FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Iblis menjadi Kambing Hitam

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by abu hanan on Wed May 23, 2012 3:20 pm

ada pendapat bahwa kejahatan dan penderitaan disebabkan oleh para iblis. Tetap, tak dapat diterangkan mengapa "maha-dewa pengasih" tidak dapat menyelamatkan orang-orang tak berdosa. Mengapa "maha-dewa pengasih" membiarkan penderitaan terjadi? Oleh karenanya, adanya penderitaan yang mengerikan dan tanpa tujuan itu merupakan bukti tidak adanya "maha-dewa maha-pengasih" tersebut. Sang Buddha bersabda:
Dengan mata, seseorang dapat melihat pandangan memilukan;
Mengapa "maha-dewa" itu tidak menciptakan secara baik?
Bila kekuatannya demikian tak terbatas, Mengapa tangannya begitu jarang memberkati,
Mengapa dia tidak memberi kebahagiaan semata?
Mengapa kejahatan, kebohongan dan ketidak-tahuan merajalela.
Mengapa memenangkan kepalsuan, sedangkan kebenaran dan keadilan gagal?.
Saya menganggap, "maha-dewa" adalah ketak-adilan. Yang membuat dunia yang diatur keliru.

(Jataka VI: 208)

Apakah pengetahuan pak SG begitu terbatas atau beliow juga mendapat pencerahan sosok iblis dari pihak laen?



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by setanalas on Thu Nov 22, 2012 10:02 pm

maksudnya gimana? nggak ngeh bro. anda memuat kutipan tri pitaka trus sama pertanyaannya kok nggak nyambung ya?

setanalas
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 6
Kepercayaan : Lain-lain
Location : jawa
Join date : 22.11.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by abu hanan on Thu Dec 06, 2012 3:48 pm

Mengapa "maha-dewa" itu tidak menciptakan secara baik?
Bila kekuatannya demikian tak terbatas, Mengapa tangannya begitu jarang memberkati,
Mengapa dia tidak memberi kebahagiaan semata?
nyambunglah....

sehingga pertanyaan sayah ;
Apakah pengetahuan pak SG begitu terbatas atau beliow juga mendapat pencerahan sosok iblis dari pihak laen?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by abu hanan on Sun Mar 31, 2013 4:18 pm

seppiii...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Penyaran on Fri May 10, 2013 10:40 am

@abu hanan wrote:seppiii...

ikut tak sundul ya bung hanan piss up

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by EbisuSensei on Fri May 10, 2013 10:54 am

Nyimak .. piss
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by SEGOROWEDI on Fri May 10, 2013 11:51 am


sekali-kali jadi penonton..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Wed May 15, 2013 1:15 pm

Dalam pandangan sy sbg umat yg perlu belajar banyak, akar-akar kejahatan yang diperbuat manusia adalah dosa (benci), lobha (tamak), dan moha (bodoh). Oleh karena dirinya bodoh, dy tidak dpt melihat sesungguhnya tidak ada "Aku", oleh karena adanya "Aku" yang harus dipuaskan terus menerus muncul keinginan untuk menepiskan yang tidak disukai, sekaligus ingin mencari yang disukai terus-menerus. Pernah mendengar inti ajaran Buddha adalah menggantungkan keselamatan pada diri sendiri? Berarti sumber kebatilan itu ada dalam diri sendiri pula.

Mengenai Mara yang identik dengan setan, bolehlah kita melihatnya sebagai katalisir, si penggoda. Kalau kata "maha dewa" di atas diganti Tuhan, saya kira itu tepat menggambarkan pemikirian umat Buddha mengenai Tuhan. Oleh karena Tuhan ialah pencipta, mengapa ia tidak memberikan yang hal yang baik pada ciptaannya...mengapa yang satu terlahir cantik/tampan, yang lain terlahir cacat? Kalau ia berencana menciptakan kebobrokan harus ada mendampingi kebaikan, maka ia seharusnya bertanggung jawab pada kebobrokan yang terjadi di dunia.

Demikian menurut pandangan saya yang terbatas... piss
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by abu hanan on Sun May 19, 2013 10:39 am

sis emil..
kalow tuhan menciptakan manusia dengan persamaan 100 persen justru menunjukkan kekurangan tuhan..semua manusia cantik dan kaya..
darimana kekayaan itu diperoleh?kalow semua manusia kaya maka "kaya" itu gak ada artinyah..tuhan ciptakan manusia dalam berbagai tingkat dan banyak perbedaan agar terjadi apa yang selama ini kita bilang "kehidupan berputar"..

kalow semua manusia dilahirkan buta lha apa bisa dibayangkan seperti apa yang namanya kehidupan?

mengafa tuhan tidak memberi yang terbaik bagi manusia?
lha ini tergantung dari sisi anda mengamati..islam mengajarkan apa yang ada dalam diri manusia itulah pemberian terbaik tuhan baginya..
bila ada manusia yang cenderung berbuat jahat yah balik lagi ke "standar" mengafa dia disebut penjahat?
islam memiliki aturan tentang batasan tubuh,aurat..sedangkan di pedalaman malah aurat terbuka..wanita gak pake bra..mereka bilang biasa dan gak masalah,tetapi islam bilang itu gak baik dan bermasalah..
kaum nudis akan mendapat masalah bila mereka masuk ke pedalaman yang cuman nutup aurat vital..kasus per kasus akan lebih mudah dipahami daripada hantam kromo..

semilyar jiwa berarti ada semilyar keinginan..berbeda dengan semilyar ertiga atow xenia..
mesti dibuka dulu pake kata kunci "manusia bukan robot"


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Mon May 20, 2013 6:50 pm

Dari sini ada perbedaan pendapat mengenai Derita...silakan renungkan dulu dalam2, spt pencarian ke dalam batin, yg dilakukan Siddharta Gautama. Maka tak bisa dielakkan lagi "Segala sesuatu yg terkondisi itu tidak kekal, dan adalah derita"

Dan apa yg terbaik dari seorang manusia, saya setuju itu ada dalam diri paling dalam dr setiap org. Dalam pandangan Buddhis, inilah kesempatan atau potensi seseorang utk mengakhiri dukkhanya...karena klo jd hewan, psti ga bisa mengolah diri, terlahir di alam dewa pun kesulitan praktik kebaikan, karena makhluk di sana rata2 sudah sempurna...Dan ini diungkapkan Buddha sebagai keuntungan menjadi manusia. Sy paham klo di ajaran agama lain menentang konsep reinkarnasi, tp ini sy utarakan aja. :)

Mengapa seseorang jd penjahat? Kalau mw mencari jawabannya ga bisa digeneralisasi dari contoh "perkosaan", sesungguhnya pun pemerkosaan itu , kita harus mengakui, terjadi oleh tindakan si pemerkosa, karena tidak mampu menahan nafsunya, tidak dapat mempertahankan akal sehat dan budi luhurnya, dengan kata lain batinnya bodoh dan tamak! Dylah yg berbuat, dylah yg bertanggungjawab, maka Sang Buddha berkata: yang dapat melindungi dan menghancurkan engkau adalah dirimu sendiri. No one can, no one may, and no one should protect yourself.

Kalau mw disalahkan si wanita ya mungkin ada, kenapa dy pakai pakaian seronok...tp yg membuat "pemerkosaan" itu terlaksana adalah pelaku, yg tdk dapat mengolah batinnya, tergoda Mara...orang yg bijaksana, dan tidak melekat lagi (terlepas dari lobha, dosa, moha) tidak akan terjerat melakukan kejahatan..

Dan kalau kita menganalisis dari kejahatan jenis lain, makin jelaslah apa yang saya sampaikan ini. Bahwa pertanggungjawaban apa yang buruk, dan apa yang baik, terjadi pada kita, adalah semata-mata keputusan kita, bukan campur tangan pihak lain.
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Penyaran on Mon May 20, 2013 7:19 pm

tadi pas sama gw si Emiliana sok ngamuk2an, giliran sama bung hanan sok2an baek. TKP

jgn2 si Emiliana takut ngamuk2 didepan bung hanan soalnya cuman takut dibanned TKP

apa gw kudu berstatus Admin kek bung hanan aje ye biar tuh si Emiliana baekan TKP

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Tue May 21, 2013 1:38 pm

Nih org maunya apa sih? Kan udah sy blg, sy bkn org penggenarilisir dendam spt kamu...klo satu muslim kyk kamu, apakah hrs saya samakan semua muslim demikian?

Bung Abu Hanan sudah memperlihatakan kemampuan diskusi cerdasnya dengan tenang, ga ngajak adu jotos sama aku, beda ama sampeyan...
Tanyakan lho pada dirimu sendiri, knp aku ngamuk? Km berbuat apa ama aku? Gak perlu aku jwb...krn si pembuat sendiri lah yg plg tau...

Ok, segala sesuatu yg diperbuat ada konsekuensinya...dr ocehanmu yg mencoreng namaku, jujur aku ga bisa memperlakukanmu dgn rasa hormat dan menghargai lagi, kalau kamu jadi admin...ywd kita lihat deh seberapa lama km bs bertahan
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Penyaran on Tue May 21, 2013 3:22 pm

oh ya gak papa sana baekin bung hanan, ntar ati2 lho sama bung hanan piss

dia sendiri aja udah pernah tuh ngalahin si PK, si ramayana, sama si mang kok yg sampe minta forum ini ditutup piss

sama gw aja bentaran dah kalah, gimana ntar sama bung hanan ya TKP

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Tue May 21, 2013 3:27 pm

Kalah dari Hongkong? Tp klo tangkasan kata2 cerdasku yg udah mereda emosinya kau anggap aku kalah, yo weisss...coba tanyakan pd pihak netral, yg ga kenal aku, yg ga kenal kw....siapa yg menurut mereka menang dlm pencemaran nama baik yg kau perbuat pdku?


Terakhir diubah oleh Emiliana tanggal Tue May 21, 2013 3:38 pm, total 1 kali diubah
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Penyaran on Tue May 21, 2013 3:36 pm

persis kek Andi Cactusa, biar dinyatakan argumennya benar, dibilang suruh cari dukungan dulu ketawa guling ketawa guling ketawa guling

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Tue May 21, 2013 3:41 pm

Kan kalau aku yg menilai itu ga fair, klo yg kw menilai jg ga fair...dan dukungan itu ga bisa disebut dukungan buatku, karena mereka bkn org2 yg kenal aku...tp mereka adalah pendukung Kebenaran
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Tue May 21, 2013 3:54 pm

Waduh...Bung Hanan Anda disama2kan dengan Penyaran oleh Penyaran, yg hobinya "ngalahin" org...pdhal tujuan kt ke forum ini adalah utk diskusi, klarifikasi, dan konfirmasi, dsb, bukan utk bertanding, benar bukan? Klo pd akhirnya ga ada kesimpulan yg disepakati kedua belah pihak, kan sudah sewajar2nya masing mundur di depan garis keyakinan masing2, dan ga harus sampai maksa bilang "Ya, aku akui salah.."

Kalau tujuannya buat "ngalahin" org, sdh salah sy masuk forum ini sejak awal, salah pula Bung Hanan membuatkan thread khusus kita berdua...

Tp sy kira ga demikian... :)
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Tue May 21, 2013 4:05 pm

Balik ke diskusi nih....emangnya siapa yg bilang manusia adalah robot, bung? Oleh karena manusia bukan robot, punya hati, makanya di ajaran2 agama manusia disuruh berbuat baik...dan Buddha pun mengakui adanya kekotoran2 batin seperti benci, tamak, dan bodoh pd diri setiap org (jd ia bisa tergoda Mara, larut akan nafsunya) >>>sampai sini udah kelihatan belum Buddha melihat manusia dengan flaw-nya jg?

Tapi bagai seorang tabib, Buddha bukan cuma memvonis penyakit tapi juga memberikan pengobatannya...Ia berkata setiap individu sudah ada benih untuk melepaskan derita, asal punya tekad dan keteguhan mengikis seluruh kekotoran batin tsb. Pertanyaan bagi orang2 awam, emang bisa bikin org ga bernafsu, yg g merasa senang saat menghadapi kebahagiaan sekaligus org yg g kecewa sama kemalangan? Bro....ga ada yg bilang jd Buddha itu gampang, kan Siddharta sendiri melatih itu semua dalam berulang2 kali kelahiranNya. Yg jelas, kalau Siddharta bisa, semua org juga bisa. Ini keyakinan Siddharta sendiri utk berbagi Pencerahan yg didapatkannya, dan keyakinan umat Buddha.
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by EbisuSensei on Tue May 21, 2013 7:50 pm

@Emiliana wrote:...."Segala sesuatu yg terkondisi itu tidak kekal, dan adalah derita"....
Bisa dijelaskan lagi ?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Penyaran on Wed May 22, 2013 10:58 am

mana nieh si Emiliana, kemaren dari pagi sampe larut malem online terus dimari. sekarang malah gak nongol. TKP

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Wed May 22, 2013 4:15 pm

Ok, bung ebi...untuk menjelaskan "dukkha" (nama populernya "derita") itu gampang2 susah...Untuk itu kt convert dulu di pikiran kita "derita"="dukkha", jd hilangkan dulu segala kata "derita" di benak kt...

Lalu kita masuk ke kalimat ini "Sabbe Sankhara Anicca"
Artinya segala sesuatu yang terkondisi tidaklah kekal
(coba perlihatkan kalau ada suatu benda, suatu makhluk hidup yg abadi, tak akan pernah mati...secara matahari aja diramalkan akan berhenti menyinari bumi)

Lalu pernyataan "Sabbe Sankhara Dukkha"
Artinya segala sesuatu yang terkondisi menimbulkan dukkha.

Dari kedua pernyataan di atas, didapatilah dukkha= ketidakkekalan, oleh sebab a=b, dan a=c, jadi ketiga2nya adalah ekivalen, setuju?

Jadi dukkha adalah ketidakkekalan, ketidakabadian, perubahan2...siapa yg suka dengan perubahan? Ketika kita jadi miskin tiba2, emang kelihatan jelas kt tdk senang dgn perubahan, ketika sanak famili meninggal, jg tdk bahagia dgn perubahan...Tp yg kt tdk sadari, kt jg tidak bahagia saat kita jadi orang kaya mendadak (perubahan itu seolah nampak menyenangkan buat kita), namun di awal2 kt jd org kaya kt merasa stres beradaptasi jd org kaya, seiring perjalanan wkt kt sibuk memikirkan strategi spy kekayaan kita bertambah, setidaknya dpt bertahan>>>dari sini dia sudah mengantisipasi perubahan...
Ketidakpuasan hadir di setiap relung yg tidak kekal, dan inilah dukkha. Dan dewasa ini dukkha sering diterjemahkan menjadi derita (termasuk saya pd awalnya), untuk memudahkan komunikasi.
Makanya sy bilang di thread satunya ("emiliana dan bung abu hanan"), ada org yg dalam kebahagiaannya sekalipun sebetulnya batinnya tidak tenang. Ini juga dukkha.

Ada 2 jenis org sy percaya, ketika ditanya apakah orang miskin menderita? Dan apakah orang kaya bahagia?
Teman2 yg punya cara pandang positif, dan ini sangat baik dan sangat saya hargai, menyatakan: si miskin belum tentu menderita sama seperti si kaya belum tentu bahagia.

Tipe org ke2 mengatakan: orang miskin sdh jelas menderita! (wong dia lapar bagaimana dy bs bahagia, kt seseorg yg sy kenal), tp sy setuju kalau org kaya belum tentu bahagia.
Dan orang ini adalah orang realistis, senafas dalam Buddhisme sy kira.

avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Majesty on Wed May 22, 2013 4:39 pm

@Emiliana wrote:
Jadi dukkha adalah ketidakkekalan, ketidakabadian, perubahan2...

...

Ketidakpuasan hadir di setiap relung yg tidak kekal, dan inilah dukkha. Dan dewasa ini dukkha sering diterjemahkan menjadi derita (termasuk saya pd awalnya), untuk memudahkan komunikasi.

...

Ada 2 jenis org sy percaya, ketika ditanya apakah orang miskin menderita? Dan apakah orang kaya bahagia?
Teman2 yg punya cara pandang positif, dan ini sangat baik dan sangat saya hargai, menyatakan: si miskin belum tentu menderita sama seperti si kaya belum tentu bahagia.

...

Tipe org ke2 mengatakan: orang miskin sdh jelas menderita! (wong dia lapar bagaimana dy bs bahagia, kt seseorg yg sy kenal), tp sy setuju kalau org kaya belum tentu bahagia.

Jika penderitaan dikaitkan dengan waktu (kekal dan tidak kekal), maka penderitaan bisa menjadi sesuatu yg relatif.

Jadi dukkha adalah ketidakkekalan, ketidakabadian, perubahan2 >>> ini hanya bisa terjadi pada kesenangan yg terhenti.

si miskin belum tentu menderita sama seperti si kaya belum tentu bahagia. >>> ini gue setuju
Gimana dengan : orang yg tertindas dari sejak lahir sampai mati? Orang miskin bisa aja tetap merasa bahagia, tapi orang yg tertindas sudah pasti menderita, apalagi tertindas dari sejak lahir sampai mati.
Misalnya orang yg terlahir sebagai budak, hidup dalam perbudakan, bahkan perbudakan sangat ekstrim (semua hak asasi HAM dicabut, namanya juga budak), persis seperti perbudakan ala islam (bahkan jika budak wanita boleh disetubuhi tanpa nikah, budak ala islam persis seperti properti) .... dan mati sebagai budak.
avatar
Majesty
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 202
Location : Dwelling in the Loving Arms of my LORD
Join date : 30.11.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Emiliana on Wed May 22, 2013 4:55 pm

Jika penderitaan dikaitkan dengan waktu (kekal dan tidak kekal), maka penderitaan bisa menjadi sesuatu yg relatif.
coba bung dikasih contoh ada sesuatu yg terkondisi (ada, keberadaan, yg memiliki saling kebergantungan) yg kekal?

Jadi dukkha adalah ketidakkekalan, ketidakabadian, perubahan2 >>> ini hanya bisa terjadi pada kesenangan yg terhenti.
Ok lanjut pertanyaan saya: adakah kesenangan yg tdk terhenti? Soalnya bs diblg sy udah lumayan "nyaman" dgn ajaran Buddha, sy krg bs lihat lg yg lain selain yg dibilang Buddha..tp dengan sy byk bertanya, sy sdh praktik ehipassiko (datang, lihat, dan buktikan sendiri ajaran Buddha)

si miskin belum tentu menderita sama seperti si kaya belum tentu bahagia. >>> ini gue setuju
klo Anda berpendapat seperti ini, sy hargai 100%, ini cara pandang yang positif bagi kita semua, tp tetap sy berpendirian 2 tipe org yg sy jelaskan di atas: yg positivis/optimis, dan yg realistis. Itu aja yah jwbannya :)
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Penyaran on Wed May 22, 2013 8:03 pm

si Emiliana sekarang gak lagi ngebales post gw. nangis ditanya kemaren kok onlinenya bisa dari pagi sampe malem gak lagi dijawab sama Emiliana. nangis

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Majesty on Wed May 22, 2013 8:31 pm

@Emiliana wrote:
Jika penderitaan dikaitkan dengan waktu (kekal dan tidak kekal), maka penderitaan bisa menjadi sesuatu yg relatif.
coba bung dikasih contoh ada sesuatu yg terkondisi (ada, keberadaan, yg memiliki saling kebergantungan) yg kekal?
relatif maksudnya penderitaan tidak selalu berarti penderitaan kalo dihubungkan dengan kekal atau tidak kekal
contoh : seperti yg kau sebutkan, sulaiman yg hidup senang terus bisa jadi bosan dan kebosanan adalah penderitaan >>> kekekalan dalam kesenangan bisa menjadi penderitaan

orang yg tertindas selama hidupnya karena terlahir sebagai budak dan mati sebagai budak, tidak pernah sebagai manusia merdeka >>> ini jelas kekekalan dalam penderitaan sudah pasti menderita

kekekalan dalam kesenangan bisa menjadi kebahagiaan bila tidak ada kebosanan,
berbeda istilah di setiap agama, mungkin mokhsa di hindu, nirwana di buddha, (CMIIW) sorga di kristen, dan syuurga di islam

kesenangan yg terhenti (tidak kekal) bisa berarti penderitaan karena yg "enak" itu berhenti atau malahan bisa menjadi kebahagiaan karena terhindar dari kebosanan dan beralih ke yg lain (ada variasi gitu)

The point is RELATIVITY piss

@Emiliana wrote:
Ok lanjut pertanyaan saya: adakah kesenangan yg tdk terhenti? Soalnya bs diblg sy udah lumayan "nyaman" dgn ajaran Buddha, sy krg bs lihat lg yg lain selain yg dibilang Buddha..tp dengan sy byk bertanya, sy sdh praktik ehipassiko (datang, lihat, dan buktikan sendiri ajaran Buddha)
Walaupun saya berbeda dengan anda, tapi untuk saat ini saja tidak mempermasalahkan karena disini buddha bukan target saya piss
avatar
Majesty
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 202
Location : Dwelling in the Loving Arms of my LORD
Join date : 30.11.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Iblis menjadi Kambing Hitam

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik