FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Jangan Diberikan Kepada Yang Bukan Ahli

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Jangan Diberikan Kepada Yang Bukan Ahli

Post by Saruman on Tue Mar 20, 2012 4:11 pm

Ada yang mengatakan: Janganlah disampaikan kecuali pada ahlinya. Ini mazhab Imam ats-Tsaury dan yang lain.

Ada yang menegaskan: Disampaikan pada ahlinya dan pada yang bukan ahlinya. Karena ilmu pengetahuan akan menjaga sisi lain dibanding sekadar menyampaikan kepada yang bukan ahlinya. Inilah mazhab Imam al-Junaid ra, karena pernah ditanyakan padanya, “Sudah seberapa sering engkau mengajak pada Allah, di hadapan orang-orang awam?”

Beliau menjawab, “Namun, yang sebenarnya aku ini mengajak orang-orang awam ke hadapan Allah…”

Maksudnya, Imam Al-Junaid mengingatkan mereka hal-hal yang bisa mengembalikan mereka kepada Allah Swt, sehingga argumentasi menjadi jelas bagi kaum Sufi, sekaligus menegaskan pada yang lain. Yang benar adalah, bahwa perbedaan aturan itu menurut perbedaan rangkaian hubungan dan macam ragamnya.

Keahlian pada suatu hal menuntut keharusan penyerahan kepada yang berhak menerimanya (ahlinya), karena ia akan menjalankan menurut kemampuannya., dan memposisikannya sesuai dengan tempatnya.

Siapa yang bukan ahlinya, maka ia akan menyia-nyiakannya. Itulah umumnya. Yang tidak umum, ia membawanya untuk mencari salah satu macam keahlian.
Wallahu A’lam.
avatar
Saruman
KOPRAL
KOPRAL

Female
Posts : 25
Join date : 04.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik