FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Halaman 11 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... 10, 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by Jesus love Us on Wed Jun 06, 2012 3:49 pm

First topic message reminder :

Banyak orang yang mempertanyakan ajaran tentang Trinitas, bahkan banyak orang yang bukan Kristen mengatakan bahwa orang Kristen percaya akan tiga Tuhan. Tentu saja hal ini tidak benar, sebab iman Kristiani mengajarkan Allah yang Esa. Namun bagaimana mungkin Allah yang Esa ini mempunyai tiga Pribadi?

Untuk memahami hal ini memang diperlukan keterbukaan hati untuk memandang Allah dari sudut pandang yang mengatasi pola berpikir manusia. Jika kita berkeras untuk membatasi kerangka berpikir kita, bahwa Allah harus dapat dijelaskan dengan logika manusia semata-mata, maka kita membatasi pandangan kita sendiri, sehingga kehilangan kesempatan untuk melihat gambaran yang lebih luas tentang Allah.

Jika kita berpikir demikian, kita bagaikan, maaf, memakai ‘kacamata kuda’: Kita mencukupkan diri kita dengan pandangan Allah yang logis menurut pikiran kita dan tanpa kita sadari kita menolak tawaran Allah agar kita lebih dapat mengenal DiriNya yang sesungguhnya



memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?
avatar
Jesus love Us
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 158
Kepercayaan : Protestan
Join date : 20.12.11
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down


Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by frontline defender on Tue Sep 18, 2012 10:35 pm

@Jesus love Us wrote:
@frontline defender wrote:
@Jesus love Us wrote:Yohanes 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan KETIGANYA ADALAH SATU

sebagai kesatuan pribadi.

uuued*n bener muslim!
dia pikir 3 tuhan??
:eueks
oh, jadi satu pribadi, padahal di depan tadi katanya :
@Jesus love Us wrote:trinitas itu kan bisa2an Junjungan lu!
mana ada trinitas di Alkitab O*n!

Tuhan 1 yah 1....

pribadinya 3..

Tuhan itu 3?
bener2 muslim deh...
:dasar
berarti seharusnya ente ngomongnya 3 oknum dalam 1 pribadi! :jotos:
kesatuan pribadi yah satu pribadi.
1 bilang A....yg lain juga A

dijewantahkan dalam 3 oknum

susah amat muslim pahamnya yah?
ada baiknya, ada juga penjelasan dari sisi "buat apa Tuhan menjadi Trinitas? apa perlunya?", dan kalau bisa nanti diarahkan ke kesimpulan "karena itulah, tidak bisa kalau tanpa (Tuhan) menjadi Trinitas!" atau "karena itulah, Tuhan harus (menjadi) Trinitas!"
ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by janganbilangbilang on Wed Sep 19, 2012 2:30 am

@mang odoy wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@janganbilangbilang wrote:
lantas ngapain di babtis....??? ketawa guling (pengajaran yak...??) ajaran yang ini kok di ambil dari PL, tapi sunat n babi kagak... ketawa guling

mandi pake air, enak, makan babi enak, minum khamar/anggur hobi si etan tuh, sunat gak enak....so...??? suka suka gua dong... ketawa guling ketawa guling

jadi tuhan yesus berdosa yak...??? binar

babtis lambang pertobatan/penyucian/pengampunan dosa

Yohanes menyatakan bahwa dirinya lah yang seharusnya dibabtis oleh Yesus
tapi jawaban Yesus ada di Matius 3:15

ha ha ha.....LOGIKA JUMPALITAN.....

tar lah....gw buatin tret khusus buat ngebahas masalah ini.....



ane siap tongkrongin kalo sdh ada tritnya kang.... TKP
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 71
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by mang odoy on Wed Sep 19, 2012 2:37 am

@atas

yaelahhh....semangett benerrrrr..... ketawa guling

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 19, 2012 7:33 am

@mang odoy wrote:
Yang MENUDUH si Paulus ME Nuhankan Yesus...itu berarti MODAL cuman Bible terjemahan Lembaga Alkitab Indonesia..

Dan gw.... DILUAR golongan itu.... !!! lol

itulah bukti amburadulnya muslim
kagak pernah kompak
bertolakbelakang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 19, 2012 7:37 am

@mang odoy wrote:

dulu saya kira segorowedi ini adalah INTELEK KRISTEN TULEN...
Ternyata..setelah debat diberbagai tret.....ketauan....modalnya cuman BIBLE TERJEMAHAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA..............dan.......

IMAN

nyerah

Masih bisa ngomong gak lu masalah "TALI KASUT"....kalo perlu buatin tret khususnya buat ngebahas 'nubuat' dari Bang John tentang "seseorang" yang akan datang, dan bang John sedang MEMPERSIAPKAN JALAN untuk dia....yang jelas 'seseorang' itu bukan Yesus.

Lu pantengin terus forum ini...selama gw masih BERNYAWA.....selama itu lu bakalan gw hadang...... lol

Gw jarang posting ahir ahir ini...karena ada rencana "perjalanan yang Maha Penting " .....tapi bukan berarti gw MUNDUR dari arena perdebatan...khususnya Kristen macem luh..... lol

lah di semua tret-mu dengan aku
kan berujung pada kengaciranmu

alesannya macem-macem
termasuk yang barusan

ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 19, 2012 7:39 am

@frontline defender wrote:
ada baiknya, ada juga penjelasan dari sisi "buat apa Tuhan menjadi Trinitas? apa perlunya?", dan kalau bisa nanti diarahkan ke kesimpulan "karena itulah, tidak bisa kalau tanpa (Tuhan) menjadi Trinitas!" atau "karena itulah, Tuhan harus (menjadi) Trinitas!"
ehmm

yang kompeten menjawab tentu Tuhan
bukan kita-kita

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by pakdhesam on Wed Sep 19, 2012 8:07 am

@SEGOROWEDI wrote:
@frontline defender wrote:
ada baiknya, ada juga penjelasan dari sisi "buat apa Tuhan menjadi Trinitas? apa perlunya?", dan kalau bisa nanti diarahkan ke kesimpulan "karena itulah, tidak bisa kalau tanpa (Tuhan) menjadi Trinitas!" atau "karena itulah, Tuhan harus (menjadi) Trinitas!"
ehmm

yang kompeten menjawab tentu Tuhan
bukan kita-kita

LUCU....LUCU senang
yang kompeten jawab harusnya paulus dan para uskup vatikan

bisa jadi Tuhan menjadi caturnitas, pancanitas, dasanitas dll
avatar
pakdhesam
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 168
Kepercayaan : Islam
Location : gorontalo
Join date : 20.06.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 19, 2012 8:13 am

tidak ada yang bisa mendikte Tuhan
kalau mau tahu alasan Tuhan, maka tanyakan ke Tuhan

tapi kalau cuma mau adu logika
silakan!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by metheny on Wed Sep 19, 2012 10:08 pm

@SEGOROWEDI wrote:tidak ada yang bisa mendikte Tuhan
kalau mau tahu alasan Tuhan, maka tanyakan ke Tuhan

tapi kalau cuma mau adu logika
silakan!

Masalahnya Yesus itu bukan Tuhan. Dan trinitas itu buatan manusia.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by SEGOROWEDI on Thu Sep 20, 2012 7:52 am

@metheny wrote:


Yesus itu Yang Awal dan Yang Akhir
silakan dicek di quranmu, Yang Awal dan Yang Akhir itu sapa?
ehmm
Itu cuma klaim. Buktinya Yesus baru ada 2000 tahun yg lalu. Adanya pun cuma sebentar gak sampe 100 tahun.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by mang odoy on Mon Sep 24, 2012 7:04 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:

dulu saya kira segorowedi ini adalah INTELEK KRISTEN TULEN...
Ternyata..setelah debat diberbagai tret.....ketauan....modalnya cuman BIBLE TERJEMAHAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA..............dan.......

IMAN

nyerah

Masih bisa ngomong gak lu masalah "TALI KASUT"....kalo perlu buatin tret khususnya buat ngebahas 'nubuat' dari Bang John tentang "seseorang" yang akan datang, dan bang John sedang MEMPERSIAPKAN JALAN untuk dia....yang jelas 'seseorang' itu bukan Yesus.

Lu pantengin terus forum ini...selama gw masih BERNYAWA.....selama itu lu bakalan gw hadang...... lol

Gw jarang posting ahir ahir ini...karena ada rencana "perjalanan yang Maha Penting " .....tapi bukan berarti gw MUNDUR dari arena perdebatan...khususnya Kristen macem luh..... lol

lah di semua tret-mu dengan aku
kan berujung pada kengaciranmu

alesannya macem-macem
termasuk yang barusan

ehmm

NGACIR...???? lol

dull....dullll.....debat kok kaya anak kecil...lu tuh dah bangkotan....dewasa dikit nafe...???

orang gak nongol bentar...dibilang ngacir.....wkwkwkwkwk
dah dibilangin maren tu gw ada urusan ke Jerusalem.... mikirin surat ijin keluar aja dah deg degan...takut 'shore pass' gak keluar...tapi sekarang Alhamdulillah...shorepass dah ditangan..ada 3 kali lagi kesempatan buat kesono... kapan lagi..?? ya gak...??? daripada dari endonesa...sekali kunjungan harus nyiapin duit 50 juta.... ketiwi

sekarang...gw GEBER lagi lu ampe mencret dicelana.... usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Sep 25, 2012 4:54 pm

@mang odoy wrote:
dah dibilangin maren tu gw ada urusan ke Jerusalem.... mikirin surat ijin keluar aja dah deg degan...takut 'shore pass' gak keluar...tapi sekarang Alhamdulillah...shorepass dah ditangan..ada 3 kali lagi kesempatan buat kesono... kapan lagi..?? ya gak...??? daripada dari endonesa...sekali kunjungan harus nyiapin duit 50 juta.... ketiwi

jadi kamu diijinin israel masuk jerusalem..
kalau kapir masuk masjid haram, diijinin kagak ya?

ya manfaatkan aji mumpungmu
dan berterimakasihlah pada kapir-kapir yang menghidupimu
terus kalau di indonesia butuh cuman 50 juta, hubungi aku!
kurang baik apa kapir padamu, coba?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by mang odoy on Tue Sep 25, 2012 7:42 pm

@SEGOROWEDI

@mang odoy wrote:
dah dibilangin maren tu gw ada urusan ke Jerusalem.... mikirin surat ijin keluar aja dah deg degan...takut 'shore pass' gak keluar...tapi sekarang Alhamdulillah...shorepass dah ditangan..ada 3 kali lagi kesempatan buat kesono... kapan lagi..?? ya gak...??? daripada dari endonesa...sekali kunjungan harus nyiapin duit 50 juta.... ketiwi

jadi kamu diijinin israel masuk jerusalem..
kalau kapir masuk masjid haram, diijinin kagak ya?

kalo elu mau ke Masjid Al-haram di Mekah...mo ngapain....???
Mo foto foto.....sono aja deket Mesjid Kubah Emas yang di Depok-Bogor.... ketawa guling

ya manfaatkan aji mumpungmu

O iya dong.....pengalaman pribadi di Jerusalem ini berserta hasil ekspedisi gw disono...akan menambah amunisi gw buat ngefret kristen.... ketiwi


dan berterimakasihlah pada kapir-kapir yang menghidupimu

Lhaa...emang Enginerr Enggineer Kapir yang nyari nafkah di Dubai contohnya....gak merasa dihidupin oleh Muslim...??? ketiwi


terus kalau di indonesia butuh cuman 50 juta, hubungi aku!

Ogah ahhh....tar gw disuruh ngawinin eluh lagi.....males dah peoottt..... ketawa guling

kurang baik apa kapir padamu, coba?

Lhaa...ini mah cuman masalah take n give.... gw kasih tenaga...doski ngasih dolar...kan impas....

emang nya lu di endonesa dapet duit dan bisa makan dari sesama kafir....??? ketiwi


SI ENDUSS......MARAHHHHH....KESELLLLLL.....SEBELLLL........ SAMA "MANG ODOY"......!!!

ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 26, 2012 8:02 am

@mang odoy wrote:
kalo elu mau ke Masjid Al-haram di Mekah...mo ngapain....???
Mo foto foto.....sono aja deket Mesjid Kubah Emas yang di Depok-Bogor.... ketawa guling

gak boleh kan? padahal kita manis-manis
berarti yahudi lebih humanis daripada arabi, padahal kalian brutal-brutal mainannya bom
camkan itu!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by mang odoy on Thu Sep 27, 2012 4:32 am

@SEGOROWEDI


@mang odoy wrote:
kalo elu mau ke Masjid Al-haram di Mekah...mo ngapain....???
Mo foto foto.....sono aja deket Mesjid Kubah Emas yang di Depok-Bogor.... ketawa guling

gak boleh kan? padahal kita manis-manis
berarti yahudi lebih humanis daripada arabi, padahal kalian brutal-brutal mainannya bom
camkan itu!

halahhh...jadi OOT gini...dah lah,,,kalo lu mau nerusin ngoceh...lanjut di tret gw yang di LESEHAN....

tar di jewer sama pak mod ...


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by mang odoy on Thu Sep 27, 2012 4:41 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
Yang MENUDUH si Paulus ME Nuhankan Yesus...itu berarti MODAL cuman Bible terjemahan Lembaga Alkitab Indonesia..

Dan gw.... DILUAR golongan itu.... !!! lol

itulah bukti amburadulnya muslim
kagak pernah kompak
bertolakbelakang

lhaa...itu mah tergantung intelektual masing masing....

emang KRISTEN bisa dibilang KOMPAK...???
buka mata buka telinga....buka jidat....wawasannya diupgrade...wadawwwww....ampun dah kristen satu ini....


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by SEGOROWEDI on Thu Sep 27, 2012 4:22 pm

@mang odoy wrote:
lhaa...itu mah tergantung intelektual masing masing....

emang KRISTEN bisa dibilang KOMPAK...???
buka mata buka telinga....buka jidat....wawasannya diupgrade...wadawwwww....ampun dah kristen satu ini....

terkuak bertolak-belakangnya tuduhan
malah ngomel

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by cornello on Tue Apr 02, 2013 4:15 pm

@metheny wrote:
@SEGOROWEDI wrote:tidak ada yang bisa mendikte Tuhan
kalau mau tahu alasan Tuhan, maka tanyakan ke Tuhan

tapi kalau cuma mau adu logika
silakan!

Masalahnya Yesus itu bukan Tuhan. Dan trinitas itu buatan manusia.
2 good Thread closed ! ehmm

cornello
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 227
Kepercayaan : Islam
Location : Manado
Join date : 18.05.12
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by yakobus on Wed Apr 03, 2013 11:17 am

Uskup Agustinus berjalan-jalan di tepi laut. Di situ Agustinus bertemu dengan seorang anak kecil yang sedang membuat sumur-sumuran dengan menggali pasir di tepi laut itu. Uskup Hipo itu bertanya: "Untuk apakah sumur-sumur itu, nak?" Anak itu menjawab, "Saya akan memasukkan semua air laut ke dalam sumur ini." Akhirnya, Agustinus mengambil kesimpulan, misteri Tuhan adalah begitu luas seperti luasnya samudera yang tak kelihatan tepinya; sedang otak manusia hanya terbatas seperti sumur-sumuran yang dibuat oleh anak kecil itu.Jadi tidak mungkin kita dapat mengerti dengan jelas
misteri Allah; oleh karena itu walaupun Trinitas merupakan hal yang sulit, terimalah saja seperti itu.
Matius 28: 19: ", dan baptislah mereka dengan nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,"

Muslim selalu menggunakan otak yang keluar dari Helm SNI basi

yakobus
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 118
Kepercayaan : Katolik
Location : Samaria
Join date : 07.06.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by yakobus on Wed Apr 03, 2013 11:29 am

Di dalam pewahyuan Allah yaitu firman-Nya, Ia menyatakan diri-Nya sendiri sebagai tiga pribadi. Satu di dalam tiga dan tiga di dalam satu. Setiap pribadi memiliki kesetaraan sama dengan yang lain, semuanya kekal, satu dalam esensi dan tiga di dalam subsistensi.
Allah adalah pribadi Ia menyatakan diri-Nya sendiri sebagai pribadi. Ia berpikir, Ia berbicara, Ia bertindak, Ia berkomunikasi, Ia memiliki perasaan. Itulah Allah. Kita adalah ciptaan yang dilengkapi dengan bahasa, oleh sebab itu Allah berkomunikasi dengan kita dengan menggunakan kata-kata, bahasa atau pikiran. Allah adalah pribadi. Ia bukan prinsip filosofi, ia bukan abstraksi para akademisi, Dia bukanlah penyebab pertama yang tidak berpribadi (impersonal first cause). Allah adalah pribadi dan Ia menyatakan diri-Nya sendiri kepada kita sebagai Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub, Allah Daud dan Allah Yesaya. Allah memiliki nama pribadi di dalam Perjanjian Lama yaitu Yehovah atau Yahweh. Nama-Nya di dalam Perjanjian Baru adalah Iesous atau Yesus, Juruselamat dan Tuhan kita.

Di dalam Alkitab, Abraham disebut sebagai sahabat Allah, bukan sebagai sahabat prinsip abstrak (abstrack principal) tetapi sahabat Allah. Kitab suci yang sama mengatakan bahwa Musa berbicara kepada Allah sama seperti seseorang yang berbicara dengan sahabatnya, bertemu muka dengan muka. Allah di dalam Alkitab adalah Allah yang berpribadi.

Di dalam seluruh Alkitab, Ia menyatakan diri-Nya sendiri sebagai Allah dalam tiga pribadi atau Tripersonal. Ketiganya adalah kekal, setara. Seluruh Alkitab dari ayat pertama, pasal pertama dari kitab pertama sampai akhir Alkitab menjelaskan bahwa Allah adalah Allah yang Tritunggal, tiga pribadi dalam kesatuan dan itulah yang selalu dinyatakan di dalam Alkitab.

Walaupun kita mengetahui bahwa konsep Trinitas ini tidak dapat dijelaskan hanya dengan akal, bukan berarti bahwa Allah Tritunggal ini adalah konsep yang sama sekali tidak masuk akal. Berikut ini adalah sedikit uraian bagaimana kita dapat mencoba memahami Trinitas, walaupun pada akhirnya harus kita akui bahwa adanya tiga Pribadi dalam Allah yang Satu ini merupakan misteri yang tidak cukup kita jelaskan dengan akal, sebab jika dapat dijelaskan dengan tuntas, maka hal itu tidak lagi menjadi misteri. St. Agustinus bahkan mengatakan, Kalau engkau memahami-Nya, Ia bukan lagi Allah
Sebab Allah jauh melebihi manusia dalam segala hal, dan meskipun Ia telah mewahyukan Diri, Ia tetap tinggal sebagai rahasia/ misteri yang tak terucapkan. Di sinilah peran iman, karena dengan iman inilah kita menerima misteri Allah yang diwahyukan dalam Kitab Suci, sehingga kita dapat menjadikannya sebagai dasar pengharapan, dan bukti dari apa yang tidak kita lihat (Ibr. 11:1-2)

Doktrin Trinitas atau Allah Tritunggal Maha Kudus adalah pengajaran bahwa Tuhan adalah SATU, namun terdiri dari TIGA pribadi: 1) Allah Bapa (Pribadi pertama), 2) Allah Putera (Pribadi kedua), dan Allah Roh Kudus (Pribadi ketiga). Karena ini adalah iman utama kita,Yesus menunjukkan persatuan yang tak terpisahkan dengan Allah Bapa, Aku dan Bapa adalah satu (Yoh 10:30); Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa (Yoh 14:9). Di dalam doa-Nya yang terakhir untuk murid-murid-Nya sebelum sengsara-Nya, Dia berdoa kepada Bapa, agar semua murid-Nya menjadi satu, sama seperti Bapa di dalam Dia dan Dia di dalam Bapa (Yoh 17: 21). Dengan demikian Yesus menyatakan Diri-Nya sama dengan Allah: Ia adalah Allah. Hal ini mengingatkan kita akan pernyataan Allah Bapa sendiri, tentang ke-Allahan Yesus sebab Allah Bapa menyebut Yesus sebagai Anak-Nya yang terkasih, yaitu pada waktu pembaptisan Yesus (Luk 3: 22) dan pada waktu Yesus dimuliakan di atas gunung Tabor (Mat 17:5).

Yesus juga menyatakan keberadaan Diri-Nya yang telah ada bersama-sama dengan Allah Bapa sebelum penciptaan dunia (Yoh 17:5). Kristus adalah sang Sabda/ Firman, yang ada bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah, dan oleh-Nya segala sesuatu dijadikan (Yoh 1:1-3). Tidak mungkin Yesus menjadikan segala sesuatu, jika Ia bukan Allah sendiri.

yakobus
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 118
Kepercayaan : Katolik
Location : Samaria
Join date : 07.06.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by Revolt on Wed Apr 03, 2013 11:38 am

Ga bakalan paham bro.....
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by yakobus on Wed Apr 03, 2013 12:17 pm

@Revolt wrote:Ga bakalan paham bro.....
Iyalah bang.Mana mampu mereka pake otak secara betul kan?Taunya harta orang,istri orang,tanah orang dan atas nama Tuhan bawa motto :embat aja bleh xixixi ngakak

yakobus
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 118
Kepercayaan : Katolik
Location : Samaria
Join date : 07.06.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by janganbilangbilang on Wed Apr 03, 2013 1:01 pm

@yakobus wrote:
@Revolt wrote:Ga bakalan paham bro.....
Iyalah bang.Mana mampu mereka pake otak secara betul kan?Taunya harta orang,istri orang,tanah orang dan atas nama Tuhan bawa motto :embat aja bleh xixixi ngakak


lucu juga, yang maen embat tuh siapa yah..?? ketawa guling ketawa guling ketawa guling

misteri Allah; oleh karena itu walaupun Trinitas merupakan hal yang sulit, terimalah saja seperti itu.
Matius 28: 19: ", dan baptislah mereka dengan nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,"

kalimat quote di atas yang ngomong siapa yah..?? lol lol

hari gini masih percaya Jesus itu tuhan..?? ketawa guling ketawa guling ketawa guling
apakah anda pengikut setia jesus..?? bosen
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 71
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by ucup on Wed Apr 03, 2013 3:23 pm

kristen sendiri gak paham ama konsep tuhannya....
avatar
ucup
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 285
Kepercayaan : Islam
Join date : 27.10.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by Revolt on Wed Apr 03, 2013 3:56 pm

Kalau kami ga paham, ngapain juga kami masih Kristen....

jangan lempar batu sembunyi tangan deh....

Malah terlihat dangkalnya anda itu...
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: memahami Trinitas dg otak sekepal tangan, bisakah?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 11 dari 13 Previous  1, 2, 3 ... 10, 11, 12, 13  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik