FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

JAGONA :Adam Dilahirkan 5 5 1

JAGONA :Adam Dilahirkan

Page 6 of 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

View previous topic View next topic Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Sat Jun 23, 2012 10:21 am

[quote="abu hanan"]
jagona wrote:hanya manusia pertama yang diciptakan ALLAH dari thiin ...... yang lainnya dilahirkan ..... artinya diciptakan dari turaab[/quota]
ayat yg sayah kamsutkan adalah 38/76;
خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ
kalo diartikan sebagai “selaku/seperti” lha bugimana dengan ؟خَلَقْتَنِي
apakah kata tersebut juga sama dengan خَلَقْتَ?

kan menjadi aneh kalow kata yg berakar sama tetapi punya arti yg berbeda dan gak serempet....

bugituh...

Wa, kan pada kalimatnya juga beda ......؟خَلَقْتَنِي ,وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ diciptakan dari thiin dan خَلَقْتَ طِينًا diciptakan selaku thiin.
Lantas yang diciptakan pada ayat 38/76 adalah "orang" (basyar), dengan pengertian bukan Adam ..... sebab basyar bisa satu bisa juga banyak, bisa perempuan bisa juga laki-laki. Beberapa ayat lain yang menunjukan penciptaan basyar antara lain : Ayat 30/20 (dari turaab), Ayat 25/24 (dari Almaa'), Ayat 38/71 (dari thiin).
Semua istilah basyar yang tercantum pada Ayat-ayat suci di atas berarti "orang". Maka penciptaan atas manusia yang banyak termuat dalam Alquran dimulai dari THIIN, atau batuan tanah atau meteor yang mendingin lalu menjadi manusia pertama (ayat 32/7) lalu manusia (orang) lainnya juga dikatakan berasal dari thiin, kemudian dari turaab, lalu dilahirkan oleh ibunya masing-masing.
Kejadian yang termuat pada Ayat 15/33 dan 38/71 bukanlah hanya berlaku pada manusia pertama saja tetapi pada manusia seluruhnya di mana iblis senantiasa melakukan siasat jahatnya.

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by abu hanan on Mon Jun 25, 2012 5:28 pm

jagona wrote:Beberapa ayat lain yang menunjukan penciptaan basyar antara lain : Ayat 30/20 (dari turaab), Ayat 25/24 (dari Almaa'), Ayat 38/71 (dari thiin).
mas...itu terkait proses...basa aliennyah mungkin seperti dari sel tunggal->zygot->embrio dan seterusnyah....

bukanlah BASYAR itu berbeda atau menjadi bagian terpisah dari THIIN/TURAAB.

ilsutrasinyah begini;
ada kuncup bunga->bakal buah->buah yg siap dipetik

begitu pula fase2 penciptaan manusia..
sel telur dibuahi sperma->sel tunggal->a1->a2->a3 dst...



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7127
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by hamba tuhan on Mon Jun 25, 2012 5:32 pm

abu hanan wrote:
jagona wrote:Beberapa ayat lain yang menunjukan penciptaan basyar antara lain : Ayat 30/20 (dari turaab), Ayat 25/24 (dari Almaa'), Ayat 38/71 (dari thiin).
mas...itu terkait proses...basa aliennyah mungkin seperti dari sel tunggal->zygot->embrio dan seterusnyah....

bukanlah BASYAR itu berbeda atau menjadi bagian terpisah dari THIIN/TURAAB.

ilsutrasinyah begini;
ada kuncup bunga->bakal buah->buah yg siap dipetik

begitu pula fase2 penciptaan manusia..
sel telur dibuahi sperma->sel tunggal->a1->a2->a3 dst...

saya izin nyimak aja deh kang mas abu... sampe2nya mbah MOD edit judulnya ya??? dah diluar jalur ya kang mas.... :surban:

hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Total Like dan Thanks: 17
Male
Posts: 1665
Location: Aceh - Pekanbaru
Join date: 2011-10-07

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by abu hanan on Mon Jun 25, 2012 5:37 pm

hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:
jagona wrote:Beberapa ayat lain yang menunjukan penciptaan basyar antara lain : Ayat 30/20 (dari turaab), Ayat 25/24 (dari Almaa'), Ayat 38/71 (dari thiin).
mas...itu terkait proses...basa aliennyah mungkin seperti dari sel tunggal->zygot->embrio dan seterusnyah....

bukanlah BASYAR itu berbeda atau menjadi bagian terpisah dari THIIN/TURAAB.

ilsutrasinyah begini;
ada kuncup bunga->bakal buah->buah yg siap dipetik

begitu pula fase2 penciptaan manusia..
sel telur dibuahi sperma->sel tunggal->a1->a2->a3 dst...

saya izin nyimak aja deh kang mas abu... sampe2nya mbah MOD edit judulnya ya??? dah diluar jalur ya kang mas.... :surban:
sayah pikir bugituh...dan sayang kalow dihentikan sedangkan banyak yg masih bisa dipelajari darinyah sini...

jujur aja kang,lebih mudah bagi sayah menyelesaikan waw qasam/syubbiha daripada lapak ini...ibarat memompa samudera hingga mencapai setinggi gunung...

wokeh dah barada...magreb uda masukin surabaya...mhn pamit dolo...

ada hujan ada ada yg basah
tak membaca,tak tahu apa2...
banyak membaca,banyak lupa
daripada pusing,lebih baik ngopi aja
ketawa guling ketawa guling



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7127
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Mon Jun 25, 2012 7:03 pm

abu hanan wrote:
jagona wrote:Beberapa ayat lain yang menunjukan penciptaan basyar antara lain : Ayat 30/20 (dari turaab), Ayat 25/24 (dari Almaa'), Ayat 38/71 (dari thiin).
mas...itu terkait proses...basa aliennyah mungkin seperti dari sel tunggal->zygot->embrio dan seterusnyah....

bukanlah BASYAR itu berbeda atau menjadi bagian terpisah dari THIIN/TURAAB.

ilsutrasinyah begini;
ada kuncup bunga->bakal buah->buah yg siap dipetik

begitu pula fase2 penciptaan manusia..
sel telur dibuahi sperma->sel tunggal->a1->a2->a3 dst...

hi hi hi .......... judulnya jadi laen ... tapi gak apa-apa.

Wa ........ bukankah kita lagi bicara masalah Adam

Wa kalau mau bikin ilustrasi harusnya begini :
Turaab -------> Sel kelamin (nafsin wahidah/nuthfah -------> 'alaqatan -----> mudhghotan ----> izooman ----------> lahman -------->janin


Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by abu hanan on Mon Jun 25, 2012 11:54 pm

Jagona wrote:
abu hanan wrote:
jagona wrote:Beberapa ayat lain yang menunjukan penciptaan basyar antara lain : Ayat 30/20 (dari turaab), Ayat 25/24 (dari Almaa'), Ayat 38/71 (dari thiin).
mas...itu terkait proses...basa aliennyah mungkin seperti dari sel tunggal->zygot->embrio dan seterusnyah....

bukanlah BASYAR itu berbeda atau menjadi bagian terpisah dari THIIN/TURAAB.

ilsutrasinyah begini;
ada kuncup bunga->bakal buah->buah yg siap dipetik

begitu pula fase2 penciptaan manusia..
sel telur dibuahi sperma->sel tunggal->a1->a2->a3 dst...

hi hi hi .......... judulnya jadi laen ... tapi gak apa-apa.

Wa ........ bukankah kita lagi bicara masalah Adam

Wa kalau mau bikin ilustrasi harusnya begini :
Turaab -------> Sel kelamin (nafsin wahidah/nuthfah -------> 'alaqatan -----> mudhghotan ----> izooman ----------> lahman -------->janin

kalow sayah mah gak sanggup menjangkau yg lebih jauh lagi dan melampaui ;
1.calon manusia dari thin (tanah kering) qs 32/7
وَبَدَأَ خَلْقَ الْإِنْسَانِ مِنْ طِينٍ
Yang memulai penciptaan manusia dari tanah (kering)

2.tanah kering tersebut kemudian diberi bentuk qs 15/26
خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ
Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

3.setelah itu qs 15/28
وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي
telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku

4.jadilah adam.al baqarah 30 dan setelahnyah

5.kemudian ibu para manusia,qs 4/1
مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا
dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya;

6.kemudian anak keturunan dari keduanyah di al mukminun 13-15

sedangkan istilah ;
al basyar ->sebutan untuk tanah yg uda dibentuk dan disandarkan pada lahiriah manusia...butuh makan-minum-istirahat,punya hidung-mata dan sebagenyah

al insan->istilah yg disandarkan pada manusia karena daya nalar, daya fikir yang dengannya dapat maju dan berkembang,,dalam hal ini keseluruhan aspek batiniah/non fisik.

bagaimana dengan turaab?uda sayah jelaskan diatas...

apabila ada pendapat bahwa adam lahir dari ibu karena nafsin wahidah yg diartikan sebagai sel telur...maka nafs adalah pengertian benda abstrak yg memiliki kesadaran dalam hal ini menjadi bagian dari al insan sehingga menjadi janggal ketika dimaknai sel telur.sel telur yg dari bentuk/wujudnyah merupakan benda yg dapat dideteksi oleh indra manusia.

samah halnyah dengan an nisa (yg dimaknai sbg perempuan)..akar kata anisa sendiri berasal dari kata yg sama dengan anas...anisa dinisbatkan sbg perempuan dan akhirnyah bermakna perempuan adalah karena anisa berarti ramah dan lemah lembut..
sebagemana setiap kata "kekar" yg disandarkan pada lelaki/maskulin maka begitu pula "halus/lemah lembut" yg disandarkan pada sifat wanita/feminin.

apabila adam dilahirkan oleh seorang wanita,yg pasti akan menjadi pertanyaan susulan adalah;
kemana ibu nabi adam setelah melahirkan?
apakah iblis juga diperintahkan sujud kepadanya?

demikianlah dari sayah yg banyak lupa....



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7127
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Tue Jun 26, 2012 10:20 am

@ Wa abu hanan.

1.calon manusia dari thin (tanah kering) qs 32/7
وَبَدَأَ خَلْقَ الْإِنْسَانِ مِنْ طِينٍ
Yang memulai penciptaan manusia dari tanah (kering)

2.tanah kering tersebut kemudian diberi bentuk qs 15/26
خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ
Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.
3.setelah itu qs 15/28
وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي
telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku

4.jadilah adam.al baqarah 30 dan setelahnyah

Kalau boleh aku simpulkan dari ke empat ayat di atas, adalah bahwa Adam diciptakan ALLAH dari THIIN.

Padahal menurut Ayat 3/59 ... Adam diciptakan ALLAH dari TURAAB ?
THIIN >< TURAAB ....... jadi kesimpulan di atas "SALAH"

Ma'af wa ... ayat 2/30 menunjukan bahwa ALLAH akan menjadikan Adam sebagai khalifah di Bumi. Tidak ada isyarat bahwa Ayat 2/30 sebagai lanjutan atau berhubungan dengan Ayat-ayat 32/7, 15/26-29.

Aku bersikeras memberitahukan bahwa THIIN >< TURAAB karena ;
1. Thiin adalah BATUAN TANAH, sedangkan Turaab adalah SARI/UNSUR HARA TANAH dalam bentuk kation (+) dan anion (-)
2. Jika dianggap semjuanya sama diartikan dengan tanah, akan terjadi benturan seperti di atas ..... tentunya tidak sesuai dengan kandungan dari ayat-ayat tersebut.
3. Memperhatikan ayat 6/2, 7/12, dan 37/11 yang menerangkan asal-usul manusia dari thiin, bukanlah menyatakan semua manusia dibentuk dari thiin karena mereka semuanya dilahirkan ibunya, kecuali manusia pertama yang tercantum pada ayat 32/7. Maka manusia pertama inilah yang dibentuk langsung dari thiin sebagai dinyatakan ALLAH pada ayat 32/7 tadi. Dan memang thiin itulah yang menjadi asal usul manusia ramai seluruhnya.


Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by hamba tuhan on Tue Jun 26, 2012 11:10 am

abu hanan wrote:
hamba tuhan wrote:
abu hanan wrote:
jagona wrote:Beberapa ayat lain yang menunjukan penciptaan basyar antara lain : Ayat 30/20 (dari turaab), Ayat 25/24 (dari Almaa'), Ayat 38/71 (dari thiin).
mas...itu terkait proses...basa aliennyah mungkin seperti dari sel tunggal->zygot->embrio dan seterusnyah....

bukanlah BASYAR itu berbeda atau menjadi bagian terpisah dari THIIN/TURAAB.

ilsutrasinyah begini;
ada kuncup bunga->bakal buah->buah yg siap dipetik

begitu pula fase2 penciptaan manusia..
sel telur dibuahi sperma->sel tunggal->a1->a2->a3 dst...

saya izin nyimak aja deh kang mas abu... sampe2nya mbah MOD edit judulnya ya??? dah diluar jalur ya kang mas.... :surban:
sayah pikir bugituh...dan sayang kalow dihentikan sedangkan banyak yg masih bisa dipelajari darinyah sini...

jujur aja kang,lebih mudah bagi sayah menyelesaikan waw qasam/syubbiha daripada lapak ini...ibarat memompa samudera hingga mencapai setinggi gunung...

wokeh dah barada...magreb uda masukin surabaya...mhn pamit dolo...

ada hujan ada ada yg basah
tak membaca,tak tahu apa2...
banyak membaca,banyak lupa
daripada pusing,lebih baik ngopi aja
ketawa guling ketawa guling

ya mbok sabar aja kang mas.... namanya jg lg berbagi.... pelan2 aja dl saran saya kang mas... biar mudah difahami.....
:)

hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Total Like dan Thanks: 17
Male
Posts: 1665
Location: Aceh - Pekanbaru
Join date: 2011-10-07

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 27, 2012 1:10 pm

eker-ekeran lagiii...........................
nonton ah!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 29011
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by darussalam on Fri Jun 29, 2012 10:03 pm

kepercayaan kejawen mengajarkan bahwa adam itu memang terlahir dari bapa langit & ibu bumi pertiwi..... silakan googling ria

darussalam
Co-Administrator
Co-Administrator

Total Like dan Thanks: 10
Male
Posts: 369
Location: Brunei Darussalam
Job/hobbies: dakwah
Join date: 2011-11-25

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Sat Jun 30, 2012 9:43 am

SEGOROWEDI wrote:eker-ekeran lagiii...........................
nonton ah!

Silakan aja nonton, karena menurut Genesis 2:7 .... Adam dibentuk Tuhan Lord dari debu tanah, dan meniupkan ke dalam hidungnya nafas kehidupan, dan seoranag lelaki menjadi jiwa yang hidup .... persis terjemah Quran ayat 15/26, 15/28-29 yang ditampilkan wa abu, aku gak tahu yang mana yang nyontek.
sedangkan menurut aku ......... Adam dilahirkan .............. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Sat Jun 30, 2012 10:07 am

darussalam wrote:kepercayaan kejawen mengajarkan bahwa adam itu memang terlahir dari bapa langit & ibu bumi pertiwi..... silakan googling ria

silakan aja anda pelajari ajaran kejawen, yang sedang dipermasalahkan di sini sebenarnya adalah Quran Ayat 3/59

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by abu hanan on Sat Jun 30, 2012 11:44 am

Jagona wrote:
SEGOROWEDI wrote:eker-ekeran lagiii...........................
nonton ah!

Silakan aja nonton, karena menurut Genesis 2:7 .... Adam dibentuk Tuhan Lord dari debu tanah, dan meniupkan ke dalam hidungnya nafas kehidupan, dan seoranag lelaki menjadi jiwa yang hidup .... persis terjemah Quran ayat 15/26, 15/28-29 yang ditampilkan wa abu, aku gak tahu yang mana yang nyontek.
gak ada yg nyontek lha sumbernyah sama.
Jagona wrote:sedangkan menurut aku ......... Adam dilahirkan .............. okey
lha ini yg justru bertolak belakang dari kamsut 3/59...
nabi adam dilahirkan secara parthogenesis.
ibu nabi adam tercipta dari thiin.thiin adalah batu meteor.
bagaimana proses dari thiin menuju manusia utuh?
apakah iblis juga diperintahkan bersujud pada ibu nabi adam?
ibu nabi adam tinggal dimana sebelum melahirkan?
pertanyaan sayah diatas belum terwakili dari sejumlah posting dari anda...

mas.....
kalow anda menolak kaidah basa arab ttg pengertian thiin dan turaab,bukankah itu juga sama dengan menolak bahasa al quran termasuk pengertiannyah?



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7127
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Sat Jun 30, 2012 5:47 pm

abu hanan wrote:
Jagona wrote:
SEGOROWEDI wrote:eker-ekeran lagiii...........................
nonton ah!

Silakan aja nonton, karena menurut Genesis 2:7 .... Adam dibentuk Tuhan Lord dari debu tanah, dan meniupkan ke dalam hidungnya nafas kehidupan, dan seoranag lelaki menjadi jiwa yang hidup .... persis terjemah Quran ayat 15/26, 15/28-29 yang ditampilkan wa abu, aku gak tahu yang mana yang nyontek.
gak ada yg nyontek lha sumbernyah sama.
Jagona wrote:sedangkan menurut aku ......... Adam dilahirkan .............. okey
lha ini yg justru bertolak belakang dari kamsut 3/59...
nabi adam dilahirkan secara parthogenesis.
ibu nabi adam tercipta dari thiin.thiin adalah batu meteor.
bagaimana proses dari thiin menuju manusia utuh?
apakah iblis juga diperintahkan bersujud pada ibu nabi adam?
ibu nabi adam tinggal dimana sebelum melahirkan?
pertanyaan sayah diatas belum terwakili dari sejumlah posting dari anda...

mas.....
kalow anda menolak kaidah basa arab ttg pengertian thiin dan turaab,bukankah itu juga sama dengan menolak bahasa al quran termasuk pengertiannyah?

justru pada pemahaman thiin dan turaab inilah permasalahannya. ALLAH sendiri sudah membedakan antara kedua istilah itu. Bandingkan aja Ayat 3/59 dengan Ayat 32/7
pada Ayat 3/59 ........ Adam ciciptakan dari turaab (SARI TANAH).
pada Ayat 32/7 ........ manusia pertama diciptakan dari thiin (BATUAN TANAH)
bahannya udah beda .......... tentunya bukan Adam yang diciptakan pada Ayat 32/7 ?
Aku bukan menolak bahasa Alquran ...... yang aku tolak adalah terjemah dari thiin dan turaab diartikan sebagai tanah.

Ma'af wa ..... menurut Ayat 11/49 bahwa ALLAH tidak pernah menceritakan tentang kabar ghaib (diantaranya penciptaan Adam) baik di Tawret maupun Injil, kecuali dalam Alquran. namun tiba-tiba dalam Genesis ada cerita penciptaan Adam ......... dari mana dapatnya ... itu masalahnya wa ........... wa abu paham kan ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by hamba tuhan on Mon Jul 02, 2012 1:15 am

sumbang dikit deh tentang nafsin wahidah deh.... biar rame....

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kalian (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) "badan yang satu" ("nafsin wahidah") saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.(QS. Luqman /31:28)


hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Total Like dan Thanks: 17
Male
Posts: 1665
Location: Aceh - Pekanbaru
Join date: 2011-10-07

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Mon Jul 02, 2012 9:33 am

hamba tuhan wrote:sumbang dikit deh tentang nafsin wahidah deh.... biar rame....

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kalian (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) "badan yang satu" ("nafsin wahidah") saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.(QS. Luqman /31:28)


Ini aku tampilkan terjemah dari depagri ;

Ayat 31/28 : Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.

Ini dari YPMI ;

Ayat 31/28 : Tidaklah penciptaanmu dan tidak (pula) pembangkitanmu (dari dalam kubur) kecuali seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa. Sesungguhnya ALLAH Maha Melihat.

Kelihatannya ada perbedaan .... khususnya dalam mengartikan "kanafsin" ..... masing-masing menerjemahkan dengan : badan yang satu ...... satu jiwa.
Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ? ........... ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by abu hanan on Mon Jul 02, 2012 12:10 pm

Jagona wrote:
justru pada pemahaman thiin dan turaab inilah permasalahannya. ALLAH sendiri sudah membedakan antara kedua istilah itu. Bandingkan aja Ayat 3/59 dengan Ayat 32/7
pada Ayat 3/59 ........ Adam ciciptakan dari turaab (SARI TANAH).
pada Ayat 32/7 ........ manusia pertama diciptakan dari thiin (BATUAN TANAH)
bahannya udah beda .......... tentunya bukan Adam yang diciptakan pada Ayat 32/7 ?
Aku bukan menolak bahasa Alquran ...... yang aku tolak adalah terjemah dari thiin dan turaab diartikan sebagai tanah.
lha itulah...anda menolak terjemahan thiin dan turaab yg samah2 diartikan sbg TANAH menurut basa arab.sedangkan THIN,dalam basa arab adalah tanah yg bersifat kering.sedangkan TURAAB adalah tanah yg bercampur air.
sederhananyah=
thin,sesuatu yg gak basah
turaab,sesuatu yg kering

Jagona wrote:Ma'af wa ..... menurut Ayat 11/49 bahwa ALLAH tidak pernah menceritakan tentang kabar ghaib (diantaranya penciptaan Adam) baik di Tawret maupun Injil, kecuali dalam Alquran. namun tiba-tiba dalam Genesis ada cerita penciptaan Adam ......... dari mana dapatnya ... itu masalahnya wa ........... wa abu paham kan ?
genesis dari mana dapat kisah penciptaan adam?kalow itu bukan disini kita membahasnyah.



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7127
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Mon Jul 02, 2012 2:13 pm

abu hanan wrote:
Jagona wrote:
justru pada pemahaman thiin dan turaab inilah permasalahannya. ALLAH sendiri sudah membedakan antara kedua istilah itu. Bandingkan aja Ayat 3/59 dengan Ayat 32/7
pada Ayat 3/59 ........ Adam ciciptakan dari turaab (SARI TANAH).
pada Ayat 32/7 ........ manusia pertama diciptakan dari thiin (BATUAN TANAH)
bahannya udah beda .......... tentunya bukan Adam yang diciptakan pada Ayat 32/7 ?
Aku bukan menolak bahasa Alquran ...... yang aku tolak adalah terjemah dari thiin dan turaab diartikan sebagai tanah.
lha itulah...anda menolak terjemahan thiin dan turaab yg samah2 diartikan sbg TANAH menurut basa arab.sedangkan THIN,dalam basa arab adalah tanah yg bersifat kering.sedangkan TURAAB adalah tanah yg bercampur air.
sederhananyah=
thin,sesuatu yg gak basah
turaab,sesuatu yg kering

Jagona wrote:Ma'af wa ..... menurut Ayat 11/49 bahwa ALLAH tidak pernah menceritakan tentang kabar ghaib (diantaranya penciptaan Adam) baik di Tawret maupun Injil, kecuali dalam Alquran. namun tiba-tiba dalam Genesis ada cerita penciptaan Adam ......... dari mana dapatnya ... itu masalahnya wa ........... wa abu paham kan ?
genesis dari mana dapat kisah penciptaan adam?kalow itu bukan disini kita membahasnyah.

okeh lah wa, ini aku pending dulu ........... aku ingin nanya satu hal ..... aku berharap wa abu tidak berkeberatan untuk menjawabnya.

Dari apa ALLAH menciptakan manusia yang sekarang ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by abu hanan on Mon Jul 02, 2012 4:35 pm

jagona wrote:Dari apa ALLAH menciptakan manusia yang sekarang ?
Ath thariq uda mencakup keseluruhan fisik manusia,dari unsur maupun senyawah.



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7127
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by hamba tuhan on Mon Jul 02, 2012 9:32 pm

Jagona wrote:
hamba tuhan wrote:sumbang dikit deh tentang nafsin wahidah deh.... biar rame....

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kalian (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) "badan yang satu" ("nafsin wahidah") saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.(QS. Luqman /31:28)


Ini aku tampilkan terjemah dari depagri ;

Ayat 31/28 : Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.

Ini dari YPMI ;

Ayat 31/28 : Tidaklah penciptaanmu dan tidak (pula) pembangkitanmu (dari dalam kubur) kecuali seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa. Sesungguhnya ALLAH Maha Melihat.

Kelihatannya ada perbedaan .... khususnya dalam mengartikan "kanafsin" ..... masing-masing menerjemahkan dengan : badan yang satu ...... satu jiwa.
Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ? ........... ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"

kang jagona... jgn dipotong donk, neh saya copas yg bener ya.... كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ = KANAFSIN WAHIDAH bukan KANAFSIN....

jagona : Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ?
HT : buat renungan anda.... Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat, kita manusia dari adam dll dibangkitkan kelak dari kubur adalah jasad/ tubuh....

jagona : ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"
HT : kurang tepat menurut anda.. karna akan menolak pemahaman anda selama ini.... wassalam

hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Total Like dan Thanks: 17
Male
Posts: 1665
Location: Aceh - Pekanbaru
Join date: 2011-10-07

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Tue Jul 03, 2012 5:06 pm

abu hanan wrote:
jagona wrote:Dari apa ALLAH menciptakan manusia yang sekarang ?
Ath thariq uda mencakup keseluruhan fisik manusia,dari unsur maupun senyawah.

Wa ... itu tahap lanjutan dari penciptaan manusia ....... awalnya bagaimana ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Tue Jul 03, 2012 5:15 pm

hamba tuhan wrote:
Jagona wrote:
hamba tuhan wrote:sumbang dikit deh tentang nafsin wahidah deh.... biar rame....

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kalian (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) "badan yang satu" ("nafsin wahidah") saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.(QS. Luqman /31:28)


Ini aku tampilkan terjemah dari depagri ;

Ayat 31/28 : Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.

Ini dari YPMI ;

Ayat 31/28 : Tidaklah penciptaanmu dan tidak (pula) pembangkitanmu (dari dalam kubur) kecuali seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa. Sesungguhnya ALLAH Maha Melihat.

Kelihatannya ada perbedaan .... khususnya dalam mengartikan "kanafsin" ..... masing-masing menerjemahkan dengan : badan yang satu ...... satu jiwa.
Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ? ........... ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"

kang jagona... jgn dipotong donk, neh saya copas yg bener ya.... كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ = KANAFSIN WAHIDAH bukan KANAFSIN....

jagona : Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ?
HT : buat renungan anda.... Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat, kita manusia dari adam dll dibangkitkan kelak dari kubur adalah jasad/ tubuh....

jagona : ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"
HT : kurang tepat menurut anda.. karna akan menolak pemahaman anda selama ini.... wassalam

Lagi-lagi anda keliru ..... kita dibangkitkan kelak (bangkit dari kematian = gamaratul maut) dari kubur adalah "jasad dengan jiwa/kesadaran" yang utuh.

menurut anda ; Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat ... benarkah ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by abu hanan on Tue Jul 03, 2012 5:19 pm

Jagona wrote:
abu hanan wrote:
jagona wrote:Dari apa ALLAH menciptakan manusia yang sekarang ?
Ath thariq uda mencakup keseluruhan fisik manusia,dari unsur maupun senyawah.

Wa ... itu tahap lanjutan dari penciptaan manusia ....... awalnya bagaimana ?
lho pertanyaan anda kan Dari apa ALLAH menciptakan manusia yang sekarang ?
itu artinyah kan anak cucu nabi adam???dan proses emang di ath thariq...



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7127
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by hamba tuhan on Tue Jul 03, 2012 10:54 pm

Jagona wrote:
hamba tuhan wrote:
Jagona wrote:
hamba tuhan wrote:sumbang dikit deh tentang nafsin wahidah deh.... biar rame....

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kalian (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) "badan yang satu" ("nafsin wahidah") saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.(QS. Luqman /31:28)


Ini aku tampilkan terjemah dari depagri ;

Ayat 31/28 : Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.

Ini dari YPMI ;

Ayat 31/28 : Tidaklah penciptaanmu dan tidak (pula) pembangkitanmu (dari dalam kubur) kecuali seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa. Sesungguhnya ALLAH Maha Melihat.

Kelihatannya ada perbedaan .... khususnya dalam mengartikan "kanafsin" ..... masing-masing menerjemahkan dengan : badan yang satu ...... satu jiwa.
Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ? ........... ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"

kang jagona... jgn dipotong donk, neh saya copas yg bener ya.... كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ = KANAFSIN WAHIDAH bukan KANAFSIN....

jagona : Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ?
HT : buat renungan anda.... Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat, kita manusia dari adam dll dibangkitkan kelak dari kubur adalah jasad/ tubuh....

jagona : ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"
HT : kurang tepat menurut anda.. karna akan menolak pemahaman anda selama ini.... wassalam

Lagi-lagi anda keliru ..... kita dibangkitkan kelak (bangkit dari kematian = gamaratul maut) dari kubur adalah "jasad dengan jiwa/kesadaran" yang utuh.

menurut anda ; Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat ... benarkah ?

bukan keliru... kang jagona gak bs mencernanya Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat .... makanya kita dibangkitkan dari dalm kubur kelak termasuk adam dan hawa adalah tubuh/ jasad, didalam tubuh yg dibangkitkan tsb ada jiwa.... lol

hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Total Like dan Thanks: 17
Male
Posts: 1665
Location: Aceh - Pekanbaru
Join date: 2011-10-07

Back to top Go down

Re: JAGONA :Adam Dilahirkan

Post by Jagona on Wed Jul 04, 2012 4:20 pm

hamba tuhan wrote:
Jagona wrote:
hamba tuhan wrote:
Jagona wrote:
hamba tuhan wrote:sumbang dikit deh tentang nafsin wahidah deh.... biar rame....

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kalian (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) "badan yang satu" ("nafsin wahidah") saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.(QS. Luqman /31:28)


Ini aku tampilkan terjemah dari depagri ;

Ayat 31/28 : Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (membuat dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.

Ini dari YPMI ;

Ayat 31/28 : Tidaklah penciptaanmu dan tidak (pula) pembangkitanmu (dari dalam kubur) kecuali seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa. Sesungguhnya ALLAH Maha Melihat.

Kelihatannya ada perbedaan .... khususnya dalam mengartikan "kanafsin" ..... masing-masing menerjemahkan dengan : badan yang satu ...... satu jiwa.
Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ? ........... ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"

kang jagona... jgn dipotong donk, neh saya copas yg bener ya.... كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ = KANAFSIN WAHIDAH bukan KANAFSIN....

jagona : Apakah sama "badan yang satu" dengan satu jiwa ?
HT : buat renungan anda.... Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat, kita manusia dari adam dll dibangkitkan kelak dari kubur adalah jasad/ tubuh....

jagona : ma'af anda kurang tepat mengartikan "nafsin wahidah"
HT : kurang tepat menurut anda.. karna akan menolak pemahaman anda selama ini.... wassalam

Lagi-lagi anda keliru ..... kita dibangkitkan kelak (bangkit dari kematian = gamaratul maut) dari kubur adalah "jasad dengan jiwa/kesadaran" yang utuh.

menurut anda ; Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat ... benarkah ?

bukan keliru... kang jagona gak bs mencernanya Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat .... makanya kita dibangkitkan dari dalm kubur kelak termasuk adam dan hawa adalah tubuh/ jasad, didalam tubuh yg dibangkitkan tsb ada jiwa.... lol

Ohhh begitu ... yang aku tahu "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" ...... beda dikit tapi berarti .......... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 18
Male
Age: 67
Posts: 3964
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Page 6 of 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum