FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

revitalisasi dan reaktualisasi pendidikan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

revitalisasi dan reaktualisasi pendidikan

Post by keroncong on Fri Nov 11, 2011 6:32 pm

Pendidikan secara umum diartikan sebagai proses mendewasakan manusia atau memanusiakan manusia. Namun menurut Islam; pendidikan memiliki makna dan dimensi yang lebih luas yakni mencakup diri, lingkungan dan Tuhan. Maksudnya pendidikan haruslah bermakna dan dapat mengembangkan semua potensi yang dimiliki manusia sehingga dapat bermanfaat bukan hanya bagi diri nya sendiri; tapi juga lingkungannya ( sosial dan fisik ) serta dapat melaksanakan fungsinya sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
Pendidikan berlangsung di tiga tempat / matra ( dikenal dengan istilah Trilogi Pendidikan)
yaitu di keluarga, sekolah, dan masyarakat. Berhasil tidaknya suatu pendidikan ditentukan oleh harmonis tidaknya hubungan ketiga unsur tersebut. Adapun pemerintah termasuk unsur masyarakat dalam lingkup yang lebih luas. Pemerintah lebih sering berperan sebagai Fasilitator yakni sebagai penyedia fasilitas yang diperlukan dalam pendidikan; seperti kurikulum, kebijakan umum, pembiayaan, dsb.
Ada lima unsur utama yang sangat berperan dalam proses pendidikan.Kelima unsur tersebut
lebih dikenal dengan singkatan 5 M; yakni : Man, Material, Money, Message and Management. Man adalah unsur manusia; terutama pendidik dan peserta didik. Material yaitu seluruh sarana dan fasilitas yang diperlukan dalam proses pendidikan. Money adalah keuangan atau pembiayaan. Message ialah pesan / ilmu yang disampaikan. Sedangkan Management adalah pengelolaan dalam arti luas; terutarna mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
Pokok isi utama pendidikan adalah ilmu. Sumber ilmu yang utama adalah dari Allah. " Dia mengajarkan kepada manusia apa apa yang tidak diketahuinya" (QS.Al Alaq : 5). Ilmu diperoleh melalui berbagai cara, namun dari keseluruhan cara tersebut dapat kita simpulkan menjadi satu kata yakni "membaca" (dalam arti luas) . Maksudnya adalah membaca ayat ayat yang terdapat dalarn Kitab Suci AlQur an (ayat Qauliyah) dan pesan pesan atau tanda tanda yang terdapat di alam semesta ini (ayat Kauniyah).
Selain itu konsep ilmu dalam Islam hendaknya mengacu kepada lingkungan dan kebutuhan
masyarakat. Karena itu harus bersifat applicable . Hal ini dapat ditelusuri dari beragamnya ilmu yang diberikan oleh Allah kepada Para Nabi dan Rasul serta Para umat mereka. MisaInya Nabi Nuh as. mendapat Ilmu tentang pembuatan perahu bahtera, Nabi Daud as diberi ilmu tentang pembuatan baju besi, umat Nabi Shalih as memiliki keahlian memahat gunung untuk dijadikan tempat tinggal, dsb. Meski ragamnya berbeda, semua memiliki nilai yang sama yakni semua diarahkan untuk mengenal Allah SWT dengan segala sifat sifatNya sehingga manusia selalu merasa di dekatNya serta mampu mengubah dunia sesuai kebutuhan manusia sekaligus melestarikannya.
Secara ringkas pendidikan Islam memiliki asas, prinsip dan tuj uan sebagai berikut
A. Asas Pendidikan Islam.
Pendidikan Islam dilaksanakan berdasarkan asas asas:
1. Melaksanakan perintah Allah SWT dan teladan Rasulullah saw.
Pendidikan dalam Islam merupakan realisasi dari kewajiban menuntut i1mu yang diperintahkan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah saw. Menuntut ilmu bisa dilaksanakan secara perorangan maupun kelompok.
2. Beribadah kepada Allah SWT.
Dikarenakan menuntut ilmu itu diperintahkan oleh Allah SWT. Dan dicontohkan oleh Rasulullah saw. Maka mengamalkannya merupakan ibadah dan diberi pahala oleh Allah SWT.
3. lkhlas dan mengharap ridla Allah SWT.
Setiap mengamalkan atau melaksanakan ibadah kita dituntut untuk ikhlas, yakni dilaksanakan dengan senang hati dan mengharap ridla Allah SWT. Namun bukan berarti kita tidak boleh mengharapkan atau mendapatkan apa apa. Hak hak kitapun perlu kita. dapatkan seiring dengan kewajiban kewajiban yang dilaksanakan.
4. Ilmu yang benar dan diridlai Allah SWT.
Islam tidak mengenal pemisahan (dikhotomi) antara, ilmu dunia dan akhirat. Keduanya perlu dan wajib kita miliki, karena keselamatan dan kebahagiaan di akhirat juga ditentukan oleh keberhasilan dan ibadah selama di dunia. Oleh karena itu. semua ilmu yang dibutuhkan untuk keberhasilan di dunia dan di akhirat perlu kita miliki, kecuali ilmu, yang dapat menjauhkan diri kita dengan Allah ; seperti ilmu sihir, ilmu nujum, meramal nasib, dan ihnu ihmu jahat lainnya.


B. Prinsip Pendidikan Islam
1. Berlangsung seumur hidup
Menuntut ilmu. itu hukumnya fardlu ain yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim selama hidupnya , karena itu menuntut ilmu atau pendidikan itu berlangsung seumur hidup (life long education) yakni sejak dilahirkan sampai meninggal.
2. Tidak dibatasi ruang dan jarak .
Pendidikan dalam. Islam dapat dilaksanakan dimana saja. Tidak hanya di dalam ruangan saja, tapi di alam terbuka juga bisa. Bahkan bukan hanya di dalam kota atau di dalam. negeri saja, kalau perlu ke luar kota atau ke luar negeri. Hal ini sudah dicontohkan oleh para Nabi dan Rasul, para. sahabatnya, serta para alim ulama.
3. Bersungguh sungguh dan rajin.
Setiap pengamalan ibadah dalam Islam (termasuk pendidikan) haruslah dilaksanakan dengan sungguh-¬sungguh dan rajin (kontinue) karena hanya dengan demikian akan terwujud semua tujuan dan harapan.
4. Harus diamalkan.
Setiap ilmu yang telah dimiliki, dipahami dan diyakini kebenarannya haruslah diamalkan. Manfaat i1mu. baru dirasakan dan lebih berkah setelah diamalkan.
5. Guna mewujudkan kebaikan hidup.
Setiap ihnu yang didapat selain harus diamalkan juga harus membawa manfaat ; baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Misalnya setelah mendapat ilmu maka ada perubahan perilaku pada dirinya ke arah yang lebih baik. Begitu juga orang orang di sekitarnya harus mendapat manfaat dari ilmu yang dimilikinya itu.

C. Tujuan Pendidikan Islam
Pendidikan dalam. Islam haruslah berusaha membina atau mengembalikan manusia kepada. fitrahnya yaitu kepada Rubbubiyyah Allah sehingga mewujudkan manusia :
1.Berjiwa Tauhid.
Tujuan yang pertama ini harus ditanamkan kepada para peserta didik (sesuai dengan firman Allah dalam Surat Luqman ayat 13.). Insan yang mengenyam pendidikan serta berjiwa tauhid sangat yakin bahwa ilmu yang ia miliki adalah bersumber dari Allah. Dengan demikian ia tetap rendah hati dan semakin yakin akan Kebesaran Allah serta lebih rajin dalam beribadah,
2. Taqwa kepada Allah SWT.
Mewujudkan manusia yang bertaqwa kepada Allah merupakan tujuan pendidikan Islam, sebab walaupun ada orang yang genius dan gelar akademisnya. sangat banyak; tapi kalau tidak bertaqwa kepada Allah maka ia dianggap tidak / belum berhasil. Hanya orang yang bertaqwa yang paling mulia di sisi Allah (QS.Al Hujurat : 13).

3. Rajin beribadah dan beramal shalih.
Apapun aktivitas dalam hidup ini haruslah didasarkan untuk beribadah kepada Allah, karena itulah tujuan Allah menciptakan manusia di muka bumi ini (seperti tertera dalam Surat Adz Dzariyyat ayat 56).
4. Ulil albab (pemerhati/ pemikir)
Tujuan pendidikan Islam berikutnya adalah mewujudkan ulil albab yaitu orang-orang yang dapat meneliti dan memikirkan Keagungan Allah melalui ayat-ayat qauliyyah yang terdapat dalam Kitab Suci Al Quran dan ayat-ayat kauniyyah (tanda-tanda kekuasaan Allah) yang terdapat di alam semesta. Mereka ilmuwan dan intelektual, tapi mereka juga rajin berdzikir dan beribadah kepada Allah SWT (seperti difirmankan Allah dalam Surat Ali Imran : 190-191).
5. Berakhlak Mulia.
Pendidikan dalam Islam fidak hanya bertujuan untuk mewujudkan manusia yang memiliki kecerdasan saja, tapi juga harus berakhlak mulia. Karena kecerdasan tanpa diimbangi oleh akhlak yang mulia hanya akan menjadikan manusia manusia yang akan membuat kerusakan di muka bumi. Dengan dimiliki kecerdasan dan akhlak yang mulia akan terwujud kedamaian. Keadilan dan kesejahteraan di muka bumi.
Itulah beberapa hal mendasar mengenai Pendidikan Islam, untuk mewujudkankannya diperlukan kesungguhan dan kerjasama semua pihak. Insya Allah dengan kerja keras dan bertawakkal kepada Allah, semua itu akan terwujud.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik