FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

dari monotheis ke trinitas

Halaman 4 dari 10 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

dari monotheis ke trinitas

Post by keroncong on Mon Jan 16, 2012 3:39 pm

First topic message reminder :

Tahun 12 M Tersurat dalam Yohanes 20:17 ... "Aku naik kepada
Bapaku dan Bapamu, dan kepada Tuhanku dan Tuhanmu."

57 M Paulus menulis "Tiada ada Allah lain, melainkan
Yang Satu Bagi kita hanya ada satu Allah,
Sang Bapa, dan satu Yesus Kristus."

96 M Clement I (Clemens Romanus), 88 - 97, uskup Roma,
menulis "Kristus diutus oleh Tuhan dan para apostel
(rasul) diutus oleh Kristus."

120 M Rukun Iman para apostel (Apostles' Creed) mulai
dikenal Gereja. Bunyinya "Saya percaya akan Allah,
Sang Bapa Yang Maha Kuasa."

150 M Justin Martyr (juga dikenal dengan Justinus si Ahli
Filsafah), kelahiran Syikhem di Palestina, 100 - 165,
dengan ajaran Platonisme mulai merusak kesederhanaan
Nasrani. Beliau adalah guru-besar Platonisme dan
kemudian masuk Kristen tanpa membuang Platonisme,
sebab perpaduan maka beliau dihukum mati.

170 M Kata "Trias" pertama kali terdapat dalam literatur
Nasara.

200 M Kata "Trinitas" pertama kali digunakan oleh
Tertullianus, seorang penulis tarikh gereja.

230 M Origines gelar Adamantios, kelahiran Iskandaria
185-254, bapa Gereja, dan penulis Gereja, menentang
doa-doa ditujukan kepada Kristus.

260 M Sabellius, guru Nasrani, mengajar: Sang Bapa,
Sang Putera dan Roh Kudus adalah tiga nama untuk
Tuhan yang sama.

300 M Bentuk Trinitas dan doa belum dikenal Gereja.

310 M Lactantius Firmianus, bapa Gereja, menulis "Kristus
tidak pernah menamakan dirinya Tuhan."

320 M Eusebius, ahli tarikh Gereja dan uskup Caesarea,
dan kawan Arius 260 - 340, menulis "Kristus mengajar
kita untuk menamakan bapanya Tuhan yang benar dan
untuk beribadat kepadaNya."

325 M Muktamar Iznik (Nicene Council) bersepakat menamakan
Kristus "Allah dari Allah, Tuhan benar dari Tuhan
benar."

350 M Pertentangan-pertentangan hebat dalam Gereja perihal
ajaran Trinitas.

370 M Doxology (puja-puji) bagi Sang Bapa, Sang Putera dan
Roh Kudus, disusun dan disesalkan sebagai suatu
bid'ah (novelty).

381 M Muktamar Konstantinopel (kini Istambul)
menyempurnakan ajaran "tiga oknum dalam satu Tuhan."

383 M Kaisar Theodosius I Agung (379-395) mengancam akan
menghukum semua yang tidak percaya dan tidak ibadat
terhadap Trinitas.

496 M Firman Paus Gelasius I (492-496) menghukum Injil
Barnabas. Barnabas adalah pembina jemaah
di Antakia (Antiok).

TRINITAS tidak ada dalam Bible. Trinitas merupakan synthesis
yang dihasilkan oleh Gereja. Hubungan dengan Trinitas dari
bangsa-bangsa kafir yang melahirkan Trinitas faham Gereja.
Perpaduan ini memudahkan Gereja menasranikan bangsa-bangsa
jahiliyah (kafir) yang bertrinitas. Prof. Dr. G.J. Vossius
[18] menerangkan bahwa Trinitasnya:

Orang-orang Indian Amerika: OTKON, MESSOU dan ATAHAUATA.

Orang-orang Hindu: BRAHMA, VISYNU dan SIVA, yang dirupakan
satu badan berkepala tiga.

Orang-orang Mesir Kuna: EICTON, CNEPH (DEMIURGUS) dan PHTHA
atau PTAH.

Bangsa-bangsa Greka (Yunani):

a)Orpheus: PHANES, URANOS dan KRONOS.

b)Plato: AGATHON, NOUS dan PSUCHE.

c)Pythagoras: MONAD, NOUS dan PSUCHE.

Orang-orang Parsi: OROMASDES. MITHRAS dan ARIMENES

Orang-orang Rumawi Kuna: JUPITER, MINERVA dan JUNO, Amor ac
Delicium, Jovis, yaitu Roh Suci.

Orang-orang Skandinavia (Norse, Anglo-Saxon, Jerman). ODIN
(OTHIN atau WODAN), HAENIR dan LODUR.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Wed Feb 13, 2013 2:45 pm

duren sawit wrote:
Kalau Alloh mu TIDAK dower ... tentu TIDAK PANTAS di sebut dower
Lha kalau Alloh mu MEMANG dower ... TENTU ga ada salahnya klo ane sebut DOWER
Jawab ajahh ni :
Apa ga DOWER tuh mengatakan Tuhan Kristen = Isa dan Ibunya
Banyak sekali perbedaan pendapat dalam suatu diskusi...tapi perbedaan pendapat tidak harus bicara yang kurang pantas...semacam itu.

@oglikom wrote:
Ya, menurut sangkaan anda sajalah mau satu bisa mau dua, tiga ...sampai ratusanpun bisa.
Karena bisa dua,tiga sampai ratusan pun bisa...maka boleh saya pegang jawaban anda bahwa jumlah tuhan adalah 15 ?


suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Wed Feb 13, 2013 2:50 pm

@SEGOROWEDI wrote:
Tuhan tidak bisa dibilang..
jangan samakan dengan batu
Bung Segorowedi...
Saya bertanya...menurut anda ada berapa JUMLAH tuhan ? Saya tekan kan menurut anda berapa JUMLAH tuhan ? Anda bebas menjawab...tidak perlu terpengaruh oleh jawaban rekan anda yang mungkin berbeda..
Saya tunggu ya jawaban TEGAS nya.

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Guest on Wed Feb 13, 2013 3:23 pm

@suara hati wrote:
Karena bisa dua,tiga sampai ratusan pun bisa...maka boleh saya pegang jawaban anda bahwa jumlah tuhan adalah 15 ?

Apa OTAK MU sedemikian lemahnya tuk membedakan KALIMAT :

Jumlah WUJUD Tuhan
VS
Jumlah Tuhan

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Wed Feb 13, 2013 3:38 pm

duren sawit wrote:
Apa OTAK MU sedemikian lemahnya tuk membedakan KALIMAT :
Jumlah WUJUD Tuhan
VS
Jumlah Tuhan
Kamu juga boleh jawab..pertanyaan nya cukup jelas :
Berapa jumlah Tuhan ?

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by SEGOROWEDI on Wed Feb 13, 2013 3:40 pm

@suara hati wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
Tuhan tidak bisa dibilang..
jangan samakan dengan batu
Bung Segorowedi...
Saya bertanya...menurut anda ada berapa JUMLAH tuhan ? Saya tekan kan menurut anda berapa JUMLAH tuhan ? Anda bebas menjawab...tidak perlu terpengaruh oleh jawaban rekan anda yang mungkin berbeda..
Saya tunggu ya jawaban TEGAS nya.

sudah dijawab: Tuhan tidak bisa dibilang/dihitung kok ngeyel..
mo dihitung pakai satuan apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Wed Feb 13, 2013 3:47 pm

@segorowedi wrote:
sudah dijawab: Tuhan tidak bisa dibilang/dihitung kok ngeyel..
mo dihitung pakai satuan apa?
Maksudnya tidak bisa dihitung bagaimana ???
Anda pernah berkata Tuhan itu Esa...apa maksud esa disitu...apa itu bukan jumlah ?

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Guest on Wed Feb 13, 2013 4:02 pm

@suara hati wrote:
@segorowedi wrote:
sudah dijawab: Tuhan tidak bisa dibilang/dihitung kok ngeyel..
mo dihitung pakai satuan apa?
Maksudnya tidak bisa dihitung bagaimana ???
Anda pernah berkata Tuhan itu Esa...apa maksud esa disitu...apa itu bukan jumlah ?
Itu nte dah ngaku ... lantas apa lagi yang mo di puntir puntir congor mu tuhh

Dah PERNAH dijawab kok masih ditanya

Dasar debater KANTUIK de lo

nyerah

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Wed Feb 13, 2013 4:15 pm

duren sawit wrote:
Itu nte dah ngaku ... lantas apa lagi yang mo di puntir puntir congor mu tuhh
Dah PERNAH dijawab kok masih ditanya
Dasar debater KANTUIK de lo
Hei duren sawit jeblog...itu saya tanya sebab di satu sisi dia bilang "tidak bisa dihitung" tapi di sisi lain dia bilang "esa". Esa itu kan bisa dihitung...jadi kontradiksi pernyataannya...
Kamu sendiri ga berani jawab...ngelindur ngences aja berani nya...

Koleksi sementara tentang jumlah Tuhan versi beberapa netter Kristen :

-Netter Oglikom...jumlah tuhan : (bisa) 15
-Netter Segorowedi...jumlah tuhan :tidak bisa dihitung tapi kadang menjawab "esa".
-Netter Duren sawit..jumlah tuhan : tidak berani jawab...bencong

Kalau keberatan, kita perbaiki...tapi harus tegas ya..jangan mencla mencle :)


suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Guest on Wed Feb 13, 2013 4:33 pm

@Suara Kantuik

Apa " ESA " bisa di hitung ??

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Guest on Wed Feb 13, 2013 5:45 pm

Kantuik ... dimanakah dikaw berada ??

Chini dunk chayank ... main gaplok gaplok an sama si Duren

basi

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by oglikom on Wed Feb 13, 2013 6:14 pm

@oglikom wrote:
@suara hati wrote:
@oglikom wrote:
Tuhan dimana-mana itu juga bisa dikatakan Maha Hadir, Kehadiran Tuhan itu bukan berarti "jumlah" tetapi karena KESUDIAN TUHAN untuk memperkenalkan diri-Nya supaya bisa di kenal manusia.
Cara memperkenalkan DIRINYA bisa berupa suara bisa juga berupa manusia, bukan dalam arti dan pengertian JUMLAH
Sesuai judul thread...maka kita harus bahas ke pengertian "jumlah" Tuhan. Dan trinitas jelas carut marut sekali berbaur dengan silat lidah para pendukung nya.
Kepercayaan Kristen menunjukkan bahwa tuhan itu tiga (3). Bagaimana menjadi tunggal ?...perlu bantuan silat lidah...itu menurutku...
Tuhan adalah suatu PRIBADI, bukan menurut isi benak kalian Islam "HARUS JUMLAH/BERJUMLAH" jelas tidak akan mengerti. Sebagai contoh saja ketika Muhammad menjadikan tuhan-tuhan pagan Arab menjadi SATU, mereka pada heran.
Mangkanya Tuhan konsisten melalui Bani Israel MEMPERKENALKAN DIRINYA sebagai PRIBADI, bukan melalui JUMLAH 306 biji dijadikan SATU.
Tidak mungkin kita bisa mengatakan bahwa PRIBADI itu adalah TUNGGAL.

Maka ketika Tuhan Sudi memperkenalkan diri dan hadir kita bisa MENGENAL-NYA sesuai dengan kapasitas kita sebagai manusia dalam 3 OKNUM PRIBADI.
Jika isi benaknya hanya mengerti seperti Muhammad menjadikan 306 ilah menjadi 1, jelas tidak akan mengerti selalu menghitung berdasarkan JUMLAH.

3 oknum PRIBADI Tuhan yang di kenal ketika Tuhan memperkenalkan diri-Nya atau BEREKSISTENSI kepada manusia dianggap Tuhan ke 1, ke 2, dan ke 3.
Padahal dari PRIBADI sama yang ESA/ECHAD, Kesatuan Yang Kompleks.

Terus siapa yang bisa meyakinkan bahwa Tuhan cuma 1 biji saja?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Guest on Wed Feb 13, 2013 6:30 pm


Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by SEGOROWEDI on Thu Feb 14, 2013 7:47 am

@suara hati wrote:
Maksudnya tidak bisa dihitung bagaimana ???
Anda pernah berkata Tuhan itu Esa...apa maksud esa disitu...apa itu bukan jumlah ?

ada lagu anak anak begini:
.. satu satu, aku sayang ibu..
.. dua dua , aku sayang bapak..
.. tiga tiga, sayang adik kakak..
.. satu dua tiga, sayang semuanya..


coba kamu nanyi yang kenceng:
.. ESA ESA AKU SAYANG IBU..
............................................


kan diketawain kambing jenggot...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by EHAN on Thu Feb 14, 2013 5:38 pm

mana nih cak Yadi,,, nga muncul2 lagi,,,, bosen
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Feb 15, 2013 2:34 pm

duren sawit wrote:
Jumlah Aloh = WAHID = SATU BIJI hahaha
Jumlah Tuhan adalah satu (1), trus kenapa anda tertawa ?


Terakhir diubah oleh suara hati tanggal Fri Feb 15, 2013 4:19 pm, total 1 kali diubah

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by oglikom on Fri Feb 15, 2013 3:52 pm

@oglikom wrote:
Jika isi benaknya hanya mengerti seperti Muhammad menjadikan 306 ilah menjadi 1, jelas tidak akan mengerti selalu menghitung berdasarkan JUMLAH.

3 oknum PRIBADI Tuhan yang di kenal ketika Tuhan memperkenalkan diri-Nya atau BEREKSISTENSI kepada manusia dianggap Tuhan ke 1, ke 2, dan ke 3.
Padahal dari PRIBADI sama yang ESA/ECHAD, Kesatuan Yang Kompleks.

Terus siapa yang bisa meyakinkan bahwa Tuhan cuma 1 biji saja?
Mangkanya saya benar-benar heran post saya ini tidak ditanggapi karena "TIDAK PENTING" katanya.

Malah sekarang mengaku "Tuhannnya" cuman Satu (biji)...doang.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Guest on Fri Feb 15, 2013 4:22 pm

@suara hati wrote:
duren sawit wrote:
Jumlah Aloh = WAHID = SATU BIJI hahaha
Jumlah Tuhan adalah satu (1), trus kenapa anda tertawa ?
Sippp ... Alloh mu memang sama aja kaya gw hahaha

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Feb 15, 2013 4:26 pm

@oglikom wrote:
3 oknum PRIBADI Tuhan yang di kenal ketika Tuhan memperkenalkan diri-Nya atau BEREKSISTENSI kepada manusia dianggap Tuhan ke 1, ke 2, dan ke 3.
Padahal dari PRIBADI sama yang ESA/ECHAD, Kesatuan Yang Kompleks.
Saya bisa mengerti jika "Kesatuan yang kompleks" yang anda maksud adalah bersatu nya "sesuatu yang parsial atau terpisah pisah menjadi satu"...kira kira begitu kan ? Atau katakanlah (misalnya) ada 3 unsur...dan kita anggap dibagi rata saja...sehingga masing masing menjadi 1/3...Kemudian 1/3+1/3+1/3...bisa difahami menjadi 1.
Nah kasus trinitas kan bukan seperti itu...!
Trinitas di-klaim sebagai 1+1+1=1...(perbaiki jika saya salah). Dan dalam hal ini "Kesatuan yang kompleks" menjadi tidak tepat....



suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Feb 15, 2013 4:29 pm

duren sawit wrote:
Sippp ... Alloh mu memang sama aja kaya gw hahaha
Oh...tidak...justru 'tuhan' kamu yang mirip kamu...
Yesus kamu anggap Tuhan...Yesus punya kolesterol, punya zat kapur, punya hemoglobin, punya anus, punya alat kelamin dan lain lain...sama dengan anda..!

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Guest on Fri Feb 15, 2013 4:33 pm

@Kantuik

Spesies gw adalah ILAH ... belajarlah tuk menghargai ke SWT an gw

Alloh = WAHID = Satu BIJI
Alloh = AHAD = Satu ORANG

hahaha

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by isaku on Fri Feb 15, 2013 4:46 pm

yah .... masih yg kemaren..

pan kemaren udah beres tabok2an-nya

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by suara hati on Fri Feb 15, 2013 4:49 pm

duren sawit wrote:
Spesies gw adalah ILAH ... belajarlah tuk menghargai ke SWT an gw
Alloh = WAHID = Satu BIJI
Alloh = AHAD = Satu ORANG
Tidak ada nilai nya tuh tulisan mu...

Intermesso : Jika 'tuhan' umat Kristen tensi nya turun menjadi 80/60...kira kira pening gak ya itu 'tuhan'....
Hahahaha...'tuhan' kok bisa pening...trus gitu aja kok pening...hahahaha

suara hati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 288
Kepercayaan : Islam
Location : Medan
Join date : 29.11.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by oglikom on Fri Feb 15, 2013 5:34 pm

@suara hati wrote:
@oglikom wrote:
3 oknum PRIBADI Tuhan yang di kenal ketika Tuhan memperkenalkan diri-Nya atau BEREKSISTENSI kepada manusia dianggap Tuhan ke 1, ke 2, dan ke 3.
Padahal dari PRIBADI sama yang ESA/ECHAD, Kesatuan Yang Kompleks.
Saya bisa mengerti jika "Kesatuan yang kompleks" yang anda maksud adalah bersatu nya "sesuatu yang parsial atau terpisah pisah menjadi satu"...kira kira begitu kan ? Atau katakanlah (misalnya) ada 3 unsur...dan kita anggap dibagi rata saja...sehingga masing masing menjadi 1/3...Kemudian 1/3+1/3+1/3...bisa difahami menjadi 1.
Nah kasus trinitas kan bukan seperti itu...!
Trinitas di-klaim sebagai 1+1+1=1...(perbaiki jika saya salah). Dan dalam hal ini "Kesatuan yang kompleks" menjadi tidak tepat....
Saya bisa memaklumi karena kalian Islam berangkat dari awaludin ma'rifatullh seorang penyembah ratusan ILAH "Yang dijadikan SATU/menjadikan sesuatu SATU" yang dikenal Islam dengan "TAUHID".
Jadi DASAR pemikiran serta pengertiannya cuma berkisar dan mempersoalkan JUMLAH.

Trinitas itu berawal dari Satu PRIBADI yang KOMPLEKS, yaitu TUHAN yang MAU dan SUDI memperkenalkan dirinya secara KONSISTEN kepada manusia. Menjadi 3 OKNUM PRIBADI supaya dikenal manusia dan yang dikenal dalam Eksistensi-Nya di sebut: Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus.

Seperti diri kita manusia adalah "KESATUAN yang KOMPLEKS" terdiri dari; Tubuh, Jiwa,dan Roh jelas tidak bisa dikatakan 1/3 tubuh, 1/3jiwa,dan 1/3 roh.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Hafisah on Fri Feb 15, 2013 6:13 pm

@oglikom wrote:
@suara hati wrote:
@oglikom wrote:
3 oknum PRIBADI Tuhan yang di kenal ketika Tuhan memperkenalkan diri-Nya atau BEREKSISTENSI kepada manusia dianggap Tuhan ke 1, ke 2, dan ke 3.
Padahal dari PRIBADI sama yang ESA/ECHAD, Kesatuan Yang Kompleks.
Saya bisa mengerti jika "Kesatuan yang kompleks" yang anda maksud adalah bersatu nya "sesuatu yang parsial atau terpisah pisah menjadi satu"...kira kira begitu kan ? Atau katakanlah (misalnya) ada 3 unsur...dan kita anggap dibagi rata saja...sehingga masing masing menjadi 1/3...Kemudian 1/3+1/3+1/3...bisa difahami menjadi 1.
Nah kasus trinitas kan bukan seperti itu...!
Trinitas di-klaim sebagai 1+1+1=1...(perbaiki jika saya salah). Dan dalam hal ini "Kesatuan yang kompleks" menjadi tidak tepat....
Saya bisa memaklumi karena kalian Islam berangkat dari awaludin ma'rifatullh seorang penyembah ratusan ILAH "Yang dijadikan SATU/menjadikan sesuatu SATU" yang dikenal Islam dengan "TAUHID".
Jadi DASAR pemikiran serta pengertiannya cuma berkisar dan mempersoalkan JUMLAH.

Trinitas itu berawal dari Satu PRIBADI yang KOMPLEKS, yaitu TUHAN yang MAU dan SUDI memperkenalkan dirinya secara KONSISTEN kepada manusia. Menjadi 3 OKNUM PRIBADI supaya dikenal manusia dan yang dikenal dalam Eksistensi-Nya di sebut: Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus.

Seperti diri kita manusia adalah "KESATUAN yang KOMPLEKS" terdiri dari; Tubuh, Jiwa,dan Roh jelas tidak bisa dikatakan 1/3 tubuh, 1/3jiwa,dan 1/3 roh.

Eksistensi tuhan kog disamakan dengan manusia..mentang-mentang tuhan ente manusia..
coba saya mau tahu analogi anda dari pemaparan si senior LI segoro

Air = H2O
ES = H2O
Uap = H2O

Kalau anda para kristen dan agnostic abal-abal mengatakan itu sama persis..maka sungguh ironi sekali
perumpamaan Yesus seperti itu..mari kita Uji...

Air > ES terjadi jika ada bantuan yang namanya Suhu Yang Rendah..(ada bantuan lain)
Air > Uap terjadi jika ada bantuan Suhu yang Tinggi.. (ada bantuan lain)

Nah kalau Tuhan anda yang kata nya 3 biji namun satu dengan perumpamaan H2O..maka tiap kesatuan tersebut membutuhkan batuan pihak lain dan itu bukan dari dirinya sendiri, dengan kata lain..Bapa tidak akan bisa menjadi Roh bulus kalau tidak ada bantuan pihak lain..dan Bapa juga tidak bisa jadi yesus manusia kalau tidak ada bantuan pihak lain...kesimpulannya

3in1 adalah omong kosong kaum nasrani...

silahkan dibantah !!!


Hafisah
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 43
Posts : 121
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 29.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Guest on Fri Feb 15, 2013 6:27 pm

@Atas

Otak mu lemah banget sihh tuk membedakan ANALOGI vs APLIKASI

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: dari monotheis ke trinitas

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 10 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik