FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by keroncong on Wed Feb 01, 2012 5:36 am

Maasyiral muslimin rahimakumullah!
Kaum muslimin saat ini tengah mengalami cobaan berat. Kebatilan yang berkuasa berusaha terus mendesak kebenaran. Para penguasa di sebagian besar dunia Islam dewasa ini adalah orang yang terkenal memusuhi Islam. Di beberapa tempat, baik di dalam dan luar negeri, kaum muslimin dibantai secara keji.
Sementara itu para musuh Islam terus membuat konspirasi untuk mengalahkan Islam. Kristenisasi misalnya, kini merambah desa dan kota dengan gencar. Dan, kaum muslimin pun belum memiliki kesatuan persepsi dan langkah untuk menanggulangi berbagai permasalahan yang mendera umat.

Sekali lagi harus disadari bahwa musuh Islam selalu menaburkan benih perpecahan dan meniupkan angin perselisihan. Karena itu, kaum muslimin harus selalu waspada terhadap mereka semua, merapatkan barisan dan menggalang kekuatan demi membentengi aqidah. Pembinaan din harus selalu ditingkatkan sehingga mereka mampu berpegang teguh dengannya.

Maasyiral muslimin rahimakumullah!
Ketahuilah para musuh Islam tidak suka bila kaum muslimin berkomitmen dan berpegang teguh dengan ajarannya. Mereka melontarkan berbagai tuduhan dan kecaman serta upaya lain khususnya melalui media cetak dan elektronik untuk menjauhkan kaum muslimin berpegang teguh dengan ajarannya.

Mereka mengatakan kepada orang yang berpegang teguh dengan Islam dengan sebutan fundamentalis, teroris, ekstrim kanan dan sebagainya. Contoh lain adalah bila ada di antara kaum muslimin yang berjihad untuk menegakkan kalimat Allah dimuka bumi, seperti di Moro, Kashmir, Kaukakus, mereka menyebutnya dengan istilah separatis, teroris, gerilyawan atau pemberontak dan bukan dengan istilah mujahidin.

Maasyiral muslimin rahimakumullah!
Sebagai seorang muslim kita tidak perlu takut dengan berbagai tuduhan di atas. Karena, berpegang teguh dengan Islam secara konsekuen dan totalitas adalah perintah Allah dan Rasul-Nya. Allah SWT berfirman yang artinya, "Wahai orang-orang yang beriman masuklah ke dalam Islam secara kaffah (totalitas)." (Al-Baqarah: 208).

Dalam ayat lain, Allah SWT berfirman yang artinya, "Dan berpegang teguhlah kalian dengan tali Allah dan jangan berpecah belah." (Ali Imran: 102). Dalam beberapa kitab tafsir disebutkan bahwa maksud ayat di atas adalah kita diperintah untuk berpegang teguh dengan Alquran, ajaran Islam yang benar yang diajarkan Rasulullah saw. dan ikhlas kepada Allah(tauhid).

Dalam khutbah wada' Rasulullah saw. bersabda, yang artinya "Wahai manusia telah kutinggalkan atas kalian hal-hal yang bila kalian berpegang teguh dengannya niscaya tidak akan sesat selamanya, yaitu kitabullah dan sunahku."

Rasulullah saw. biasa membuka khutbah beliau dengan bersabda, "Sebaik-baik perkataan adalah kitab Allah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad."

Itulah beberapa perintah sekaligus rekomendasi dari Allah dan Rasul-Nya agar kaum muslimin selalu berpegang teguh dengan Islam dan menjadikannya sebagai pedoman hidup, undang-undang dasar dan aqidah.

Dengan demikian tidak ada alasan takut berpegang teguh dengan ajaran Islam. Seorang muslim selama ia berada dalam kerangka Islam yang benar, tidaklah perlu takut dengan berbagai tuduhan dan celaan yang dilontarkan oleh pihak lain. Allah SWT berfirman yang artinya, "Dan tidak takut kepada celaan orang-orang yang mencela." (Al-Maidah: 54).

Maasyiral muslimin rahimakumullah!
Islam adalah agama yang sempurna. Ia mampu menjawab seluruh persoalan kehidupan manusia. Karena itu kaum muslimin tidak memerlukan sistem yang lain, atheisme, liberalisme, materialisme, nasionalisme, demokrasi maupun isme-isme buatan manusia yang lain. Cukuplah Alquran dan sunah sebagai panduan dan yang akan membawa mereka menuju keselamatan, keadilan, ketentraman, dan kebahagiaan, sebagaimana ditegaskan dalam hadis di atas. Tidak ada keselamatan dan kebahagiaan selama Alquran dan sunah tidak dijadikan pedoman hidup, karena kebenaran keduanya adalah mutlak.

Maka dari sinilah, kaum muslimin perlu menyadari dan berbenah diri untuk selalu berpegang teguh dengan Alquran dan sunah, ke mana keduanya bergerak ke arah situlah kaum muslimin harus bergerak.

Hari ini saat kaum kafir menguasai, mengatur dan mengontrol dunia dengan hawa nafsu, semua pintu kemaksiatan terbuka dengan lebar dan kerusakan akhlak terjadi di mana-mana, maka kepentingan untuk berpegang teguh dengan Islam yang shahih sangat kita perlukan.

Rasululalh saw. bersabda yang artinya, "Sesungguhnya iman itu bisa usang sebagaimana usangnya pakaian. Karena itu mohonlah kepada Allah supaya memperbaiki iman kalian." (HR Ahmad, Al Hakim, hasan)

Maasyiral muslimin rahimakumullah!
Ada beberapa sarana yang dapat mengantarkan kita untuk berpegang teguh dengan Islam. Di antaranya adalah:
1. Mengikuti dan mentadabburi Alquran. Alquran adalah tali Allah yang kokoh dan cahaya yang terang. Siapa berpegang teguh dengannya, Allah akan menjaganya dari kesesatan. Siapa yang mengikutinya, Allah akan menyelematkannya. Siapa mengajak untuk mengikuti Alquran, Allah akan menunjukkan ke jalan yang lurus. Alquran diturunkan secara berangsur-angsur bertujuan untuk mengokohkan dan meneguhkan hati Rasulullah dan kaum mukminin. (Al-Maidah: 32-33).

2. Komitmen dengan syareat Allah, menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya dan senantiasa beramal saleh. Allah SWT berfirman yang artinya, "Allah akan meneguhkan orang-orang yang beriman dengan perkataan yang teguh di dunia dan akherat." (Ibrahim: 27) perkataan yang teguh di dunia artinya kebajikan dan amal shaleh, sedang di akherat artinya mampu menjawab pertanyaan malaikat di alam kubur.

3. Keteguhan berislam tidak akan diperoleh oleh orang yang hanya berpangku tangan dan malas beramal shaleh. Rasulullah saw. bersabda menganjurkan kepada para sahabatnya agar bersegera dan berlomba-lomba dalam beramal saleh. Amalan yang beliau sukai adalah yang dikerjakan secara rutin sekalipun sedikit. Beliau juga mencontohkan, bila beramal selalu ditekuni. Dalam hadits qudsi disebutkan yang artinya, "Hamba-Ku akan selalu mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunah sampai Aku mencintainya." (Fathul bari 11/340, Ahmad 6/256)

4. Mentadabburi dan mempelajari kisah-kisah para nabi dan sholihin dan mengambil suri tauladan dari mereka.
Kisah keteguhan Nabi Ibrahim a.s. dihadapan raja yang zalim, keteguhan ashaabul ukhdud, tukang sihir Fir'aun ketika menerima siksaan dan kisah lainnya yang menunjukkan keteguhan dalam mengahdapi siksaan, teror, intimidasi dan ujian berat lainnya akan sangat berpengaruh bagi seorang mukmin yang mengahadapi berbagai ujian dakwah.
Semua kisah tersebut akan membangkitkan semangat dan kesadaran untuk selalu meneladani mereka. Allah SWT berfirman yang artinya, "Dan semua kisah para rasul kami ceritakan kepadamu, dengannya Kami teguhkan hatimu. Dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran, pelajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman." (QS Huud: 120)

5. Doa. Hati selalu bergejolak bahwa gejolaknya lebih keras dari gejolak air yang mendidih. Permisalannya bagai sehelai bulu ayam yang diterbangkan oleh angin, kadang beriman di pagi hari namun kafir di sore harinya atau sebaliknya.

Berdoa semoga hati diteguhkan dalam iman dan islam adalah mutlak, tidak boleh tidak. Allah SWT berfirman yang artinya, "Wahai Rabb kami, janganlah Engkau sesatkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk." Ummu Salamah menyatkan bahwa Rasulullah saw. banyak berdoa dengan doa yang artinya, "Wahai orang yang membolak-bolikkan hati, teguhkanlah hati kami diatas dien-Mu." (HR Tirmidzi: 3517)

6. Zikir. Tatkala pasukan Islam berhadapan dengan musuh di medan perang, yang Allah perintahkan adalah, "Wahai oarng-orang yang beriman, jika kalian bertemu dengan sekelompok musuh maka teguhlah kalian di tempat dan berdzikirlah yang banyak supaya kamu menang." (Al-Anfaal: 45)

Zikir merupakan senjata handal untuk meneguhkan iman. Ketika seorang berdzikir, syaithan akan menjauh darinya. Namun, bila ia lalai, syaithan akan menggodanya. Ketika seseorang berzikir imannya akan bertambah.

7. Tarbiyah. Pembinaan yang intensif sangat berperan dalam meneguhkan iman. Rasulullah tidak pernah jemu dan bosan dalam membina para shahabatnya di Makkah, dan kita melihat Khabab bin Arts, Mushab bin Umair, Bilal bin Rabah dan sederet sahabat lainnya yang sabar dan tabah saat mendapatkan ujian dari kaum kuffar.

Tanpa adanya tarbiyah nabawiyah mungkinkah mereka mampu tegar bak batu karang ? Tentu saja tidak. Kaum muslimin saat ini sangat membutuhkan pembinaan dalam semua aspek kehidupan, dari yang pokok, yaitu akidah shalihah sampai dengan ekonomi, sosial, pendidikan, militer, iptek dan bidang lainnya.

Islam membina dan menyeimbangkan kepentingan jasad dan ruh. Untuk itu seluruh kaum muslimin harus mengambil bagian. Masyarakatnya siap dibina, sementara para tokoh agama dan pengajar siap membina.

Inlah sebagian sarana yang meneguhkan seseorang dengan dinnya. Sarana lainnya adalah seperti sabar, akhlak yang mulia dan mengerti hakekata kebatilan.
Maasyiral muslimin rahimakumullah!
Sikap berpegang teguh dengan din akan nampak selama seorang muslim masih hidup di dunia, karena dunia ini pada dasarnya adalah medan ujian bagi seorang hamba.

Seorang muslim dituntut untuk selalu teguh dan kokoh dengan prinsip-prinsip Islam saat menghadapi berbagai fitnah. Sejak dari fitnah harta, kedudukan, keluarga, sampai fitnah terbesar di akhir zaman yaitu fitnah dajjal.

Seorang muslim dituntut untuk teguh di tempat dan tidak melarikan diri dari medan jihad. Karena lari dari medan jihad adalah dosa besar. Ketika sedang menggali parit sebelum perang Ahzab, Rasulullah saw. bersabda yang artinya, "Dan kokohkanlah telapak kaki jika bertemu dengan musuh."

Seorang muslim dituntut untuk selalu teguh dengan prinsipnya, sebagaimana tersebut dalam firman Allah yang artinya, "Di antara orang-orang mukmin itu ada yang menepati janjinya kepada Allah. Di antara mereka ada yang gugur(syahid) dan ada pula yang menunggu-nunggu untuk syahid. Dan sedikitpun mereka tidak merobah (janjinya)." (Al-Ahzab: 23)

Seorang muslim juga dituntut untuk selalu berpegang teguh dengan diennya sampai ia menghembuskan nafas terakhirnya. Allah berfirman yang artinya, "Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa dan janganlah sekali-kali mati kecuali dalam keadaan muslim." (Ali Imran: 102)

Akhir kata, kondisi umat Islam saat ini memang sangat memperihatikan. Sebagian besar dari mereka jauh dari ajaran Islam yang benar. Karena itu kehidupan mereka juga tidak tertata dengan aturan Islam. Tidak heran kalu akhirnya mereka hanya menjadi sasaran empuk musuh-musuh Islam. Semoga seluruh kaum muslimin menyadari ini dan bangkit mengambil terapi yang tepat sesuai dengan konsep nabi. Wallahu a'lam bish showab.
Al-Islam, Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by SEGOROWEDI on Wed Feb 01, 2012 10:47 am

yang musuhi islam itu hati nurani dan Tuhan..
(paranoid banget)

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by mang odoy on Fri Feb 03, 2012 2:50 am

@SEGOROWEDI wrote:yang musuhi islam itu hati nurani dan Tuhan..
(paranoid banget)

Itu adalah jawaban yang pake pantat lagi mules...

Yang BENAR adalah.....JUDAISME yang punya lambang bintang segi empat...dan satu lagi...KAMBING KAMBING TRINITAS yang punya lambang TIANG JEMURAN...buat jemur kutang nenek.


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by SEGOROWEDI on Fri Feb 03, 2012 7:36 am

gak ada manusia yang musuhi islam (cuman paranoidnya sendiri sejak era muhammad)
yang memusuhi adalah hati nuraninya sendiri dan Tuhan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by mang odoy on Mon Feb 06, 2012 9:36 pm

@SEGOROWEDI wrote:gak ada manusia yang musuhi islam (cuman paranoidnya sendiri sejak era muhammad)
yang memusuhi adalah hati nuraninya sendiri dan Tuhan

waduuhhh POLOS banget sih jawaban lu wed....
ahh..bener bener lu KRISTEN KAMPRING...kurang informasi.....wkwkwkwkwk

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by SEGOROWEDI on Tue Feb 07, 2012 7:09 am

sedari dulu juga karena kecurigaan dan sensinya muhammad sendiri
manusia lain berpikir dan bekerja keras bagaimana memberi kontribusi
bagi manusia dan kemanusiaan, islam mikirin jihad dan perang mulu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by mang odoy on Wed Feb 08, 2012 7:15 pm

@SEGOROWEDI wrote:sedari dulu juga karena kecurigaan dan sensinya muhammad sendiri
manusia lain berpikir dan bekerja keras bagaimana memberi kontribusi
bagi manusia dan kemanusiaan, islam mikirin jihad dan perang mulu

Tuhh kan keliatan kalo lu tu kambing trinitas made in Gunung Kidul...he he he..

Yang suka perang di jaman sekarang agamanya apa tong...??? KRISTEN...para zombie zombie kristen amerika yang DI DALANGI oleh ZIONIS..

Karena emang KRISTEN adalah ZOMBIE ZOMBIE nya ZIONIS..

Ammpyyuunnnnn dah kafir ini...komen kok ketuker sama kentut.

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by SEGOROWEDI on Thu Feb 09, 2012 7:22 am

zionis hanya membela diri
menghadapi hit and run nya hamas

pun gak ada hubungannya dengan agama
apalagi kristen

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by mang odoy on Thu Feb 09, 2012 2:42 pm

@SEGOROWEDI wrote:zionis hanya membela diri
menghadapi hit and run nya hamas

MO:
Waduhh...emang bener bener CEKAK pengetahuan lu wed..
Gw tanya nih...
Beneran lu kagak tau apa apa tentang GERAKAN ZIONIS...??
Biar gw telanjangin sekalian disini...
Kali aja mata lu MELEK....kecuali emang mata lu dah BOCOS sejak lahir....


pun gak ada hubungannya dengan agama
apalagi kristen

MO:
Jawab dulu pertanyaan gw diatas...biar gw GEBER SEKALIAN disini...



mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by SEGOROWEDI on Fri Feb 10, 2012 8:00 am

zionis hubungannya dengan kristen apa?
silakan digeber!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by mang odoy on Fri Feb 10, 2012 9:59 pm

@SEGOROWEDI wrote:zionis hubungannya dengan kristen apa?
silakan digeber!

nihhh...makannn...!!

http://id.wikipedia.org/wiki/Zionisme_Kristen

Kristen Zionisme adalah suatu keyakinan diantara orang-orang Kristen bahwa kembalinya orang-orang Yahudi ke Tanah Perjanjian, dan pembentukan dari negara Israel pada tahun 1948. Adalah sesuai dengan nubuat Alkitab. Istilah Kristen Zionisme dipopulerkan pada pertengahan abad ke-20.

Beberapa Kristen Zionis meyakini bahwa "berkumpulnya" orang-orang Yahudi di Israel adalah suatu prasyarat untuk Kedatangan Kedua Yesus Kristus. Keyakinan ini utamanya berhubungan dengan Dispensasionalisme Kristen meskipun tidak secara eksklusif. Ide bahwa orang Kristen harus secara aktif mendukung kembalinya orang-orang Yahudi ke Tanah Israel, bersamaan dengan ide paralel bahwa orang Yahudi harus didorong untuk menjadi Kristen, sebagai sarana pemenuhan nubuat Alkitab telah umum di kalangan Protestan sejak Reformasi.

Banyak dari Kristen Zionis menyakini bahwa orang Israel tetaplah umat pilihan Tuhan, bersama-sama dengan Kristen non-Yahudi yang “dicangkokkan” Roma 11:17-24. Efek inilah yang membuat Kristen Zionis menjadi pendukung Zionisme Yahudi.


Kalo pengen LEBIH LENGKAP lagi...lu baca versi yang ini..

http://en.wikipedia.org/wiki/Christian_Zionism

================================================================
Yang ini malah LEBIH LENGKAP lagi...apa itu CHRISTIAN ZIONISM...

http://www.cdn-friends-icej.ca/czionism.html


http://www.christianzionism.org/

================================================================

Segitu aja dulu...ge pengen tau...apa lu masih bisa nge b a chot apa tidak..

Sebelum gw TERJEMAHIN semua artikel di link tersebut...

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by SEGOROWEDI on Sat Feb 11, 2012 10:45 am

"berkumpulnya" orang-orang Yahudi di Israel adalah suatu prasyarat untuk Kedatangan Kedua Yesus Kristus

ada referensinya di alkitab kagak ya dong?
ayo digeberin..!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by mang odoy on Wed Feb 15, 2012 8:47 pm

@SEGOROWEDI wrote:"berkumpulnya" orang-orang Yahudi di Israel adalah suatu prasyarat untuk Kedatangan Kedua Yesus Kristus

ada referensinya di alkitab kagak ya dong?
ayo digeberin..!

lhoo...katanya maren lu nanya ke gini..??
"..zionis hubungannya dengan kristen apa?
silakan digeber!.."


apa mata lu picek....dah dibaca lom...??
sebelum gw TERJEMAHIN tu isi LINK diatas...

Lu nanya gw jawab dengan link diatas...nafa jadi melengos ke alkitab...??
makanya kalo jadi kambing..yang gaul...jangan muter muter di nusantara doang..
buka mata...buka wawasan..

KRISTEN ZIONIS yang gw suguhin ke depan muka lu adalah KENYATAAN skarang ini...

Kalo lu ternyata cuman spesies KRISTEN SOLO...ya itu bukan urusan gw...

Yang jelas..pertanyaan lu dah terjawab...tinggal gw terjemahin...biar MELEK semua kambing trinitas disini...


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by SEGOROWEDI on Thu Feb 16, 2012 11:28 am

kristen itu referensinya Kristus
referensinya Alkitab
itu berlaku bagi kristen manapun dan siapapun
termasuk 'kristen' zionis

mana referensi 'kristen' zionis, dong bodong?
mo nggeber, kok mlepek..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by mang odoy on Fri Feb 17, 2012 2:06 am

@SEGOROWEDI wrote:kristen itu referensinya Kristus
referensinya Alkitab
itu berlaku bagi kristen manapun dan siapapun
termasuk 'kristen' zionis

mana referensi 'kristen' zionis, dong bodong?
mo nggeber, kok mlepek..

dah dibaca semua lom LINK yang gw kasih...???

jangan sampe gw bikin nyunsep.

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: berpegang teguh pada agama islam, tidak pada yang lain

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik