FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

soal jawab masalah iman dan Tauhid

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

soal jawab masalah iman dan Tauhid

Post by keroncong on Fri Apr 06, 2012 12:48 pm

Judul Buku : SOAL JAWAB MASALAH IMAN DAN TAUHID
Penyusun : Muhammad Asyraf bin Abdul Maqshud
Penerjemah : Abu Sayyid
Penerbit : At-Tibyan (80 halaman)
Cetakan Pertama, Tahun 1405H/1995M

Apabila anda membeli buku Soal Jawab Masalah Iman & Tauhid, maka yang pertama anda akan lihat di cover depan dan di bawah judul buku tersebut, tertulis Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, dan dalam hal ini barangkali anda beranggapan bahwa penulis buku adalah beliau, perkiraan tersebut tidaklah keliru, walau sebenarnya buku tersebut berisikan juga fatwa dari ulama lainnya, yaitu Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz.

Sesuai pengantar dari penerbit, bahwa ; buku ini merupakan cuplikan dari kitab fatwa-fatwa ulama di Saudi Arabia yang berjudul Fatawa Al-Mar'ah Al-Muslimah (Fatwa-fatwa Wanita Muslimah), yang di susun oleh Muhammad Asyraf bin Abdul Maqshud. Akan tetapi persoalan wanita tidak terlepas juga dari masalah aqidah, sehingga fatwa-fatwa mengenai aqidah khususnya mengenai iman dan rukun-rukunnya dikupas di awal-awal kitab tersebut, dan masalah inilah yaitu Fatawa Anil Iman wa Arkaniha yang diambil dan diterjemahkan oleh penerbit At-Tibyan.

Jumlah fatwa-fatwa yang dimuat sebanyak tiga puluh tiga persoalan yang kesemuanya berhubungan dengan masalah-masalah iman dan rukun-rukunnya, dan Alhamdulillah ML Assunnah sudah mengangkat sebagian dari permasalahan tersebut, untuk itu anda bisa mencoba mengulangnya kembali di Masalah - 38 sampai dengan Masalah - 43.

Kekhasan dari buku ini, terletak pada uraian jawaban Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin dalam setiap permasalahan atau persoalan yang ditanyakan. Setiap persoalan dijawabnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, padat dan komuniatif, sehingga memudahkan kita untuk memahaminya. Dan ini tentunya tidak terlepas dari penguasaan dan pengetahuan beliau sebagai seorang ulama terpandang yang gigih dalam dakwah dewasa ini.

Dan perlu kita ketahui, bahwa seorang ulama yang alim tidak memiliki dalam dirinya insya Allah tabi'at untuk berbicara atas dorongan hawa nafsunya, ilmu mereka adalah ilmu rohani yang menyatu dengan jiwa mereka, sehingga ucapan atau tulisannya bisa mendorong kita untuk terus menerus beramal shalih atau bisa juga mengokohkan kembali keimanan kita yang kadang mengalami masa surut dan lemah.

Dengan membacanya secara seksama, insya Allah anda akan mendapatkan suatu gambaran yang jelas dan terang tentang suatu masalah yang belum bisa dipahami selama ini, seperti permasalahan kedudukan suami istri di akhirat nanti. "Seorang wanita, jika ia termasuk ahli jannah dan belum pernah menikah atau suaminya menjadi ahli naar, maka ketika ia telah masuk jannah disanapun terdapat kaum laki-laki yang belum pernah menikah di dunia. Mereka akan mendapatkan pasangan dengan bidadari dan juga pasangan dengan wanita dari dunia jika mereka mau ..."(hal. 57). Begitu juga pertanyaan mengenai Dajjal, diuraikannya dengan suatu pembahasan yang sangat menarik dan menyiratkan betapa luas dan tingginya ilmu beliau, sehingga bisa memberikan suatu keyakinan yang mendalam bagi yang membacanya. Dan banyak pula pembahasan-pembahasan menarik lainnya, yang bisa menggugah kita kepada kesadaran tentang pentingnya belajar ilmu agama ini.

Buku ini merupakan serial pertama sebelum seri-seri berikutnya, begitulah kalimat yang ditulis oleh Penerbit At-Tibyan dalam kata pengantarnya. Sambil menunggu apa yang dijanjikannya maka tidak ada salahnya apabila anda membacanya terlebih dahulu. Wallahu a'lam.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik