FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

beda antara darah Haid dan istihadhah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

beda antara darah Haid dan istihadhah

Post by keroncong on Sun Apr 15, 2012 5:43 am

Antara darah haidh dan darah istihadhah (karena penyakit) sebenarnya dapat dengan mudah dibedakan. Para wanita biasanya lebih mengerti hal tersebut.

Namun sebagai acuan dalam pembedaannya, baiklah kami kutipkan uraian para ulama tentang ciri khas masing-masng darah itu.

1. Sumber

Darah haid itu sumbernya berasal dari bagian dalam rahim wanita, sedangkan darah istihadhah bisa dari kemaluan atau bagian rahim namun bukan dari bagian dalamnya.

2. Kekentalan

Darah haid itu biasanya kental dan agak kehitaman, sedangkan darah istihadhah tidak demikian.

3. Warna

Darah haid itu berwarna kehitaman dan kadang berubah menjadi kuning atau merah , sedangkan darah istihadhah berwarna merah darah. Rasulullah SAW bersabda,”Darah haidh itu warnanya hitam dan dikenali oleh wanita”.

4. Menggumpal

Darah haid itu keluar dalam tidak dalam bentuk menggumpal atau membeku dan bisa dalam keadaan seperti itu dalam waktu yang lama tanpa membeku, sedangkan darah istihadhah sering menggumpal dan membeku. Sehingga bila setelah masa haidh yang biasanya itu masih ada darah yang terus keluar namun dia menggumpal atau membeku, dengan mudah bisa dikenali sebagai darah istihadhah.

5. Bau

Darah haid itu umunya memiliki aroma khas dan bau, sedangkan darah istihadhah tidak berbau.

6. Waktu

Darah haid itu biasanya punya siklus wakt teratur sehingga para ulama biasa membuat jadwal waktu tertentu untuk menentukan apakah darah itu termasuk hadih atau istihadah. Sedangkan darah istihadhah adalah darah penyakit yang keluar kapan saja tanpa waktu tertentu.

Amal Ibadah Saat Haidh:

Sedangkan berkaitan dengan amal ibadah mahdhah yang bisa dikerjakan dalam kondisi haidh cukup banyak, seperti doa dan zikir-zikir yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Meski didalam lafaz zikir itu ada juga kutipan ayat al-Quran, namun dalam hal ini tidak termasuk yang diharamkan karena bukan sengaja membaca ayat Al-quran.

Seperti dalam doa yang biasanya diucapkan yaitu “Rabbanaa Aatinaa Fiddunyaa hasanah . . “. Meski aslinya adalah bagian dari ayat Al-Quran, namun bila dibaca hanya sebagai doa saja tidak termasuk yang diharamkan.

Wallahu a‘lam bishshowab. Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik