FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Halaman 7 dari 8 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by abu hanan on Fri Mar 30, 2012 11:32 am

First topic message reminder :

Kesalahan bodoh dan berakibat fatal yang dilakukan sebagian kalangan baik muslim maupun non muslim dalam menafsirkan Al Quran adalah menafsirkan Al Quran berdasarkan bahasa terjemahan dan yang menjadi semakin parah adalah para penafsir instan tersebut tidak memiliki hubungan dekat dengan Al Quran minimal membaca dengan khatam tiap bulan sekali.

Benarkah Al Quran menyatakan bumi adalah DATAR sehingga timbul pengertian DIHAMPARKAN atau DIBENTANGKAN?
Anda bisa temui/jumpai banyak ayat Al Quran mengandung kata “Al Ardhu” utk bumi. Kata tersebut berasal dari "Warudhu" kemudian "Wardhuuu" hingga menjadi "Ardhu" atau "Ardhun", dan arti sebenarnya adalah Tanah Bulat.

Jadi,mengapa Allah harus membuat ayat yang khusus menjelaskan lagi bahwa bumi itu bulat?Mengapa pula Allah memerintahkan manusia agar berpikir lebih banyak?Atau anda begitu bodoh sehingga jika saya berkata pada anda,”bangunan A adalah lingkaran”.Lalu anda bertanya pada saya,”yang bulat itukah?”.Begitu bodohkah anda?

Pemilihan kata sudah menunjukkan bumi itu tanah yang bulat (Ardhu).Anda tidak akan menjumpai dalam bahasa terjemahan ayat Al Quran yang menegaskan bumi itu bulat kecuali anda mempelajari juga dari bahasa Arab sebagai bahasa asli Al Quran.
Termasuk pemilihan kata dunia untuk bumi adalah kosa kata bahasa Arab utk "bumi" (Bahasa Indonesia) adalah "Dun ya" asal kata bentukan dari "Danawaa" bisa diartikan seperti "lingkungan" atau "tempat hidup".

Jika diartikan lebih luas dan melihat pemilihan kata dun ya serta ardhu dalam berbagai konteks ayat maka akan terbentuk pengertian “tanah yang bulat dan terdapat kehidupan padanya”.

itu aja....


Terakhir diubah oleh abu hanan tanggal Thu Jul 21, 2016 9:10 am, total 1 kali diubah


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by dee-nee on Thu Aug 04, 2016 12:07 am

@isaku wrote:Yang pasang surut dulu ya  piss

Penjelasan mb Dee cukup panjang sih ... tapi saya tidak sarankan jawaban ini digunakan untuk menjawab pertanyaan anaknya yang SD atau ponakannya misalnya.    menurut saya terlalu melebar   piss

Mengapa coba?  kita teliti  satupersatu deh:

mb Dee wrote:merah underline : justru itu ... jangankan air dalam gelas yang cuma beberapa gram ... air lautan yang berton2 saja tidak bisa langsung terbang ke bulan hanya karena efek gravitasi bulan >>> kenapa coba ??

kalau tentang permukaan air dalam gelas yang tidak cembung : ya sudah ... coba sekarang anda buat gelas selebar/seluas laut jawa (dengan kedalaman hampir sama juga dengan laut jawa) ... lalu anda isi gelas itu dengan air ... dan kita lihat apakah air dalam gelas tersebut cembung atau tidak

hijau : bukan diskriminasi sebetulnya ... tapi memang itulah prinsip keadilan universal ... wakakakakaka

>>> karena justru ga adil dong ah kalau menyamakan lautan dengan air dalam gelas >>> dari sudut keluasan, volume, dan kedalamannya saja sudah beda jauh

mmm... ok lah .... tapi itu bukan jawaban kan.... kalau hanya sekedar prinsip keadilan universal, g adil dong orang kaya dikasih fasilitas, yang miskin tidak mendapat fasilitas... lautnya udah kaya, bisa goyang2 pula.... air kolam udah dikit,.... tidak mendapat fasilitas digoyang2. DISKRIMINASI  piss

biru : ya kalau bicara sama anak sd ... cukup saya bilang : bahwa terjadinya pasang surut laut tidak hanya melibatkan satu atau dua faktor ... tapi banyak faktor .... contohnya rujukan saya itu (minimal) ... hehehehehehe

piss  piss

merah : apakah dikasih vs memberi fasilitas .. itu mah tinggal dituker aja kosa kata-nya >>> kenapa kalimat-nya ga dibuat begini ... bahwa yang kaya perlu memberi fasilitas ... dan yang miskin ga perlu memberi fasilitas >>> yang underline ini bukannya sudah sesuai dengan prinsip keadilan ??

bahwa faktanya ... karena kondisi dan karakter-nya memang beda ... maka perlakuannya juga beda

sisanya : kalau seperti itu kalimat-nya >>> maka dalam analogi kaya vs miskin diatas ... itu sama saja seperti menuntut baik si kaya dan si miskin SAMA2 memberi/mendapat fasilitas tanpa melihat perbedaan diantara keduanya >>> yang seperti ini bukannya malah ga adil ??

btw ... uraian tentang prinsip keadilan universal itu .... garis besar-nya sih yang bold ungu ini .... itu saja kok

------------------------------------------------------------

@isaku wrote:
mb Dee wrote:Faktor Penyebab Terjadinya Pasang Surut Air Laut

1. Berdasarkan teori keseimbangan, penyebab pasang surut air laut adalah rotasi bumi pada sumbunya, revolusi bulan terhadap matahari, revolusi bumi terhadap matahari.

2. Berdasarkan teori dinamis, penyebab pasang surut air laut adalah kedalaman dan luas perairan, pengaruh rotasi bumi (gaya coriolis) dan gesekan dasar.

3. Faktor lokal lainnya penyebab terjadinya pasang surut air laut adalah topografi dasar laut, lebar selat, bentuk teluk, dan lain sebagainya. (Wyrtki, 1961).

Tambahan faktor oleh mb Dee:
4. karakter geografis danau ini (danau Michigan) hampir sama dengan laut (misalnya tidak diapit gunung dst)

5. pengaruh volume dan keluasan area  

1. Air laut atau air kolam sama2 mengalami rotasi bumi pada sumbunya, revolusi bulan terhadap matahari, revolusi bumi terhadap matahari. Tidak ada hal yang membedakan antara keduanya. Jadi TIDAK DAPAT dipakai untuk menjelaskan DISKRIMINASI tsb.

2. Air laut atau air kolam sama2 mengalami gaya coriolis (kalau memang ada gaya tersebut) dan pastinya juga gesekan terhadap dasar airnya masing2. Jadi Tidak ada hal yang membedakan antara keduanya. TIDAK DAPAT dipakai untuk menjelaskan perbedaan antara keduanya. Kedalaman memang berbeda tapi harus ada penjelasan khusus mengapa beda kedalaman terhadap pusat bumi menyebabkan pasang surut. Pun kolam renang di jakarta atau di puncak bogor beda level kedalaman/ketinggian terhadap pusat bumi, dua2nya tidak mengalami pasang surut. Jadi kedalaman pun bisa disebut tidak memberi pengaruh apa2 sebagai penyebab pasang surut.

3. Topografi dasar laut, lebar selat, bentuk teluk. Tetangga saya punya aquarium yang dasarnya didesain menyerupai bawah laut. Di banyak rumah makan yang spesialis ikan biasanya ada semacam kolam yang dasarnya dimirip2kan dengan topografi laut. Tapi semuanya tidak mengalami pasang surut. Jadi sementara tidak dapat digunakan untuk menjelaskan mengapa air kolam tidak ditarik bulan.

Setuju g Mb?  piss

1. Underline : ya memang ... kan topik-nya bagaimana terjadinya pasang surut air laut >>> so jawabnya ... ya karena ada rotasi bumi pada sumbunya, revolusi bulan terhadap matahari, revolusi bumi terhadap matahari.>>> ini faktor utama-nya

2. Merah : satu2 ya .... jadi intinya anda sudah oke kan bahwa kedalaman laut dan air kolam memang beda >>> trus harusnya anda mengakui juga dong bahwa selain faktor kedalaman yang beda ... faktor luas, gaya coriolis dan gesekan dasar antara air laut vs air kolam juga beda ... setuju ??

Biru : ya karena dua2nya kolam renang ... kedalamannya dan luasnya beda dengan laut

underline : hehehehehe ... kok kalimat anda jadi berputar2 toh

>>> awalnya anda tanya kenapa air laut mengalami pasang surut sementara air kolam tidak
>>> lalu saya minta anda membandingkan karakter laut vs air kolam (dilihat dari kedalaman, volume, luas dst)
>>> tapi diujung anda membandingkan kolam renang di jakarta vs kolam renang di puncak bogor >>> lalu memberi kesimpulan bahwa yang underline ini tidak ada pengaruhnya

3. Hijau : mungkin aquarium2 itu bisa juga mengalami pasang surut >>> tinggal dimirip2kan saja sehingga menyerupai pasang surut (seperti bold underline)

piss

ungu : ya setuju2 saja lah >>> kalau memang begitu yang ada di pikiran flater .... saya mau bilang apa dong ??

---------------------------------------------------------------

@isaku wrote:Tambahan faktor oleh mb Dee:
4. karakter geografis danau ini (danau Michigan) hampir sama dengan laut (misalnya tidak diapit gunung dst)

5. pengaruh volume dan keluasan area  

4. Geografi. Saya yakin di pinggir danau Michigan ada penduduknya dan yakin pula kalau air di embermereka tidak tampak bergerak ditarik bulan. Geografinya sama, sama2 di michigan tidak diapit gunung.

5. Nah ini. Keluasan dan volume? Ini agak betul, keluasan tidak tepat sih tapi volume bisa benar

lah ya sudah oke toh kalau begitu ... yang 5 sudah betul ... dan point 5 termasuk dalam point 4 terkait danau Michigan yang saya tulis

underline : dan faktanya air di ember tidak punya keluasan dan volume yang sama dengan danau Michigan >>> sesuai uraian point 5

pink : ga lah ... kalau liat 3 point diatas ... keluasan perairan juga termasuk dong ah >>> toh nyatanya keluasan dan kedalaman perairan bisa mempengaruhi volume air itu sendiri

-----------------------------------------------

@isaku wrote:Habis saya nge post pasang surut diatas saya teringat sesuatu dan ternyata kayanya cukup menjelaskan pasang surut karena gravitasi bulan,.... walaupun setelahnya akan muncul pertanyaan berikutnya....   piss

Pertanyaan: Mengapa hanya air laut yang terpengaruh oleh gravitasi bulan, mengapa air kolam tidak, air di gelas santai saja? Mengapa gubuk reyot hanya beberapa kg dipinggir pantai tidak melayang ke atas ditarik bulan, mengapa beberapa gram air di ember tidak tersedot bulan sementara jutaan ton air laut mampu digerakkan?

JAWAB:
Yang jawab Newton sih. Jika gravitasi bulan itu memang ada maka seluruhnya PASTI terpengaruh oleh tarikan tersebut, tidak ada diskriminasi, mau air laut, air gelas, botol akua, gedung bertingkat akan menerima pengaruh tersebut.

Bedanya apa? Bedanya adalah besar gaya tarik yang diterima masing2. Ternyata gaya yang diterima masing2 benda beda2, walaupun yang  narik itu2 juga.

Aneh ya? emang. Makanya si flat g terima.

bold : yah mau gimana ... jangankan flater ... glober saja banyak kok yang ga terima teori gravitasi Newton ... toh nyatanya glober tetap bilang bahwa bumi bulat

>>> moso cuma gara2 ga setuju 1 teori Newton ... langsung merubah semua teori tentang fenomena alam yang membuktikan bahwa bumi memang bulat

moso karena nila setitik ... flater merusak susu sebelanga

-------------------------------------------------------------------

@isaku wrote:Kalau mobil bisa narik gerobak yang beratnya 200kg....  troli hypermart yang cuma anggaplah 4kg kalau dipasang dimobil yang sama, pasti juga tertarik. Mobil yang sama dengan posisi transmisi sama kecepatan sama harusnya menghasilkan gaya tarik yang sama, ada batasnya misal diatas 700kg tidak mampu ditarik.

Tidak demikian halnya untuk gravitasi. Gaya gravitasi itu dipengaruhi massa bendanya masing2. Newton mengeluarkan jurus F=m.g

Karena massa benda berbanding lurus dengan gaya tarik gravitasi maka semakin besar massanya semakin besar pula gaya gravitasinya.

Kembali ke gravitasi bulan. Sebenarnya air digelas pun melengkung, cuma sedikit, mungkin mikroskopis dan tidak mampu dilihat mata, pun air kolam demikian. Air laut saja yang jutaan ton beratnya hanya mampu berpindah sejauh beberapa meter... anggaplah 5 meter.... Jadi perbandingannya memang sangat besar.

Itu menjelaskan mengapa air kolam tidak terlihat bergerak (walaupun sebenarnya ada walau dalam ukuran mikro). Mengapa air laut tampak bergerak sementara gubuk reyot tidak? Lagi2 karena gaya gravitasi bumi jauh lebih besar dibanding bulan jadi si gubuk aman2 saja. Gedung pasti mengalami tarikan lebih besar, tapi mengapa tidak bergerak? Karena benda padat lebih sulit mengalami deformasi dibanding cairan. Molekul air sangat mudah bergerak makanya air laut bisa digerakkan walaupun umpama sigedung mengalami gaya tarik yang sama.

Disini saya jadi globers piss  Nah itu penjelasan logisnya dari teori Newton. Bisa diterima sih,.......... bisa juga tidak tergantung orangnya  piss

terima kasih ... berarti anda sudah menjawab pertanyaan saya yang ini

kagum

@dee-nee wrote:
@isaku wrote:"Pasang surut laut disebabkan gravitasi bulan", ok tapi air minum saya di gelas yang sama2 mengikuti rotasi dan revolusi bumi tidak mampu dipengaruhi oleh bulan, padahal cuma beberapa gram, tidak ada ton2an beratnya, seharusnya air di gelas saya terbang ke bulan

justru itu ... jangankan air dalam gelas yang cuma beberapa gram ... air lautan yang berton2 saja tidak bisa langsung terbang ke bulan hanya karena efek gravitasi bulan >>> kenapa coba ??

semua orang pasti bisa jawab bahwa itu karena pengaruh gravitasi bumi >>> tapi tidak saya teruskan penjelasannya (yang underline) .... karena flater tidak percaya gravitasi bumi

>>> nanti repot lagi kalau anda (yg sdg sebagai flater) menentang2 teori gravitasi .... padahal glober saja ada yang tidak percaya gravitasi

piss  piss

---------------------------------------------------------

@isaku wrote:Yang tidak terima mungkin mempertanyakan si g=percepatan gravitasi. Apa2an tuh benda yang sama kok gaya tariknya beda2? Pun kalau ada percepatan pasti ada kecepatan dong, berarti si gravitasi ini kalau dianggap gelombang, kecepatannya pasti bertambah terus tidak pernah berhenti karena percepatannya tidak pernah di "PAUSE".

Atau pertanyaan lainnya. Balon kan ada massanya walaupun kecil, harusnya ditarik bumi dong, percepatan gravitasi bumi kan lebih besar dari bulan, harusnya jatuh ke bumi sekecil apapun massanya. Mengapa balon bisa terbang?..... dan seterusnya.....

makanya science tidak pernah berhenti dan tetap ada kemungkinan science untuk keliru di satu titik dan tetap ada kemungkinan anomali diantara hal2 yang umum.

Ntar dilanjut....

setuju ... dan itulah kenapa saya tulis yang coklat diatas

piss piss

tapi untuk yang merah >>> walaupun uraian anda bisa diterima ... tetap saja akan sangat menyebalkan (buat saya loh ya) ... kalau akhirnya harus berhadapan dengan org2 yang pada dasarnya sudah anti-science (seperti beberapa kali saya lihat percakapan antara flater vs glober) ... contohnya coba anda lihat tulisan anda yang merah bold underline italic

kalau anda jelaskan uraian anda ini dengan flater ... mereka akan bilang "Mana ?? saya ga liat air dalam gelas itu cembung ... mikroskopik apa?"
sama kasusnya dengan gravitasi bumi ... mereka akan bilang "Mana ?? buktinya saya tidak merasa ditarik2 ke pusat bumi"
sama kasusnya dengan rotasi bumi .... mereka akan bilang "Mana ?? buktinya saya tidak merasa seperti berdiri diatas bola berputar ... berjalan di atas bola berputar kan cape ... butuh keseimbangan terus supaya ga jatuh"
sama juga kasusnya dengan Bedford Level Experiment .... mereka juga tidak akan mengakui teori tentang fatamorgana

dst dst ....

science memang masih banyak yang harus dikritisi dan dipertanyakan ... tapi bukan kemudian berubah jadi orang yang anti-science ... apalagi kalau ujung2nya cuma berakhir dengan teori konspirasi

nyerah nyerah

--------------------------------------------------

tapi btw ... sebagai sesama glober ... ada yang mau saya tanya tentang gambar anda sebelumnya ... #115

ini gambar yang anda bawa kan



di gambar itu yang cembung (mengalami pasang) kan bagian barat dan timur bumi (kanan kiri bumi) .... yang saya bingung ... kenapa bila bulan hanya menarik bagian timur atau kanan bumi (di gambar itu) .... yang bagian barat (kiri) juga ikut2 cembung (mengalami pasang)

anda bisa ga jelasin ?? ... swear ini saya nanya jujur
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by YADAH on Thu Aug 04, 2016 2:35 am

@frontline defender wrote:
@YADAH wrote:mana itu ada teori gunung nahan guncangan gempa, umpamanya, oleh sebab prgeseran lempeng
kalau gunungnya nahan/ngurangi pergeseran lempeng, tentu gunungnya menahan/mengurangi juga akibat dari pergeseran lempeng nya (gempa, tsunami)!

@YADAH wrote:fenomena gerakan prmukaan bumi bukan cuman soal pergeseran lempeng doank, ada fenomena pagi,siang, malam, gravitasi dll
yang dibicarakan di ayatnya itu gerakan bumi yang berhubungan dengan gunung, jadi gerakan bumi yang dimaksud tentu adalah pergeseran lempeng, bukan yang lain2nya yang nggak ada hubungannya dengan gunung!
- gak ada teorinya gunung nahan gempa/sunami
-supaya bumi itu tidak guncang (Qs 16:15) , brarti semua fenomena yg brhubungan dgn prgerakan dipermukaan bumi (pagi,siang, malem, gravytasi)

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by frontline defender on Fri Aug 05, 2016 4:00 pm

- lha itu 2 film youtube tadi!
- mengabaikan konteks ayat (gunung)!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by isaku on Mon Sep 19, 2016 4:19 pm

@dee-nee wrote:tapi btw ... sebagai sesama glober ... ada yang mau saya tanya tentang gambar anda sebelumnya ... #115

ini gambar yang anda bawa kan



di gambar itu yang cembung (mengalami pasang) kan bagian barat dan timur bumi (kanan kiri bumi) .... yang saya bingung ... kenapa bila bulan hanya menarik bagian timur atau kanan bumi (di gambar itu) .... yang bagian barat (kiri) juga ikut2 cembung (mengalami pasang)

anda bisa ga jelasin ?? ... swear ini saya nanya jujur
Maaf, kalau udah dingin piss

Itu karena pengaruh gaya tarik dan gaya sentrifugal, katanya yg ngitung: cuma aksi reaksi + operasi calculus.





Karena satu dan lain hal, memang ini bahasan sudah kurang hangat, namun berhubung yang bikin video masih terus produksi, tidak ada salahnya dilanjutkan, barangkali ada info2 tambahan yang menarik


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Mon Sep 19, 2016 4:42 pm

sekilas info...

Isaiah 40:22  God sits high above the round ball of earth. The people look like mere ants. He stretches out the skies like a canvas—yes, like a tent canvas to live under.

Genesis 13:14  After Lot separated from him, GOD said to Abram, "Open your eyes, look around. Look north, south, east, and west.

Genesis 28:14  Your descendants will be as the dust of the Earth; they’ll stretch from west to east and from north to south. All the families of the Earth will bless themselves in you and your descendants.

---

kutipan-kutipan dari http://www.tandapagar.com/bentuk-bumi/


"Tepat pada tanggal 7 Desember 1972, tim Apollo 17 memotret gambar bumi dari luar angkasa. Hasilnya, terbukti bahwa bumi berbentuk bulat. Gambar tersebut telah dipublikasikan sehingga diketahui oleh seluruh dunia. Tentu saja sekali lagi mematahkan pendapat kelompok flat–earthers."

"Coba perhatikan bintang yang bergeser dari tempatnya. Taruhlah contoh ketika kamu melihat rasi bintang orion. Kalau kamu bergerak ke arah utara atau selatan, rasi bintang orion akan terbalik di langit belahan bumi selatan."

"Ingat tokoh Ferdinand Magellan? Seorang pemberani yang menjelajahi bumi ke arah barat. Pada akhir pelayarannya, ia kembali ke titik semula ketika memulai pelayaran"

"Kamu bisa membuktikan bumi bulat saat berada di danau tepat di kaki langit. Contohnya, di Danau Michigan, Amerika Serikat. Ketika kamu berada di sana, gedung pencakar langit di Kota Chicago hanya nampak bagian atasnya saja. Ini menjadi bukti bahwa bumi tidak berbentuk datar. Jika memang datar, pasti kamu dapat melihat seluruh bagian gedung."

"Saat kamu menjauhi garis ekuator, matahari akan terlihat berpindah posisi yang lebih rendah di langit. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya lengkungan di bumi yang menyerupai bentuk bola."

"Bayangan bumi akan terlihat melengkung ketika terjadi gerhana bulan. Ini membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat seperti bola."

"Jumlah planet di alam semesta tak terhitung banyaknya. Namun, dari yang nampak, semuanya berbentuk bulat. Logikanya, jika planet lain bentuknya bulat, bumi sudah pasti bulat, karena termasuk jenis planet di tata surya."

"Saat kamu menelepon sahabatmu di Amerika pada siang hari, di sana pasti sedang mengalami malam hari. Nah, hal itulah yang memperkuat bukti bahwa bumi berbentuk bulat. Matahari bergerak dari satu ujung bumi barat, lalu muncul di ujung yang lain. Jika bentuknya datar, pasti tidak ada perbedaan zona waktu."

"Buktikan bahwa bumi bulat dengan cara berjalan lurus sejauh 90 kilometer. Kemudian, beloklah sebesar 90o ke kanan dan berjalan lurus lagi dengan jarak yang sama. Belok kanan lagi untuk kedua kalinya dengan besaran sudut yang sama pula. Hasilnya, kamu akan kembali di titik semula dengan membentuk 3 sudut segitiga. Mustahil, segitiga ini ada di permukaan datar"


piss piss
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by isaku on Mon Sep 19, 2016 5:47 pm

@njlajahweb wrote:sekilas info...

Isaiah 40:22  God sits high above the round ball of earth. The people look like mere ants. He stretches out the skies like a canvas—yes, like a tent canvas to live under.

Genesis 13:14  After Lot separated from him, GOD said to Abram, "Open your eyes, look around. Look north, south, east, and west.

Genesis 28:14  Your descendants will be as the dust of the Earth; they’ll stretch from west to east and from north to south. All the families of the Earth will bless themselves in you and your descendants.
Masa circle diganti round sih Mb? Emang boleh gonta ganti? Pake Ball segala?

Bible version wrote:New International Version
He sits enthroned above the circle of the earth, and its people are like grasshoppers. He stretches out the heavens like a canopy, and spreads them out like a tent to live in.

New Living Translation
God sits above the circle of the earth. The people below seem like grasshoppers to him! He spreads out the heavens like a curtain and makes his tent from them.

English Standard Version
It is he who sits above the circle of the earth, and its inhabitants are like grasshoppers; who stretches out the heavens like a curtain, and spreads them like a tent to dwell in;

New American Standard Bible
It is He who sits above the circle of the earth, And its inhabitants are like grasshoppers, Who stretches out the heavens like a curtain And spreads them out like a tent to dwell in.

King James Bible
It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in:

Holman Christian Standard Bible
God is enthroned above the circle of the earth; its inhabitants are like grasshoppers. He stretches out the heavens like thin cloth and spreads them out like a tent to live in.

International Standard Version
He's the one who sits above the disk of the earth, and its inhabitants are like grasshoppers. He's the one who stretches out the heavens like a curtain, and spreads them like a tent to live in,

NET Bible
He is the one who sits on the earth's horizon; its inhabitants are like grasshoppers before him. He is the one who stretches out the sky like a thin curtain, and spreads it out like a pitched tent.

New Heart English Bible
It is he who sits above the circle of the earth, and its inhabitants are like grasshoppers; who stretches out the heavens like a curtain, and spreads them out like a tent to dwell in;

GOD'S WORD®️ Translation
God is enthroned above the earth, and those who live on it are like grasshoppers. He stretches out the sky like a canopy and spreads it out like a tent to live in.

JPS Tanakh 1917
It is He that sitteth above the circle of the earth, And the inhabitants thereof are as grasshoppers; That stretcheth out the heavens as a curtain, And spreadeth them out as a tent to dwell in;

New American Standard 1977
It is He who sits above the vault of the earth,
And its inhabitants are like grasshoppers,
Who stretches out the heavens like a curtain
And spreads them out like a tent to dwell in.

Jubilee Bible 2000
He is seated upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; he stretches out the heavens as a curtain and spreads them out as a tent to dwell in:

King James 2000 Bible
It is he that sits upon the circle of the earth, and its inhabitants are as grasshoppers; that stretches out the heavens as a curtain, and spreads them out as a tent to dwell in:

American King James Version
It is he that sits on the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretches out the heavens as a curtain, and spreads them out as a tent to dwell in:

American Standard Version
It is he that sitteth above the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in;

Douay-Rheims Bible
It is he that sitteth upon the globe of the earth, and the inhabitants thereof are as locusts: he that stretcheth out the heavens as nothing, and spreadeth them out as a tent to dwell in.

Darby Bible Translation
[It is] he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a gauze curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in;

English Revised Version
It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in:

Webster's Bible Translation
It is he that sitteth upon the circle of the earth, and its inhabitants are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in:

World English Bible
It is he who sits above the circle of the earth, and its inhabitants are like grasshoppers; who stretches out the heavens like a curtain, and spreads them out like a tent to dwell in;

Young's Literal Translation
He who is sitting on the circle of the earth, And its inhabitants are as grasshoppers, He who is stretching out as a thin thing the heavens, And spreadeth them as a tent to dwell in.

Hampir seluruhnya sepakat the circle of the earth = lingkaran bumi, atau the disk of the earth = piringan bumi, atau bahkan the vault of the earth = kubah bumi atau cuma the earth saja.

Yang ambigu ada juga dengan the earth's horizon = horizon/cakrawala bumi, yang terang2an mengubah makna cuma 1 the globe of the earth = bumi globe.

piss
---

kutipan-kutipan dari http://www.tandapagar.com/bentuk-bumi/

"Tepat pada tanggal 7 Desember 1972, tim Apollo 17 memotret gambar bumi dari luar angkasa. Hasilnya, terbukti bahwa bumi berbentuk bulat. Gambar tersebut telah dipublikasikan sehingga diketahui oleh seluruh dunia. Tentu saja sekali lagi mematahkan pendapat kelompok flat–earthers."
Kata flat earth itu cuma CGI, semacam photoshop

"Coba perhatikan bintang yang bergeser dari tempatnya. Taruhlah contoh ketika kamu melihat rasi bintang orion. Kalau kamu bergerak ke arah utara atau selatan, rasi bintang orion akan terbalik di langit belahan bumi selatan."
Ya pasti begitu, kalau kita menghadap utara pagi hari matahari terbit dari kanan ke kiri, tapi kalau menghadap selatan sebaliknya mataharinya dari kiri ke kanan.

"Ingat tokoh Ferdinand Magellan? Seorang pemberani yang menjelajahi bumi ke arah barat. Pada akhir pelayarannya, ia kembali ke titik semula ketika memulai pelayaran"
Pasti, mau bulat atau bumi datar, Ferdinand Magellan akan kembali ke titik semula kalau dia berlayar ke barat, lain halnya kalau ke utara atau selatan. Kata si Flat :)

"Kamu bisa membuktikan bumi bulat saat berada di danau tepat di kaki langit. Contohnya, di Danau Michigan, Amerika Serikat.

"Ketika kamu berada di sana, gedung pencakar langit di Kota Chicago hanya nampak bagian atasnya saja. Ini menjadi bukti bahwa bumi tidak berbentuk datar. Jika memang datar, pasti kamu dapat melihat seluruh bagian gedung."
Mungkin betul, tapi kata si Flat itu karena kemampuan mata terbatas, coba pake alat, katanya tetap terlihat. Ga tau juga sih :)

"Saat kamu menjauhi garis ekuator, matahari akan terlihat berpindah posisi yang lebih rendah di langit. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya lengkungan di bumi yang menyerupai bentuk bola."
Betul, bumi datar pun fenomenanya akan sama.

"Bayangan bumi akan terlihat melengkung ketika terjadi gerhana bulan. Ini membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat seperti bola."
Bayangan sih mengikuti sumber cahaya dan permukaan terlihatnya bayangan, kalau permukaan tanahnya rata ga mungkin melengkung, kecuali bayangannya terlihat di batu yang kebetulan lengkung, ya bayangan ngikutin lah.

"Jumlah planet di alam semesta tak terhitung banyaknya. Namun, dari yang nampak, semuanya berbentuk bulat. Logikanya, jika planet lain bentuknya bulat, bumi sudah pasti bulat, karena termasuk jenis planet di tata surya."
Bulat itu cuma asumsi karena mata hanya melihat dari satu sisi, yang terlihat sebetulnya lingkaran. Kalaupun yang lainnya bulat tidak berarti juga bahwa bumi pasti bulat, itu juga cuma asumsi.

Saat kamu menelepon sahabatmu di Amerika pada siang hari, di sana pasti sedang mengalami malam hari. Nah, hal itulah yang memperkuat bukti bahwa bumi berbentuk bulat.
bumi datarpun fenomenanya sama.

"Matahari bergerak dari satu ujung bumi barat, lalu muncul di ujung yang lain. Jika bentuknya datar, pasti tidak ada perbedaan zona waktu."
Ga juga

"Buktikan bahwa bumi bulat dengan cara berjalan lurus sejauh 90 kilometer. Kemudian, beloklah sebesar 90o ke kanan dan berjalan lurus lagi dengan jarak yang sama. Belok kanan lagi untuk kedua kalinya dengan besaran sudut yang sama pula. Hasilnya, kamu akan kembali di titik semula dengan membentuk 3 sudut segitiga. Mustahil, segitiga ini ada di permukaan datar"
Itu terjadi karena peta bumi bulat dibuat berdasarkan peta bumi datar, kata si flat. Jadi ya pasti sama, pakai peta bumi datarpun hasilnya akan sama.

piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Mon Sep 19, 2016 6:01 pm

sekilas info...
Isaiah 40:22 (MSG) God sits high above the round ball of earth. The people look like mere ants. He stretches out the skies like a canvas - yes, like a tent canvas to live under.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Mon Sep 19, 2016 7:29 pm

sekilas info...
http://creation.com/isaiah-40-22-circle-sphere

google translate

Baris pertama dari Yesaya 40:22 berbunyi, "Ini dia [yaitu Allah] yang duduk di atas lingkaran bumi. "Beberapa berpendapat dari hal ini bahwa Alkitab mengajarkan bumi menjadi disc datar, bukan bola dunia. Namun, bahkan jika bahasa asli Ibrani benar dipahami untuk merujuk ke lingkaran, ini tidak selalu menunjukkan sesuatu yang datar; bola muncul sebagai lingkaran jika dilihat dari atas-dan memang dari arah apa pun yang melihat. Selain itu, ada alasan yang baik untuk percaya bahwa kata yang diterjemahkan 'lingkaran' mungkin lebih baik diterjemahkan 'bola'.

Ada alasan baik untuk percaya bahwa kata yang diterjemahkan 'lingkaran' mungkin lebih baik diterjemahkan 'bola'.
Kata Ibrani yang dimaksud adalah khûg (lingkaran) yang juga ditemukan dalam Amsal 08:27 di mana, dalam versi Alkitab banyak, itu diterjemahkan 'lemari besi'. Misalnya, New American Standard Bible berbunyi, "Awan adalah tempat persembunyian bagi-Nya, sehingga Ia tidak bisa melihat; dan Dia berjalan di kubah langit. "Jelas 'vault' membawa arti sesuatu tiga dimensi dan diberikan sebagai makna utama khûg di terkenal Brown-Driver-Briggs Ibrani dan Inggris Lexicon.1 Dalam bahasa Ibrani yang modern , sebuah bola dilambangkan dengan khûg, bersama dengan kaddur, galgal, dan mazzal.2 dalam bahasa Arab (bahasa Semit lain), kura berarti bola dan adalah kata yang digunakan dalam Van Dyck-Boustani Arab Bible (1865) untuk menerjemahkan khûg dalam Yesaya 40:22.

Jelas 'vault' membawa arti sesuatu tiga dimensi dan diberikan sebagai makna utama khûg di terkenal Brown-Driver-Briggs Ibrani dan Inggris Lexicon.
Sebuah kasus juga dapat dibuat dari segi Eropa modern yang menunjukkan kebulatan. Filolog telah menemukan sejumlah Indo-Eropa kata-kata yang tampaknya berkaitan dengan kata-kata Semit, apakah asal bersama atau yang telah dipinjam dalam past.3 jauh Meskipun tidak ada bukti spesifik mengkonfirmasikan link dalam kasus kata Ibrani khûg , mungkin penting bahwa, di Indo-Eropa bahasa, ada kata-kata yang terdengar serupa yang pasti merujuk pada objek bola, contoh menjadi kugel (Tengah Tinggi Jerman), kula (Polandia), kugla (Serbo-Kroasia) dan Guga ( mereka akar Proto-Indo-Eropa) .4,5,6

wikimedia.org
 Alkitab
Ibrani-Latin polygot Alkitab diedit oleh Benedictus Arias Montanus dan pertama kali dicetak pada 1528. Ini menggunakan kata globus Latin untuk menerjemahkan kata khûg Ibrani dalam Yesaya 40:22.
Berbagai abad keenam belas Latin Alkitab menunjukkan bahwa ulama abad pertengahan dipahami khûg dalam Yesaya 40:22 untuk merujuk pada kebulatan bumi. Misalnya, Santes Pagnino diterjemahkan Sphaera ini, dan Benedictus Arias Montanus dan François Vatable globus. Abad ketujuh belas Giovanni Diodati Alkitab juga digunakan globus dan abad kedelapan belas Belanda Hebraist Campeius Vitringa digunakan orbis.7 ​​Baru-baru ini, para Spanyol Jerusalem Bible digunakan 'orb' dan 'globo' Italia Riveduta Alkitab.

kesimpulan

Sementara versi Alkitab yang paling modern menerjemahkan khûg sebagai 'lingkaran', kasus yang baik dapat dibuat bahwa 'bola' adalah arti yang dimaksudkan oleh Ibrani asli. Secara historis, sarjana sering mengambil pandangan ini, lebih memilih kata-kata Latin Sphaera, globus dan orbis. Preferensi terakhir untuk 'lingkaran' mungkin muncul dari keyakinan bahwa orang yang hidup dalam waktu Yesaya terlalu primitif untuk menyadari sifat sejati dari bumi. Ini akan tampak tidak mungkin, namun, seperti Ayub 26: 7, mungkin ditulis beberapa abad sebelumnya, menyatakan bahwa Allah "menggantungkan bumi pada apa-apa," menunjukkan bahwa orang Ibrani kuno memiliki cukup pemahaman canggih kosmologi.

Setiap orang setuju bahwa khûg membawa rasa kebulatan, dan penggunaan umum membuat jelas bahwa ini dapat mengacu ke dua atau tiga dimensi geometri. Oleh karena itu, tidak bisa dikatakan bahwa Yesaya 40:22 jelas mengajarkan bumi menjadi disk. Selain itu, bahkan jika khûg tidak merujuk ke lingkaran di sini, ini tidak selalu menunjukkan kerataan sebagai dunia muncul sebagai lingkaran dari arah apa pun yang melihat.

NB:
tapi menurutku juga ada benarnya jika bumi bisa dibilang datar,
karena kalau misalnya dilihat dari atas(tergantung jarak dan posisinya) atau mungkin dari sekitar jarak lapisan awan pertama(troposfer) bumi masih bisa tampak/terlihat datar.
jadi bagi saya, kalau ada orang-orang yang bilang atau yang beranggapan bahwa bentuk bumi datar, ya ada benarnya juga...
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by dee-nee on Mon Sep 19, 2016 9:49 pm

@isaku wrote:
@dee-nee wrote:tapi btw ... sebagai sesama glober ... ada yang mau saya tanya tentang gambar anda sebelumnya ... #115

ini gambar yang anda bawa kan



di gambar itu yang cembung (mengalami pasang) kan bagian barat dan timur bumi (kanan kiri bumi) .... yang saya bingung ... kenapa bila bulan hanya menarik bagian timur atau kanan bumi (di gambar itu) .... yang bagian barat (kiri) juga ikut2 cembung (mengalami pasang)

anda bisa ga jelasin ?? ... swear ini saya nanya jujur
Maaf, kalau udah dingin piss

Itu karena pengaruh gaya tarik dan gaya sentrifugal, katanya yg ngitung: cuma aksi reaksi + operasi calculus.

hahahahaha ... kalau saya flat earther ... saya akan bilang "coba baca wiki" ... disitu malah bilang

wiki wrote:Alasan mengenai tidak adanya gaya sentrifugal

karena itu, gaya sentrifugal tidak pernah ada. Jika ada gaya sentrifugal yang bekerja pada benda yang melakukan gerak melingkar, maka hukum I Newton dilanggar. Menurut Hukum I Newton, jika terdapat gaya total pada suatu benda maka benda tersebut berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus. Ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, pada benda tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Apabila terdapat gaya sentrifugal yang arahnya menjauhi pusat, maka akan terdapat gaya total yang menyebabkan benda bergerak sepanjang garis lurus. Kenyataan yang terjadi, benda tetap melakukan gerak melingkar. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa tidak ada gaya sentrifugal.

sebagai globe earther .... saya curiga ... hukum Newton nih kayanya memang agak bermasalah

hihihihihihihihihi

ketawa guling  ketawa guling

------------------------------------------

@isaku wrote:Karena satu dan lain hal, memang ini bahasan sudah kurang hangat, namun berhubung yang bikin video masih terus produksi, tidak ada salahnya dilanjutkan, barangkali ada info2 tambahan yang menarik


terima kasih .... saya seneng banget nonton2 yang beginian ... seru

2 good 2 good
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Mon Sep 19, 2016 10:07 pm

yah...silahkan yang mau lihat, silahkan princess...
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by isaku on Tue Sep 20, 2016 10:57 am

@njlajahweb wrote:sekilas info...
Isaiah 40:22 (MSG) God sits high above the round ball of earth. The people look like mere ants. He stretches out the skies like a canvas - yes, like a tent canvas to live under.
Ok memang ada versi2 lainnya, tapi 1 versi "the round ball" kan tidak bisa membuat puluhan versi "the circle" menjadi salah. Pun the flat earth sebenarnya justru lebih banyak disponsori kristen yang ingin menaikkan bible ke posisi yang lebih tinggi berhubung semakin lama semakin menurun peminatnya. Jadi penjelasan sebaliknya, analisa kata2 untuk mengartikan bahwa memang lebih tepat "circle ataupun disc" cukup banyak dan mudah didapat. Tapi saya tidak terlalu tertarik karena walaupun argumen "the round ball" lemah, interpretasi berbeda itu adalah pilihan.
piss


========================================



@dee-nee wrote:hahahahaha ... kalau saya flat earther ... saya akan bilang "coba baca wiki" ... disitu malah bilang

wiki wrote:Alasan mengenai tidak adanya gaya sentrifugal

karena itu, gaya sentrifugal tidak pernah ada. Jika ada gaya sentrifugal yang bekerja pada benda yang melakukan gerak melingkar, maka hukum I Newton dilanggar. Menurut Hukum I Newton, jika terdapat gaya total pada suatu benda maka benda tersebut berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus. Ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, pada benda tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Apabila terdapat gaya sentrifugal yang arahnya menjauhi pusat, maka akan terdapat gaya total yang menyebabkan benda bergerak sepanjang garis lurus. Kenyataan yang terjadi, benda tetap melakukan gerak melingkar. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa tidak ada gaya sentrifugal.

sebagai globe earther .... saya curiga ... hukum Newton nih kayanya memang agak bermasalah

hihihihihihihihihi
Penjelasan wiki Indonesia kayanya tidak lengkap, bisa salah paham. Memang sentrifugal itu reaksi, atau semu. Tapi yang dibahas bukan hanya soal benda berputar tapi frame frame lainnya yang punya massa dan jarak dari sumbu putar si benda.

Mungkin yang ini lebih membantu https://en.wikipedia.org/wiki/Centrifugal_force


TAPI memang ada bantahan juga bahwa sebetulnya pasang antipodal (pasang yang berada di belakang atau berseberangan dengan posisi bulan) bukan akibat sentrifugal. https://www.lhup.edu/~dsimanek/scenario/tides.htm

Setiap fenomena belum tentu penjelasan hanya 1, boleh jadi ada beberapa macam yang bahkan bisa saja bertolak belakang. Perlu diteliti penjelasan masing2 dan mungkin saja penjelasannya berubah2 sesuai jaman seiring perkembangan keilmuan dan alat bantu untuk menyimpulkan.
Apalagi kalau ternyata buminya bukan bulat, perlu penelitian dan penjelasan berbeda  piss

------------------------------------------
@dee-nee wrote:terima kasih .... saya seneng banget nonton2 yang beginian ... seru
ok, lanjut dulu kalau gitu


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Tue Sep 20, 2016 1:02 pm

bagaimana dengan ini

kutipan dari link
http://sains-edy.upy.ac.id/2016/06/27/al-quran-menjawab-tuduhan-allah-menciptakan-bumi-datar-bulatnya-bumi-di-jelaskan-dalam-al-quran-sifat-keterbata/


Islam dan Sains-Edy
ISLAM DAN SAINS-EDY
ORANG-ORANG YANG MENGINGAT ALLAH SAMBIL BERDIRI ATAU DUDUK ATAU DALAM KEADAN BERBARING DAN MEREKA MEMIKIRKAN TENTANG PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI (SERAYA BERKATA): "YA TUHAN KAMI, TIADALAH ENGKAU MENCIPTAKAN INI DENGAN SIA-SIA, MAHA SUCI ENGKAU, MAKA PELIHARALAH KAMI DARI SIKSA NERAKA. ALI IMRAN:191 .....>>> “SAMPAIKANLAH DARIKU {DARI RASUL ... AL QUR'AN & AL HADITS} WALAU HANYA SATU AYAT” (HR. BUKHARI)
AL QUR'AN Menjawab .... Tuduhan Allah Menciptakan Bumi Datar ------------------------------------ BULATNYA BUMI DI JELASKAN DALAM AL-QUR’AN ------------------------------ SIFAT KETERBATASAN MANUSIA ITU ADALAH MERASA SEGALA TAHU DAN HANYA BERBEKAL TEORI YANG TERPANDANG OLEH MATA ---------------------------- Para kafir harby sering kali menuduh Ayat Alqur’an tidak ilmiah berkaitan dengan anggapan bahwa menurut Alqur’an bumi itu datar. ------------------------------- Sebenarnya jauh-jauh sebelum Galileo, sudah banyak ulama dan ilmuan yang mengatakan bahwa planet bumi ini berbentuk bulat. -------------------
June 27, 2016 Edy Methek Sains & Islam 2

AL QUR'AN Menjawab ....  Tuduhan Allah Menciptakan Bumi Datar


------------------------------------

BULATNYA BUMI DI JELASKAN DALAM AL-QUR’AN

------------------------------

SIFAT KETERBATASAN MANUSIA ITU ADALAH MERASA SEGALA TAHU DAN HANYA BERBEKAL TEORI YANG TERPANDANG OLEH MATA

----------------------------

Para kafir harby sering kali menuduh Ayat Alqur’an tidak ilmiah berkaitan dengan anggapan bahwa menurut Alqur’an bumi itu datar.
-------------------------------
bumi datar aneh

Sebenarnya jauh-jauh sebelum Galileo, sudah banyak ulama dan ilmuwan yang mengatakan bahwa planet bumi ini berbentuk bulat.

Lebih jelasnya mari kita lihat beberapa perkataan ulama Islam berikut ini:Ilmuwan Islam, Ibnu Khaldun (1332 – 1406 M / 732H – 808 H): “Ketahuilah, sudah jelas di kitab-kitab para ilmuwan dan peneliti tentang alam bahwa bumi berbentuk bulat….” (Muqaddimah Ibnu Khaldun, Kairo).

Ulama Islam, Ibnu Taimiyah (1263-1328 M): “Ketahuilah, bahwa mereka (para ulama) sepakat bahwa bumi berbentuk bulat. Yang ada di bawah bumi hanyalah tengah. Dan paling bawahnya adalah pusat….” (Al-Jawab Ash-Shahih li Man Baddala Din Al-Masih).

Bagi Qazuaini (seorang ilmuwan), salah satu bukti bumi berbentuk bulat adalah bintang-bintang dan planet-planet yang berbentuk bulat (Atsar Al-Bilad wa Akhbar Al-Bilad).
Selain mereka, masih banyak ilmuwan dan ulama Islam klasik yang menyebutkan di dalam bukunya bahwa bumi berbentuk bulat. Di antara buku tersebut adalah:

1. Muruj Al-Dzahab wa Ma’adin Al-Jauhar, oleh Mas’udi Ali Husain Ali bin Husain (w. 346 H).
2. Ahsan Taqasim fi Ma’rifah Al-Aqalim, oleh Al-Maqdisi (w. 375 H)
3. Kitab Shurah Al-Ardh, oleh Ibnu Hauqal
4. Al-Masalik wa Al-Mamalik, oleh Al-Ishthikhry
5. Ruh Al-Ma’ani, oleh Imam Al-Alusi (ulama tafsir Al-Qur’an)
6. Mafatih Al-Ghaib, oleh Fakhru Ar-Razi (ulama tafsir Al-Qur’an)
Dan lain-lain.

Apakah Pendapat Mereka Bertentangan dengan Al-Qur’an?

Tentu saja tidak. Justru Dr. Hadi bin Mar’i dalam bukunya “Mausu’ah Al-Ilmiyah fi I’jaz Al-Qur’anul Karim” (Penerbit Attawfiqiah, Kairo) mengambil dalil bumi berbentuk bulat dari isyarat Al-Qur’an. Demikian juga para ahli tafsir lainnya.
Ada satu ayat Al-Qur’an lagi yang patut kita perhatikan sebagai tambahan penjelasan masalah ini, inilah jawaban telak tentang tuduhan bumi itu datar menurut Alqur’an: surat Az-Zumar ayat 5

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى أَلَا
هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

“Dia (Allah) menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar. Dia memasukkan malam atas siang dan memasukkan siang atas malam dan menundukan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah! Dialah Yang Maha Mulia, Maha Pengampun.” (QS.Az-Zumar:5)

Kata “at-takwir” artinya adalah menggulung. Pada ayat di atas dengan jelas Allah berfirman bahwa malam menggulung siang dan siang menggulung malam. Kalau malam dan siang dapat saling menggulung, pastilah karena keduanya berada pada satu TEMPAT YANG BULAT secara bersama-sama. Bagaimana keduanya dapat saling menggulung jika berada pada tempat yang datar….? Kalau saja kejadian itu pada tempat yang datar, mestinya akan lebih tepat jika dipakai kata MENIMPA atau MENINDIH.

Dari keterangan ayat di atas juga dapat diperoleh gambaran bahwa pada permukaan bumi ini setiap saat, separuh permukaannya senantiasa malam, dan separuh lagi permukaannya adalah siang hari. Hal ini dapat digambarkan dari keterangan ayat, dimana seolah-olah bagian kepala dari sang malam itu menggulung bagian ekor dari sang siang, namun pada saat yang sama bagian kepala dari sang siang sedang menggulung pula bagian ekor dari sang malam. Sebanyak bagian siang yang digulung malam, maka pada saat yang bersamaan, sebanyak itu pula bagian malam yang sedang digulung oleh sang siang. Sekali lagi, keterangan ini menggambarkan bahwa terjadinya hal menakjubkan tersebut di atas bumi, hanya jika permukaan BUMI ITU BULAT adanya…!

Ajaibnya, keterangan-keterangan ini ditulis dalam ayat-ayat Al-Qur’an pada 14 abad yang lalu, disaat orang-orang Eropa dan Amerika masih primitif, dan masih menganggap bumi ini datar serta menganggapnya sebagai pusat bagi jagad raya ini.
Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya….

فَلا أُقْسِمُ بِرَبِّ الْمَشَارِقِ وَالْمَغَارِبِ إِنَّا لَقَادِرُونَ

Maka Aku bersumpah dengan Rabb Yang Mengatur tempat-tempat terbit dan tempat-tempat terbenamnya matahari; sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa[/b]. (QS. Ma’aarij:40)

Allah SWT bersumpah atas diri-Nya sendiri yang mengatur TEMPAT-TEMPAT terbit dan terbenamnya matahari, bahwa Allah SWT benar-benar Maha Kuasa.

Kenapa Allah menggunakan kata jamak (plural) untuk tempat terbit dan terbenamnya matahari (masyaariq dan maghaarib?

Karena tempat terbit dan terbenamnya matahari tidak hanya di 2 tempat. Terbit dan terbenamnya matahari ada di berbagai tempat yang dilalui garis edar bumi mengelilingi matahari. Hal ini secara tidak langsung menjelaskan bahwa bumi itu bulat, dan bukan datar. Karena jika bumi itu datar maka tempat terbit dan terbenamnya matahari hanya ada di 2 tempat. Adapun yang sering kita katakan tentang timur dan barat sebenarnya hanyalah arah terbit, dan bukanlah tempat terbit.

Ayat ini digunakan Allah untuk menjelaskan kekuasaan-Nya mengatur alam semesta dalam skala MAKRO, yakni berorientasi ruang angkasa yang luas dan saling terkait antar planet-planet yang ada.

Dalam skala MIKRO, yakni menjelaskan pada manusia yang ada di bumi (tidak terkait dengan planet lain), Allah menggunakan kata-kata DIHAMPARKAN, seperti dalam surat An-Naaziat berikut ini.

وَالأرْضَ بَعْدَ ذَلِكَ دَحَاهَا

“Dan bumi sesudah itu diHAMPARkan-Nya.” (QS. An-Naaziat:30)

“Dihamparkan” adalah sebuah keterangan tentang sesuatu benda datar. Apakah berarti dengan kalimat ini Allah menjelaskan bahwa bumi itu datar dan tidak bulat?

Sesuatu benda bulat yang sangat besar apabila dijadikan tempat berdiri manusia yang sangat kecil akan terlihat menjadi suatu HAMPARAN yang datar karena terbatasnya jarak pandang manusia dan ini adalah ayat yang bermakna umum yang di tentukan hanya untuk manusia bukan di nisbatkan untuk ALLAH SWT. Jadi HAMPARAN digunakan untuk menunjukkan posisi bumi yang datar jika ditinggali manusia. Dan ayat ini Allah menjelaskan tentang kasih sayangnya menjadikan bumi itu berupa hamparan sehingga manusia bisa berdiri diatasnya. Dan ini adalah dalam pandangan MIKRO hubungan bumi dengan manusia, dan bukan hubungan bumi dengan matahari atau planet lain.

Subhanallah, begitu indahnya Allah menjelaskan sesuatu yang rumit bagi manusia tentang tata surya kita. Terlebih saat ayat ini diturunkan para saintis belum menemukan bukti bahwa bumi itu bulat dan bumilah yang mengelilingi matahari.

Tetapi dalam kondisi zaman manusia yang masih bodoh tentang ilmu pengetahuan ini, Allah menggunakan kata-kata yang sangat tepat untuk dipelajari manusia. Sayang, kita kurang berusaha memahami makna-makna yang tersirat dan tersurat dalam ayat-ayat Allah yang mulia dan suci ini.

”Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam…” (Al Qur’an, 39:5)

Dalam Al Qur’an, kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan tentang alam semesta sungguh sangat penting. Kata Arab yang diterjemahkan sebagai “menutupkan” dalam ayat di atas adalah “takwir”. Dalam kamus bahasa Arab, misalnya, kata ini digunakan untuk menggambarkan pekerjaan membungkus atau menutup sesuatu di atas yang lain secara melingkar, sebagaimana surban dipakaikan pada kepala.

earth flat 1

Keterangan yang disebut dalam ayat tersebut tentang siang dan malam yang saling menutup satu sama lain berisi keterangan yang tepat mengenai bentuk bumi. Pernyataan ini hanya benar jika bumi berbentuk bulat. Ini berarti bahwa dalam Al Qur’an, yang telah diturunkan di abad ke-7, telah diisyaratkan tentang bentuk planet bumi yang bulat.

Namun perlu diingat bahwa ilmu astronomi kala itu memahami bumi secara berbeda. Di masa itu, bumi diyakini berbentuk bidang datar, dan semua perhitungan serta penjelasan ilmiah didasarkan pada keyakinan ini. Sebaliknya, ayat-ayat Al Qur’an berisi informasi yang hanya mampu kita pahami dalam satu abad terakhir. Oleh karena Al Qur’an adalah firman Allah, maka tidak mengherankan jika kata-kata yang tepat digunakan dalam ayat-ayatnya ketika menjelaskan jagat raya.


---------------------------

laut datar 1

Para kafir harby sering kali menuduh Ayat Alqur’an tidak ilmiah berkaitan dengan anggapan bahwa menurut Alqur’an bumi itu datar. Berikut ini dalil Alqur’an yang biasa mereka pakai:

DALIL PERTAMA:

firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al-Qur’an surat Al-Hijr: 19, “Dan Kami (Allah) telah menghamparkan bumi….”. Nah lihatlah, kata mereka, bukankah ayat ini dengan gamblang telah menjelaskan bahwa bumi itu terhampar, dan tidak dikatakan bulat…! Kemudian mereka pun dengan enteng mengkafirkan semua orang yang berseberangan faham dengan mereka.

DALIL KEDUA:

adalah firman Allah pada surat Al-Baqarah: 22, “Dialah (Allah) yang telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan (firasy) bagimu.”

DALIL KETIGA:

adalah firman Allah pada surat Qaf:7, “Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata…”

DALIL KEEMPAT:

adalah firman Allah pada surat An-Naba 78: 6-7,  “Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan dan gunung-gunung sebagai pasak?

DALIL KELIMA

adalah firman Allah pada surat Al-Ghasyiyah : 20, “Dan bumi bagaimana dihamparkan ?”

Memang secara tekstual, bunyi ayat-ayat di atas mengatakan bahwa bumi ini terhampar, seumpama firasy, karpet, atau tempat tidur. Namun, apakah sesederhana itu sajakah memahamkan ayat Al-Qur’an….? Apakah memahamkan al-Qur’an yang agung cukup secara tekstual saja, kemudian mengabaikan arti kontekstualnya…? Kalau demikian, yakni Al-Qur’an hanya difahamkan secara tekstual saja, maka pasti akan hilanglah kehebatan dan keagungan Al-Qur’an itu. Padahal ada banyak ayat suci Al-Qur’an dan hadis yang mendudukkan derajat orang-orang berpengetahuan berada beberapa tingkat di atas orang awam. Dalam hal ini, pemahaman kontekstual jelas memerlukan daya nalar yang lebih tinggi dibandingkan sekedar pemahaman tekstual saja. Dengan demikian, pantaslah kiranya jika Allah dalam Al-Qur’an dan Nabi dalam banyak hadis beliau, memuji dan menyatakan bahwa orang yang berilmu pengetahuan, yang memakai akal dan nalar, memiliki derajat yang tinggi jauh berbeda dengan orang awam.

PEMBAHASAN MASALAH

Pada surat Al-Hijr ayat 19 dikatakan bahwa Allah telah menghamparkan bumi. Disitu tidak ada dikatakan bagian yang dihamparkan adalah bagian bumi tertentu, tetapi yang terhampar adalah bumi secara mutlak. Sehingga dengan demikian, jika kita berada di suatu tempat di bagian manapun dari pada bumi itu (selatan, barat, utara, dan timur), maka kita akan melihat bahwa bumi itu datar saja, SEOLAH-OLAH TERHAMPAR di hadapan kita. Kemudian jika kita berjalan dan terus berjalan dengan mengikuti satu arah yang tetap, maka bumi itu akan terus menerus kita dapati terhampar di hadapan kita sampai suatu saat kita kembali ke tempat semula saat awal berjalan. Hal ini telah jelas membuktikan bahwa justru bumi itu bulat adanya. Sebaliknya, jika saja bumi itu berbentuk kubus, misalnya, maka pasti hamparan itu suatu saat akan terpotong, dan kita akan menuruni suatu bagian yang menjurang, menurun, TIDAK LAGI TERHAMPAR…..!

Selanjutnya, jika bumi itu adalah sebuah hamparan seperti karpet atau tikar, maka jika ada orang yang melakukan perjalanan lurus satu arah secara terus menerus, maka orang itu pada akhir perjalanannya akan sampai pada ujung bumi yang terpotong, dan tidak akan pernah kembali ke tempatnya semula, di mana dia memulai perjalanannya yang pertama dulu. Penelitian dan pengalaman manusia telah membuktikan bahwa perjalanan yang dilakukan secara terus menerus ke satu arah tertentu tidak pernah menemukan ujung dunia yang terpotong, melainkan terus menerus yang ditemukan hanyalah hamparan demi hamparan di tanah yang dilalui, untuk kemudian perjalanan itu berakhir pada tempat semula saat perjalanan pertama dimulai. Hal ini tidak mungkin dapat terjadi jika saja bumi itu tidak bulat keberadaannya.

Penjelasan yang lebih gamblang adalah pada surat Al-Baqarah ayat 22: “ Dia (Allah) yang telah menjadikan bumi itu firasy (hamparan, kapet) BAGIMU ……” Perhatikan kata-kata “bagimu”. Al-Qur’an dalam hal ini, tidak sekedar mengatakan bahwa bumi itu hamparan umpama karpet saja, kemudian berhenti pada kalimat itu, tapi ada kata tambahan lain yaitu “bagimu”. Artinya, bagi kita manusia yang tinggal di atas permukaan bumi ini, bumi terasa datar. Walaupun, bumi itu pada kenyataannya adalah tidak datar. Hanya TERASA DATAR bagi kita manusia. Terasa datar bukan berarti benar-benar datar, bukan….?

Penjelasan kata “karpet (firasy)” bagimu bukankah bisa diartikan sebagai sesuatu yang berfungsi untuk diduduki atau dipakai tidur, dengan aman dan nyaman…?. Kata firasy dalam bahasa Indonesia dapat diartikan karpet, atau ranjang adalah sesuatu yang nyaman dan aman dan dipakai untuk tidur. Nampaknya arti seperti ini dapat dipakai, sebab keberadaan struktur bumi ini memang berlapis-lapis. Bagian intinya sangat panas dengan suhu ribuan derajat celcius yang mematikan. Namun demikian, pada bagian LAPISAN YANG PALING ATAS, ada sebuah lapisan keras setebal 70 kilometer, disebut lapisan kerak bumi yang paling aman dan nyaman, dengan suhu yang aman pula bagi kehidupan. Seolah-olah lapisan bumi bagian atas itu adalah ‘karpet’ atau ‘ranjang’ yang terbentang luas dan melindungi manusia serta seluruh makhluk Allah yang berada di atasnya, aman dari bahaya lapisan bumi bagian dalam yang cair, yang sangat panas lagi mematikan itu.

Kemudian dalam QS.Qaf:7, “Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata…”

Perhatikan gambaran bumi dalam ayat lainnya:

waal-ardha ba’da dzaalika dahaahaa

[79:30] Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.

tejemahan bahasa Indonesia kembali menyaakan kata ini dengan ‘hamparan’.

Lalu ketika Al-Qur’an menyebut kata ‘al-ardha‘ atau ‘al-ardhi‘ yang diterjemahkan menjadi ‘bumi’, bisa juga merujuk kepada ‘permukaan bumi’ atau lapisan bumi paling luar tempat kita berpijak, lihat ayat ini :

walakum fii al-ardhi mustaqarrun wamataa’un ilaa hiinin

[2:36] dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.”

wa-idzaa tawallaa sa’aa fii al-ardhi liyufsida fiihaa wayuhlika alhartsa waalnnasla waallaahu laa yuhibbu alfasaada

[2:205] Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan

Ayat-ayat tersebut merupakan sinyal-sinyal ilmiah dari Al-Qur’an tentang proses pembentukan kulit bumi, tempat kita berpijak, disitu ada indikasi terjadinya proses yang berangsur-angsur, mulai dari sedikit lalu meluas menjadi seperti permukaan bumi yang ada sekarang, ibarat orang menggelar/menghamparkan permadani..

Kata ‘farsya’ juga diartikan sebagian para ulama dengan ‘alas’ atau ‘tunggangan’. Sebagian ulama tafsir mengartikan sebagai ‘yang disembelih’, dalam hal ini adalah terkait dengan kambing, domba dan sapi (lihat Tafsir Al-Mishbah – Quraish Shihab). Ini menjelaskan bahwa hewan yang diembelih tersebut bisa dimanfaatkan, misalnya kulitnya sebagai alas untuk tempat duduk.

wamina al-an’aami hamuulatan wafarsyan

[6:142] Dan di antara hewan ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih.

Ini dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an yang lain :

waallaahu ja’ala lakum min buyuutikum sakanan waja’ala lakum min juluudi al-an’aami buyuutan tastakhiffuunahaa yawma zha’nikum wayawma iqaamatikum wamin ashwaafihaa wa-awbaarihaa wa-asy’aarihaa atsaatsan wamataa’an ilaa hiinin

[16:80] Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).

Maka lagi-lagi kata ‘farasy’ dalam ayat tersebut tidak mengandung unsur ‘datar’ melainkan ‘alas tempat duduk’. Tentu saja suatu yang dihamparkan/digelar/dibentangkan akan membentuk sesuai tempat dimana dia dihamparkan, hamparan akan berbentuk melengkung kalau dasar tempatnya juga melengkung, hamparan akan berbentuk datar kalau dasar tempatnya juga datar..

Kata tersebut juga dipakai dalam ayat lain :

muttaki-iina ‘alaa furusyin bathaa-inuhaa min istabraqin wajanaa aljannatayni daanin

[55:54] Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. Dan buah-buahan di kedua syurga itu dapat (dipetik) dari dekat.

wafurusyin marfuu’atin

[56:34] dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk.

Ayat tersebut juga tidak menyinggung tentang suatu bidang yang datar, tapi mengenai suatu benda yang ‘dibentangkan‘ untuk tempat duduk-duduk atau istirahat.

al’farasyi’ dalam ayat ini diartikan sebagai ‘anai-anai/laron’ yang baru lahir sehingga posisi mereka bertumpuk-tumpuk bergerak makin lama makin meluas, maka kata ini diikuti dengan ‘al-mabtsuutsi’ = bertebaran, menyebar makin lama makin luas, dalam kalimat ini juga tidak ada korelasi antara kata ‘faraasyi’ dengan datar, melainkan menjelaskan sesuatu yang berkembang meluas. Bisa dilihat dalam ayat ini :

yawma yakuunu alnnaasu kaalfaraasyi almabtsuutsi

[101:4] Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,





Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

QS 2:22

alladzii ja’ala lakumu al-ardha firaasyan

[2:22] Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu

Farasya = ‘fa-ra-syin’

Kata tersebut berasal dari kata ‘farasya’ yang berarti : to spread out, extend, stretch forth, furnish = menghampar, mempunyai kata turunan : furusy (berbentuk jamak, bentuk tunggalnya :firasy). Kata ‘firasy’ berarti : hamparan yang biasanya digunakan untuk duduk atau berbaring. Dari situ kata tersebut juga bisa diartikan : permadani, kasur atau ranjang. Dalam kalimat ini tidak ada kaitan sesuatu yang terhampar dengan ‘datar’.

Ketahuilah wahai saudaraku seiman, bahwa bumi yang kita tempati ini berbentuk bulat menurut kesepakatan para ulama. Hal ini mereka nyatakan jauh-jauh hari sebelum para ilmuwan barat menyatakan hal ini. Berkata Imam Ibnu Hazm dalam Al-Fishal fil Milal wan Nihal (2/97) : Pasal penjelasan tentang bulatnya bumi. Tidak ada satupun dari ulama kaum muslimin semoga Allah meridlai mereka- yang mengingkari bahwa bumi itu bulat, dan tidak dijumpai bantahan atau satu kalimat pun dari salah seorang dari mereka, bahkan al-Quran dan as-Sunnah telah menguatkan tentang bulatnya bumi.

Hal senada pernah dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dengan menukil perkataan Imam Abul Husain Ahmad bin Jafar bin Munadi salah seorang ulama Hanabillah yang sangat masyhur di zamannya- berkata : Demikianlah juga para ulama sepakat bahwasanya bumi dengan segala gerakannya, baik di darat maupun di laut itu bulat [Lihat Majmu Fatawa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah 25/159] Dan Syaikhul Islam pun menukil adanya ijma para ulama mengenai hal ini dari Imam Ibnu Hazm dan Abul Faraj Ibnul Jauzi. [Lihat Majmu Fatawa 6/586]

Berkata Imam Ibnu Hazm : Kita katakan kepada orang yang tidak memahami masalah ini : Bukankah Allah mewajikan kepada kita untuk shalat Dzuhur apabila matahari telah bergeser ke arah barat (zawal)? Pasti dia akan menjawab : Ya. Lalu tanyakan kepadanya tentang makna bergesernya matahari ke arah barat, pasti jawabannya adalah bahwa matahari telah berpindah dari tempat pertengahan jarak antara waktu terbitnya dengan waktu tenggelamnya, dan ini terjadi di semua waktu dan semua tempat. Maka orang yang mengatakan bahwa bumi itu datar dan tidak bulat dia harus mengatakan bahwa orang yang tinggal di daerah bumi paling timur harus shalat Dhuhur saat matahari barusan terbit, juga orang yang tinggal di daerah paling barat tidak menjalankan shalat Dhuhur kecuali di pengunjung siang dan ini adalah sesuatu yang sudah keluar dari ketetapan syariat Islam [Lihat Al-Fishal 2/87 dengan diringkas)

Adapun firman Allah. Artinya : Dan bumi bagaimana dihamparkan? {Al-Ghasyiyah [88] : 20] Ayat ini sama sekali tidak menunjukkan bahwa bumi itu datar, karena sebuah benda yang bulat kalau semakin besar, maka akan semakin tidak kelihatan bulatnya dan akan nampak seperti datar. [Lihat Hidayatul Hairan Fi Masalatid Daurah oleh Syaikh Abdul karim Al-Humaid hal. 56]

Berkata Syaikh Bin Baz : Keberadaan bumi itu bulat tidak bertentangan dengan bahwa permukaan bumi itu datar yang layak untuk dijadikan tempat tinggal, sebagaimana firman Allah Taala. Artinya : Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan [Al-Baqarah [2] ; 22]

Juga firmanNya. Artinya : Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan dan gunung-gunung sebagai pasak? [An-Naba [78] : 6-7] Artinya : Dan bumi bagaimana dihamparkan ? [Al-Ghasyiyah [88] : 20]

Kesimpulannya, bumi itu bentuknya bulat namun permukaannya datar agar bisa dijadikan tempat tinggal dan dimanfaatkan oleh manusia. Dan saya tidak menemukan dalil naqli dan hissi yang menentang masalah ini [Lihat Al-Adilah An-Naqliyah wal Hissiyah oleh Syaikh Ibnu Baz hal. 103]

langit universe bumi 1

LANGITPUN BULAT

Adapun mengenai keberadaan bahwa langit itu bulat, maka ini pun sesuatu yang telah disepakati oleh para ulama Islam. Berkata Imam Ibnu Katsir : Imam Ibnu Hazm, Ibnul Munadi dan Ibnu Jauzi serta para ulama lainnya telah menukil adanya ijma bahwa langit itu bulat [Lihat Al-bidayah wan Nihayah 1/69 tahqiq DR Abdullah At-Turki, lihat juga Al-Fishal 1/97-100]

Dan ini pula yang dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah : Telah kami jelaskan bahwa langit itu bulat menurut para ulama dari kalangan sahabat dan tabiain, bahkan tidak hanya satu orang ulama yang mana mereka adalah orang paling mengetahui tentang riwayat menyatakan bahwa langit itu bulat, seperti Abul Husain bin Munadi, Ibnu Hazm dan Ibnul Jauzi [Majmu Fatawa 25/195]

Dalil mengenai masalah ini sangat banyak, di antaranya adalah firman Allah Artinya : Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya [Yasin [36] : 40] Berkata Hasan Al-Bashri bahwa maksudnya adalah berputar, berkata Ibnu Abbas : Berputar pada falak seperti falkah mighzal Falkah mighzal adalah kayu berbentuk bulat yang digunakan untuk menenun kain. Juga firman Allah. Artinya : Dan Kami jadikan langit itu sebagai atap yang terjaga [Al-Anbiya : [21] : 32]

Keberadaan langit sebagai atap bumi, sedangkan bumi itu bulat maka langit pun bulat. Berkata Syaikhul Islam ibnu Taimiyah : “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhabarkan bhawa Arsy itu seperti kubah, dan ini adalah sebuay isyarat bahwa langit itu bulat”. Kemudian setelah ini, pahamilah wahai saudaraku, bahwa bumi kita ini adalah pusat alam semesta. Dia berada persis di tengah-tengah lingkaran langit. Hal ini adalah sesuatu yang disepakati oleh para ulama sebagaimana dinukil oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam beberapa tempat dalam Majmu Fatawa beliau. Beliau berkata : “Bahwasanya bumi terletak di tengah bulatan langit. Yang menunjukkan hal ini adalah bahwasanya semua benda langit itu terlihat dari bumi di segala penjuru langit dalam jarak yang sama, ini semua menunjukkan bahwa jauhnya antara bumi dan langit itu sama dari segala sisi, dan ini dengan tegas menunjukkan bahwa bumi itu terletak persis di tengah-tengah” [Lihat Majmu Fatawa 25/195]

Ilmuwan Eropa, Galileo Galilei (1546-1642) mengatakan dengan tegas bahwa bumi berbentuk bulat. Pernyataannya ini oleh otoritas Gereja dianggap  menyimpang sehingga dia harus dihadapkan pada hukuman mati.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebenaran pernyataan Galileo tersebut pun semakin jelas. Belakangan, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa dialah orang pertama yang menemukan teori bulatnya bumi.


peta gempa di bumi a1

Bagaimana Pendapat Ulama Islam?

Sebenarnya jauh-jauh sebelum Galileo, sudah banyak ulama dan ilmuwan yang mengatakan bahwa pelanet bumi ini berbentuk bulat.

Lebih jelasnya mari kita lihat beberapa perkataan ulama Islam berikut ini:Ilmuwan Islam, Ibnu Khaldun (1332 – 1406 M / 732H – 808 H): “Ketahuilah, sudah jelas di kitab-kitab para ilmuwan dan peneliti tentang alam bahwa bumi berbentuk bumi….” (Muqaddimah Ibnu Khaldun, Kairo).

Ulama Islam, Ibnu Taimiyah (1263-1328 M): “Ketahuilah, bahwa mereka (para ulama) sepakat bahwa bumi berbentuk bulat. Yang ada di bawah bumi hanyalah tengah. Dan paling bawahnya adalah pusat….” (Al-Jawab Ash-Shahih li Man Baddala Din Al-Masih).

Bagi Qazuaini (seorang ilmuwan), salah satu bukti bumi berbentuk bulat adalah bintang-bintang dan planet-planet yang berbentuk bulat (Atsar Al-Bilad wa Akhbar Al-Bilad).

Selain mereka, masih banyak ilmuwan dan ulama Islam klasik yang menyebutkan di dalam bukunya bahwa bumi berbentuk bulat. Di antara buku tersebut adalah:

1. Muruj Al-Dzahab wa Ma’adin Al-Jauhar, oleh Mas’udi Ali Husain Ali bin Husain (w. 346 H).

2. Ahsan Taqasim fi Ma’rifah Al-Aqalim, oleh Al-Maqdisi (w. 375 H)

3. Kitab Shurah Al-Ardh, oleh Ibnu Hauqal

4. Al-Masalik wa Al-Mamalik, oleh Al-Ishthikhry

5. Ruh Al-Ma’ani, oleh Imam Al-Alusi (ulama tafsir Al-Qur’an)

6. Mafatih Al-Ghaib, oleh Fakhru Ar-Razi (ulama tafsir Al-Qur’an)

Dan lain-lain.

Apakah Pendapat Mereka Bertentangan dengan Al-Qur’an?

Tentu saja tidak. Justru Dr. Hadi bin Mar’i dalam bukunya “Mausu’ah Al-Ilmiyah fi I’jaz Al-Qur’anul Karim” (Penerbit Attawfiqiah, Kairo) mengambil dalil bumi berbentuk bulat dari isyarat Al-Qur’an. Demikian juga para ahli tafsir lainnya.  

Ada satu ayat Al-Qur’an lagi yang patut kita perhatikan sebagai tambahan penjelasan masalah ini, inilah jawaban telak tentang tuduhan bumi itu datar menurut Alqur’an:surat Az-Zumar ayat 5

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى أَلَا

هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

“Dia (Allah) menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar. Dia memasukkan malam atas siang dan memasukkan siang atas malam dan menundukan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah! Dialah Yang Maha Mulia, Maha Pengampun.” (QS.Az-Zumar:5)

Kata “at-takwir” artinya adalah menggulung. Pada ayat di atas dengan jelas Allah berfirman bahwa malam menggulung siang dan siang menggulung malam. Kalau malam dan siang dapat saling menggulung, pastilah karena keduanya berada pada satu TEMPAT YANG BULAT secara bersama-sama. Bagaimana keduanya dapat saling menggulung jika berada pada tempat yang datar….? Kalau saja kejadian itu pada tempat yang datar, mestinya akan lebih tepat jika dipakai kata MENIMPA atau MENINDIH.

Dari keterangan ayat di atas juga dapat diperoleh gambaran bahwa pada permukaan bumi ini setiap saat, separuh permukaannya senantiasa malam, dan separuh lagi permukaannya adalah siang hari. Hal ini dapat digambarkan dari keterangan ayat, dimana seolah-olah bagian kepala dari sang malam itu menggulung bagian ekor dari sang siang, namun pada saat yang sama bagian kepala dari sang siang sedang menggulung pula bagian ekor dari sang malam. Sebanyak bagian siang yang digulung malam, maka pada saat yang bersamaan, sebanyak itu pula bagian malam yang sedang digulung oleh sang siang. Sekali lagi, keterangan ini menggambarkan bahwa terjadinya hal menakjubkan tersebut di atas bumi, hanya jika permukaan BUMI ITU BULAT adanya…!

Ajaibnya, keterangan-keterangan ini ditulis dalam ayat-ayat Al-Qur’an pada 14 abad yang lalu, disaat orang-orang Eropa dan Amerika masih primitif, dan masih menganggap bumi ini datar serta menganggapnya sebagai pusat bagi jagad raya ini.

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya….

air jatuh 1

BUMI BERBENTUK SEGI EMPAT DAN DATAR DALAM ALKITAB KRISTEN

Matius 24:31 Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari KEEMPAT PENJURU BUMI, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain

Markus 13:27 Dan pada waktu itupun Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari dari KEEMPAT PENJURU BUMI, dari ujung bumi sampai ke ujung langit

Wahyu 7:1. Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada dari KEEMPAT PENJURU BUMI dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon

Wahyu 20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada dari KEEMPAT PENJURU BUMI, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut

Matius 12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!

Saudara saudari semua, meski kita naik ke puncak gunung tertinggi di Tibet &  dapat melihat sejauh ribuan mil, tapi tetap lah kita tak dapat melihat seluruh bumi, bagian belakang bumi yg bundar tetap tidak kelihatan. Ini hanya bisa berlaku jika bumi itu datar! Ini ayatnya:

Matius 4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi

dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,

Lukas 4:5 Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia.

Daniel 4:10 Adapun penglihatan yang kudapat di tempat tidurku itu, demikian: di tengah-tengah bumi ada sebatang pohon yang sangat tinggi;

11 pohon itu bertambah besar dan kuat, tingginya sampai ke langit, dan dapat dilihat sampai ke ujung seluruh bumi.

Ayat-ayat diatas ini pun bermakna bumi itu datar, bukan bundar, karena mustahil orang dapat melihat pohon setinggi apapun dari bagian belakang bumi yang bundar. Ini cuma berlaku jika bumi datar!

Mungkinkah TUHAN menulis bumi berbentuk segi empat?

Mungkinkah TUHAN keliru?

Mungkinkah TUHAN mengatakan bumi itu datar?

Jelas ini bukan Firman Tuhan!

Masih banyak ayat alkitab yang menyatakan bumi ini datar, bersudut 4, berujung ini masih banyak lagi lainnya:

Matius 12:42, Lukas 11:31, Kisah Rasul 1:8, Kisah Rasul 13:47, Roma 10:18, Yesaya 24:16 , Yesaya 5:26, Amsal 30:4, Amsal 17:24, Mazmur 135:7, Mazmur 98:3 , Mazmur 72:8, Mazmur 67:8, Mazmur 65:9, Mazmur 65:6, Mazmur 61:3, Mazmur 59:14, Mazmur 46:10, Mazmur 22:28, Mazmur 19:5, Mazmur 2:8, Ayub 38:13, Ayub 37:3, Ayub 28:24, Ulangan 33:1, Ulangan 28:6, Ulangan 28:49, Ulangan 13:7.

Silahkan cek sendiri di alkitab, terlalu panjang jika saya harus menuliskan satu persatu! Sekarang silahkan Anda menilai Alqur’an ataukah Bible yang tidak ilmiah?

Wallohu’alam bishowab….
About Edy Methek 191 Articles
sampaikanlah ... ayat-ayat Allah
PREVIOUS ARTICLENEXT ARTICLE
2 COMMENTS ON AL QUR'AN MENJAWAB .... TUDUHAN ALLAH MENCIPTAKAN BUMI DATAR ------------------------------------ BULATNYA BUMI DI JELASKAN DALAM AL-QUR’AN ------------------------------ SIFAT KETERBATASAN MANUSIA ITU ADALAH MERASA SEGALA TAHU DAN HANYA BERBEKAL TEORI YANG TERPANDANG OLEH MATA ---------------------------- PARA KAFIR HARBY SERING KALI MENUDUH AYAT ALQUR’AN TIDAK ILMIAH BERKAITAN DENGAN ANGGAPAN BAHWA MENURUT ALQUR’AN BUMI ITU DATAR. ------------------------------- SEBENARNYA JAUH-JAUH SEBELUM GALILEO, SUDAH BANYAK ULAMA DAN ILMUAN YANG MENGATAKAN BAHWA PLANET BUMI INI BERBENTUK BULAT. -------------------

Edy Methek JUNE 27, 2016 AT 9:05 PM
“Dan bumi sesudah itu diHAMPARkan-Nya.” (QS. An-Naaziat:30)

“Dihamparkan” adalah sebuah keterangan tentang sesuatu benda datar. Apakah berarti dengan kalimat ini Allah menjelaskan bahwa bumi itu datar dan tidak bulat?

Sesuatu benda bulat yang sangat besar apabila dijadikan tempat berdiri manusia yang sangat kecil akan terlihat menjadi suatu HAMPARAN yang datar karena terbatasnya jarak pandang manusia dan ini adalah ayat yang bermakna umum yang di tentukan hanya untuk manusia bukan di nisbatkan untuk ALLAH SWT. Jadi HAMPARAN digunakan untuk menunjukkan posisi bumi yang datar jika ditinggali manusia. Dan ayat ini Allah menjelaskan tentang kasih sayangnya menjadikan bumi itu berupa hamparan sehingga manusia bisa berdiri diatasnya. Dan ini adalah dalam pandangan MIKRO hubungan bumi dengan manusia, dan bukan hubungan bumi dengan matahari atau planet lain.

LOG IN TO REPLY
Edy Methek JUNE 27, 2016 AT 9:06 PM
Berkata Syaikh Bin Baz : Keberadaan bumi itu bulat tidak bertentangan dengan bahwa permukaan bumi itu datar yang layak untuk dijadikan tempat tinggal, sebagaimana firman Allah Taala. Artinya : Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan [Al-Baqarah [2] ; 22]

Juga firmanNya. Artinya : Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan dan gunung-gunung sebagai pasak? [An-Naba [78] : 6-7] Artinya : Dan bumi bagaimana dihamparkan ? [Al-Ghasyiyah [88] : 20]


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Tue Sep 20, 2016 7:01 pm, total 3 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by dee-nee on Tue Sep 20, 2016 3:05 pm

@njlajahweb wrote:yah...silahkan yang mau lihat, silahkan princess...

hihihihihihi ... video itu bilang "Mari lawan kebohongan Elite Global dengan mempercayai Flat Earth"

itu mah sama aja seperti bilang "Mari lawan kebohongan dengan mempercayai sesuatu yang belum tentu benar"

samimawon

ketawa guling ketawa guling ketawa guling

atau

Kacau balau-nya system yang dibentuk para elite global ... ditambah dengan kebohongan NASA mendarat di bulan >>> adalah bukti nyata bahwa bumi itu datar ???

hadeeehhhh ...... tanpa perlu bicara tentang Flat Earth ... yang merah itu sudah jadi makanan semua orang terkait konspirasi elite global (sejak jaman reformasi - bahkan era orde lama pun sudah ada) >>> jadi itu sama saja seperti menampilkan resep umum cara bikin sop ayam .... tapi kemudian ditambah coklat, madu, dan susu ... yang akhirnya malah tambah kacau semua

Logical Fallacy dalam video ini adalah >>> bicara berputar2 .... yang sebetulnya kalau penonton fokus .... akan keliatan mencla mencle-nya alias ga jelas

contoh :

- tentang symbol : uang dollar, pentagon, batu obeliks, dsb semua adalah symbol Illuminati ... bagian dari elite global ... PBB pun termasuk bagian dari mereka ... tapi di video lain ... mereka bilang kebenaran Flat Earth itu nyata ... dapat dibuktikan dari logo PBB yang menampilkan peta bumi datar

- di satu pihak mengatakan Eisntein dan Stephen Hawking adalah bagian dari system Science Modern (yang mereka sebut bohong) ..... di pihak lain membawa2 dua nama itu sebagai pembelaan teori Flat Earth  

- di satu pihak bilang tidak mau mengadu domba rakyat vs rakyat .... tidak mau berdebat dengan "orang awam" yang hanya bisa membully .... dipihak lain mereka bilang hanya mencari orang2 yang memiliki "akal sehat" yang tidak pernah temakan "brainwashed elite global"

>>>> trus gimana ?? jadi mereka2 yang ga percaya pada Flat Earth adalah orang2 awam yang suka membully, tidak punya akal sehat, dan sudah termakan brainwashed ?? >>>> lah faktanya ... Flat Earth sendiri tidak bisa membuktikan teori mereka dengan "akal sehat" selain melakukan brainwashed kepada orang2 awam dengan cara membully

dst dst ....

sudah benar apa yang dikatakan Sukarno ... kalau mau melawan neo kolonialisme adalah mempunyai harga diri, mampu berdaulat diatas kaki sendiri, memperbaiki system dengan cara kita sendiri, tidak termakan propaganda pihak manapun (bebas aktif) ... dst dst

bukan dengan cara percaya teori Flat Earth >>>> yang kaya begini jelas2 ga makes sense alias jaka sembung

mudah2an ga banyak orang Indonesia yang termakan beginian

cheers

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by dee-nee on Tue Sep 20, 2016 3:10 pm

@isaku wrote:
@dee-nee wrote:hahahahaha ... kalau saya flat earther ... saya akan bilang "coba baca wiki" ... disitu malah bilang

wiki wrote:Alasan mengenai tidak adanya gaya sentrifugal

karena itu, gaya sentrifugal tidak pernah ada. Jika ada gaya sentrifugal yang bekerja pada benda yang melakukan gerak melingkar, maka hukum I Newton dilanggar. Menurut Hukum I Newton, jika terdapat gaya total pada suatu benda maka benda tersebut berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus. Ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, pada benda tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Apabila terdapat gaya sentrifugal yang arahnya menjauhi pusat, maka akan terdapat gaya total yang menyebabkan benda bergerak sepanjang garis lurus. Kenyataan yang terjadi, benda tetap melakukan gerak melingkar. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa tidak ada gaya sentrifugal.

sebagai globe earther .... saya curiga ... hukum Newton nih kayanya memang agak bermasalah

hihihihihihihihihi
Penjelasan wiki Indonesia kayanya tidak lengkap, bisa salah paham. Memang sentrifugal itu reaksi, atau semu. Tapi yang dibahas bukan hanya soal benda berputar tapi frame frame lainnya yang punya massa dan jarak dari sumbu putar si benda.

Mungkin yang ini lebih membantu https://en.wikipedia.org/wiki/Centrifugal_force

TAPI memang ada bantahan juga bahwa sebetulnya pasang antipodal (pasang yang berada di belakang atau berseberangan dengan posisi bulan) bukan akibat sentrifugal. https://www.lhup.edu/~dsimanek/scenario/tides.htm

Setiap fenomena belum tentu penjelasan hanya 1, boleh jadi ada beberapa macam yang bahkan bisa saja bertolak belakang. Perlu diteliti penjelasan masing2 dan mungkin saja penjelasannya berubah2 sesuai jaman seiring perkembangan keilmuan dan alat bantu untuk menyimpulkan.

Apalagi kalau ternyata buminya bukan bulat, perlu penelitian dan penjelasan berbeda  piss

ya intinya .... seperti yang dikatakan Flat Earth >>>> gunakan akal sehat ... baik pada teori science modern dan teori flat earth itu sendiri

sebetulnya moral dalam video ya intinya ini

piss  piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by isaku on Wed Sep 21, 2016 11:12 am

@njlajahweb wrote:bagaimana dengan ini

kutipan dari link
http://sains-edy.upy.ac.id/2016/06/27/al-quran-menjawab-tuduhan-allah-menciptakan-bumi-datar-bulatnya-bumi-di-jelaskan-dalam-al-quran-sifat-keterbata/

Bagaimana Pendapat Ulama Islam?

Sebenarnya jauh-jauh sebelum Galileo, sudah banyak ulama dan ilmuwan yang mengatakan bahwa pelanet bumi ini berbentuk bulat.

Lebih jelasnya mari kita lihat beberapa perkataan ulama Islam berikut ini:Ilmuwan Islam, Ibnu Khaldun (1332 – 1406 M / 732H – 808 H): “Ketahuilah, sudah jelas di kitab-kitab para ilmuwan dan peneliti tentang alam bahwa bumi berbentuk bumi….” (Muqaddimah Ibnu Khaldun, Kairo).

Ulama Islam, Ibnu Taimiyah (1263-1328 M): “Ketahuilah, bahwa mereka (para ulama) sepakat bahwa bumi berbentuk bulat. Yang ada di bawah bumi hanyalah tengah. Dan paling bawahnya adalah pusat….” (Al-Jawab Ash-Shahih li Man Baddala Din Al-Masih).

Bagi Qazuaini (seorang ilmuwan), salah satu bukti bumi berbentuk bulat adalah bintang-bintang dan planet-planet yang berbentuk bulat (Atsar Al-Bilad wa Akhbar Al-Bilad).

Selain mereka, masih banyak ilmuwan dan ulama Islam klasik yang menyebutkan di dalam bukunya bahwa bumi berbentuk bulat. Di antara buku tersebut adalah:

1. Muruj Al-Dzahab wa Ma’adin Al-Jauhar, oleh Mas’udi Ali Husain Ali bin Husain (w. 346 H).

2. Ahsan Taqasim fi Ma’rifah Al-Aqalim, oleh Al-Maqdisi (w. 375 H)

3. Kitab Shurah Al-Ardh, oleh Ibnu Hauqal

4. Al-Masalik wa Al-Mamalik, oleh Al-Ishthikhry

5. Ruh Al-Ma’ani, oleh Imam Al-Alusi (ulama tafsir Al-Qur’an)

6. Mafatih Al-Ghaib, oleh Fakhru Ar-Razi (ulama tafsir Al-Qur’an)

Dan lain-lain.

Apakah Pendapat Mereka Bertentangan dengan Al-Qur’an?
Betul pendapat mereka tidak bertentangan dengan AlQuran karena AlQuran TIDAK BICARA TENTANG BENTUK BUMI piss
Penafsiran bulatnya tidak dengan argumen yang sangat kuat, hanya dari kata siang "menggulung" malam dan kata yang diartikan "hamparan" yang tidak selalu diartikan bidang datar. Karena tidak ada pernyataan BULAT atau DATAR maka tafsir apapun yang dipilih tentang bentuk bumi tidaklah menyalahi ALQURAN
piss piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by isaku on Wed Sep 21, 2016 12:11 pm

@dee-nee wrote:
@njlajahweb wrote:yah...silahkan yang mau lihat, silahkan princess...

hihihihihihi ... video itu bilang "Mari lawan kebohongan Elite Global dengan mempercayai Flat Earth"

itu mah sama aja seperti bilang "Mari lawan kebohongan dengan mempercayai sesuatu yang belum tentu benar"

samimawon

ketawa guling ketawa guling ketawa guling

atau

Kacau balau-nya system yang dibentuk para elite global ... ditambah dengan kebohongan NASA mendarat di bulan >>> adalah bukti nyata bahwa bumi itu datar ???

hadeeehhhh ...... tanpa perlu bicara tentang Flat Earth ... yang merah itu sudah jadi makanan semua orang terkait konspirasi elite global (sejak jaman reformasi - bahkan era orde lama pun sudah ada) >>> jadi itu sama saja seperti menampilkan resep umum cara bikin sop ayam .... tapi kemudian ditambah coklat, madu, dan susu ... yang akhirnya malah tambah kacau semua

Logical Fallacy dalam video ini adalah >>> bicara berputar2 .... yang sebetulnya kalau penonton fokus .... akan keliatan mencla mencle-nya alias ga jelas

contoh :

- tentang symbol : uang dollar, pentagon, batu obeliks, dsb semua adalah symbol Illuminati ... bagian dari elite global ... PBB pun termasuk bagian dari mereka ... tapi di video lain ... mereka bilang kebenaran Flat Earth itu nyata ... dapat dibuktikan dari logo PBB yang menampilkan peta bumi datar

- di satu pihak mengatakan Eisntein dan Stephen Hawking adalah bagian dari system Science Modern (yang mereka sebut bohong) ..... di pihak lain membawa2 dua nama itu sebagai pembelaan teori Flat Earth  

- di satu pihak bilang tidak mau mengadu domba rakyat vs rakyat .... tidak mau berdebat dengan "orang awam" yang hanya bisa membully .... dipihak lain mereka bilang hanya mencari orang2 yang memiliki "akal sehat" yang tidak pernah temakan "brainwashed elite global"

>>>> trus gimana ?? jadi mereka2 yang ga percaya pada Flat Earth adalah orang2 awam yang suka membully, tidak punya akal sehat, dan sudah termakan brainwashed ?? >>>> lah faktanya ... Flat Earth sendiri tidak bisa membuktikan teori mereka dengan "akal sehat" selain melakukan brainwashed kepada orang2 awam dengan cara membully

dst dst ....

sudah benar apa yang dikatakan Sukarno ... kalau mau melawan neo kolonialisme adalah mempunyai harga diri, mampu berdaulat diatas kaki sendiri, memperbaiki system dengan cara kita sendiri, tidak termakan propaganda pihak manapun (bebas aktif) ... dst dst

bukan dengan cara percaya teori Flat Earth >>>> yang kaya begini jelas2 ga makes sense alias jaka sembung

mudah2an ga banyak orang Indonesia yang termakan beginian

cheers

piss piss
ketiwi
Betul tidak salah. Dalam beberapa hal memang fallacy, mudah di bully, konyol dan terlihat amatir.  
Tapi tidak semua hal juga make sense terkait penjelasan2 fenomena alam dan luar angkasa (terlepas kemampuan mencerna atau disiplin ilmu berbeda), dan memang hanya segelintir orang yang punya akses ke alat2 tercanggih yang berhubungan dengan antariksa.
Dan kalau dirunut mungkin saja ide flat earth lahir gara2 anggaran NASA yang selalu besar namun manfaatnya tidak dirasakan pembayar pajak  dan kemudian ayat bible disertakan untuk menambah amunisi. Namun apapun itu hal2 yang menjadi latar belakangnya, setidaknya ini tetaplah menarik untuk disimak dan menetralkan anggapan2 umum yang biasanya hanya diterima begitu saja.

Videonya dilanjut aja sampai kelar, urusan diterima atau tidak, make sense atau g, boleh diutarakan piss


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Wed Sep 21, 2016 1:20 pm

sekilas info...
ada orang Kristen yang percaya bahwa bumi itu bulat
http://www.sarapanpagi.org/yesaya-40-22-bumi-bulat-vt2252.html
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Wed Sep 21, 2016 4:02 pm

sekilas info...
kutipan dari
http://sains-edy.upy.ac.id/2016/06/27/al-quran-menjawab-tuduhan-allah-menciptakan-bumi-datar-bulatnya-bumi-di-jelaskan-dalam-al-quran-sifat-keterbata/

Berkata Imam Ibnu Hazm : Kita katakan kepada orang yang tidak memahami masalah ini : Bukankah Allah mewajikan kepada kita untuk shalat Dzuhur apabila matahari telah bergeser ke arah barat (zawal)? Pasti dia akan menjawab : Ya. Lalu tanyakan kepadanya tentang makna bergesernya matahari ke arah barat, pasti jawabannya adalah bahwa matahari telah berpindah dari tempat pertengahan jarak antara waktu terbitnya dengan waktu tenggelamnya, dan ini terjadi di semua waktu dan semua tempat. Maka orang yang mengatakan bahwa bumi itu datar dan tidak bulat dia harus mengatakan bahwa orang yang tinggal di daerah bumi paling timur harus shalat Dhuhur saat matahari barusan terbit, juga orang yang tinggal di daerah paling barat tidak menjalankan shalat Dhuhur kecuali di pengunjung siang dan ini adalah sesuatu yang sudah keluar dari ketetapan syariat Islam [Lihat Al-Fishal 2/87 dengan diringkas)
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Wed Sep 21, 2016 4:03 pm

sekilas info...
http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/07/masihkah-anda-percaya-bahwa-bumi-ini-datar

kutipan
Pemahaman bahwa Bumi berbentuk datar tumbuh kembali layaknya keyakinan kuno yang lahir kembali.

Di Youtube, sejumlah akun - diantaranya TigerDan925 - mengunggah video penjelasan tentang Bumi datar beserta argumen-argumennya.

Sementara di Facebook, terdapat sejumlah komunitas - diantaranya The Flat Earth Society - yang beranggotakan orang-orang yang percaya bahwa Bumi datar. Di Twitter, ada akun @FlatEarthID dengan sejumlah informasi tentang pandangan Bumi datar.

Sepintas hal itu tak dapat dipercaya.

Manusia sudah memiliki citra Bumi sebagai kelereng biru, memotret Bumi daari saturnus sebagai "Pale Blue Dot", dan mengirim New Horizon ke tepian Tata Surya. Bagaimana mungkin masih ada orang yang percaya Bumi datar?

Percaya atau tidak, nyatanya masih ada orang-orang seperti itu.

Gambaran Keyakinan


Orang-orang yang memercayai Bumi datar intinya menolak semua perkembangan ilmu pengetahuan yang telah dicapai berabad-abad.

Mereka menganggap pendaratan Neil Armstrong di Bulan hoax! Mereka menganggap satelit sebenarnya tidak pernah ada! Mereka percaya bahwa Matahari jaraknya hanya 4.000 kilometer!

Alasannya?

Tulisan VICE.com pada 2014 mengungkap, mereka yang meyakini bahwa Bumi datar percaya bahwa matahari selalu berada di Tropic Cancer dan Capricorn, yang berarti jaraknya kurang dari 5.000 kilometer dari Bumi.

Mereka juga meyakini bahwa Bumi begitu spesial sehingga walaupun banyak benda langit berbentuk bulat, Bumi berbentuk datar layaknya piringan.

Bukti Bumi datar menurut orang-orang yang meyakininya bisa diketahui saat terbang dengan pesawat.

Penumpang selalu diberitahu bahwa pesawat terbang dengan ketinggian tetap setelah stabil di udara. Menurut pemercaya Bumi datar, jika Bumi bulat, seharusnya ketinggian terbang tak pernah tetap.

Pseudosains

Profesor astrofisika dan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan bahwa pandangan Bumi datar terlalu mengada-ada.

"Itu pseudosains," katanya.

"Orang-orang awam memercayainya karena seolah-olah pandangan  itu ilmiah padahal sebenarnya tidak ada dasarnya sama sekali," imbuhnya ketika dihubungi Kompas.com, Senin (11/7/2016).

Ini sejumlah bukti bahwa Bumi berbentuk bulat, bukan datar.

Orang-orang yang percaya Bumi datar meyakini bahwa Kutub Selatan adalah dinding yang tak mungkin ditembus.

"Nyatanya, pernah ada penerbangan yang melewati kutub selatan, dari Afrika Selatan ke Selandia Baru. Kalau Kutub Selatan dinding yang tak bisa ditembus, tak mungkin ada penerbangan itu," jelasnya.

Penerbangan melewati kutub selatan kini tak diminati sebab alasan teknis terkait suhu dingin.

Pandangan bahwa satelit adalah kebohongan belaka juga kurang berdasar. Nyatanya, komunikasi manusia saat ini berbasis satelit.

Demikian pula keyakinan bahwa Matahari berjarak 4.000 kilometer dari Bumi.

"Suhu Matahari mencapai 6.000 derajat celsius. Kalau jarak Matahari sedekat itu, maka kita akan tersiksa dan terbakar oleh radiasi dan panas," ungkap Thomas.

Ketinggian terbang pesawat yang tetap pun sebenarnya bisa dijelaskan.

Ketinggian terbang pesawat diukur secara relatif terhadap permukaan Bumi. Ukuran Bumi yang besar membuat kelengkungan Bumi tidak begitu dirasakan.

"Jika kita menjadi pilot, kita akan mampu membuktikannya," kata Thomas.

"Kalau Bumi datar, maka dari atas kita bisa menatap daerah mana pun termasuk kutub selatan. Kenyataannya, pandangan kita tetap terbatas."

Senja Membuktikannya


Pembuktian bahwa Bumi bulat bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Banyak orang berburu pemandangan senja kala liburan. Pemandangan senja itu bisa menjadi bukti bahwa Bumi bulat.

Saat menatap senja, manusia akan melihat garis khayal yang membatasi pandangan. Matahari akan tenggelam di garis yang disebut horison itu.

Jika Bumi datar, garis yang seolah-olah mempertemukan langit dan permukaan Bumi itu takkan ada.

Kalau ada kapal berlayar di lautan, manusia takkan melihat kapal itu hilang perlahan dan per bagian ketika bergerak menjauh jika saja Bumi datar.

"Jika kapal itu mendekat, kita taakkan menyaksikan asapnya dahulu, baru bagian kapal secara keseluruhan, tetapi langsung semuanya," kata Thomas.

Masih mau percaya Bumi datar?

(Yunanto Wiji Utomo / Kompas.com)
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Wed Sep 21, 2016 4:59 pm

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by isaku on Thu Sep 22, 2016 11:32 am

@njlajahweb wrote:sekilas info...
ada orang Kristen yang percaya bahwa bumi itu bulat
http://www.sarapanpagi.org/yesaya-40-22-bumi-bulat-vt2252.html
Pak BP menerjemahkan cirle menjadi bola dengan cara ngawur. Hanya karena cirle tidak ada sudutnya maka bisa diartikan bola? lha lingkaran/piringan juga g ada sudutnya kok ehmm

@njlajahweb wrote:sekilas info...
kutipan dari
http://sains-edy.upy.ac.id/2016/06/27/al-quran-menjawab-tuduhan-allah-menciptakan-bumi-datar-bulatnya-bumi-di-jelaskan-dalam-al-quran-sifat-keterbata/

Berkata Imam Ibnu Hazm : Kita katakan kepada orang yang tidak memahami masalah ini : Bukankah Allah mewajikan kepada kita untuk shalat Dzuhur apabila matahari telah bergeser ke arah barat (zawal)? Pasti dia akan menjawab : Ya. Lalu tanyakan kepadanya tentang makna bergesernya matahari ke arah barat, pasti jawabannya adalah bahwa matahari telah berpindah dari tempat pertengahan jarak antara waktu terbitnya dengan waktu tenggelamnya, dan ini terjadi di semua waktu dan semua tempat. Maka orang yang mengatakan bahwa bumi itu datar dan tidak bulat dia harus mengatakan bahwa orang yang tinggal di daerah bumi paling timur harus shalat Dhuhur saat matahari barusan terbit, juga orang yang tinggal di daerah paling barat tidak menjalankan shalat Dhuhur kecuali di pengunjung siang dan ini adalah sesuatu yang sudah keluar dari ketetapan syariat Islam [Lihat Al-Fishal 2/87 dengan diringkas)
Timur dan barat itu arah, bukan posisi, yang disebut paling timur atau paling barat itu ADA hanya karena map nya dikasih koordinat, tanpa koordinat takkan ada paling timur atau paling barat. Beda halnya dengan utara dan selatan, arah sekaligus posisi (terutama utara).

@njlajahweb wrote:sekilas info...
http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/07/masihkah-anda-percaya-bahwa-bumi-ini-datar

kutipan
[color=#006666]Pemahaman bahwa Bumi berbentuk datar tumbuh kembali layaknya keyakinan kuno yang lahir kembali.

Di Youtube, sejumlah akun - diantaranya TigerDan925 - mengunggah video penjelasan tentang Bumi datar beserta argumen-argumennya.

Sementara di Facebook, terdapat sejumlah komunitas - diantaranya The Flat Earth Society - yang beranggotakan orang-orang yang percaya bahwa Bumi datar. Di Twitter, ada akun @FlatEarthID dengan sejumlah informasi tentang pandangan Bumi datar.

Sepintas hal itu tak dapat dipercaya.
komentar2 di bagian bawah artikel ini lebih menarik daripada artikelnya.

Manusia sudah memiliki citra Bumi sebagai kelereng biru, memotret Bumi daari saturnus sebagai "Pale Blue Dot", dan mengirim New Horizon ke tepian Tata Surya. Bagaimana mungkin masih ada orang yang percaya Bumi datar?

Percaya atau tidak, nyatanya masih ada orang-orang seperti itu.
Bukan masih ada, TAPI muncul kembali, NASA dipercaya BOHONG tentang satu hal (sebut saja misal mendarat di bulan). Pertanyaan lanjutannya bagian mana lagi kira2 kebohongan lainnya??? kalau kata pepatah, nila setitik rusak susu sebelanga. Apalagi hasil potret bumi adalah hasil olahan bukan photo asli yang justru aslinya tidak pernah dirilis.... (katanya begitu  piss )

Orang-orang yang memercayai Bumi datar intinya menolak semua perkembangan ilmu pengetahuan yang telah dicapai berabad-abad.
Kayanya g gitu juga... cuma berhubung DIPERCAYA ada unsur politik dan ekonomi dalam science, maka beberapa orang merasa bahwa teori2 science tidak harus diTUHANkan dan mungkin seharusnya ada teori berbeda yang membuat banyak hal menjadi lebih ekonomis.

Mereka menganggap pendaratan Neil Armstrong di Bulan hoax! Mereka menganggap satelit sebenarnya tidak pernah ada! Mereka percaya bahwa Matahari jaraknya hanya 4.000 kilometer!

Alasannya?

Tulisan VICE.com pada 2014 mengungkap, mereka yang meyakini bahwa Bumi datar percaya bahwa matahari selalu berada di Tropic Cancer dan Capricorn, yang berarti jaraknya kurang dari 5.000 kilometer dari Bumi.

Mereka juga meyakini bahwa Bumi begitu spesial sehingga walaupun banyak benda langit berbentuk bulat, Bumi berbentuk datar layaknya piringan.

Bukti Bumi datar menurut orang-orang yang meyakininya bisa diketahui saat terbang dengan pesawat.

Penumpang selalu diberitahu bahwa pesawat terbang dengan ketinggian tetap setelah stabil di udara. Menurut pemercaya Bumi datar, jika Bumi bulat, seharusnya ketinggian terbang tak pernah tetap.

Pseudosains

Profesor astrofisika dan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan bahwa pandangan Bumi datar terlalu mengada-ada.

"Itu pseudosains," katanya.

"Orang-orang awam memercayainya karena seolah-olah pandangan  itu ilmiah padahal sebenarnya tidak ada dasarnya sama sekali," imbuhnya ketika dihubungi Kompas.com, Senin (11/7/2016).
Tergantung bagaimana memaknai ilmiah (walaupun memang sebagian kurang ilmiah), masalah utamanya adalah orang2 merasa dibohongi dan mungkin dibodohi, sejarah yang tidak pernah terjadi tapi ditulis di buku2, mereka tidak tau lagi info mana yang bohong mana yang tidak bohong sehingga memutuskan mencari tau dengan caranya sendiri.

Ini sejumlah bukti bahwa Bumi berbentuk bulat, bukan datar.

Orang-orang yang percaya Bumi datar meyakini bahwa Kutub Selatan adalah dinding yang tak mungkin ditembus.

"Nyatanya, pernah ada penerbangan yang melewati kutub selatan, dari Afrika Selatan ke Selandia Baru. Kalau Kutub Selatan dinding yang tak bisa ditembus, tak mungkin ada penerbangan itu," jelasnya.

Penerbangan melewati kutub selatan kini tak diminati sebab alasan teknis terkait suhu dingin.
NGAWUR. Afrika selatan dan Selandia Baru kan sama2 di selatan??? melewati kutub selatan darimana? tinggal lurus doang. piss
Coba lihat peta deh. cmiiw

Pandangan bahwa satelit adalah kebohongan belaka juga kurang berdasar. Nyatanya, komunikasi manusia saat ini berbasis satelit.
Bisa nyata bisa tidak, tergantung, karena hanya beberapa tempat saja yang bisa ngirim satelit, photo penampakan satelit dipercaya tidak asli, kalaupun ada photo yang katanya real pun hanya berupa kilatan saja tidak tampak berupa satelit.

Demikian pula keyakinan bahwa Matahari berjarak 4.000 kilometer dari Bumi.

"Suhu Matahari mencapai 6.000 derajat celsius. Kalau jarak Matahari sedekat itu, maka kita akan tersiksa dan terbakar oleh radiasi dan panas," ungkap Thomas.
Kurang nyambung sih, penjelasannya kan tidak hanya sekedar dekat tapi juga lebih kecil, lagian kalau jaraknya bisa dikoreksi, kemungkinan juga suhunya dikoreksi. piss

Ketinggian terbang pesawat yang tetap pun sebenarnya bisa dijelaskan.

Ketinggian terbang pesawat diukur secara relatif terhadap permukaan Bumi. Ukuran Bumi yang besar membuat kelengkungan Bumi tidak begitu dirasakan.

"Jika kita menjadi pilot, kita akan mampu membuktikannya," kata Thomas.
Ya dan tidak, ada pilot yang setuju bumi bulat, tapi sayangnya si flatter juga dapat pilot yang yakin dia kemana2 ngeliat rata doang  pusing

"Kalau Bumi datar, maka dari atas kita bisa menatap daerah mana pun termasuk kutub selatan. Kenyataannya, pandangan kita tetap terbatas."

Senja Membuktikannya
Keterbatasan pandangan karena matanya yang terbatas, maksimum 4 sekian km saja, melebihi itu tak terlihat lagi.

Pembuktian bahwa Bumi bulat bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Banyak orang berburu pemandangan senja kala liburan. Pemandangan senja itu bisa menjadi bukti bahwa Bumi bulat.

Saat menatap senja, manusia akan melihat garis khayal yang membatasi pandangan. Matahari akan tenggelam di garis yang disebut horison itu.

Jika Bumi datar, garis yang seolah-olah mempertemukan langit dan permukaan Bumi itu takkan ada.

Kalau ada kapal berlayar di lautan, manusia takkan melihat kapal itu hilang perlahan dan per bagian ketika bergerak menjauh jika saja Bumi datar.

"Jika kapal itu mendekat, kita taakkan menyaksikan asapnya dahulu, baru bagian kapal secara keseluruhan, tetapi langsung semuanya," kata Thomas.
Ya masuk akal sih, tapi KATANYA perpektif bisa menipu, dan kapal memang akan hilang bagian perbagian, sama juga kalau melihat pesawat menjauh, atau melihat anak anak berlari menjauh, awalnya tulisan di bajunya g keliatan lagi, terus topinya sudah tidak bisa dibedakan dengan kepala, semakin jauh g keliatan pake celana pendek apa panjang, tas udah g keliatan, terus tangan g keliatan sudah menyatu dengan badan dst dst  piss

Masih mau percaya Bumi datar?
(Yunanto Wiji Utomo / Kompas.com)
Bumi datar mungkin belum perlu dipercaya, tapi info2 apapun bahkan science sekalipun patut dicermati lebih jauh piss piss



lanjut dulu nih:


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Thu Sep 22, 2016 1:16 pm

tapi kan di teori bumi datar, tidak ada selatan, dan kalau nggak salah hanya utara saja ya
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by isaku on Mon Sep 26, 2016 12:25 pm

@njlajahweb wrote:tapi kan di teori bumi datar, tidak ada selatan, dan kalau nggak salah hanya utara saja ya
Iya juga sih, definisi selatan jadinya:  "arah yang berseberangan dengan utara"





@ Mb Dee

Minta tolong kalau ada waktu ketiwi

Video dibawah ini mohon disimak dan diberikan tanggapannya piss


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Wed Sep 28, 2016 12:53 am

bagaimana tanggapan KangIsaku... mohon maaf...tentang ini link-link dibawah ini :


ketiwi ketiwi


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Wed Sep 28, 2016 1:53 am, total 4 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by njlajahweb on Wed Sep 28, 2016 12:55 am



Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Wed Sep 28, 2016 1:12 am, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: bentuk bumi datar (merger "menurut al quran)

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 7 dari 8 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik