FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Tue Jun 05, 2012 2:46 pm

Apa bwetul nabi Yahya/John the Baptist tuh dipenggal kepala samah si kadas eh herodes?

baik dari alquran,bibel maupun pendekatan sejarah....silahkeun masuk dimari....


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by mang odoy on Wed Jun 06, 2012 3:39 am

jiahhhh..dah dibuatin lapaknya ternyata...wkwkwkwkwkwk

gimana nih mbah...??? lol

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Wed Jun 06, 2012 12:11 pm

@mang odoy wrote:jiahhhh..dah dibuatin lapaknya ternyata...wkwkwkwkwkwk

gimana nih mbah...??? lol
http://en.wikipedia.org/wiki/John_the_Baptist
ada penterjemah dari link diatas?helep mi dunk... :mon2:


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Wed Jun 06, 2012 5:00 pm

@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:jiahhhh..dah dibuatin lapaknya ternyata...wkwkwkwkwkwk

gimana nih mbah...??? lol
http://en.wikipedia.org/wiki/John_the_Baptist
ada penterjemah dari link diatas?helep mi dunk... :mon2:
up
masa' gak ada yg bantu sayah terjemahin basa enggreshnyah?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by Orang_Pinggiran on Wed Jun 06, 2012 6:30 pm

Tandain dulu.. piss
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by barabasmurtad on Sat Jun 09, 2012 1:25 pm

@abu hanan wrote:Apa bwetul nabi Yahya/John the Baptist tuh dipenggal kepala samah si kadas eh herodes?

baik dari alquran,bibel maupun pendekatan sejarah....silahkeun masuk dimari....

SAYA TIDAK AKAN MENERJEMAHKAN APA YANG DICATAT DALAM WIKIPEDIA, TETAPI SAYA AKAN MENYATAKAN APA YANG DICATAT OLEH INJIL TENTANG YOHANE PEMBAPTIS ITU.


P. Baru: Matius: 14
14:1. Pada masa itu sampailah berita-berita tentang Yesus kepada Herodes, raja wilayah.
14:2 Lalu ia berkata kepada pegawai-pegawainya: "Inilah Yohanes Pembaptis; ia sudah bangkit dari antara orang mati dan itulah sebabnya kuasa-kuasa itu bekerja di dalam-Nya."
14:3 Sebab memang Herodes telah menyuruh menangkap Yohanes, membelenggunya dan memenjarakannya, berhubung dengan peristiwa Herodias, isteri Filipus saudaranya.
14:4 Karena Yohanes pernah menegornya, katanya: "Tidak halal engkau mengambil Herodias!"
14:5 Herodes ingin membunuhnya, tetapi ia takut akan orang banyak yang memandang Yohanes sebagai nabi.
14:6 Tetapi pada hari ulang tahun Herodes, menarilah anak perempuan Herodias di tengah-tengah mereka dan menyukakan hati Herodes,
14:7 sehingga Herodes bersumpah akan memberikan kepadanya apa saja yang dimintanya.
14:8 Maka setelah dihasut oleh ibunya, anak perempuan itu berkata: "Berikanlah aku di sini kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam."
14:9 Lalu sedihlah hati raja, tetapi karena sumpahnya dan karena tamu-tamunya diperintahkannya juga untuk memberikannya.
14:10 Disuruhnya memenggal kepala Yohanes di penjara
14:11 dan kepala Yohanes itupun dibawa orang di sebuah talam, lalu diberikan kepada gadis itu dan ia membawanya kepada ibunya.

14:12 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes Pembaptis mengambil mayatnya dan menguburkannya. Lalu pergilah mereka memberitahukannya kepada Yesus.

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 73
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Sat Jun 09, 2012 1:33 pm

trims pak murtad....sambil menunggu kesediaan relawan menerjemahkan link diatas sementara sumbangan anda ditampung dulu..
piss


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by barabasmurtad on Mon Jun 11, 2012 9:22 am

@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:jiahhhh..dah dibuatin lapaknya ternyata...wkwkwkwkwkwk

gimana nih mbah...??? lol
http://en.wikipedia.org/wiki/John_the_Baptist
ada penterjemah dari link diatas?helep mi dunk... :mon2:

SAYA SEDANG MENERJEMAHKAN UNTUK ANDA TAPI KARENA JUMLAHNYA CUKUP BANYAK HARAP BERSABAR

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 73
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Mon Jun 11, 2012 3:10 pm

sambil nunggu bantuan pak murtad...sayah pikir kok aneh ya..kematian john the baptis tuh apa terjadi di masa gubernur pontius?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by EbisuSensei on Mon Jun 11, 2012 4:15 pm

@abu hanan wrote:sambil nunggu bantuan pak murtad...sayah pikir kok aneh ya..kematian john the baptis tuh apa terjadi di masa gubernur pontius?

Kalo dari wiki, dipenggal oleh Herod Antipas.

Tak lama setelah pembaptisan Yesus, Yohanes dipenjarakan karena mengecam pernikahan Raja Herodes Antipas dengan Herodias, isteri saudara sepupunya. Pada suatu pesta di istana, Herodes sangat bersukaria atas tarian Salome, putri Herodias, dan berjanji akan memberikan apa saja yang diminta. Gadis itu bertanya kepada Herodias, maka Herodias menuntut kepala Yohanes dan Herodes pun memerintahkan untuk memenggal Yohanes.

Kisah ini tercatat dalam ketiga Injil Sinoptik: Matius 14:1-12, Markus 6:14-29, dan Lukas 9:7-9
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Mon Jun 11, 2012 4:22 pm

@EbisuSensei wrote:
@abu hanan wrote:sambil nunggu bantuan pak murtad...sayah pikir kok aneh ya..kematian john the baptis tuh apa terjadi di masa gubernur pontius?

Kalo dari wiki, dipenggal oleh Herod Antipas.

Tak lama setelah pembaptisan Yesus, Yohanes dipenjarakan karena mengecam pernikahan Raja Herodes Antipas dengan Herodias, isteri saudara sepupunya. Pada suatu pesta di istana, Herodes sangat bersukaria atas tarian Salome, putri Herodias, dan berjanji akan memberikan apa saja yang diminta. Gadis itu bertanya kepada Herodias, maka Herodias menuntut kepala Yohanes dan Herodes pun memerintahkan untuk memenggal Yohanes.

Kisah ini tercatat dalam ketiga Injil Sinoptik: Matius 14:1-12, Markus 6:14-29, dan Lukas 9:7-9
dan yg jadi pertanyaan sayah,apakah keputusan herodes juga diketahui pontius?
herodes dan pontius sbg gubernur mesti dicermati hubungan strukturalnyah...kemudian kalow herodes KEBAKARAN GIGI karena yohanes bilang HARAM utk pernikahan dg herodias apa itu BUKTI bahwa HERODES adalah yahudi?
sejak kapan seh bangsa romawi PEDULI dg halal/haram nikahi muhrim?
setelah itu baru menginjak ke hukum pancung romawi.pemenggalan nabi yahya/john baptist bukan peristiwa sepele jadi mesti ada catatan sejarah.



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by EbisuSensei on Mon Jun 11, 2012 5:27 pm

@abu hanan wrote:dan yg jadi pertanyaan sayah,apakah keputusan herodes juga diketahui pontius?
herodes dan pontius sbg gubernur mesti dicermati hubungan strukturalnyah...

Yang ini saya belum nemu di wiki. Walau saya nunggu terjemahan bung murtad, namun masih saya cari, walau bahasa inggris saya amburadul.. :study: :study:
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Fri Jun 15, 2012 1:55 pm

sungguh merupakan kesulitan tersendiri ketika kita mendapati bahwa nabi yahya/john the baptist dan nabi isa/yesus jika keduanya adalah hidup sejaman bahkan seusia.

berita kedua beliow di kandung oleh bunda masing2 seperti yg dikabarkan bibel membawa kesimpulan bahwa keduanya berusia gak terpaut jauh.tetapi menjadi keganjilan ketika nabi yahya/john DIPENGGAL kepala oleh herodes.

what yg terjadi???
Lukas 1:5 menyatakan kelahiran Yesus di “masa Herodes, Raja Yudea,” yang mati pada tahun 4 SM
Lukas 1; 38 Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Lukas 1;41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus,
Lukas 1;42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
Lukas 1; 57 Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan iapun melahirkan seorang anak laki-laki.

anak yg berada di dalam kandungan maryam adalah nabi isa/yesus dan bu elizabeth belum hamil ketika kedua wanita itu bertemu.
sehingga usia janin nabi isa lebih tua dibandingkan dengan nabi yahya.dan persamaan kedua beliow adalah LAHIR TANPA DIDAHULUI PROSES SEKSUAL. dan

"Dan damai atas dirinya pada hari ia dilahirkan, pada hari ia meninggal, dan hari itu ia akan dibangkitkan untuk hidup." (Maryam 19:15) untuk nabi yahya/john the baptist

"Dan damai atas dirinya pada hari ia dilahirkan, pada hari ia meninggal, dan hari itu ia akan dibangkitkan untuk hidup." (Maryam 19:33) untuk nabi isa/yesus

apa betul nabi yahya bertemu herodes?sedangkan herodes mati thn 4 M...taruhlah nabi yahya lahir thn 10 SM maka beliow masih berusia 14 thn ketika mengeluarkan fatwa HARAM bagi pernikahan herodes,dan nabi isa mesti berusia lebih tua..

keganjilan berikutnyah adalah apabila herodes memerintahkan pemenggalan kepala timbul pertanyaan;
keputusan itu dilakukan oleh siapa?dan juga menunjukkan bahwa herodes antipas tidak memerintah yerusalem.

dan yg menjadi kesimpulan awal bahwa Herodes adalah keturunan YAHUDI.kalow herodes adalah romawi tulen lha ngapain juga pake tanya hukum menikahi keponakan....

kemungkinan ;
1.bani israil adalah bangsa pembunuh nabi MENJADI BENAR jika herodes terbukti membunuh nabi yahya sekeluarga.
2.bani israil adalah bangsa pembunuh nabi MENJADI BENAR jika nabi isa terbukti menjalani prosesi hukum PANTEK.

kemungkinan buruk ;
1.bani israil adalah bangsa pembunuh nabi MENJADI SALAH jika herodes TIDAK terbukti membunuh nabi yahya sekeluarga.
2.bani israil adalah bangsa pembunuh nabi MENJADI SALAH jika nabi isa TIDAK terbukti menjalani prosesi hukum PANTEK.

ada tambahan info?sakauw mode on.. :mabuk


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by hamba tuhan on Fri Jun 15, 2012 6:01 pm

sumbang dikit aja.....


إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآَيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa alasan yang benar, dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, maka gembirakanlah mereka dengan siksa yang pedih". (QS. Ali Imran: 21)

Mat. 23:37 "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

mau... :study:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by Theleb_boy on Fri Jun 15, 2012 7:32 pm

@hamba tuhan wrote:sumbang dikit aja.....


إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآَيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa alasan yang benar, dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, maka gembirakanlah mereka dengan siksa yang pedih". (QS. Ali Imran: 21)

Mat. 23:37 "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

mau... :study:

Saya juga mau dong sumbangannya nyerah

http://www.laskarislam.com/t2752-ibadah-haji#22554
avatar
Theleb_boy
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 198
Location : Purwokerto
Join date : 24.05.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Fri Jun 15, 2012 7:42 pm

@Theleb_boy wrote:
@hamba tuhan wrote:sumbang dikit aja.....


إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآَيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa alasan yang benar, dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, maka gembirakanlah mereka dengan siksa yang pedih". (QS. Ali Imran: 21)

Mat. 23:37 "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

mau... :study:

Saya juga mau dong sumbangannya nyerah

http://www.laskarislam.com/t2752-ibadah-haji#22554
wani piro ???
ketiwi


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by hamba tuhan on Fri Jun 15, 2012 7:54 pm

@abu hanan wrote:
@Theleb_boy wrote:
@hamba tuhan wrote:sumbang dikit aja.....


إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآَيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa alasan yang benar, dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, maka gembirakanlah mereka dengan siksa yang pedih". (QS. Ali Imran: 21)

Mat. 23:37 "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

mau... :study:

Saya juga mau dong sumbangannya nyerah

http://www.laskarislam.com/t2752-ibadah-haji#22554
wani piro ???
ketiwi

yadah saya nambah dikit lg.... heheeeee...


Sesungguhnya Allah telah mendengar perkatan orang-orang yang mengatakan: "Sesunguhnya Allah miskin dan kami kaya". Kami akan mencatat perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar, dan Kami akan mengatakan (kepada mereka): "Rasakanlah olehmu azab yang mem bakar". (Ali Imran:181 ﴿

nabi-nabi mana aja yg telah mereka bunuh tanpa alasan yang benar ya?????

bingung bingung
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by Theleb_boy on Fri Jun 15, 2012 7:55 pm

@abu hanan wrote:
@Theleb_boy wrote:
@hamba tuhan wrote:sumbang dikit aja.....


إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآَيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa alasan yang benar, dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, maka gembirakanlah mereka dengan siksa yang pedih". (QS. Ali Imran: 21)

Mat. 23:37 "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

mau... :study:

Saya juga mau dong sumbangannya nyerah

http://www.laskarislam.com/t2752-ibadah-haji#22554
wani piro ???
ketiwi

Sa'Ikhlase.
Masa sumbangan wani piro piss
avatar
Theleb_boy
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 198
Location : Purwokerto
Join date : 24.05.12
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by barabasmurtad on Sat Jun 16, 2012 12:47 pm

@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:jiahhhh..dah dibuatin lapaknya ternyata...wkwkwkwkwkwk

gimana nih mbah...??? lol
http://en.wikipedia.org/wiki/John_the_Baptist
ada penterjemah dari link diatas?helep mi dunk... :mon2:

SDR ABU HANAN, MENANGGAPI PERMINTAAN ANDA DALAM
ada penterjemah dari link diatas?helep mi dunk...
DENGAN INI SAYA POSTINGKAN TERJEMAHANNYA UNTUK ANDA

Yohanes Pembaptis
John the Baptist (Hebrew: יוחנן המטביל, Yoḥanan ha-mmaṭbil, Arabic: يحيى بن زكريا‎ Yahya ibn Zakariya[1],Aramaic: ܝܘܚܢܢ Yoḥanan, Greek: Ὁ Ἅγιος/Τίμιος Ἐνδοξος Προφήτης, Πρόδρομος καὶ Βαπτιστής Ἰωάννης Ho Hágios/Tímios Endoxos, Profḗtēs, Pródromos, kaì Baptistḗs Ioánnes)[2][3][4][5] (dead c. AD 28[6]) adalah seorang
Pengkhotbah keliling dan seorang tokoh agama besar yang disebut dalam Injil Kanonik dan Qur’an. Ia dilukiskan dalam Injil Lukas sebagai seorang kerabat Yesus yang memimpin gerakan pembaptisan di Sungai Yordan. Beberapa satrjana menyatakan bahwa ia dipengaruhi oleh pengajaran Essenes (sebuah sekte Kedua Bait Allah Yudaisme yang berkembang dari abad ke-2 SM sampai abad ke-1M yang oleh beberapa sarjana diklaim telah memisahkan diri dari keimaman Zadok) yang berfaham semi-asketis dan yang berharap kepada hari kiamat dan yang praktik ritualnya berhubungan secara kuat dengan baptisan sekalipun tidak ada bukti langsung untuk memperkuat hal itu. Dalam Kekristenan,Islam, Bahai dan Mandaeisme, Yohanes dianggap sebagai seorang nabi.

Sebagian besar sarjana Alkitab setuju bahwa Yohanes yang membaptis Yesus di “Betania di luar Sungai Yordan” dengan menyeberanginya bersama2 Yesus yang datang dari sebelah timur . yohanes Pembaptis juga disebut namanya oleh sejarahwan Yahudi Josephus, inAramaic Matthew, in Pseudo-Clementine, and in theQur'an. Catatan tentang Yohanes dalam Perjanjian Baru muncul di dalam Yosefus, sehingga tidak ada catatan sejarah tentang Yohanes Pembaptis dari sekitar periode hidupnya.

Yohanes mengantisipasi seorang sosok mesianik yang lebih besar dari dirinya sendiri dan dalam Perjanjian Baru, Yesus adalah yang dinubuatkan kedatanganNya oleh Yohanes. Orang2 Kristen secara umum menunjuk Yohanes sebagai seorang pendahulu atau pelopor dari Yesus, karena Yohanes memebritakan kedatangan Yesus. Yohanes juga diidentifikasikan sebagai nabi Elia. Beberap pengikut awal Yesus adalah orang2 yang menjadi pengikut Yohanes. Beberapa sarjana berspekulasi bahwa untuk beberapa lama, Yesus sendiri adalah murid Yohanes namun pandangan ini diperselisihkan.

Nubuatan Perjanjian Lama
Orang Kristen memercayai bahwa Yohanes Pembaptis memiliki peran khusus yang ditahbiskan oleh Allah sebagai seorang pelopor atau pendahulu Yesus yang dinubuatkan sebagai Mesias. Injil Perjanjian Baru membicarakan tentang peran ini. Dalam Luk.1:17 peran Yohanes ditunjuk yang “mengubah hati bapa2 kepada anaknya dan orang2 yang tidak taat menjadi orang yang tunduk kepada yang benar, dan mempersiapkan orang2 agar siap menyambut Tuhan.” Dalam Lukas 1:76 dikatakan
“… engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, .”
Lukas 1:77 “untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, .”

Ada banyak pasal dalam Perjanjian Lama yang diterjemahkan oleh orang2 Kristen sebagai nubuatan tentang peran Yohanes Pembaptis. Hal ini mencakup sebuah pasal dalam Maleakhi 3:1 yang menunjuk kepada seorang nabi yang akan mempersiapkan tempat bagi Tuhan.

Mal 3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam.

Juga pada akhir pasal berikut dalam Maleakhi 4:5-6 dikatakan:

Mal 4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.
Mal 4:6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Orang2 Yahudi pada zaman Yesus mengharapkan Elia dating sebelum Mesias; memang, beberapa orang Yahudi modern masih menantikan kedatangan Elia seperti halnya dengan di dalam Cawan Elia, seorang Nabi dalam Paskah Seder (sebuah perayaan ritual yang menandakan awal dari masa istirahat pada Paskah Yahudi yang diadakan pada sore hari tanggal 14 Nisan dari kalender Ibrani dan dirayakan pada tanggal 15 oleh orang2 Yahudi yang taat yang hidup di luar Israel yaitu pada akhir Maret atau April pada kalender Gregorian. Merupakan sebuah ritual yang diselenggarakan oleh sebuah komunitas atau oleh beberapa generasi keluarga, yang mencakup periwayatan kembali kisah pembebasan orang2 Israel dari perbudakan dari Mesir. Kisah ini terdapat dalam Kitab Keluaran [Shemot] Alkitab Ibrani)
Itulah sebabnya mengapa para murid bertanya kepada Yesus dalam Mat.17:10: “Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?"
Kemudian Yesus mengatakan kepada murid2Nya bahwa Elia datang dalam pribadi Yohanes Pembaptis,

Mat 17:11 Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu
Mat 17:12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka."
Mat 17:13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

Pasal2 ini ditambahkan kepada Injil Yohanes dalam Injil Sinoptik. Injil Yohanes menunjukkan bahwa Yohanes Pembaptis menyangkal hal ini,

Joh 1:19 Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: "Siapakah engkau?"
Joh 1:20 Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: "Aku bukan Mesias."
Joh 1:21 Lalu mereka bertanya kepadanya: "Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?" Dan ia menjawab: "Bukan!" "Engkaukah nabi yang akan datang?" Dan ia menjawab: "Bukan!"

Cerita dalam Injil
Keempat Injil Kanonik mencatat pelayanan Yohanes Pembaptis, demikian pula Injil non Kanonik: Injil Ibrani yang melukiskannya sebagai yang menyatakan kedatangan Kristus. Dalam Injil Sinoptik (Markus, Matius dan Lukas), Yesus dibaptis oleh Yohanes.


Kelahiran dan masa bayi

Artikel utama: “Kelahiran Yohanes Pembaptis”
Injil Lukas mencakup sebuah catatan tentang masa bayi Yohanes, yang diperkenalkan sebagai anak laki2 Zakharia, seorang laki2 tua dengan istrinya Elisabet yang mandul. Menurut catatan ini, kelahiran Yohanes telah dinubuarkan oleh malaikat Gabriel kepada Zakharia ketika ia sedang melayani sebagai imam di Bait Allah di Yerusalem. Karena Zakharia dilukiskan sebagai sebagai seorang imam dari rombonga Abia dan istrinya, Elisabet sebagai salah seorang keturunan Harun, maka hal ini akan membuat Yohanes sebagai seorang keturunan Harun baik dari pihak ayahnya maupun dari pihak ibunya.

Tidak disebutkan adanya hubungan kekeluargaan antara Yohanes dan Yesus dalam Injil2 yang lain dan Raymond E. Brown telah melukiskannya sebagai “sejarah yang meragukan”. Geza Vermes menyebutnya sebagai “ciptaan Lukas yang tidak diragukan”. Sebaliknya, John Calvin dan John Wesley telah menegaskan hal ini sebagai kebenaran ilahi dan tidak menemukan masalah dengan kesejarahannya. Di atas dasar catatan dalam Lukas, penanggalan perayaan Yohanes Pembaptis ditempatkan pada 24 Juni, yaitu enam bulan sebelum Natal.

Zakharia kehilangan suaranya karena perintah dan nubuatan malaikat Gabriel dan dikembalikan pada saar Zakharia member nama kepada Yohanes.

Banyaknya persamaan antara catatan kealhirn Yohanes dan Samuel dari Perjanjian Lama telah memimpin para sarjana untuk member kesan bahwa kisah kelahiran Yohanes dalam Injil Lukas dan isyarat kelahiran Yesus meneladani kelahiran Samuel.

Keempat Injil kanonik menghubungkan khorbah dan baptisan Yohanes di Sungai Yordan. Yang terutama adalah bahwa dialah yang mengenali Yesus sebagai Mesias dan yang membaptiskan Dia. Baptisan itu menandakan pemulaan pelayanan Yesus. Injil2 Markus, Matius dan (yang paling jelas) Lukas menyatakan bahwa Yesus datang dari Galilea kepada Yohanes di Yudea untuk kemudian dibaptis olehnya, dimana Roh Kudus turun atas Yesus dan sebuah suara dari Surga menyatakan kepadanya bahwa Dia sebagai Anak Allah. Injil Yohanes tidak mencatat baptisan Yesus oleh Yohanes, tetapi mencatat Yohanes yang memperkenalkan Yesus kepada murid2nya sebagai “Domba Allah” (Yoh.1:29-36).

Karena diakui oleh orang2 Kristen sebagai seorang yang tidak berdosa, meskipun demikian Yesus menerima baptisan Yohanes yang merupakan tanda pertobatan (Mrk.1:4). Hal ini dicatat dalam Injil Matius, yang melukiskan penol;akan Yohanes untuk membaptis Yesus dengan berkata “Akulah yang perlu dibaptis olehMu”, namun Yesus membujuk Yohanes untuk membaptisNya.

Injil Yohanes mencatat bahwa murid2 Yesus sedang membaptis dan sebuah perdebatan muncul di antara beberapa murid Yohanes dengan seorang Yahudi tentang penyucian. Dalam perdebatan ini Yohanes memperdebatkan bahwa Yesus “harus menjadi lebih besar,” sedangkan dia (Yohanes) “harus menjadi semakin kecil.” Injil Yohanes kemudian menunjukkan bahwa murid2 Yesus membaptis lebih banyak dibandingkan Yohanes (Yoh.4:2). Kemudian, Injil itu mengisahkan bahwa Yesus memandang Yohanes sebagai “Ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu” (Yoh.5:35). Kitab Para Rasul melukiskan murid2 Yohanes sebagai yang akhirnya bergabung dengan pengikut2 Yesus (Kis.18:24-19:6), sebuah perkembangan yang tidak dicatat oleh Injil2 kecuali untuk kasus awal Andreas, saudara Simon Petrus (Yoh.1:35-42).

Namun demikian, beberapa sarjana seprti Harold W. Attridge berpendapat bahwa status Yohanes sebagai seorang yang “sadar diri dan seorang pelopor Yesus yang berhati2” kemungkinan menjadi sebuah penemuan oleh orang2 Kristen mula2, yang menyanggah bahwa “bagi gereja mula2 merupakan sesuatu yang memalukan untuk menyatakan bahwa Yesus yang dalam pikiran mereka lebih unggul dari Yohanes Pembaptis, telah dibaptis olehnya.”

Kematian
Lihat juga Pemenggalan kepala Yohanes Pembaptis

Di dalam catatan Injil tentang kematian Yohanes, Herodes telah memenjarakan Yohanes karena mencela atas perkawinannya yang sumbang yang kemudian menghukum mati Yohanes dengan memenggal kepalanya. Yohanes mengutuk perkawinan Herodews dengan Herodias ( yang bukan saja istri terdahulu Filipus tetapi juga keponakan Herodes) sehingga melanggar Hukum Perjanjian Lama. Kemudian Salome, anak perempuan Herodias ( yang adalah cucu keponakan dan anak tiri Herodes) menari di hadapan Herodes yang menawarkan sebuah hadiah kepadanya. Herodias menyatakan kepadanya untuk meminta kepala Yohanes Pembaptis di atas sebuah talam (Mrk.6:14-29). Yosefus, sejarawan Yahudi di abad pertama memberikan sedikit perbedaan yang dicatat dalam Antiquities of the Jews. Yosefus menulis bahwa Herodes telah menangkap Yohanes karena is memiliki begitu banyak peng8ikut sehingga Herodes ketakutan mereka akan memulai suatu pemberontakan. Kemudian Herodes menjatuhkan hukuman mati kepadanya (Ant.18.116-118). Kemungkinan kedua catatn ini benar, karena Yosefus menulis tentang kematian Yohanes dalam sebuah bagian yang merincikan urusan politik Herodes. Herodes menganggap Yohanes sebagai sebuah ancaman, karena ia menentang Herodes dan memiliki banyak pengikut, maka Herodes ingin menyingkirkannya. Injil2 mengingatkan kembali pengajaran Yohanes, bahwa ia menyerukan Israel untuk memurnikan dirinya melalui baptisan (Mat.3:1-12), maka catatan Injil2 tentang kematian Yohanes berfokus pada alas an akhir Herodes yang telah memenjarakan Yohanes, sehingga bersifat keagamaan. Jadi sangat memungkinkan bahwa Herodes ingin memenjarakan Yohanes karena ia merupakan sebuah ancaman politik dan kutukan Yohanes atas perkawinan Hrodes merupakan “alas an terakhir”. Lihat James D.G. Dunn, Jesus Remembered, hal 377-379.

Yosefus tentang Yohanes Pembaptis
Sebuah catatan tentang Yohanes Pembaptis di temukan dalam seluruh naskah yang ada tentang Jewish Antiquities (buku 18, bab 5,2) olwh Flavius Yosefus (37-100).

Beberapa orang Yahudi berpendapat bahwa kehancuran Herodes datang dari Allahyang sangat adil dilaksanakan atas apa yang ia perbuat terhadap Yohanes Pembaptis, karena Herodes telah membunuhnya sekalipun ia orang yang baik dan yang memerintahkan orang Yahudi untuk melakukan kebajikan baik terhadap orang yang benar satu dengan yang lain, dan kesalehan terhadap Allah untuk kemudian dibaptis agar dibasuh (dengan air) sehingga diterima oleh Allah, bila mereka melaksankannya bukan dengan tujuan untuk meniadakan (atau mendapatkan pengampunan) dari beberapa jenis dosa, tetapi untuk penyucian tubuh, seandainya jiwanya telah disucikan sebelumnya melalui kebajikan. Ketika mengetahui begitu banyak orang datang kepadanya, karena mereka sangat digerakkan (atau dipuaskan) oleh pendengaran akan kata2nya, Herodes, yang takut kalau2 pengaruh Yohanes menguasai orang2 membuatnya berkuasa dan membuatnya cenderung untuk membangkitkan pemberontakan (karena kelihatannya mereka siap untuk melakukan apapun yang ia perintahkan), maka untuk kebaikannya ia membunuh Yohanes untuk mencegah kerusakan apapun yang dapat diakibatkan olehnya sehingga tidak membawanya kepada kesulitan dengan mengecualikan seorang laki2 yang akan membuatnya bertobat sebelum terlambat. Karena itu ia dikirim ke penjara, yang disebabkan oleh kecurigaan Herodes, kepada Makherus, istana yang sebelumnya telah saya sebut dan di sanalah ia dibunuh. Kini orang2 Yahudi memiliki pendapat bahwa pemusnahan angkatan perang ini dikirimkan sebagai hukuman atas Herodes yang merupakan tanda ketidaksenangan Allah atasnya.

Sebagaimana pasal2 dalam Yosefus yang berhubungan dengan tema2 Kristen tetap memperhatikan apakah pasal itu merupakan bagian teks orsinil Yosefus atau malah merupakan suatu tambahan yang dilakukan kemudian – yang dapat diberi penanggalan mundur tidak lebih dari awal abad ke-3 ketika ia dikutip oleh Origen dalam Contra Celsum. Menurut pasal ini, hukuman mati atas Yohanes disebabkan karena kekalahan yang diderita Herodes pada 36M. oenyimpanganb antara presentasi pasal ini dan catatan Alkitab tentang Yohanes mencakup baptisan bagi mereka yang jiwanya telah “disucikan sebelumnya dengan kebenaran” merupakan pengudusan dari tubuh dan bukan suatu pertobatan menyeluruh atas dosa (Mrk.1:4). Sarjana theologia John Dominic Crossan membedakan antara catatan Yosefus tentang Yohanes dan Yesus sbb: “Yohanes memiliki monopoli, tetapi Yesus memiliki waralaba.” Untuk mendapatkan baptisan, Crossan menulis, and hanya pergi kepada Yohanes dan untuk menghentikan gerakannya seseorang hanya perlu menghentikan Yohanes (karena itu gerakannya berakhir dengan kematiannya). Yesus mengundang semua orang untuk datang dan melihat bagaimana Dia dan kawan2Nya telah menerima Pemerintahan Allah, memasukinya dan menghidupinya. Praktik umum seprti itu bukan hanya untuk diriNya sendiri, tetapi dapat bertahan tanpa Dia, tidak seperti dalam gerakan Yohanes.

Peninggalan-Peninggalan
Tempat pemakaman Yohanes Pembaptis adalah di Sebaste, Samaria dan dikatakan bahwa peninggalannya dihargai sekitar abad ke-4. Sejarahwan Rufinus dan Theodoretu mencatat bahwa tempat suci itu dinajiskan oleh Yulian si Murtad sekitar tahun 362 dan tulang2nya dibakar secara terpisah. Sebagian dari peninggalan2 yang dapat diselamatkan dibawa ke Yerusalem, kemudian ke Aleksandria yang pada tanggal 27 Mei 395 ditempatkan di ‘basilika’ yang baru saja diresmikan sebagai Pelopor dari kuil Serapis. Namun, makam di Sebaste tetap berlanjut dan dikunjungi oleh peziarah2 saleh dan St Yerome bersaksi tentang mujizat2 yang terjadi di sana.

Sukar untuk menentukan apa yang terjadi dengan kepala Yohanes Pembaptis. Niceforus dan Simeon Metafrastes menyatakan bahwa Herodias telah menguburkannya di benteng Makhaerus (sesuai dengan apa yang dinyatakan Yosefus). Penulis2 lain mengatakan bahwa bahwa kepala itu dikuburkan di istana Herodes di Yerusalem; karena ditemukan selama pemerintahan Konstantin I yang kemudian secara rahasia dibawa ke Emesa di Fenisia, dimana kepala itu disembunyikan, sebuah tempat yang tidak diketahui selama bertahun2, sampai ia diwujudkan melalui pewahyuan dalam tahun 453. Meskipun demikian, kain pemenggalan kepala St. Yohanes disimpan di Katedral Aakhen. Gereja Ortodoks Kristen Kopttik juga mengklaim menyimpan peninggalan2 Yohanes Pembaptis. Semua ini ditemukan dalam sebuah biara di Mesir Bawah antara Kairo dan Aleksandria. Kemungkinan, dengan ijin dari para biarawan untuk melihat makam yang asli dimana reruntuhannya masih terdapat. Sebuah klaim yang mengherankan dan mengaburkan berhubungan dengan kota Halifaks di Yorkshire Barat, Kerajaan Inggris dimana kepala Pembaptis muncul di atas mantel resmi ngkatan bersenjata. Sebuah legenda untuk pertama kalinya dicatat di akhir abad 16 dan dilaporkan dalam laporan William Camden Britannia untuk nama tempat itu sebagai ‘halig’ (kudus) dan ‘fax’ (wajah), dengan menyatakan bahwa pendatang keagamaan pertama dari distrik itu membawa ‘face’/wajah Yohanes Pembaptis bersama mereka.

Berbagai daerah yang berbeda mengklaim memiliki kepala Yohanes Pembaptis yang terputus. Di antara mereka adalah: Mesjid Ummayad di Damsyik; San Silvestro di Capite di Roma, Residenz Museum di Munich, Jerman (tempat tinggal resmi Wittelsbach yang memerintah Bavaria dari 1385 sampai 1918). Kepala2 yang lain yang tidak lagi tersedia yang suatu kali disimpan oleh Knights Templar di Katedral Amiens di Perancis (dibawa pulang oleh Wallon de Sarton dari Fourth Crusade di Konstantinopel), di Antiokh di Turki (nasibnya tidak menentu) dan paroki gereja Tenterden di Kent, dimana ia diawetkan sampai Reformasi.

Tangan kanan Yohanes dengan apa ia membaptis Yesus diklaim berada di: biara Serbian Ortodoks Cetinje di Montenegro; Istana Topkapi di Istambul dan juga di Pelopor skete Romania di Gunung Athos. Tangan kiri Yohanes diduga diawetkan di Gereja Apostolik Armenian St. John di Chinsurah, Bengal Barat, dimana setiap tahun pada “Chinsurah Day” dalam bulan Januari ia memberkati orang2 Armenia di Kalkuta. Sebuah ruang bawah tanah dan peninggalan2 Yohanes dan yang disinggung dalam naskah2 abad 11 dan 16 ditemukan dalam 1969 selama restorasi Gereja St. Macarius di Monastery of Saint Macarius the Great di Scetes, Mesir; peninggalan2 tambahan diklaim terletak di Biara Grandzasar Katedral Yohanes Pembaptis di Nagorno Karabakh.

Kekristenan

Sekte2 Kristen Yahudi Awal
Di antara kelompok2 Kristen Yudaisme, kelompok Ebionit mempertahankan bahwa Yohanes bersama2 dengan Yesus dan Yakobus yang Benar – yang semuanya dihormati – adalah vegetarian. Epifanius dari Salamis mencatat bahwa kelompok ini telah mengubah Injil Matius yang sekarang dikenal sebagai Injil Ebionit dengan mengubah makanan Yohanes yaitu “belalang” menjadi “kueh madu” atau “manna”

Gereja Ortodoks Timur
Kepercayaan Gereja Ortodoks Timur adalah bahwa Yohanes merupakan nabi terakhir Perjanjian Lama, sehingga ia menjembatani antara periode wahyu dan Perjanjian Baru. Mereka juga mengajarkan bahwa setelah kematiannya maka Yohanes turun ke Hades/Neraka dan di sana sekali lagi ia memberitakan bahwa Yesus Sang Juruselamat akan dating, dan ia adalah Pembuka Jalan Bagi Kristus dalam kematian sebagaimana dalam hidup. Menurut Tradisi yang Dikuduskan (Sacred Tradition), Yohanes Pembaptis muncul pada saat kematian mereka yang belum mendengarkan Injil Kristus dan memberitakan Kabar Baik itu kepada mereka agar semua orang mendapatkan kesempatan untuk diselamatkan. Gereja2 Ortodoks seringkali memiliki ikon/icon Yohanes Pembaptis dalam sebuah tempat terhormat di iconostatis, dan ia seringkali didisinggung selama Upacara Keagamaan. Setiap hari Selasa sepanjang tahun didedikasikan untuk memperingatinya.

Gereja Ortodoks Timur mengingat St. Yohanes sebagai Pelopor dalam enam hari perayaan yang terpisah yang disebutkan di bawah ini selama tahun gereja (yang dimulai pada 1 September):

• 23 September – Konsep Yohanes Sang Pelopor
• 7 Januari – Sinaksis St Yohanes Sang Pelopor. Ini merupakan hari perayaan utamanya, segera setelah Theophanyon pada 6 Januari ( 7 Januari juga memperingati transfer peninggalan tangan kanan Yohanes Pembaptis dari Antiokh ke Konstantinopel dalam tahun 956)
• 24 Februari – Penemuan Pertama dan Kedua Kepada Yohanes Sang Pelopor
• 25 Mei – Penemuan Ketiga kepala Yohanes Sang Pelopor
• 24 Juni – Kelahiran Yohanes Sang Pelopor
• 29 Agustus – Pemenggalan kepala Yohanes Sang Pelopor

Sebagai tambahan, 5 September merupakan peringatan Zakharia dan Elisabet, orangtua Yohanes. Gereja Ortodoks Rusia merayakan 12 Oktober sebagai Transfer Tangan Kanan Yohanes Sang Pelopor dari Malta ke Gatchina (1799)

Gereja Katolik
Gereja Roma Katolik memperingati Yohanes Pembaptis pada dua hari perayaan:

• 24 Juni – Kelahiran Yohanes Pembaptis
• 29 Agustus – Pemenggalan kepala Yohanes Pembaptis

Beberapa orang Katolik telah mempertahankan kepercayaan mereka bahwa Yohanes Pembaptis tidak pernah berdosa. Dalam bukunya Treatise of Prayer, St Katerina dari Sienna memasukkan pertengkaran pendeknya dengan Iblis tentang perjuangannya karena pencobaan Setan untuk memikatnya dengan kesombongan dan sanjungan.. berbicara sebagai orang pertama, St Katerina dari Sienna menanggapi Ibils dengan perkataan berikut:

…Penghinaan atas dirimu sendiri, dan anda menjawab Iblis dengan kata2 ini: “Secelaka apapun aku! Yohanes Pembaptis tidak pernah berdosa dan telah dikuduskan di dalam kandungan ibunya. Dan aku telah melakukan begitu banyak dosa…
Katerina dari Sienna

Blessed Anne Catherine Emmerich menyatakan dalam visi2 mistiknya bahwa St Yohanes Pembaptis itu kudus, tidak berdosa dan bersih dari sejak kiandungan St Elisabet dan ia tidak pernah mengucapkan sebuah kebohonganpun sepanjang hidupnya. Menurut visi tanpa bukti Emmerich dari Yesus Kristus, St Yohanes Pembaptis menyatakan:

….Ia melihat, ia mengetahui, ia hanya berbicara tentang Yesus… Di padang gurun, tanpa salah dan murni seperti seorang bayi di dalam rahim ibunya, ia tampil keluar dalam kesendiriannya tanpa salah dan tanpa noda pada susu ibunya. ‘Ia suci sepreti seorang malaikat,’ saya mendengar Tuhan (Yesus Kristus) berbicara kepada Rasul2Nya. ‘Tidak pernah kenajisan masuk ke dalam mulutnya, sekalipin sedikit ketidakbenaran atau dosa lain dikeluarkan daripadanya…

Gereja Yesus Kristus Akhir Zaman (Gereja Mormon)
Gereja Mormon mengajarkan bahwa wahyu modern menegaskan kisah Alkitab tentang Yohanes dan juga memberitahukan peristiwa2 tambahan dalam pelayanannya. Menurut kepercayaan ini, Yohanes telah “ditahbiskan oleh malaikat Allah” ketika ia berusia 8 hari “untuk menggulingkan kerajaan Yahudi” dan untuk mempersiapkan orang2 bagi Tuhan. Mormon juga memercayai bahwa “ia telah dibaptis ketika ia masih anak2.”

Gereja LDS (Latter Day Saints—Mormon) mengajarkan bahwa Yohanes Pembaptis muncul di tepi Sungai Susquehanna dekat Harmony Township, Susquehanna County, Penssylvania sebagai seorang yang bangkit kembali menjadi Joseph Smith, Jr dan Oliver Cowdery pada 15 Mei 1829, dan menobatkan mereka sebagai Keimaman Harun. Menurut doktrin LDS, pelayanan Yohanes beroperasi dalam tiga dispensasi: ia adalah nabi terakhir di bawah Hukum Musa; Ia adalah nabi pertama dari Perjanjian Baru; dan ia telah diutus untuk menganugerahkan Keimaman Harus pada masa kini, yang merupakan dispensasi penggenapan waktu. Mormon percaya, pelayanan Yohanes telah dinubuatkan oleh dua nabi yang pengajarannya dimuat dalam Kitan Mormon: Lehi dan anaknya laki2 Nephi.

Gereja Unifikasi
Gereja Unifikasi mengajarkan bahwa Allah bertujuan agar Yohanes membantu Yesus selamna pelayananNya di Yudea. Khususnya, Yohanes harus melakukan segala sesuatu di dalam kuasaNya untuk meyakinkan orang Yahudi bahwa Yesus adalah Mesias. Ia akan menjadi murid Yesus yang terkemuka. Kegagalan Yohanes untuk melaksanakannya adalah karena adanya kendala utama dalam penggenapan misi Yesus.

Islam
“Yahya” adalah nama yang diberikan kepadanya.

Dalam Islam, Yohanes juga dihormati sebagai seorang nabi sebagai Yaḥyā ibn Zakarīyā (Arabic: يحيى بن زكريا‎) yang diterjemahkan secara harfiah sebagai “Yohanes anak laki2 Zakharia”. Orang2 Muslim percaya bahwa Yohanes telah bersaksi tentang Firman Allah dan adalah seorang nabi yang akan menyiarkan kedatangan Yesus. Ayahnya, Zakharia adalah seorang nabi Islam. Tradisi Islam mempertahankan Yohanes sebagai salah satu nabi yang ditemui Muhammad pada malam Mi’raj melalui kenaikannya ke Surga yang Ketujuh. Dikatakan bahwa ia bertemu Yohanes dan Yesus di Surga Kedua dimana Muhammad menyapa kedua ‘saudaranya’ sebelum naik ke surge dengan Gabriel ke surge ketiga. Kisah Yohanes juga diceritakan kepada raja Abyssinia/Ethipia. Menurut Qur’an, Yohanes adalah salah seorang atas siapa Allah menganugerahkan damai pada saat ia dilahirkan dan pada saat ia mati.

Nama

Sebuah sumber eropa abad keduapuluh satu menyatakan bahwa nama Yohanes dalam bahasa Arab, Yahya, kemungkinan telah ada di Arab sebelum Qur’an diungkapkan. Klaim ini, yang datang dari sumber kaum Orientalis Eropa tahun 1900 ditantang oleh penulis2 Islam yang mengutip dan mendiskusikannya dengan para ahli bahasa akademisi modern seperti Prof. Robert Hiberman dan r. Geoffery Khan dari Universitas Cambridge. “ Penyelidikan ini telah memperlihatkan secara pasti bahwa nama Yahya dan Yohanes (Yuhanan atay Yuhanna) merupakan dua nama yang samasekali berbeda yang diperoleh dari dua sumber yang berbeda” dan dari suatu sudut eksegetis “ayat pada 19:7 yang bunyinya lam naj`al lahu min qablu samiyya dapat ditafsirkan dalam dua cara: 1. Samiyy yang artinya ahabihan atu mithlan, yaitu seseorang yang menyerupoai dia. Ayat ini menafsirkan dengan pengertian bahwa kelahiran Yohanes tidak sama dengan kelahiran bayi pada umumnya, karena ia dilahirkan ketika ayahnya sudah uzur dan dari seorang ibu yang mandul. 2. Nama Yahya itu unik dan tidak seorangpun sebelum kelahiran Yohanes diberikan nama sepeti itu oleh Allah, suatu keadaan yang dengan mudah diabaikan oleh pada misionaris. Eksegese seringkali dihubungkan dengan nama yang artinya “untuk mempercepat” atau “untuk membuat hidup” dalam referensi kemandulan ibu Yohanes yang disembuhkan oleh Allah sebagaimana yang dikhotbahkan oleh Yohanes yang dipercayai oleh Muslim, “membuat hidup” iman Israel. Qur’an menyetujui makna nama Yohanes kepada kenyataan bahwa itu adalah sesuatu yang baru bagi umat manusia karena sebelumnya tidak ada yang diberi nama “Yohanes”. Sarjana2 lain mempertahankan bahwa nama Yohanes yang mereka hubungkan dengan pengertian “Ia akan hidup,” mengacu kepada warisannya, dimana kenangan akan dia akan tetap ada di dalam pikiran generasi2 setia yang akan datang.

Yohanes di dalam Qur’an
Di dalam Qur’an, Allah seringkali menyebutkan tentang doa Zakharia yang berkesinambungan untuk kelhairan seorang anak laki2. Istri Zakharia, yang dalam Perjanjiann Baru bernama Elisabet, mandul karena itu kelahiran seorang bayi kelihatannya mustahil. Sebagai suatu anugerah dari Allah, Zakharia mendapat seorang anak laki2 yang dinamai “Yohanes,” sebuah nama secara khusus dipilih untuk anak ini saja. Sehubungan dengan doa Zakharia, Allah membuat Yohanes dan Yesus, yang menurut eksegese lahir enam bulan kemudian, memperbaharui pesan dari Allah yang telah dikorupsi dan hilang oleh orang Israel. Sebagaimana Qur’an menyatakan:
(Doanya telah dikabulkan): “Wahai Zakharia, Kami menyampaikan kabar baik kepadamu tentang seorang anak laki2. Namanya akan disebut Yahya: yang tidak seorangpun nama itu diberikan sebelumnya.”
Ia menjawab: “Wahai Tuhanku! Bagaimana saya bisa mendapatkan seorang anak, bila istriku mandul dan aku telah menjadi jompo karena usia tua?”
Ia berkata: “Demikianlah yang difirmankan Tuhanmu, mudah untukKu, karena Aku telah menciptakan engkau sbelumnya, ketika engkau belum menjadi apa2!”
(Zakharia) berkata: “Oh, Tuhan berilah aku sebuah Tanda.” “Tanda bagimu adalah,” demikian jawabNya, “Bahwa engkau tidak akan berkata-kata kepada siapapun selama tiga malam.” QS.19:7

Yohanes didesak untuk berpegang teguh pada Injil dan telah diberikan hikmat oleh Allah ketika ia masih anak2. Ia suci dan saleh dan berjalan di dalam hadirat Allah. Ia patuh terhadap orangtuanya dan ia tidak sombong ataupun memberontak. Tulisan dan pengertian Yohanes atas Injil, ketika ia masih seorang anak kecil bahkan telah melampaui sarjana2 terbesar pada zamannya. Eksegese Muslim mengisahkan bahwa Yesus mengutus Yohanes bersama-sama dengan keduabelas muridNya yang memberitakan pesan sebelum Yesus memanggil murid2Nya. Qur’an berkata tentang yohanes:

(Kepada anak laki2 Zakharia datanglah perintah): “Wahai Yohanes! Peganglah Injil dengan kuasa” dan Kami memberinya Hikmat selagi ia masih remaja,
QS.19:12

Yohanes adalah seorang nabi yang terkenal secara luas, yang diagungkan tinggi oleh Allah, karena pencelaannya atas segala dosa. Lebih lanjut, Qur’an berbicara tentang belas kasihan Yohanes dan cintanya atas segala makhluk ciptaan dan sikap rendah hatinya terhadap kehidupan, untuk apa ia diberikan Lemurnian Hidup:

Dan kesalehan (bagi segala ciptaan) dari Kami, dan kesucian: Ia seorang yang saleh, dan ramah keapda orangtuanya, dan ia tidak sombong dan tidak memberontak. Maka Damai baginya ketika ia dilahirkan, ketika ia mati dan ketika ia dibangkitkan untuk hidup kembali.
QS.19:13-15

Yohanes juga diagungkan oleh golongan Sufi demikian juga oleh Islam mistik, terutama karena deskripsi Qur’an tentang kesucian dan keramahan Yohanes. Para Sufi seringkali menggunakan tafsiran atas pasal2 tentang Yohanes pada Qur’an, terutama yang menyangkut anugerah Allah akan “Hikmat” yang diperolehnya di masa remajanya seperti juga kesejajarannya dengan Yesus. Walaupun banyak ungkapan yang melukiskan Yohanes dan Yesus sebenarnya identik dalam Qur’an, namun caranya diekspresikan adalah berbeda.

Pandangan Bahai
Terdapat sejumlah kutipan di dalam tulisan Baha’u’llah, Pendiri Agama Bahai dalam menyebut Yohanes Pembaptis. Ia dianggap oleh Bahai sebagai seorang nabi yang lebih rendah. Baha’u’llah mengklaim bahwa pelopornya, Bab, adalah penjelmaan Yohanes Pembaptis. Dalam suratnya kepada Paus IX, Baha’u’llah menulis:

“Wahai pengikut2 Sang Anak! Kami telah sekali lagi mengutus Yohanes kepada kamu, dan sesungguhnya Dia, telah berseru2 di padang gurun Bayan. Wahai orang2 di dunia! Bersihkan matamu! Hari yang atasnya kamu dapat melihat Yang Dijanjikan dan mencapaiNya telah ditarik dekat! Wahai pengikut2 Injil! Persiapkan jalan! Hari kedatangan Tuhan Yang Mulia sudah dekat! Bersiaplah untuk memasuki Kerajaan itu. Sebagaimana yang telah ditakdirkan oleh Allah, Dia Yang menyebabkan fajar beristirahat.

Namun, para Bahais berpendapat sang Bab adalah Nabi yang lebih tinggi (Manifestasi dari Allah) sehingga memiliki kedudukan yang jauh lebih tinggi dari Yohanes Pembaptis.


Pandangan Gnostik dan Antroposofik
Dalam Gnostikisme, Yohanes Pembaptis merupakan “personifikasi” dari nabi Elia dari Perjanjian Lama. Elia tidak mengenal Allah Yang Benar (sebagai lawan dari Allah Abraham) sehingga harus bereinkarnasi dalam teolgi Gnostik. Sebagaimana dinubuatkan oleh nabi Maleakhi dari Perjanjian Lama, Elia harus “datang terlebih dahulu” untuk mengumumkan kedatangan Yesus Kristus. Antroposofi modern menyetujui ide bahwa Pembaptis adalah reinkarnasi dari Elia( band. Mrk.9:11-13; Mat.11:13-14; Luk. 7:27, walaupun Injil Yohanes secara eksplisit menolaknya (Yoh.1:21).

Kaum Mandaean
Yohanes Pembaptis memiliki peran yang besar dalam beberapa tulisan Mandaean, terutama yang selama penanggalan periode Islam. Mereka memandang Yohanes sebagai satunya Mesias.

Karya Seni
Pemenggalan kepala Yohanes Pembaptis merupakan sebuah tema standar dalam seni lukis Kristen, di mana kepala Yohanes seringkali digambarkan di atas sebuah talam yang mewakili permintaan anak tiri Herodes, Salome. Ia juga digambarkan sebagai seorang pertapa berjubah bulu unta, dengan sebuah tongkat dan sebuah gulungan tulisan Ecce Agnus Dei, atau memangku sebuah buku atau nampan dengan seekor anak domba di atasnya. Dalam ikon2 Ortodoks, ia seringkali mengenakan sayap malaikat, karena Markus 1:2 menggambarkan dia sebagai seorang pesuruh/utusan.

Pembaptisan Kristus merupakan salah satu adegan paling awal dari kehidupan Kristus yang seringkali digambarkan dalam seni lukis Kristen Awal, dimana Yohanes digambarkan sebagai sosok yang tinggi kurus, bahkan cekung dengan gambaran berjanggut yang telah ada sejak abad ke-5. Hanya dia dan Yesus yang secara konsisten digambarkan berambut panjang pada masa Kristen Awal, ketika para murid pada umumnya memiliki potongan rambut yang rapi; sebenarnya Yohanes lebih konsisten digambarkan dalam cara ini dibandingkan Yesus. Dalam lukisan Bizantin, komposisi para Deesis (pelayan perempuan di peternakan) dimasukkan dalam setiap gereja Ortodoks Timur, sebagaimana ia tetap tinggal sampai hari ini. Di sini Yohanes dan Theotokos (Maria) mengapit sebuah Pantocrator Kristus dan menjadi perantara bagi kemanusiaan; dalam banyak hal hal tersebut memiliki kesetaraan dengan penyaliban Barat di atas salib dan di tempat lain, dimana Evangelis Yohanes mengambil tempat Yohanes Pembaptis (kecuali di dalam keanehan Isenheim Altarpiece). Yohanes Pembaptis seringkali diperlihatkan pada bagian altar (altarpiece) yang ditancang untuk gereja2 yang mendedikasikan dirinya atau dimana donor pelindung diberi nama atas dia atau karena adanya hubungan perlindungan yang lain – sehingga Yohanes menjadi Santo dari Florence, di antara sekian banyak kota yang artinya bahwa dia menjadi cirri di antara orang2 kudus dalam banyak pekerjaan penting.

Pembaptisan Kristus (Museum Putri Manaqaq, Filipina)
Sejumlah adegan narasi dari kehidupannya seringkali diperlihatkan pada predella dari bagian altar yang didedikasikan kepada Yohanes dan tatanan lain, lebih2 pada sejumlah besar seri dalam grisaille fresco dalam Chiostro del Salzo, yang merupakan karya terluas dari Andrea del Sarto, dan lukisan dinding oleh Domenico Ghirlandaio dalam Tornabuoni Chapel (Gerja Tornabuoni) di Florence. Ada lingkaran lukisan dinding penting lainnya oleh Flippo Lippi di Prato Cathedral. Ini mencakup adegan2 the Annunciation/Istarat kepada Zakharia. Kelahiran Yohanes, pemberian nama oleh ayahnya, Kunjungan, keberangkatan Yohanes ke padang gurun, khotbanhnya di padang gurun, Pembaptisan Kristus, Yohanes di hadapan Herodes, dansa Salome, dan pemenggalan kepalanya.

Kelahirannya, yang tidak seperti Kelahiran Yesus mengijinkan diperlihatkannya seorang kaya domestic relative yang meningkat kepopularitasannya sebagai sebuah subyek pada akhir Abad Pertengahan, dengan penggambaran2 oleh Jan van Eyck (?) dalam Turin-Milan Hours dan Ghirlandaio dalam Tornabuoni Chapel yang di antaranya paling terkenal. Hukuman matinya, hari perayaan Gereja, seringkali diperlihatkan dan pada abad ke-15 adegan2 seperti dansa Salome menjadi popular, yang kadang2, seperti dalam sebuah ukiran oleh Israhel van Mecjenem, perhatian dari seniman itu dengan jelas memperlihatkan kehidupan pengadilan Herodes, yang diberikan tatanan kontemporer, sebanyak kesyahidan orang kudus itu. Salome yang membawa kepala Yohanes di atas sebuah nampan sama2 menjadi sebuah subyek Renaissance Utara dengan sentuhan cita rasa seorang wanita gambaran yang memesonakan tapi berbahaya (Delila, Yudit dll) dan seringkali juga dilukis oleh Lucas Cranach the Eder (Penatua Lukas Cranakh) dan diukir oleh Little Masters. Gambar2 ini masih tetap popular di Baroque dengan lukisan Carlo Dolci yang paling sedikit terdiri dari tiga versi. Khotbah Yohanes dalam sebuah bentuk pemandangan merupakan sebuah subyek popular dalam seni Belanda dari Penatua Piter Brueghel dan penerus2nya.

Sebagai seorang anak (dengan berbagai usia), ia kadang2 diperlihatkan dari abad ke-15 dalam adegan2 keluarga pada kehidupan Kristus seperti Presentation of Christ, Marriage of the Virgin dan Holy Kinship. Versi2 Leonardo da Vinci berupa Virgin of the Rocks sangat berpengaruh dalam membangun sebuah gaya Renaissance sebagai variasi pada Madonna and Child yang mengikutsertakan Yohanes dan yang kemungkinan berniat untuk menggambarkan reuni sepupu di Mesir, ketika Pengungsian Yesus ke Mesir dipercayai bahwa Yohanes dibawa untuk bergabung denganNya oleh malaikat Raphael dalam sebuah lukisan khusus dengan banyak komposisi pada subyek itu, seperti misalnya Alba Madonna, La belle jardinière, Aldobrandini Madonna, Madonna della seggiola, Madonna dell’Impannata, yang merupakan karya2 terbaiknya. Yohanes juga seringkali digambarkan sendiri sebagai seorang remaja yang sudah mengenakan pakaian yang khas dan membawa sebuah salib yang tipis dan panjang – tema lain “influenced by Leonardo” yang komposisi samar2nya, memperkenalkan kembali pakaian kulit untanya dan yang antara lain dikembangkan oleh Raphael Titian dan Guido Reni. Seringkali ia ditemani dengan seekor anak domba, terutama dalam banyak lukisan2 Belanda Awal yang memerlukan atribut ini ketika ia mengenakan pakaian yang normal. “Caravaggio” melukis sejumlah besar khusus tentang Yohanes, dari paling tidak sejumlah lima remaja telanjang yang melambangkan dia, sampai tiga karya terakhir sebelum kematiannya – Eksekusi besar di Malta, dan dua lukisan suran Salome dengan kepalanya, Satu di Madrid dan satu di London.

Katedral Amiens, yang dikatakan menyimpan salah satu kepala Yohanes Pembaptis, memiliki sebuah urutan biografi dalam sebuah gambar timbul polichrom bertanggal abad 16. Hal ini menekankan eksekusi dan pembuangan orang kudus itu tetap.

Urutan biografis Katedral Amiens
Sebuah lukisan Pra-Raphael yang luarbiasa adalah “Christ in the House of His Parents” (Kristus di rumah orangtuaNya) oleh John Everett Millais. Di sini Yohanes Pembaptis diperlihatkan sebagai seorang anak kecil yang mengenakan sebuah ikat pinggang dari kulit binatang dan sedang membawa sebuah mangkuk air untuk membersihkan tangan Yesus yang terluka. Perhatian artistic menikmati suatu kebangunan yang besar pada akhir abad 19 dengan pelukis2 Simbolis seperti Gustave Moreau dan Puvis de Chavannes (National Gallery, London). Peran Salome oleh Oscar Wilde diilustrasikan oleh Aubrey Beardsley yang membangkitkan beberapa gambarnya yang paling mengesankan.

Dalam Puisi
Penyair Renaissance Italia, Lucrezia Tornabuonichose memilih Yohanes Pembaptis sebagai salah satu figure Alkitabiah atas tulisannya.

Dalam Film dan Televisi
Yohanes Pembaptis munsul dalam sejumlah tabir adaptasi kehidupan Yesus. Para actor yang sudah memainkan peran Yohanes adalah Robert Ryan dalam King of Kings (1961), Mario Socrate dalam The Gospel According to St Matthew (1964), Chrlton Heston dalam The Greatest Story Ever Told (1965), Davih Haskell dalam Gospell (1973), Michael York dalam Jesus of Nazareth (1977) dan Andre Gregory dalam The Last Temptation of Christ (1988).

Peringatan

Sebagai Santo Pelindung
St. Yohanes Pembaptis adalah seorang Santo Pelindung dari Yordan, pemenggalan kepalanya dikatakan telah mengambil tempat di Machaerus di Yordan Tengah,

St. Johanes Pembaptis adalah Santo Pelindung dari Purto Rico dan ibukotanya San Juan menyandang namanya. Dalam 1521, pulau itu telah mendapatkan nama resminya “San Juan Bautista de Puerto Rico”, mengikuti kebiasaan yang umum untuk pembaptisan kota itu baik dengan nama formalnya maupun dengan nama orsinil yang diberikan Christopher Columbus kepada pulau itu untuk menghormati Johanes Pembaptis. Oenggunaan yang kabur dari :San Juan Bautista” dan “Puerto Rico” untuk memanggil kedua kota dan pulau itu memimpin kepada pembalikan penggunaan praktis oleh sebagian besar penduduk yang sebagian besar karena kesalahan pembuatan peta. Karena itu pada tahun 1746 nama kota itu (Puerto Rico) menjadi nama untuk seluruh pulau tersebut, sedangkan nama pulau itu (San Juan Bautista) menjadi nama dari kota itu. Moto resmi untuk pulau Puerto Rico juga mengacu kepada santo Joannes Est Nomen Eius (terj. Yohans adalah namanya”).

Ia juga seorang santo pelindung dari French Canada dan Newfoundland. Kota Kanada di St. Yohanes, Newfoundland (1497) dan St. Yohanes, New Brunswick (1604) keduanya diberi nama untuk menghormatinya. Di Inggris St. Johanes Pembaptis adalah santo pelindung dari Penzance, Cornwall. Hari perayaannya pada 24 Juni dirayakan di Quebec sebagai Fete Nationale du Quebec dan di Newfoundland sebagai Discovery Day (Hari Penemuan).

Juga pada malam tanggal 23 Juni sampai tanggal 24, St. Johanes dirayakan sebagai santo pelindung Porto, kota terbesar kedua di Portugal. Sebuah artikel dari bulan Juni 2004 dalam The Guardian, berkomentar bahwa “Porto’s Festa de Sao Joao adalah salah satu festival jalan yang paling hidup di Eropa, namun secara relative masih tidak dikenal di luar negeri.”

Ia juga seorang santo pelindung Knights Hospiltaller dri Yerusalem, Malta, Florence dan Genoa, Italia.

Yohanes adalah seorang santo pelindung Xewkija—Gozo, Malta, yang mengenang dia dengan sebuah perayaan besar pada hari Minggu menjelang juni 24.

Orang2 Baptistin diberikan kepada sejumlah orang2 dari susunan keagamaan yang mendedikasikan untuk mengingat Johanes Pembaptis. St. Johanes Pembaptis
Juga seorang santo pelindung dari Lian, Batangas, Calamba City, Laguna, San Juan, Metro Manila (Filipina) and the Keuskupan Roman Katolik di Charleston yang meliputi seluruh negaa bagian Carolina Selatan. St. Yohanes Pembaptis (bersama2 dengan St. Yohanes si Penginjil) diklaim sebagai Santo Pelindung oleh masyarakat fraternal Free and Accepted Masons (Freemasons).


barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 73
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Sat Jun 16, 2012 12:50 pm

@atas...
terima kasih pak.....sumbangsih anda sangat berharga.
sementara sayah baca2 dulu....terjemahan anda.
genit :lkj:


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by barabasmurtad on Tue Jun 19, 2012 12:29 pm

@abu hanan wrote:sambil nunggu bantuan pak murtad...sayah pikir kok aneh ya..kematian john the baptis tuh apa terjadi di masa gubernur pontius?

SDR ABU DENGAN INI SAYA POSTINGKAN JAWABAN ATAS PERTANYAAN ANDA DI ATAS

Herodes Yang Agung memerintahkan pembunuhan atas anak laki yang berusia di bawah dua tahun. Maka Yusuf mmbawa Maria dan Yesus ke Mesir untuk menyelamatkan mereka dan ia tidak membawa keluarganya kembali ke Nazaret sampai Herodes Yang Agung mati pada 4SM.

Setelah Herodes Yang Agung mati, Kerajaan Roma terpecah2 di antara anak2 laki2nya dan tidak seorangpun yangmenjadi raja atas orang2 Yahudi.

Herodes Arkholaus memerintah Yudea setelah kematian ayahnya. Dalam Mat. 2:22, Yusuf memutuskan untuk membawa keluarganya ke sebelah utara Galilea, karena ia takut pada Arkhelaus, karena ia memerintah dengan kejam dan setelah sepuluh tahun Roma menggantikannya seorang Romawi.
Saudara laki2nya, Herodes Antipas, menjadi raja wilayah Galilea dan Perea. Dalam Perjanjian Baru ia dikenl sebagai Herodes, Raja Wilayah. Seorang kakak laki2nya yang lain, Herodes Philip. Menjadri Tetrarkh Iturea, Gaulanitis dan Trachonitis. Sepupu mereka, Herodias, pertama kali kawin dan bercerai dengan seorang pamannya di Roma, kemudian kawin dengan Philip, bercerai dengan Philip dan menikah dengan Antipas.
Ketika Yohanes Pembaptis mengecam perkawinan ini dan pola perceraian yang ada di dalam keluarga, Antipas memenjarakannya. Anak perempuan Herodias dari perkawinannya yang pertama tidak disebutkan dalam Perjanjian Baru, tetapi dalam laporan yang kemudian ia diberi nama Salome (sebuah nama umum dalam keluarga).

Atas dorongan ibunya, ia meminta kepala Yohanes Pembaptis di atas sebuah talam dan Antipaslah yang memerintahkan pemenggalan kepalanya (Mrk.6).
Dalam Mrk. 8:15, ketika Yesus memperingatkan murid2Nya tentang ragi orang2 Farisi dan Herodian, Ia sedang berbicara tentang Herodes Antipas. Antipas juga dijuluki serigala oleh Yesus dalam Luk.13:31. Antipas memimpin pemeriksaan pengadilan atas Yesus dalam Luk.23 dan dengan Pontius Pilatus, gubernur Roma, menentukan hukuman mati bagi Yesus pada Jumat Agung. Yohanes dan Petrus menunjuk kepada keputusan Antipas dan Pontius Pilatus untuk menghukum mati Yesus dalam Kis.4:27.

Kelemahan Herodes Antipas
Herodes bermoral rendah. Ia mengawini Herodias, mantan istri kakak tirinya, Philip. Ketika Yohanes Pembaptis mengritik Herodes tentang hal ini, maka Herodes memenjarakan Yohanes, kemudian ia mengalah pada persekongkolan Herodias dengan anaknya pereempuan yang mengakibatkan pemenggalan kepada Yohanes (Mat.14:6-11). Namun demikian, orang Yahudi mencintai Yohanes Pembaptis karena menganggapnya sebagai seorang nabi. Pembunuhan Yohanes membuat Herodes diasingkan dari pegawai2nya.
Ketika Pontius Pilatus mengirimkan Yesus kepada Herodes untuk pemeriksaan pengadilan karena Yesus berasal dari Galilea, Herodes takut kepada imam2 kepala dan Sanhedrin. Alih2 mencari kebenaran dari Yesus, Herodes meminta Dia melakukan mujizat, tetapi karena Yesus tidak memenuhi keinginannya, maka Herodes dan prajurit2nya menghina Yesus. Kemudian, alih2 ia membebaskan Yesus yang tidak berdosa, ia mengirimkanNya kembali kepada Pilatus yang memiliki otoritas untuk menyalibkan Yesus.

Anak laki2 Herodes Agung dari Malthace, seorang Samaria. Sebagai “Herodes sang Raja QWilayah” (Mat. 14:1) ia memerintah atas Galilea dan Perea selama lebih dari 40 thaun (4SM – 39M). PB dan Yosephus Antiquities viii merupakan sumber2 utama untuk Herodes Antipas, yang umunya diingat karena perannya dalam penghukuman mati Yohanes Pembaptis (Mat. 14:1-12). Ia mewarisi kelicikan politik ayahnya yang membuat Yesus menunjuknya sebagai “serigala itu” (Luk.13:32). Seperti ayahnya, Herodes Antipas memiliki kecintaan besar terhadap arsitektur yang indah dan bertanggungjawab atas bangunan Tiberias pada 22M. ia juga berbuat seperti Herodes Agung dalam pendekatan pragmatisnya terhadap Yudaisme: baik ayah maupun anak mengijinkan kepalanya untuk menyalin kepala mereka sebagai gambar2 di atas koin, dan Antipas menjadi bagian dari delegasi yang memrotes kepada Pilatus mengenai penempatan perisai yang dijadikan nazar.
Herodes Antipas mengawini anak perempuan Raja Nabatean, Aretas IV. Ketika ia menceraikannya karena ia mengawini Herodias (anak perempuanmendiang saudara tirinya Herodes Philip), maka ia mendatangkan murka Aretas dan kutukan Yohanes Pembaptis (Mat. 14:4; Mrk. 6:18; Luk.3:19). Ketika Antipas dikalahkan oleh Aretas (36M), Yosefus melaporkan bahwa banyak orang yang mempersepsikan permasalahan ini sebagai sebuah hukuman ilahi atas perlakunya terhadap Yohanes Pembaptis.

Kepada Herodes Antipas lah Yesus dikirim setelah Ia ditangkap oleh Pilatus, karena sebagai seorang Galilea, Ia jatuh di bawah kekuasaan hukum Herodes dan kerika Yesus menolak untuk menjawab pertanyaan2nya, maka Herodes menghinaNya dan mengembalikanNya kepada Pilatus (Luk.23:7-12).

Setelah Caligula menjadi kaisar dalam tahun 37, Herodes Antipas didakwa oleh saingannya Herodes Agrippa I tentang perkomplotan subversivnya melawan Roma dan dalam tahun 39 ia dibuang ke Lyon di Gaul, sedangkan Herodias tetap menemaninya.

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 73
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by barabasmurtad on Tue Jun 19, 2012 12:51 pm

@abu hanan wrote:sungguh merupakan kesulitan tersendiri ketika kita mendapati bahwa nabi yahya/john the baptist dan nabi isa/yesus jika keduanya adalah hidup sejaman bahkan seusia.

berita kedua beliow di kandung oleh bunda masing2 seperti yg dikabarkan bibel membawa kesimpulan bahwa keduanya berusia gak terpaut jauh.tetapi menjadi keganjilan ketika nabi yahya/john DIPENGGAL kepala oleh herodes.

what yg terjadi???
Lukas 1:5 menyatakan kelahiran Yesus di “masa Herodes, Raja Yudea,” yang mati pada tahun 4 SM
Lukas 1; 38 Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Lukas 1;41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus,
Lukas 1;42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
Lukas 1; 57 Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan iapun melahirkan seorang anak laki-laki.

anak yg berada di dalam kandungan maryam adalah nabi isa/yesus dan bu elizabeth belum hamil ketika kedua wanita itu bertemu.
sehingga usia janin nabi isa lebih tua dibandingkan dengan nabi yahya.dan persamaan kedua beliow adalah LAHIR TANPA DIDAHULUI PROSES SEKSUAL. dan

"Dan damai atas dirinya pada hari ia dilahirkan, pada hari ia meninggal, dan hari itu ia akan dibangkitkan untuk hidup." (Maryam 19:15) untuk nabi yahya/john the baptist

"Dan damai atas dirinya pada hari ia dilahirkan, pada hari ia meninggal, dan hari itu ia akan dibangkitkan untuk hidup." (Maryam 19:33) untuk nabi isa/yesus

apa betul nabi yahya bertemu herodes?sedangkan herodes mati thn 4 M...taruhlah nabi yahya lahir thn 10 SM maka beliow masih berusia 14 thn ketika mengeluarkan fatwa HARAM bagi pernikahan herodes,dan nabi isa mesti berusia lebih tua..

keganjilan berikutnyah adalah apabila herodes memerintahkan pemenggalan kepala timbul pertanyaan;
keputusan itu dilakukan oleh siapa?dan juga menunjukkan bahwa herodes antipas tidak memerintah yerusalem.

dan yg menjadi kesimpulan awal bahwa Herodes adalah keturunan YAHUDI.kalow herodes adalah romawi tulen lha ngapain juga pake tanya hukum menikahi keponakan....

kemungkinan ;
1.bani israil adalah bangsa pembunuh nabi MENJADI BENAR jika herodes terbukti membunuh nabi yahya sekeluarga.
2.bani israil adalah bangsa pembunuh nabi MENJADI BENAR jika nabi isa terbukti menjalani prosesi hukum PANTEK.

kemungkinan buruk ;
1.bani israil adalah bangsa pembunuh nabi MENJADI SALAH jika herodes TIDAK terbukti membunuh nabi yahya sekeluarga.
2.bani israil adalah bangsa pembunuh nabi MENJADI SALAH jika nabi isa TIDAK terbukti menjalani prosesi hukum PANTEK.

ada tambahan info?sakauw mode on.. :mabuk

sehingga usia janin nabi isa lebih tua dibandingkan dengan nabi yahya

KESIMPULAN YANG ANDA AMBIL INI MENURUT SAYA SALAH KARENA ALKITAB MENCATAT SBB:

Luk 1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"
Luk 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Luk 1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.

PERCAKAPAN ANTARA MALAIKAT GABRIEL DENGAN MARIA ADALAH TENTANG BERITA KELAHIRAN YESUS DAN PADA SAAT BERITA ITU DISAMPAIKAN MALAIKAT GABRIEL MENYATAKAN BAHWA SAAT ITU ELISABET SEDANG MENGANDUNG ENAM BULAN; DENGAN DEMIKIAN DAPAT DISIMPULKAN BAHWA YESUS LAHIR PALING TIDAK ENAM BULAN SETELAH YOHANES PEMBAPTIS LAHIR.

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 73
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Sat Nov 10, 2012 12:25 pm

wah tenggelam...baca2 dulu lah...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by mistik6666 on Sat Nov 10, 2012 6:52 pm

mbah abu wrote:what yg terjadi???
Lukas 1:5 menyatakan kelahiran Yesus di “masa Herodes, Raja Yudea,” yang mati pada tahun 4 SM
Lukas 1; 38 Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Lukas 1;41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus,
Lukas 1;42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
Lukas 1; 57 Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan iapun melahirkan seorang anak laki-laki.

anak yg berada di dalam kandungan maryam adalah nabi isa/yesus dan bu elizabeth belum hamil ketika kedua wanita itu bertemu.
sehingga usia janin nabi isa lebih tua dibandingkan dengan nabi yahya.dan persamaan kedua beliow adalah LAHIR TANPA DIDAHULUI PROSES SEKSUAL. dan
sampeyan kebalik. justru saat ketemuan itu, yang hamil ibu elizabeth bukannya ibu maryam. jadi usia yohanes lebih tua dikit dari yesus, yahh.. sekitar enam bulan.
ada tuh catatan dalam bibel yang mengatakan bahwa gabriel mendatangi seorang anak dara enam bulan setelah kedatangannya kepada ibu elizabeth. jawaban saya sama dengan pak murtad. yohanes lebih tua (setidaknya) enam bulan dari yesus.

silahken dilanjut...
avatar
mistik6666
TUKANG BECAK
TUKANG BECAK

Male
Age : 41
Posts : 201
Kepercayaan : Islam
Location : Nganjuk - Jatim
Join date : 21.03.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by abu hanan on Sat Nov 10, 2012 8:26 pm

@ki lurah wal pak murtad

Hatur tengkyu atas koreksinyah..sayah baca dengan kebalik ajah hasilnyah samah..yahya lebih tua dari yesus...

Berarti bu maria menemui ibu elizabeth dlm keadaan ibu maryam nih blm mengandung ya?baru dapat bocoran ajah,bugitukah?



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Yahya/Yohanes dipenggal kepala?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik