FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Post by Jagona on Thu Apr 19, 2012 9:42 am

First topic message reminder :


Ayat 22/27 : Wa azzin finnaasi bilhajji ya'tuuka rijaalan wa 'laa kulli dlaamirin ya'tiina min kulli fajiin 'amiiq(in)

Ayat 22/27 (Al-haji ayat 27) adalah perintah dan pernyataan ALLAH kepada Nabi Ibrahim untuk menyeru manusia untuk menjalankan ibadah haji ke baitullah di Mekkah. Tentunya ayat ini tidak diragukan kebenarannya, namun sayangnya terjemah dari ayat tersebut sudah kadaluwarsa sehingga bagi kita yang hidup di abad 21 ini agak meragukan kebenaran dari terjemah ayat tersebut.

Untuk itu kita perhatikan terjemah depagri dari ayat tersebut :

Ayat 22/27 : Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.

Ada 2 hal yang perlu dicermati : a, berjalan kaki, dan b. mengendarai unta kurus.
Secara selintas terjemah demikian tidak mempengaruhi pelaksanaan ibadah haji, namun kita harus ingat bahwa ayat 22/27 adalah perintah ALLAH ..... sehingga harus dilaksanakan sebagaimana bunyi perintah itu, yaitu "berjalan kaki dan mengendarai unta kurus" ..... mungkinkah hal demikian masih relevan pada zaman sekarang ini ?
Andaikan (ma'af aku berandai-andai) terjemah ayat itu benar, sesuai dengan maksud dan kandungan dari ayat 22/27 ..... bagaimana nasib jemaah haji Indonesia yang datang ke Mekkah dengan naik pesawat dan tidak mengendarai unta kurus ? .... berarti tidak sesuai dengan perintah ALLAH ..... siapa yang bertanggung jawab ? .... lantas andaikan ternyata terjemah ayat itu memang tidak tepat dan kadaluwarsa ..... apa yang harus dilakukan ?


sholat yuk sholat yuk sholat yuk sholat yuk sholat yuk

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down


Re: Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Post by Jagona on Mon Jul 09, 2012 10:53 am

@rdnQtfz669 wrote:
@Jagona wrote:@ Wa abu hanan.

Wa abu nulis ; bukan gak kadaluwarsa tetapi MAKNA dan TERJEMAH adalah berbeda ....

Aku mengartikan kalimat tersebut seperti berikut : MAKNA-nya gak kadaluwarsa, sedangkan TERJEMAH-nya kadaluwarsa. .... benar gak wa ?

kang Jagona,,
kalo menafsirkan al-Quran harus mempunyai ilmunya dahulu,,
kalo menafsirkan sendiri pasti salah,sekiranya benar pasti berdosa,ada diriwayat Bukhari,,

Ma'af ........ aku tidak menafsirkan sendiri ....... tetapi membahas terjemah yang ada dibandingkan dengan terjemah yang lain ........... pelajari atuh dari awal ........... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Post by hamba tuhan on Mon Jul 16, 2012 10:31 am

@hamba tuhan wrote:
@Jagona wrote:
@hamba tuhan wrote:
@Jagona wrote:
@hamba tuhan wrote:

heheee.... kang mas jagona, arahnya kmn lg ini.... sapa yang mendustakan ayat ALLAH dan menyombongkan diri terhadapnya??? disini kita berbagi sesuai dgn kemampuan kita masing2... saya hanya ngasih sample aja sebagai gambaran.... yadah gpp deh kita lanjutkan aja pembahasan tentang dhamirin, menurut anda arti dhamirin tsb apa?????

Ma'af .... kayanya ada y
ang gak beres nih ..........

Anda memberi contoh :
HT : حتى يلج الجمل فى سم الخياط
Hingga unta masuk lubang jarum.
Maknanya : semenjak kecil
............... dah aku balas dengan jawaban

lantas anda memberi lagi gambaran dan pertanyaan :
saya kasih gambaran tentang ilmu balaghah dikit malah anda nanggapin ntah kmn gtu.... maaf....
saya tanya dl dikit.... Hingga unta masuk lubang jarum.... kenapa maknanya semenjak kecil???????
........ dah aku jawab lagi, karena aku tahu kalimat itu berasal dari Ayat 7/40. ............ aku berusaha ingin menunjukan bahwa makna dari kalimat yang anda contohkan .......... eeeeeehhhhhhh malah nanya lagi siapa yang mendustakan ayat .... anda merasa nggak mendustakan ayat ?
masalah onta juga belum jelas juntrungannya
iya seh ada salah faham.... jd bener neh saya mendustakan ayat???? heheeee..... saya pikir anda mau menjelaskan Hingga unta masuk lubang jarum dgn tafsiran baru pake ilmu tekhnologi.... biar jelas juntrungnya neh, menurut anda arti dhamirin tsb apa?????

:)

Karena konteksnya dalam pelaksananan ibadah haji ...... datangnya ke Mekkah bisa dengan kendaraan ...... jadi menurut aku arti domirin adalah "kendaraan" ........ bisa, tandu, sepeda, onta, plane ...... apapun yang bisa dikendarai.
kang jagona dapet dr kamus mana tuh dhamirin artinya kenderaan???? dhamirin tsb asal nya dr DHAMARA yg artinya Telah mengurus( mengerempeng/ langsing) istilah orang arab dhamirin tsb adalah unta2 yg kurus kerempeng krn perjalanan......

kang jagona.... kmn biar jelas ini thread anda..... piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Post by putramentari on Mon Jul 16, 2012 12:32 pm

@hamba tuhan wrote:
@hamba tuhan wrote:
@Jagona wrote:
@hamba tuhan wrote:
@Jagona wrote:

Ma'af .... kayanya ada y[/b]ang gak beres nih ..........

Anda memberi contoh :
HT : حتى يلج الجمل فى سم الخياط
Hingga unta masuk lubang jarum.
Maknanya : semenjak kecil
............... dah aku balas dengan jawaban

lantas anda memberi lagi gambaran dan pertanyaan :
saya kasih gambaran tentang ilmu balaghah dikit malah anda nanggapin ntah kmn gtu.... maaf....
saya tanya dl dikit.... Hingga unta masuk lubang jarum.... kenapa maknanya semenjak kecil???????
........ dah aku jawab lagi, karena aku tahu kalimat itu berasal dari Ayat 7/40. ............ aku berusaha ingin menunjukan bahwa makna dari kalimat yang anda contohkan .......... eeeeeehhhhhhh malah nanya lagi siapa yang mendustakan ayat .... anda merasa nggak mendustakan ayat ?
masalah onta juga belum jelas juntrungannya
iya seh ada salah faham.... jd bener neh saya mendustakan ayat???? heheeee..... saya pikir anda mau menjelaskan Hingga unta masuk lubang jarum dgn tafsiran baru pake ilmu tekhnologi.... biar jelas juntrungnya neh, menurut anda arti dhamirin tsb apa?????


Karena konteksnya dalam pelaksananan ibadah haji ...... datangnya ke Mekkah bisa dengan kendaraan ...... jadi menurut aku arti domirin adalah "kendaraan" ........ bisa, tandu, sepeda, onta, plane ...... apapun yang bisa dikendarai.
kang jagona dapet dr kamus mana tuh dhamirin artinya kenderaan???? dhamirin tsb asal nya dr DHAMARA yg artinya Telah mengurus( mengerempeng/ langsing) istilah orang arab dhamirin tsb adalah unta2 yg kurus kerempeng krn perjalanan......

kang jagona.... kmn biar jelas ini thread anda.....

waduh, belom kelar juga ne trit
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Post by Jagona on Tue Jul 17, 2012 11:05 am

@hamba tuhan wrote:
@hamba tuhan wrote:
@Jagona wrote:
@hamba tuhan wrote:
@Jagona wrote:

Ma'af .... kayanya ada y[/b]ang gak beres nih ..........

Anda memberi contoh :
HT : حتى يلج الجمل فى سم الخياط
Hingga unta masuk lubang jarum.
Maknanya : semenjak kecil
............... dah aku balas dengan jawaban

lantas anda memberi lagi gambaran dan pertanyaan :
saya kasih gambaran tentang ilmu balaghah dikit malah anda nanggapin ntah kmn gtu.... maaf....
saya tanya dl dikit.... Hingga unta masuk lubang jarum.... kenapa maknanya semenjak kecil???????
........ dah aku jawab lagi, karena aku tahu kalimat itu berasal dari Ayat 7/40. ............ aku berusaha ingin menunjukan bahwa makna dari kalimat yang anda contohkan .......... eeeeeehhhhhhh malah nanya lagi siapa yang mendustakan ayat .... anda merasa nggak mendustakan ayat ?
masalah onta juga belum jelas juntrungannya
iya seh ada salah faham.... jd bener neh saya mendustakan ayat???? heheeee..... saya pikir anda mau menjelaskan Hingga unta masuk lubang jarum dgn tafsiran baru pake ilmu tekhnologi.... biar jelas juntrungnya neh, menurut anda arti dhamirin tsb apa?????

:)

Karena konteksnya dalam pelaksananan ibadah haji ...... datangnya ke Mekkah bisa dengan kendaraan ...... jadi menurut aku arti domirin adalah "kendaraan" ........ bisa, tandu, sepeda, onta, plane ...... apapun yang bisa dikendarai.
kang jagona dapet dr kamus mana tuh dhamirin artinya kenderaan???? dhamirin tsb asal nya dr DHAMARA yg artinya Telah mengurus( mengerempeng/ langsing) istilah orang arab dhamirin tsb adalah unta2 yg kurus kerempeng krn perjalanan......

kang jagona.... kmn biar jelas ini thread anda..... piss

Kirain udah selesai ............

Logika pasti ..... karena dari Indonesia Ke Mekkah perlu naik kendaraan gak mungkin jalan kaki ......... lagian anda juga menerjemahkan onta kurus ..... dari mana dapet ontanya ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Post by Jagona on Tue Jul 17, 2012 11:09 am

@putramentari wrote:
@hamba tuhan wrote:
@hamba tuhan wrote:
@Jagona wrote:
@hamba tuhan wrote:
iya seh ada salah faham.... jd bener neh saya mendustakan ayat???? heheeee..... saya pikir anda mau menjelaskan Hingga unta masuk lubang jarum dgn tafsiran baru pake ilmu tekhnologi.... biar jelas juntrungnya neh, menurut anda arti dhamirin tsb apa?????


Karena konteksnya dalam pelaksananan ibadah haji ...... datangnya ke Mekkah bisa dengan kendaraan ...... jadi menurut aku arti domirin adalah "kendaraan" ........ bisa, tandu, sepeda, onta, plane ...... apapun yang bisa dikendarai.
kang jagona dapet dr kamus mana tuh dhamirin artinya kenderaan???? dhamirin tsb asal nya dr DHAMARA yg artinya Telah mengurus( mengerempeng/ langsing) istilah orang arab dhamirin tsb adalah unta2 yg kurus kerempeng krn perjalanan......

kang jagona.... kmn biar jelas ini thread anda.....

waduh, belom kelar juga ne trit

gak tahu tuuhhh, padah aku dah bilang makasih ................ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Post by rdnQtfz669 on Wed Jul 18, 2012 12:28 pm

wew geningan seueur oge urang sunda nya....
beuki rame we ieu forum teh lahh.... (y)
avatar
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Terjemah Quran Surat Al-Haji ayat 27 kadaluwarsa

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik