FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kenapa harus hari minggu..

Halaman 13 dari 14 Previous  1 ... 8 ... 12, 13, 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sat Jun 02, 2012 11:45 am

First topic message reminder :

Kenapa umat Kristen beribadah di hari minggu..


bukankah tuhan memuliakan hari sabath?


apakah hari sabath itu adalah hari minggu ?


adakah yesus berkata “beribadahlah di hari minggu”?


lalu bagaimana awal mulanya Kristen beribadah di hari
minggu?


Silahkan kristener kasih pencerahan bwt ane...sapa tau ane bisa murtad gara2 penjelasan soddara soddara kristener sekalian
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down


Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 12, 2012 1:23 pm

@satria bergitar wrote:
riwayat bibel selalu menyatakan hari sabtu! mo ngomong apa????
ngaku pengikut kristus...junjungnnya sendiri kaga diteladani...

hari sabat pada ngumpul di bait allah
Yesus datang mengajar
hari-hari lain Yesus juga mengajar, dimana-mana..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 12, 2012 1:27 pm

@putramentari wrote:
Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya.

baca dulu baru komentar, biar gak asal jeplak ehmm

bahwa penyembah matahari dan kristen gak ada hubungannya
kamu dah paham?

ada kepentingan politik
tetapi kalau dia tidak toleran, dia tidak masukkan dalam undang-undang
melainkan diberangus, ak pernah pinter kamu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by uplikitif.hajinskei on Wed Sep 12, 2012 2:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:
bahwa penyembah matahari dan kristen gak ada hubungannya
kamu dah paham?

ada kepentingan politik
tetapi kalau dia tidak toleran, dia tidak masukkan dalam undang-undang
melainkan diberangus, ak pernah pinter kamu..

jelas ada hubungannya,, erat bahakan kembar
yesoos sebagai simbol yg lain dari matahari

era yesoos di sebut era pisces

dan era2 yg lain punya namanya sendiri
avatar
uplikitif.hajinskei
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 249
Location : jogjakarta
Join date : 30.08.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by putramentari on Wed Sep 12, 2012 3:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya.

baca dulu baru komentar, biar gak asal jeplak

bahwa penyembah matahari dan kristen gak ada hubungannya
kamu dah paham?

ada kepentingan politik
tetapi kalau dia tidak toleran, dia tidak masukkan dalam undang-undang
melainkan diberangus, ak pernah pinter kamu..

ne hubungannya :
Undang-undang hari Minggu Konstantin membayangkan latar-belakangnya selaku penyembah matahari. “Pada Hari pemujaan Matahari (venerabili die Solis) hendaknya para hakim dan penduduk yang tinggal di kota-kota beristirahat dan tempat-tempat kerja ditutup.

ternyata hanya menjiplak ajaran pagan,aw aw aw
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by jakajayagiri-2 on Wed Sep 12, 2012 10:29 pm

Sayangnya penjelasan saya ttg org kristen yg tidak lagi terikat pada sabat tidak dikomentari. Tapi saya anggap sdh dimengerti krn tidak ada bantahan. Demikian juga penjelasan saya soal kebiasaan jemaat kristen mula2 untuk berkumpul di hari pertama, tidak juga ada bantahan. Saya anggap sdh dipahami.

Nah untuk selanjutnya ttg hari minggu itu sendiri, kutipan berikut ini sebetulnya sdh memberikan jawaban.
@putramentari wrote:
Pada abad keempat undang-undang hari Minggu mulai diperkenalkan. Undang-undang hari Minggu yang pertama dikeluarkan dan kemudian menjadi undang-undang hari Minggu yang bersifat religius. Undang-undang sipil pertama mengenai hari Minggu didekritkan oleh kaisar Konstantinus I pada tanggal 7 Maret 321 M. Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya. [13]
Lihatlah, bahkan Kaisar Konstantin saja sudah begitu CERDAS. Dia tahu bahwa dua komunitas (pemuja matahari dan kristen) adalah dua kelompok BERBEDA yg kebetulan saja sama2 menggunakan hari minggu sebagai hari ibadah. Krn dia tahu dua kelompok itu berbeda tapi kebetulan punya kesamaan hari yg dikhususkan, maka otak politiknya berjalan. Jadilah sebuah strategi untuk menggalang dukungan dr dua kelompok yg BERBEDA itu.
Jadi aneh aja kalau di jaman modern ini ada orang2 yg pemikirannya kalah dibanding manusia di tahun 321.



jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by brotherOON on Wed Sep 12, 2012 10:41 pm

@jakajayagiri-2 wrote:Sayangnya penjelasan saya ttg org kristen yg tidak lagi terikat pada sabat tidak dikomentari. Tapi saya anggap sdh dimengerti krn tidak ada bantahan. Demikian juga penjelasan saya soal kebiasaan jemaat kristen mula2 untuk berkumpul di hari pertama, tidak juga ada bantahan. Saya anggap sdh dipahami.

Nah untuk selanjutnya ttg hari minggu itu sendiri, kutipan berikut ini sebetulnya sdh memberikan jawaban.
@putramentari wrote:
Pada abad keempat undang-undang hari Minggu mulai diperkenalkan. Undang-undang hari Minggu yang pertama dikeluarkan dan kemudian menjadi undang-undang hari Minggu yang bersifat religius. Undang-undang sipil pertama mengenai hari Minggu didekritkan oleh kaisar Konstantinus I pada tanggal 7 Maret 321 M. Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya. [13]
Lihatlah, bahkan Kaisar Konstantin saja sudah begitu CERDAS. Dia tahu bahwa dua komunitas (pemuja matahari dan kristen) adalah dua kelompok BERBEDA yg kebetulan saja sama2 menggunakan hari minggu sebagai hari ibadah. Krn dia tahu dua kelompok itu berbeda tapi kebetulan punya kesamaan hari yg dikhususkan, maka otak politiknya berjalan. Jadilah sebuah strategi untuk menggalang dukungan dr dua kelompok yg BERBEDA itu.
Jadi aneh aja kalau di jaman modern ini ada orang2 yg pemikirannya kalah dibanding manusia di tahun 321.



jadi singkatnya Anda setuju bahwa pedoman beribadah hari minggu itu tidak ada tuntunannya di alkitab dan penetapan itu dibuat atas dasar kepentingan politik ? Karena yang jadi masalah disini kan kresten2 itu pengikut yesus,, Yesus contohin ibadah hari sabat, tpi yang diikutin adalah si kaisar yang ibadahnya hari minggu yang notabene ibadah hari minggu itu adalah budaya pagan,, kok bisa bgitu? itulah klo mau dideskripsiin secara lvl gmpngnya

brotherOON
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 105
Kepercayaan : Islam
Location : Lost World
Join date : 07.07.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by jakajayagiri-2 on Wed Sep 12, 2012 10:46 pm

@brotherOON wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:Sayangnya penjelasan saya ttg org kristen yg tidak lagi terikat pada sabat tidak dikomentari. Tapi saya anggap sdh dimengerti krn tidak ada bantahan. Demikian juga penjelasan saya soal kebiasaan jemaat kristen mula2 untuk berkumpul di hari pertama, tidak juga ada bantahan. Saya anggap sdh dipahami.

Nah untuk selanjutnya ttg hari minggu itu sendiri, kutipan berikut ini sebetulnya sdh memberikan jawaban.
@putramentari wrote:
Pada abad keempat undang-undang hari Minggu mulai diperkenalkan. Undang-undang hari Minggu yang pertama dikeluarkan dan kemudian menjadi undang-undang hari Minggu yang bersifat religius. Undang-undang sipil pertama mengenai hari Minggu didekritkan oleh kaisar Konstantinus I pada tanggal 7 Maret 321 M. Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya. [13]
Lihatlah, bahkan Kaisar Konstantin saja sudah begitu CERDAS. Dia tahu bahwa dua komunitas (pemuja matahari dan kristen) adalah dua kelompok BERBEDA yg kebetulan saja sama2 menggunakan hari minggu sebagai hari ibadah. Krn dia tahu dua kelompok itu berbeda tapi kebetulan punya kesamaan hari yg dikhususkan, maka otak politiknya berjalan. Jadilah sebuah strategi untuk menggalang dukungan dr dua kelompok yg BERBEDA itu.
Jadi aneh aja kalau di jaman modern ini ada orang2 yg pemikirannya kalah dibanding manusia di tahun 321.



jadi singkatnya Anda setuju bahwa pedoman beribadah hari minggu itu tidak ada tuntunannya di alkitab dan penetapan itu dibuat atas dasar kepentingan politik ? Karena yang jadi masalah disini kan kresten2 itu pengikut yesus,, Yesus contohin ibadah hari sabat, tpi yang diikutin adalah si kaisar yang ibadahnya hari minggu yang notabene ibadah hari minggu itu adalah budaya pagan,, kok bisa bgitu? itulah klo mau dideskripsiin secara lvl gmpngnya

Lah Anda bisa baca gak sih? Sebelum Kaisar konstantin keluarkan peraturan demi alasan politik itu, kedua kelompok yg BERBEDA itu sdh menggunakan hari minggu sebagai hari untuk ibadah. Jadi, berdasarkan kutipan itu, ada atau tidak ada aturan itu orang kristen sdh beribadah di hari minggu, dan tidak ada kaitannya dengan kelompok pagan meski sama2 menggunakan hari minggu. Contoh tradisi murid2 Yesus berkumpul di hari minggu pun sdh saya sodorkan. Jadi kenapa masih mempersulit diri dgn argumen yg gak jelas?

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by putramentari on Wed Sep 12, 2012 10:51 pm

@jakajayagiri-2 wrote:
@brotherOON wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:Sayangnya penjelasan saya ttg org kristen yg tidak lagi terikat pada sabat tidak dikomentari. Tapi saya anggap sdh dimengerti krn tidak ada bantahan. Demikian juga penjelasan saya soal kebiasaan jemaat kristen mula2 untuk berkumpul di hari pertama, tidak juga ada bantahan. Saya anggap sdh dipahami.

Nah untuk selanjutnya ttg hari minggu itu sendiri, kutipan berikut ini sebetulnya sdh memberikan jawaban.
@putramentari wrote:
Pada abad keempat undang-undang hari Minggu mulai diperkenalkan. Undang-undang hari Minggu yang pertama dikeluarkan dan kemudian menjadi undang-undang hari Minggu yang bersifat religius. Undang-undang sipil pertama mengenai hari Minggu didekritkan oleh kaisar Konstantinus I pada tanggal 7 Maret 321 M. Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya. [13]
Lihatlah, bahkan Kaisar Konstantin saja sudah begitu CERDAS. Dia tahu bahwa dua komunitas (pemuja matahari dan kristen) adalah dua kelompok BERBEDA yg kebetulan saja sama2 menggunakan hari minggu sebagai hari ibadah. Krn dia tahu dua kelompok itu berbeda tapi kebetulan punya kesamaan hari yg dikhususkan, maka otak politiknya berjalan. Jadilah sebuah strategi untuk menggalang dukungan dr dua kelompok yg BERBEDA itu.
Jadi aneh aja kalau di jaman modern ini ada orang2 yg pemikirannya kalah dibanding manusia di tahun 321.



jadi singkatnya Anda setuju bahwa pedoman beribadah hari minggu itu tidak ada tuntunannya di alkitab dan penetapan itu dibuat atas dasar kepentingan politik ? Karena yang jadi masalah disini kan kresten2 itu pengikut yesus,, Yesus contohin ibadah hari sabat, tpi yang diikutin adalah si kaisar yang ibadahnya hari minggu yang notabene ibadah hari minggu itu adalah budaya pagan,, kok bisa bgitu? itulah klo mau dideskripsiin secara lvl gmpngnya

Lah Anda bisa baca gak sih? Sebelum Kaisar konstantin keluarkan peraturan demi alasan politik itu, kedua kelompok yg BERBEDA itu sdh menggunakan hari minggu sebagai hari untuk ibadah. Jadi, berdasarkan kutipan itu, ada atau tidak ada aturan itu orang kristen sdh beribadah di hari minggu, dan tidak ada kaitannya dengan kelompok pagan meski sama2 menggunakan hari minggu. Contoh tradisi murid2 Yesus berkumpul di hari minggu pun sdh saya sodorkan. Jadi kenapa masih mempersulit diri dgn argumen yg gak jelas?

lha, sampeyan udah baca link yang saya kasih itu atau belum :

“Penduduk Konstantinopel, dan hampir semua dimana-mana pun, berkumpul bersama-sama pada hari Sabat, dan juga pada hari pertama dalam minggu itu, kebiasaan yang tidak pernah dipelihara di Roma atau di Aleksandria.”

Para Ahli sejarah menduga kepopuleran dan pengaruh penyembahan matahari dari budaya kekafiran Kekaisaran Romawi memegang penanan penting dalam pemeliharaan Hari Minggu, yang semakin bertumbuh penerimaannya sebagai hari perbaktian. Penyembahan matahari memegang peranan penting selama sejarah purbakala. Ini merupakan “sebuah komponen yang paling tua dari agama Romawi....dan bagian awal abad kedua Masehi, aliran Sol Invictus sangat dominan di Roma dan di pelbagai bagian kerajaan itu.”

Agama populer ini memberi dampak pada jemaat Kristen yang mula-mula melalui orang-orang yang baru bertobat. “Orang-orang Kristen yang ditobatkan dan kafir tetap tertarik pada pemujaan matahari. Ini diindikasikan bukan hanya oleh betapa seringnya penghakiman atas praktik semacam ini dan pihak bapa-bapa gereja tetapi juga oleh refleksi yang begitu bermakna dan penyembahan Matahani di dalam liturgi Kristen

masih mau ngeles basi
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by brotherOON on Wed Sep 12, 2012 11:05 pm

[quote="jakajayagiri-2"]
@brotherOON wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:

jadi singkatnya Anda setuju bahwa pedoman beribadah hari minggu itu tidak ada tuntunannya di alkitab dan penetapan itu dibuat atas dasar kepentingan politik ? Karena yang jadi masalah disini kan kresten2 itu pengikut yesus,, Yesus contohin ibadah hari sabat, tpi yang diikutin adalah si kaisar yang ibadahnya hari minggu yang notabene ibadah hari minggu itu adalah budaya pagan,, kok bisa bgitu? itulah klo mau dideskripsiin secara lvl gmpngnya

Lah Anda bisa baca gak sih? Sebelum Kaisar konstantin keluarkan peraturan demi alasan politik itu, kedua kelompok yg BERBEDA itu sdh menggunakan hari minggu sebagai hari untuk ibadah. Jadi, berdasarkan kutipan itu, ada atau tidak ada aturan itu orang kristen sdh beribadah di hari minggu, dan tidak ada kaitannya dengan kelompok pagan meski sama2 menggunakan hari minggu. Contoh tradisi murid2 Yesus berkumpul di hari minggu pun sdh saya sodorkan. Jadi kenapa masih mempersulit diri dgn argumen yg gak jelas?

Harusnya saya yang meminta Anda membaca kembali argumen2 tmen2 lain di atas karena spertinya Anda kesulitan sekali mencerna argumentasi orang lain,, untuk lebih mudah saya gampangin aja deh argumentasinya

"Anda setuju bahwa pedoman beribadah hari minggu itu tidak ada tuntunannya di alkitab?dan penetapan itu dibuat atas dasar kepentingan politik ? "

tuh easy to understand kan?


brotherOON
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 105
Kepercayaan : Islam
Location : Lost World
Join date : 07.07.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by jakajayagiri-2 on Wed Sep 12, 2012 11:16 pm

@brotherOON wrote:
"Anda setuju bahwa pedoman beribadah hari minggu itu tidak ada tuntunannya di alkitab?
Justru Anda yg sulit memahami penjelasan dan contoh2 dr saya.
Tidak ada keharusan dlm Alkitan bagi org kristen beribadah hari minggu. Yg ada justru penegasan Yesus bahwa ibadah itu bukan soal kapan dan di mana dilakukan, tetapi soal seberapa benar kerohanian seseorang ketika beribadah.
Namun dlm Alkitab ada contoh2 yg menunjukkan bahwa murid2 Yesus punya kebiasaan berkumpul dan berdoa bersama di hari minggu.
Dengan adanya dua hal itu, maka tidak ada kesalahan atau pelanggaran apapun ketika org kristen beribadah bersama di hari Minggu.


dan penetapan itu dibuat atas dasar kepentingan politik ? "
Ada atau tidak ada penetapan oleh konstantin, org kristen sdh beribadah di hari minggu.
Dgn kalimat yg berbeda, org kristen beribadah di hari minggu bukan krn adanya penetapan oleh konstantin.

tuh very very easy to understand kan?

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Thu Sep 13, 2012 2:46 pm

@putramentari wrote:
ne hubungannya :
Undang-undang hari Minggu Konstantin membayangkan latar-belakangnya selaku penyembah matahari. “Pada Hari pemujaan Matahari (venerabili die Solis) hendaknya para hakim dan penduduk yang tinggal di kota-kota beristirahat dan tempat-tempat kerja ditutup.

ternyata hanya menjiplak ajaran pagan,aw aw aw

kan hanya sama harinya?
tetapi masing-masing punya latar-belakang/alasan sendiri-sendiri
yang sama-sekali tidak terkait

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by putramentari on Thu Sep 13, 2012 2:51 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
ne hubungannya :
Undang-undang hari Minggu Konstantin membayangkan latar-belakangnya selaku penyembah matahari. “Pada Hari pemujaan Matahari (venerabili die Solis) hendaknya para hakim dan penduduk yang tinggal di kota-kota beristirahat dan tempat-tempat kerja ditutup.

ternyata hanya menjiplak ajaran pagan,aw aw aw

kan hanya sama harinya?
tetapi masing-masing punya latar-belakang/alasan sendiri-sendiri
yang sama-sekali tidak terkait


lha, sampeyan udah baca link yang saya kasih itu atau belum :

“Penduduk
Konstantinopel, dan hampir semua dimana-mana pun, berkumpul
bersama-sama pada hari Sabat, dan juga pada hari pertama dalam minggu
itu, kebiasaan yang tidak pernah dipelihara di Roma atau di
Aleksandria.”

Para Ahli sejarah menduga kepopuleran dan pengaruh
penyembahan matahari dari budaya kekafiran Kekaisaran Romawi memegang
penanan penting dalam pemeliharaan Hari Minggu, yang semakin bertumbuh
penerimaannya sebagai hari perbaktian. Penyembahan matahari memegang
peranan penting selama sejarah purbakala. Ini merupakan “sebuah komponen
yang paling tua dari agama Romawi....dan bagian awal abad kedua Masehi,
aliran Sol Invictus sangat dominan di Roma dan di pelbagai bagian
kerajaan itu.”

Agama populer ini memberi dampak pada jemaat
Kristen yang mula-mula melalui orang-orang yang baru bertobat.
“Orang-orang Kristen yang ditobatkan dan kafir tetap tertarik pada
pemujaan matahari. Ini diindikasikan bukan hanya oleh betapa seringnya
penghakiman atas praktik semacam ini dan pihak bapa-bapa gereja tetapi
juga oleh refleksi yang begitu bermakna dan penyembahan Matahani di
dalam liturgi Kristen

masih mau ngeles
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Thu Sep 13, 2012 2:57 pm

@putramentari wrote:
lha, sampeyan udah baca link yang saya kasih itu atau belum :

“Penduduk
Konstantinopel, dan hampir semua dimana-mana pun, berkumpul
bersama-sama pada hari Sabat, dan juga pada hari pertama dalam minggu
itu, kebiasaan yang tidak pernah dipelihara di Roma atau di
Aleksandria.”

Para Ahli sejarah menduga kepopuleran dan pengaruh
penyembahan matahari dari budaya kekafiran Kekaisaran Romawi memegang
penanan penting dalam pemeliharaan Hari Minggu, yang semakin bertumbuh
penerimaannya sebagai hari perbaktian. Penyembahan matahari memegang
peranan penting selama sejarah purbakala. Ini merupakan “sebuah komponen
yang paling tua dari agama Romawi....dan bagian awal abad kedua Masehi,
aliran Sol Invictus sangat dominan di Roma dan di pelbagai bagian
kerajaan itu.”

Agama populer ini memberi dampak pada jemaat
Kristen yang mula-mula melalui orang-orang yang baru bertobat.
“Orang-orang Kristen yang ditobatkan dan kafir tetap tertarik pada
pemujaan matahari. Ini diindikasikan bukan hanya oleh betapa seringnya
penghakiman atas praktik semacam ini dan pihak bapa-bapa gereja tetapi
juga oleh refleksi yang begitu bermakna dan penyembahan Matahani di
dalam liturgi Kristen

masih mau ngeles

sudah
dan hanya dugaan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by putramentari on Thu Sep 13, 2012 3:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
lha, sampeyan udah baca link yang saya kasih itu atau belum :

“Penduduk
Konstantinopel, dan hampir semua dimana-mana pun, berkumpul
bersama-sama pada hari Sabat, dan juga pada hari pertama dalam minggu
itu, kebiasaan yang tidak pernah dipelihara di Roma atau di
Aleksandria.”

Para Ahli sejarah menduga kepopuleran dan pengaruh
penyembahan matahari dari budaya kekafiran Kekaisaran Romawi memegang
penanan penting dalam pemeliharaan Hari Minggu, yang semakin bertumbuh
penerimaannya sebagai hari perbaktian. Penyembahan matahari memegang
peranan penting selama sejarah purbakala. Ini merupakan “sebuah komponen
yang paling tua dari agama Romawi....dan bagian awal abad kedua Masehi,
aliran Sol Invictus sangat dominan di Roma dan di pelbagai bagian
kerajaan itu.”

Agama populer ini memberi dampak pada jemaat
Kristen yang mula-mula melalui orang-orang yang baru bertobat.
“Orang-orang Kristen yang ditobatkan dan kafir tetap tertarik pada
pemujaan matahari. Ini diindikasikan bukan hanya oleh betapa seringnya
penghakiman atas praktik semacam ini dan pihak bapa-bapa gereja tetapi
juga oleh refleksi yang begitu bermakna dan penyembahan Matahani di
dalam liturgi Kristen

masih mau ngeles

sudah
dan hanya dugaan
kenyataan emang pait
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Fri Sep 14, 2012 8:28 am

@putramentari wrote:
kenyataan emang pait

kenyataannya kita mengikuti tradisi jemaat mula-mula
berkumpul/bersekutu di hari pertama minggu
kalau penyembah matahari punya tradisi menyembah dewanya hari minggu
itu urusan mereka

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Fri Sep 14, 2012 8:32 am

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
kenyataan emang pait

kenyataannya kita mengikuti tradisi jemaat mula-mula
berkumpul/bersekutu di hari pertama minggu
kalau penyembah matahari punya tradisi menyembah dewanya hari minggu
itu urusan mereka

jemaat mula-mula yg mana??? sinih kasih referensi,,jgn asbun dong cooy
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by brotherOON on Fri Sep 14, 2012 9:04 am

@jakajayagiri-2 wrote:
@brotherOON wrote:
"Anda setuju bahwa pedoman beribadah hari minggu itu tidak ada tuntunannya di alkitab?
Justru Anda yg sulit memahami penjelasan dan contoh2 dr saya.
Tidak ada keharusan dlm Alkitan bagi org kristen beribadah hari minggu. Yg ada justru penegasan Yesus bahwa ibadah itu bukan soal kapan dan di mana dilakukan, tetapi soal seberapa benar kerohanian seseorang ketika beribadah.
Namun dlm Alkitab ada contoh2 yg menunjukkan bahwa murid2 Yesus punya kebiasaan berkumpul dan berdoa bersama di hari minggu.
Dengan adanya dua hal itu, maka tidak ada kesalahan atau pelanggaran apapun ketika org kristen beribadah bersama di hari Minggu.


dan penetapan itu dibuat atas dasar kepentingan politik ? "
Ada atau tidak ada penetapan oleh konstantin, org kristen sdh beribadah di hari minggu.
Dgn kalimat yg berbeda, org kristen beribadah di hari minggu bukan krn adanya penetapan oleh konstantin.

tuh very very easy to understand kan?

1. Sure,, kalo gitu bisa ditunjukkan dalil alkitab kata Yesus yang mengindikasikan "ibadah itu bukan soal kapan dan di mana dilakukan, tetapi soal seberapa benar kerohanian seseorang ketika beribadah."?

2. Bisa ditunjukkan juga dalam alkitab yang mengindikasikan "murid2 Yesus punya kebiasaan berkumpul dan berdoa bersama di hari minggu. " yang sesuai dengan klaim Anda dengan konsekuensi bahwa guru mereka juga melakukan hal yang sama untuk dicontoh murid2nya?

3. Dengan klaim Anda "Dgn kalimat yg berbeda, org kristen beribadah di hari minggu bukan krn adanya penetapan oleh konstantin.",, tunjukkan bahwa pngikut Yesus beribadah hari minggu sebelum penetapan oleh konstantin

Silakan buktikan kapasitas Anda panik

brotherOON
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 105
Kepercayaan : Islam
Location : Lost World
Join date : 07.07.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by The.Barnabas on Fri Sep 14, 2012 9:21 am

Ane Kira,,Muslim Masih banyak yang Salah Paham,

Yang dilakukan Kresten hari Minggu, bukan lah berdoa,,Mereka berdoa setiap saat, ngadopsi muslim juga,,Sebelum makan, tidur,,,dan ini dilakukan erra 80 an, ketika banayak anak - anak TK Muslim menghapal doa - doa,,

tetapi karna di Kresten tidak ada,,dan banyak timbul pertanyaan dari anak - anak Tk Kresten mengapa tidak ada doa seperti Muslim??

Untuk menghilangkan rasa kecewa anak-anak maka Persatuan pendeta mebuat buku kumpulan doa-doa,,lupa ane namanya,,ada juga seri bergambar..

Nah Intinya Hari minggu mereka bukan beribadah,,karana yesus tidak pernah mengajarka beribadah seperti para krestener yang lakukan setiap hari minngu,,

mereka latihan paduan suara untuk upacara hari senin.. piss





avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by janganbilangbilang on Fri Sep 14, 2012 10:41 am

@Atas :
kang Bas, nice impo, jadi nnati era 80an bru adab berdoa buat anak2 mreka yah..?

sama kyak tilawatil quran maka ada juga mereka,

ckckckckckck ketawa guling
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 71
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Fri Sep 14, 2012 2:47 pm

@satria bergitar wrote:
jemaat mula-mula yg mana??? sinih kasih referensi,,jgn asbun dong cooy

ikut diskusi kok tidak nyemak:

Yoh. 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Kis. 20:7 Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by jakajayagiri-2 on Fri Sep 14, 2012 6:20 pm

@brotherOON wrote:
@jakajayagiri-2 wrote:
@brotherOON wrote:
"Anda setuju bahwa pedoman beribadah hari minggu itu tidak ada tuntunannya di alkitab?
Justru Anda yg sulit memahami penjelasan dan contoh2 dr saya.
Tidak ada keharusan dlm Alkitan bagi org kristen beribadah hari minggu. Yg ada justru penegasan Yesus bahwa ibadah itu bukan soal kapan dan di mana dilakukan, tetapi soal seberapa benar kerohanian seseorang ketika beribadah.
Namun dlm Alkitab ada contoh2 yg menunjukkan bahwa murid2 Yesus punya kebiasaan berkumpul dan berdoa bersama di hari minggu.
Dengan adanya dua hal itu, maka tidak ada kesalahan atau pelanggaran apapun ketika org kristen beribadah bersama di hari Minggu.


dan penetapan itu dibuat atas dasar kepentingan politik ? "
Ada atau tidak ada penetapan oleh konstantin, org kristen sdh beribadah di hari minggu.
Dgn kalimat yg berbeda, org kristen beribadah di hari minggu bukan krn adanya penetapan oleh konstantin.

tuh very very easy to understand kan?

1. Sure,, kalo gitu bisa ditunjukkan dalil alkitab kata Yesus yang mengindikasikan "ibadah itu bukan soal kapan dan di mana dilakukan, tetapi soal seberapa benar kerohanian seseorang ketika beribadah."?

Yoh 4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."



2. Bisa ditunjukkan juga dalam alkitab yang mengindikasikan "murid2 Yesus punya kebiasaan berkumpul dan berdoa bersama di hari minggu. " yang sesuai dengan klaim Anda dengan konsekuensi bahwa guru mereka juga melakukan hal yang sama untuk dicontoh murid2nya?
Saya tidak pernah berkata bahwa kebiasaan berkumpul di hari minggu itu merupakan kegiatan yg dicontohkan Yesus, apalagi diperintahkan. Saya hanya sampaikan bahwa kebiasaan berkumpul di hari minggu itu sdh ada sejak jaman murid2 Yesus dan pada jemaat kristen awal.

Yoh. 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Kis. 20:7 Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam


3. Dengan klaim Anda "Dgn kalimat yg berbeda, org kristen beribadah di hari minggu bukan krn adanya penetapan oleh konstantin.",, tunjukkan bahwa pngikut Yesus beribadah hari minggu sebelum penetapan oleh konstantin
Selain dr ayat yg saya kutip di atas, dari link wikipedia yg dikutip di topik ini pun bisa ditemukan penjelasan berikut ini:
Perubahan dari hari Sabat kepada Minggu sebagai Hari berbakti muncul perlahan-lahan. Tidak ada bukti perbaktian Kristen pada hari Minggu dalam minggu itu sebelum abad kedua, akan tetapi bukti menunjukkan bahwa pada pertengahan abad itu beberapa orang Kristen secara sukarela memelihara Hari Minggu sebagai hari perbaktian, bukan sebagai hari perhentian. [7]
....................................................
Pada abad-abad pertama, di Roma, yang menjadi ibukota Kekaisaran Romawi, rasa anti Yahudi sangat kuat, dan dan waktu ke waktu semakin kuat saja. Reaksi terhadap sentimen kebangsaan ini, orang-orang Kristen yang diam di kota itu berusaha membedakan diri mereka dari orang Yahudi. Mereka mulai meninggalkan beberapa kebiasaan yang dilakukan orang Yahudi dan mulai cenderung menjauh dan pemeliharaan hari Sabat sehingga menuju kepada pemeliharaan hari Minggu secara eksklusif. [8]
....................................................
Pada abad ke-4 dan abad ke-5 banyak orang Kristen yang berbakti baik pada hari Sabat maupun hari Minggu.
[/quote]
Sumber yg saya gunakan sama persis dgn yg dikutip di atas. Tapi lihat yg saya bold, jelas menunjukkan bahwa orang kristen telah menghususkan hari minggu sejak sebelum adanya peraturan dr Konstantin.

Nah masih dr sumber wikipedia juga, mari kita lihat LAGI, apa sebenarnya kaitannya dgn perintah Konstantin. Baca baik2 dan gunakan logika yg benar dalam membacanya:
Undang-undang sipil pertama mengenai hari Minggu didekritkan oleh kaisar Konstantinus I pada tanggal 7 Maret 321 M. Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya. [13]
Jelas sekali ada dua kelompok yg mengkhususkan hari minggu: kaum pagan dan org kristen
Jelas pula motif Konstantin: mau menggalang dukungan dari kedua pihak.
Kurang jelas apa lagi????

Sekarang perhatikan yg ini:
Undang-undang hari Minggu Konstantin membayangkan latar-belakangnya selaku penyembah matahari. “Pada Hari pemujaan Matahari (venerabili die Solis) hendaknya para hakim dan penduduk yang tinggal di kota-kota beristirahat dan tempat-tempat kerja ditutup. Di pedesaan, penduduk yang berhubungan dengan pertanian dapat dengan bebas dan didukung undang-undang meneruskan usaha mereka.” [14]
Jelas sekali bahwa kalimat2 di atas menjelaskan latar belakang personal Konstantin (sbg pemuja matahari) yg kemudian mendekritkan undang2 tsb, dgn pemikiran melalui undang2 itu dia bisa memperoleh dukungan dr pihak para penyembah matahari maupun dr pihak kristen.


Silakan buktikan kapasitas Anda panik
Santai saja berdiskusi, tidak perlu panik

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sat Sep 15, 2012 8:20 am

@SEGOROWEDI wrote:
@satria bergitar wrote:
jemaat mula-mula yg mana??? sinih kasih referensi,,jgn asbun dong cooy

ikut diskusi kok tidak nyemak:

Yoh. 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Kis. 20:7 Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.

maksa sekali nte ini...



Yoh. 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama
minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan
pintu-pintu yang terkunci
karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi.
Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan
berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Kis. 20:7 Pada hari pertama
dalam minggu itu, ketika kami
berkumpul untuk memecah-mecahkan roti,
Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud
untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung
sampai tengah malam.

konteks ayat tersebut apakah sesuai dengan konteks ibadah yang kristener lakukan saat ini???

apakah ada jaminan berkat dari yesus klo nte melakukan kebaktian hari minggu???pertanyaan gitu aja nte g bisa jawab...
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Sat Sep 15, 2012 8:47 am

@satria bergitar wrote:
maksa sekali nte ini...
Yoh. 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama
minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan
pintu-pintu yang terkunci
karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi.
Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan
berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Kis. 20:7 Pada hari pertama
dalam minggu itu, ketika kami
berkumpul untuk memecah-mecahkan roti,
Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud
untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung
sampai tengah malam.

konteks ayat tersebut apakah sesuai dengan konteks ibadah yang kristener lakukan saat ini???

apakah ada jaminan berkat dari yesus klo nte melakukan kebaktian hari minggu???pertanyaan gitu aja nte g bisa jawab...

sangat sesuai..
kebiasaan/momentum itu yang lalu kita gunakan untuk ibadah bersama

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by satria bergitar on Sat Sep 15, 2012 9:14 am

@SEGOROWEDI wrote:
@satria bergitar wrote:
maksa sekali nte ini...
Yoh. 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama
minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan
pintu-pintu yang terkunci
karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi.
Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan
berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Kis. 20:7 Pada hari pertama
dalam minggu itu, ketika kami
berkumpul untuk memecah-mecahkan roti,
Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud
untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung
sampai tengah malam.

konteks ayat tersebut apakah sesuai dengan konteks ibadah yang kristener lakukan saat ini???

apakah ada jaminan berkat dari yesus klo nte melakukan kebaktian hari minggu???pertanyaan gitu aja nte g bisa jawab...

sangat sesuai..
kebiasaan/momentum itu yang lalu kita gunakan untuk ibadah bersama

cuma satu kata M.A.K.S.A

sementara yg laen mnjawab "untuk memperingati kebangkitan" walopun gada jaminan berkat dari yesus!

kristener tidak kompak terlihat hanya mencari pembenaran.. PARAH....
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by SEGOROWEDI on Sat Sep 15, 2012 9:18 am

@satria bergitar wrote:
cuma satu kata M.A.K.S.A

sementara yg laen mnjawab "untuk memperingati kebangkitan" walopun gada jaminan berkat dari yesus!

kristener tidak kompak terlihat hanya mencari pembenaran.. PARAH....

berarti alasannya banyak:
- mengikuti kebiasaan jemaat awal
- mengingat kebangkitan Yesus
- .......

*yang pasti gak ada hubungannya dengan penyembah dewa matahari seperti yang selalu kalian koar-koarkan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus hari minggu..

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 13 dari 14 Previous  1 ... 8 ... 12, 13, 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik