FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

gerhana dan kiamat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

gerhana dan kiamat

Post by keroncong on Mon Jun 04, 2012 1:15 pm

Kiamat adalah kejadian yang wajib diimani oleh setiap muslim. Dan mengimaninya adalah bagian dari rukun iman yang enam itu. Sehingga seorang muslim yang secara tegas menolak kebenaran akan terjadinya hari kiamat, dianggap mengingkari salah satu rukun iman dan otomatis dianggap kufur.

Allah SWT dan Rasulullah SAW telah memberi petunjuk tentang tanda-tanda hari kiamat itu. Dan para ulama telah membuat daftar tanda-tanda itu yang dikumpulkan dari sekian banyak hadits yang berserakat. Mereka kemudian membuat daftar dan mengklasifkasi tanda-tanda itu menjadi dua besar. Yaitu tanda kiamat Sughra dan kiamat Kubra.

Dan diantara tanda-tanda kiamat kubro yang dijelaskan dalam banyak nash Sunnah Rasulullah SAW, memang kita mendapatkan adanya fenomema gerhana.

Dalam kitab yang berjudul “Asyraatus Saa`ah” karya Yusuf bin Abdullah bin yusuf al-Wail disebutkan paling tidak ada sekitar 57 tanda-tanda kiamat sughro dan ada sekitar 9 tanda kiamat Kubro. Dan salah satunya dari tanda kiamat kubro itu adalah terjadinya khusuf yang sering disebutkan dengan gerhana. Berdasarkan hadits berikut :

Dari Huzaifah Ibnu Usaid ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi hingga kamu melihat 10 tanda-tandanya . . .(diantaranya disebutkan) : tiga buah khusuf yaitu khusuf di timur, khusuf di barat dan khusuf di jazirah arabia. (HR. Muslim dalam kitab Al-Fitan wa Asyraatus Saa`ah 18:27-28 dengan syarah Nawawi).

“Dari Ummi Salamah berkata bahwa aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,”Akan terjadi sesudahku nanti khusuf di Timur, khusuf di Barat dan khusuf di jazirah arabia”. Aku bertanya,”Apakah akan terjadi khusuf sementara masih ada orang-orang shalih ?”. Beliau menjawab,” Ya, bila penduduknya memperbanyak khabats (kejahatan)”. HR. Tabrany).

Khusuf sendiri dalam istilah bahasa arab dikenal dengan gerhana bulan, sedangkan gerhana matahari diistilahkan dengan kusuf. Sedangkan Al-Quran selain menggunakan istilah khusuf ini untuk fenomena gerhana bulan, juga banyak menggunakan istilah khusuf dengan makna ditenggelamkan, dibenamkan, ditelan bumi atau dihancurkan.

Khusuf dengan makna gerhana bulan sebagai tanda dari qiyamat memang disebutkan di dalam Al-Quran yaitu pada ayat:

"Dan apabila bulan telah hilang cahayanya, dan matahari dan bulan dikumpulkan,".(QS.Al-Qiyamah : 7-8).

Sedangkan dengan makna ditenggelamkan atau dibenamkan misalnya pada ayat :

"Maka apakah mereka tidak melihat langit dan bumi yang ada di hadapan dan di belakang mereka? Jika Kami menghendaki, niscaya Kami benamkan mereka di bumi atau Kami jatuhkan kepada mereka gumpalan dari langit. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi setiap hamba yang kembali .".(QS. Saba` : 9).

"Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?,".(QS. Al-Mulk: 16).
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik