FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Halaman 6 dari 25 Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 15 ... 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Tue Nov 01, 2011 12:35 am

First topic message reminder :

:mon2: :mon2: :mon2:
pencerahan...!
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Tue Nov 29, 2011 12:15 pm

@SEGOROWEDI wrote:semoga tidak adalagi yang memaksakan menyamakan malaikat dan iblis
dan yang disuruh sujud adalah malaikat

coba jelaskan alasan rasional alloh atas pertanyaan iblis ini:
- apa dasarnya malaikat harus sujud pada adam?

setelah itu back to laptop
- kenapa kalau dirancang sebagai kalifah di bumi, turunnya dari sorga karena ulah iblis (baca: kena hukuman)?
- bagaimana turnnya dari sorga ke bumi?
bukan memaksakan tetapi justruh andah yg tidak mau menerimah penjelasan muslim.

Mengapah malakikat mestih hormat/sujud padah adam?
Karenah malaikat adalah "bawahan/pelayan" bagih manusiah.

Pertanyaan yg terus andah ulang2....jikah penjelasan sayah sebelumnyah ttg peristiwah tersebut tidak dapat andah terimah ya gemanah lagih...sayah kibarkan bendera putih.
nyerah

carah adam tutun ke surga adalah samah dengan carah yesus naik ke surga...
bisakah andah terimah?

@segorowedi...
sayah hanyah butuh komen andah berikutnyah utk dapat memutuskan bahwah apakah sayah bersediah menemani andah atau membiarkan andah di forum inih di bagian manapun.....


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 29, 2011 12:33 pm

@abu hanan wrote:
bukan memaksakan tetapi justruh andah yg tidak mau menerimah penjelasan muslim.

Mengapah malakikat mestih hormat/sujud padah adam?
Karenah malaikat adalah "bawahan/pelayan" bagih manusiah.

Pertanyaan yg terus andah ulang2....jikah penjelasan sayah sebelumnyah ttg peristiwah tersebut tidak dapat andah terimah ya gemanah lagih...sayah kibarkan bendera putih.
nyerah

carah adam tutun ke surga adalah samah dengan carah yesus naik ke surga...
bisakah andah terimah?

@segorowedi...
sayah hanyah butuh komen andah berikutnyah utk dapat memutuskan bahwah apakah sayah bersediah menemani andah atau membiarkan andah di forum inih di bagian manapun.....

iya,
memang masih sulit saya terima karena faktanya memang malaikat beda dengan iblis
bahan baukunya beda, dan secara spesifik punya nama masing-masing

dalam hal apa malaikat melayani manusia?
setahuku yang dilayani malaikat adalah Tuhan, ia diperintah ini dan itu

soal cara turun, saya minta penjelasan quran/hadis
tidak perlu pakai referensi kiab lain, bisa/ada?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Tue Nov 29, 2011 1:01 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:
bukan memaksakan tetapi justruh andah yg tidak mau menerimah penjelasan muslim.

Mengapah malakikat mestih hormat/sujud padah adam?
Karenah malaikat adalah "bawahan/pelayan" bagih manusiah.

Pertanyaan yg terus andah ulang2....jikah penjelasan sayah sebelumnyah ttg peristiwah tersebut tidak dapat andah terimah ya gemanah lagih...sayah kibarkan bendera putih.
nyerah

carah adam tutun ke surga adalah samah dengan carah yesus naik ke surga...
bisakah andah terimah?

@segorowedi...
sayah hanyah butuh komen andah berikutnyah utk dapat memutuskan bahwah apakah sayah bersediah menemani andah atau membiarkan andah di forum inih di bagian manapun.....

iya,
memang masih sulit saya terima karena faktanya memang malaikat beda dengan iblis
bahan baukunya beda, dan secara spesifik punya nama masing-masing

dalam hal apa malaikat melayani manusia?
setahuku yang dilayani malaikat adalah Tuhan, ia diperintah ini dan itu

soal cara turun, saya minta penjelasan quran/hadis
tidak perlu pakai referensi kiab lain, bisa/ada?
di awal diskusih udah sayah jelaskan bahwah "carah turun" tidak dijelaskan/dirincih sehinggah hal tsb menjadikan sayah mengajak andah ttg logikah yg samah dengan kenaikan yesus di surga.yg pastih kitab andah pun tidak menerangkan dengan kendaraan/cara.

malaikat melayani manusia dalam hal apah?
kan udah andah uraikan "malaikat diperintah tuhan ini dan ituh" termasuk perintah tuhan adalah malaikat berdoah bagih kebaikan manusiah.

Jika tuhan memerintahkan malaikat membantuh manusiah,bukankah ituh juga berartih malaikat adalah pembantuh/pelayan manusiah?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 29, 2011 1:40 pm

@abu hanan wrote:
di awal diskusih udah sayah jelaskan bahwah "carah turun" tidak dijelaskan/dirincih sehinggah hal tsb menjadikan sayah mengajak andah ttg logikah yg samah dengan kenaikan yesus di surga.yg pastih kitab andah pun tidak menerangkan dengan kendaraan/cara.

malaikat melayani manusia dalam hal apah?
kan udah andah uraikan "malaikat diperintah tuhan ini dan ituh" termasuk perintah tuhan adalah malaikat berdoah bagih kebaikan manusiah.

Jika tuhan memerintahkan malaikat membantuh manusiah,bukankah ituh juga berartih malaikat adalah pembantuh/pelayan manusiah?

kalau tidak dijelaskan, bilang aja buntu (atau tidak tahu)
di alkitab, adam-hawa ditempatkan di bumi, mereka hanya diusir keluar taman ketika mlakukan pelanggaran

itu berarti melayani Tuhan, yang dijalaninya adalah perintah Tuhan
bukan perintah manusia

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by Jagona on Sat Jan 21, 2012 2:05 pm

Umumnya para mufasir mwnerjemahkan ayat 38/77 adalah sebagai berikut :

Ayat 38/77 Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu dari 'surga', sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk,

Padahal disana dikatakan 'minha' (padanya), barangkali terpengaruh oleh istilah 'Jannah' yang diartikan dengan surga. Seharusnya diartikan dengan 'kebun'. Yang namanya kebun siapapun bisa masuk
Jadi terjemah ayat 38/77 menjadi ;
Ayat 38/77 ; DIA berkata : "Keluarlan dari padanya (MINHA), bahwa engkau diancam".
:gatot:

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 24, 2012 1:36 pm

kebun atau sorga?
atau kebun di sorga?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Tue Jan 24, 2012 2:30 pm

@SEGOROWEDI wrote:kebun atau sorga?
atau kebun di sorga?
terjemahan


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 24, 2012 3:07 pm

terjemahannya salah?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Tue Jan 24, 2012 4:14 pm

@SEGOROWEDI wrote:terjemahannya salah?
yg baca terjemahan dan menafsirkan sak enak udele yg salah


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Mon Jan 30, 2012 12:59 pm

tafsir yang bener apa:
- surga? atau
- kebun?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Mon Jan 30, 2012 3:52 pm

@SEGOROWEDI wrote:tafsir yang bener apa:
- surga? atau
- kebun?
minta arti atau minta tafsir?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Mon Jan 30, 2012 4:02 pm

dua-duanya..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Mon Jan 30, 2012 4:31 pm

baca dari awal.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 31, 2012 8:36 am

ngeles dot com

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Tue Jan 31, 2012 11:21 am

@SEGOROWEDI wrote:ngeles dot com
mbulet dot com


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 31, 2012 2:26 pm

Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini . yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim

aroma contekan amat terasa...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Tue Jan 31, 2012 2:42 pm

@SEGOROWEDI wrote:Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini . yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim

aroma contekan amat terasa...
awalnya...dengan tengah dan akhir yg beda.caranya nyontek gimana?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Tue Jan 31, 2012 3:21 pm

soal makan buah itu lho, mirip banget..

btw
iblis diusir dari sorga, kok adam juga diusir?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by bedah tipis on Tue Jan 31, 2012 7:46 pm

@BAKUL KOPI wrote: :mon2: :mon2: :mon2:
pencerahan...!
SODARAKU IBLIS ITU SISI GELAP DARI ALLOH SWT...SAMPAI HARI INI SORGA ISLAM PENUH DENGAN PENGGODA YAKNI IBLIS/JIN BERMATA JELI...SIAP MENGGODA MUJAHID2 ..
avatar
bedah tipis
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 95
Join date : 29.01.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abugosok on Fri Feb 03, 2012 11:01 pm

Menurut kitab Genesis peristiwa tentang Adam itu terjadinya di Firdaus bukan di Sorga.

abugosok
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 5
Join date : 03.02.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by Jagona on Sat Feb 04, 2012 11:10 am

@sun-moon wrote:
Maksud dari ‘keduanya’ adalah the Adam & Eve…

peristiwa 'tergodanya' Adam & Eve oleh Iblis --> menjadi penyebab dan momentum (ketentuan waktu) dari ketentuan/ketetapan 'replacement' all of them dari tempat yang namanya 'sorga' ke tempat yang namanya 'muka bumi'.

QS.7:24. Allah berfirman: "Turunlah kamu sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan".
[/quote]

Ma'af, aku cuma mau ikut nimbrung dikit ...............
1. Alquran tidak pernah memberikan nama EVE maupun HAWA bagi istri Adam. Jadi janganlah ikut-ikut Kristen menamakan Eve atau Hawa bagi istri Adam.
Anda bisa memeriksanya pada QS.2;35 dan QS.7;19.
QS.2;35 : Dan KAMI katakan : "Hai Adam tinggalah engkau dan istrimu ..............
QS.7;19 : "Hai Adam tingalah engkau dan istrimu ...........................................

2. Tergodanya Adam untuk melakukan pertumbuhan (syajarah), menunjukan bahwa Adam sudah cukup dewasa untuk dijadikan khalifah di Bumi.

3. peristiwa 'tergodanya' Adam & istrinya oleh Iblis --> menjadi penyebab dan momentum (ketentuan waktu) dari ketentuan/ketetapan 'replacement' all of them dari tempat yang namanya 'sorga' ke tempat yang namanya 'muka bumi'.
Peristiwa ini bukan terjadi di "Sorga" tetapi di KEBUN (JANNAH) tempat tinggal di planet Muntaha (planet ke 10, terjauh, terpinggir, terbesar)
QS.2;35 : Dan KAMI katakan : "Hai Adam tinggalah engkau dan istrimu di kebun (jannah) itu, dan makanlah ............................................................................
QS.7;19 : "Hai Adam tingalah engkau dan istrimu di kebun (jannah) itu, makanlah yang ......... ...........................................


nice info nice info nice info nice info nice info


Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Sat Feb 04, 2012 1:28 pm

[36] Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”.

maksudnya digelincirkan itu apa?
di surga ada setan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Sat Feb 04, 2012 4:07 pm

@SEGOROWEDI wrote:soal makan buah itu lho, mirip banget..

btw
iblis diusir dari sorga, kok adam juga diusir?
lha pengertian buah itu apa menurut kristen?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by Jagona on Sat Feb 04, 2012 5:24 pm

@SEGOROWEDI wrote:[36] Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”.

maksudnya digelincirkan itu apa?
di surga ada setan?

Nih aku kasih terjemahan ayat di atas, agar uwa lebih paham :

QS.2;36 : Maka syetan memperdaya keduanya tentang itu, maka dia mengeluarkan keduanya dari apa yang keduanya ada padanya, dan KAMI katakan ; "Turunlah (ke Bumi), setengan kamu adalah musuh bagi setengahnya, dan untukmu di Bumi itu ada hal yang ditentukan dan kelengkapan sampai pada waktunya".

:gatot: :gatot: :gatot:

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by SEGOROWEDI on Sun Feb 05, 2012 8:54 am

@abu hanan wrote:
lha pengertian buah itu apa menurut kristen?

semua boleh dimakan, kecuali satu
mirip

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 25 Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 15 ... 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik