemarahan-Ku.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

hadits ini menunjukkan bahwa Allah Ta'ala berada di atas Arsy, seperti apa itu?
kita tidak tau karena Ilmu manusia tidak akan mampu mencapainya
1. yang dimaksud dengan Arsy, bisa saja meliputi seluruh alam semesta :
http://detakhidup.blogspot.com/2009/03/allah-maha-meliputi-segala-sesuatu.html

2. sesuatu yang kotor (bumi/tanah), belumlah tentu sesuatu yang tidak suci :
Allah Ta’ala berfirman:

وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ

“… dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu…” [Al-Maa-idah: 6]

Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الصَّعِيْدَ الطَّيِّبَ طَهُوْرُ الْمُسْلِمِ وَإِنْ لَمْ يَجِدِ الْمَاءَ عَشْرَ سِنِيْنَ.

“Sesungguhnya tanah yang suci adalah sarana bersuci bagi seorang muslim. Meskipun ia tidak menemukan air selama sepuluh tahun.”

3. Bumi itu masih sehakikat dengan Langit, karena pada awalnya mereka adalah satu :
"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (Al Qur'an, 21:30)
:lkj:



avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Orang_Pinggiran on Fri May 11, 2012 3:35 pm

@Atas..
saya hanya menilai sesuai Al Qur'an dan hadits yang saya pernah kaji :)

Untuk masalah bumi, maksudnya adalah, saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Allah ada dimana2.. tidak ada dalil yang mendasar sama sekali dan pastinya gugur dengan Surat Al A'la : 1
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by abu hanan on Fri May 11, 2012 3:55 pm

@Orang_Pinggiran wrote:@Atas..
saya hanya menilai sesuai Al Qur'an dan hadits yang saya pernah kaji :)

Untuk masalah bumi, maksudnya adalah, saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Allah ada dimana2.. tidak ada dalil yang mendasar sama sekali dan pastinya gugur dengan Surat Al A'la : 1
pengertian Allah berada di mana-mana adalah berdasarkan pengamat (manusia) pada saat mengalami "rasa"...orang melihat allah ada di tiap ciptaanNya..sehingga pengertian allah beserta orang yang sabar,allah berada diatas maupun allah dimanapun timbul karena "rasa" kedekatan.
sigi om MM...coba deh anda perhatikan.allah lebih dekat dari urat leher,dengan kondisi orang bodoh dan metode hantam kromo maka sayah membaca dan mengartikannya mm=allah.allah dan MM adalah kesatuan.

padahal ayat tersbut TIDAK MEMILIKI arti seperti itu (pemahaman ala kadarnyah) melainkan allah berkuasa dan mengetahui plus meliputi segala sesuatu.

= = = =back to 'arsy...
seperti yang sayah sampaikan sebelumnyah bahwa memahami 'arsy TIDAK BOLEH dilepaskan dari istiwaa..termasuk pula kata "kursy"

pemimpin dan kepimpinan,milik dan kepemilikan...kuasa dan kekuasaan adalah kaitan erat sebagaimana 'arsy dan kursy

‘Arsy yang secara leksikal berarti atap atau singgasana yang berkaki panjang, sebagai lawan dari “Kursy” yang bermakna singgasana berkaki pendek. Lalu, kalimat ini digunakan dalam singgasana kekuasaan Allah sebagai ‘Arsy Allah.
‘Arsy dapat anda pahami sebagai ilmu tanpa batas,kesempurnaan tanpa batas Allah swt,hak milik tanpa batas termasuk pula kuasa dan kebesaran/keagungan tanpa batas yang melekat pada Allah.

Imam Syafii-rahimahullah- mengatakan "tiada makhluk/ciptaan yang mampu menampung Allah selain hati manusia"

Atas dasar perkataan Imam Syafii maka arsy pun dapat diartikan sebagai hati manusia.Bagaimanapun juga 'arsy dan kursy tetap melambangkan sifat-sifat kesempurnaan dan perbuatan Allah.Baik dari segi kekuasaan/kerajaan,kuasa maupun ilmu.

Lantas bagaimana dengan “Para malaikat yang memikul ‘arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhan”
pastilah akan muncul pertanyaan apakah arsy adalah benda hakiki?ya.suatu kemungkinan yang pastilah akan timbul teori arsy adalah benda hakiki namun manusia tidak akan mampu mencapai ke-benda-an dari arsy.satu misal arsy adalah alam semesta,maka tepi alam semesta adalah sesuatu yang sangat sulit dijangkau karena kita sendiri tidak mengetahui koordinat bumi di hamparan alam semesta...
karena boleh jadi bumi sendiri berada diluar namun bukan tepi alam semesta.

apabila ada malaikat yang memikul arsy (sebagai alam semesta) pun tak dapat dipungkiri bahwa tiap manusia pun diiringkan malaikat.setiap benda apapun diiringkan malaikat...

wassalam




untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by frontline defender on Sat May 12, 2012 10:13 am

seperti inilah pemahaman dalam benak saya : http://www.laskarislam.com/t2537-keberadaan-allah#18554 welcome
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by frontline defender on Sat May 12, 2012 10:31 am

@Orang_Pinggiran wrote:@Atas..
saya hanya menilai sesuai Al Qur'an dan hadits yang saya pernah kaji :)

Untuk masalah bumi, maksudnya adalah, saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Allah ada dimana2.. tidak ada dalil yang mendasar sama sekali dan pastinya gugur dengan Surat Al A'la : 1
87:1. Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi,
persepsi saya soal tempat/dimensi(channel) "tinggi" & "rendah", bisa dilihat di sini : http://www.laskarislam.com/t2538-surga-neraka-belum-tentu-tempat#18559
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Orang_Pinggiran on Sat May 12, 2012 11:18 pm

@abu hanan wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:@Atas..
saya hanya menilai sesuai Al Qur'an dan hadits yang saya pernah kaji :)

Untuk masalah bumi, maksudnya adalah, saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Allah ada dimana2.. tidak ada dalil yang mendasar sama sekali dan pastinya gugur dengan Surat Al A'la : 1

@abu hanan wrote:pengertian Allah berada di mana-mana adalah berdasarkan pengamat (manusia) pada saat mengalami "rasa"...orang melihat allah ada di tiap ciptaanNya..sehingga pengertian allah beserta orang yang sabar,allah berada diatas maupun allah dimanapun timbul karena "rasa" kedekatan.
sigi om MM...coba deh anda perhatikan.allah lebih dekat dari urat leher,dengan kondisi orang bodoh dan metode hantam kromo maka sayah membaca dan mengartikannya mm=allah.allah dan MM adalah kesatuan.

padahal ayat tersbut TIDAK MEMILIKI arti seperti itu (pemahaman ala kadarnyah) melainkan allah berkuasa dan mengetahui plus meliputi segala sesuatu.

Yup yup.. Allah tidak sesederhana itu

@abu hanan wrote:
= = = =back to 'arsy...
seperti yang sayah sampaikan sebelumnyah bahwa memahami 'arsy TIDAK BOLEH dilepaskan dari istiwaa..termasuk pula kata "kursy"

pemimpin dan kepimpinan,milik dan kepemilikan...kuasa dan kekuasaan adalah kaitan erat sebagaimana 'arsy dan kursy

‘Arsy yang secara leksikal berarti atap atau singgasana yang berkaki panjang, sebagai lawan dari “Kursy” yang bermakna singgasana berkaki pendek. Lalu, kalimat ini digunakan dalam singgasana kekuasaan Allah sebagai ‘Arsy Allah.
‘Arsy dapat anda pahami sebagai ilmu tanpa batas,kesempurnaan tanpa batas Allah swt,hak milik tanpa batas termasuk pula kuasa dan kebesaran/keagungan tanpa batas yang melekat pada Allah.
Yup saya setuju.. tapi tentang bagaimana Istiwanya Allah, kita tidak perlu menilai, karena saya belum nemu dalil yang membolehkan mempelajari Allah..
cukuplah Ciptaan Allah yang dipelajari :)

@abu hanan wrote:
Imam Syafii-rahimahullah- mengatakan "tiada makhluk/ciptaan yang mampu menampung Allah selain hati manusia"

Atas dasar perkataan Imam Syafii maka arsy pun dapat diartikan sebagai hati manusia.Bagaimanapun juga 'arsy dan kursy tetap melambangkan sifat-sifat kesempurnaan dan perbuatan Allah.Baik dari segi kekuasaan/kerajaan,kuasa maupun ilmu.

Lantas bagaimana dengan “Para malaikat yang memikul ‘arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhan”
pastilah akan muncul pertanyaan apakah arsy adalah benda hakiki?ya.suatu kemungkinan yang pastilah akan timbul teori arsy adalah benda hakiki namun manusia tidak akan mampu mencapai ke-benda-an dari arsy.satu misal arsy adalah alam semesta,maka tepi alam semesta adalah sesuatu yang sangat sulit dijangkau karena kita sendiri tidak mengetahui koordinat bumi di hamparan alam semesta...
karena boleh jadi bumi sendiri berada diluar namun bukan tepi alam semesta.

apabila ada malaikat yang memikul arsy (sebagai alam semesta) pun tak dapat dipungkiri bahwa tiap manusia pun diiringkan malaikat.setiap benda apapun diiringkan malaikat...

wassalam



Yang ini saya belum setuju.. sambil saya cari2 referensi :)
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Orang_Pinggiran on Sat May 12, 2012 11:21 pm

@frontline defender wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:@Atas..
saya hanya menilai sesuai Al Qur'an dan hadits yang saya pernah kaji :)

Untuk masalah bumi, maksudnya adalah, saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Allah ada dimana2.. tidak ada dalil yang mendasar sama sekali dan pastinya gugur dengan Surat Al A'la : 1
87:1. Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi,
persepsi saya soal tempat/dimensi(channel) "tinggi" & "rendah", bisa dilihat di sini : http://www.laskarislam.com/t2538-surga-neraka-belum-tentu-tempat#18559

Ada perbedaan antara surga, neraka dan Allah..
Surga dan Neraka adalah ciptaan, sedangkan Allah adalah pencipta. maka apakah layak kalu menilainya sama??
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by putramentari on Sun May 13, 2012 2:01 am

@bahdar wrote:‘Arsy, yaitu makhluk Allah yang paling besar bentuknya (H.R. Ibn Hibban)

dan makhluk kedua yang diciptakan Allah setelah air (Q.S. Hud : 7).

Imam al Bayhaqi mengatakan : “Para ahli tafsir menyatakan bahwa ‘arsy adalah benda berbentuk sarir (ranjang) yang diciptakan oleh Allah. Allah memerintahkan para malaikat untuk menjunjungnya dan menjadikannya sebagai tempat ibadah mereka dengan mengelilinginya dan mengagungkannya sebagaimana Ia menciptakan ka’bah di bumi ini dan memerintahkan manusia untuk mengelilinginya ketika thawaf dan menghadap ke arahnya di saat shalat” (lihat al Asma’ wa ash-shifat, hlm.497).

‘Arsy bukanlah tempat bagi Allah, karena Allah tidak membutuhkan tempat. Sayyidina ‘Ali berkata :

“إن الله خلق العرش إظهارا لقدرته ولم يتخذه مكانا لذاته” رواه

أبو منصور البغدادي في الفرق بين الفرق

Maknanya:”Sesungguhnya Allah menciptakan ‘arsy untuk menunjukkan kekuasaan-Nya, dan tidak menjadikannya tempat bagi Dzat-Nya”. (Riwayat Abu Manshur al Baghdadi dalam al farq bayna al firaq, hlm : 333)

“ Berkata Imam Abu Hanifah: Dan kami ( ulama Islam ) mengakui bahawa Allah ta’al ber istawa atas Arasy tanpa Dia memerlukan kepada Arasy dan Dia tidak bertetap di atas Arasy, Dialah menjaga Arasy dan selain Arasy tanpa memerlukan Arasy, sekiranya dikatakan Allah memerlukan kepada yang lain sudah pasti Dia tidak mampu mencipta Allah ini dan tidak mampu mentadbirnya sepeti jua makhluk-makhluk, kalaulah Allah memerlukan sifat duduk dan bertempat maka sebelum diciptaArasy dimanakah Dia? Maha suci Allah dari yang demikian”. Tamat terjemahan daripada kenyatan Imam Abu Hanifah dari kitab Wasiat beliau.



Ksimpulannya, dari nukilan d atas, ‘arsy adalah makhluk,namun dia bukanlah tmpat berdiam Allah..

Krn Allah Esa, Allah tak sperti makhluk, Allah ada tnpa tmpat,tnpa permulaan,tak mmbutuhkan arah,dan ssuatu apapun yg dpat mnyamakan Allah dngn makhluk.

Numpang komen ya Bang, just sharing :

Ada sekelompok aliran dalam Islam yang menafsirkan bahwa arsy Ilahi itu adalah singgasana Tuhan yang terdapat nun jauh di atas sana. Kalau penafsiran ini benar tentu saja meniscayakan tempat dan kedudukan bagi Tuhan, yang menduduki dan diduduki haruslah memiliki rangkapan, volume, isi dan ruang. Bagaimana penafsiran hal ini?

Adapun pertanyaan ihwal arsy dalam ayat Al-Qur’an terdapat kira-kira dua puluh ayat yang mengisyaratkan ‘Arsy Tuhan. pendapat di atas adalah sebuah penafsiran bahwa arsy itu adalah singgasana Tuhan yang terletak nun jauh di atas sana. Secara sepintas, pertanyaan ini telah terjawab. Acapkali telah kami katakan bahwa dengan kata-kata yang sering digunakan untuk menjelaskan tipologi kehidupan materi yang serba terbatas ini, kita tidak dapat menjelaskan keagungan Tuhan, dan bahkan keagungan seluruh makhluk-Nya. Atas alasan ini, dengan menggunakan arti figuratif, kata ini kita gunakan untuk menggambarkan seluruh keagungan Tuhan.

Dan di antara kata-kata yang memiliki karakter seperti ini adalah ‘Arsy yang secara leksikal berarti atap atau singgasana yang berkaki panjang, sebagai lawan dari “Kursî” yang bermakna singgasana berkaki pendek. Lalu, kalimat ini digunakan dalam singgasana kekuasaan Ilahi sebagai ‘Arsy Ilahi.

Apa maksud dari ‘Arsy Ilahi itu dan apakah arti dari kalimat ini metaforik? Para penafsir, ahli hadis dan filsuf telah banyak menjabarkan masalah ini.

Terkadang ‘Arsy ditafsirkan sebagai ilmu Nir-batas Allah swt, terkadang ditafsirkan sebagai kemahamilikan (mâlikiyah) dan kemahaberkuasaan (hâkimiyah) Allah swt, dan terkadang diartikan sebagai keserbasempurnaan (kamâliyah) dan kebesaran (jalâliyah) Tuhan. Sebab, setiap sifat-sifat ini menunjukkan betapa agung kedudukan-Nya. Sebagaimana singgasana para sultan sebagai lambang keagungan mereka.

Benar bahwa Allah swt memiliki ‘Arsy ilmu, ‘Arsy kekuasaan, ‘Arsy kemahapengasihan dan ‘Arsy kemahapenyayangan.

Sesuai dengan tiga penafsiran di atas, arti ‘Arsy kembali kepada sifat-sifat Dzat kudus Ilahi, bukan kepada wujud yang lain. Sebagian hadis Ahlul Bait a.s. yang sampai kepada kita juga menguatkan makna ini. Seperti sebuah hadis yang memuat pertanyaan Hafsh bin Giyats kepada Imam Ash-Shadiq tentang tafsir ayat “wasi’a kursiyyuhus samâwâti wal ardh”. Imam berkata, “Maksud ayat ini adalah Ilmu Allah.”[1]

Dan dalam hadis yang lain, masih dari Imam Ash-Shadiq a.s., ‘Arsy bermakna ilmu yang diwarisi oleh para nabi, dan Kursî berarti ilmu yang tidak dimiliki oleh siapa pun. [2]

Dengan berinsprasi dari riwayat-riwayat yang lain, sebagian mufassir menafsirkan ‘Arsy dan Kursî sebagai dua wujud yang agung dari makhluk-makhluk Allah swt. Misalnya, sebagian orang berkata, “Maksud dari ‘Arsy adalah kumpulan alam semesta.” Dan terkadang disebutkan kumpulan langit dan bumi ini berada dalam Kursî, akan tetapi langit dan bumi di hadapan Kursî adalah laksana lingkaran cincin yang berada di jalan yang sangat luas, dan Kursî yang berada di hadapan ‘Arsy, laksana lingkaran cincin di jalan yang amat luas.

Selain itu, ‘Arsy acapkali dipredikasikan sebagai hati para nabi, para washi, dan mukminin yang kamil, sebagaimana yang disebutkan dalam hadis, “Sesungguhnya hati seorang mukmin adalah ‘Arsy Allah.”[3] Juga dalam hadis yang lain disebutkan, “Langit dan bumi tidak mampu memuat-Ku, akan tetapi Aku termuat dalam diri hamba-Ku yang mukmin.” [4]

Namun, jalan yang terbaik untuk memahami makna sejati dari ‘Arsy -tentu saja sesuai dengan kadar kemampuan manusia- adalah menelaah secara teliti penggunaan kalimat ini dalam Al-Qur’an.

Pada banyak ayat Al-Qur’an, kita jumpai redaksi kalimat ini misalnya: “Allah [setelah berakhirnya penciptaan semesta] berkuasa atas ‘Arsy.” (QS. al-A’raf: 54, Yunus: 3, ar.Ra’d: 2, al-Furqan: 59, as-Sajdah:4, dan al-Hadid: 4). Dalam ayat-ayat yang lain, kita jumpai adanya penyifatan ‘Arsy, seperti penyifatannya dengan al-’azhim pada ayat: “Ia-lah Tuhan ‘Arsy yang agung.” (QS. at-Taubah [9]: 129).

Dalam beberapa ayat Al-Qur’an, ada juga pembahasan mengenai pembawa ‘Arsy. Terkadang disebutkan bahwa “‘Arsy Allah berada di atas air.”

Dari semua redaksi itu dan redaksi lain yang dinukil dari hadis-hadis, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ‘Arsy telah digunakan pada beberapa makna yang beragam, yang kendati demikian memiliki akar kata yang umum.

Salah satu makna ‘Arsy adalah kedudukan pemerintahan, kepemilikan dan pengaturan alam semesta. Karena secara umum dan luas, kalimat ‘Arsy digunakan sebagai ungkapan metaforik yang berarti kekuasaan seorang negarawan atas urusan suatu negara. Kita sering berkata, “Fulan tsalla ‘arsyahu.” Artinya adalah kiasan bahwa kekuasaannya telah tumbang. Dalam bahasa Persia juga kita berkata, “Pâyeha-ye takht-e u dar ham syekast (sendi kekuasaannya telah hancur).”

Arti lain dari ‘Arsy adalah totalitas alam keberadaan. Karena, seluruh jagad ini menunjukkan keagungan-Nya. Dan acap kali ‘Arsy diartikan sebagai alam atas (‘ulyâ), dan Kursî bermakna alam bawah (suflâ).

Terkadang ‘Arsy bermakna alam nonmateri dan Kursî berarti alam materi, dan digunakan lebih umum dari bumi dan langit. Sebagaimana dalam ayat Kursi disebutkan, “wasi’a kursiyyuhus samâwâti wal ardh”.

Dan karena antara makhluk dan pengetahuan Allah swt tidak terpisah dari Dzat kudus-Nya, terkadang ‘Arsy berarti sebagai ilmu Tuhan.

Dan apabila hati para hamba beriman disebut sebagai (‘arsy ar-Rahman), karena hati merupakan tempat persemayaman makrifat terhadap Dzat kudus Ilahi dan tanda keagungan serta kekuasan Allah swt.

Oleh karena itu, dari indikasi-indikasi (qarâ’in) yang ada, kita dapat memahami makna ‘Arsy yang dimaksudkan. Akan tetapi, bagaimanapun, makna umum yang terdapat kata itu adalah kebesaran dan keagungan Allah swt.

Pada ayat yang menjadi topik pembahasan disebutkan ungkapan “pembawa ‘Arsy Ilahi”. Barangkali maksud dari ‘Arsy dalam ayat ini adalah pemerintahan (hukûmah) Allah swt dan pengaturan (tadbîr) alam semesta. Dan pembawa ‘Arsy Ilahi adalah pelaksana pemerintahan dan pengaturan alam semesta. Juga boleh jadi bermakna kumpulan alam penciptaan atau alam metafisik, dan pembawanya adalah para malaikat yang memikul ‘Arsy ini atas perintah Allah swt yang merupakan landasan pengaturan semesta ini
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by frontline defender on Sun May 13, 2012 1:57 pm

@Orang_Pinggiran wrote:
@frontline defender wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:@Atas..
saya hanya menilai sesuai Al Qur'an dan hadits yang saya pernah kaji :)

Untuk masalah bumi, maksudnya adalah, saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Allah ada dimana2.. tidak ada dalil yang mendasar sama sekali dan pastinya gugur dengan Surat Al A'la : 1
87:1. Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi,
persepsi saya soal tempat/dimensi(channel) "tinggi" & "rendah", bisa dilihat di sini : http://www.laskarislam.com/t2538-surga-neraka-belum-tentu-tempat#18559

Ada perbedaan antara surga, neraka dan Allah..
Surga dan Neraka adalah ciptaan, sedangkan Allah adalah pencipta. maka apakah layak kalu menilainya sama??
oh, saya tidak menilainya sama, saya hanya menjelaskan persepsi saya tentang tinggi & rendah! jadi, seperti yang ada di QS. 87:1, Allah ada di kedudukan yang MahaTinggi, nah karena kita sebagai ciptaanNya ada di kedudukan yang rendah, maka agar kita dapat mendekati Nya, cara yang dapat ditempuh adalah dengan cara mensinkronkan channel kita dengan Tuhan, dan menurut ayat tsb, kuncinya adalah dengan bersuci (seperti : bersuci dalam niat/ikhlas, bersuci dari hadats & najis, berzakat, berpuasa, dll)!
:lkj:
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Jagona on Mon May 14, 2012 11:13 am

@putra mentari

Bagaimana dengan Ayat 27/38, Ayat 12/100, ayat 7/137 yang terkandung juga istilah arsy.
Apa makna dari arsy pada ayat-ayat tersebut

sholat yuk

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by abu hanan on Mon May 14, 2012 12:10 pm

FD wrote:
@abu hanan wrote:
Imam Syafii-rahimahullah- mengatakan "tiada makhluk/ciptaan yang mampu menampung Allah selain hati manusia"

Atas dasar perkataan Imam Syafii maka arsy pun dapat diartikan sebagai hati manusia.Bagaimanapun juga 'arsy dan kursy tetap melambangkan sifat-sifat kesempurnaan dan perbuatan Allah.Baik dari segi kekuasaan/kerajaan,kuasa maupun ilmu.

Lantas bagaimana dengan “Para malaikat yang memikul ‘arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhan”
pastilah akan muncul pertanyaan apakah arsy adalah benda hakiki?ya.suatu kemungkinan yang pastilah akan timbul teori arsy adalah benda hakiki namun manusia tidak akan mampu mencapai ke-benda-an dari arsy.satu misal arsy adalah alam semesta,maka tepi alam semesta adalah sesuatu yang sangat sulit dijangkau karena kita sendiri tidak mengetahui koordinat bumi di hamparan alam semesta...
karena boleh jadi bumi sendiri berada diluar namun bukan tepi alam semesta.

apabila ada malaikat yang memikul arsy (sebagai alam semesta) pun tak dapat dipungkiri bahwa tiap manusia pun diiringkan malaikat.setiap benda apapun diiringkan malaikat...

wassalam



Yang ini saya belum setuju.. sambil saya cari2 referensi :)
owh...bugini mas.....
arsy dan kursy dapat dibaca SESUAI dengan kadar masing2...kalow anda membaca dari sisi TASAWUF anda gak bakal MATCHING dengan saintis.begitu pula sebaliknyah...

sayah akan lebih mudah menerangkan seperti uraian di atas pada kalangan tertentu di antara kita/muslim tapi uraian tersebut tidak menjadi berlaku ketika sayah berbincang dengan doktor ilmu hukum..

kamsutnyah sayah,arsy dan kursy lebih cenderung dan akan mengena berdasarkan latar belakang pemahaman karena isi otak dan iman tiap orang tentu berbeda...

imam asy syafii berbicara dalam baju tasawuf dan akan bertolak belakang dengan hadits yg memuat malaikat yang memikul arsy...
apakah imam syafii mengingkari hadits?tentu tidak bukan.Tetapi hadits yg malaikat pemikul 'arsy pasti punya segmen pembaca tertentu sebagaimana imam syafii yg ucapannya akan mudah dimengerti oleh pembaca yg berbeda segmen.

yah dan hanya itu aja yang bisa sayah sampaikan...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by frontline defender on Sun Jun 17, 2012 9:51 pm

@abu hanan wrote:
@Orang_Pinggiran wrote:@Atas..
saya hanya menilai sesuai Al Qur'an dan hadits yang saya pernah kaji :)

Untuk masalah bumi, maksudnya adalah, saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Allah ada dimana2.. tidak ada dalil yang mendasar sama sekali dan pastinya gugur dengan Surat Al A'la : 1
pengertian Allah berada di mana-mana adalah berdasarkan pengamat (manusia) pada saat mengalami "rasa"...orang melihat allah ada di tiap ciptaanNya..sehingga pengertian allah beserta orang yang sabar,allah berada diatas maupun allah dimanapun timbul karena "rasa" kedekatan.
sigi om MM...coba deh anda perhatikan.allah lebih dekat dari urat leher,dengan kondisi orang bodoh dan metode hantam kromo maka sayah membaca dan mengartikannya mm=allah.allah dan MM adalah kesatuan.

padahal ayat tersbut TIDAK MEMILIKI arti seperti itu (pemahaman ala kadarnyah) melainkan allah berkuasa dan mengetahui plus meliputi segala sesuatu.

= = = =back to 'arsy...
seperti yang sayah sampaikan sebelumnyah bahwa memahami 'arsy TIDAK BOLEH dilepaskan dari istiwaa..termasuk pula kata "kursy"

pemimpin dan kepimpinan,milik dan kepemilikan...kuasa dan kekuasaan adalah kaitan erat sebagaimana 'arsy dan kursy

‘Arsy yang secara leksikal berarti atap atau singgasana yang berkaki panjang, sebagai lawan dari “Kursy” yang bermakna singgasana berkaki pendek. Lalu, kalimat ini digunakan dalam singgasana kekuasaan Allah sebagai ‘Arsy Allah.
‘Arsy dapat anda pahami sebagai ilmu tanpa batas,kesempurnaan tanpa batas Allah swt,hak milik tanpa batas termasuk pula kuasa dan kebesaran/keagungan tanpa batas yang melekat pada Allah.

Imam Syafii-rahimahullah- mengatakan "tiada makhluk/ciptaan yang mampu menampung Allah selain hati manusia"

Atas dasar perkataan Imam Syafii maka arsy pun dapat diartikan sebagai hati manusia.Bagaimanapun juga 'arsy dan kursy tetap melambangkan sifat-sifat kesempurnaan dan perbuatan Allah.Baik dari segi kekuasaan/kerajaan,kuasa maupun ilmu.

Lantas bagaimana dengan “Para malaikat yang memikul ‘arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhan”
pastilah akan muncul pertanyaan apakah arsy adalah benda hakiki?ya.suatu kemungkinan yang pastilah akan timbul teori arsy adalah benda hakiki namun manusia tidak akan mampu mencapai ke-benda-an dari arsy.satu misal arsy adalah alam semesta,maka tepi alam semesta adalah sesuatu yang sangat sulit dijangkau karena kita sendiri tidak mengetahui koordinat bumi di hamparan alam semesta...
karena boleh jadi bumi sendiri berada diluar namun bukan tepi alam semesta.

apabila ada malaikat yang memikul arsy (sebagai alam semesta) pun tak dapat dipungkiri bahwa tiap manusia pun diiringkan malaikat.setiap benda apapun diiringkan malaikat...

wassalam
kalau Allah MahaTinggi ---> bermakna ala kadarnya... lalu bagaimana dengan AllahuAkbar? bingung
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by abu hanan on Sun Jun 17, 2012 11:05 pm

@FD...
lha kan tergantung pemahaman org yg bersangkutan...gimana dia mengartikan "ala kadarnyah" yg sesuai dg pemahaman yg dia miliki...kalow kita bicara dg anak kecil,misal,pertanyaan dari si anak biasanya apa allah itu besar sekali?tentulah kita jawab yg normatif tetapi tidak mengarah ke fisik.

allah maha tinggi,apakah allah tinggi sekali?konyol dah hahahha...allah maha besar,apakah allah besar sekali?wokeh....bugini....
tinggi dan besar adalah SIFAT yg kita sandarkan kepada allah bahwa ketinggian yg melekat pada dzatNya adalah melampaui akal manusia.begitu tinggi hingga tiada perbuatan dariNya yg dapat menjatuhkan harga diriNya.

begitu besar hingga tiada urusan yg dapat terlewat dariNya..
bugimanah?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by mang kok on Mon Jun 18, 2012 1:02 am

@mang kok wrote:tuhan bisa berada dimana mana karena tuhan berada dalam diri setiap manusia, termasuk dalam diri saya, diri anda dan siapapun saja.
karena tuhan tidak terpenjara dalam satu tempat saja.
arsy?
yang pernah bergoyang / bergoncang ketika kematian sa'ad ya?
hahaha kaum beragama semakin tersesat oleh mitologi yunani
sudah terjawab belum ya bung2 sekalian?
serba salah jadinya. bukankah allah itu awal dari segalanya? apakah lebih dulu ada arsy dari pada allah? jika allah lebih dulu ada, harusnya ada tempat singga sana sebelum arsy, bukan begitu bung? bingung
avatar
mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 157
Join date : 15.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by mang kok on Wed Jun 27, 2012 1:28 am

@mang kok wrote:
@mang kok wrote:tuhan bisa berada dimana mana karena tuhan berada dalam diri setiap manusia, termasuk dalam diri saya, diri anda dan siapapun saja.
karena tuhan tidak terpenjara dalam satu tempat saja.
arsy?
yang pernah bergoyang / bergoncang ketika kematian sa'ad ya?
hahaha kaum beragama semakin tersesat oleh mitologi yunani
sudah terjawab belum ya bung2 sekalian?
serba salah jadinya. bukankah allah itu awal dari segalanya? apakah lebih dulu ada arsy dari pada allah? jika allah lebih dulu ada, harusnya ada tempat singga sana sebelum arsy, bukan begitu bung? bingung
nyerah
avatar
mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 157
Join date : 15.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Penyaran on Wed Jun 27, 2012 11:25 am

@atas

eh mang kok, tolong donk saya minta kamu ceritain kisah Anda dari theis ke agnostik disini: http://www.laskarislam.com/t1419-dicari-kristen-berkualitas#23262

siapa tau jadi bahan renungan bagi para kristener disini ketiwi

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Orang_Pinggiran on Wed Jun 27, 2012 5:29 pm

@mang kok wrote:
@mang kok wrote:tuhan bisa berada dimana mana karena tuhan berada dalam diri setiap manusia, termasuk dalam diri saya, diri anda dan siapapun saja.
karena tuhan tidak terpenjara dalam satu tempat saja.
arsy?
yang pernah bergoyang / bergoncang ketika kematian sa'ad ya?
hahaha kaum beragama semakin tersesat oleh mitologi yunani
sudah terjawab belum ya bung2 sekalian?
serba salah jadinya. bukankah allah itu awal dari segalanya? apakah lebih dulu ada arsy dari pada allah? jika allah lebih dulu ada, harusnya ada tempat singga sana sebelum arsy, bukan begitu bung? bingung

kan udeh dijawab di awal kang..


kalo mau membahas awal.. sudahkah sampeyan menemukan awal dari kehidupan jagat raya ini???

logikanya, kalo nyari tau ciptaan aja belum kelar, gimana bisa menilai penciptanya??
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by mang kok on Wed Jul 25, 2012 2:12 am

@Orang_Pinggiran wrote:
@mang kok wrote:
@mang kok wrote:tuhan bisa berada dimana mana karena tuhan berada dalam diri setiap manusia, termasuk dalam diri saya, diri anda dan siapapun saja.
karena tuhan tidak terpenjara dalam satu tempat saja.
arsy?
yang pernah bergoyang / bergoncang ketika kematian sa'ad ya?
hahaha kaum beragama semakin tersesat oleh mitologi yunani
sudah terjawab belum ya bung2 sekalian?
serba salah jadinya. bukankah allah itu awal dari segalanya? apakah lebih dulu ada arsy dari pada allah? jika allah lebih dulu ada, harusnya ada tempat singga sana sebelum arsy, bukan begitu bung? bingung

kan udeh dijawab di awal kang..


kalo mau membahas awal.. sudahkah sampeyan menemukan awal dari kehidupan jagat raya ini???

logikanya, kalo nyari tau ciptaan aja belum kelar, gimana bisa menilai penciptanya??
ADMINNYA PINTER GAK SIH...? ANGKAT MODERATOR KOK GA BENER GITU...?
MOHON ADMIN / MODERATOR YG BERKUALITAS MEMBERI TANGGAPAN....
MALU2KAN FORUM SAJA...
====
saya memberi bung pertanyaan kenapa malah bung tanya balik?
@mang kok wrote:Tuhan kok terpenjara dalam satu tempat saja.?
arsy?
yang pernah bergoyang / bergoncang ketika kematian sa'ad ya?
hahaha kaum beragama semakin tersesat oleh mitologi yunani
serba salah jadinya. bukankah allah itu awal dari segalanya? apakah lebih dulu ada arsy dari pada allah? jika allah lebih dulu ada, harusnya ada tempat singga sana sebelum arsy, bukan begitu ?
:got:
avatar
mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 157
Join date : 15.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by mang kok on Sat Aug 04, 2012 12:43 pm

bosen tuhannya hoax, arsynya hoax tidur
avatar
mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 157
Join date : 15.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Sombrero on Sat Aug 04, 2012 8:32 pm

@Mang Kok wrote:Tuhan kok terpenjara dalam satu tempat saja.?
arsy? yang pernah bergoyang / bergoncang ketika kematian sa'ad ya?
hahaha kaum beragama semakin tersesat oleh mitologi yunani
serba
salah jadinya. bukankah allah itu awal dari segalanya? apakah lebih
dulu ada arsy dari pada allah? jika allah lebih dulu ada, harusnya ada
tempat singga sana sebelum arsy, bukan begitu ?

istilah TERPENJARA kan yang bikin kamu, eksistensi tuhan tidak pernah bisa dibatasi dengan pemikiran apapun, apalagi kamu menuduh mitologi Yunani? Justru kitab kristen itulah berasal dari mitologi Yunani, bergaya bahasa Yunani, juga di tulis dalam bahasa yunani, padahal Yesus berteriak2 dengan bahasa ibrani, "Eli...eli...Lama sabakhtani" kok nggak pake bahasa yunani yah?

Tuhan menempatkan diri-Nya pada tempat yang tertinggi dan paling Mulia yang disebut Arsy' - apakah bisa menjelaskan, apakah tempat Arsy' dimaksud? kalau tidak bisa, mengapa membuat asumsi?




Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 16
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by hamba tuhan on Sat Aug 04, 2012 9:20 pm

kalo menurut saya yg bodoh ini dan yg saya yakini dgn haqqul yakin....

Ibn al Mu’allim al Qurasyi (W. 725 H) menyebutkan dalam karyanya Najm al Muhtadi menukil perkataan al Imam al Qadli Najm ad-Din dalam kitabnya Kifayah an-Nabih …fi Syarh at-Tanbih bahwa ia menukil dari al Qadli Husayn (W. 462 H) bahwa al Imam asy-Syafi’I menyatakan kekufuran orang yang meyakini bahwa Allah duduk di atas ‘arsy dan tidak boleh shalat (makmum) di belakangnya.

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Allah ada pada azal (keberadaan tanpa permulaan) dan belum ada sesuatupun selain-Nya”. (H.R. al Bukhari, al Bayhaqi dan Ibn al Jarud).

Makna hadits ini bahwa Allah ada pada azal (keberadaan tanpa permulaan), tidak ada sesuatu (selain-Nya) bersama-Nya. Pada azal belum ada angin, cahaya, kegelapan, ‘Arsy, langit, manusia, jin, malaikat, waktu, tempat dan arah. Maka berarti Allah ada sebelum terciptanya tempat dan arah, maka Ia tidak membutuhkan kepada keduanya dan Ia tidak berubah dari semula, yakni tetap ada tanpa tempat dan arah, karena berubah adalah ciri dari sesuatu yang baru (makhluk).......
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by mang kok on Sun Aug 05, 2012 2:12 pm

@hamba tuhan wrote:kalo menurut saya yg bodoh ini dan yg saya yakini dgn haqqul yakin....

Ibn al Mu’allim al Qurasyi (W. 725 H) menyebutkan dalam karyanya Najm al Muhtadi menukil perkataan al Imam al Qadli Najm ad-Din dalam kitabnya Kifayah an-Nabih …fi Syarh at-Tanbih bahwa ia menukil dari al Qadli Husayn (W. 462 H) bahwa al Imam asy-Syafi’I menyatakan kekufuran orang yang meyakini bahwa Allah duduk di atas ‘arsy dan tidak boleh shalat (makmum) di belakangnya.

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Allah ada pada azal (keberadaan tanpa permulaan) dan belum ada sesuatupun selain-Nya”. (H.R. al Bukhari, al Bayhaqi dan Ibn al Jarud).

Makna hadits ini bahwa Allah ada pada azal (keberadaan tanpa permulaan), tidak ada sesuatu (selain-Nya) bersama-Nya. Pada azal belum ada angin, cahaya, kegelapan, ‘Arsy, langit, manusia, jin, malaikat, waktu, tempat dan arah. Maka berarti Allah ada sebelum terciptanya tempat dan arah, maka Ia tidak membutuhkan kepada keduanya dan Ia tidak berubah dari semula, yakni tetap ada tanpa tempat dan arah, karena berubah adalah ciri dari sesuatu yang baru (makhluk).......
berarti tuhan islam tidak ada didalam arsy ya bung? banyak tuh muslim yg tersesat ketika ditanya dimana tuhannya. ada yg jawab dilangit (emang bintang dilangit) ada yg jawab di arsy, dan ketika ditanya arsy itu dimana, eh balik lagi arsy itu dilangit yg tinggi (jadi ingat lagu favorit saya waktu TK)
avatar
mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 157
Join date : 15.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Sombrero on Sun Aug 05, 2012 2:33 pm

@mang kok wrote:
@hamba tuhan wrote:kalo menurut saya yg bodoh ini dan yg saya yakini dgn haqqul yakin....

Ibn al Mu’allim al Qurasyi (W. 725 H) menyebutkan dalam karyanya Najm al Muhtadi menukil perkataan al Imam al Qadli Najm ad-Din dalam kitabnya Kifayah an-Nabih …fi Syarh at-Tanbih bahwa ia menukil dari al Qadli Husayn (W. 462 H) bahwa al Imam asy-Syafi’I menyatakan kekufuran orang yang meyakini bahwa Allah duduk di atas ‘arsy dan tidak boleh shalat (makmum) di belakangnya.

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Allah ada pada azal (keberadaan tanpa permulaan) dan belum ada sesuatupun selain-Nya”. (H.R. al Bukhari, al Bayhaqi dan Ibn al Jarud).

Makna hadits ini bahwa Allah ada pada azal (keberadaan tanpa permulaan), tidak ada sesuatu (selain-Nya) bersama-Nya. Pada azal belum ada angin, cahaya, kegelapan, ‘Arsy, langit, manusia, jin, malaikat, waktu, tempat dan arah. Maka berarti Allah ada sebelum terciptanya tempat dan arah, maka Ia tidak membutuhkan kepada keduanya dan Ia tidak berubah dari semula, yakni tetap ada tanpa tempat dan arah, karena berubah adalah ciri dari sesuatu yang baru (makhluk).......
berarti tuhan islam tidak ada didalam arsy ya bung? banyak tuh muslim yg tersesat ketika ditanya dimana tuhannya. ada yg jawab dilangit (emang bintang dilangit) ada yg jawab di arsy, dan ketika ditanya arsy itu dimana, eh balik lagi arsy itu dilangit yg tinggi (jadi ingat lagu favorit saya waktu TK)
Arsy' memang tempat yang tertinggi, apalagi kalau bukan langit? makanya, cukup dijawab arsy' letaknya dilangit, itu sudah betul, karena.... Bagaimana gue mau menjawab Arsy' kalau yang gue hadapi penyembah Manusia? apakah penyembah manusia tahu soal Arsy' ?

Mereka tidak mengenal semua alam milik Tuhan, cuma satu yang mereka kenal, yaitu SORGA, karena Tuhannya ada disana bertiga !




Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 16
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: 'Arsy tempat berdiamnya ALLAH SWT..??

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik