FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by abu hanan on Sat Jan 28, 2012 12:20 pm

First topic message reminder :


“Kalau sudah takdir, mau bagaimana lagi? Iya kan, Pak?” tutur seorang rekan dengan murung. – Saya menghela nafas. Barusan dia bercerita, kemarin malam motornya lenyap saat diparkir di jalanan depan rumah temannya. Padahal, barusan juga dia berkisah bahwa sang teman sudah mengingatkan supaya motor itu dimasukkan ke pekarangan rumah. Namun, dia memilih mengabaikan peringatan ini. – “Mana belum lunas pula,” desahnya menyambung. – Saya meringis, ikut merasakan.

Sahabat, penelaahan takdir memang nyaris sama peliknya dengan mengupas perkara ruh. ‘Beti’, beda tipis. Sekian abad Qadariyah dan Jabariyah eksis, belum juga dapat disinkronkan beda pandangan mereka mengenai ini. Makin lama malah semakin tajam perselisihannya. Mengapa? Karena pada suatu tataran, perkara takdir memang tidaklah terjangkau lagi oleh akal berikut segenap indra manusiawi, sebagaimana juga ruh. Ini menurut saya, dan bagi saya pribadi.

Sekarang saya bukan hendak berkisah mengenai definisi takdir, mengenai cakupan skalanya, mengenai apakah tetap atau bisa berubah, mengenai apakah manusia dapat mengutak-atik takdirnya, dan beragam pertanyaan menggugah lainnya sehubungan dengan sunnatullah itu. Sekedar saya ingin mengingatkan kita tentang kecenderungan sehari2 kita yang senang ‘berlindung’ dibawah takdir. Suka ‘mengkambing-hitamkan’ takdir, walau mungkin tanpa disadari.

Sudah sering kita bahas bahwa yang disebut ‘cerita’ adalah satu rangkaian kisah dari awal hingga akhir. Bagian2nya disebut episode, yang mana episode2 inilah yang menyatukan sebuah cerita. Maka, cerita adalah ‘satu garis’. Apa yang kita terima di episode sekarang, punya kisah pendahuluan di episode sebelumnya. Dan, apa yang kita perbuat pada episode sekarang merupakan bahan baku penyusun kenyataan bagi episode selanjutnya. Begitulah. Dapat dipahami, bukan?

Berikutnya, adalah nyata bahwa pada kelengkapan atau keutuhan diri setiap manusia terdapat dimensi kemanusiawian dan dimensi ketuhanan. Pada dimensi kemanusiawian manusia, terdapat aspek kemalaikatan dan kebinatangan.

Dibatas kemanusiawiannya, manusia bisa memilih karena memang dilengkapi dengan sifat berkehendak. Pada adanya, kita memang bisa berkehendak, bukan? Boleh milih2, kemudian boleh mengambil pilihan. Jangan buru2 bilang tidak, ya.. karena ini ceritanya di tataran manusiawi. Ok?

Sayyidina Umar bin Khattab pun memilih membatalkan rencana kunjungannya ke suatu negeri setelah mendapat kabar bahwa di negeri itu sedang mewabah suatu penyakit. Saat ditanya oleh seorang sahabat mengenai apakah keputusannya itu karena beliau takut menghadapi takdir Allah; Umar menjawab, “Tidak. Aku hanya berpindah dari satu takdir ke takdir-Nya yang lain.”

Seperti itulah. Esensi kisah Sayyidina Umar tadi sama dengan seperti waktu saya milih2 sepatu di Ramayana ditemenin si Oki. Atau, ketika Mas Deddy ‘milih2’ calon ibunya anak2 hingga kemudian menetapkan pilihannya atas Bu Deddy sekarang, hehe. Jangan marah ya, Mas. Salam manis dari kami buat Bu Deddy.
Cool

Kini, kalau kita kembali ke kisah motor di awal, bukankah sudah diperingatkan? Yang dengan itu berarti dibukakan pilihan? Monggo, di dalam boleh, di luar pun boleh, mengiring resiko masing2. Sang teman pun memilih. Kemudian, lenyap… Selanjutnya, mengapa takdir yang ‘dipersalahkan’? Hayo..?

Lantas, ceritanya Dik Andro tidak sependapat. Adik badung saya yang tampan tapi kalah sama Mas Deddy dalam hal ‘milih2’ calon ibunya anak2 ini ngacung, “Tapi, kita kan nggak tahu pilihan kita itu benar atau salah, Bang? Iya kalau ternyata benar. Lha kalau salah, gimana?” – Saya jawab, “Ya nggak gimana2. Tetap saja sudah ditetapkan. Makanya ajak2 yang ‘malaikat’ waktu milih, jangan barengan sama yang ‘binatang’ melulu. Paham nggak, Dik? Kalau nggak, besok saya laporin ke Kyai Azis. Biar cepet2 dikawinin, hehe…”

sumber ; http://andibombang.com/dibawah-lindungan-takdir/


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by dharma_senapati on Tue Aug 30, 2016 2:38 pm

@dee-nee wrote:
takdir itu adalah suatu hal yang sudah terjadi ... kalau mau diubah artinya berganti pada takdir berikutnya (takdir lainnya)
bukan takdir yang sudah terjadi ini yang kemudian diubah

utk yg dibold ada korelasinya gak yah dengan :
"jodoh, rejeki & maut"
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 46
Posts : 279
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by dee-nee on Tue Aug 30, 2016 2:50 pm

@dharma_senapati wrote:
@dee-nee wrote:
takdir itu adalah suatu hal yang sudah terjadi ... kalau mau diubah artinya berganti pada takdir berikutnya (takdir lainnya)
bukan takdir yang sudah terjadi ini yang kemudian diubah

utk yg dibold ada korelasinya gak yah dengan :
"jodoh, rejeki & maut"

apapun itu ... takdir terkait maut, jodoh, rejeki .... apapun itu

kan saya sudah bilang sebelumnya ... dalam konteks apapun ... prinsipnya sama ... yaitu :

segala sesuatu yang terjadi atas pilihan manusia sendiri (berada dibawah ketetapan/hukum Tuhan >>> hukum sebab akibat, kausalitas, dsb)

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by dharma_senapati on Tue Aug 30, 2016 3:38 pm

jika takdir itu adalah suatu hal yang sudah terjadi, maka takdir merupakan suatu sebab thd proses selanjutnya

@dee-nee wrote:
apapun itu ... takdir terkait maut, jodoh, rejeki .... apapun itu

kan saya sudah bilang sebelumnya ... dalam konteks apapun ... prinsipnya sama ... yaitu :

segala sesuatu yang terjadi atas pilihan manusia sendiri (berada dibawah ketetapan/hukum Tuhan >>> hukum sebab akibat, kausalitas, dsb)

ini agak kontradisksi antara "ketetapan" (yg sudah ditetapkan) dengan hukum sebab akibat / kasualitas dsb (yg menganut sistem ada sebab pasti ada akibat)

karena logikanya begini, jika suatu hal yg sudah terjadi akan menjadi suatu sebab menjadi hal yg lain nya.

ini menurut pendapat saya lhoooo.... piss
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 46
Posts : 279
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by dee-nee on Tue Aug 30, 2016 4:57 pm

@dharma_senapati wrote:jika takdir itu adalah suatu hal yang sudah terjadi, maka takdir merupakan suatu sebab thd proses selanjutnya

yang underline : takdir A adalah suatu sebab thdp takdir A berikutnya/takdir lainnya ... dan semua takdir2 ini memang melalui suatu proses (tidak terjadi tiba2)

@dharma_senapati wrote:
@dee-nee wrote:
apapun itu ... takdir terkait maut, jodoh, rejeki .... apapun itu

kan saya sudah bilang sebelumnya ... dalam konteks apapun ... prinsipnya sama ... yaitu :

segala sesuatu yang terjadi atas pilihan manusia sendiri (berada dibawah ketetapan/hukum Tuhan >>> hukum sebab akibat, kausalitas, dsb)

ini agak kontradisksi antara "ketetapan" (yg sudah ditetapkan) dengan hukum sebab akibat / kasualitas dsb (yg menganut sistem ada sebab pasti ada akibat)

karena logikanya begini, jika suatu hal yg sudah terjadi akan menjadi suatu sebab menjadi hal yg lain nya.

ini menurut pendapat saya lhoooo.... piss

underline : sudah atau belum itu tergantung anda melihat dari sudut pandang siapa >>> kalau dari sudut pandang manusia >>> takdir yang belum terjadi artinya belum ditetapkan ... (bagi si manusia itu sendiri)

tapi kalau kita bicara tentang ketetapan alam semesta ... segalanya sudah ditetapkan dari awal sampai akhir penciptaan

jadi ... pemahaman "takdir sudah ditetapkan sejak awal" ... itu karena Allah (sebagai pemilik ketetapan) sudah tau takdir apa yang akan dipilih manusia

Allah sudah tau apapun yang terjadi sejak awal dan akhir penciptaan >>> Allah sudah tau takdir mana yang akan manusia pilih ... dan takdir atas dasar pilihan manusia inilah yang kemudian disebut ketetapan Allah

artinya : sejak sebelum seorang manusia lahir ... katakanlah fulan ... Allah sudah tau (sekaligus sudah menetapkan) takdir atas fulan berdasarkan pilihan fulan sendiri

yang merah : maka (kalau dilihat dari sudut pandang dimensi manusia) >>> apa yang manusia pilih ... dengan sebab akibat-nya masing2 ... akan berakhir pada satu takdir (atas dasar pilihannya sendiri) .... yang sebetulnya sudah diketahui Allah (juga sudah ditetapkan Allah)

ungu : lah iya ... suatu hal yang sudah terjadi/dialami oleh manusia disebut takdir (dalam sudut pandang manusia) ... yang kemudian berlanjut pada takdir2 berikutnya .... (berlaku hukum sebab akibat, hukum universal, hukum kausilatas dsb ... yang semuanya adalah hukum/aturan yang ditetapkan Allah)

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by dharma_senapati on Wed Aug 31, 2016 11:23 am

@dee-nee wrote:
tapi kalau kita bicara tentang ketetapan alam semesta ... segalanya sudah ditetapkan dari awal sampai akhir penciptaan

jadi ... pemahaman "takdir sudah ditetapkan sejak awal" ... itu karena Allah (sebagai pemilik ketetapan) sudah tau takdir apa yang akan dipilih manusia

Allah sudah tau apapun yang terjadi sejak awal dan akhir penciptaan >>> Allah sudah tau takdir mana yang akan manusia pilih ... dan takdir atas dasar pilihan manusia inilah yang kemudian disebut ketetapan Allah

artinya : sejak sebelum seorang manusia lahir ... katakanlah fulan ... Allah sudah tau (sekaligus sudah menetapkan) takdir atas fulan berdasarkan pilihan fulan sendiri

kalau sudah ditetapkan tuhan/allah brarti tuhan/allah maha tahu donx !! aah masa siich ???

Dalam ayat berikut dari tuhan/allah menjelaskan bahwa Dia perlu melakukan beberapa percobaan (riset) terlebih dahulu utk mengenali yg baik dari yg jahat:

Q 47:31 Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu; dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 46
Posts : 279
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by Azed on Wed Aug 31, 2016 2:03 pm

@dee-nee wrote:
@dharma_senapati wrote:@dee-nee
yg bekerja hanya hukum sebab akibat, takdir & nasib sdh tercakup didlmnya lho.

kl menurut @dee-nee contoh takdir itu spt apa yah?

ga jauh beda dengan yang merah (minus yang saya coret) .... dan hukum sebab akibat ini berada dibawah ketetapan Tuhan >>> artinya apapun yang terjadi di alam semesta ini (termasuk hukum sebab akibat itu sendiri) ... semua sudah tercakup dalam ketetapan Tuhan

... so buat saya takdir atau nasib itu sama saja ... tidak ada bedanya >>> jadi kita sepakati saja tentang satu kata ... yaitu "takdir"

>>> artinya sebelum kejadian itu terjadi ... tidak/belum bisa disebut takdir

dan kalau sudah terjadi ... ya apa yang bisa diubah wong sudah terjadi
tapi kenapa kejadian itu bisa terjadi .... sudut pandang-nya yang mungkin berbeda
analogi-nya sama dengan kasus .... "fulan tidak bisa mengerjakan ujian matematika"

muslim A berpikir : itu karena ujian matematika-nya yang luar biasa sulit
muslim B berpikir : itu karena sudah menjadi takdir yang ditetapkan Tuhan demikian
muslim C berpikir : itu karena fulan yang memang tidak punya kemampuan untuk mengerjakan ujian tersebut  

semua benar2 saja ... tapi bila kita bicara tentang "isi kepala" :
cara berpikir A dan B akan menghasilkan orang2 yang fatalis ... tidak bisa berbuat apa2 dan hanya pasrah pada apa yang disebut "takdir" >>> makanya dalam TS disebut ... orang2 yang "menyalahkan takdir"
Saya modifikasi sedikit analogi anda.

Si fulan sudah diputuskan tdk akan diluluskan, bahkan sebelum ujian dimulai
Si fulan tdk tahu bhw oleh guru matematikanya, ia sudah diputuskan tdk akan diluluskan.
Oleh sebab itu, si fulan masih mau bercapek-capek belajar dan ikut ujian.

Maka, itu jadi begini :
Jika fulan tidk bisa mengerjakan ujian matematika = tdk lulus
Meskipun fulan bisa mengerjakan seluruh soal dg benar = tdk lulus

So, apapun yg dikerjakan si fulan, hasilnya akan tetap sama = tdk lulus.
Usaha si fulan hanya sia-sia, tdk berdaya melawan “takdir”

Azed
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 160
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 02.09.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by Azed on Wed Aug 31, 2016 2:19 pm

@dee-nee wrote:yang dimaksud "calon takdir" disini artinya sesuatu yang belum terjadi (belum menjadi ketetapan apapun)

dalam setiap hukum dan aturan (Qaddara) Nya ... ada sekian banyak sebab akibat yang terjadi ... hukum kausalitas, hukum alam, dst

dalam Qaddara-Nya ... Allah memberikan pilihan pada manusia >>> apakah memilih menjadi kafir atau beriman >>>> dan pilihan manusia itulah yang kemudian menjadi takdir si manusia dibawah ketetepan/hukum Allah

kenapa disebut dibawah ketetapan Allah ?? >>> karena semua yang terjadi di alam semesta hanya/selalu berada dibawah ketetapan Allah

artinya ... ketika manusia memilih menjadi kafir >>> itu artinya sama dengan Allah men-takdir-kan si A menjadi kafir (yang terjadi atas pilihan A sendiri)

berbanding sama dengan ... ketika manusia memilih beriman >>> itu artinya sama dengan Allah men-takdir-kan si A menjadi beriman (yang terjadi atas pilihan A sendiri)

ujung2nya ... bagaimana ketetapan Allah terjadi pada manusia ... semua bisa terjadi ATAS PILIHAN MANUSIA SENDIRI (berada dibawah hukum/ketetapan/Qaddara Allah)
Saya akan mengambil pengertian menurut Qur’an yg bisa saya pahami.  Untuk menghindari kerancuan, dlm case ini istilah Takdir saya ganti dg Kodrat, yg di Indonesiakan dari kata Qaddar. Dg pengertian seperti yg sudah saya sampaikan dimuka => ketentuan, ketetapan yg sifatnya permanen dan tdk akan berubah.

Kodrat itu :
1A + 1B + 1C + 1 D = 4ABCD
A + B + C = D

Kalau mengambil logika bhw Takdir adalah perkara yg sudah terjadi, mestinya 4ABCD atau D adalah takdir. Karena dia adalah hasil proses/operasi matematis dari bilangan yg ada di sebelah kiri.

Maka, yg mana yg akan disebut sebagai kodrat (ketentuan, formula)
Apakah yg ini : 1A + 1B + 1C + 1 D ? dan A + B + C ?

Tidak satupun, keduanya tdk merepresentasikan suatu proses, tdk ada artinya apa-apa.
Yg disebut kodrat itu ya [1A + 1B + 1C + 1 D = 4AB] dan [A + B + C = D]

Ini sekedar contoh paling sederhana, karena cara bekerjanya kodrat itu teramat kompleks. Tak sanggup saya memahaminya.

++

Kembali ke soal istilah Takdir.
Dlm Qur’an, tidak ada istilah takdir dg pengertian : sesuatu yg sudah terjadi. Karena takdir (taqdirun) itu terambil dari turunan kata Qaddara, yg artinya sudah saya sampaikan dimuka. Jadi tidak ada pembagian misal kalau belum terjadi disebut nasib, setelah terjadi disebut takdir, atau sebaliknya.

Takdir atau kodrat itu untuk menyebut suatu ketetapan yg prosesnya dr awal sampai akhir. Seperti Instruction Manual (IM) untuk membuat mobil. Tidak ada pembagian misalnya ; kalau mobil masih dlm proses disebut apa, kalau sudah jadi disebut apa. Yg disebut IM itu ya keseluruhan proses dari awal-akhir.

+++

Kodrat berada diluar kuasa manusia yg sifatnya given, sudah dari sononya. Makanya Allah tdk menuntut tanggung jawab dlm soal ini. Misalnya, kita terlahir sebagai Indonesian, lelaki/perempuan, dsb..

Seandainya menjadi kafir itu sudah dikodratkan, given, maka itu artinya kekafiran si kafir sudah diluar kuasanya. Tidak ada pilihan, hanya tinggal menjalankan kodratnya. Adalah tidak adil jika kemudian menghukum si kafir yg telah sukses menjalankan peran yg dibebankan kepadanya.

Kodrat itu, yg saya pahami, berlaku universal, tdk menunjuk orang per orang. Pada manusia, kodratnya bukan pada apakah dia sudah ditentukan jadi orang baik atau jahat. Jika kita percaya ada hukum sebab-akibat, aksi-reaksi, maka itulah diantara sekian banyak ketentuan yg disebut kodrat. Semacam suatu “rule of game”. Jika kamu begini akibatnya begitu, jika kamu beraksi begini akan ada reaksi begono, dst.

Kita sebagai manusia tinggal “bermain” dlm koridor kodrat itu.

Dlm beberapa aspek, kodrat itu mirip hukum karma. Perbedaan yg paling mencolok tentu saja soal ada dan tdk ada yg meng-arange (menciptakan). Selain ada juga perbedaan yg cukup prinsip, setidaknya :

- Dlm karma ada istilah tumimbal lahir yg bisa berulang tak terhitung, bisa menjadi dewa bahkan binatang, sedangkan dlm Islam tidak dikenal yg seperti itu. Dlm Islam kebangkitan hanya sekali, di akherat.
- Dlm karma, sesuatu yg buruk baru “lunas” ketika sudah terbalas dikehidupan berikutnya. Sedang dlm Islam kejahatan bisa diputus atau dihapus dampak buruknya dg bertobat dan ampunan Allah.

Azed
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 160
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 02.09.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Wed Aug 31, 2016 5:12 pm

quote kutipan
Q 47:31 Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu; dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.

#tanggapan
kalau menurut saya, mungkin begini:
TUHAN memang selalu memiliki "(Potensi) ke-Maha-an-NYA" untuk kekal selamanya, yang salah satunya adalah "(potensi)ke-Maha-tahu-an-NYA".
dalam "(Potensi)-KeMahaanNYA" tidak akan pernah hilang, baik DIA sedang berkehendak atau tidak sedang berkehendak

namun dalam "(aplikasi) keMahaan"NYA hanya akan terjadi, hanya ketika/selama/sejauh DIA menghendaki, demikian pula dalam "(aplikasi)keMahaatahuan"NYA.

tapi mungkin TUHAN sengaja untuk tidak selalu memakai "(aplikasi)-keMahatahuan-NYA" secara terus menerus, juga dalam "(aplikasi)ke-Maha-an-NYA" yang lain, kecuali ketika/selama/sejauh DIA menghendaki dan kalau DIA sedang berkehendak maka selalu didasar-utamakan oleh Makrifat-NYA.

dan dalam ayat Al-Quran diatas itu,
TUHAN sedang tidak memakai "(aplikasi) keMahatahuan-NYA", tapi "(Potensi) keMahatahuan" TUHAN tetap ada, demikian pula "(Potensi) keMahaan"NYA yang lain, tetap ada.

dan TUHAN akan memakai "(aplikasi) keMahatahuan-NYA" jika DIA menghendaki, demikian juga dengan "(aplikasi) ke-Maha-an" TUHAN yang lain, selama DIA menghendaki.

dalam Al-Kitab juga ada ayat ketika TUHAN sedang tidak memakai "(aplikasi) keMahatahuan-NYA".
8:4 Mereka telah mengangkat raja, tetapi tanpa persetujuan-Ku; mereka mengangkat pemuka, tetapi dengan tidak setahu-Ku. Dari emas dan peraknya mereka membuat berhala-berhala bagi dirinya sendiri, sehingga mereka dilenyapkan.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by dharma_senapati on Wed Aug 31, 2016 9:46 pm

@dee-nee
itu namanya tuhan mencobai manusi sampai akhir (tega benerrrr)

@Azed
yaa gitu2 deh, karena berbeda itu indah

@njlajahweb
brarti tuhan punya KEHENDAK donx, krn memakai ke maha tahu-an seenaknya

skrg kl ayat ini memberitahukan bhw tuhan tidak maha tahu dimana adam berada

3:9 Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?"

3:10 Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi."

3:11 Firman-Nya: "Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?"
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 46
Posts : 279
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Wed Aug 31, 2016 9:54 pm

kalau TUHAN sedang bertanya, bukan berarti DIA sedang tidak menggunakan keMahatahuan-NYA(mungkin bahasa kerennya Kesaktian-NYA)

karena saat TUHAN bertanya itu bisa jadi karena TUHAN ingin cepat memasuki topik pembicaraan yang DIA inginkan juga bisa jadi karena DIA hanya menyindir

dan TUHAN tidak selalu memakai keMahaatahuan-NYA agar DIA tidak selalu dikambinghitamkan, juga agar kelak di Hari Penghakiman nanti, manusia tidak mempunyai hak untuk berdalih dan berkata : KAU kan Mahatahu kenapa KAU diam saja saat aku mendapat ujian berat (misalnya)

17:10 Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya."
NB: tentu saja TUHAN akan membalas mereka pada waktunya TUHAN.

13:9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"

13:43 Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
5:29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.


20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.
20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.


5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.
5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."
5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.


3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.
3:9 Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau.
3:10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.
3:11 Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.
3:12 Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.


3:14 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:
3:15 Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.
3:17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,
3:18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.
3:19 Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!
3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.
3:22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:00 am

51:5 Dalam sekejap mata keselamatan yang dari pada-Ku akan dekat, kelepasan yang Kuberikan akan tiba, dan dengan tangan kekuasaan-Ku Aku akan memerintah bangsa-bangsa; kepada-Kulah pulau-pulau menanti-nanti, perbuatan tangan-Ku mereka harapkan.

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:08 am

37:1 Lalu kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.
37:2 Ia membawa aku melihat tulang-tulang itu berkeliling-keliling dan sungguh, amat banyak bertaburan di lembah itu; lihat, tulang-tulang itu amat kering.
37:3 Lalu Ia berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, dapatkah tulang-tulang ini dihidupkan kembali?" Aku menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, Engkaulah yang mengetahui!"
37:4 Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!
37:5 Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.
37:6 Aku akan memberi urat-urat padamu dan menumbuhkan daging padamu, Aku akan menutupi kamu dengan kulit dan memberikan kamu nafas hidup, supaya kamu hidup kembali. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."
37:7 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan kepadaku; dan segera sesudah aku bernubuat, kedengaranlah suara, sungguh, suatu suara berderak-derak, dan tulang-tulang itu bertemu satu sama lain.
37:8 Sedang aku mengamat-amatinya, lihat, urat-urat ada dan daging tumbuh padanya, kemudian kulit menutupinya, tetapi mereka belum bernafas.
37:9 Maka firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah kepada nafas hidup itu, bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada nafas hidup itu: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Hai nafas hidup, datanglah dari keempat penjuru angin, dan berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali."
37:10 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:21 am

7:1 Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya:
7:2 Berkatalah Daniel, demikian: "Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar,
7:3 dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain.
7:4 Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.
7:5 Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.
7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.
7:7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh.
7:8 Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.
7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;
7:10 suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab.
7:11 Aku terus melihatnya, karena perkataan sombong yang diucapkan tanduk itu; aku terus melihatnya, sampai binatang itu dibunuh, tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam api yang membakar.
7:12 Juga kekuasaan binatang-binatang yang lain dicabut, dan jangka hidup mereka ditentukan sampai pada waktu dan saatnya.
7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.
7:15 Maka aku, Daniel, terharu karena hal itu, dan penglihatan-penglihatan yang kulihat itu menggelisahkan aku.
7:16 Lalu kudekati salah seorang dari mereka yang berdiri di sana dan kuminta penjelasan tentang semuanya itu. Maka berkatalah ia kepadaku dan diberitahukannyalah kepadaku maknanya:
7:17 Binatang-binatang besar yang empat ekor itu ialah empat raja yang akan muncul dari dalam bumi;
7:18 sesudah itu orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan menerima pemerintahan, dan mereka akan memegang pemerintahan itu sampai selama-lamanya, bahkan kekal selama-lamanya.
7:19 Lalu aku ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu, yang berbeda dengan segala binatang yang lain, yang sangat menakutkan, dengan gigi besinya dan kuku tembaganya, yang melahap dan meremukkan dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya;
7:20 dan tentang kesepuluh tanduk yang ada pada kepalanya, dan tentang tanduk yang lain, yakni tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut yang menyombong, yang tumbuh sehingga patahlah tiga tanduk, dan yang lebih besar rupanya dari tanduk-tanduk yang lain.
7:21 Dan aku melihat tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka,
7:22 sampai Yang Lanjut Usianya itu datang dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi dan waktunya datang orang-orang kudus itu memegang pemerintahan.
7:23 Maka demikianlah katanya: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya dan meremukkannya.
7:24 Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah mereka, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan tiga raja.
7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.
7:26 Lalu Majelis Pengadilan akan duduk, dan kekuasaan akan dicabut dari padanya untuk dimusnahkan dan dihancurkan sampai lenyap.
7:27 Maka pemerintahan, kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat Yang Mahatinggi: pemerintahan mereka adalah pemerintahan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepada mereka.
7:28 Sekianlah berita itu. Adapun aku, Daniel, pikiran-pikiranku sangat menggelisahkan aku, sehingga aku menjadi pucat; dan aku menyimpan hal itu dalam ingatanku."
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:36 am

1:13 Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.
1:14 Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.
1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.
1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:40 am

21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi.
21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.
21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."
21:5 Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: "Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!" Dan firman-Nya: "Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar."
21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.
21:7 Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.
21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:46 am

61:3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya.
61:4 Mereka akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan mendirikan kembali tempat-tempat yang sejak dahulu menjadi sunyi; mereka akan membaharui kota-kota yang runtuh, tempat-tempat yang telah turun-temurun menjadi sunyi.
61:5 Orang-orang luar akan melayani kamu sebagai gembala kambing dombamu, dan orang-orang asing akan bekerja bagimu sebagai petani dan tukang kebun anggurmu.
61:6 Tetapi kamu akan disebut imam TUHAN dan akan dinamai pelayan Allah kita. Kamu akan menikmati kekayaan bangsa-bangsa dan akan memegahkan diri dengan segala harta benda mereka.
61:7 Sebagai ganti bahwa kamu mendapat malu dua kali lipat, dan sebagai ganti noda dan ludah yang menjadi bagianmu, kamu akan mendapat warisan dua kali lipat di negerimu dan sukacita abadi akan menjadi kepunyaanmu.
61:8 Sebab Aku, TUHAN, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu.
61:9 Keturunanmu akan terkenal di antara bangsa-bangsa, dan anak cucumu di tengah-tengah suku-suku bangsa, sehingga semua orang yang melihat mereka akan mengakui, bahwa mereka adalah keturunan yang diberkati TUHAN.
61:10 Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya.
61:11 Sebab seperti bumi memancarkan tumbuh-tumbuhan, dan seperti kebun menumbuhkan benih yang ditaburkan, demikianlah Tuhan ALLAH akan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa-bangsa.


avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:56 am

5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:57 am

17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 12:59 am

6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 1:09 am

4:26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 1:11 am

7:12 "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by dharma_senapati on Thu Sep 01, 2016 10:48 am

@njlajahweb wrote:
6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

kesannya seperti Bapamu = hukum karma
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 46
Posts : 279
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 11:18 am

betul, bagi yang belum menangkap, sekilas memang terkesan demikian.
tapi sebenanya tidaklah demikian, namun ALLAH BAPA(TUHAN) lah yang membuat hukum karma bekerja
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by njlajahweb on Thu Sep 01, 2016 1:01 pm

jika TUHAN mengijinkan adanya kejahatan, maka itu bukan berarti bahwa bahwa perizinan TUHAN selalu sama dengan Kehendak TUHAN.
*analoginya seperti ini (tentang izin TUHAN yang tidak selalu sama dengan Kehendak TUHAN),
orang yang bermimpi pasti dalam keadaan tidur
tapi orang tidur belumtentu dalam keadaan bermimpi.

jadi perizinan TUHAN belum tentu Kehendak TUHAN.
---
karena segala makhluk yang berakal(termasuk malaikat) tetap akan selalu terikat dengan Hukum TUHAN (HukumTUHAN termasuk hati nurani) sehingga mereka yang melakukan pelanggaran terhadap segala yang termasuk HukumTUHAN akan otomatis berdosa dan akan dituntut pertanggung jawabanya kelak di Hari Penghakiman.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Thu Sep 01, 2016 1:59 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by dee-nee on Thu Sep 01, 2016 1:57 pm

@dharma_senapati wrote:
@dee-nee wrote:
tapi kalau kita bicara tentang ketetapan alam semesta ... segalanya sudah ditetapkan dari awal sampai akhir penciptaan

jadi ... pemahaman "takdir sudah ditetapkan sejak awal" ... itu karena Allah (sebagai pemilik ketetapan) sudah tau takdir apa yang akan dipilih manusia

Allah sudah tau apapun yang terjadi sejak awal dan akhir penciptaan >>> Allah sudah tau takdir mana yang akan manusia pilih ... dan takdir atas dasar pilihan manusia inilah yang kemudian disebut ketetapan Allah

artinya : sejak sebelum seorang manusia lahir ... katakanlah fulan ... Allah sudah tau (sekaligus sudah menetapkan) takdir atas fulan berdasarkan pilihan fulan sendiri

kalau sudah ditetapkan tuhan/allah brarti tuhan/allah maha tahu donx !! aah masa siich ???

Dalam ayat berikut dari tuhan/allah menjelaskan bahwa Dia perlu melakukan beberapa percobaan (riset) terlebih dahulu utk mengenali yg baik dari yg jahat:

Q 47:31 Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu; dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.

biru : lah ... memang Tuhan Maha Tahu ... kan sudah ada juga ayatnya

“Dia-lah Yang Maha Awal dan Yang Maha Akhir, Yang Maha Lahir dan Yang Maha Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Qs al-Hadid [57]:3)

catatan wrote:makna al-Zhâhir (lahir) dan al-Bâthin (batin) disebutkan bahwa al-Zhâhir artinya argumen-argumen terang dan dalil-dalil benderang serta tanda-tanda beragam yang menunjukkan rububiyyah dan kebenaran keesaan-Nya. Adapun al-Bâthin bermakna sosok laten yang tersembunyi dari pandangan; artinya dzat-Nya terpendam dari pelbagai ilusi dan fantasi manusia. Manusia tidak dapat memahami-Nya dengan panca indra atau dapat sampai pada dzat-Nya.

underline : perlu atau tidak perlu ... itu kan keluar dari isi kepala anda ... dari isi kepala manusia adalah sesuatu yang terkondisi >>> so artinya ... memang ga ada yang benar2 mutlak kalau merujuk pada isi kepala manusia

sisanya tentang QS 47:31 >>> apa hubungannya ayat ini dengan urusan takdir ??

--------------------------------------------

@dharma_senapati wrote:@dee-nee
itu namanya tuhan mencobai manusi sampai akhir (tega benerrrr)

ini cuma masalah persepsi kok ... manusia kadang terjebak dalam kata2 lalu dipikirkan dengan persepsi-nya sendiri ... kemudian manusia membuat keputusan tentang hitam vs putih ... besar vs kecil ... baik vs buruk ... yin vs yan ... dst

padahal ... apa masalahnya dengan kata "mencobai" >>> disebut mencobai boleh ... disebut ujian boleh .... disebut seleksi alam pun boleh

toh nyatanya dalam agama manapun tentang konsep surga vs neraka ... tetap ada ujian2 dan seleksi2 tersebut kan

piss


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Thu Sep 01, 2016 2:51 pm, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tak ada Yg Salah dengan Takdir

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik