FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

dari monotheis ke trinitas

Halaman 10 dari 10 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

dari monotheis ke trinitas

Post by keroncong on Mon Jan 16, 2012 3:39 pm

First topic message reminder :

Tahun 12 M Tersurat dalam Yohanes 20:17 ... "Aku naik kepada
Bapaku dan Bapamu, dan kepada Tuhanku dan Tuhanmu."

57 M Paulus menulis "Tiada ada Allah lain, melainkan
Yang Satu Bagi kita hanya ada satu Allah,
Sang Bapa, dan satu Yesus Kristus."

96 M Clement I (Clemens Romanus), 88 - 97, uskup Roma,
menulis "Kristus diutus oleh Tuhan dan para apostel
(rasul) diutus oleh Kristus."

120 M Rukun Iman para apostel (Apostles' Creed) mulai
dikenal Gereja. Bunyinya "Saya percaya akan Allah,
Sang Bapa Yang Maha Kuasa."

150 M Justin Martyr (juga dikenal dengan Justinus si Ahli
Filsafah), kelahiran Syikhem di Palestina, 100 - 165,
dengan ajaran Platonisme mulai merusak kesederhanaan
Nasrani. Beliau adalah guru-besar Platonisme dan
kemudian masuk Kristen tanpa membuang Platonisme,
sebab perpaduan maka beliau dihukum mati.

170 M Kata "Trias" pertama kali terdapat dalam literatur
Nasara.

200 M Kata "Trinitas" pertama kali digunakan oleh
Tertullianus, seorang penulis tarikh gereja.

230 M Origines gelar Adamantios, kelahiran Iskandaria
185-254, bapa Gereja, dan penulis Gereja, menentang
doa-doa ditujukan kepada Kristus.

260 M Sabellius, guru Nasrani, mengajar: Sang Bapa,
Sang Putera dan Roh Kudus adalah tiga nama untuk
Tuhan yang sama.

300 M Bentuk Trinitas dan doa belum dikenal Gereja.

310 M Lactantius Firmianus, bapa Gereja, menulis "Kristus
tidak pernah menamakan dirinya Tuhan."

320 M Eusebius, ahli tarikh Gereja dan uskup Caesarea,
dan kawan Arius 260 - 340, menulis "Kristus mengajar
kita untuk menamakan bapanya Tuhan yang benar dan
untuk beribadat kepadaNya."

325 M Muktamar Iznik (Nicene Council) bersepakat menamakan
Kristus "Allah dari Allah, Tuhan benar dari Tuhan
benar."

350 M Pertentangan-pertentangan hebat dalam Gereja perihal
ajaran Trinitas.

370 M Doxology (puja-puji) bagi Sang Bapa, Sang Putera dan
Roh Kudus, disusun dan disesalkan sebagai suatu
bid'ah (novelty).

381 M Muktamar Konstantinopel (kini Istambul)
menyempurnakan ajaran "tiga oknum dalam satu Tuhan."

383 M Kaisar Theodosius I Agung (379-395) mengancam akan
menghukum semua yang tidak percaya dan tidak ibadat
terhadap Trinitas.

496 M Firman Paus Gelasius I (492-496) menghukum Injil
Barnabas. Barnabas adalah pembina jemaah
di Antakia (Antiok).

TRINITAS tidak ada dalam Bible. Trinitas merupakan synthesis
yang dihasilkan oleh Gereja. Hubungan dengan Trinitas dari
bangsa-bangsa kafir yang melahirkan Trinitas faham Gereja.
Perpaduan ini memudahkan Gereja menasranikan bangsa-bangsa
jahiliyah (kafir) yang bertrinitas. Prof. Dr. G.J. Vossius
[18] menerangkan bahwa Trinitasnya:

Orang-orang Indian Amerika: OTKON, MESSOU dan ATAHAUATA.

Orang-orang Hindu: BRAHMA, VISYNU dan SIVA, yang dirupakan
satu badan berkepala tiga.

Orang-orang Mesir Kuna: EICTON, CNEPH (DEMIURGUS) dan PHTHA
atau PTAH.

Bangsa-bangsa Greka (Yunani):

a)Orpheus: PHANES, URANOS dan KRONOS.

b)Plato: AGATHON, NOUS dan PSUCHE.

c)Pythagoras: MONAD, NOUS dan PSUCHE.

Orang-orang Parsi: OROMASDES. MITHRAS dan ARIMENES

Orang-orang Rumawi Kuna: JUPITER, MINERVA dan JUNO, Amor ac
Delicium, Jovis, yaitu Roh Suci.

Orang-orang Skandinavia (Norse, Anglo-Saxon, Jerman). ODIN
(OTHIN atau WODAN), HAENIR dan LODUR.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: dari monotheis ke trinitas

Post by oglikom on Thu Feb 28, 2013 11:13 am

@suara hati wrote:
@oglikom wrote:
Maksudnya bagaimana hakikat nya ?
Apakah ketiga tiga nya beol ? atau ketiga tiga nya tidak beol ? Apa dasar jawaban mu ? Saya tunggu jawaban...

Pertanyaan anak kecil...hehehehe.
Pertanyaan yang ga berani dijawab oleh netter Kristen.

Namanya saja pertanyaan anak kecil di beri gula-gula atau permen yang ditauhidkan sudah DIAM....hehehe.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Thu Feb 28, 2013 11:15 am

@aliumar wrote:
Kamu kan dulu juga menelaah "PROSES" kan. Nah sekarang mari kita bahas perihal "proses", apakah sama prosesnya antara Isa dan Adam? Ternyata TIDAK tuh.
Saya tidak pernah menelaah PROSES, itu hanya klaim anda saja ke saya...saya hanya melihat konsekwensi logis dari suatu pengandaian dan dihubungkan dengan 'klausul' di PL dan atau PB.

@aliumar wrote:
Ternyata untuk perihal "PROSES", ternyata Isa TIDAK SEPERTI Adam. Jadi kalau begitu alquran juga seenaknya membandingkan penciptaan nabi Isa SEPERTI nabi Adam (Qs 3:59).
Saya tidak menilai PROSES, itu hanya klaim anda...saya memakai istilah fotocopy dan jilid yang lebih menekankan sebagai 'kata benda' ...dan bukan 'memfoto copy' yang cenderung berhubungan dengan proses...

Allah adalah maha pencipta, walaupun dalam hal ini melalui proses yang 'di luar kebiasaan hukum alam'...kata kuncinya adalah maha pencipta, maha kuasa dan sebagainya...

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Thu Feb 28, 2013 11:20 am

@oglikom wrote:
Namanya saja pertanyaan anak kecil di beri gula-gula atau permen yang ditauhidkan sudah DIAM....hehehe

Maksudnya bagaimana hakikat nya ?
Apakah ketiga tiga nya beol ? atau ketiga tiga nya tidak beol ? Apa dasar jawaban mu ?

Ayo kalau berani turun ke lapangan...pertimbangkan juga bahwa menurut PL tuhan itu segambar dengan kita...

Saya tunggu jawaban...




suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by oglikom on Thu Feb 28, 2013 11:34 am

@suara hati wrote:
@oglikom wrote:
Namanya saja pertanyaan anak kecil di beri gula-gula atau permen yang ditauhidkan sudah DIAM....hehehe

Maksudnya bagaimana hakikat nya ?
Apakah ketiga tiga nya beol ? atau ketiga tiga nya tidak beol ? Apa dasar jawaban mu ?

Ayo kalau berani turun ke lapangan...pertimbangkan juga bahwa menurut PL tuhan itu segambar dengan kita...

Saya tunggu jawaban...
Tapi tolong jangan pake sunat tuliusan orang.

Ini namanya mundur lagi......tapi sebelumnya bahan pertimbangan anda dari PL saya luruskan dulu ""Baiklah KITA menjadikan manusia menurut gambar dan rupa KITA", .

Jadi manusia itu menurut gambar dan rupa Tuhan bukan Tuhan menurut gambar dan rupa kita manusia, paham.

Jangan malas belajar entar saya beri permen lagi, janji.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Bajing Ireng on Thu Feb 28, 2013 12:46 pm

@oglikom wrote:
@suara hati wrote:
@oglikom wrote:
Namanya saja pertanyaan anak kecil di beri gula-gula atau permen yang ditauhidkan sudah DIAM....hehehe

Maksudnya bagaimana hakikat nya ?
Apakah ketiga tiga nya beol ? atau ketiga tiga nya tidak beol ? Apa dasar jawaban mu ?

Ayo kalau berani turun ke lapangan...pertimbangkan juga bahwa menurut PL tuhan itu segambar dengan kita...

Saya tunggu jawaban...
Tapi tolong jangan pake sunat tuliusan orang.

Ini namanya mundur lagi......tapi sebelumnya bahan pertimbangan anda dari PL saya luruskan dulu ""Baiklah KITA menjadikan manusia menurut gambar dan rupa KITA", .

Jadi manusia itu menurut gambar dan rupa Tuhan bukan Tuhan menurut gambar dan rupa kita manusia, paham.

Jangan malas belajar entar saya beri permen lagi, janji.

Benar-benar mantap tuh ayat bung Oglic...gambar dan rupa manusia diambil dari rupa Tuhan..memang rupa tuhan kristen tuh kayak mana ya..?? ehmm

Bajing Ireng
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 138
Location : Jambi
Join date : 18.10.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Thu Feb 28, 2013 2:26 pm

@oglikom wrote:
Ini namanya mundur lagi......tapi sebelumnya bahan pertimbangan anda dari PL saya luruskan dulu ""Baiklah KITA menjadikan manusia menurut gambar dan rupa KITA", .
Jadi manusia itu menurut gambar dan rupa Tuhan bukan Tuhan menurut gambar dan rupa kita manusia, paham.
Kalau main silat lidah...boleh lah kamu dapat sabuk hitam...Trus bagaimana menurut 'jurus silat lidah'.

Putera makan dan punya mulut sebagaimana layaknya manusia biasa...menurut jurus silat lidah bagaiamana tuhan itu ? makan minum juga atau bagaimana ? Ditunggu...

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by oglikom on Thu Feb 28, 2013 5:14 pm

@suara hati wrote:
@oglikom wrote:
Ini namanya mundur lagi......tapi sebelumnya bahan pertimbangan anda dari PL saya luruskan dulu ""Baiklah KITA menjadikan manusia menurut gambar dan rupa KITA", .
Jadi manusia itu menurut gambar dan rupa Tuhan bukan Tuhan menurut gambar dan rupa kita manusia, paham.
Kalau main silat lidah...boleh lah kamu dapat sabuk hitam...Trus bagaimana menurut 'jurus silat lidah'.

Putera makan dan punya mulut sebagaimana layaknya manusia biasa...menurut jurus silat lidah bagaiamana tuhan itu ? makan minum juga atau bagaimana ? Ditunggu...
Oke, saya test dulu biar naik lepel sebelum saya jawab.

-"Hati yang KAYA", apakah mungkin hati bisa bergelimang HARTA ?
-"Hatinya TERBAKAR", apakah mungkin hati penuh dengan API ?

Tolong jawab dua pertanyaan diatas dengan YA atau TIDAK .

Setelah melihat jawaban anda saya akan dengan senang hati menjelaskan semua pertanyaan yang diajukan.


oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by aliumar on Thu Feb 28, 2013 5:33 pm

Saya tidak pernah menelaah PROSES, itu hanya klaim anda saja ke saya...saya hanya melihat konsekwensi logis dari suatu pengandaian dan dihubungkan dengan 'klausul' di PL dan atau PB.
Tetap saja utk KLAUSUL proses pembentukan, ternyata proses pembentukan nabi Isa TIDAK SEPERTI nabi Adam.

Ingat, kamu kan berprinsip, jangan sepenggal2, harus tahan uji semua Klausul.

Nah ternyata untuk kasus nabi adam dan nabi Isa, ternyata TIDAK tahan uji terhadap SEMUA KLAUSULnya, krn utk KLAUSUL proses pembentukan, ternyata proses pembentukan nabi Isa TIDAK SEPERTI nabi Adam. Dan, kamu ternyata juga memenggal2 dengan HANYA melihat kesamaan pada aspek "kun" nya saja...hahaha...kelihatan sekali kamu ga konsisten...

OK, silahkan yang lain melanjutkan diskusi dgn org yg ga konsisten yg satu ini, hehehe....


Terakhir diubah oleh aliumar tanggal Thu Feb 28, 2013 5:36 pm, total 1 kali diubah

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by oglikom on Thu Feb 28, 2013 5:35 pm

Oke bro ane paling suka yang model beginian.....

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by aliumar on Fri Mar 01, 2013 8:57 am

Oke bro ane paling suka yang model beginian.....
usil

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Mar 01, 2013 9:39 am

@aliumar wrote:
Ingat, kamu kan berprinsip, jangan sepenggal2, harus tahan uji semua Klausul.
Nah ternyata untuk kasus nabi adam dan nabi Isa, ternyata TIDAK tahan uji terhadap SEMUA KLAUSULnya, krn utk KLAUSUL proses pembentukan, ternyata proses pembentukan nabi Isa TIDAK SEPERTI nabi Adam. Dan, kamu ternyata juga memenggal2 dengan HANYA melihat kesamaan pada aspek "kun" nya saja...hahaha...kelihatan sekali kamu ga konsisten...
Klausul mana yang tidak konsisten dengan klausul "Tuhan maha pencipta" ?
-Adam tercipta dari tanah....klausul maha pencipta
-Putera hadir tanpa pembuahan sperma....klausul maha pencipta
-Adam dan nabi Isa terjadi dengan proses berbeda...apakah ini berlawanan dengan klausul tuhan pencipta ?

Bisa kamu sebutkan klausul mana yang tidak sesuai dengan klausul maha pencipta...sebutkan saja 2000 klausul atau lebih...lihat sendiri...cocok gak dengan klausul maha pencipta.

Tapi...Tuhan tidak mungkin menciptakan hal yang salah secara logika...misalnya menciptakan trinitas...menciptakan 1+12= 329 milyar...

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Mar 01, 2013 9:45 am

@oglikom wrote:
Oke, saya test dulu biar naik lepel sebelum saya jawab.

-"Hati yang KAYA", apakah mungkin hati bisa bergelimang HARTA ?
-"Hatinya TERBAKAR", apakah mungkin hati penuh dengan API ?

Tolong jawab dua pertanyaan diatas dengan YA atau TIDAK .
Saya tidak mau berbalas pantun...
Toh pertanyaan saya itu sebenarnya "pertanyaan hati kecil anda yang terdalam"...
Jawab aja langsung...tapi kalau gak mau jawab atau pikir pikir silakan saja.

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by SEGOROWEDI on Fri Mar 01, 2013 10:18 am


ada 3 jilid/eksemplar quran di atas meja..
jumlah quran ada berapa?


tidak monoteis itu bila:
ada yang disahadati selain Tuhan
ada yang dijunjung-junjng selain Tuhan
ada umat yang menjunjung-junjung selain Tuhan


silakan ditanggapi!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Mar 01, 2013 10:37 am

@SEGOROWEDI wrote:
ada 3 jilid/eksemplar quran di atas meja..
jumlah quran ada berapa?
Jawab nya :
Isi Quran nya 1...jumlah jilid 3...trus kenapa ?

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by SEGOROWEDI on Fri Mar 01, 2013 11:07 am

@suara hati wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
ada 3 jilid/eksemplar quran di atas meja..
jumlah quran ada berapa?
Jawab nya :
Isi Quran nya 1...jumlah jilid 3...trus kenapa ?

Tuhan-nya 1...... wujudnya 3.... gimana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Mar 01, 2013 11:15 am

@SEGOROWEDI wrote:
Tuhan-nya 1...... wujudnya 3.... gimana?
Iya...isi nya juga sama...yang jilid A,B dan C bisa saling dipertukarkan...sebab isinya sama..

Putera dan bapa tidak bisa saling dipertukarkan karena isi dan wewenang berbeda...jadi pengandaian yang tidak tepat.

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by SEGOROWEDI on Fri Mar 01, 2013 11:25 am


Isi = Tuhan (1)
eksemplar/jilid = sosok/wujud (3)

kok tukar-menukar gimana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Mar 01, 2013 2:11 pm

@SEGOROWEDI wrote:
Isi = Tuhan (1)
eksemplar/jilid = sosok/wujud (3)
kok tukar-menukar gimana?
Begini...anggap jilid yang 3 itu adalah A,B dan C
Jilid A dipakai si Amir
Jilid B bisa juga dipakai si Amir...iya kan? Karena isi nya sama !

Nah
Bisa kah saya katakan bahwa bapa menetek ke Maria ? Tidakkan.

Jadi : pengandaian buku tidak sama dengan prinsip trinitas sebab buku atau jilid bisa ditukar tukar...bapa dan anak tidak bisa.


suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by oglikom on Sun Mar 03, 2013 9:27 pm

@suara hati wrote:
@oglikom wrote:
Oke, saya test dulu biar naik lepel sebelum saya jawab.

-"Hati yang KAYA", apakah mungkin hati bisa bergelimang HARTA ?
-"Hatinya TERBAKAR", apakah mungkin hati penuh dengan API ?

Tolong jawab dua pertanyaan diatas dengan YA atau TIDAK .
Saya tidak mau berbalas pantun...
Toh pertanyaan saya itu sebenarnya "pertanyaan hati kecil anda yang terdalam"...
Jawab aja langsung...tapi kalau gak mau jawab atau pikir pikir silakan saja.
Ini namanya sok tahu tentang hati kecil orang lain, Alloh saja memakai jasa iblis untuk membuktikan "hati kecil" para penyembahnya.
Saya mau saja menjawab kalau memang orang yang mengajukan pertanyaan sedikit "berotak" untuk mencernanya, seperti bisa membedakan ROH dan JASAD.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 04, 2013 12:12 pm

@suara hati wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
Isi = Tuhan (1)
eksemplar/jilid = sosok/wujud (3)
kok tukar-menukar gimana?
Begini...anggap jilid yang 3 itu adalah A,B dan C
Jilid A dipakai si Amir
Jilid B bisa juga dipakai si Amir...iya kan? Karena isi nya sama !

Nah
Bisa kah saya katakan bahwa bapa menetek ke Maria ? Tidakkan.

Jadi : pengandaian buku tidak sama dengan prinsip trinitas sebab buku atau jilid bisa ditukar tukar...bapa dan anak tidak bisa.

sama-sama quran, tidak berarti quran ada 3 kan?
sama-sama Tuhan, tidak berarti Tuhan ada 3 kan?


SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by sungokong on Thu May 09, 2013 12:47 pm




------------------------------------------------------------
BAGAIMANA DOKTRIN TRITUNGGAL BERKEMBANG?
------------------------------------------------------------

SAMPAI di sini saudara mungkin bertanya: 'Jika Tritunggal
bukan ajaran Alkitab, bagaimana itu menjadi doktrin Susunan
Kristen?' Banyak orang berpikir bahwa ini dirumuskan pada
Konsili di Nicea pada tahun 325 M.

Tetapi, hal itu tidak sepenuhnya tepat. Konsili Nicea memang
meneguhkan bahwa Kristus adalah dari zat yang sama seperti
Allah, dan hal ini menjadi fondasi untuk teologi Tritunggal
di kemudian hari. Tetapi konsili ini tidak menyusun
Tritunggal, karena dalam konsili itu sama sekali tidak
disebutkan mengenai roh kudus sebagai pribadi ketiga dari
suatu Keilahian tiga serangkai.

Peranan Konstantin di Nicea
------------------------------------------------------------

SELAMA bertahun-tahun, ada banyak tentangan atas dasar
Alkitab terhadap gagasan yang makin berkembang bahwa Yesus
adalah Allah. Dalam upaya untuk mengakhiri pertikaian itu,
penguasa Roma Konstantin memanggil semua uskup ke Nicea.
Yang hadir kira-kira 300, sebagian kecil dari jumlah
keseluruhan.

Konstantin bukan seorang Kristen. Menurut dugaan, ia
belakangan ditobatkan, tetapi baru dibaptis pada waktu
sedang terbaring sekarat. Mengenai dirinya, Henry Chadwick
mengatakan dalam The Early Church: "Konstantin, seperti
bapanya, menyembah Matahari Yang Tidak Tertaklukkan;...
pertobatannya hendaknya tidak ditafsirkan sebagai pengalaman
kerelaan yang datang dari batin... Ini adalah masalah
militer. Pengertiannya mengenai doktrin Kristen tidak pernah
jelas sekali, tetapi ia yakin bahwa kemenangan dalam
pertempuran bergantung pada karunia dari Allah orang-orang
Kristen."

Peranan apa yang dimainkan oleh kaisar yang tidak dibaptis
ini di Konsili Nicea? Encyclopaedia Britannica menceritakan:
"Konstantin sendiri menjadi ketua, dengan aktif memimpin
pertemuan dan secara pribadi mengusulkan... rumusan penting
yang menyatakan hubungan Kristus dengan Allah dalam kredo
yang dikeluarkan oleh konsili tersebut, 'dari satu zat
dengan Bapa'... Karena sangat segan terhadap kaisar, para
uskup, kecuali dua orang saja, menandatangani kredo itu,
kebanyakan dari mereka dengan sangat berat hati."

Karena itu, peran Konstantin penting sekali. Setelah dua
bulan debat agama yang sengit, politikus kafir ini campur
tangan dan mengambil keputusan demi keuntungan mereka yang
mengatakan bahwa Yesus adalah Allah. Tetapi mengapa? Pasti
bukan karena keyakinan apapun dari Alkitab. "Konstantin pada
dasarnya tidak mengerti apa-apa tentang
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam teologi Yunani,"
kata A Short History of Christian Doctrine. Yang ia tahu
adalah bahwa perpecahan agama merupakan ancaman bagi
kekaisarannya, dan ia ingin memperkuat wilayah kekuasaannya.

Namun, tidak seorang uskup pun di Nicea mengusulkan suatu
Tritunggal. Mereka hanya memutuskan sifat dari Yesus tetapi
bukan peranan roh kudus. Jika suatu Tritunggal merupakan
kebenaran Alkitab yang jelas, tidakkah mereka seharusnya
mengusulkannya pada waktu itu?

Perkembangan Selanjutnya
------------------------------------------------------------

SETELAH Konsili Nicea, perdebatan mengenai pokok ini terus
berlangsung selama puluhan tahun. Mereka yang percaya bahwa
Yesus tidak setara dengan Allah bahkan mendapat angin lagi
untuk beberapa waktu. Namun belakangan, Kaisar Theodosius
mengambil keputusan menentang mereka. Ia meneguhkan kredo
dari Konsili Nicea sebagai standar untuk daerahnya dan
mengadakan Konsili Konstantinopel pada tahun 381 M. untuk
menjelaskan rumus tersebut.

Konsili tersebut menyetujui untuk menaruh roh kudus pada
tingkat yang sama dengan Allah dan Kristus. Untuk pertama
kali, Tritunggal Susunan Kristen mulai terbentuk dengan
jelas.

Tetapi, bahkan setelah Konsili Konstantinopel, Tritunggal
tidak menjadi kredo yang diterima secara luas. Banyak orang
menentangnya dan karena itu mengalami penindasan yang kejam.
Baru pada abad-abad belakangan Tritunggal dirumuskan dalam
kredo-kredo yang tetap. The Encyclopedia Americana
mengatakan: "Perkembangan penuh dari ajaran Tritunggal
terjadi di Barat, pada pengajaran dari Abad Pertengahan,
ketika suatu penjelasan dari segi filsafat dan psikologi
disetujui."

Kredo Athanasia
------------------------------------------------------------

TRITUNGGAL didefinisikan lebih lengkap dalam Kredo
Athanasia. Athanasius adalah seorang pendeta yang mendukung
Konstantin di Nicea. Kredo yang memakai namanya berbunyi:
"Kami menyembah satu Allah dalam Tritunggal... sang Bapa
adalah Allah, sang Anak adalah Allah, dan Roh Kudus adalah
Allah; namun mereka bukan tiga allah, tetapi satu Allah."

Tetapi, para sarjana yang mengetahui benar masalahnya setuju
bahwa Athanasius tidak menyusun kredo ini. The New
Encyclopasdia Britannica mengomentari: "Kredo itu baru
dikenal oleh Gereja Timur pada abad ke-12. Sejak abad ke-17,
para sarjana pada umumnya setuju bahwa Kredo Athanasia tidak
ditulis oleh Athanasius (meninggal tahun 373) tetapi mungkin
disusun di Perancis Selatan pada abad ke-5... Pengaruh kredo
itu tampaknya terutama ada di Perancis Selatan dan Spanyol
pada abad ke-6 dan ke-7. Ini digunakan dalam liturgi gereja
di Jerman pada abad ke-9 dan kira-kira tidak lama setelah
itu di Roma."

Jadi dibutuhkan waktu berabad-abad sejak zaman Kristus bagi
Tritunggal untuk dapat diterima secara luas dalam Susunan
Kristen. Dan dalam semua hal tersebut, apa yang membimbing
keputusan-keputusannya? Apakah Firman Allah, atau apakah
pertimbangan para pendeta dan politik? Dalam Origin and
Evolution of Religion, E. W. Hopkins menjawab: "Definisi
ortodoks yang terakhir dari tritunggal sebagian besar adalah
masalah politik gereja."

Kemurtadan Dinubuatkan
------------------------------------------------------------

SEJARAH yang tidak baik dari Tritunggal ini cocok dengan apa
yang Yesus dan rasul-rasulnya nubuatkan akan terjadi setelah
zaman mereka. Mereka mengatakan bahwa akan ada kemurtadan,
penyelewengan, penyimpangan dari ibadat sejati sampai
kembalinya Kristus, yaitu saat ibadat sejati akan dipulihkan
sebelum hari manakala Allah membinasakan sistem
perkara-perkara ini tiba.

Mengenai "Hari" itu, rasul Paulus mengatakan: "Sebelum Hari
itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan
dahulu manusia durhaka. " (2 Tesalonika 2: 3, 7) Belakangan,
ia menubuatkan: "Sesudah aku pergi, serigala-serigala yang
ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan
menyayangkan kawanan itu. Bahkan dari antara kamu sendiri
akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka
berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan
supaya mengikut mereka." (Kisah 20:29, 30) Murid-murid Yesus
yang lain juga menulis mengenai kemurtadan ini dengan
golongan pendetanya yang "durhaka."-Lihat, misalnya, 2
Petrus 2: 1; 1 Yohanes 4:1-3; Yudas 3, 4.

Paulus juga menulis: "Akan datang waktunya, orang tidak
dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan
mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan
keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya
dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng." -2 Timotius
4:3, 4.

Yesus sendiri menjelaskan siapa yang ada di balik kemurtadan
dari ibadat sejati. Ia mengatakan bahwa ia telah menabur
benih yang baik tetapi musuhnya, Setan, akan menabur lalang
di ladang. Maka ketika muncul tunas pertama dari gandum,
muncul juga lalang. Jadi, penyimpangan dari Kekristenan
sejati harus diharapkan terjadi sampai tiba musim menuai,
pada waktu Kristus akan membereskan perkara-perkara. (Matius
13:24-43) The Encyclopedia Americana mengomentari: "Ajaran
Tritunggal dari abad ke-4 tidak dengan saksama mencerminkan
ajaran Kristen yang mula-mula mengenai sifat Allah;
sebaliknya, ini adalah penyimpangan dari ajaran tersebut."
Maka, dari mana asalnya penyimpangan ini?-1 Timotius 1: 6

Apa yang Mempengaruhi Hal Itu
------------------------------------------------------------

DI SELURUH dunia zaman purba, di Babel dulu, jibadat kepada
dewa-dewa kafir yang dikelompokkan dalam tiga serangkai,
sangat umum. Pengaruh itu juga umum di Mesir, Yunani, dan
Roma pada abad-abad sebelum, selama, dan setelah Kristus.
Dan setelah rasul-rasul meninggal, kepercayaan kafir
tersebut menyusup ke dalam Kekristenan.

Sejarawan Will Durant mengatakan: "Kekristenan tidak
memusnahkan kekafiran; ia menerimanya... Dari Mesir datang
gagasan mengenai trinitas ilahi." Dan dalam buku Egyptian
Religion, Siegfried Morenz berkata: "Tritunggal merupakan
hal yang terutama menyita perhatian para teolog Mesir...
Tiga allah digabung dan diperlakukan seperti satu pribadi
tunggal, disapa dalam bentuk tunggal. Dengan cara ini
kekuatan rohani dari agama Mesir memperlihatkan hubungan
yang langsung dengan teologi Kristen."

Jadi, di Aleksandria, Mesir, tokoh-tokoh gereja dari akhir
abad ketiga dan permulaan abad keempat, seperti Athanasius,
memperlihatkan pengaruh ini pada waktu mereka merumuskan
ide-ide yang mengarah kepada Tritunggal. Pengaruh mereka
sendiri meluas, sehingga Morenz menganggap "teologi
Aleksandria sebagai penghubung antara warisan agama Mesir
dan Kekristenan."

Dalam kata pengantar buku History of Christianity dari
Edward Gibbon, kita membaca: "Jika Kekafiran ditaklukkan
oleh Kekristenan, halnya juga benar bahwa Kekristenan telah
dirongrong oleh Kekafiran. Keilahian yang murni dari
orang-orang Kristen yang mula-mula... diubah, oleh Gereja
Roma, menjadi dogma trinitas yang tidak dapat dimengerti.
Banyak dari kepercayaan kafir, yang diciptakan oleh
orang-orang Mesir dan diidealkan oleh Plato, dipertahankan
sebagai sesuatu yang patut dipercayai."

A Dictionary of Religious Knowledge menyatakan bahwa
Tritunggal "adalah suatu penyelewengan yang dipinjam dari
agama-agama kafir, dan dicangkokkan ke dalam iman Kristen."
Dan The Paganism in Our Christianity berkata: "Asal usul
[Tritunggal] seluruhnya kafir."

Itu sebabnya, dalam Encyclopedia of Religion and Ethics,
James Hastings menulis: "Dalam agama di India, misalnya,
kita temukan kelompok tiga serangkai Brahma, Syiwa, dan
Wisnu; dan dalam agama Mesir kelompok tiga serangkai Osiris,
Isis, dan Horus... Bukan hanya dalam agama-agama dalam
sejarah, kita temukan Allah dianggap sebagai suatu
Tritunggal. Kita khususnya dapat mengingat pandangan
Neo-Platonik mengenai Realitas yang Paling Tinggi," yang
"diwakili secara tiga serangkai." Apa hubungan antara filsuf
Yunani Plato dengan Tritunggal?

Platonisme
------------------------------------------------------------

PLATO, menurut perkiraan, hidup dari tahun 428 sampai 347
sebelum Kristus. Meskipun ia tidak mengajarkan Tritunggal
dalam bentuknya yang sekarang, filsafatnya membuka jalan
untuk itu. Belakangan, gerakan filsafat yang mencakup
kepercayaan kepada kelompok-kelompok tiga serangkai
bermunculan, dan semua ini dipengaruhi oleh gagasan Plato
mengenai Allah dan alam.

Nouveau Dictionnaire Universel (Kamus Universal Baru) bahasa
Perancis mengatakan mengenai pengaruh dari Plato:
"Tritunggal menurut Plato, yang sebenarnya hanyalah
penyusunan kembali dari tritunggal-tritunggal yang lebih tua
dan berasal dari orang-orang zaman dulu, tampaknya merupakan
tritunggal yang rasional dan filosofis dari sifat-sifat yang
melahirkan ketiga hypostase (zat) atau pribadi ilahi yang
diajarkan oleh gerejagereja Kristen... Konsep filsuf Yunani
mengenai trinitas ilahi ini... dapat ditemukan dalam semua
agama [kafir] kuno."

The New Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge
memperlihatkan pengaruh dari filsafat Yunani ini: "Doktrin
mengenai Logos dan Tritunggal menerima bentuknya dari
Bapa-Bapa Yunani, yang... sangat dipengaruhi, secara
langsung atau tidak langsung, oleh filsafat Plato... Bahwa
kesalahan dan kerusakan menyusup ke dalam Gereja dari sumber
ini tidak dapat disangkal."

The Church of the First Three Centuries mengatakan: "Doktrin
Tritunggal dibentuk secara bertahap dan baru belakangan
terhitung;... ia berasal dari sumber yang sama sekali tidak
dikenal dalam Kitab-Kitab Suci Yahudi maupun Kristen;... ia
tumbuh, dan dicangkokkan ke dalam Kekristenan, melalui
tangan Bapa-Bapa pengikut Plato."

Menjelang akhir abad ketiga M., "Kekristenan" dan filsafat
Plato yang baru, berpadu secara tidak terpisahkan.
Sebagaimana dinyatakan Adolf Harnack dalam Outlines of the
History of Dogma, doktrin gereja kemudian "berakar dengan
kuat di tanah Hellenisme [paham Yunani kafir]. Dengan
demikian ini menjadi suatu misteri bagi bagian terbesar dari
orang-orang Kristen."

Gereja mengaku bahwa doktrin-doktrin barunya didasarkan atas
Alkitab. Namun Harnack mengatakan: "Dalam kenyataan di
kalangannya sendiri [gereja] mengesahkan spekulasi Hellenik,
pandangan dan kebiasaan takhyul dari ibadat kafir yang
bersifat misteri."

Dalam buku A Statement of Reasons, Andrews Norton menyatakan
tentang Tritunggal: "Kita dapat menelusuri sejarah doktrin
ini dan menemukan sumbernya, bukan dalam wahyu Kristen,
melainkan dalam filsafat Plato... Tritunggal bukan doktrin
dari Kristus dan Rasul-Rasulnya, melainkan suatu fiksi dari
sekolah para pengikut Plato."

Jadi, pada abad keempat M., kemurtadan yang dinubuatkan oleh
Yesus dan para rasul mulai berkembang penuh. Perkembangan
dari Tritunggal hanya satu bukti dari ini. Gereja-gereja
yang murtad juga mulai menganut gagasan kafir lain, seperti
api neraka, kekekalan jiwa, dan penyembahan berhala. Secara
rohani, Susunan Kristen telah memasuki abad-abad
kegelapannya yang telah dinubuatkan, dikuasai oleh golongan
pendeta "manusia durhaka" yang terus bertambah besar.-2
Tesalonika 2:3, 7.

Mengapa Nabi-Nabi Allah Tidak Mengajarkannya?
------------------------------------------------------------

MENGAPA, selama ribuan tahun, tidak seorang pun dari
nabi-nabi Allah mengajarkan umat-Nya mengenai Tritunggal?
Pada kesempatan terakhir, tidakkah Yesus akan menggunakan
kecakapannya sebagai Guru Agung untuk menjelaskan Tritunggal
kepada para pengikutnya? Apakah Allah akan mengilhami
ratusan halaman dari Alkitab namun tidak menggunakan
pengajaran ini untuk mengajarkan Tritunggal jika hal itu
memang "doktrin utama" dari iman?

Apakah orang-orang Kristen harus percaya bahwa berabad-abad
setelah Kristus dan setelah mengilhami penulisan Alkitab,
Allah akan mendukung perumusan suatu doktrin yang tidak
dikenal oleh hamba-hamba-Nya selama ribuan tahun, doktrin
yang merupakan "misteri yang tidak dapat dimengerti" "di
luar jangkauan akal manusia," doktrin yang diakui mempunyai
latar belakang kafir dan "sebagian besar adalah masalah
politik gereja?"

Bukti dari sejarah sudah jelas: Ajaran Tritunggal adalah
penyimpangan dari kebenaran, kemurtadan darinya.
avatar
sungokong
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 154
Kepercayaan : Islam
Location : gunung hwa kwou
Join date : 04.05.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by SEGOROWEDI on Thu May 09, 2013 12:51 pm


trinitas itu monoteis
sebab Bapa = Putera = Roh Kudus

yang politeis itu kalau..
- yang disahadati > 1
- ada yang dijunjung selain tuhan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by roswan on Mon Feb 03, 2014 11:58 pm

sama kok yang satu bisa mati dan dilahirkan oleh manusia :D

dan roh kudus itu siapa? anaknya nabi Isa? cucunya tuhan bapa donk :D

haaa haaa haaa haaah
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 10 dari 10 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik