FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

kisah musa dan samiri

View previous topic View next topic Go down

kisah musa dan samiri

Post by keroncong on Mon Mar 05, 2012 6:34 pm

al-Qur'an banyak menyimpan jutaan pesona. Salah satu pesona yang dimunculkannya adalah sejumlah kisah keajaiban dari makhluk yang dikasihi Allah. Namun al-Qur'an juga merekam kisah keajaiban lain yang berujung pada kesesatan.

Kisah Samiri direkam dalam al-Qur'an surat Thaha: 85-98. Begitu dahsyatnya keajaiban yang dimiliki Samiri sehingga ummat Nabi Musa banyak yang berpaling dari tauhid dan menyembah patung anak lembu yang bisa bersuara. Saat kejadian itu berlangsung, Nabi Musa sedang menerima 10 perintah Allah dan Nabi Harun sedang bersama-sama ummat Nabi Musa. Ummat Nabi Musa sendiri baru saja lolos dari kejaran Fir'aun. Mereka sendiri sudah menyaksikan bagaimana laut terbelah oleh tongkat Musa. Namun patung anak lembu berhasil mengecoh mereka ketika patung itu berkata, "Inilah Tuhanmu dan Tuhan Musa, tetapi Musa telah lupa.

Ketika Musa as menyaksikan keajaiban patung emas yang dibuat Samiri, berkata Musa, "Apakah yang mendorongmu (berbuat demikian) Hai Samiri?" Samiri menjawab, "Aku mengetahui sesuatu yang mereka tidak mengetahuinya, maka aku ambil segenggam dari jejak Rasul lalu aku melemparkannya dan demikianlah nafsuku membujukku." (QS. Thaha 95-96)

Konon para ahli tafsir berbeda pandangan tentang apa yang dimaksud dengan "jejak Rasul". Sebagian mengatakan bahwa ketika Bani Israil menyeberangi Laut Merah, Samiri melihat malaikat Jibril berjalan di hadapannya menunggang kuda. Rasul di situ adalah Jibril. Ia mengambil tanah yang diinjak oleh malaikat. Tanah itu dimasukan ke dalam adonan patung emas yang dibikinnya. Dengan "berkat"" tanah itu, patung itu mempunyai kekuatan gaib. Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Rasul di situ adalah Nabi Musa as.

Terlepas dari apa yang dimaksud dengan jejak dan siapa yang dimaksud dengan rasul di situ, Al-Qur'an sebenarnya memberikan berbagai pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah seorang fasik dan sesat yang mampu memiliki kekuatan supranatural dengan mengambil 'jejak Rasul'.

Adakah kawan-kawan yang hendak berbagi pemahaman dan pelajaran tentang kisah di atas? Adakah kawan-kawan yang bersedia menuliskan di sini hasil bacaannya terhadap kisah di atas? Monggo (Jawa).....Mangga (Sunda)......Pisang-Jeruk-Duren (Ciputat)..


berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik. yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah taurat Tuhan, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam (MAZMUR 1:1-2).


keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 57
Male
Age: 60
Posts: 4177
Location: di rumah saya
Job/hobbies: posting2
Join date: 2011-11-09

Back to top Go down

Re: kisah musa dan samiri

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 06, 2012 8:34 am

NYONTEK
Kel. 32:1-36 tapi setahunya saja

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 29445
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: kisah musa dan samiri

Post by dangdutman on Sat Mar 17, 2012 11:01 pm

SEGOROWEDI wrote:NYONTEK
Kel. 32:1-36 tapi setahunya saja

tunjukin perikopnya yg lengkap, jangan asal tuduh

dangdutman
KOPRAL
KOPRAL

Total Like dan Thanks: 2
Male
Posts: 25
Join date: 2012-03-17

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum