FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Mengapa harus ada agama?

Page 3 of 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

View previous topic View next topic Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Otak Trailer on Mon Jul 30, 2012 2:49 pm

Uriel wrote:
why is agama kaga perlu?

btw,ente kasi gw jelas what is agama???
:got:
semanya tergantung dari "arti" kata agama itu sendiri...defenisi agam sekarang banyak
kalo agama itu seperti dalam artian dalam ketata negaraan..jelas gk perlu
ente jelasin kenafa???kaga mampu yee??? ngece

Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 4
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by satria bergitar on Mon Jul 30, 2012 2:57 pm

halow iler...
masih bingung ame agama ya ketiwi
btw kristen bukan agama lho basi

satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Total Like dan Thanks: 58
Age: 28
Posts: 1402
Location: Karawang
Job/hobbies: Jurnal and posting
Humor: cikaracak ninggang batu lila - lila jadi legok..tai cakcak nempel dina huntu lila-lila nya dilebok!!
Join date: 2011-12-08

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Otak Trailer on Mon Jul 30, 2012 3:07 pm

satria bergitar wrote:halow iler...
masih bingung ame agama ya ketiwi
btw kristen bukan agama lho basi
allow man!!!! suka
Gw kate ape???Yang kate kresiten is agama siapa coba???
joged joged

Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 4
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by satria bergitar on Mon Jul 30, 2012 3:09 pm

Otak Trailer wrote:
satria bergitar wrote:halow iler...
masih bingung ame agama ya ketiwi
btw kristen bukan agama lho basi
allow man!!!! suka
Gw kate ape???Yang kate kresiten is agama siapa coba???
joged joged

hehe justru ntu ane kira agama..eeeh ternyata bukan hehe ketiwi

satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Total Like dan Thanks: 58
Age: 28
Posts: 1402
Location: Karawang
Job/hobbies: Jurnal and posting
Humor: cikaracak ninggang batu lila - lila jadi legok..tai cakcak nempel dina huntu lila-lila nya dilebok!!
Join date: 2011-12-08

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by mang kok on Sat Aug 04, 2012 12:36 pm

satria bergitar wrote:
Otak Trailer wrote:
satria bergitar wrote:halow iler...
masih bingung ame agama ya ketiwi
btw kristen bukan agama lho basi
allow man!!!! suka
Gw kate ape???Yang kate kresiten is agama siapa coba???
joged joged

hehe justru ntu ane kira agama..eeeh ternyata bukan hehe ketiwi
:he\'em trus kristen itu apa ya? pasti jawabnya "penganut / pengikut kristus" :he\'em ngakak

mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Total Like dan Thanks: 1
Posts: 157
Join date: 2012-02-15

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Otak Trailer on Sat Aug 04, 2012 1:32 pm

mang kok wrote:
satria bergitar wrote:
Otak Trailer wrote:
satria bergitar wrote:halow iler...
masih bingung ame agama ya ketiwi
btw kristen bukan agama lho basi
allow man!!!! suka
Gw kate ape???Yang kate kresiten is agama siapa coba???
joged joged

hehe justru ntu ane kira agama..eeeh ternyata bukan hehe ketiwi
:he\'em trus kristen itu apa ya? pasti jawabnya "penganut / pengikut kristus" :he\'em ngakak
duluan mane,yesus ape pengikut yesus???

Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 4
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Sombrero on Sat Aug 04, 2012 8:37 pm

Otak Trailer wrote:
mang kok wrote:
satria bergitar wrote:
Otak Trailer wrote:
satria bergitar wrote:halow iler...
masih bingung ame agama ya
btw kristen bukan agama lho
allow man!!!!
Gw kate ape???Yang kate kresiten is agama siapa coba???

hehe justru ntu ane kira agama..eeeh ternyata bukan hehe
trus kristen itu apa ya? pasti jawabnya "penganut / pengikut kristus"
duluan mane,yesus ape pengikut yesus???

aslinya sih,.... kristen itu dibuat oleh Paulus, itu sebabnya tidak ada satupun ajaran yesus yang ditaati pengikut Paulus, mana coba ajaran yesus yang di teladani?

itu sebabnya krsiten tidak akan berdiri tegak tanpa Paulus, kalau tanpa Yesus kristen masih bisa berdiri tuh? aneh bukan?





Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 5
Age: 13
Posts: 534
Location: JAKARTA
Job/hobbies: mengkritisi alkitab, hasilnya : Jesus BUKAN Tuhan, tp cuma manusia biasa sama spt kita
Humor: Wanita Samaria bertemu Jesus pertama kali, langsung menyapa, "Hai Tuhan" - kok tahu Jesus itu tuhan? (Terjemahan LAI) Asli Ngakak
Join date: 2012-07-06

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by mang kok on Sun Aug 05, 2012 2:19 pm

Otak Trailer wrote:duluan mane,yesus ape pengikut yesus???
logikanya harus lebih dulu si yesus bung. eh tapi ada juga yg bilang yesus ada sebelom musa, dan sebelum abraham. nah loh. jika memang yesus ada sebelum abraham, kenapa pengikutnya justru ada jauuuuuh setelah keberadaan doi ya bung? eh... trus yang jd murit2 awal si yesus sampai saat disalip itu sepertinya belom disebut kristen kan bung? itu pengikut kristus apa pengikut paulus seh? Tape Deh

mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Total Like dan Thanks: 1
Posts: 157
Join date: 2012-02-15

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by satria bergitar on Mon Aug 06, 2012 8:32 am

mang kok wrote:
Otak Trailer wrote:duluan mane,yesus ape pengikut yesus???
logikanya harus lebih dulu si yesssy bung. eh tapi ada juga yg bilang yesus ada sebelom musa, dan sebelum abraham. nah loh

menurut tetangga sebelah sih memang gitu bro.. mas yesus memang sudah ada bahkan sebelum musa dan abraham,

cuma dalam wujud yang berbeda soalnya doski hobi banget berubah wujud

mang kok wrote:
jika memang yesus ada sebelum abraham, kenapa pengikutnya justru ada jauuuuuh setelah keberadaan doi ya bung? eh... trus yang jd murit2 awal si yesus sampai saat disalip itu sepertinya belom disebut kristen kan bung? itu pengikut kristus apa pengikut paulus seh?

nah ini dia yg mengherankan ane mang, klo memang mas yesus dah ada sebelum abraham dalam wujud roh misalnya ...kenapa konsep ketuhanan seperti ini (baca:berubah-ubah wujud) tidak diajarkan oleh mendiang nabi2 sebelum mas yesus ya??? atau dinubuatkan misalnya tuhan itu akan menjelma menjadi manusia??

maka yg jadi pertanyaan apakah kristen ini masih bisa dikatakan sebagai agama samawi jika kenyataannya konsep ketuhanannya saja berbeda dengan apa yang Abraham ajarkan??

satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Total Like dan Thanks: 58
Age: 28
Posts: 1402
Location: Karawang
Job/hobbies: Jurnal and posting
Humor: cikaracak ninggang batu lila - lila jadi legok..tai cakcak nempel dina huntu lila-lila nya dilebok!!
Join date: 2011-12-08

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by The.Barnabas on Mon Aug 06, 2012 9:23 am

Simpel, simpel

Mungkin agama yang di anut TS selama ini Bukan panduan Hidup dimana dalam kitabnya terdapat aturan2 hidup di dunia,,

makanya TS tanya, buat apa Agama?

Coba TS Beli al-quran yang ada terjemahanya , setelah TS baca, pasti nanti TS Bikin Trid, Ternyata Kita harus Beragama Islam.

Kembali kepertanyaan TS, ane ajak berfikir sedikit,,,

Kenapa harus ada aturan lalu lintas?
harus pake helm,segala ?

Padahal kalu kecelakaan yang rugi kita dan keluarga,,ko rese ya ada aturan lalu lintas, kenapa masyarakat ga ada yang demo biar, hapuskan peraturan lalu lintas???

kalo belum ngerti sama Ilustrasi ane, ntar ane jelasin lagi,, ehmm heheh


The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Total Like dan Thanks: 29
Posts: 818
Location: Jakarta
Job/hobbies: Membaca
Humor: Jangan Makan Sembarangan
Join date: 2012-07-27

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by satria bergitar on Mon Aug 06, 2012 9:51 am

btw balik lagi ke leptop...

Iler said : "mengapa harus ada agama?"

okeh ler berikt ini pandangan ane thdp agama ente boleh setuju atau tidak itu terserah yang penting ane udh noba jelsin ke ente..

menurut ane agama itu perlu sebagai pedoman hidup manusia ler...

lalu apa bedanya agama dengan peraturan pemerintah/undang-undang misalnya? bukankah sama2 pedoman yang mengatur manusia??

ya jelas beda.. agama adalah aturan yang dibuat tuhan sedangkan peraturan pemerintah dibuat oleh manusia

perbedaan terletak pada tujuan yang diatur ler, aturan yang dibuat manusia didasarkan pada logika otak manusia yang cenderung mementingkan kepentingan tertentu terutama kepentingan manusianya itu sendiri tentunya...dan hal ini wajar karna sudah menjadi fitrah manusia untuk seperti itu...

sedangkan aturan Tuhan itu bersifat universal, menyangkut segala sesuatu yang ada didalam alam semesta, tidak ditujukan hanya untuk manusia saja tpi juga untuk tumbuhan, hewan, dan segala sesuatu yang ada dimuka bumi...

lalu kalau memang universal kenapa manusia saja yang beragama?

ya karena manusialah yang diberi akal dan pikiran oleh tuhan dan telah dipilih untuk menjadi pemimpin dimuka bumi ini sejak awal penciptaannya...
Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada
Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah.
Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak
di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji
Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih
mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.(QS. 1:30)


lalu kenapa manusia memilih jalan yang berbeda dalam beragama?

inilah indahnya agama..Tuhan telah menetapkan aturan yang mengajarkan prinsip2 kbajikan untuk manusia (golden rule)..tapi juga tidak melarang manusia untuk membuat peraturan2 hidup selama itu tidak melanggar prinsip2kebajikan yang diatur Tuhan, dan alQuran dengan indahnya menjawab :

Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah
menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah
hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka
berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu
semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu
perselisihkan itu, (QS. 5:48)


Bukankah semua agama pada prinsipnya mengajarkan kebajikan? lalu apa bedanya?

Bedanya terletak pada jalan aturan hidupnya (syariat) dan pandangan hidupnya (aqidah), kalo ada yang mengatakan semua agama sama...menurut ane ini adalah salah besar dan hanya merupakan pembenaran bagi kelompok2 yang skeptis terhadap agama termasuk nte tentunya ler...sebab tiap agama punya syariat yang berbeda, salah satu agama mengatur dengan detil sekali tentang tata cara ibadah dan bagaimana memperlakukan orang lain atau bahkan tetangganya sendiri dengan baik tapi ada juga agama yang hanya berlandas pada filosopi "ditampar pipi kiri kasih pipi kanan" saja...dan yang paling penting tentu saja aqidah ketuhanan.

Ler... agama memang bukan solusi dari segala persoalan hidup, tapi menyelesaikan segala persoalan tentu harus dilandaskan pada agama bukan hanya pada logika otak saja, karena apa? karena sifat manusia yang cenderung egois dan angkuh dalam menyelesaikan masalah.

sekilas dari ane..

satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Total Like dan Thanks: 58
Age: 28
Posts: 1402
Location: Karawang
Job/hobbies: Jurnal and posting
Humor: cikaracak ninggang batu lila - lila jadi legok..tai cakcak nempel dina huntu lila-lila nya dilebok!!
Join date: 2011-12-08

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by satria bergitar on Mon Aug 06, 2012 9:55 am

The.Barnabas wrote:Simpel, simpel

Mungkin agama yang di anut TS selama ini Bukan panduan Hidup dimana dalam kitabnya terdapat aturan2 hidup di dunia,,

makanya TS tanya, buat apa Agama?

Coba TS Beli al-quran yang ada terjemahanya , setelah TS baca, pasti nanti TS Bikin Trid, Ternyata Kita harus Beragama Islam.

Kembali kepertanyaan TS, ane ajak berfikir sedikit,,,

Kenapa harus ada aturan lalu lintas?
harus pake helm,segala ?

Padahal kalu kecelakaan yang rugi kita dan keluarga,,ko rese ya ada aturan lalu lintas, kenapa masyarakat ga ada yang demo biar, hapuskan peraturan lalu lintas???

kalo belum ngerti sama Ilustrasi ane, ntar ane jelasin lagi,, heheh


super sekali bung TB...btw benar anda seoarang mualaf? boleh cerita dimari http://www.laskarislam.com/f44-muallaf

satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Total Like dan Thanks: 58
Age: 28
Posts: 1402
Location: Karawang
Job/hobbies: Jurnal and posting
Humor: cikaracak ninggang batu lila - lila jadi legok..tai cakcak nempel dina huntu lila-lila nya dilebok!!
Join date: 2011-12-08

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Otak Trailer on Mon Aug 06, 2012 1:33 pm

satria bergitar wrote:btw balik lagi ke leptop...

Iler said : "mengapa harus ada agama?"

okeh ler berikt ini pandangan ane thdp agama ente boleh setuju atau tidak itu terserah yang penting ane udh noba jelsin ke ente..

menurut ane agama itu perlu sebagai pedoman hidup manusia ler...

lalu apa bedanya agama dengan peraturan pemerintah/undang-undang misalnya? bukankah sama2 pedoman yang mengatur manusia??

ya jelas beda.. agama adalah aturan yang dibuat tuhan sedangkan peraturan pemerintah dibuat oleh manusia

perbedaan terletak pada tujuan yang diatur ler, aturan yang dibuat manusia didasarkan pada logika otak manusia yang cenderung mementingkan kepentingan tertentu terutama kepentingan manusianya itu sendiri tentunya...dan hal ini wajar karna sudah menjadi fitrah manusia untuk seperti itu...

sedangkan aturan Tuhan itu bersifat universal, menyangkut segala sesuatu yang ada didalam alam semesta, tidak ditujukan hanya untuk manusia saja tpi juga untuk tumbuhan, hewan, dan segala sesuatu yang ada dimuka bumi...

lalu kalau memang universal kenapa manusia saja yang beragama?

ya karena manusialah yang diberi akal dan pikiran oleh tuhan dan telah dipilih untuk menjadi pemimpin dimuka bumi ini sejak awal penciptaannya...
Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada
Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah.
Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak
di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji
Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih
mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.(QS. 1:30)


lalu kenapa manusia memilih jalan yang berbeda dalam beragama?

inilah indahnya agama..Tuhan telah menetapkan aturan yang mengajarkan prinsip2 kbajikan untuk manusia (golden rule)..tapi juga tidak melarang manusia untuk membuat peraturan2 hidup selama itu tidak melanggar prinsip2kebajikan yang diatur Tuhan, dan alQuran dengan indahnya menjawab :

Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah
menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah
hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka
berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu
semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu
perselisihkan itu, (QS. 5:48)


Bukankah semua agama pada prinsipnya mengajarkan kebajikan? lalu apa bedanya?

Bedanya terletak pada jalan aturan hidupnya (syariat) dan pandangan hidupnya (aqidah), kalo ada yang mengatakan semua agama sama...menurut ane ini adalah salah besar dan hanya merupakan pembenaran bagi kelompok2 yang skeptis terhadap agama termasuk nte tentunya ler...sebab tiap agama punya syariat yang berbeda, salah satu agama mengatur dengan detil sekali tentang tata cara ibadah dan bagaimana memperlakukan orang lain atau bahkan tetangganya sendiri dengan baik tapi ada juga agama yang hanya berlandas pada filosopi "ditampar pipi kiri kasih pipi kanan" saja...dan yang paling penting tentu saja aqidah ketuhanan.

Ler... agama memang bukan solusi dari segala persoalan hidup, tapi menyelesaikan segala persoalan tentu harus dilandaskan pada agama bukan hanya pada logika otak saja, karena apa? karena sifat manusia yang cenderung egois dan angkuh dalam menyelesaikan masalah.

sekilas dari ane..
sabar man,gw tampung coz the discuzi is very very nyantai.

Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 4
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by The.Barnabas on Thu Aug 09, 2012 8:55 am

[quote="satria bergitar"]
The.Barnabas wrote:
super sekali bung TB...btw benar anda seoarang mualaf? boleh cerita dimari http://www.laskarislam.com/f44-muallaf
maen kesini , Om Perkenalan Awal untuk Berbagi

The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Total Like dan Thanks: 29
Posts: 818
Location: Jakarta
Job/hobbies: Membaca
Humor: Jangan Makan Sembarangan
Join date: 2012-07-27

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by dee-nee on Thu Aug 16, 2012 4:34 pm

Mengenal agama tentu harus mengenal Tuhan dulu ... mengenal Tuhan artinya mengerti kebutuhan kita tentang Tuhan (at least konsep akan Tuhan) .... gitu bukan ...

Pertama nanya dulu : Tuhan ada / ga ada
2 : Kalau ga tau ... cari tau terus tentang kemungkinan paling dekat antara ga ada dan ada ...
3 : Asumsi oke gue percaya Tuhan ada ...
4 : Tanya lagi ... yang kita percaya Tuhan ada itu sebagai apa ... sebagai pajangankah? sebagai sesembahan alias "sesuatu" yang perlu di puja2 saja kah? atau sudah sampai kepada Tuhan sebagai teman untuk curhat (ceile)?
5 : Asumsi sampai ke pernyataan Tuhan sebagai temen curhat ... sampai sejauh mana loe percaya curhat-an ini ada yang denger ... selama loe masih mikir loe cuma ngomong sama tembok ... balik lagi ke pertanyaan 1

Menurut gue ... saran untuk agnostic atau atheist adalah : sebelum belajar tentang agama kita harus belajar tentang Tuhan dulu (bukan sebaliknya agama dulu baru Tuhan) ... lupakan dulu semua agama dan umatnya sampai anda yakin anda adalah seorang Believer alias ga ada keraguan bahwa Tuhan itu memang ada ...

Kalau sudah percaya ... bahkan percaya bahwa Tuhan sanggup membawa loe ke agama yang terbaik buat loe ... baru loe buka semua kitab2 ... baca satu2, diskusi dengan imam (yang paling sesuai dengan hati nurani), study, study, study ... untuk bisa membandingkan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan loe ...

Intinya gini ... manusia adalah mahluk yang paling lemah (alias mudah galau) justru karena akal dan hati yang dia punya ... mereka makin banyak tanya, makin banyak ragu, yang sekaligus harus juga makin banyak nyari jawaban ...

Gue pernah nonton youtube (dah lupa yang mana) intinya ttg atheist yang merasa tidak butuh Tuhan (apalagi agama) ... mereka bilang hati nurani dan moral sudah cukup membuat mereka selamat dalam hidup ... Lalu ada yang tanya :

1. Bagaimana bila anda sedang dalam kesulitan atau musibah (jatuh miskin, kena bencana, dsb) ... tidak perlu bicara agama dulu ... dengan siapa anda mengadu ? ... Atheist menjawab : ya dengan manusia juga

2. Sekarang anda masih muda, masih banyak manusia lain di sisi anda ... Bisa ga bayangkan bila anda tua, tidak ada siapapun lagi teman anda ... atau satu persatu manusia itu (klg dan teman) meninggalkan anda ... dengan siapa anda berteman ? ... Atheist menjawab : tinggal di panti jompo pun ga masalah ...

Akhirnya si penanya ini bilang .. memang selalu ada solusi dan alternatif untuk menolak (menggantikan) Tuhan (agama) ... tapi saya sudah lihat bukti dari kedua pertanyaan saya diatas (yang theist terlihat jauh lebih baik (secara spiritual, mental, ketenangan jiwa, pikiran, dsb) daripada si atheist, walaupun dua2nya punya jalan masing2) ...

Saran untuk OT atau mangkok : mungkin akan lebih baik kalo loe berdua survey dan banyak cari tau dulu tentang kebutuhan manusia akan Tuhan ... seberapa besar ketergantungan kita kepadaNya ... lupakan dulu soal agama ... fokus dulu di esensi Tuhan ... Ini juga asumsi kalian berdua bener2 mau cari jawaban ...

(ini menurut gue loh :P)


dee-nee
KAPTEN
KAPTEN

Female
Total Like dan Thanks: 106
Posts: 3514
Location: Jakarta
Join date: 2012-08-02

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Uriel on Thu Aug 16, 2012 5:17 pm

btw balik lagi ke leptop...

Iler said : "mengapa harus ada agama?"

okeh ler berikt ini pandangan ane thdp agama ente boleh setuju atau tidak itu terserah yang penting ane udh noba jelsin ke ente..

menurut ane agama itu perlu sebagai pedoman hidup manusia ler...

lalu apa bedanya agama dengan peraturan pemerintah/undang-undang misalnya? bukankah sama2 pedoman yang mengatur manusia??

ya jelas beda.. agama adalah aturan yang dibuat tuhan sedangkan peraturan pemerintah dibuat oleh manusia

perbedaan terletak pada tujuan yang diatur ler, aturan yang dibuat manusia didasarkan pada logika otak manusia yang cenderung mementingkan kepentingan tertentu terutama kepentingan manusianya itu sendiri tentunya...dan hal ini wajar karna sudah menjadi fitrah manusia untuk seperti itu...

sedangkan aturan Tuhan itu bersifat universal, menyangkut segala sesuatu yang ada didalam alam semesta, tidak ditujukan hanya untuk manusia saja tpi juga untuk tumbuhan, hewan, dan segala sesuatu yang ada dimuka bumi...
kirain elo pinter
bingung
lalu kalau memang universal kenapa manusia saja yang beragama?

ya karena manusialah yang diberi akal dan pikiran oleh tuhan dan telah dipilih untuk menjadi pemimpin dimuka bumi ini sejak awal penciptaannya...
Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada
Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah.
Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak
di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji
Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih
mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.(QS. 1:30)
yang merah,,emang sejak kapan saya ada bikin pernyataan seperti itu
apa susah mencerna kalimat saya??
kalau tuhan itu satu(universal),,kenapa ada embel2 agamanya??
kalo tuhan satu,,cukup menurunkan aturan/pedoman tanpa perlu dikasi embel2 agama
masi gk paham maksud saya??
saya gk pernah bilang hewan juga perlu beragama...lol
haissshhhh
lalu kenapa manusia memilih jalan yang berbeda dalam beragama?

inilah indahnya agama..Tuhan telah menetapkan aturan yang mengajarkan prinsip2 kbajikan untuk manusia (golden rule)..tapi juga tidak melarang manusia untuk membuat peraturan2 hidup selama itu tidak melanggar prinsip2kebajikan yang diatur Tuhan, dan alQuran dengan indahnya menjawab :

Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah
menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah
hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka
berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu
semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu
perselisihkan itu, (QS. 5:48)
indahnya agama dari hongkong
dengan keberagaman agama justru semakin membuktikan agama itu ide manusia
kalo emang agama itu original ide tuhan,,gk mungkin ada banyak agama
yahudi juga pada awalnya tidak mengenal konsep agama
yahudi mengerucut jadi agama/organisasi agama di jaman ezra
lebih sableng lagi yang bilang abraham beragama,,,adam beragama,,agama islam pula...
ckckck
Bukankah semua agama pada prinsipnya mengajarkan kebajikan? lalu apa bedanya?

Bedanya terletak pada jalan aturan hidupnya (syariat) dan pandangan hidupnya (aqidah), kalo ada yang mengatakan semua agama sama...menurut ane ini adalah salah besar dan hanya merupakan pembenaran bagi kelompok2 yang skeptis terhadap agama termasuk nte tentunya ler...sebab tiap agama punya syariat yang berbeda, salah satu agama mengatur dengan detil sekali tentang tata cara ibadah dan bagaimana memperlakukan orang lain atau bahkan tetangganya sendiri dengan baik tapi ada juga agama yang hanya berlandas pada filosopi "ditampar pipi kiri kasih pipi kanan" saja...dan yang paling penting tentu saja aqidah ketuhanan.

Ler... agama memang bukan solusi dari segala persoalan hidup, tapi menyelesaikan segala persoalan tentu harus dilandaskan pada agama bukan hanya pada logika otak saja, karena apa? karena sifat manusia yang cenderung egois dan angkuh dalam menyelesaikan masalah.

sekilas dari ane..
jelas aja beda...produknya manusia
logikanya,,kalo agama itu asli made in tuhan,,maka agama cuma satu toh
tapi agama ada banyak
apa tuhan ada banyak??ato manusia saingan sam tuhan bikin agama??
tulisan kamu kontradiktif sana sini
gak ada yang bermutu dikit pun



Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 9
Posts: 415
Location: bandung
Join date: 2012-07-01

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by rdnQtfz669 on Sat Aug 18, 2012 11:26 am

janganlah sangkut pautkan agama dengan logika, sesungguhnya logika tidak akan mampu mencernanya yang kemudian terjadilah tanda tanya yang tidak akan mampu dipecahkan...

rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 1
Age: 18
Posts: 260
Location: Soreang, Bandung
Job/hobbies: Dakwah & Programmer
Join date: 2012-04-25

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Uriel on Sun Aug 19, 2012 2:54 am

rdnQtfz669 wrote:janganlah sangkut pautkan agama dengan logika, sesungguhnya logika tidak akan mampu mencernanya yang kemudian terjadilah tanda tanya yang tidak akan mampu dipecahkan...
aduuuhhh...kalo jadi manusia punya prinsip bro
kalo agama saja ,,menurut anda gk bisa dilogika kan
kenapa muslim menuntut trinitas yang meyangkut tuhan harus bisa dilogika kan??
apa muslim emang gk punya prinsip?
nyerah

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 9
Posts: 415
Location: bandung
Join date: 2012-07-01

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by satria bergitar on Thu Aug 23, 2012 10:49 am

Uriel wrote:
btw balik lagi ke leptop...

Iler said : "mengapa harus ada agama?"

okeh ler berikt ini pandangan ane thdp agama ente boleh setuju atau tidak itu terserah yang penting ane udh noba jelsin ke ente..

menurut ane agama itu perlu sebagai pedoman hidup manusia ler...

lalu apa bedanya agama dengan peraturan pemerintah/undang-undang misalnya? bukankah sama2 pedoman yang mengatur manusia??

ya jelas beda.. agama adalah aturan yang dibuat tuhan sedangkan peraturan pemerintah dibuat oleh manusia

perbedaan terletak pada tujuan yang diatur ler, aturan yang dibuat manusia didasarkan pada logika otak manusia yang cenderung mementingkan kepentingan tertentu terutama kepentingan manusianya itu sendiri tentunya...dan hal ini wajar karna sudah menjadi fitrah manusia untuk seperti itu...

sedangkan aturan Tuhan itu bersifat universal, menyangkut segala sesuatu yang ada didalam alam semesta, tidak ditujukan hanya untuk manusia saja tpi juga untuk tumbuhan, hewan, dan segala sesuatu yang ada dimuka bumi...
kirain elo pinter

wah wah belon apa - apa udh personal attack nih hehe..

bukannya ngejawab TS malah "gugurutu teu puguh" hehe

atau emg ga mampu ngejawab pertanyaan TS nih?? oh iy lupa kristen kan bukan agama ya jd ngapain jawab basi nte tong..

seperti yang ane katakan diatas bahwa agama adalah aturan/pedoman hidup yg diatur tuhan untuk manusia...

nah sekarang cba nak uriel jelaskan kenapa ajaran yesus tidak bisa dikategorikan sebagai agama???


Uriel wrote:
lalu kalau memang universal kenapa manusia saja yang beragama?

ya karena manusialah yang diberi akal dan pikiran oleh tuhan dan telah dipilih untuk menjadi pemimpin dimuka bumi ini sejak awal penciptaannya...
Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada
Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah.
Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak
di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji
Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih
mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.(QS. 1:30)

yang merah,,emang sejak kapan saya ada bikin pernyataan seperti itu
apa susah mencerna kalimat saya??

ntu namanya penjelasan dengan metode tanya jawab secara monolog nak uriel..pertanyaan tersebut muncul sebagai konsekuensi atas penjelasan ane sebelumnya dengan maksud agar lebih terarah kepada satu titik fokus sehingga tidak oot

lagian sejak kapan ane ngejawab pernyataan nte?? wong ane lg diskusi sm TS eeh tiba2 nte nongol sambil marah-marah kaya sopir angkot g dapet sewa hehe

uriel wrote:kalau tuhan itu satu(universal),,kenapa ada embel2 agamanya??
kalo tuhan satu,,cukup menurunkan aturan/pedoman tanpa perlu dikasi embel2 agama

lagian kapan ane bikin pernyataan "satu = universal" ngelawak nte...universal aja kagak tau hadeeeu segini doang nih aktvis kafir jebolan FFI..PARAH
nih ane kasih..


http://kamusbahasaindonesia.org/universal/mirip


belajar lagi ya nak uriel..ckckc cape deeh

uriel wrote:
masi gk paham maksud saya??
saya gk pernah bilang hewan juga perlu beragama...lol
haissshhhh

lha nte sendiri g paham maksud pernyataan ane..


lalu kenapa manusia memilih jalan yang berbeda dalam beragama?

inilah indahnya agama..Tuhan telah menetapkan aturan yang mengajarkan prinsip2 kbajikan untuk manusia (golden rule)..tapi juga tidak melarang manusia untuk membuat peraturan2 hidup selama itu tidak melanggar prinsip2kebajikan yang diatur Tuhan, dan alQuran dengan indahnya menjawab :

Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah
menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah
hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka
berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu
semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu
perselisihkan itu, (QS. 5:48)

uriel wrote:
indahnya agama dari hongkong
dengan keberagaman agama justru semakin membuktikan agama itu ide manusia
kalo emang agama itu original ide tuhan,,gk mungkin ada banyak agama
yahudi juga pada awalnya tidak mengenal konsep agama
yahudi mengerucut jadi agama/organisasi agama di jaman ezra
lebih sableng lagi yang bilang abraham beragama,,,adam beragama,,agama islam pula...
ckckck

tuh kan ga ngerti lagi ckckck...

keberagaman muncul karena adanya perbedaan persepsi manusia tentang TUHAN...

padahal telah ada petunjuk yang jelas terang benderang yaitu al-Quran,,,tinggal pilih mau tersesat selamanya atau mengikuti petunjuk

Bukankah semua agama pada prinsipnya mengajarkan kebajikan? lalu apa bedanya?

Bedanya terletak pada jalan aturan hidupnya (syariat) dan pandangan hidupnya (aqidah), kalo ada yang mengatakan semua agama sama...menurut ane ini adalah salah besar dan hanya merupakan pembenaran bagi kelompok2 yang skeptis terhadap agama termasuk nte tentunya ler...sebab tiap agama punya syariat yang berbeda, salah satu agama mengatur dengan detil sekali tentang tata cara ibadah dan bagaimana memperlakukan orang lain atau bahkan tetangganya sendiri dengan baik tapi ada juga agama yang hanya berlandas pada filosopi "ditampar pipi kiri kasih pipi kanan" saja...dan yang paling penting tentu saja aqidah ketuhanan.

Ler... agama memang bukan solusi dari segala persoalan hidup, tapi menyelesaikan segala persoalan tentu harus dilandaskan pada agama bukan hanya pada logika otak saja, karena apa? karena sifat manusia yang cenderung egois dan angkuh dalam menyelesaikan masalah.

sekilas dari ane..

uriel wrote:jelas aja beda...produknya manusia
logikanya,,kalo agama itu asli made in tuhan,,maka agama cuma satu toh
tapi agama ada banyak
apa tuhan ada banyak??ato manusia saingan sam tuhan bikin agama??
tulisan kamu kontradiktif sana sini
gak ada yang bermutu dikit pun
[/quote]



hadeeuh lagi-lagi ane Cuma bisa ngelus dada,, segini doang nih wawasan
kristen jebolan FFI…




Agama itu secara global terbagi menjadi 2 konsep yaitu Agama Samawi ( langit) dan Agama Ardhi ( bumi )



Pengertian Agama Samawi adalah agama yang dipercaya oleh
para pengikutnya dibangun berdasarkan wahyu Allah. Beberapa pendapat
menyimpulkan bahwa suatu agama disebut agama Samawi jika:


• Mempunyai definisi Ketuhanan yang tauhid


• Mempunyai penyampai risalah yang spesifik yaitu Nabi/Rasul


• Mempunyai kumpulan wahyu dari Tuhan yang diwujudkan dalam
Kitab Suci


Di dunia ini agama-agama besar yang dianggap agama samawi
diantaranya Yahudi, Kristen, Islam.



Kebalikan dari agama samawi adalah Agama wad’i/ardhi adalah
agama yang lahir dari kekuatan pikiran manusia dalam mencari jati diri serta
kesucian karakteristik agama Ardhi ;


·
Tidak emmpunyai definisi Ketuhanan yang tauhid,
cenderung polytheis beberapa bahkan tidak jelas


• Tidak mempunyai penyampai risalah yang spesifik seperti Nabi/Rasul


• Kitab suci dibuat murni berdasarkan hasil pemikiran / perenungan
manusia yang berlandaskan filsafat dsb


Beberapa agama yang dianggap agama ardhi adalah Hindu,
Budha, Kong Hu Cu
ane katakan bahwa gakkan ada lagi agama samawi berikutnya karena sudah ditutup dan disempurnakan oleh ajaran Agama Islam klopun ada hal itu terjadi karena adanya penyimpangan dari agama samawi sebelumnya

sedangkan agama ardhi jumlahnya sangat banyak karena dibuat atas dasar konsep pemikiran manusia dan bisa saja terus bertambah seiring berubahnya zaman
itulah sebab mengapa banyaknya agama didunia ini syukron..

satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Total Like dan Thanks: 58
Age: 28
Posts: 1402
Location: Karawang
Job/hobbies: Jurnal and posting
Humor: cikaracak ninggang batu lila - lila jadi legok..tai cakcak nempel dina huntu lila-lila nya dilebok!!
Join date: 2011-12-08

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by rdnQtfz669 on Fri Aug 24, 2012 10:14 pm

Uriel wrote:
aduuuhhh...kalo jadi manusia punya prinsip bro
kalo agama saja ,,menurut anda gk bisa dilogika kan
kenapa muslim menuntut trinitas yang meyangkut tuhan harus bisa dilogika kan??
apa muslim emang gk punya prinsip?
nyerah

Ya Allah, berikanlah kang Uriel hidayah dan petunjuk-Mu,,

ya tiap manusia punya prinsip hidup, yang tak punya itu binatang dll.,,
saya tidak bilang gak bisa dilogikakan,,
tiap muslim prinsip hidupnya: "fisabilillah wa lillahi ta'ala" (di jalan Allah dan hanya untuk Allah)

Anda renungkan:
"Dia-lah (Allah) pencipta langit dan bumi..."
coba pakai logika, pasti banyak pertanyaan,,
bagaimana caranya ?, kapan membuatnya ?, apa bahannya ?, mungkinkah ? dll.

"...Dia (Allah) ciptakan manusia dari sari pati tanah..."
pakai logika lagi,,
bagaimana caranya ?, mungkinkah ? dll.

jadi jikalau disangkut pautkan dengan logika akan banyak pertanyaan yang ujungnya menghapuskan iman,,
tapi umat muslim sudah dicegah Allah dalam al-Qur'an agar tidak menghapuskan iman, banyak ayat al-Qur'an yang mengatakan: "Sesungguhnya Aku (Allah) Mengetahui apa yang kamu semua tidak ketahui.", "Aku-lah Yang Mengetahui seluruh rahasia langit dan bumi, tiada ilmu melainkan dari-Ku."

rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 1
Age: 18
Posts: 260
Location: Soreang, Bandung
Job/hobbies: Dakwah & Programmer
Join date: 2012-04-25

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Uriel on Mon Aug 27, 2012 1:21 am

@satria bergitar
tuh kan ga ngerti lagi ckckck...

keberagaman muncul karena adanya perbedaan persepsi manusia tentang TUHAN...

padahal telah ada petunjuk yang jelas terang benderang yaitu al-Quran,,,tinggal pilih mau tersesat selamanya atau mengikuti petunjuk
makanya dibilangin agama itu buatan manusia
hbs lebaran masi belon pinter
Agama itu secara global terbagi menjadi 2 konsep yaitu Agama Samawi ( langit) dan Agama Ardhi ( bumi )



Pengertian Agama Samawi adalah agama yang dipercaya oleh
para pengikutnya dibangun berdasarkan wahyu Allah. Beberapa pendapat
menyimpulkan bahwa suatu agama disebut agama Samawi jika:


• Mempunyai definisi Ketuhanan yang tauhid


• Mempunyai penyampai risalah yang spesifik yaitu Nabi/Rasul


• Mempunyai kumpulan wahyu dari Tuhan yang diwujudkan dalam
Kitab Suci


Di dunia ini agama-agama besar yang dianggap agama samawi
diantaranya Yahudi, Kristen, Islam.



Kebalikan dari agama samawi adalah Agama wad’i/ardhi adalah
agama yang lahir dari kekuatan pikiran manusia dalam mencari jati diri serta
kesucian karakteristik agama Ardhi ;


·
Tidak emmpunyai definisi Ketuhanan yang tauhid,
cenderung polytheis beberapa bahkan tidak jelas


• Tidak mempunyai penyampai risalah yang spesifik seperti Nabi/Rasul


• Kitab suci dibuat murni berdasarkan hasil pemikiran / perenungan
manusia yang berlandaskan filsafat dsb
yang bikin defenisi tu sapa??tuhan??
yang mbagi-bagi jenis agama sapa??tuhan??
percuma punya otak,,logika sederhana gini masi macet
lia eden juga ngaku dapat wahyu dari tuhan
ahmad mossadeq juga ngaku dapat wahyu dari tuhan
preeetttt

Beberapa agama yang dianggap agama ardhi adalah Hindu,
Budha, Kong Hu Cu
ane katakan bahwa gakkan ada lagi agama samawi berikutnya karena sudah ditutup dan disempurnakan oleh ajaran Agama Islam klopun ada hal itu terjadi karena adanya penyimpangan dari agama samawi sebelumnya

sedangkan agama ardhi jumlahnya sangat banyak karena dibuat atas dasar konsep pemikiran manusia dan bisa saja terus bertambah seiring berubahnya zaman
itulah sebab mengapa banyaknya agama didunia ini syukron..
#69


jadi agam samawi tu mksdnya buatan tuhan??
agam kristen dari tuhan??
agama yahudi dari tuhan??
preetttt...
islam satu2 nya agama yang dibawa langsung oleh tokoh utamannya,,,muhammad
islam satu2 nya agama yang mengklaim agama dari tuhan
islam satu2nya agama yang di dalam kitab sucinya ada agama
yahudi pada awalnya bukan agama,,yahudi jadi agama di jaman ezra
kristen pada awal nya juga bukan agama
jadi yang begitu muncul dan langsung jadi agama ya ISLAM
semua tak lebih dan tak kurang karena kebodohan muhhamad yang gk mengerti konsep keyakinan yudaisme dan kristen
ditiru dan dirubah seenak udelnya
lebih parahnya lagi mengklaim sebagai agama penyemurna...
shukran

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 9
Posts: 415
Location: bandung
Join date: 2012-07-01

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by rdnQtfz669 on Sat Sep 01, 2012 8:52 pm

wkwkwkwk...
orang yang tertutup pintu hatinya gak nanggapi...

rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 1
Age: 18
Posts: 260
Location: Soreang, Bandung
Job/hobbies: Dakwah & Programmer
Join date: 2012-04-25

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Otak Trailer on Mon Sep 03, 2012 11:43 am

Uriel wrote:
why is agama kaga perlu?

btw,ente kasi gw jelas what is agama???
:got:
semanya tergantung dari "arti" kata agama itu sendiri...defenisi agam sekarang banyak
kalo agama itu seperti dalam artian dalam ketata negaraan..jelas gk perlu
somebody ada yg bertanggung jawab?

kamana uriel?ok..sekular is lu tawarin gw.
But lo mesti inget,gw tanya agama is gak terbatas di kenegaraan but lebih luas.

kehidupan manusia gak perlu di kasi agama?is begitu?
halah

Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 4
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Uriel on Tue Sep 04, 2012 12:52 am

rdnQtfz669 wrote:wkwkwkwk...
orang yang tertutup pintu hatinya gak nanggapi...
ada yang gk menggunakan akal dan otaknya

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 9
Posts: 415
Location: bandung
Join date: 2012-07-01

Back to top Go down

Re: Mengapa harus ada agama?

Post by Uriel on Tue Sep 04, 2012 12:56 am

Otak Trailer wrote:
Uriel wrote:
why is agama kaga perlu?

btw,ente kasi gw jelas what is agama???
:got:
semanya tergantung dari "arti" kata agama itu sendiri...defenisi agam sekarang banyak
kalo agama itu seperti dalam artian dalam ketata negaraan..jelas gk perlu
somebody ada yg bertanggung jawab?

kamana uriel?ok..sekular is lu tawarin gw.
But lo mesti inget,gw tanya agama is gak terbatas di kenegaraan but lebih luas.

kehidupan manusia gak perlu di kasi agama?is begitu?
halah
bahasa elo gk jelas
kadang2 malas juga ngeladenin elo
statement gue jelas
masi lebih penting beras seliter dari pada agama

sekarang biar makin enak,,menurut elo agama itu apa sih??

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Total Like dan Thanks: 9
Posts: 415
Location: bandung
Join date: 2012-07-01

Back to top Go down

Page 3 of 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum