FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Halaman 23 dari 25 Previous  1 ... 13 ... 22, 23, 24, 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by mang odoy on Sun Jun 03, 2012 2:54 am

First topic message reminder :

Mari kita simak An-Nisa ayat 157 yang menjadi KONTROVERSI dari jaman baheula sampe sekarang..


وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَـكِن شُبِّهَ لَهُمْ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُواْ فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِّنْهُ مَا لَهُم بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلاَّ اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِيناً

waqawlihim innaa qatalnaa almasiiha 'iisaa ibna maryama rasuula allaahi wamaa qataluuhu wamaa shalabuuhu walaakin syubbiha lahum wa-inna alladziina ikhtalafuu fiihi lafii syakkin minhu maa lahum bihi min 'ilmin illaa ittibaa'a alzhzhanni wamaa qataluuhu yaqiinaan

Terjemahan Depag RI:
4.157. dan karena ucapan mereka : "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, 'Isa putra Maryam, Rasul Allah ", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan 'Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) 'Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah 'Isa.


Dengan nawaytu ingin 'berbagi ilmu'...mari kita telaah kembali ayat ini...

Wasalam,


Terakhir diubah oleh mang odoy tanggal Mon Jun 04, 2012 4:15 am, total 1 kali diubah

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down


Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Mon Feb 10, 2014 2:31 pm

@abu hanan wrote:
@pak kedung..
plis deh yah untuk bahasan tata basa nih stop dulu dengan gendongannyah..supaya bisa fokus wal terarah..

Kayaknya dah diminimalisiiiiiiiiiiiiiiiiiir tuh.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by crescent-star on Mon Feb 10, 2014 2:35 pm

@abu hanan wrote:@om crescent
ngobrolin jeda ayat..
terkait "bal rofa'" nih gimanah pengertiannyah hingga timbul pemikiran:
1.koordinat (apakah seperti koordinat suatu lokasi?)
2.perpindahan jasad dan ruh..gimana penjelasannyah?

@pak kedung..
plis deh yah untuk bahasan tata basa nih stop dulu dengan gendongannyah..supaya bisa fokus wal terarah..
sebenarnya kan saya yang bertanya di awal, "lantas berarti isa diangkat ini pengertiannya PIngsan dong ? bagimana penjelasannya ?" tapi belum ada yang jawab.
RAFA bisa kemudian artinya pingsan itu bagaimana ? karena saya melihatnya sbg perpindahan koordinat dilihat dari kisah perdebatan yg terjadi di ayat 157. ibaratnya Allah berkata "orang yang kalian ributkan itu sebenarnya Aku angkat". begitu.

saya tidak berfaham bahwa Isa ada di prosesi eksekuksi, shg bal rofa bermakna koordinat.
namun yang berfaham bahwa isa ada di lokasi prosesi eksekusi, otomatis bal rofa di sana artinya pingsan. lalu saya bertanya "kok bisa artinya pingsan ?".
avatar
crescent-star
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 403
Kepercayaan : Islam
Location : jabar
Join date : 29.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by crescent-star on Mon Feb 10, 2014 2:38 pm

artinya begini BAL ROFA itu secara tekstual artinya pasti koordinat (jasad dan ruh) sebab dhomir "hu" di sana Isa sbg kesatuan utuh jasad dan ruh, perlu penjelasan lebih dalam jika diartikan pingsan (ruh saja)
avatar
crescent-star
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 403
Kepercayaan : Islam
Location : jabar
Join date : 29.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Mon Feb 10, 2014 3:04 pm

@crescent-star wrote:
@Kedunghalang wrote:Waduh belum memahami juga rupanya. Tepat sekali ayat afalaa ta'qilun dikenakan kepada anda. Menurut Al Qur'an, tugas utama Nabi Isa as itu adalah sebagai Rasul Allah untuk berdakwah kepada Bani Israil yang terdiri dari 12 suku. Tetapi, ketika Nabi Isa as berdakwah di Yerusalem, hanya dua suku Bani Israil saja yang ada, karena 10 suku lagi telah lama meninggalkan Yerusalem. Jadi, jika ruh dan jasad Nabi Isa as diangkat ketika dalam prosesi penyaliban dan hingga sekarang belum kembali lagi, maka itu artinya Nabi Isa as belum menyelesaikan tugasnya, yakni berdakwah kepada 10 suku Bani Israil lainnya.
Ke-10 suku Bani Israil lainnya keluar dari Yerusalem dan bermigrasi ke Afghanistan, Hindustan/India Utara, bahkan sampai ke China ketika Yerusalem dibumihanguskan pada zaman Kaisar Nebukadnezar dan Kaisar Titus. Oleh karena itu, setelah selamat dari upaya penyaliban, Nabi Isa as melakukan perjalanan jauh untuk menemui dan berdakwah kepada ke 10 suku Bani Israil yang telah keluar dari Yerusalem tersebut. Setelah selesai menunaikan tugasnya, barulah beliau as wafat di desa Khanyar, Srinagar, Kashmir, India Utara.
darimana bung mengambil keterangan kalau baru 2 suku israil yang didakwahi nabi isa? Sejarah dan http://www.alislam.org/topics/jesus/

dan darimana bung punya keyakinan ke 12 suku KINI SUDAH didakwahi oleh Isa ?? karena bung mengatakan Isa sudah wafat, berarti tugas sdh beres bukan ?? Allah telah memuliakan Nabi Isa as dalam Ali Imran 3:56

jadi artinya sekarang 10 suku sudah ada ya ??? ..mana saja tuh bung ?? https://id.wikipedia.org/wiki/Sepuluh_Suku_yang_Hilang
lalu apa tugas hawariyun yang dikenal sebagai para rasul di kalangan kristen ??? Hawariyun itu 12 murid yang hidup sezaman dengan Nabi Isa as, jadi mereka bukan para rasul di kalangan Kristen.

@ Abu Hanan

Apakah pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan TATA BAHASA?

@crescent-star wrote:
@Kedunghalang wrote:Kata berlalu dapat diartikan wafat, karena Nabi Muhammad saw memperkirakan umur beliau saw kurang-lebih 60 tahun. Dan ternyata beliau saw wafat kurang-lebih dalam usia itu yang merupakan seperdua umur nabi sebelumnya, yakni Nabi Isa as yang digambarkan oleh Jibrail as berusia 120 tahun. Kesimpulannya, Nabi Isa Al Masih (Yesus Kristus) as SUDAH WAFAT.
berlalu di sana kan rumusan umum. artinya tidak ada satu pun nabi yang WAFAT kecuali usianya setengah dari nabi sebelumnya. apa ini artinya isa sudah wafat ?? .... nabi isa akan berlalu dimana umurnya setengah dari usia nabi sebelumnya. karena nabi isa akan wafat usia 120 berarti nabi wafat usia 60 tahunan. saya heran kenapa harus diartikan sudah wafat ?? .... mau dikemanakan hadits2 shahih ttg masih hidupnya Isa ??hanya memperturutkan hawa nafsu dan bermodal salah tafsir hadits lalu dibuang saja hadits yang mutawatir ???

Artinya tidak seorang nabi pun yang wafat seperti Nabi Muhammad saw, yakni ketika beliau saw wafat, usia beliau saw adalah seperdua dari usia nabi sebelumnya (Nabi Isa as). Jadi, mau tidak mau, artinya Nabi Isa as SUDAH WAFAT. Hadits-hadits sahih wal mutawatir yang meriwayatkan/menubuatkan tentang kedatangan Isa Ibnu Maryam, maksudnya tertuju kepada Misal/Perumpamaan Isa Ibnu Maryam yang menjadi Imam Mahdi di akhir zaman, bukan kepada Nabi Isa as yang SUDAH WAFAT.

Saran saya, bahasa buruk seperti yang diwarnai merah tidak perlu dikeluarkan oleh seorang muslim yang baik. Biarlah hanya orang-orang Kristen saja yang menulis bahasa buruk, karena mungkin mereka tidak diajarkan akhlaq mulia seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah saw. Bukankah akhirnya moderator yang akan ngasih kartu merah.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by crescent-star on Mon Feb 10, 2014 7:34 pm

@KH,
Jadi bagaimana apakah sudah ditemukan 10 suku yg hilang sekarang ? Sehubungan isa menurut bung sdh wafat dan sudah ketemu dgn 10 suku yg hilang tsb.
Lalu kapan menghakimi 12 suku tsb ? Sudah apa belum ?
avatar
crescent-star
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 403
Kepercayaan : Islam
Location : jabar
Join date : 29.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan on Mon Feb 10, 2014 8:36 pm

@om star
namun yang berfaham bahwa isa ada di lokasi prosesi eksekusi, otomatis bal
rofa di sana artinya pingsan.
sayah gak berkata "bal rofa" berarti pingsan..dan trit "isa pingsan" itu untuk menguji teori pingsan secara medis/ilmiah..

kemudian..
"bal" 158 menolak tujuan "sholabu",bukan menerangkan keadaan 157..

seperti dalam kalimat :
"fulan tidaklah ditelanjangi dan tidak dihinakan,BAL dia dihormati dan dimuliakan"..

secara ekstrim,sayah berkata :
"isa tidak disholabu (upaya untuk penghinaan) dan tidak mati (dalam sholabu itu) BAL dia dihormati dan masih hidup setelah itu.."


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Mon Feb 10, 2014 9:02 pm

CS wrote:
Jadi bagaimana apakah sudah ditemukan 10 suku yg hilang sekarang?
https://id.wikipedia.org/wiki/Sepuluh_Suku_yang_Hilang
http://www.alislam.org/topics/jesus/
CS wrote:
Sehubungan isa menurut bung sdh wafat dan sudah ketemu dgn 10 suku yg hilang tsb.
Lalu kapan menghakimi 12 suku tsb ? Sudah apa belum ?

Pertanyaan anda salah, karena menurut Nabi Muhammad saw: "Isa Ibnu Maryam yang menjadi Imam Mahdi dan Hakim yang Adil akan memecahkan salib dst...." (HR Musnad Ahmad bin Hambal). Hadits ini maksudnya adalah bahwa kedatangan Misal/Perumpamaan Isa Ibnu Maryam / Imam Mahdi akan menjadi Hakim yang Adil dalam membuka Rahasia Penyaliban Nabi Isa as yang menjadi teka-teki bagi orang-orang Yahudi, Kristen dan sebagian umat Islam yang meyakini adanya stuntman dan bahwa Nabi Isa as diangkat serta masih hidup sampai sekarang.

Dan, tidak ada seorang pun dari ahlikitab melainkan akan tetap beriman kepada (mempercayai) hal ini sebelum ajalnya; dan pada Hari Kiamat ia, Nabi Isa, akan menjadi saksi terhadap mereka. (An-Nisa 4:159/160)

Orang-orang Yahudi percaya bahwa mereka membunuh Nabi Isa as di atas tiang salib, karena dengan demikian mereka ingin membuktikan beliau bukan seorang nabi yang benar. Orang Kristen percaya bahwa beliau telah wafat di atas tiang salib, dan hal itu menyebab kan mereka telah menganut akidah Penebusan Dosa. Sementara itu sebagai umat Islam percaya bahwa ada orang lain yang diserupakan dengan Nabi Isa as disalib, sedangkan ruh dan jasad Nabi Isa as diangkat ke langit, dan sampai sekarang masih hidup di langit, kemudian di akhir zaman akan turun lagi ke dunia.

Tetapi, Misal / Perumpamaan Isa Ibnu Maryam / Imam Mahdi menjelaskan bahwa berdasarkan Al Qur'an dan Hadits, Nabi Isa as diselamatkan Allah dari kematian di atas salib, kemudian melakukan perjalanan ke Afghanistan dan Hindustan (India Utara/Kashmir) untuk menemui ke-10 Bani Israil yang hilang, hingga wafat dalam usia 120 tahun di Khanyar, Srinagar, Kashmir, India Utara. Dasar Al Qur'annya adalah ayat berikut:
"mereka tidak membunuhnya dan tidak pula mematikannya di atas salib, akan tetapi ia disamarkan kepada mereka seperti telah mati di atas salib. Dan, sesungguhnya orang-orang yang berselisih dalam hal ini niscaya ada dalam keraguan tentang ini; mereka tidak mumpunyai pengetahuan yang pasti tentang ini melainkan menuruti dugaan; dan mereka tidak membunuhnya dengan yakin. (An-Nisa 4:157/158)

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by crescent-star on Tue Feb 11, 2014 12:01 am

@abu hanan wrote:sayah gak berkata "bal rofa" berarti pingsan..dan trit "isa pingsan" itu untuk menguji teori pingsan secara medis/ilmiah..

kemudian..
"bal" 158 menolak tujuan "sholabu",bukan menerangkan keadaan 157..

seperti dalam kalimat :
"fulan tidaklah ditelanjangi dan tidak dihinakan,BAL dia dihormati dan dimuliakan"..

secara ekstrim,sayah berkata :
"isa tidak disholabu (upaya untuk penghinaan) dan tidak mati (dalam sholabu itu) BAL dia dihormati dan masih hidup setelah itu.."
ya .. lalu kenapa MENGANGKAT di sana bung artikan diluar hukum asli dari kata mengangkat itu sendiri ?
maksud saya hukum asalnya, mengangkat ya mengangkat, ..... siapa yg diangkat ? ISA, .....siapa ISA ? .....ya jasad dan ruhnya, basyariyahnya. jika mengangkat ini diartikan spesial/khusus/idiom maka harus ada penjelasannya. nah bagaimana penjelasannya ??

secarah ekstrim, sayah berkata :
"isa tidak disholabu (upaya untuk pembunuhan) dan tidak mati (dalam sholabu itu) BAL dia diangkat kepada Allah .."

bahkan jika SOLABU di sana diartikan DISALIBKAN akan terlihat jelas BAL ROFA di sana. Yesus tidak disalib, sedangkan penyaliban itu terjadi, maka bal rofa itu jelas Isa sbg basyariyahnya yg diangkat. dan diangkat disana tidak bisa diartikan pingsan atau apalah yg sejenis. karena toh masa tiba2 isa pingsan sedangkan disalib saja tidak.


Terakhir diubah oleh crescent-star tanggal Tue Feb 11, 2014 12:07 am, total 1 kali diubah
avatar
crescent-star
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 403
Kepercayaan : Islam
Location : jabar
Join date : 29.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by crescent-star on Tue Feb 11, 2014 12:03 am

@ bung KH
bung mengatakan tugas utama Yesus adalah mengajarkan dan menemukan 10 suku yg hilang, sebab itulah beliau tidak boleh mati dulu.
dan menurut bung jika sudah selesai menemukan 10 suku tsb maka selesailah tugas dan wafatlah beliau.

nah saya tanya sudah ketemu belum 10 suku israil tsb ??? ...kalau sudah sebutkan sekarang ada dimana saja 12 suku tsb ????
avatar
crescent-star
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 403
Kepercayaan : Islam
Location : jabar
Join date : 29.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan on Tue Feb 11, 2014 7:26 am

@om star
apakah ada ayat laen yang mengisyaratkan bahwa "rafa" itu juga mengangkat/terbang?

bahwa isa tidak disholabu,ini karena "syubbiha"..dhomir HA mengacu ke isa..
bener yah?bisa anda jelaskan?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by crescent-star on Tue Feb 11, 2014 12:12 pm

@abu hanan wrote:@om star
apakah ada ayat laen yang mengisyaratkan bahwa "rafa" itu juga mengangkat/terbang?

bahwa isa tidak disholabu,ini karena "syubbiha"..dhomir HA mengacu ke isa..
bener yah?bisa anda jelaskan?

إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَجَاعِلُ الَّذِينَ اتَّبَعُوكَ فَوْقَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ
(Ingatlah), ketika Allah berfirman: `Hai Isa, sesungguhnya Aku akan mewafatkan kamu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya`.(QS. 3:55)

dalam ayat diatas proses pengangkatan terjadi PASCA isa meninggal dunia. (memang banyak mufasirin bersilang pendapat ttg ayat ini).
pengangkatan di sana sehubungan firman Allah bahwa "penyembah dan yg disembah akan dijadikan bahan bakar api neraka" bahwa "penyembah dan yang disembah akan dikumpulkan bersama" ...nah pada saat itulah "isa akan diangkat dari kerumunan orang2 kafir yg menyembahnya dan membersihkan dari orang2 kafir tsb. jadi mengangkat di sana bukan pingsan, karena kematian disebutkan di awal.
avatar
crescent-star
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 403
Kepercayaan : Islam
Location : jabar
Join date : 29.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan on Tue Feb 11, 2014 12:25 pm

@om star
lho emang sayah dari awal gak singgung : bahwa rafa itu diangkat secara harfiah(jasad dan ruh) apalagi diangkat itu saat nabi isa jadi tawanan/tahanan (ide stuntment)..
sama sekali gak ada..

justru sayah bingung ketika "rafa" dikaitkan dengan sholabu..karena sesuatu yang gak berkaitan tiba2 menjadi terikat..

jadi ketika 157 "wa maa sholabuhu wa maa qataluhu" dst hingga 158 "bal rafa'" ini beda tujuan dan konteks..

157=»bahwa kalangan predator dinyatakan allah telah gagal mempermalukan seorang yesus dan gagal mencapai tujuan mereka yaitu menghabisi yesus..

158=»bahwa allah membersihkan nabi yesus dari anggapan-tuduhan-fitnah dll..itu diterangkan oleh "bal rafa"..

sementara ituh dulu..yang laen menyusul kalow uda kompi mode on..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Tue Feb 11, 2014 2:15 pm

@crescent-star wrote:@ bung KH
bung mengatakan tugas utama Yesus adalah mengajarkan dan menemukan 10 suku yg hilang, sebab itulah beliau tidak boleh mati dulu.
dan menurut bung jika sudah selesai menemukan 10 suku tsb maka selesailah tugas dan wafatlah beliau.

nah saya tanya sudah ketemu belum 10 suku israil tsb ??? ...kalau sudah sebutkan sekarang ada dimana saja 12 suku tsb ????

Al Qur'an tidak menceritakan secara detail tentang apa yang anda tanyakan, melainkan Allah telah mengangkat / meninggikan harkat derajat / martabat Nabi Isa as dari tuduhan orang-orang Yahudi sebagaimana dapat anda baca dalam Ali Imran 3:55/56.  Artinya, Allah mengakui bahwa Nabi Isa as sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Sehubungan dengan 10 suku Bani Israil yang hilang, ada baiknya jika anda baca links berikut:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sepuluh_Suku_yang_Hilang
http://www.alislam.org/topics/jesus/


Terakhir diubah oleh Kedunghalang tanggal Thu Feb 13, 2014 11:55 am, total 1 kali diubah

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan on Tue Feb 11, 2014 5:09 pm

@om star
sebab dhomir "hu" di
sana Isa sbg kesatuan utuh jasad dan
ruh,
"hu" ini merupakan dhommir dari kata yang manah mas?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Sun Feb 16, 2014 10:38 pm

@abu hanan wrote:@om star
sebab dhomir "hu" di
sana Isa sbg kesatuan utuh jasad dan
ruh,
"hu" ini merupakan dhommir dari kata yang manah mas?

Mungkin, maksudnya dalam kata "Bal rafa'ahu" (An-Nisa 4:158/159) yang artinya: Sebaliknya, dia (Nabi Isa as) diangkat.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan on Sun Mar 09, 2014 11:18 pm

@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:@om star
sebab dhomir "hu" di
sana Isa sbg kesatuan utuh jasad dan
ruh,
"hu" ini merupakan dhommir dari kata yang manah mas?

Mungkin, maksudnya dalam kata "Bal rafa'ahu" (An-Nisa 4:158/159) yang artinya: Sebaliknya, dia (Nabi Isa as) diangkat.
bukan..itu bisa diurus belakang karena sayah bingung ketika "rafa" dikaitkan dengan sholabu..karena sesuatu yang gak berkaitan tiba2 menjadi terikat..

@om star

dalam ayat diatas proses pengangkatan terjadi PASCA isa meninggal dunia. (memang banyak mufasirin bersilang pendapat ttg ayat ini).
pengangkatan di sana sehubungan firman Allah bahwa "penyembah dan yg disembah akan dijadikan bahan bakar api neraka" bahwa "penyembah dan yang disembah akan dikumpulkan bersama" ...nah pada saat itulah "isa akan diangkat dari kerumunan orang2 kafir yg menyembahnya dan membersihkan dari orang2 kafir tsb. jadi mengangkat di sana bukan pingsan, karena kematian disebutkan di awal.
jadi pengangkatan isa ini dilakukan di kiamat?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan on Sun Mar 09, 2014 11:28 pm

pak kedung

@ Abu Hanan

Apakah pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan TATA BAHASA?
anda berhak tidak menjawab pertanyaan yang tidak terkait tata basa di trit ini..garansi uang kembali by sayah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Mon Apr 14, 2014 1:37 pm

@abu hanan wrote:
@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:@om star
sebab dhomir "hu" di
sana Isa sbg kesatuan utuh jasad dan
ruh,
"hu" ini merupakan dhommir dari kata yang manah mas?

Mungkin, maksudnya dalam kata "Bal rafa'ahu" (An-Nisa 4:158/159) yang artinya: Sebaliknya, dia (Nabi Isa as) diangkat.
bukan..itu bisa diurus belakang karena sayah bingung ketika "rafa" dikaitkan dengan sholabu..karena sesuatu yang gak berkaitan tiba2 menjadi terikat..

@om star

dalam ayat diatas proses pengangkatan terjadi PASCA isa meninggal dunia. (memang banyak mufasirin bersilang pendapat ttg ayat ini).
pengangkatan di sana sehubungan firman Allah bahwa "penyembah dan yg disembah akan dijadikan bahan bakar api neraka" bahwa "penyembah dan yang disembah akan dikumpulkan bersama" ...nah pada saat itulah "isa akan diangkat dari kerumunan orang2 kafir yg menyembahnya dan membersihkan dari orang2 kafir tsb. jadi mengangkat di sana bukan pingsan, karena kematian disebutkan di awal.

jadi pengangkatan isa ini dilakukan di kiamat?

Pengangkatan harkat derajat Nabi Isa as di sisi-Nya juga dapat dibuktikan di dunia ini juga. Buktinya, umat Islam menghormati Nabi Isa as (shirataladzina anamta alaihim) sebagai utusan Allah yang benar, walaupun orang-orang Yahudi mempercayainya dengan tidak yakin bahwa Nabi Isa as telah dibunuh lewat penyaliban (maghduubi alaihim), tetapi orang-orang Kristen mempercayai darah Nabi Isa as dalam penyaliban itu diguanakan sebagai dalil akidah mereka untuk penebusan dosa (dhallin).

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan on Tue Apr 15, 2014 12:29 am

@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:
@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:@om star
sebab dhomir "hu" di
sana Isa sbg kesatuan utuh jasad dan
ruh,
"hu" ini merupakan dhommir dari kata yang manah mas?

Mungkin, maksudnya dalam kata "Bal rafa'ahu" (An-Nisa 4:158/159) yang artinya: Sebaliknya, dia (Nabi Isa as) diangkat.
bukan..itu bisa diurus belakang karena sayah bingung ketika "rafa" dikaitkan dengan sholabu..karena sesuatu yang gak berkaitan tiba2 menjadi terikat..

Pengangkatan harkat derajat Nabi Isa as di sisi-Nya juga dapat dibuktikan di dunia ini juga. Buktinya, umat Islam menghormati Nabi Isa as (shirataladzina anamta alaihim) sebagai utusan Allah yang benar, walaupun orang-orang Yahudi mempercayainya dengan tidak yakin bahwa Nabi Isa as telah dibunuh lewat penyaliban (maghduubi alaihim), tetapi orang-orang Kristen mempercayai darah Nabi Isa as dalam penyaliban itu diguanakan sebagai dalil akidah mereka untuk penebusan dosa (dhallin).
yang sayah kamsutkan adalah : gimana "Bal rafa'ahu" ini HANYA bermakna ;
1."Pengangkatan harkat derajat"
2.pengangkatan fisik

2 hal itu tentu butuh penjelasan yang berbeda atow mungkin terpisah..gak masalah..karena trit ini emang disediakan untuk menampung penjelasan itu..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Tue Apr 15, 2014 2:05 am

@abu hanan wrote:
@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:
@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:@om star

"hu" ini merupakan dhommir dari kata yang manah mas?

Mungkin, maksudnya dalam kata "Bal rafa'ahu" (An-Nisa 4:158/159) yang artinya: Sebaliknya, dia (Nabi Isa as) diangkat.
bukan..itu bisa diurus belakang karena sayah bingung ketika "rafa" dikaitkan dengan sholabu..karena sesuatu yang gak berkaitan tiba2 menjadi terikat..

Pengangkatan harkat derajat Nabi Isa as di sisi-Nya juga dapat dibuktikan di dunia ini juga. Buktinya, umat Islam menghormati Nabi Isa as (shirataladzina anamta alaihim) sebagai utusan Allah yang benar, walaupun orang-orang Yahudi mempercayainya dengan tidak yakin bahwa Nabi Isa as telah dibunuh lewat penyaliban (maghduubi alaihim), tetapi orang-orang Kristen mempercayai darah Nabi Isa as dalam penyaliban itu diguanakan sebagai dalil akidah mereka untuk penebusan dosa (dhallin).
yang sayah kamsutkan adalah : gimana "Bal rafa'ahu" ini HANYA bermakna ;
1."Pengangkatan harkat derajat"
2.pengangkatan fisik

2 hal itu tentu butuh penjelasan yang berbeda atow mungkin terpisah..gak masalah..karena trit ini emang disediakan untuk menampung penjelasan itu..

1. Maksudnya nama baik Nabi Isa as terjaga ketimbang para penentangnya (Ali Imran 3:55/56).
2. Tidak ada pengangkatan fisik, karena Nabi Isa as tidak dibunuh dan tidak juga mati ditiang salib.

Kata "rafa" tidak dikaitkan dengan "sholabu", karena ayatnya pun dipisahkan atau berbeda nomor ayat.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by abu hanan on Thu Apr 17, 2014 11:51 pm

@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:
yang sayah kamsutkan adalah : gimana "Bal rafa'ahu" ini HANYA bermakna ;
1."Pengangkatan harkat derajat"
2.pengangkatan fisik

2 hal itu tentu butuh penjelasan yang berbeda atow mungkin terpisah..gak masalah..karena trit ini emang disediakan untuk menampung penjelasan itu..

1. Maksudnya nama baik Nabi Isa as terjaga ketimbang para penentangnya (Ali Imran 3:55/56).
2. Tidak ada pengangkatan fisik, karena Nabi Isa as tidak dibunuh dan tidak juga mati ditiang salib.

Kata "rafa" tidak dikaitkan dengan "sholabu", karena ayatnya pun dipisahkan atau berbeda nomor ayat.
justru rafa itu terkait dengan peristiwa sholabu..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Sat May 10, 2014 11:50 pm

@abu hanan wrote:
@Kedunghalang wrote:
@abu hanan wrote:
yang sayah kamsutkan adalah : gimana "Bal rafa'ahu" ini HANYA bermakna ;
1."Pengangkatan harkat derajat"
2.pengangkatan fisik

2 hal itu tentu butuh penjelasan yang berbeda atow mungkin terpisah..gak masalah..karena trit ini emang disediakan untuk menampung penjelasan itu..

1. Maksudnya nama baik Nabi Isa as terjaga ketimbang para penentangnya (Ali Imran 3:55/56).
2. Tidak ada pengangkatan fisik, karena Nabi Isa as tidak dibunuh dan tidak juga mati ditiang salib.

Kata "rafa" tidak dikaitkan dengan "sholabu", karena ayatnya pun dipisahkan atau berbeda nomor ayat.

justru rafa itu terkait dengan peristiwa sholabu..

Maksud saya, upaya penyaliban yang tidak berhasil itu terjadi karena orang-orang Yahudi menuduh Nabi Isa as sebagai Nabi Palsu atau Al Masih Palsu sehingga, menurut orang-orang Yahudi, Nabi Isa as harus mati terkutuk dengan cara dibunuh atau disalib.  Jika tuduhan orang-orang Yahudi itu benar, maka Nabi Isa as seharusnya sudah mati atau disalib. Tetapi, justru yang terjadi sebaliknya, Allah mengangkat harkat derajat Nabi Isa as di sisi-Nya (itulah yang dimaksud "rafa" dalam An-Nisa 4:159160) dan Dia menjaga nama baik Nabi Isa as dari segala tuduhan para penentangnya (orang-orang Yahudi), yang menurut Al Qur'an mereka itu adalah MAGHDUBI (yang dimurkai-Nya, Al Fatihah 1:7).

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by SEGOROWEDI on Sun May 11, 2014 10:18 am

@Kedunghalang wrote:
Maksud saya, upaya penyaliban yang tidak berhasil itu terjadi karena orang-orang Yahudi menuduh Nabi Isa as sebagai Nabi Palsu atau Al Masih Palsu

mana ayatnya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Kedunghalang on Sun May 11, 2014 11:05 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
Maksud saya, upaya penyaliban yang tidak berhasil itu terjadi karena orang-orang Yahudi menuduh Nabi Isa as sebagai Nabi Palsu atau Al Masih Palsu

mana ayatnya?

Tertulis dalam judul topik.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by SEGOROWEDI on Sun May 11, 2014 11:17 am


manaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?
tuduhan nabi/almasih palsunya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: KUPAS TUNTAS "AN-NISA : 156-157-158" dari TATA BAHASA

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 23 dari 25 Previous  1 ... 13 ... 22, 23, 24, 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik