FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Logika Larangan Memelihara Anjing

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by frontline defender on Fri May 04, 2012 10:51 pm

Larangan Memelihara Anjing dalam Hadits :
Mengenai larangan memelihara anjing terdapat dalam hadits dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam, beliau bersabda,

مَنِ اتَّخَذَ كَلْبًا إِلاَّ كَلْبَ مَاشِيَةٍ أَوْ صَيْدٍ أَوْ زَرْعٍ انْتَقَصَ مِنْ أَجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ

“Barangsiapa memanfaatkan anjing selain anjing untuk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth” (HR. Muslim no. 1575). Kata Ath Thibiy, ukuran qiroth adalah semisal gunung Uhud (Fathul Bari, 3/149).

Dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

مَنِ اقْتَنَى كَلْبًا لَيْسَ بِكَلْبِ مَاشِيَةٍ أَوْ ضَارِيَةٍ ، نَقَصَ كُلَّ يَوْمٍ مِنْ عَمَلِهِ قِيرَاطَانِ

“Barangsiapa memanfaatkan anjing, bukan untuk maksud menjaga hewan ternak atau bukan maksud dilatih sebagai anjing untuk berburu, maka setiap hari pahala amalannya berkurang sebesar dua qiroth.” (HR. Bukhari no. 5480 dan Muslim no. 1574)

Anjing yang dibolehkan untuk dimanfaatkan adalah untuk tiga maksud yaitu sebagai anjing yang digunakan untuk berburu, anjing yang digunakan untuk menjaga hewan ternak dan anjing yang digunakan untuk menjaga tanaman.

Fakta di Lapangan :
wiki wrote:

The Australian Dingo is a free-roaming wild dog unique to the continent of Australia, mainly found in the outback. Its original ancestors are thought to have arrived with one of the waves of human settlement thousands of years ago, when dogs were still relatively undomesticated and closer to their wild Asian grey wolf parent species, Canis lupus. Since then, living largely apart from people and other dogs, together with the demands of Australian ecology, has caused them to develop features and instincts that distinguish them from all other canines. Dingoes have maintained ancient characteristics that unite them, along with their closest relatives from southeast Asia and the Pacific, into a taxon named after them, Canis lupus dingo, and which separate them from dogs classified as Canis lupus familiaris.

Dingoes play an important role in Australia's ecosystems; they are apex predators and the continent's largest terrestrial predator. Because of their attacks on livestock, dingoes and feral domesticated dogs are seen as pests by the sheep industry and the resultant control methods normally run counter to dingo conservation efforts. The cattle industry may benefit from the predation of dingoes on rabbits, kangaroos, and rats.

Today, it is estimated that the majority of the modern "dingoes" are also descended from more recently introduced domestic dogs. The number of these so-called dingo hybrids has increased significantly over the last decades, and the dingo is therefore now classified as vulnerable
1. Dingo menempati posisi "Srigala" di Ekosistem!
2. Dingo itu aslinya cuman berasal dari species Anjing Biasa!
3. Dingo yang sudah tidak berdarah murni pun, masih berpotensi untuk berposisi sebagai "Srigala" di Ekosistem!


Kesimpulan :
Anjing Domestik selalu memiliki potensi untuk berposisi sebagai "Srigala"! karena itulah, adalah masuk akal jika Islam memberlakukan pembatasan dalam penggunaan Anjing (Anjing hanya boleh dipakai untuk tujuan tertentu)!


Masih Tidak Percaya?
Silahkan perhatikan ukuran Anjing yang berposisi sebagai "Srigala", di Indonesia :
wiki wrote:

Ajak atau ajag (Cuon alpinus) adalah anjing hutan yang hidup di Asia, terutama di wilayah selatan dan timur. Ajak tidak sama dengan serigala.

Ajak merupakan anjing asli Nusantara, terdapat di pulau Sumatra dan Jawa, mendiami terutama kawasa pegunungan dan hutan. Anjing kampung dan yang lainnya yang biasa dijadikan peliharaan di Indonesia, sebenarnya merupakan anjing impor yang berasal dari daerah lain. Ajak berperawakan sedang, berwarna coklat kemerahan. Di bagian bawah dagu, leher, hingga ujung perut berwarna putih, sedangkan ekornya tebal kehitaman.

Ajak biasa hidup bergerombol dalam lima hingga dua belas ekor, tergantung lingkungannya. Namun, pada keadaan tertentu, ajak dapat hidup soliter (menyendiri), seperti yang ditemukan di Taman Nasional Gunung Leuser.

Salah Satu Contoh dari Sekian Banyak Kasus Serangan Anjing :
VIVAnews - Kementerian Luar Negeri Irlandia mengkonfirmasi benar bahwa warganya tewas diserang anjing di Malaysia. Pemerintah Irlandia akan memberikan santunan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Seperti dilansir Straits Times, 9 Januari 2011, seorang pria Irlandia berusia 50 tahun tewas setelah diserang dua anjing ganas di Pulau Penang, Malaysia, kemarin. Kepala Polisi Penang Ayub Yakoob mengatakan korban bernama Maurice Sullivan.

Saat itu, Sullivan sedang berjalan santai di area perkebunan organik bersama kekasihnya yang masih berusia 28 tahun. Keduanya sedang asyik mengambil gambar pemandangan indah di situ.

Tiba-tiba saja dua ekor anjing menyerang mereka. "Saat serangan terjadi, pemilik peternakan tidak ada di lokasi," kata Ayub. Kekasih Sullivan berada tak jauh dari tempat anjing-anjing itu menyerang, tapi beruntung dia bisa menghindar.

"Kekasihnya meminta pertolongan warga setempat. Mereka lalu memanggil polisi," jelas Ayub. Saat polisi tiba di lokasi kejadian, Sullivan sudah dalam keadaan tak sadar diri. "Saat dibawa ke rumah sakit, baru korban dinyatakan meninggal dunia."

Serangan anjing itu sungguh brutal. Sullivan luka parah, dua telinganya putus, dagunya nyaris hilang, ditambah banyak luka gigitan di sekujur tubuh. (kd)
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Orang_Pinggiran on Sat May 05, 2012 9:13 am

:lkj:

Ditambaih yang masalah dampak bagi kesehatan juga kalo ada.. saya lupa artikelnya dimana
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by frontline defender on Sun Jun 03, 2012 10:23 am

di forum sebelah, yang dijadikan dasar pembelaan adalah, alasan sifat setia anjing :
ivanovv777ER wrote:...bukan tanpa alasan kalo muncul pomeo "man's best friend" yang ditujukan untuk anjing...

Di NatGeo pernah dibahas sejarah bagaimana nenek moyang anjing/serigala mulai berteman dengan manusia neanderthal, dan bagaimana nenek moyang anjing/serigala tersebut serta nenek moyang manusia modern menjalin hubungan saling ketergantungan yang menguntungkan bagi keduanya....
padahal asal muasal sifat setia anjing ini, bisa dirunut dari desain fisik anjing :



...yang membuatnya sangat memerlukan partner, untuk menangkap mangsa!

:lkj:
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Paradise OK on Tue Jan 20, 2015 5:44 pm

KALAU KUCING BUAT JAGA APA ?, haram lho ...
dimakan haram dipelihara boleh ? Tuhan bikin aturan/perintah bisa tawar-menawar

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by salapanbelas maret on Tue Jan 20, 2015 7:44 pm

FD wrote:Anjing yang dibolehkan untuk dimanfaatkan adalah untuk tiga maksud yaitu sebagai anjing yang digunakan untuk berburu, anjing yang digunakan untuk menjaga hewan ternak dan anjing yang digunakan untuk menjaga tanaman.


Jadi kalo melihara anjing utk menjaga gudang, gak boleh ya?
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Paradise OK on Tue Jan 20, 2015 9:56 pm

KUCING/ANJING HARAM, buat pajangan foto/jaga ternak boleh/halal
tenang aza, kan bisa tawar menawar dgn Allah swt ?

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by frontline defender on Wed Jan 21, 2015 4:40 pm

tawar-menawarnya dimana? coba jelaskan dengan :

- ketentuan Allah : .....(silahkan diisi)
- tuntutan manusia : .....(silahkan diisi)
- hasil tawar-menawar : .....(silahkan diisi)


mana
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Paradise OK on Fri Jan 23, 2015 10:40 am

frontline defender wrote:tawar-menawarnya dimana? coba jelaskan dengan :

- ketentuan Allah : .....(silahkan diisi)
- tuntutan manusia : .....(silahkan diisi)
- hasil tawar-menawar : .....(silahkan diisi)


mana
- QS. 2:173/HR. Muslim no. 1575
- dimakan jangan dipelihara/jadi pajangan foto dll boleh

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by frontline defender on Fri Jan 23, 2015 11:30 am

QS. 2:173 larangan memakan! apa hubungannya dengan soal memelihara? HR. Muslim No. 1575 larangan memelihara! apa hubungannya dengan menjadikan pajangan foto?

bobo
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Paradise OK on Fri Jan 23, 2015 11:37 am

soalan makan dilarang, mlihara boleh
pake acara tawar menawar, bukan ?

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by frontline defender on Fri Jan 23, 2015 6:01 pm

mana tawar-menawarnya? nyambung aja nggak! masak nawar apel dengan nawar jeruk? mana
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Paradise OK on Fri Jan 23, 2015 7:19 pm

anjing masuk kategori hewan haram
btw tawarannya boleh dipelihara
kalau haram ya haram, dipelihara sekalipun

coba kata anjing anda ganti dgn babi



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by frontline defender on Sat Jan 24, 2015 5:50 am

kalau haram ya haram, dipelihara sekalipun
nggak bisa, tergantung pengharamannya, ada yang haram dimakan tapi halal dipiara seperti kucing, babi boleh dipiara untuk keseimbangan ekosistem tapi nggak boleh dipiara sebagai hewan ternak karena babi haram dimakan, anjing nggak boleh dipiara selain untuk keperluan memburu atau menjaga & haram dimakan!

btw tawarannya boleh dipelihara
nggak ada tawaran, adanya hewan ini diharamkan untuk dibeginikan & dibegitukan, sementara hewan lain hanya diharamkan untuk dibeginikan!

ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by SEGOROWEDI on Sat Jan 24, 2015 6:45 am

frontline defender wrote:Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam, beliau bersabda,

مَنِ اتَّخَذَ كَلْبًا إِلاَّ كَلْبَ مَاشِيَةٍ أَوْ صَيْدٍ أَوْ زَرْعٍ انْتَقَصَ مِنْ أَجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ
“Barangsiapa memanfaatkan anjing selain anjing untuk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth” (HR. Muslim no. 1575). Kata Ath Thibiy, ukuran qiroth adalah semisal gunung Uhud (Fathul Bari, 3/149).


mengapa muhammad berfirman seperti itu?
diperintah alloh atau idenya sendiri?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Paradise OK on Sat Jan 24, 2015 10:37 am

frontline defender wrote:
kalau haram ya haram, dipelihara sekalipun
nggak bisa, tergantung pengharamannya, ada yang haram dimakan tapi halal dipiara seperti kucing, babi boleh dipiara untuk keseimbangan ekosistem tapi nggak boleh dipiara sebagai hewan ternak karena babi haram dimakan, anjing nggak boleh dipiara selain untuk keperluan memburu atau menjaga & haram dimakan!

btw tawarannya boleh dipelihara
nggak ada tawaran, adanya hewan ini diharamkan untuk dibeginikan & dibegitukan, sementara hewan lain hanya diharamkan untuk dibeginikan!

ehmm
kalau logikamu ke asas manfaatnya yg haram boleh dipelihara, maka :
anjing dipelihara buat jaga ternak babi = sama2 haram
babi/daging babi dijual dapet duit = ada manfaatnya

Jadi hadis/tafsirmu itu gak bertaring/mandul, tidak konsisten

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by frontline defender on Sat Jan 24, 2015 1:26 pm

buat manfaat ke orang lain tidak dipikirkan? sama aja kayak nggak konsumsi narkoba tapi jual narkoba ke orang lain!

ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Paradise OK on Sat Jan 24, 2015 5:52 pm

duit hasil jual babi/daging babi tinggal di zakat, beres
gak bisa mikir toh ?
lagian anjingmu cuman bisa jaga ternakmu

hadis gak bertaring/mandul, tidak konsisten

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by frontline defender on Sat Jan 24, 2015 9:37 pm

duit zakat apa sebanding dengan duit yang diperlukan untuk menghilangkan dampak buruk/rehabiitasi narkoba yang konon katanya nggak mungkin bisa berhasil 100%?

kalau hadits tsb dimaknai secara prinsip, anjing boleh juga digunakan untuk menjaga rumah sepanjang ditaruh diluar rumah, & untuk berburu hewan maupun hal lainnya seperti bom, narkoba, ataupun buronan, intinya untuk keperluan teknis! justru sangat sesuai sekali untuk jaman modern ini dimana orang biasa diserang anjing liar & dimana orang banyak membutuhkan anjing untuk berbagai keperluan keamanan!

ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6449
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Paradise OK on Sat Jan 24, 2015 11:18 pm

frontline defender wrote:duit zakat apa sebanding dengan duit yang diperlukan untuk menghilangkan dampak buruk/rehabiitasi narkoba yang konon katanya nggak mungkin bisa berhasil 100%?

kalau hadits tsb dimaknai secara prinsip, anjing boleh juga digunakan untuk menjaga rumah sepanjang ditaruh diluar rumah, & untuk berburu hewan maupun hal lainnya seperti bom, narkoba, ataupun buronan, intinya untuk keperluan teknis! justru sangat sesuai sekali untuk jaman modern ini dimana orang biasa diserang anjing liar & dimana orang banyak membutuhkan anjing untuk berbagai keperluan keamanan!

ehmm
lha duit hasil jual babi/daging babi di zaman modern ini bisa dizakati untuk :
- beli anjing njagah rumah/luar rumah
- beli anjing pelacak
- buat biaya ngelatih anjingnya
- buat beli makan anjingnya
- buat gaji polisi
- buat biaya rehabilitasi narkoba
- dll
- dst ...

semakin membuktikan hadismu itu "tidak bertaring/konsisten"

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by SEGOROWEDI on Sun Jan 25, 2015 10:13 am

ingat masa kecil saya di sebuah desa terpencil di daerah cepu-randublatung..
kalau sore/malam hari turun hujan..
lalu paginya ada penduduk yang menemukan jejak-jejak kaki anjing..
langsung masyarakat sekampung memburu dan membunuhnya secara keji..
bahkan suatu saat menemukan anjing betina dengan 5 anaknya yang masih baby..
induknya dibantai, anak-anaknya dimasukkan ke sumur mati yang kering..
sore setiap kali saya berangkat ngaji ke surau mendengar 'tangisan' anak-anak anjing itu..
sampai suatu hari suara itu tak terdengar lagi..

nangis

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Logika Larangan Memelihara Anjing

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik