FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

WUJUD ALAM

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

WUJUD ALAM

Post by Jagona on Sun Mar 11, 2012 10:44 am


Ayat 95/4 : Sesungguhnya KAMI ciptakan manusia pada perwujudan yang lebih baik.
Ayat 95/5 : Kemudian KAMI kembalikan dia pada kerendahan yang lebih rendah.
Ayat 95/6 : Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, maka untuk mereka upah yang tidak dibatasi.

Manusia diberi hati atau mental. Mental ini harus digunakan untuk berpikir tentang laba dan rugi dalam hidup. Berpikir laba rugi inilah yang dimaksud dengan moral menurut istilah masyarakat umum. Moral begini tidak diberikan ALLAH kepada makhluk konkrit lainnya, karenanya mereka hidup tanpa ujian, dan mereka hanya diciptakan untuk kebutuhan hidup manusia yang diuji.
Kalau diperinci wujud alam yang didapati di dunia, maka semuanya terbagi dalam lima bagian, demikian pula konstruksi wujud ;

Wujud Alam
1. Ruh : Yaitu yang datang dari ALLAH waktu mana makhluk dikatakan hidup, dan dikatakan mati ketika wujud itu kembali kepada ALLAH.
2. Fisik : Yaitu tubuh konkrit, yang memiliki ukuran berat dan ukuran besar.
3. Aktivitas : Yaitu tindakan konkrit, defensif atau ofensif, juga gerak pada pertumbuhan dan perubahan.
4. Mental : Yaitu hati atau tubuh abstrak yang merasakan duka, suka, cinta, sakit dan senang.
5. Moral : Yaitu tindak batin atau abstrak untuk rencana laba rugi, berujung dengan resiko.

Konstruksi Wujud Alam
1. Manusia : Yaitu yang memiliki ruh, fisik, aktivitas, mental, moral, dan jadi konstruksi alam tertinggi karena memliki moral yang berujung dengan resiko bagi ujian hidup. Manusia memiliki 5 wujud alam.
2. Hewan : Yaitu yang memiliki ruh, fisik, aktivitas, dan mental tanpa moral. Demikian dia mempunyai otak tanpa rencana laba rugi. Hidupnya tidak dalam ujian, dan kerananya hewan tidak berusaha mengubah keadaan di sepanjang zaman. Hewan mempnmyai 4 wujud alam
3. Jin : Yaitu yang memiliki ruh, mental dan moral berujung dengan risiko ujian hidup. Karenanya Jin itu ada yang beriman dan ada pula yang kafir. Jin memiliki 3 wujud alam.
4. Malaikat : yaitu yang memiliki ruh dan mental, tanpa moral. Demikian dia patuh dengan keadaan yang sama di sepanjang zaman. Malaikat memiliki 2 wujud alam.
5. Materi : yaitu benda jumud, memiliki fisik dan aktivitas dalam pertumbuhan dan perubahan, tanpa mental danm tanpa moral. Materi memiliki 2 wujud alam.

Pada semua wujud dan konstruksi alam ini terkandung ketentuan tersendiri dari ALLAH, baik dia atom di ujung pena maupun bintang di angkasa, begitupun pada manusia dan jin dengan segala bangsa-bangsanya. Semuanya berumur, berkeadaan dan bernasib yang telah digariskan ALLAH. Tentang ini perhatikan maksud ayat-ayat ; 54/49, 57/22, 76/30.
Diantara lima macam konstruksi wujud alam tadi hanya manusia dan jin hidupnya diuji di dunia ini. Kedua makhluk ini diberi moral untuk pertimbangan laba rugi, semua geraknya berujung dengan risiko.
Khusus untuk manusia risikonya adalah ;
Risiko Alamiah : Yaitu tanggung jawab sebagai penguasa Bumi dengan segala isinya dan udaranya, ayat 2/29, dan risiko ini mungkin diterimanya di dunia kini, tetapi pasti ditemuinya di akhirat nanti.
Risiko Insaniah : Yaitu tanggung jawab makhluk tertinggi dengan moral untuk laba rugi dalam setiap geraknya. Risiko ini diterimanya dalam hubungannya dengan masyarakat kini dan pasti diberikan kepadanya di Akhirat nanti, aayat 3/112.
Risiko Ilmiah : Yaitu tanggung jawab diri yang diberi ilmu pengetahuan baik melalui kegiatan penyelidikan, maupun melalui Kitab Suci ALLAH yang disampaikan kepadanya. Risiko ini akan menjuruskan kepada Surga atau Neraka di Akhirat nanti, ayat 103/2-3


nice info nice info nice info

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik