FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Halaman 2 dari 25 Previous  1, 2, 3 ... 13 ... 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Tue Nov 01, 2011 12:35 am

First topic message reminder :

:mon2: :mon2: :mon2:
pencerahan...!
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Wed Nov 02, 2011 6:05 pm

@bayo_lubis wrote:@Bro Bakul Kopi:
Bila iblis tdk boleh ke sorga, lantas bagaimana iblis akan menyesatkan Adam (sesuai permintaaanya yg dikabulkan Allah)? Atau Adam pernah keluar dari sorga?
permintaan iblis gimana ya pak bayo kumis.? :3: (becanda pak,sumfah ane demen ama kumisnya) :3:

[38:82] Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya
[38:83] kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka

so yg disesatkan sebenernya adam atow turunan adam...?

Nah Loh semakin ribet. :3:
:evil: :twisted: :evil: :twisted: :evil: :twisted: :evil: :twisted:
si iblis pun angguk-angguk geleng-geleng.....!
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by bayo_lubis on Wed Nov 02, 2011 7:45 pm

@Bro Abu Hanan:
Maaf, Bro. Membantu bagaimana maksudnya? Membantu siapa?
@Bro BK:
Siapa yg disesatkan iblis? Kan udah terbukti bro? Bknkah setelah digoda iblis, Adam dan Hawa melakukan pelanggaran?
avatar
bayo_lubis
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 17
Kepercayaan : Islam
Location : Mandailing Natal, Sumatera Utara
Join date : 07.10.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by bayo_lubis on Wed Nov 02, 2011 7:51 pm

@Bro BK:
Soal kumis, hahaha...
Blm sempat bikin foto terbaru, Bro, bkn hanya kumis, dg rambut gondrong dan jenggot.
:3:
avatar
bayo_lubis
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 17
Kepercayaan : Islam
Location : Mandailing Natal, Sumatera Utara
Join date : 07.10.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Thu Nov 03, 2011 12:06 am

@bayo_lubis wrote:
@Bro BK:
Siapa yg disesatkan iblis? Kan udah terbukti bro? Bknkah setelah digoda iblis, Adam dan Hawa melakukan pelanggaran?
berarti kan iblis masih boleh masuk ke syurga dong pak.?
hmmmm..... bukannya perintah Allah kepada iblis juga udah jelas buanget.?
[38:77] Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk,
[38:78] Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan".

hayooooo..... masa Al Quran kontradiksi...? :evil: ga mungkin ach, pasti ada penjelasannya disini
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by bayo_lubis on Thu Nov 03, 2011 12:24 am

@Bro BK:
Ini bkn mutar2, tp kembali lagi ke atas. Bila iblis ga boleh masuk ke sorga, bagaimana dia akan menyesatkan Adam? Atau Adam pernah keluar dari sorga.
Bgmn kl sorga itu bkn kita analogikan sbgai rumah, seperti bro tulis di atas, tp sbagai kota?
avatar
bayo_lubis
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 17
Kepercayaan : Islam
Location : Mandailing Natal, Sumatera Utara
Join date : 07.10.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Thu Nov 03, 2011 12:39 am

@bayo_lubis wrote:@Bro BK:
Ini bkn mutar2, tp kembali lagi ke atas. Bila iblis ga boleh masuk ke sorga, bagaimana dia akan menyesatkan Adam? Atau Adam pernah keluar dari sorga.
Bgmn kl sorga itu bkn kita analogikan sbgai rumah, seperti bro tulis di atas, tp sbagai kota?

apakah bisa saya ambil point dari penjelasan pak bayo sbb :
iblis tidak boleh tinggal di syurga tp kalo cuman sekedar lewat sambil towel2 / cubit2 adam gpp
begitu ya pak.?
hehehe maaf klo salah
afwan
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by bayo_lubis on Thu Nov 03, 2011 5:31 am

@Bro BK:
Sesuai topik ini, pernahkah Adam keluar dari sorga?
avatar
bayo_lubis
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 17
Kepercayaan : Islam
Location : Mandailing Natal, Sumatera Utara
Join date : 07.10.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Thu Nov 03, 2011 11:19 am

@bayo_lubis wrote:@Bro BK:
Sesuai topik ini, pernahkah Adam keluar dari sorga?
lah bukannya "IYA" pak... adam n hawa keluar dr syurga setelah adam memakan buah khuldi (simak lengkapnya disini "khuldi gate") lalu pakaian adam n hawa mlorot.... :scratch: :scratch: jd bingung ane pak bayo
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by bayo_lubis on Thu Nov 03, 2011 3:34 pm

@Bro BK:
Kok sepertinya gak nyambung, Bro? Sesuai topik ini, maksudnya, sblm Adam terjerumus godaan Iblis, pernahkah Adam keluar dari syurga?
avatar
bayo_lubis
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 17
Kepercayaan : Islam
Location : Mandailing Natal, Sumatera Utara
Join date : 07.10.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Thu Nov 03, 2011 3:37 pm

@bayo_lubis wrote:@Bro Abu Hanan:
Maaf, Bro. Membantu bagaimana maksudnya? Membantu siapa?
@Bro BK:
Siapa yg disesatkan iblis? Kan udah terbukti bro? Bknkah setelah digoda iblis, Adam dan Hawa melakukan pelanggaran?
jgn jawab pertanyaan @BK...sampaih adah buktih pelunasan tagihan yg nyangkut hehehe...
ketawa guling

@BK..
mbok yah pertanyaannyah satuh duluh sampe selese....jadih pelebaran gak sampe rancuh...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by bayo_lubis on Thu Nov 03, 2011 4:24 pm

@Bro Abu Hanan:
Baiklah kalau begitu. Untuk sementara, saya 'menskorsing' diri dulu... (istilahnya amburadul ya)
:3:
avatar
bayo_lubis
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 17
Kepercayaan : Islam
Location : Mandailing Natal, Sumatera Utara
Join date : 07.10.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Thu Nov 03, 2011 5:57 pm

@bayo_lubis wrote:@Bro BK:
Kok sepertinya gak nyambung, Bro? Sesuai topik ini, maksudnya, sblm Adam terjerumus godaan Iblis, pernahkah Adam keluar dari syurga?
nah yg saya maksud adl.....
adam memakan buah khuldi itu kan karena dasar godaan dan sumpah palsu iblis.?
berarti....
setelah iblis ga mau hormat kpd adam...iblis di usir dr surga oleh Alloh
namun adam masih tinggal di syurga kan bro...
sampai saat dimana adam terbujuk rayuan iblis utk maem khuldi
nah kenapa iblis bisa membujuk adam utk maem khuldi.?
padahal posisi adam masih di syurga dan iblis sudah terusir dr syurga

ane ngrasa aneh nih

*gus abu.... semakin rumit...semakin lama pelunasannya... :nono: :nono: :nono:
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Thu Nov 03, 2011 6:01 pm

@abu hanan wrote:
@bayo_lubis wrote:@Bro Abu Hanan:
Maaf, Bro. Membantu bagaimana maksudnya? Membantu siapa?
@Bro BK:
Siapa yg disesatkan iblis? Kan udah terbukti bro? Bknkah setelah digoda iblis, Adam dan Hawa melakukan pelanggaran?
jgn jawab pertanyaan @BK...sampaih adah buktih pelunasan tagihan yg nyangkut hehehe...
ketawa guling

@BK..
mbok yah pertanyaannyah satuh duluh sampe selese....jadih pelebaran gak sampe rancuh...

oke2....

pertanyaan pertama....

apakah pada awal penciptaan adam,beliow tinggal di surga.?

pertanyaan ke dua....

apakah iblis juga tingga disurga saat adam diciptakan,lalu terusir dari surga ketika iblis tak mau hormat kepada adam...?

monggoh....!

ga jawab = invoice melayang ketawa guling ketawa guling ketawa guling
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by Admin on Thu Nov 03, 2011 8:09 pm

@BAKUL KOPI wrote:
@bayo_lubis wrote:@Bro BK:
Kok sepertinya gak nyambung, Bro? Sesuai topik ini, maksudnya, sblm Adam terjerumus godaan Iblis, pernahkah Adam keluar dari syurga?
nah yg saya maksud adl.....
adam memakan buah khuldi itu kan karena dasar godaan dan sumpah palsu iblis.?
berarti....
setelah iblis ga mau hormat kpd adam...iblis di usir dr surga oleh Alloh
namun adam masih tinggal di syurga kan bro...
sampai saat dimana adam terbujuk rayuan iblis utk maem khuldi
nah kenapa iblis bisa membujuk adam utk maem khuldi.?
padahal posisi adam masih di syurga dan iblis sudah terusir dr syurga

ane ngrasa aneh nih

*gus abu.... semakin rumit...semakin lama pelunasannya... :nono: :nono: :nono:
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by Admin on Thu Nov 03, 2011 8:21 pm

@BAKUL KOPI wrote:
@bayo_lubis wrote:@Bro BK:
Kok sepertinya gak nyambung, Bro? Sesuai topik ini, maksudnya, sblm Adam terjerumus godaan Iblis, pernahkah Adam keluar dari syurga?
nah yg saya maksud adl.....
adam memakan buah khuldi itu kan karena dasar godaan dan sumpah palsu iblis.?
berarti....
setelah iblis ga mau hormat kpd adam...iblis di usir dr surga oleh Alloh
namun adam masih tinggal di syurga kan bro...
sampai saat dimana adam terbujuk rayuan iblis utk maem khuldi
nah kenapa iblis bisa membujuk adam utk maem khuldi.?
padahal posisi adam masih di syurga dan iblis sudah terusir dr syurga

ane ngrasa aneh nih

*gus abu.... semakin rumit...semakin lama pelunasannya... :nono: :nono: :nono:
ketawa guling ketawa guling ketawa guling

Mari kita buka suroh Al-A'rof ayat 11-22..

Ada yang unik, jika kita menyimak Suroh Al-A'rof ayat dari 11-19 maka kita akan dapati sosok antagonis=Iblis (sosok yg berubah peran menjadi antagonis, padahal sebelumnya adalah makhluk ta'at) yang mengambil peran/tokoh utama si pembuat masalah...

Namun...
Penggunaan kata Iblis lenyap/terpotong sampai di ayat ke-18 seiring dengan Alloh SWT yang mengusir Iblis...

Penyebutan Sosok antagonis berikut-nya atau pada ayat berikutnya tidak lagi disebut Iblis, melainkan Syaitan, ada apa dengan perubahan kata ini..??

Sosok Syaitan ini-lah yang disebut2 berhasil menghasut/menipu/memberi sebuah tipuan/sumpah palsu kepada Adam as & hawa agar memakan Buah terlarang tersebut...

Apakah makhluk yang diusir dari surga itu (Iblis), berbeda dengan penyebutan sosok Syaitan yang menghasut Nabi Adam as pada ayat 20-27..??

Memang jika ditelusuri bahwa Iblis juga merupakan golongan jin, dan jin juga termasuk syaitan, tapi ada apa dibalik perubahan penyebutan tokoh antagonis pada ayat diatas..??

Kalau menurut saya, bahwa sosok yang berhasil menghasut Adam/hawa bukanlah sosok yang diusir oleh Allah SWT dari surga yaitu Iblis, melainkan sosok yang mungkin memang tinggal disurga dan masih bersekutuan dengan Iblis...
Koreksi kalau salah...

:surban: :surban:
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Thu Nov 03, 2011 10:27 pm

@Admin wrote:Kalau menurut saya, bahwa sosok yang berhasil menghasut Adam/hawa bukanlah sosok yang diusir oleh Allah SWT dari surga yaitu Iblis, melainkan sosok yang mungkin memang tinggal disurga dan masih bersekutuan dengan Iblis...
Koreksi kalau salah...
[/color]
:surban: :surban:
Apakah seperti cerita versi salibis.?
ular berkaki.?
yg di adaptasi oleh beberapa ustadz,lalu diceritakan kepada santrinya bahwa yg membujuk adam adl ular berkaki (yg tidak lain adl antek2 iblis ataupun jelmaan iblis itu sendiri) melalui hawa,setelah hawa termakan oleh perkataan si ular,barulah hawa mempengaruhi adam.
:surban: :surban: :surban: :surban:
:study: :study: :study: :study:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by sun-moon on Fri Nov 04, 2011 7:10 am

begini mas sekuriti (TS),,
di dalam QS 38:77,, maksud iblis 'keluar' dari sorga itu adalah bahwa dia sudah bukan lagi penduduk resmi di komplex 'jannah regency'....
tapi, belum saatnya juga untuk pindah tempat ke 'jahanam distrik'...karena QS 38: 79 & 80 --> iblis diberi tangguh (pending)...

jadi yang menghuni di 'jannah regency' adalah penghuni baru yaitu: Adam & Hawa...yang sangat dicemburui & dibenci oleh penghuni lama (iblis),,
Al-Baqarah 35
وَقُلْنَا يَا آدَمُ اسْكُنْ أَنتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلاَ مِنْهَا رَغَداً حَيْثُ شِئْتُمَا وَلاَ تَقْرَبَا هَـذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الْظَّالِمِينَ
Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini . yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim
dan warning buat Adam terhadap godaan iblis di: QS.Ta-Ha: 117-118,,,
nah, disitu iblis melihat 'kesempatan' emas untuk 'menjerumuskan' Adam & Hawa biar sama2 terpuruk atau paling tidak diusir juga dari 'daftar penghuni resmi jannah regency'...
sehingga, si iblis banyak keluar masuk komplex itu regency (walaupun gak masuk rumah) cukup di jalanan komplex saja sambil 'bisik2' promosi dagangan (tipuannya) --> nah, yang potensi 'ketipu' kan kebanyakan juga memang ibu-ibu...(hobby belanja, termasuk belanja gosip)...

===>
sebentar, sampai tahap ini, clear yah? bahwa:
- Adam & Hawa: official penghuni jannah regency menggantikan the old one: the evil/devil..
- Iblis: luntang-lantung gak jelas, di jannah diusir, ke neraka masih di pending,...akhirnya, mondar-mandir di sekitar komplex jannah regency di luar tempat tinggal (rumah) nya Adam & Hawa, sering nyamar jadi tukang sayur, tukang beling, dan tukang2 tipu lainnya (sambil bawa barang dagangan: bisikan2 yang menggoda utk bisa dibeli Hawa)....
===>

Ok, singkat cerita, akhirnya iblis berhasil 'ngejual barangnya',,,
QS.Al-A'raf 22,,QS.Ta-Ha 121,,QS.Al-Baqarah 36,,,
dan terjadilah:
QS.Al-Baqarah 38:
قُلْنَا اهْبِطُواْ مِنْهَا جَمِيعاً فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّي هُدًى فَمَن تَبِعَ هُدَايَ فَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ
Kami berfirman: "Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati".

tahap I tujuan iblis tercapai, bahwa Adam & Hawa pun telah sama2 'dicopot/dicoret' dari daftar resmi penghuni 'jannah regency' kemudian semuanya (rombongan tsb), sama2 diturunkan ke muka bumi,,,
- Adam & Hawa beserta keturunannya adalah untuk dijadikan khalifah di muka bumi & diuji kapabilitasnya untuk menyandang kembali 'official resident of jannah regency'....
- Iblis & keturunannya (syetan2/jin2 kafir) --> tujuan tahap II: misi menggoda & merekrut keturunan Adam sebanyak-banyaknya utk ikut menghuni 'jahannam distrik' (karena Iblis & keturunannya sudah fixed sebagai penghuni resmi disana nanti)...
QS.Al-Hijr (15) Ayat: 39
قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الأَرْضِ وَلأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ
15.39. Iblis berkata : "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,

Demikian, kelemahan manusia (Adam a.s.) yang lemah terhadap godaan Iblis via desakan (cintanya) kepada Hawa....
Lumayan terobati oleh peristiwa besar keturunannya (nabi Ibrahim a.s.), dengan berhasil lulus ujian (lebih memilih cinta ikhlas kepada Yang Maha Cinta daripada cinta kpd putra tercinta/Ismail as.),,dan lulus ujian dari bujuk rayu Iblis yang terus menggodanya hingga titik 'penyembelihan' nafs keduniawian karena Allah ta'ala (lillahi ta'ala)....

Selamat hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1432 H)....
:3: :surban: :3:
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by sun-moon on Fri Nov 04, 2011 7:16 am

@Admin wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@bayo_lubis wrote:@Bro BK:
Kok sepertinya gak nyambung, Bro? Sesuai topik ini, maksudnya, sblm Adam terjerumus godaan Iblis, pernahkah Adam keluar dari syurga?
nah yg saya maksud adl.....
adam memakan buah khuldi itu kan karena dasar godaan dan sumpah palsu iblis.?
berarti....
setelah iblis ga mau hormat kpd adam...iblis di usir dr surga oleh Alloh
namun adam masih tinggal di syurga kan bro...
sampai saat dimana adam terbujuk rayuan iblis utk maem khuldi
nah kenapa iblis bisa membujuk adam utk maem khuldi.?
padahal posisi adam masih di syurga dan iblis sudah terusir dr syurga

ane ngrasa aneh nih

*gus abu.... semakin rumit...semakin lama pelunasannya... :nono: :nono: :nono:
ketawa guling ketawa guling ketawa guling

Mari kita buka suroh Al-A'rof ayat 11-22..

Ada yang unik, jika kita menyimak Suroh Al-A'rof ayat dari 11-19 maka kita akan dapati sosok antagonis=Iblis (sosok yg berubah peran menjadi antagonis, padahal sebelumnya adalah makhluk ta'at) yang mengambil peran/tokoh utama si pembuat masalah...

Namun...
Penggunaan kata Iblis lenyap/terpotong sampai di ayat ke-18 seiring dengan Alloh SWT yang mengusir Iblis...

Penyebutan Sosok antagonis berikut-nya atau pada ayat berikutnya tidak lagi disebut Iblis, melainkan Syaitan, ada apa dengan perubahan kata ini..??

Sosok Syaitan ini-lah yang disebut2 berhasil menghasut/menipu/memberi sebuah tipuan/sumpah palsu kepada Adam as & hawa agar memakan Buah terlarang tersebut...

Apakah makhluk yang diusir dari surga itu (Iblis), berbeda dengan penyebutan sosok Syaitan yang menghasut Nabi Adam as pada ayat 20-27..??

Memang jika ditelusuri bahwa Iblis juga merupakan golongan jin, dan jin juga termasuk syaitan, tapi ada apa dibalik perubahan penyebutan tokoh antagonis pada ayat diatas..??

Kalau menurut saya, bahwa sosok yang berhasil menghasut Adam/hawa bukanlah sosok yang diusir oleh Allah SWT dari surga yaitu Iblis, melainkan sosok yang mungkin memang tinggal disurga dan masih bersekutuan dengan Iblis...
Koreksi kalau salah...

:surban: :surban:

Iblis adalah nama dari: the 1st Jin (bapaknya Jin) dan the 1st Syetan.
Syetan adalah gelar makhluk terkutuk/laknatullah...
:surban:
Adam adalah nama the 1st Manusia.
Manusia adalah sebutan makhluk termulia.... :)
:surban:
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by BAKUL KOPI on Fri Nov 04, 2011 11:11 am

@sun-moon wrote:begini mas sekuriti (TS),,
di dalam QS 38:77,, maksud iblis 'keluar' dari sorga itu adalah bahwa dia sudah bukan lagi penduduk resmi di komplex 'jannah regency'....
tapi, belum saatnya juga untuk pindah tempat ke 'jahanam distrik'...karena QS 38: 79 & 80 --> iblis diberi tangguh (pending)...

jadi yang menghuni di 'jannah regency' adalah penghuni baru yaitu: Adam & Hawa...yang sangat dicemburui & dibenci oleh penghuni lama (iblis),,
Al-Baqarah 35
وَقُلْنَا يَا آدَمُ اسْكُنْ أَنتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلاَ مِنْهَا رَغَداً حَيْثُ شِئْتُمَا وَلاَ تَقْرَبَا هَـذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الْظَّالِمِينَ
Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini . yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim
dan warning buat Adam terhadap godaan iblis di: QS.Ta-Ha: 117-118,,,
nah, disitu iblis melihat 'kesempatan' emas untuk 'menjerumuskan' Adam & Hawa biar sama2 terpuruk atau paling tidak diusir juga dari 'daftar penghuni resmi jannah regency'...
sehingga, si iblis banyak keluar masuk komplex itu regency (walaupun gak masuk rumah) cukup di jalanan komplex saja sambil 'bisik2' promosi dagangan (tipuannya) --> nah, yang potensi 'ketipu' kan kebanyakan juga memang ibu-ibu...(hobby belanja, termasuk belanja gosip)...

===>
sebentar, sampai tahap ini, clear yah? bahwa:
- Adam & Hawa: official penghuni jannah regency menggantikan the old one: the evil/devil..
- Iblis: luntang-lantung gak jelas, di jannah diusir, ke neraka masih di pending,...akhirnya, mondar-mandir di sekitar komplex jannah regency di luar tempat tinggal (rumah) nya Adam & Hawa, sering nyamar jadi tukang sayur, tukang beling, dan tukang2 tipu lainnya (sambil bawa barang dagangan: bisikan2 yang menggoda utk bisa dibeli Hawa)....
===>

Ok, singkat cerita, akhirnya iblis berhasil 'ngejual barangnya',,,
QS.Al-A'raf 22,,QS.Ta-Ha 121,,QS.Al-Baqarah 36,,,
dan terjadilah:
QS.Al-Baqarah 38:
قُلْنَا اهْبِطُواْ مِنْهَا جَمِيعاً فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّي هُدًى فَمَن تَبِعَ هُدَايَ فَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ
Kami berfirman: "Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati".

tahap I tujuan iblis tercapai, bahwa Adam & Hawa pun telah sama2 'dicopot/dicoret' dari daftar resmi penghuni 'jannah regency' kemudian semuanya (rombongan tsb), sama2 diturunkan ke muka bumi,,,
- Adam & Hawa beserta keturunannya adalah untuk dijadikan khalifah di muka bumi & diuji kapabilitasnya untuk menyandang kembali 'official resident of jannah regency'....
- Iblis & keturunannya (syetan2/jin2 kafir) --> tujuan tahap II: misi menggoda & merekrut keturunan Adam sebanyak-banyaknya utk ikut menghuni 'jahannam distrik' (karena Iblis & keturunannya sudah fixed sebagai penghuni resmi disana nanti)...
QS.Al-Hijr (15) Ayat: 39
قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الأَرْضِ وَلأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ
15.39. Iblis berkata : "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,

Demikian, kelemahan manusia (Adam a.s.) yang lemah terhadap godaan Iblis via desakan (cintanya) kepada Hawa....
Lumayan terobati oleh peristiwa besar keturunannya (nabi Ibrahim a.s.), dengan berhasil lulus ujian (lebih memilih cinta ikhlas kepada Yang Maha Cinta daripada cinta kpd putra tercinta/Ismail as.),,dan lulus ujian dari bujuk rayu Iblis yang terus menggodanya hingga titik 'penyembelihan' nafs keduniawian karena Allah ta'ala (lillahi ta'ala)....

Selamat hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1432 H)....
:3: :surban: :3:
intinya.......
saat iblis menggoda Adam,posisi iblis emang sdh terusir tp tidak 100% terusir.....
saya analogikan begini... mbah abu kontrak rumah di desa maju mundur, dua tahun kemudian masa kontrakan abis namun mbah abu ga bisa memperpanjang kontrak karena udah pailit....
si pemilik rumah pun mengusir mbah abu... harusnya mbah abu angkat kaki hari itu juga (kalo ada hitam diatas putih dgn saksi n notaris telat satu hari denda sejuta ketawa guling ) tapi berhubung si pemilik rumah baik hati,maka mbah abu diberi tenggang waktu seminggu utk mengusung / mengangkut barang2nya (pakai jasa logistik atau dipikul sendiri yah) dan si pemilik rumah tidak hanya memberi tenggang satu minggu tapi juga bonus tikar satu meter utk alas tdr mbah abu sementara serta duit utk bayar jasa logistik.... begitu.?
wah skenarionya cakep yah....sutradanya siapa eta mah mang sunmoon.?
tenggang waktu sdh jelas maksudnya.
tiker disini saya maksud adalah "tangguh" yg diberikan kpd iblis
duit saya maksudkan sbg berhasilnya iblis membujuk hawa / adam
:nono: :nono:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by sun-moon on Fri Nov 04, 2011 11:39 am

@BAKUL KOPI wrote:
@sun-moon wrote:begini mas sekuriti (TS),,
di dalam QS 38:77,, maksud iblis 'keluar' dari sorga itu adalah bahwa dia sudah bukan lagi penduduk resmi di komplex 'jannah regency'....
tapi, belum saatnya juga untuk pindah tempat ke 'jahanam distrik'...karena QS 38: 79 & 80 --> iblis diberi tangguh (pending)...

jadi yang menghuni di 'jannah regency' adalah penghuni baru yaitu: Adam & Hawa...yang sangat dicemburui & dibenci oleh penghuni lama (iblis),,
Al-Baqarah 35
وَقُلْنَا يَا آدَمُ اسْكُنْ أَنتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلاَ مِنْهَا رَغَداً حَيْثُ شِئْتُمَا وَلاَ تَقْرَبَا هَـذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الْظَّالِمِينَ
Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini . yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim
dan warning buat Adam terhadap godaan iblis di: QS.Ta-Ha: 117-118,,,
nah, disitu iblis melihat 'kesempatan' emas untuk 'menjerumuskan' Adam & Hawa biar sama2 terpuruk atau paling tidak diusir juga dari 'daftar penghuni resmi jannah regency'...
sehingga, si iblis banyak keluar masuk komplex itu regency (walaupun gak masuk rumah) cukup di jalanan komplex saja sambil 'bisik2' promosi dagangan (tipuannya) --> nah, yang potensi 'ketipu' kan kebanyakan juga memang ibu-ibu...(hobby belanja, termasuk belanja gosip)...

===>
sebentar, sampai tahap ini, clear yah? bahwa:
- Adam & Hawa: official penghuni jannah regency menggantikan the old one: the evil/devil..
- Iblis: luntang-lantung gak jelas, di jannah diusir, ke neraka masih di pending,...akhirnya, mondar-mandir di sekitar komplex jannah regency di luar tempat tinggal (rumah) nya Adam & Hawa, sering nyamar jadi tukang sayur, tukang beling, dan tukang2 tipu lainnya (sambil bawa barang dagangan: bisikan2 yang menggoda utk bisa dibeli Hawa)....
===>

Ok, singkat cerita, akhirnya iblis berhasil 'ngejual barangnya',,,
QS.Al-A'raf 22,,QS.Ta-Ha 121,,QS.Al-Baqarah 36,,,
dan terjadilah:
QS.Al-Baqarah 38:
قُلْنَا اهْبِطُواْ مِنْهَا جَمِيعاً فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّي هُدًى فَمَن تَبِعَ هُدَايَ فَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ
Kami berfirman: "Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati".

tahap I tujuan iblis tercapai, bahwa Adam & Hawa pun telah sama2 'dicopot/dicoret' dari daftar resmi penghuni 'jannah regency' kemudian semuanya (rombongan tsb), sama2 diturunkan ke muka bumi,,,
- Adam & Hawa beserta keturunannya adalah untuk dijadikan khalifah di muka bumi & diuji kapabilitasnya untuk menyandang kembali 'official resident of jannah regency'....
- Iblis & keturunannya (syetan2/jin2 kafir) --> tujuan tahap II: misi menggoda & merekrut keturunan Adam sebanyak-banyaknya utk ikut menghuni 'jahannam distrik' (karena Iblis & keturunannya sudah fixed sebagai penghuni resmi disana nanti)...
QS.Al-Hijr (15) Ayat: 39
قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الأَرْضِ وَلأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ
15.39. Iblis berkata : "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,

Demikian, kelemahan manusia (Adam a.s.) yang lemah terhadap godaan Iblis via desakan (cintanya) kepada Hawa....
Lumayan terobati oleh peristiwa besar keturunannya (nabi Ibrahim a.s.), dengan berhasil lulus ujian (lebih memilih cinta ikhlas kepada Yang Maha Cinta daripada cinta kpd putra tercinta/Ismail as.),,dan lulus ujian dari bujuk rayu Iblis yang terus menggodanya hingga titik 'penyembelihan' nafs keduniawian karena Allah ta'ala (lillahi ta'ala)....

Selamat hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1432 H)....
:3: :surban: :3:
intinya.......
saat iblis menggoda Adam,posisi iblis emang sdh terusir tp tidak 100% terusir.....
saya analogikan begini... mbah abu kontrak rumah di desa maju mundur, dua tahun kemudian masa kontrakan abis namun mbah abu ga bisa memperpanjang kontrak karena udah pailit....
si pemilik rumah pun mengusir mbah abu... harusnya mbah abu angkat kaki hari itu juga (kalo ada hitam diatas putih dgn saksi n notaris telat satu hari denda sejuta ketawa guling ) tapi berhubung si pemilik rumah baik hati,maka mbah abu diberi tenggang waktu seminggu utk mengusung / mengangkut barang2nya (pakai jasa logistik atau dipikul sendiri yah) dan si pemilik rumah tidak hanya memberi tenggang satu minggu tapi juga bonus tikar satu meter utk alas tdr mbah abu sementara serta duit utk bayar jasa logistik.... begitu.?
wah skenarionya cakep yah....sutradanya siapa eta mah mang sunmoon.?
tenggang waktu sdh jelas maksudnya.
tiker disini saya maksud adalah "tangguh" yg diberikan kpd iblis
duit saya maksudkan sbg berhasilnya iblis membujuk hawa / adam
:nono: :nono:

dari analogi mas sekuriti diatas, masih ada yg kurang;
- siapa faktor pengganti (yg akan ngisi) rumah kontrakan itu setelah Abu 'diusir'? --> Adam mau dianalogikan dgn siapa/apa?
- tempat baru si mas Abu harus ditentukan juga dan statement bahwa ia diharamkan untuk tinggal di rumah kontrakan asal itu...--> neraka mau dianalogikan dgn sebutan apa?
- sebab terusirnya Abu (krn pailit saja) ini kurang cocok dgn skenario 'Adam - Iblis'....,, kecuali...(titik2..) nah,,ditambahin mas...sebab2 pailitnya...

btw, untuk 'tiker' mungkin OK itu ada korelasinya dengan ayat tsb diatas yaitu:
'warning' dari sang Pemilik, bahwa walaupun Adam & Hawa di surga, masih memungkinkan untuk komunikasi (digoda) oleh Iblis;
QS.Ta-Ha 117-118
فَقُلْنَا يَا آدَمُ إِنَّ هَذَا عَدُوٌّ لَّكَ وَلِزَوْجِكَ فَلَا يُخْرِجَنَّكُمَا مِنَ الْجَنَّةِ فَتَشْقَى
Maka Kami berkata: "Hai Adam, sesungguhnya ini (iblis) adalah musuh bagimu dan bagi isterimu, maka sekali-kali janganlah sampai ia mengeluarkan kamu berdua dari surga, yang menyebabkan kamu menjadi celaka

karena ada 'tangguh' di QS 38: 79 & QS.38: 80 tsb diatas...,,,itu bener....

untuk 'duit' nanti dulu mas....
tuh, buktinya yang saya singgung sebelumnya, bagi nabi Ibrahim a.s. justru malah gak ngaruh,,..
memang disayangkan, utk kasus Adam 'terusir' dari sorga,,itu duit lumayan ngaruh,,...kalah sama Iblis, Adam nya....
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by abu hanan on Sat Nov 05, 2011 12:36 am

@BAKUL KOPI wrote:
oke2....

pertanyaan pertama....

apakah pada awal penciptaan adam,beliow tinggal di surga.?
yup...dengan batasan makna bahwah surga beliow BERBEDA dgn surga pasca kiyamat.

@BAKUL KOPI wrote:pertanyaan ke dua....

apakah iblis juga tingga disurga saat adam diciptakan,lalu terusir dari surga ketika iblis tak mau hormat kepada adam...?

monggoh....!

ga jawab = invoice melayang ketawa guling ketawa guling ketawa guling
yup....kemudian andah bertanyah" kok bisah masuk lagih?"

yup...apakah ke-come back-nyah iblis adalah dengan wujud fisiknyah?inih yg harus ditelaah.Sayah justruh memahaminyah buginih...
iblis diusir dari surga tetapih diijinkan "numpang" di hatih/jiwah manusia.
Keputusan adam utk melanggar larangan adalah karenah iblis menjadikan baik "menu khuldi" sedangkan nabi adam uda "berniat" mencicipih menu tsb.

Pool pemberhentian adah di An Naas.Bahwah setan/iblis diijinkan beradah di alam/wilayah hatih (menimbulkan dan mengomporih hatih utk waswas)..

secarah maknah,iblis diusir adalah dilarang menikmatih "surga" bersama2 nabi adam.kaloh jumat depan si iblis bertobat dan menjadih muslim seutuhnyah udah tentu Allah akan menyambutnyah dengan rahman dan rahim.Kitah tungguh ajah,apakah iblis pd jumat depan mau bertobat...

monggoh brow...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by Yishmael Avrahami on Sat Nov 05, 2011 1:35 am

Mungkin ini bisa membantu :

قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ
Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu (Iblis) dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk (Shaad 77)


وَجَاءَ رَجُلٌ مِنْ أَقْصَى الْمَدِينَةِ يَسْعَى قَالَ يَامُوسَى إِنَّ الْمَلَأَ يَأْتَمِرُونَ بِكَ لِيَقْتُلُوكَ فَاخْرُجْ إِنِّي لَكَ مِنَ النَّاصِحِينَ

Dan datanglah seorang laki-laki dari ujung kota bergegas-gegas seraya berkata: "Hai Musa, sesungguhnya pembesar negeri sedang berunding tentang kamu untuk membunuhmu, sebab itu keluarlah (dari kota ini) sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang memberi nasehat kepadamu". (Al Qashash 20)

kata فَاخْرُجْ adalah berupa perintah tegas yg harus ditaati dan bukan berupa keputusan final....


nah kalo sudah merupakan keputusan maka menggunakan kata اهْبِطُوا

فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ

Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan." (Al-Baqarah 36)
avatar
Yishmael Avrahami
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 272
Kepercayaan : Islam
Location : Neturei Karta
Join date : 10.10.11
Reputation : 4

http://www.nkusa.org/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by mang odoy on Sun Nov 06, 2011 5:33 am

ada apa lagi negh.... rame bener keknya.... :D

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by sun-moon on Sun Nov 06, 2011 1:51 pm

@mang odoy wrote:ada apa lagi negh.... rame bener keknya.... :D

sok mang,,,,nyumbang lagu dimari.... :3:

gimana di atas kapal mang? motong hewan qurban gak? hehehehe.....
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by mang odoy on Mon Nov 07, 2011 6:07 am

@sun-moon wrote:
@mang odoy wrote:ada apa lagi negh.... rame bener keknya.... :D

sok mang,,,,nyumbang lagu dimari.... :3:

gimana di atas kapal mang? motong hewan qurban gak? hehehehe.....

wahhh...boro boro TO IMPALE alias NYATE... :D

yang ada mah...kapal dihajar ombak mulu...tau nih..Samudra Atlantik ngamuk mulu....makanya sekarang sekarang ini..ane belum bisa 'full version'....banyaknya jadi 'cheerleader' aja.... my head lieur terus..... :3:

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah tlh mengusir iblis dari syurga, mengapa iblis blh msk kedlm syurga utk menggodai Adam

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 25 Previous  1, 2, 3 ... 13 ... 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik