FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

ada nggak arisan islami

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ada nggak arisan islami

Post by keroncong on Thu Apr 19, 2012 5:20 pm

Istilah arisan sering digunakan untuk beragam bentuk transaksi keuangan. Dari yang hukumnya halal hingga yang haram. Jadi untuk mengetahui hukumnya, perlu diartikan dulu sesuai dengan berbagai bentuk dan sistemnya. Karena itu perlu diklarifikasi dahulu, bagaimana bentuk arisan yang dibolehkan dalam Islam.

Namun barangkali yang umum kita tahu bersama tentang arisan adalah bentuk arisan RT atau arisan ibu-ibu. Misalnya ibu-ibu di RT 04 sepakat untuk mengadakan arisan sebulan sekali. Ada 20 orang anggota dan masing-masing membayar Rp. 100.000 tiap arisan. Dan sejak awal sudah ditentukan bahwa pertemuan arisan kita ini sebanyak 20 kali sesuai dengan jumlah anggota.

Lalu tiap bulan dikocoklah nama-nama anggota. Yang muncul namanya berhak untuk mendapatkan uang sebanyak Rp. 100.000 x 20 orang = Rp. 2.000.000,-.

Bulan depan, mereka berkumpul lagi dan melakukan hal yang sama, kali ini, yang namanya sudah pernah keluar tidak akan mendapat lagi. Dan begitu seterusnya hingga habis 20 kali arisan.

Model arisa nseperti ini sama sekali tidak ada unsur judi, penipuan, pemerasan atau untung-untungan. Karena pada hakekatnya semua uang akan kembali lagi kepada pemiliknya. Tidak ada satu pun pihak yang dirugikan atau diuntungkan.

Kalaupun ada istilah 'menang arisan' maka sebenarnya dia tidak menang, hanya saja dia sedang mendapat giliran menerima uang arisan. Nanti pada kesempatan berikutnya, orang lainlah yang akan mendapat giliran. JAdi pada hakikatnya tidak ada isitilah menang dan kalah, yang ada dapat giliran atau tidak.

Sedangkan bentuk arisan yang lain lagi, maka perlu dijelaskan duu bagaiman ketentuan dan bentuknya, barulah kita bisa tahu apa hukumnya dalam pandangan Islam.

Arisan yang dibolehkan adalah bila memenuhi kriteria berikut :

Semua peserta arisan melakukannya dengan niat yang baik dan tulus, sehingga tidak mungkin mangkir dari kewajibannya ketika sudah pernah mendapat giliran atau istilahnya menang.
Semua dilakukan atas dasar ridha dan kerelaan bukan paksaan atau karena tekanan dari pihak tertentu, karena pada hakikatnya arisan itu adalah hadiah bergilir yang telah disepakati sebelumnya.
Hendaknya dalam mengikuti arisan tidak dengan memaksakan diri sehingga menghabiskan dana yang lebih perlu untuk dikeluarkan.
Tidak boleh dilakukan praktek-praktek ribawi, penipuan, penggelapan, penilepan dan hal-hal yang dilarang syariat.
Acara yang digelar dalam arisan itu harus mengacu kepada etika dan akhlaq Islam, juga bukan sekedar berhura-hura dan menghamburkan uang atau pamer perhiasan dan kekayaan. Juga harus dihindari semua perbuatan yang termasuk dilarang seperti ghibah (membicarakan aib orang lain), fitnah, issu, gossip, hasad, dengki, riya`, sum`ah dan sejenisnya.
Sebaliknya acara itu hendaknya punya nilai positif seperti untuk mempererat silaturrahim dan persaudaraan di antara peserta, atau farum komunikasi dan diskusi yang bermanfaat.
Bila ada perselihisan dalam pengelolaan harus diselesaikan dengan cara yang sebaik-baiknya, bukan dengan dengan cara yang buruk dan memutus hubungan.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik