FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Halaman 13 dari 16 Previous  1 ... 8 ... 12, 13, 14, 15, 16  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 1:28 pm

First topic message reminder :

Ada beberapa kasus dalam Alkitab yang secara tegas bertentangan dengan ilmu pengetahuan (sains) modern. Pertentangan ini membuktikan bahwa Alkitab sama sekali bukan firman Allah, tetapi merupakan karya tulis tangan-tangan jahil pada masa lampau.


1. KITAB KEJADIAN: Penciptaan siang dan matahari.

1:1. Pada mulanya Ellohim menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
1:3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

AYAT2 DI ATAS BERBICARA TENTANG PENCIPTAAN HARI PERTAMA. BANDINGKAN DENGAN PENCIPTAAN HARI KEEMPAT BERIKUT INI:

1:16 Maka Ellohim menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.
1:17 Ellohim menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,
1:18 dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Ellohim melihat bahwa semuanya itu baik.
1:19 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

Penjelasan:

Dijelaskan menurut Alkitab, bahwa pada hari pertama, Ellohim (Tuhan-Tuhan) telah menciptakan siang dan malam. Ini sesuatu yang sangat aneh dan tidak bisa diterima secara ilmiah oleh sains modern, oleh karena Ellohim baru menciptakan matahari pada hari keempat. Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, bahwa "siang dan malam" sudah ada sebelum matahari diciptakan!

Sebuah kitab yang seharusnya menjadi petunjuk bagi kemaslahatan umat manusia, ternyata bertentangan dengan ilmu pengetahuan yang ada dalam umat manusia.

Menurut sains modern, kejadian siang dan malam disebabkan oleh rotasi/berputarnya bumi pada porosnya terhadap matahari. Matahari yang terus-menerus bersinar menerangi sistem tata surya, menimbulkan terjadinya siang dan malam bukan saja terhadap bumi, tetapi juga terhadap delapan planet lainnya dalam sistem tata surya, berikut satelit-satelitnya (bulan dan semacamnya).

Jadi, bukannya siang dan malam itu muncul secara tiba-tiba, tetapi ia muncul disebabkan oleh sinar matahari.

dapet dari sini
http://kristenkritis.blogspot.com/2010/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down


Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Jagona on Sat Aug 17, 2013 9:43 am

@SEGOROWEDI wrote:

beda dengan ilah sebelah..
konon jago kunfayakun, tapi mana buktinya pernah berkunfayakun dan yang dikunfayakunkan terjadi?
hi hi hi .......... kun fayakun ? .......... kaya ngerti aja apa makna dari kata itu ? .... silakan jelaskan apa makna dari "kun fayakun" .................... nyemplung dah

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Mutiara on Sat Aug 17, 2013 10:22 am

:) kalau tak ada ucapan kun fayakun tak bakalan ada itu alam semesta, tak ada kamu dan seluruh keluargamu
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Jagona on Sat Aug 17, 2013 10:57 am

@Mutiara wrote::) kalau tak ada ucapan kun fayakun tak bakalan ada itu alam semesta, tak ada kamu dan seluruh keluargamu
hi, neng Mut ..... anda menjawab pertanyaan aku ? .......... itu belum menjawab pertanyaan .........makna dari kun fayakun apa ? ........... sebenarnya aku nanya ama wedi .................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Sat Aug 17, 2013 11:36 am

@Jagona wrote:
@Mutiara wrote::) kalau tak ada ucapan kun fayakun tak bakalan ada itu alam semesta, tak ada kamu dan seluruh keluargamu
hi, neng Mut ..... anda menjawab pertanyaan aku ? .......... itu belum menjawab pertanyaan .........makna dari kun fayakun apa ? ........... sebenarnya aku nanya ama wedi .................... okey
ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling 
*dirukiyah dulu biar sembuh...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Mutiara on Sat Aug 17, 2013 11:45 am

eh ada kafir kumat...

@Jagona wrote:
@Mutiara wrote::) kalau tak ada ucapan kun fayakun tak bakalan ada itu alam semesta, tak ada kamu dan seluruh keluargamu
hi, neng Mut ..... anda menjawab pertanyaan aku ? .......... itu belum menjawab pertanyaan .........makna dari kun fayakun apa ? ........... sebenarnya aku nanya ama wedi .................... okey
nope, bukan,  itu aku kasih clue ke kafir aja supaya kl dia mikir bisa jawab pertanyaanmu :)
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Sat Aug 17, 2013 12:06 pm



kalap yang nyata...
piss 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Jagona on Sat Aug 17, 2013 1:08 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:
@Mutiara wrote::) kalau tak ada ucapan kun fayakun tak bakalan ada itu alam semesta, tak ada kamu dan seluruh keluargamu
hi, neng Mut ..... anda menjawab pertanyaan aku ? .......... itu belum menjawab pertanyaan .........makna dari kun fayakun apa ? ........... sebenarnya aku nanya ama wedi .................... okey
ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling 
*dirukiyah dulu biar sembuh...
hi hi hi ...... gak bisa jawab, malah kelosodan di lantai ............ malu dah gede ...... key

sholat yuk sholat yuk sholat yuk sholat yuk sholat yuk 

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Sat Aug 17, 2013 2:44 pm


mbahas kunfayakun di sini OOT
piss 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Jagona on Sun Aug 18, 2013 10:52 am

@SEGOROWEDI wrote:
mbahas kunfayakun di sini OOT
piss 
hi hi hi ................ gak paham ..................... nyemplung lagi

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Mutiara on Sun Aug 18, 2013 12:25 pm

@sw, karena tuhanmu tak punya kekuatan Kun Fayakun makanya bukan tuhan asli.... Faktanya: bentuk bumi saja tuhanmu tak tahu, jelas tuhanmu bukan pencipta bumi dll itu...

mana itu coba bumi yang berujung dan kelihatan seluruh permukaannya dari atas pohon tinggi?

ketawa guling ketawa guling ketawa guling 
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by ndink on Mon Aug 19, 2013 5:52 am



wedi wrote:penggantian tidak secara langsung sepeninggal Yoram..
tapi beberapa tahun kemudian ketika anaknya (Ahazia) berumur 42 tahun..
(2 Tawarikh 22:1-2)
Lalu penduduk Yerusalem mengangkat Ahazia, anaknya yang bungsu, menjadi raja menggantikan dia, karena semua anaknya yang lebih tua umurnya telah dibunuh oleh gerombolan yang datang ke tempat perkemahan bersama-sama orang-orang Arab. Dengan demikian Ahazia, anak Yoram raja Yehuda, menjadi raja. Ahazia berumur empat puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri.


bawa keterangannya kesini, jangan asal ngomong... !
kalau gak bisa bawa bukti, berarti ada kesalahan dalam alkitab !!
avatar
ndink
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 143
Kepercayaan : Islam
Location : Bandar lampung
Join date : 21.11.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by dhans on Mon Aug 19, 2013 10:20 am

@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
"SELURUH = SEMUA" mas...disitu tertulis "SEMUA"...!

4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,

sampeyan ke ke Luar angkasa pun tidak akan terlihat seluruh kerajaan beserta kemegahannya...Bumi Bulat Duuulll..!!...ya cerdas dikit mas kalo mau jawab ato ngeles...!

Itu kesalahan Paulus waktu ngedid Ayat....!! harusnya "masyarakat sekitar aja" paus ...eh diedit jadi seluruh "kerajaan beserta kemegahannya"..
ya diwakili apa yang terhampar di bawah sana sampai tak berbatas..
edit-edit kurang kerjaan kalee..
maksud sampeyan itu opo mas...yesus ngomong kalo ia hanya melihat beberapa area saja trus sang pencerita/penulis alkitab menulis seluruh kerajaan dan kemegahannya..?? hahah...

lah kalo ga di edit apa namanya...??? ko yesus bisa sefatal itu..!!  apa dia ga tau kalo bumi itu bulat...setinggi apapun Gunung, tetap saja ga akan terlihat di kutub yang berlawanan...!! ilmu sesimpel ini aja ga bisa dipahami seorang tuhan..??!! atau manusia pengedid yang melakukan kesalahan, karena para manusia tersebut tidak mengenal ilmu sains sama sekali...!

jadi ga ada yaa mas Gunung yang dimaksud alkitab..?? salah lagi yaa alkitab mu itu....


wkwkw...cuma bisa ngeles dengan asumsi "diwakili"..... mulai deeh tafsiran utak-atik gatuknya...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by gusti_bara on Tue Aug 27, 2013 4:50 pm

ini netter islam kayaknya pada oon yah.... lah di kisah2 roma kayak di hercules kan ada pohon buncis yang sampai ke angkasa/ kerajaan tuhan...lah kalo naik dari sana yah keliatan semua toh...lah pohon buncisnya aja raksasa kok...

kalo bumi kayak tampah (alat jemur singkong) yuah pasti keliatan semua toh....

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 27, 2013 4:52 pm

@Mutiara wrote:@sw, karena tuhanmu tak punya kekuatan Kun Fayakun makanya bukan tuhan asli.... Faktanya: bentuk bumi saja tuhanmu tak tahu, jelas tuhanmu bukan pencipta bumi dll itu...

mana itu coba bumi yang berujung dan kelihatan seluruh permukaannya dari atas pohon tinggi?

ketawa guling ketawa guling ketawa guling 
di kejadian 1 itu bukti kunfayakun..
gak cuman omdo, yang dikunfayakunkan jadi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 27, 2013 4:55 pm

@ndink wrote:

wedi wrote:penggantian tidak secara langsung sepeninggal Yoram..
tapi beberapa tahun kemudian ketika anaknya (Ahazia) berumur 42 tahun..
(2 Tawarikh 22:1-2)
Lalu penduduk Yerusalem mengangkat Ahazia, anaknya yang bungsu, menjadi raja menggantikan dia, karena semua anaknya yang lebih tua umurnya telah dibunuh oleh gerombolan yang datang ke tempat perkemahan bersama-sama orang-orang Arab. Dengan demikian Ahazia, anak Yoram raja Yehuda, menjadi raja. Ahazia berumur empat puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri.

bawa keterangannya kesini, jangan asal ngomong... !
kalau gak bisa bawa bukti, berarti ada kesalahan  dalam alkitab !!
justeru dari keterangan ahazia diangkat pada umur 42 tahun
kita tahu pengangkatan tersebut tidak secara langsung saat yoram wafat

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 27, 2013 4:58 pm

@dhans wrote:
maksud sampeyan itu opo mas...yesus ngomong kalo ia hanya melihat beberapa area saja trus sang pencerita/penulis alkitab menulis seluruh kerajaan dan kemegahannya..?? hahah...

lah kalo ga di edit apa namanya...??? ko yesus bisa sefatal itu..!!  apa dia ga tau kalo bumi itu bulat...setinggi apapun Gunung, tetap saja ga akan terlihat di kutub yang berlawanan...!! ilmu sesimpel ini aja ga bisa dipahami seorang tuhan..??!! atau manusia pengedid yang melakukan kesalahan, karena para manusia tersebut tidak mengenal ilmu sains sama sekali...!

jadi ga ada yaa mas Gunung yang dimaksud alkitab..?? salah lagi yaa alkitab mu itu....
wkwkw...cuma bisa ngeles dengan asumsi "diwakili"..... mulai deeh tafsiran utak-atik gatuknya...
seluruh itu semua yang terhampar di bawah sana sampai tak terbatas..
gak ada hubungannya dengan bumi bulat..

lha apa perikop tersebut soal pelajaran ilmu bumi???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by gusti_bara on Tue Aug 27, 2013 5:13 pm

wed...ajak yang agak pinteran dikit dong...jangan cuma rama n jaya aja... mereka belum mempuni wed... memalukan... cari yang bagus dikit dan berilmu, syukur dosen MIPA

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 27, 2013 5:15 pm


apa perikop itu sedang mengajarkan bentuk bumi?
mikir

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Jagona on Wed Aug 28, 2013 9:16 am

@SEGOROWEDI wrote:
apa perikop itu sedang mengajarkan bentuk bumi?
mikir
hi hi hi................ fakta sains, belok ke ajar-mengajar atlas .................... nyemplung

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Wed Aug 28, 2013 9:18 am

bukan pelajaran ilmu bumi, kok cuap-cuap bentuk bumi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by gusti_bara on Wed Aug 28, 2013 9:24 am

dah 13 halaman tapi tak satupun komentar kristen yang berbobot... gimana neh
panas 

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by SEGOROWEDI on Wed Aug 28, 2013 9:29 am


13 halaman
gak ada fakta sains yang mampu menggugurkan alkitab
mo lanjut??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by dhans on Thu Aug 29, 2013 2:45 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
maksud sampeyan itu opo mas...yesus ngomong kalo ia hanya melihat beberapa area saja trus sang pencerita/penulis alkitab menulis seluruh kerajaan dan kemegahannya..?? hahah...

lah kalo ga di edit apa namanya...??? ko yesus bisa sefatal itu..!!  apa dia ga tau kalo bumi itu bulat...setinggi apapun Gunung, tetap saja ga akan terlihat di kutub yang berlawanan...!! ilmu sesimpel ini aja ga bisa dipahami seorang tuhan..??!! atau manusia pengedid yang melakukan kesalahan, karena para manusia tersebut tidak mengenal ilmu sains sama sekali...!

jadi ga ada yaa mas Gunung yang dimaksud alkitab..?? salah lagi yaa alkitab mu itu....
wkwkw...cuma bisa ngeles dengan asumsi "diwakili"..... mulai deeh tafsiran utak-atik gatuknya...
seluruh itu semua yang terhampar di bawah sana sampai tak terbatas..
gak ada hubungannya dengan bumi bulat..

lha apa perikop tersebut soal pelajaran ilmu bumi???

siapa yang bilang perikop sebagai pelajaran bumi, saya nda bilang gitu kok..!...tapi harusnya tidak memuat kesalahan fatal didalamnya.. kalau memang berasal dari tuhan...moso tuhan nda tau bumi buatannya bulat...

mau setinggi apapun gunungnya bakalan ga keliatan...!!!

saya tanya sekali lagi yesus melihat seluruh kerajaan dan kemegahannya atau dia berbohong..??!! karena tidak mungkin terlihat apa yang ada dibalik kutub gunung lainnya....!!!

atau lebih klop lagi, paulus yang sudah melakukan aksi bejatnya, menambahkan yang bukan kisahNya, firmanNya, dan ajaranNya...!!

ayo mas lanjutkan nge-les mu... semakin ngeles.. semakin kliatan amburadulnya....

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by dhans on Thu Aug 29, 2013 2:46 pm

@SEGOROWEDI wrote:
13 halaman
gak ada fakta sains yang mampu menggugurkan alkitab
mo lanjut??
siapa bilang....

gunung aye belom dijawab...!

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Jagona on Fri Aug 30, 2013 1:48 pm

@SEGOROWEDI wrote:bukan pelajaran ilmu bumi, kok cuap-cuap bentuk bumi..
karenabentuk Bumi menurut alkitab gak sesuai ama sains ........ nyemplung

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Fakta Sains menggugurkan Al Kitab

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 13 dari 16 Previous  1 ... 8 ... 12, 13, 14, 15, 16  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik