FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kenapa harus hari minggu..

Halaman 1 dari 14 1, 2, 3 ... 7 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sat Jun 02, 2012 11:45 am

Kenapa umat Kristen beribadah di hari minggu..


bukankah tuhan memuliakan hari sabath?


apakah hari sabath itu adalah hari minggu ?


adakah yesus berkata “beribadahlah di hari minggu”?


lalu bagaimana awal mulanya Kristen beribadah di hari
minggu?


Silahkan kristener kasih pencerahan bwt ane...sapa tau ane bisa murtad gara2 penjelasan soddara soddara kristener sekalian
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sun Jun 03, 2012 4:45 pm

asongan ane kagak laku nih... nangis
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sun Jun 03, 2012 4:56 pm

oke deh ane kasih umpan..
berikut dalil dalil alkitab yang menyatakan untuk mengkuduskan hari sabat..


Ulangan 5:12-14
12 Tetaplah ingat dan kuduskanlah hari Sabat, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
13 Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
14 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau lembumu, atau keledaimu, atau hewanmu yang manapun, atau orang asing yang di tempat kediamanmu, supaya hambamu laki-laki dan hambamu perempuan berhenti seperti engkau juga.

Lalu atas dasar apa kristener beribadah di hari minggu?

Adakah ayat di perjanjian baru yang menyatakan untuk beribadah di hari minggu?

Atau memang gereja menganggap bahwa hari sabat itu hari minggu?dasarnya apa?

avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Tue Jun 05, 2012 7:51 am

mumpung kristener ol neh...

tidak adakah kristener pinter yg bisa menjelaskan....?????


Terakhir diubah oleh satria bergitar tanggal Sat Sep 22, 2012 5:21 pm, total 1 kali diubah
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Thu Jun 07, 2012 9:46 am

mumpung kristener ol neh...

tidak adakah kristener pinter yg bisa menjelaskan....?????


Terakhir diubah oleh satria bergitar tanggal Sat Sep 22, 2012 5:22 pm, total 1 kali diubah
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by armyman on Thu Jun 07, 2012 9:55 am

Hari Sabat diberikan kepada Israel, bukan kepada gereja ..ngerti kan?

Hari Sabat tetap adalah hari Sabtu, bukan hari Minggu dan tidak pernah diubah.
nice info

Namun Sabat adalah bagian dari Hukum Taurat Perjanjian Lama, dan orang-orang Kristen bebas dari belenggu Hukum Taurat (Galatia 4:1-26; Roma 6:14)

avatar
armyman
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 143
Kepercayaan : Protestan
Join date : 22.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Thu Jun 07, 2012 10:09 am

@armyman wrote:Hari Sabat diberikan kepada Israel, bukan kepada gereja ..ngerti kan?

Hari Sabat tetap adalah hari Sabtu, bukan hari Minggu dan tidak pernah diubah.


Namun Sabat adalah bagian dari Hukum Taurat Perjanjian Lama, dan orang-orang Kristen bebas dari belenggu Hukum Taurat (Galatia 4:1-26; Roma 6:14)


lalu apa dasarnya kristen beribadah di hari minggu??
adakah yesus mengajarkan untuk beribadah di hari minggu??
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by armyman on Thu Jun 07, 2012 10:13 am

@satria bergitar wrote:
@armyman wrote:Hari Sabat diberikan kepada Israel, bukan kepada gereja ..ngerti kan?

Hari Sabat tetap adalah hari Sabtu, bukan hari Minggu dan tidak pernah diubah.


Namun Sabat adalah bagian dari Hukum Taurat Perjanjian Lama, dan orang-orang Kristen bebas dari belenggu Hukum Taurat (Galatia 4:1-26; Roma 6:14)


lalu apa dasarnya kristen beribadah di hari minggu??
adakah yesus mengajarkan untuk beribadah di hari minggu??
mau senin, selasa, rabu..kapan aja boleh

muslim2 ini aneh,
kau pikir ada wajib2an segala seperti kau jedotin kepala 5x??

:cekik:
avatar
armyman
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 143
Kepercayaan : Protestan
Join date : 22.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by Jagona on Thu Jun 07, 2012 10:21 am

@satria bergitar wrote:Kenapa umat Kristen beribadah di hari minggu..


bukankah tuhan memuliakan hari sabath?


apakah hari sabath itu adalah hari minggu ?


adakah yesus berkata “beribadahlah di hari minggu”?


lalu bagaimana awal mulanya Kristen beribadah di hari
minggu?


Silahkan kristener kasih pencerahan bwt ane...sapa tau ane bisa murtad gara2 penjelasan soddara soddara kristener sekalian

Bukahkah Sabath atau Sabti artinya istirahat ? bukan menunjukan hari Sabtu

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Thu Jun 07, 2012 10:28 am

@armyman wrote:
@satria bergitar wrote:
@armyman wrote:Hari Sabat diberikan kepada Israel, bukan kepada gereja ..ngerti kan?

Hari Sabat tetap adalah hari Sabtu, bukan hari Minggu dan tidak pernah diubah.


Namun Sabat adalah bagian dari Hukum Taurat Perjanjian Lama, dan orang-orang Kristen bebas dari belenggu Hukum Taurat (Galatia 4:1-26; Roma 6:14)


lalu apa dasarnya kristen beribadah di hari minggu??
adakah yesus mengajarkan untuk beribadah di hari minggu??
mau senin, selasa, rabu..kapan aja boleh

muslim2 ini aneh,
kau pikir ada wajib2an segala seperti kau jedotin kepala 5x??


hehe khas kristen jurus ngelesnya keluar...

lalu klo semua hari sama saja kenapa di bibel tuhan memilih hari sabat untuk istirahat...
begitu dikultuskannya hari sabat sehingga tidak boleh ada aktifitas di hari sabat...

20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari
Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau
atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki,
atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat
kediamanmu.


20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN
menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada
hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan
menguduskannya.


sekali lg ane mo nanya dasarnya kristen sepakat beribadah dihari minggu tuh apa?? firman tuhan??roh kudis ato apa??
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by armyman on Thu Jun 07, 2012 10:29 am

@jagona
Bukahkah Sabath atau Sabti artinya istirahat ? bukan menunjukan hari Sabtu
slimer lain bikin lawakan lagi.
ketawa guling
berhentinya Allah bekerja pada hari ke tujuh (Kejadian 2:3) memberi pertanda untuk hukum mengenai Sabat di kemudian hari.

Kl sabbath artinya istirahat, apa iya makna hari ke tujuhnya Ilang?

Lempengkan dulu kepala mu, wudhu dulu biar seger!

ketawa guling
avatar
armyman
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 143
Kepercayaan : Protestan
Join date : 22.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by Jagona on Thu Jun 07, 2012 10:46 am

@satria bergitar wrote:
@armyman wrote:Hari Sabat diberikan kepada Israel, bukan kepada gereja ..ngerti kan?

Hari Sabat tetap adalah hari Sabtu, bukan hari Minggu dan tidak pernah diubah.


Namun Sabat adalah bagian dari Hukum Taurat Perjanjian Lama, dan orang-orang Kristen bebas dari belenggu Hukum Taurat (Galatia 4:1-26; Roma 6:14)


lalu apa dasarnya kristen beribadah di hari minggu??
adakah yesus mengajarkan untuk beribadah di hari minggu??

menurut cerita dari gunung .... bahwa bani Israil kan ada yang Yahudi dan ada yang Nasrani ....... yahudi sudah menetapkan bahwa 'hari sabtu' merupakan hari suci mereka yang digunakan untuk beribadah ........ lantas nasrani juga tidak mau ketinggalan .... mereka tetapkan 'hari minggu' sebagai hari sucinya untuk beribadah ........ eeeehhhhh muslim juga gak mau kalah ....... ditetapkannya 'hari jum'at' untuk segala keperluan (jarah, baca yasin, sunah rosul dlllllll)

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Thu Jun 07, 2012 10:49 am

@Jagona wrote:
@satria bergitar wrote:Kenapa umat Kristen beribadah di hari minggu..


bukankah tuhan memuliakan hari sabath?


apakah hari sabath itu adalah hari minggu ?


adakah yesus berkata “beribadahlah di hari minggu”?


lalu bagaimana awal mulanya Kristen beribadah di hari
minggu?


Silahkan kristener kasih pencerahan bwt ane...sapa tau ane bisa murtad gara2 penjelasan soddara soddara kristener sekalian

Bukahkah Sabath atau Sabti artinya istirahat ? bukan menunjukan hari Sabtu

lalu menurut anda hari sabath itu jatuh hari apa?

memang dibibel sendiri tidak dijelaskan hari sabath itu jatuh pada hari sabtu sistem penanggalan modern..

20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari
Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau
atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki,
atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat
kediamanmu.


diayat tersebut dijelaskan bahwa hari sabath adalah hari ketujuh..

dan yang menjadi hari pertama menurut alkitab adalah hari minggu sesuai ayat berikut ini..

Markus 16:9
Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia
mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya
Yesus pernah mengusir tujuh setan.


Lukas 24:1
tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.


Yoh 20:1
Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap,
pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah
diambil dari kubur.


Yohanes 20:19
Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah
murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci
karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah
Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera
bagi kamu!”

@ JAGONNA
kembali lagi,,menurut nte hari sabath itu jatuh hari apa dlm sistem penaggalan modern???
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Thu Jun 07, 2012 10:53 am

menurut cerita dari gunung .... bahwa bani Israil kan ada yang Yahudi
dan ada yang Nasrani ....... yahudi sudah menetapkan bahwa 'hari sabtu'
merupakan hari suci mereka yang digunakan untuk beribadah ........
lantas nasrani juga tidak mau ketinggalan .... mereka tetapkan 'hari
minggu' sebagai hari sucinya untuk beribadah ........ eeeehhhhh muslim
juga gak mau kalah ....... ditetapkannya 'hari jum'at' untuk segala
keperluan (jarah, baca yasin, sunah rosul dlllllll)

jadi menurut nte muslim mengutamakan hari jum'at karena cerita gunung gitu??
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Fri Jun 08, 2012 11:02 am

avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sat Jun 09, 2012 1:25 pm

silahkan saya undang khususon kepada segorowedi sang pembela ajaran paulus...
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 09, 2012 1:30 pm

@satria bergitar wrote:silahkan saya undang khususon kepada segorowedi sang pembela ajaran paulus...

saya mah sederhana:
TIDAK HARUS HARI MINGGU atau TIDAK HARUS HARI SABTU atau TIDAK HARUS HARI TERTENTU
sebab tidak ada perintah beribadah kepada-Nya harus hari ini atau hari itu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by putramentari on Sat Jun 09, 2012 1:43 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@satria bergitar wrote:silahkan saya undang khususon kepada segorowedi sang pembela ajaran paulus...

saya mah sederhana:
TIDAK HARUS HARI MINGGU atau TIDAK HARUS HARI SABTU atau TIDAK HARUS HARI TERTENTU
sebab tidak ada perintah beribadah kepada-Nya harus hari ini atau hari itu

Waduh tambah parah :
Exo 20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
Deu 12:32 Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.
nangis nangis
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 09, 2012 2:00 pm

@putramentari wrote:Waduh tambah parah :
Exo 20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
Deu 12:32 Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.

nangis nangis

perintahnya kan jelas: mengkuduskan hari sabat!
bukan beribadahlah pada hari sabat

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by putramentari on Sat Jun 09, 2012 2:46 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:Waduh tambah parah :
Exo 20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
Deu 12:32 Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.

nangis nangis

perintahnya kan jelas: mengkuduskan hari sabat!
bukan beribadahlah pada hari sabat

Emang ente kengkuduskan hari sabath dengan cara ape, yesus ajah beribadah hari sabath, ente ikut siape Nak ketiwi
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 09, 2012 5:23 pm

@putramentari wrote:
Emang ente kengkuduskan hari sabath dengan cara ape, yesus ajah beribadah hari sabath, ente ikut siape Nak ketiwi

waduhh baru denger: Yesus beribadah?
hari sabat pulak..

bisa mualap nih gue..
jangan kasih saya buktinya ya, ntar saya ndak mualap

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Kenapa harus hari Minggu

Post by barabasmurtad on Sat Jun 09, 2012 6:12 pm

@satria bergitar wrote:Kenapa umat Kristen beribadah di hari minggu..


bukankah tuhan memuliakan hari sabath?


apakah hari sabath itu adalah hari minggu ?


adakah yesus berkata “beribadahlah di hari minggu”?


lalu bagaimana awal mulanya Kristen beribadah di hari
minggu?


Silahkan kristener kasih pencerahan bwt ane...sapa tau ane bisa murtad gara2 penjelasan soddara soddara kristener sekalian

Itu adalah kebiasaan orang Yahudi untuk datang bersama-sama pada hari Sabat, yaitu hari Sabtu, berhenti kerja, dan menyembah Allah. Yesus pergi ke rumah ibadat pada hari Sabtu untuk mengajar (Mat. 12:9, Yohanes 18:20) seperti yang dilakukan rasul Paulus (Kisah Para Rasul 17:2; 18:04;). Jadi, jika dalam Perjanjian Lama kita diperintahkan untuk memelihara hari Sabat dan dalam Perjanjian Baru kita melihat orang-orang Yahudi, Yesus, dan rasul-rasul melakukan hal yang sama, maka mengapa kita beribadah pada hari Minggu?

Pertama-tama, dari 10 perintah yang tercantum dalam Keluaran 20:1-17, hanya 9 dari mereka dihidupkan kembali dalam Perjanjian Baru:. (Enam dalam Mat 19:18, pembunuhan, perzinahan, pencurian, saksi dusta, orang tua kehormatan, dan menyembah Allah.. Rom 13:09, mengingini Memuja Tuhan benar telah mencakup ketiga perintah pertama) Salah satu yang tidak ditegaskan kembali adalah yang mengenai hari Sabat. Sebaliknya, Yesus berkata bahwa Dia adalah Tuhan atas hari Sabat (Matius 12:8).

Setelah penyelesaian Penciptaan Tuhan beristirahat ... pada hari ketujuh. Tapi, karena Tuhan adalah Maha Kuasa, Dia tidak mendapatkan lelah. Dia tidak perlu mengambil istirahat dan istirahat. Jadi, mengapa tidak mengatakan bahwa Ia beristirahat? Alasannya sederhana: Markus 2:27 mengatakan, "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat." Dengan kata lain, Allah menetapkan Sabat sebagai hari istirahat bagi umat-Nya, bukan karena Ia butuh istirahat, tapi karena kita akan mati dan membutuhkan waktu istirahat, waktu untuk fokus pada Tuhan. Dalam hal ini, roh kita dan tubuh keduanya diperbaharui.

Sistem Perjanjian Lama Hukum menuntut pengkudusan hari Sabat sebagai bagian dari sistem, secara keseluruhan moral yang legal, dan korban yang dengannya orang-orang Yahudi berusaha memenuhi tuntutan Allah bagi perilaku, pemerintahan, dan pengampunan dosa. Hari Sabat adalah bagian dari Hukum dalam arti itu. Dalam rangka untuk "tetap" makin dikasihi oleh Allah, Anda harus juga memelihara hari Sabat. Jika tidak dipatuhi, maka orang tersebut berdosa dan akan dihukum (Yehezkiel 18:4; Rom 6:23;. Ul 13:1-9;. Bil 35:31;. Im 20:02, dll. .).

Tapi dengan Yesus penebusan, kita tidak lagi diperlukan untuk menjaga hukum. Kami tidak berada di bawah Hukum, tetapi kasih karunia (Roma 6:14-15). Hari Sabat telah terpenuhi dalam Yesus. Ia adalah istirahat kita. Kami tidak berkewajiban, dengan Undang-undang, untuk tetap dan ini berlaku untuk hari Sabat juga. Hal ini bukan keharusan bahwa kita memelihara hari Sabat. Kalau sudah, maka kita masih akan berada di bawah hukum Taurat. Tapi, kita tidak.

Bukti Perubahan Hari dapat Dilihat dalam PB

Perjanjian Baru memiliki banyak bukti bahwa hari ketujuh hari Sabat tidak lagi suatu kebutuhan.

Rom. 14:5-6, "Satu orang menganggap suatu hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja Biarkan setiap orang sepenuhnya yakin dalam pikirannya sendiri.. 6 Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan, dan dia yang makan, melakukannya untuk Tuhan, sebab ia mengucap syukur kepada Allah, dan ia yang makan tidak, karena Tuhan dia tidak makan, dan mengucap syukur kepada Allah ".
Seluruh bagian dari Roma. 14:1-12 adalah studi yang cermat layak. Namun demikian, petunjuk di sini adalah bahwa orang harus yakin dalam pikiran mereka sendiri tentang yang hari mereka mengamati untuk Tuhan. Jika hari ketujuh hari Sabat adalah suatu kebutuhan, maka pilihan tidak akan manusia, melainkan Allah.

Kol 2:16-17, "Karena itu janganlah ada satu tindakan sebagai hakim Anda dalam hal makanan atau minuman atau sehubungan dengan festival atau bulan baru atau hari Sabat-17 hal yang merupakan bayangan belaka dari apa yang akan datang , tetapi wujudnya ialah Kristus ".
Perhatikan di sini bahwa urutan waktu disebutkan. Festival adalah tahunan. Sebuah bulan baru adalah bulanan. Sebuah Sabat adalah mingguan. Tidak ada yang menilai dalam hal ini. Hari Sabat didefinisikan sebagai bayangan, kenyataannya adalah Yesus. Yesus adalah Sabat.

Kisah Para Rasul 20:7, "Dan pada hari pertama minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah roti, Paulus berbicara dengan mereka, ia bermaksud untuk berangkat hari berikutnya, dan itu berlangsung sampai tengah malam."
Hari pertama dalam seminggu adalah hari Minggu dan ini adalah hari orang-orang berkumpul. Bagian ini dapat dengan mudah dilihat sebagai pertemuan gereja pada hari Minggu. Ini memiliki dua fungsi gereja penting di dalamnya: memecahkan roti (komuni) dan pesan (berkhotbah). Selain itu, Lukas tidak menggunakan sistem Yahudi menghitung hari: matahari terbenam ke matahari terbenam. Dia menggunakan sistem Romawi: tengah malam hingga tengah malam. Ini adalah titik halus yang menunjukkan sistem Sabat Yahudi bukan satu digunakan oleh Lukas.

1 Kor. 16:1-2, "Sekarang tentang koleksi untuk orang-orang kudus, seperti yang saya diarahkan gereja-gereja di Galatia, jadi jangan Anda juga 2 Pada hari pertama setiap minggu. Membiarkan kamu masing-masing menyisihkan dan menyimpan, karena ia mungkin makmur , bahwa tidak ada koleksi dibuat ketika saya datang. "
Perhatikan di sini bahwa Paulus mengarahkan gereja-gereja untuk bertemu pada hari pertama setiap minggu dan menaruh uang ke samping. Tampaknya ini adalah persepuluhan. Jadi, waktu diinstruksikan untuk gereja untuk bertemu hari Minggu. Apakah ini suatu hari ibadah resmi yang didirikan oleh gereja? Anda memutuskan.

Wahyu 1:10-11, "Aku dalam Roh pada hari Tuhan, dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala, 11 katanya:" Tulislah dalam buku apa yang Anda lihat, dan kirimkan ke ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia. "
Alkitab mengatakan tentang New Kamus istilah, 'Hari Tuhan' dalam Wahyu 1:10: "Ini adalah kejadian pertama yang masih ada dalam literatur Kristen τῇ κυριακῇ ἡμέρᾳ," ta kuriaka hamera "Pembangunan kata sifat menunjukkan bahwa itu adalah resmi. penunjukan hari ibadah gereja. Karena itu pasti muncul di awal abad ke-2 (Ignatius, Surat ke Magnesia, 1. 67).

Dalam banyak gereja saat ini, istilah "Hari Tuhan" digunakan untuk menunjuk Minggu, sama seperti di abad kedua.

Saya harap ini cukup bukti untuk menunjukkan bahwa Alkitab tidak mengharuskan kita menyembah pada hari Sabtu. Jika ada, kita memiliki kebebasan (Roma 14:1-12) untuk beribadah pada hari yang kami percaya kita harus. Dan, tidak ada yang harus menghakimi kita sehubungan dengan hari kita simpan. Kita bebas dalam Kristus, tidak di bawah hukum (Roma 6:14).

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 73
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by Jagona on Sat Jun 09, 2012 8:00 pm

@satria bergitar wrote:
@Jagona wrote:
@satria bergitar wrote:Kenapa umat Kristen beribadah di hari minggu..


bukankah tuhan memuliakan hari sabath?


apakah hari sabath itu adalah hari minggu ?


adakah yesus berkata “beribadahlah di hari minggu”?


lalu bagaimana awal mulanya Kristen beribadah di hari
minggu?


Silahkan kristener kasih pencerahan bwt ane...sapa tau ane bisa murtad gara2 penjelasan soddara soddara kristener sekalian

Bukahkah Sabath atau Sabti artinya istirahat ? bukan menunjukan hari Sabtu

lalu menurut anda hari sabath itu jatuh hari apa?

memang dibibel sendiri tidak dijelaskan hari sabath itu jatuh pada hari sabtu sistem penanggalan modern..

20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari
Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau
atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki,
atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat
kediamanmu.


diayat tersebut dijelaskan bahwa hari sabath adalah hari ketujuh..

dan yang menjadi hari pertama menurut alkitab adalah hari minggu sesuai ayat berikut ini..

Markus 16:9
Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia
mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya
Yesus pernah mengusir tujuh setan.


Lukas 24:1
tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.


Yoh 20:1
Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap,
pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah
diambil dari kubur.


Yohanes 20:19
Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah
murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci
karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah
Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera
bagi kamu!”

@ JAGONNA
kembali lagi,,menurut nte hari sabath itu jatuh hari apa dlm sistem penaggalan modern???

Tidak ada yang namanya hari sabath ....... Sabath bukan nama hari, sabath artinya 'istirahat', sebagaimana yang tercantum dalam Ayat 2/65 ;
Ayat 2/65 : Sesungguhnya kamu mengetahui orang-orang yang melanggar hukum dari kamu tentang istirahat (fissabti), lalu KAMI katakan pada mereka : "Jadilah monyet yang menyeringai".
Hal yang sama tercantum pada Ayat ; 4/47, 4/154, 7/163, 16/124.

kalau yang anda maksud hari ke tujuh yang tercantum dalam Genesis 2:2 istilahnya adalah SAB'U bukan sabath ataupun sabti

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sat Jun 09, 2012 8:43 pm

@Jagona wrote:
@satria bergitar wrote:
@Jagona wrote:
@satria bergitar wrote:Kenapa umat Kristen beribadah di hari minggu..


bukankah tuhan memuliakan hari sabath?


apakah hari sabath itu adalah hari minggu ?


adakah yesus berkata “beribadahlah di hari minggu”?


lalu bagaimana awal mulanya Kristen beribadah di hari
minggu?


Silahkan kristener kasih pencerahan bwt ane...sapa tau ane bisa murtad gara2 penjelasan soddara soddara kristener sekalian

Bukahkah Sabath atau Sabti artinya istirahat ? bukan menunjukan hari Sabtu

lalu menurut anda hari sabath itu jatuh hari apa?

memang dibibel sendiri tidak dijelaskan hari sabath itu jatuh pada hari sabtu sistem penanggalan modern..

20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari
Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau
atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki,
atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat
kediamanmu.


diayat tersebut dijelaskan bahwa hari sabath adalah hari ketujuh..

dan yang menjadi hari pertama menurut alkitab adalah hari minggu sesuai ayat berikut ini..

Markus 16:9
Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia
mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya
Yesus pernah mengusir tujuh setan.


Lukas 24:1
tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.


Yoh 20:1
Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap,
pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah
diambil dari kubur.


Yohanes 20:19
Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah
murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci
karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah
Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera
bagi kamu!”

@ JAGONNA
kembali lagi,,menurut nte hari sabath itu jatuh hari apa dlm sistem penaggalan modern???

Tidak ada yang namanya hari sabath ....... Sabath bukan nama hari, sabath artinya 'istirahat', sebagaimana yang tercantum dalam Ayat 2/65 ;
Ayat 2/65 : Sesungguhnya kamu mengetahui orang-orang yang melanggar hukum dari kamu tentang istirahat (fissabti), lalu KAMI katakan pada mereka : "Jadilah monyet yang menyeringai".
Hal yang sama tercantum pada Ayat ; 4/47, 4/154, 7/163, 16/124.

kalau yang anda maksud hari ke tujuh yang tercantum dalam Genesis 2:2 istilahnya adalah SAB'U bukan sabath ataupun sabti

silahkan nte buka lapak sendiri kalo pengen ngebahas sabath bedasarkan Alquran ntar ane nyusul kesono...

smentara disini ane pengen mempertanyakan pnyangkalan kekudusan hari sabath oleh kristen berdasarkan kitab mereka..
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sat Jun 09, 2012 8:49 pm

@ Bung Bas
Saya sudah menangkap pernyataan anda bung..

Saya respek dg anda karena mau menjelaskan tentang hal ini ketimbang kristen2 lain yg Cuma modal otak dengkul & sms doang..
Ada poin2 yang saya ambil dari uraian anda diatas,,, :lkj:

Pertama anda menyangkal kekudusan hari sabat dikarenakan hari tersebut hanya berlaku untuk orang israel dan kaitannya dengan hukum taurat yg tidak berlaku lagi bagi kristen.

Tapi dengan Yesus penebusan, kita tidak lagi diperlukan untuk menjaga hukum

Pernyataan anda ini menurut saya tidak berdasar..kenapa?sebab yesus sekalipun tidak pernah menyatakan bahwa dia datang bukan untuk menghapus hukum taurat tetapi menggenapinya..

Mat 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya

Dan sayangnya kalimat yang saya tebalkan diatas diartikan secara abstrak oleh kristen bisa melengkapi, menghapus, menyempurnakan, meniadakan.. padahal kalimat2 tsb jelas berbeda maknanya secara literal, tidak ada patokan baku bagi umat kristen untuk penafsiran kalimat tebal tsb.

Mat 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Mat :19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga


Lihat ayat yg sy tebalkan ini pertanda jelas bahwa betapa yesus sangat mengkuduskan Hukum Taurat dan mengungkapkan dengan jelas konsekuensinya.

Pertama-tama, dari 10 perintah yang tercantum dalam Keluaran 20:1-17, hanya 9 dari mereka dihidupkan kembali dalam Perjanjian Baru:. (Enam dalam Mat 19:18, pembunuhan, perzinahan, pencurian, saksi dusta, orang tua kehormatan, dan menyembah Allah.. Rom 13:09, mengingini Memuja Tuhan benar telah mencakup ketiga perintah pertama) Salah satu yang tidak ditegaskan kembali adalah yang mengenai hari Sabat. Sebaliknya, Yesus berkata bahwa Dia adalah Tuhan atas hari Sabat (Matius 12:8).

Apakah anda berusaha mendustakan yesus..??? justru ayat yang ditebalkan diatas bukti bahwa yesus begitu mengkuduskan hari sabat dengan memposisikan dirinya sebagai pemangku hierarki tertinggi atas hari sabat yaitu TUHAN.

Sumangga sakitu we hela kin bersambung ka poin kedua....
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 14 1, 2, 3 ... 7 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik