FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Halaman 2 dari 11 Previous  1, 2, 3, ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by abu hanan on Fri Jun 22, 2012 3:16 pm

First topic message reminder :

Beberapa teori menyatakan bahwa beliow mengalami pingsan,dan sayah sempat memposting salah satu teori pingsan di blog sayah..berikut kutipannyah;
Pada saat menjelang penyaliban Serdadu Roma bukan saja membolehkan pemberian minuman narkotik ini bahkan salah satu dari mereka terbukti membantu meminumkannya pada Isa as  

Matius 27:48, Dan segeralah datang seorang dari mereka; ia mengambil bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam, lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum.

Markus 15:36, Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: “Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.”

Lukas 23:36, Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya

Yohanes 19:29 Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulutnya

.
Vinegar yg disebutkan dalam Injil dalam bahasa Latin disebut Acetum/Acidus/Acere/Acida. Dalam budaya Persia dan Timur Tengah umumnya mengenal Minuman persembahan suci (Haoma Drink). Haoma Drink dibuat dari Juice tanaman Asclepias Acida. Efek minuman ini adalah membuat seseorang menjadi koma (mati suri). Varietas asclepias acida ini di Eropa disebut dengan “Swallowwort”. Untuk membuat ramuan Haoma Drink ini perlu keahlian agar takarannya tepat dan Orang ­orang dari Golongan Yahudi Essene sangat mahir dalam bidang pengobatan/ penyembuhan sangat mengenal ramuan minuman ini. Salah satu efek dari ramuan Swallowwort (Asclepias Acida) ini adalah Extreme sweating and a dry mouth, dan ini sesuai dengan apa yang di alami oleh Isa,

“Yesus mengatakan: “Saya haus” (Yohanes 19:28).

Jadi para murid rahasia Yesus (Isa) dari golongan Essenes bekerja sama dengan Pilatus telah memberikan Haoma Drink ini kepada Isa a.s. sebelum beliau di paku di tiang salib dan ini merupakan rencana rahasia untuk menolong Isa. Dan akibat dari ramuan inilah beliau menjadi koma (mati suri) di tiang salib.
pertanyaan sayah;
1.peristiwa penusukan tombak ke tubuh beliow,apakah dilakukan disaat beliow pingsan/mati suri?
2.butuh dosis berapa hingga bisa menyebabkan manusia pingsan?karena penting untuk diketahui banyaknyah cairan yg masuk lewat tenggorokan beliow...setetes atow sedua tetes..
3.apa yg menjadi penyebab pingsan?bunga karang atow vinegar atow kopi hitam?

monggoh...undangan ditujukan kepada ;
1.teori subtitusi
2.teori jeki cen
3.pihak netral
4.para peminat ilmu kesehatan dan pengobatan

bahan diskusi yg dianjurkan ;
1.bibel
2.ilmu kedokteran

yang diperlukan;
argumen sehat-logis-ilmiah

**semua sampah termasuk ad hominem/personal attack/pelecehan sosial akan dibersihkan tanpa pemberitahuan....

selamat menikmati....


Terakhir diubah oleh abu hanan tanggal Fri Jun 22, 2012 5:04 pm, total 1 kali diubah


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by hamba tuhan on Tue Jun 26, 2012 5:10 am

@hamba tuhan wrote:
@mang odoy wrote:Minuman yang diminumkan ke Yesus itu bukan ANGGUR dalam artian ANGGUR KOLESOM Cap Aki Aki Tua kesukaannnya tukang becak...tapi dalam bahasa aslinya sebenernya bukan WINE/Anggur...tapi VINEGAR....

Kalo VINEGAR HARAM....tutup aja semua TUKANG BASO di seluruh endonesa tercinta...wkwkwkwkwk

modal cuman terjemahan LAI sihhh...binun jadinya...wkwkwkwkwk..

lanjoott...nyempil aja dulu...he he he

AH : Vinegar yg disebutkan dalam Injil dalam bahasa Latin disebut Acetum/Acidus/Acere/Acida. Dalam budaya Persia dan Timur Tengah umumnya mengenal Minuman persembahan suci (Haoma Drink). Haoma Drink dibuat dari Juice tanaman Asclepias Acida. Efek minuman ini adalah membuat seseorang menjadi koma (mati suri)

apa yg membuat efek bisa menjadi koma alias mati suri.... gada loh yg makan baso apalagi baso bakar malang pingsan, koma dan mati suri???? pasti ada zat khusus neh yg menyebabkan koma alias mati suri dlm vinegar tsb, haram atau gak mengkonsumsi vinegar yg menyebabkan koma alias mati suri???? itu permasalahannya pak prof.......


ehmm ehmm

kalo gak haram ya lancar aja.... tp kalo haram, apa mungkin Allah menolong UtusanNYA yg dikasihi dgn minuman haram???? apa berlaku hukum darurat disini?????

sesuatu yg memabukkan aja bs haram, apalagi sesuatu yg bikin koma and mati suri ya.....

ehmm ehmm
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by musicman on Tue Jun 26, 2012 11:10 am

@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:dikit aja pertanyaan dr saya yg bodoh ini.... Haoma Drink ini termasuk minuman haramkah??????

:bingung saya.....

Hukum anggur dalam Alkitab......
Pertama: Di dalam Alkitab ( IMAMAT ) tertulis ayat:
Tuhan berfirman kepada Harun:
″Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun. IMAMAT 10:8-9.

Kedua: maka haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan dan jangan meminum sesuatu minuman yang dibuat dari buah anggur, dan jangan memakan buah anggur, baik yang segar maupun yang kering. BILANGAN 6:3

Ketiga: Hana istri Elkana ibu Samuel memandang "anggur" sebagai minuman yang tidak layak diminum olehnya atau oleh manusia terhormat, berikut kisah yang tertulis: Lalu kata Eli kepadanya:"Berapa lama lagi engkau berlaku sebagai orang mabuk? Lepaskanlah dirimu dari pada mabukmu." Tetapi Hana menjawab: “Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan isi hatiku di hadapan TUHAN. 1 SAMUEL 1:14-15

Keempat: Yohanes pembaptis adalah manusia suci yang dilindungi oleh Tuhan semenjak di dalam rahim ibunya, dalam salah satu ayat Injil Lukas menceritakan Yohanes Pembaptis dengan: Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya; LUKAS 1:15
BUng HT, saya sedikit agak bingung..

Haram disini apakah yg berlaku dalam PL, ataukah yg berlaku dalam masyarat yahudi dlm penerapannya?

yg mana yg anda tanya?
Mohon pencerahan dari guru saya..
:lkj:

maybe saya bodoh buat pertanyaan sehingga mebingungkan saudaraku bung M, yadah saya perjelskan mudah2an jelas ya.... heheeee.... Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan saudaraku bung musicman? piss

Begini Bung HT Guru saya...

Memang menjadi ambivalent bagi saya kalo melihat standarisasi bagi Yahudi untuk menentukan hukum bagi minuman memabukkan ini.

kenapa?


Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang, tapi pada faktanya di lapangan:

dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.

Seorang Rabbi Yahudi menjelaskan secara gamblang hukum Minuman keras bagi Yahudi (saya ambil bbrp point penting disitu)

Rabbi Daniel Siegel
Jewish Chaplain at Dartmouth College, 1987-97
Rabbinic Director, ALEPH: Alliance for for Jewish Renewal


Jewish Tradition
http://www.dartmouth.edu/~dcare/topics/jewish.html

Perhaps the Jewish point of view can be best summarized by the following teaching given as a commentary to a text in the midrash called Genesis Rabbah (37:7): Wine has two characteristics, one opposite the other. A little is good and a lot is hard.Wine will make a person‚s heart happy.
A little wine opens the heart to Torah and too much leads to sin and idolatry. About this, it is taught that wine should not enter too deeply into any feast which is not obligated by the observance of a commandment. Wine should only be part of the supernal divine, for the sake of a commandment such as the comforting of mourners and, even there, one should drink only a little.


Disitu jelas sekali, bahwa Minuman alcohol adalah bukan sesuatu yg perlu dijauhi dan dihindari, bahkan menjadi kebiasaan bagi mereka (walau dengan takaran-takaran tertentu), tapi ada satu yg menggelitik bagi saya pada kalimat yg saya beri warna merah.

tertulis mengenai pentingnya Anggur menjadi bagian dari hal2 yg berbau KeTuhanan

Nah, kalau sudah begini menjadi ada kemungkinan disitu menurut saya:

Murid Yesus (para murid rahasia Yesus (Isa)) dari golongan Essenes memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan

Rav (Rabbi) Chanan said: Wine was created to comfort mourners and to reward the wicked (Sanhedrin 70a) in this world.

Silahkan bung HT koreksinya
:)

Efek minuman ini adalah membuat seseorang menjadi koma (mati suri)

ah, saya ngga percaya, ada minuman bikin mati suri. Teler lebih masuk akal.

Standarisasi Mati suri itu berat, ditilik dr segi medis
:)
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by hamba tuhan on Tue Jun 26, 2012 11:24 am

@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:dikit aja pertanyaan dr saya yg bodoh ini.... Haoma Drink ini termasuk minuman haramkah??????

:bingung saya.....

Hukum anggur dalam Alkitab......
Pertama: Di dalam Alkitab ( IMAMAT ) tertulis ayat:
Tuhan berfirman kepada Harun:
″Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun. IMAMAT 10:8-9.

Kedua: maka haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan dan jangan meminum sesuatu minuman yang dibuat dari buah anggur, dan jangan memakan buah anggur, baik yang segar maupun yang kering. BILANGAN 6:3

Ketiga: Hana istri Elkana ibu Samuel memandang "anggur" sebagai minuman yang tidak layak diminum olehnya atau oleh manusia terhormat, berikut kisah yang tertulis: Lalu kata Eli kepadanya:"Berapa lama lagi engkau berlaku sebagai orang mabuk? Lepaskanlah dirimu dari pada mabukmu." Tetapi Hana menjawab: “Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan isi hatiku di hadapan TUHAN. 1 SAMUEL 1:14-15

Keempat: Yohanes pembaptis adalah manusia suci yang dilindungi oleh Tuhan semenjak di dalam rahim ibunya, dalam salah satu ayat Injil Lukas menceritakan Yohanes Pembaptis dengan: Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya; LUKAS 1:15
BUng HT, saya sedikit agak bingung..

Haram disini apakah yg berlaku dalam PL, ataukah yg berlaku dalam masyarat yahudi dlm penerapannya?

yg mana yg anda tanya?
Mohon pencerahan dari guru saya..
:lkj:

maybe saya bodoh buat pertanyaan sehingga mebingungkan saudaraku bung M, yadah saya perjelskan mudah2an jelas ya.... heheeee.... Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan saudaraku bung musicman? piss

Begini Bung HT Guru saya...

Memang menjadi ambivalent bagi saya kalo melihat standarisasi bagi Yahudi untuk menentukan hukum bagi minuman memabukkan ini.

kenapa?


Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang, tapi pada faktanya di lapangan:

dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.

Seorang Rabbi Yahudi menjelaskan secara gamblang hukum Minuman keras bagi Yahudi (saya ambil bbrp point penting disitu)

Rabbi Daniel Siegel
Jewish Chaplain at Dartmouth College, 1987-97
Rabbinic Director, ALEPH: Alliance for for Jewish Renewal


Jewish Tradition
http://www.dartmouth.edu/~dcare/topics/jewish.html

Perhaps the Jewish point of view can be best summarized by the following teaching given as a commentary to a text in the midrash called Genesis Rabbah (37:7): Wine has two characteristics, one opposite the other. A little is good and a lot is hard.Wine will make a person‚s heart happy.
A little wine opens the heart to Torah and too much leads to sin and idolatry. About this, it is taught that wine should not enter too deeply into any feast which is not obligated by the observance of a commandment. Wine should only be part of the supernal divine, for the sake of a commandment such as the comforting of mourners and, even there, one should drink only a little.


Disitu jelas sekali, bahwa Minuman alcohol adalah bukan sesuatu yg perlu dijauhi dan dihindari, bahkan menjadi kebiasaan bagi mereka (walau dengan takaran-takaran tertentu), tapi ada satu yg menggelitik bagi saya pada kalimat yg saya beri warna merah.

tertulis mengenai pentingnya Anggur menjadi bagian dari hal2 yg berbau KeTuhanan

Nah, kalau sudah begini menjadi ada kemungkinan disitu menurut saya:

Murid Yesus (para murid rahasia Yesus (Isa)) dari golongan Essenes memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan

Rav (Rabbi) Chanan said: Wine was created to comfort mourners and to reward the wicked (Sanhedrin 70a) in this world.

Silahkan bung HT koreksinya
:)

Efek minuman ini adalah membuat seseorang menjadi koma (mati suri)

ah, saya ngga percaya, ada minuman bikin mati suri. Teler lebih masuk akal.

Standarisasi Mati suri itu berat, ditilik dr segi medis
:)

HT : Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan? Kalo menurut saya hukum Tuhan ya yg tertulis dalam taurat....
MM : Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang.....
HT : apa berlaku hukum darurat disini?????
MM : dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.
Murid Yesus memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan
HT : yg jadi pertanyaan bung MM.... mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya...
..
piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by musicman on Tue Jun 26, 2012 11:48 am

@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:dikit aja pertanyaan dr saya yg bodoh ini.... Haoma Drink ini termasuk minuman haramkah??????

:bingung saya.....

Hukum anggur dalam Alkitab......
Pertama: Di dalam Alkitab ( IMAMAT ) tertulis ayat:
Tuhan berfirman kepada Harun:
″Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun. IMAMAT 10:8-9.

Kedua: maka haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan dan jangan meminum sesuatu minuman yang dibuat dari buah anggur, dan jangan memakan buah anggur, baik yang segar maupun yang kering. BILANGAN 6:3

Ketiga: Hana istri Elkana ibu Samuel memandang "anggur" sebagai minuman yang tidak layak diminum olehnya atau oleh manusia terhormat, berikut kisah yang tertulis: Lalu kata Eli kepadanya:"Berapa lama lagi engkau berlaku sebagai orang mabuk? Lepaskanlah dirimu dari pada mabukmu." Tetapi Hana menjawab: “Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan isi hatiku di hadapan TUHAN. 1 SAMUEL 1:14-15

Keempat: Yohanes pembaptis adalah manusia suci yang dilindungi oleh Tuhan semenjak di dalam rahim ibunya, dalam salah satu ayat Injil Lukas menceritakan Yohanes Pembaptis dengan: Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya; LUKAS 1:15
BUng HT, saya sedikit agak bingung..

Haram disini apakah yg berlaku dalam PL, ataukah yg berlaku dalam masyarat yahudi dlm penerapannya?

yg mana yg anda tanya?
Mohon pencerahan dari guru saya..
:lkj:

maybe saya bodoh buat pertanyaan sehingga mebingungkan saudaraku bung M, yadah saya perjelskan mudah2an jelas ya.... heheeee.... Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan saudaraku bung musicman? piss

Begini Bung HT Guru saya...

Memang menjadi ambivalent bagi saya kalo melihat standarisasi bagi Yahudi untuk menentukan hukum bagi minuman memabukkan ini.

kenapa?


Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang, tapi pada faktanya di lapangan:

dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.

Seorang Rabbi Yahudi menjelaskan secara gamblang hukum Minuman keras bagi Yahudi (saya ambil bbrp point penting disitu)

Rabbi Daniel Siegel
Jewish Chaplain at Dartmouth College, 1987-97
Rabbinic Director, ALEPH: Alliance for for Jewish Renewal


Jewish Tradition
http://www.dartmouth.edu/~dcare/topics/jewish.html

Perhaps the Jewish point of view can be best summarized by the following teaching given as a commentary to a text in the midrash called Genesis Rabbah (37:7): Wine has two characteristics, one opposite the other. A little is good and a lot is hard.Wine will make a person‚s heart happy.
A little wine opens the heart to Torah and too much leads to sin and idolatry. About this, it is taught that wine should not enter too deeply into any feast which is not obligated by the observance of a commandment. Wine should only be part of the supernal divine, for the sake of a commandment such as the comforting of mourners and, even there, one should drink only a little.


Disitu jelas sekali, bahwa Minuman alcohol adalah bukan sesuatu yg perlu dijauhi dan dihindari, bahkan menjadi kebiasaan bagi mereka (walau dengan takaran-takaran tertentu), tapi ada satu yg menggelitik bagi saya pada kalimat yg saya beri warna merah.

tertulis mengenai pentingnya Anggur menjadi bagian dari hal2 yg berbau KeTuhanan

Nah, kalau sudah begini menjadi ada kemungkinan disitu menurut saya:

Murid Yesus (para murid rahasia Yesus (Isa)) dari golongan Essenes memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan

Rav (Rabbi) Chanan said: Wine was created to comfort mourners and to reward the wicked (Sanhedrin 70a) in this world.

Silahkan bung HT koreksinya
:)

Efek minuman ini adalah membuat seseorang menjadi koma (mati suri)

ah, saya ngga percaya, ada minuman bikin mati suri. Teler lebih masuk akal.

Standarisasi Mati suri itu berat, ditilik dr segi medis
:)

[color=black]HT : Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan? Kalo menurut saya hukum Tuhan ya yg tertulis dalam taurat....
Haram

MM : Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang.....
HT : apa berlaku hukum darurat disini?????
Kalau dilihat dr penderitaan Yesus dalam menerima kerasnya siksaan, bisa jadi muncul ketidak tegaan dr para Murid2 Yesus, sehingga mereka melihat unsur darurat disitu.

MM : dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.
Murid Yesus memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan
HT : yg jadi pertanyaan bung MM.... mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya.....
piss

Begini BUng HT guru saya,

Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....

Lalu mengenai pendapat anda
mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya...
saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.

Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..

lol lol lol
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by hamba tuhan on Tue Jun 26, 2012 11:59 am

@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
BUng HT, saya sedikit agak bingung..

Haram disini apakah yg berlaku dalam PL, ataukah yg berlaku dalam masyarat yahudi dlm penerapannya?

yg mana yg anda tanya?
Mohon pencerahan dari guru saya..
:lkj:

maybe saya bodoh buat pertanyaan sehingga mebingungkan saudaraku bung M, yadah saya perjelskan mudah2an jelas ya.... heheeee.... Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan saudaraku bung musicman? piss

Begini Bung HT Guru saya...

Memang menjadi ambivalent bagi saya kalo melihat standarisasi bagi Yahudi untuk menentukan hukum bagi minuman memabukkan ini.

kenapa?


Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang, tapi pada faktanya di lapangan:

dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.

Seorang Rabbi Yahudi menjelaskan secara gamblang hukum Minuman keras bagi Yahudi (saya ambil bbrp point penting disitu)

Rabbi Daniel Siegel
Jewish Chaplain at Dartmouth College, 1987-97
Rabbinic Director, ALEPH: Alliance for for Jewish Renewal


Jewish Tradition
http://www.dartmouth.edu/~dcare/topics/jewish.html

Perhaps the Jewish point of view can be best summarized by the following teaching given as a commentary to a text in the midrash called Genesis Rabbah (37:7): Wine has two characteristics, one opposite the other. A little is good and a lot is hard.Wine will make a person‚s heart happy.
A little wine opens the heart to Torah and too much leads to sin and idolatry. About this, it is taught that wine should not enter too deeply into any feast which is not obligated by the observance of a commandment. Wine should only be part of the supernal divine, for the sake of a commandment such as the comforting of mourners and, even there, one should drink only a little.


Disitu jelas sekali, bahwa Minuman alcohol adalah bukan sesuatu yg perlu dijauhi dan dihindari, bahkan menjadi kebiasaan bagi mereka (walau dengan takaran-takaran tertentu), tapi ada satu yg menggelitik bagi saya pada kalimat yg saya beri warna merah.

tertulis mengenai pentingnya Anggur menjadi bagian dari hal2 yg berbau KeTuhanan

Nah, kalau sudah begini menjadi ada kemungkinan disitu menurut saya:

Murid Yesus (para murid rahasia Yesus (Isa)) dari golongan Essenes memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan

Rav (Rabbi) Chanan said: Wine was created to comfort mourners and to reward the wicked (Sanhedrin 70a) in this world.

Silahkan bung HT koreksinya
:)

Efek minuman ini adalah membuat seseorang menjadi koma (mati suri)

ah, saya ngga percaya, ada minuman bikin mati suri. Teler lebih masuk akal.

Standarisasi Mati suri itu berat, ditilik dr segi medis
:)

[color=black]HT : Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan? Kalo menurut saya hukum Tuhan ya yg tertulis dalam taurat....
Haram

MM : Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang.....
HT : apa berlaku hukum darurat disini?????
Kalau dilihat dr penderitaan Yesus dalam menerima kerasnya siksaan, bisa jadi muncul ketidak tegaan dr para Murid2 Yesus, sehingga mereka melihat unsur darurat disitu.

MM : dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.
Murid Yesus memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan
HT : yg jadi pertanyaan bung MM.... mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya.....
piss

Begini BUng HT guru saya,

Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....

Lalu mengenai pendapat anda
mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya...
saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.

Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..

lol lol lol

MM : Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....
HT : jd tanda tanya.... kita kasih PR buat TS aja deh bung MM... biar kang mas abu ada kerjaan.... heeeeeee

MM : saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.
HT : kembali lg alasan yg diatas saudaraku bung MM.... seorang Utusan Tuhan gak akan bakal mengikuti inisiatif org2 deketnya kalo emang hal tsb menabrak hukum Tuhan

MM : Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..
HT : tanda tanya lg.... silakan kang mas abu sebagai TS.... neh PR..... heheeeeee

tambah 1 lg... apa seh sebenarnya tujuan dikasih minum lasegar.. eh salah Vinegar tsb?????

piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by mang kok on Tue Jun 26, 2012 3:04 pm

mulai seru
cuman mau tanya sedikit ya bung, siapa yg meminumkan vinegar kpd yesus? apa sepenuhnya dilakukan oleh murid rahasia yesus? bagaimana dengan serdadu roma.?
Spoiler:
luke 23 : 36
The soldiers also ridiculed and made sport of Him, coming up and offering Him vinegar
avatar
mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 157
Join date : 15.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by musicman on Tue Jun 26, 2012 4:42 pm

@mang kok wrote:mulai seru
cuman mau tanya sedikit ya bung, siapa yg meminumkan vinegar kpd yesus?
Spoiler:
luke 23 : 36
The soldiers also ridiculed and made sport of Him, coming up and offering Him vinegar

Baca dr depan dong mbk..

lemes deh
ketiwi
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by musicman on Tue Jun 26, 2012 4:57 pm

@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:

maybe saya bodoh buat pertanyaan sehingga mebingungkan saudaraku bung M, yadah saya perjelskan mudah2an jelas ya.... heheeee.... Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan saudaraku bung musicman? piss

Begini Bung HT Guru saya...

Memang menjadi ambivalent bagi saya kalo melihat standarisasi bagi Yahudi untuk menentukan hukum bagi minuman memabukkan ini.

kenapa?


Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang, tapi pada faktanya di lapangan:

dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.

Seorang Rabbi Yahudi menjelaskan secara gamblang hukum Minuman keras bagi Yahudi (saya ambil bbrp point penting disitu)

Rabbi Daniel Siegel
Jewish Chaplain at Dartmouth College, 1987-97
Rabbinic Director, ALEPH: Alliance for for Jewish Renewal


Jewish Tradition
http://www.dartmouth.edu/~dcare/topics/jewish.html

Perhaps the Jewish point of view can be best summarized by the following teaching given as a commentary to a text in the midrash called Genesis Rabbah (37:7): Wine has two characteristics, one opposite the other. A little is good and a lot is hard.Wine will make a person‚s heart happy.
A little wine opens the heart to Torah and too much leads to sin and idolatry. About this, it is taught that wine should not enter too deeply into any feast which is not obligated by the observance of a commandment. Wine should only be part of the supernal divine, for the sake of a commandment such as the comforting of mourners and, even there, one should drink only a little.


Disitu jelas sekali, bahwa Minuman alcohol adalah bukan sesuatu yg perlu dijauhi dan dihindari, bahkan menjadi kebiasaan bagi mereka (walau dengan takaran-takaran tertentu), tapi ada satu yg menggelitik bagi saya pada kalimat yg saya beri warna merah.

tertulis mengenai pentingnya Anggur menjadi bagian dari hal2 yg berbau KeTuhanan

Nah, kalau sudah begini menjadi ada kemungkinan disitu menurut saya:

Murid Yesus (para murid rahasia Yesus (Isa)) dari golongan Essenes memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan

Rav (Rabbi) Chanan said: Wine was created to comfort mourners and to reward the wicked (Sanhedrin 70a) in this world.

Silahkan bung HT koreksinya
:)

Efek minuman ini adalah membuat seseorang menjadi koma (mati suri)

ah, saya ngga percaya, ada minuman bikin mati suri. Teler lebih masuk akal.

Standarisasi Mati suri itu berat, ditilik dr segi medis
:)

[color=black]HT : Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan? Kalo menurut saya hukum Tuhan ya yg tertulis dalam taurat....
Haram

MM : Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang.....
HT : apa berlaku hukum darurat disini?????
Kalau dilihat dr penderitaan Yesus dalam menerima kerasnya siksaan, bisa jadi muncul ketidak tegaan dr para Murid2 Yesus, sehingga mereka melihat unsur darurat disitu.

MM : dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.
Murid Yesus memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan
HT : yg jadi pertanyaan bung MM.... mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya.....
piss

Begini BUng HT guru saya,

Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....

Lalu mengenai pendapat anda
mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya...
saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.

Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..

lol lol lol

MM : Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....
HT : jd tanda tanya.... kita kasih PR buat TS aja deh bung MM... biar kang mas abu ada kerjaan.... heeeeeee


setau saya..Vinega yah Vinega...Haoma yah Haoma..
Beda..

dan Isa diberi Vinega..bukan Haoma


ὄξος (oxos) — 2 Occurrences

Luke 23:36 N-ANS
BIB: στρατιῶται προσερχόμενοι ὄξος προσφέροντες αὐτῷ
NAS: up to Him, offering Him sour wine,
KJV: offering him vinegar,
INT: soldiers coming near vinegar offering him


John 19:30 N-ANS
BIB: ἔλαβεν τὸ ὄξος ὁ Ἰησοῦς
NAS: had received the sour wine, He said,
KJV: had received the vinegar, he said,
INT: took the vinegar Jesus





wa abu..Haoma dengan vinegar apakah sama?
setahu saya ..Vinegar ngga bikin mabok?
bingung

dia cuma cuka dr Anggur hasil FERMENTASI



MM : saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.
HT : kembali lg alasan yg diatas saudaraku bung MM.... seorang Utusan Tuhan gak akan bakal mengikuti inisiatif org2 deketnya kalo emang hal tsb menabrak hukum Tuhan
coba telaah dulu, memabukan apa ngga sih sebetulnya Vinegar?



MM : Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..
HT : tanda tanya lg.... silakan kang mas abu sebagai TS.... neh PR..... heheeeeee

tambah 1 lg... apa seh sebenarnya tujuan dikasih minum lasegar.. eh salah Vinegar tsb?????

piss

ditunggu umpan dr yg lain..dulu deh..
ntar saya pantau dulu
mana
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by hamba tuhan on Tue Jun 26, 2012 6:01 pm

@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:

Begini Bung HT Guru saya...

Memang menjadi ambivalent bagi saya kalo melihat standarisasi bagi Yahudi untuk menentukan hukum bagi minuman memabukkan ini.

kenapa?


Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang, tapi pada faktanya di lapangan:

dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.

Seorang Rabbi Yahudi menjelaskan secara gamblang hukum Minuman keras bagi Yahudi (saya ambil bbrp point penting disitu)

Rabbi Daniel Siegel
Jewish Chaplain at Dartmouth College, 1987-97
Rabbinic Director, ALEPH: Alliance for for Jewish Renewal


Jewish Tradition
http://www.dartmouth.edu/~dcare/topics/jewish.html

Perhaps the Jewish point of view can be best summarized by the following teaching given as a commentary to a text in the midrash called Genesis Rabbah (37:7): Wine has two characteristics, one opposite the other. A little is good and a lot is hard.Wine will make a person‚s heart happy.
A little wine opens the heart to Torah and too much leads to sin and idolatry. About this, it is taught that wine should not enter too deeply into any feast which is not obligated by the observance of a commandment. Wine should only be part of the supernal divine, for the sake of a commandment such as the comforting of mourners and, even there, one should drink only a little.


Disitu jelas sekali, bahwa Minuman alcohol adalah bukan sesuatu yg perlu dijauhi dan dihindari, bahkan menjadi kebiasaan bagi mereka (walau dengan takaran-takaran tertentu), tapi ada satu yg menggelitik bagi saya pada kalimat yg saya beri warna merah.

tertulis mengenai pentingnya Anggur menjadi bagian dari hal2 yg berbau KeTuhanan

Nah, kalau sudah begini menjadi ada kemungkinan disitu menurut saya:

Murid Yesus (para murid rahasia Yesus (Isa)) dari golongan Essenes memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan

Rav (Rabbi) Chanan said: Wine was created to comfort mourners and to reward the wicked (Sanhedrin 70a) in this world.

Silahkan bung HT koreksinya
:)



ah, saya ngga percaya, ada minuman bikin mati suri. Teler lebih masuk akal.

Standarisasi Mati suri itu berat, ditilik dr segi medis
:)

[color=black]HT : Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan? Kalo menurut saya hukum Tuhan ya yg tertulis dalam taurat....
Haram

MM : Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang.....
HT : apa berlaku hukum darurat disini?????
Kalau dilihat dr penderitaan Yesus dalam menerima kerasnya siksaan, bisa jadi muncul ketidak tegaan dr para Murid2 Yesus, sehingga mereka melihat unsur darurat disitu.

MM : dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.
Murid Yesus memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan
HT : yg jadi pertanyaan bung MM.... mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya.....
piss

Begini BUng HT guru saya,

Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....

Lalu mengenai pendapat anda
mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya...
saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.

Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..

lol lol lol

MM : Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....
HT : jd tanda tanya.... kita kasih PR buat TS aja deh bung MM... biar kang mas abu ada kerjaan.... heeeeeee


setau saya..Vinega yah Vinega...Haoma yah Haoma..
Beda..

dan Isa diberi Vinega..bukan Haoma


ὄξος (oxos) — 2 Occurrences

Luke 23:36 N-ANS
BIB: στρατιῶται προσερχόμενοι ὄξος προσφέροντες αὐτῷ
NAS: up to Him, offering Him sour wine,
KJV: offering him vinegar,
INT: soldiers coming near vinegar offering him


John 19:30 N-ANS
BIB: ἔλαβεν τὸ ὄξος ὁ Ἰησοῦς
NAS: had received the sour wine, He said,
KJV: had received the vinegar, he said,
INT: took the vinegar Jesus





wa abu..Haoma dengan vinegar apakah sama?
setahu saya ..Vinegar ngga bikin mabok?
bingung

dia cuma cuka dr Anggur hasil FERMENTASI



MM : saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.
HT : kembali lg alasan yg diatas saudaraku bung MM.... seorang Utusan Tuhan gak akan bakal mengikuti inisiatif org2 deketnya kalo emang hal tsb menabrak hukum Tuhan
coba telaah dulu, memabukan apa ngga sih sebetulnya Vinegar?



MM : Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..
HT : tanda tanya lg.... silakan kang mas abu sebagai TS.... neh PR..... heheeeeee

tambah 1 lg... apa seh sebenarnya tujuan dikasih minum lasegar.. eh salah Vinegar tsb?????

piss

ditunggu umpan dr yg lain..dulu deh..
ntar saya pantau dulu
mana

kayaknya kang mas abu yg hrs menjelaskan maksud thread ini buat apa seh.... heheeee... yadah, coba sama2 kita dalami lg....

1. Markus 15:23Then they gave Him wine mingled with myrrh to drink, but He did not take [it].
2. Matius 27:34they gave Him sour wine mingled with gall to drink. But when He had tasted [it], He would not drink.
3. Bersabda Rasulullah S.A.W., ” Sebaik-baik hidangan makanan ialah Khal. Ya Allah berkatilah pada Khal, sesungguhnya Khal adalah makanan nabi-nabi terdahulu sebelum aku dan jangan terputus Khal dalam suatu rumah.” (Hadis riwayat Muslim 2052, Ibnu Majah 3318)

silakan akhi2 yg lain nyumbang dl... biar jelas apa maksudnya thread ini......


piss piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by Yishmael Avrahami on Tue Jun 26, 2012 11:50 pm

@mang odoy wrote:
@Yishmael Avrahami wrote:kalo prosesi hukumannya dgn cara digantung pingsan kagak ya...?

http://murtadinkafirun.forumotion.net/t15435-byba-mang-odoy-adalah-congor-kristen-dan-ahmadiyah#139576

balik dah kesono...jangan komen dimari...
risi ya doy?

setelah didapat tafsiran "minuman anggur" dari sudut pandang tradisi yahudi, maka akan muncul pertanyaan lagi...hehehe....banyak PR sepertinya ini....apakah yahudi saat itu yg memberikan minuman kepada yesus? Jika ya maka dari sudut pandang yahudi jg posisi yesus saat itu adalah digantung.....tetapi jika yg memberikannya adalah orang barat atau romawi, maka posisi yesus ini adalah disalib dan atau distauros (belum tahu posisi ini, sekedar bersandar melepas lelah atau disula).....apakah begitu????

lagi-lagi mohon pencerahannya.... lol lol lol
avatar
Yishmael Avrahami
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 272
Kepercayaan : Islam
Location : Neturei Karta
Join date : 10.10.11
Reputation : 4

http://www.nkusa.org/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by mang odoy on Wed Jun 27, 2012 4:06 am

@atas

saya bawa ke MK posting diatas...ngoceh disana aja...toh rekan rekan disini juga bisa nonton kita disana..

di tret ini..
http://murtadinkafirun.forumotion.net/t15435-byba-mang-odoy-adalah-congor-kristen-dan-ahmadiyah#139669

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by mang odoy on Wed Jun 27, 2012 4:22 am

repost

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by musicman on Wed Jun 27, 2012 9:47 am

@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:

[color=black]HT : Haoma Drink ini haram atau tidak menurut kacamata hukum dari Tuhan? Kalo menurut saya hukum Tuhan ya yg tertulis dalam taurat....
Haram

MM : Disatu sisi memang terlihat secara mata telanjang dalam Taurat bahwa minuman memabukkan terlarang.....
HT : apa berlaku hukum darurat disini?????
Kalau dilihat dr penderitaan Yesus dalam menerima kerasnya siksaan, bisa jadi muncul ketidak tegaan dr para Murid2 Yesus, sehingga mereka melihat unsur darurat disitu.

MM : dalam takaran tertentu atau dalam tujuan tertentu , minuman yang menyebabkan mabuk tidak dianggap haram bagi mereka, alias halal dalam bahasa Islam, atau disebut Khoser bagi Yahudi.
Murid Yesus memberi Haoma Drink kepada Yesus, meningat longgarnya aturan mengenai MInuman memabukkan ini, dan Bahkan menjadi bagian dr Hal2 yg berbau KeTuhanan
HT : yg jadi pertanyaan bung MM.... mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya.....
piss

Begini BUng HT guru saya,

Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....

Lalu mengenai pendapat anda
mungkinkah yesus yg notebenenya seorang Utusan Tuhan mau melakukan hal2 yg udah jelas2 dilarang Oleh Tuhan sendiri????? Apa cumen segini kadar keimanan seorang Utusan Tuhan? Saya yakin.... yg minum tsb bukan Utusan Tuhan, seorang utusan Tuhan menurut saya akan komit gak akan melanggar dgn apa yg dilarang sendiri oleh Tuhan.... biarpun nyawa taruhannya...
saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.

Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..

lol lol lol

MM : Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....
HT : jd tanda tanya.... kita kasih PR buat TS aja deh bung MM... biar kang mas abu ada kerjaan.... heeeeeee


setau saya..Vinega yah Vinega...Haoma yah Haoma..
Beda..

dan Isa diberi Vinega..bukan Haoma


ὄξος (oxos) — 2 Occurrences

Luke 23:36 N-ANS
BIB: στρατιῶται προσερχόμενοι ὄξος προσφέροντες αὐτῷ
NAS: up to Him, offering Him sour wine,
KJV: offering him vinegar,
INT: soldiers coming near vinegar offering him


John 19:30 N-ANS
BIB: ἔλαβεν τὸ ὄξος ὁ Ἰησοῦς
NAS: had received the sour wine, He said,
KJV: had received the vinegar, he said,
INT: took the vinegar Jesus





wa abu..Haoma dengan vinegar apakah sama?
setahu saya ..Vinegar ngga bikin mabok?
bingung

dia cuma cuka dr Anggur hasil FERMENTASI



MM : saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.
HT : kembali lg alasan yg diatas saudaraku bung MM.... seorang Utusan Tuhan gak akan bakal mengikuti inisiatif org2 deketnya kalo emang hal tsb menabrak hukum Tuhan
coba telaah dulu, memabukan apa ngga sih sebetulnya Vinegar?



MM : Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..
HT : tanda tanya lg.... silakan kang mas abu sebagai TS.... neh PR..... heheeeeee

tambah 1 lg... apa seh sebenarnya tujuan dikasih minum lasegar.. eh salah Vinegar tsb?????

piss

ditunggu umpan dr yg lain..dulu deh..
ntar saya pantau dulu
mana

kayaknya kang mas abu yg hrs menjelaskan maksud thread ini buat apa seh.... heheeee... yadah, coba sama2 kita dalami lg....

1. Markus 15:23Then they gave Him wine mingled with myrrh to drink, but He did not take [it].
2. Matius 27:34they gave Him sour wine mingled with gall to drink. But when He had tasted [it], He would not drink.
3. Bersabda Rasulullah S.A.W., ” Sebaik-baik hidangan makanan ialah Khal. Ya Allah berkatilah pada Khal, sesungguhnya Khal adalah makanan nabi-nabi terdahulu sebelum aku dan jangan terputus Khal dalam suatu rumah.” (Hadis riwayat Muslim 2052, Ibnu Majah 3318)

silakan akhi2 yg lain nyumbang dl... biar jelas apa maksudnya thread ini......


piss piss

Ada kerancuan di situ, dalam bahasa Yunani disebutkan Vinegar bung HT, seperti sudah saya terangkan diatas.

Dalam terjemahan yg dianggap paling mendekati bahasa aslinyapun sudah dijelaskan dengan gamblang:

King James Bible
Jhom 19:30
When Jesus therefore had received the vinegar, he said, It is finished: and he bowed his head, and gave up the ghost.


kl diperhatikan diartikan Wine selevel Whisky, cukup mengherankan

memang...
Mark 15:23 yang menggambarkan peristiwa yang berbeda. Bukti tekstual yang mendukung ini adalah bahwa kata Yunani yang berbeda digunakan: "ozos" dalam Matius untuk "anggur" sementara Markus memiliki "oinos" Yunani sebagai anggur. Itu, dikombinasikan dengan kata-kata Yunani yang berbeda "chole" untuk "empedu" dalam Matius dan "smurna" untuk "mur" dalam Markus, mungkin merupakan petunjuk bahwa ini adalah peristiwa yang berbeda.

apakah begitu?
bingung
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by hamba tuhan on Wed Jun 27, 2012 10:08 am

@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
@hamba tuhan wrote:
@musicman wrote:
Haram

Kalau dilihat dr penderitaan Yesus dalam menerima kerasnya siksaan, bisa jadi muncul ketidak tegaan dr para Murid2 Yesus, sehingga mereka melihat unsur darurat disitu.


Begini BUng HT guru saya,

Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....

Lalu mengenai pendapat anda

saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.

Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..

lol lol lol

MM : Vinegar berasal dari kata vinaigre (bahasa Perancis) yang artinya anggur yang telah asam, merupakan suatu produk yang dihasilkan dari fermentasi bahan yang mengandung gula atau pati menjadi alkohol, yang kemudian difermentasi lebih lanjut menjadi vinegar yang mempunyai kandungan asam.

Nah, apakah Vinegar ini memiliki Efek memabukan, atau selevel Cuka untuk penyedap masakan?

Itu satu.....
HT : jd tanda tanya.... kita kasih PR buat TS aja deh bung MM... biar kang mas abu ada kerjaan.... heeeeeee


setau saya..Vinega yah Vinega...Haoma yah Haoma..
Beda..

dan Isa diberi Vinega..bukan Haoma


ὄξος (oxos) — 2 Occurrences

Luke 23:36 N-ANS
BIB: στρατιῶται προσερχόμενοι ὄξος προσφέροντες αὐτῷ
NAS: up to Him, offering Him sour wine,
KJV: offering him vinegar,
INT: soldiers coming near vinegar offering him


John 19:30 N-ANS
BIB: ἔλαβεν τὸ ὄξος ὁ Ἰησοῦς
NAS: had received the sour wine, He said,
KJV: had received the vinegar, he said,
INT: took the vinegar Jesus





wa abu..Haoma dengan vinegar apakah sama?
setahu saya ..Vinegar ngga bikin mabok?
bingung

dia cuma cuka dr Anggur hasil FERMENTASI



MM : saya sangat sependapat, Tidak mungkin Seorang Utusan Tuhan mau2nya minum sesuatu yg HARAM.

Tapi, disitu jelas terlihat dalam kronologis bahwa tidak ada kehendak Isa untuk Meminum minuman tsb, tapi berdasarkan inisiatif dr Murid2 Rahasia Yesus dari golongan Essenes sendiri.
HT : kembali lg alasan yg diatas saudaraku bung MM.... seorang Utusan Tuhan gak akan bakal mengikuti inisiatif org2 deketnya kalo emang hal tsb menabrak hukum Tuhan
coba telaah dulu, memabukan apa ngga sih sebetulnya Vinegar?



MM : Oh iya.........
Btw, pendapat anda ini memiliki Keterkaitan yg Sangat Kuat lho bung HT, dengan apa dan siapa sebetulnya Vinegar ini..
HT : tanda tanya lg.... silakan kang mas abu sebagai TS.... neh PR..... heheeeeee

tambah 1 lg... apa seh sebenarnya tujuan dikasih minum lasegar.. eh salah Vinegar tsb?????

piss

ditunggu umpan dr yg lain..dulu deh..
ntar saya pantau dulu
mana

kayaknya kang mas abu yg hrs menjelaskan maksud thread ini buat apa seh.... heheeee... yadah, coba sama2 kita dalami lg....

1. Markus 15:23Then they gave Him wine mingled with myrrh to drink, but He did not take [it].
2. Matius 27:34they gave Him sour wine mingled with gall to drink. But when He had tasted [it], He would not drink.
3. Bersabda Rasulullah S.A.W., ” Sebaik-baik hidangan makanan ialah Khal. Ya Allah berkatilah pada Khal, sesungguhnya Khal adalah makanan nabi-nabi terdahulu sebelum aku dan jangan terputus Khal dalam suatu rumah.” (Hadis riwayat Muslim 2052, Ibnu Majah 3318)

silakan akhi2 yg lain nyumbang dl... biar jelas apa maksudnya thread ini......


piss piss

Ada kerancuan di situ, dalam bahasa Yunani disebutkan Vinegar bung HT, seperti sudah saya terangkan diatas.

Dalam terjemahan yg dianggap paling mendekati bahasa aslinyapun sudah dijelaskan dengan gamblang:

King James Bible
Jhom 19:30
When Jesus therefore had received the vinegar, he said, It is finished: and he bowed his head, and gave up the ghost.


kl diperhatikan diartikan Wine selevel Whisky, cukup mengherankan

memang...
Mark 15:23 yang menggambarkan peristiwa yang berbeda. Bukti tekstual yang mendukung ini adalah bahwa kata Yunani yang berbeda digunakan: "ozos" dalam Matius untuk "anggur" sementara Markus memiliki "oinos" Yunani sebagai anggur. Itu, dikombinasikan dengan kata-kata Yunani yang berbeda "chole" untuk "empedu" dalam Matius dan "smurna" untuk "mur" dalam Markus, mungkin merupakan petunjuk bahwa ini adalah peristiwa yang berbeda.

apakah begitu?
bingung

jadi kesimpulannya bagaimana neh bung MM...... apa ada kontradiksi atau saya yg gak mengerti?
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by abu hanan on Wed Jun 27, 2012 12:37 pm

para hadirin yg terhormat...

Adalah sebuah teori ketika ada yg mengatakan yesus meminum cairan anggur asam yg bercampur dengan sejenis obat yg mampu menghilangkan kesadaran.teori tersebut,dugaan sayah,bermula dari Amsal 31/6-7
Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati. Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.
Yah…karena yesus divonis sebagai penjahat oleh kafir Yahudi sehingga mereka MERASA sah memberi yesus minum.
Secara fiqh,tentulah muslim akan menolak, masih menurut Amsal 31/4
Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur, ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,
Nabi isa dan nabi Muhammad adalah bangsawan,para nabi adalah pembesar..dan sikap inilah yg diambil muslim bahwa Tidaklah pantas bagi raja dan pembesar..
Karena sudut pandang yg berbeda maka hasilnyah pun berbeda.kafir Yahudi menganggap yesus adalah penjahat dan muslim menganggap yesus adalah nabi.kristen?sang nabi DIPUJI karena bersedia minum.Mengapa?Aku haus….
Yah…cocok dengan Maz 69:22 - “Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam”.

Again, what of R. Hiyya b. Ashi's dictum in R. Hisda's name; When one is led out to execution, he is given a goblet of wine containing a grain of frankincense, in order to benumb his senses, for it is written, Give strong drink unto him that is ready to perish, and wine unto the bitter in soul. (Talmud Sanhedrin 43A)
Sekali lagi, apa R. Hiyya b. Diktum Ashi dalam nama R. Hisda itu; Ketika satu dipimpin keluar untuk eksekusi, ia diberi piala anggur yang mengandung butiran kemenyan, untuk mengebaskan akal sehatnya, sebab ada tertulis, Berikan minuman keras kepada dia yang siap untuk binasa, dan anggur kepada pahit di jiwa.
And it has also been taught; The noble women in Jerusalem used to donate and bring it.
Dan itu juga telah diajarkan; Para wanita mulia di Yerusalem digunakan untuk menyumbangkan dan membawanya.

Sehingga telah menjadi tradisi untuk memberikan anggur (minuman keras) kepada para penjahat agar rasa sakit berkurang.dan agaknyah haoma drinks diletakkan secara paralel untuk mengadopsi JENIS cairan yg diminum yesus.
Mazmur 69/22
Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.(Yunani = ḥōmeṣ.)
ḥōmeṣ. = chomets: vinegar
חֹ֫מֶץ = ibrani
memiliki makna = menjadi pedas; yaitu dalam rasa (asam, yaitu fermentasi secara harfiah, atau kiasan, yang keras), dalam warna (menyilaukan) - kejam (pria), dicelup, didukakan, beragi.

Jadi mau pake haoma drinks maupun vinegar kalow kita mengacu ke basa ibrani yah tetap aja memiliki pengertian sama.dan
Maz 69:
(20) Engkau mengenal celaku, maluku dan nodaku; semua lawanku ada di hadapanMu. (21) Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur, tetapi tidak kudapati.
(22) Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam”.

Ayat mazmur diatas merupakan ungkapan atas PENGHINAAN…mau dikasi empedu untuk dimakan dan anggur untuk diminum adalah PENGHINAAN atas objek/tertuduh..

Lantas mengapa pak yohanes menulis yesus minum karena HAUS?
sayah juga bertanya kepada pak yohanes mengapa yesus bilang haus dan akhirnyah bersedia minum anggur?
Karena tulisan pak yohanes bertentangan dengan tulisannyah sendiri di pasal 18/11
bukankah aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepadaku?"

apa artinya pasal 18/11?yesus sebenarnyah menolak jika bukan bapa sendiri yg kasi minum tapi pak yohanes lupa kalow yg kasi minum bukan bapa tapi manusia dan ironisnyah yesus meminumnyah….dan yesus menyadari sepenuhnyah kalow beliow neh lagi dihina.harga diri terinjak tetapi dengan mudah dikalahkan rasa haus…kecuali bapa mencabut larangan tentang minuman yg memabukkan di saat itu..

sayah persilahkeun para hadirin yg mulia menilai sendiri…

apabila yesus emang minum cairan yg berisi obat,maka seberapa banyak dosisnyah?
Apabila yesus pingsan,apakah secara medis pingsan dalam keadaan vertikal (berdiri) DAPAT mempengaruhi fisik korban dan seberapa besar pengaruh tersebut?

mari belajar bersamah....


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by Yishmael Avrahami on Wed Jun 27, 2012 2:51 pm

@mang odoy wrote:@atas

saya bawa ke MK posting diatas...ngoceh disana aja...toh rekan rekan disini juga bisa nonton kita disana..

di tret ini..
http://murtadinkafirun.forumotion.net/t15435-byba-mang-odoy-adalah-congor-kristen-dan-ahmadiyah#139669

disini aye lihat tuh minuman yg diberikan ditafsir secara sudut pandang yahudi, yah wajar dong aye penasaran, sebab sudut pandang yahudi pun harus digunakan jg buat menjelaskan posisi yesus ini, jangan tafsirannya saja yg yahudi giliran posisi hukuman buat yesus nya tafsiran yunani...campur aduk dong....nah kata mang odoy yg memberikan minuman itu adalah prajurit roma, so sudut pandang ala barat yg dipake dalam melihat posisi yesus ini, dan tentunya posisi itu adalah distauros....jadi mana yg mau dipake buat menjelaskan gambaran tepat buat yesus ini???
avatar
Yishmael Avrahami
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 272
Kepercayaan : Islam
Location : Neturei Karta
Join date : 10.10.11
Reputation : 4

http://www.nkusa.org/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by mang kok on Wed Jun 27, 2012 4:28 pm

apabila yesus emang minum cairan yg berisi obat,maka seberapa banyak dosisnyah?
Apabila yesus pingsan,apakah secara medis pingsan dalam keadaan vertikal (berdiri) DAPAT mempengaruhi fisik korban dan seberapa besar pengaruh tersebut?
jika haus pastinya butuh minum (dosis) besar / banyak
satahu saya penanganan yg tepat utk org pingsan adl direbhkan / ditidurkan (posisi horisontal) dgn kaki sedikit diangat (diganjal bantal dsb)
adapun yg saya tahu ketika seseorang yg baru sadar dr pingsan namun terlalu cepat diberdirikan / didudukkan bisa menyebabkan episode pingsan lain / pingsan lagi.
jadi tidak menutup kemungkinan apa yg terjadi pada yesus adl tampak seperti orang mati.
lol
avatar
mang kok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 157
Join date : 15.02.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by Orang_Pinggiran on Wed Jun 27, 2012 7:01 pm

Lanjoooooootttttttt
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by mang odoy on Thu Jun 28, 2012 4:42 am

TO : ALL

Semua masukan masukan di tret ini, saya nilai cukup bagus, itu tandanya kita mau berpikir.

Tapi satu hal yang JANGAN DILUPAKAN..karena yang kita jadikan rujukan adalah 4 Kitab Kanonik.

Bahwa....
"YESUS TIDAK DIEKSEKUSI MENURUT HUKUM TAURAT...TAPI MENURUT HUKUM ROMAWI"

Jadi prediksi mengenai :
1. Jumlah takaran obat yang diminumkan
2. Hukum Taurat mengenai kandungan Alkohol

Ini tidak berlaku dalam eksekusi tersebut. Karena saat itu, Yesus SEPENUHNYA ada dalam kekuasaan Pilatus, dan hukum eksekusi yang dipake pun, adalah HUKUM ROMAWI.

Karena Pilatus yang punya kendali...ditambah dengan bantuan Yusuf Arimatea (murid rahasia Yesus yang kaya raya dan ahli pengobatan). Jadi dalam hal takaran obat yang terkandung dalam ramuan yang diminumkan ke Yesus. Kita tidak akan bisa menemukannnya. Lhaa wong cuman Yusuf Arimatea dan Pilatus yang tau.

Jadi...kalo ditanya apakah Yesus PINGSAN sehabis minum ramuan tersebut...jawabannya ."YA".

Oke..segitu dulu tanggapan dari saya...silahkan kalo ada yang mau komen...wa bil khusus..buat SEHU KRISTOLOGI saya...bang MUSICMAN.

Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by abu hanan on Thu Jun 28, 2012 2:41 pm

@mang odoy wrote:TO : ALL

Semua masukan masukan di tret ini, saya nilai cukup bagus,itu tandanya kita mau berpikir.

Tapi satu hal yang JANGAN DILUPAKAN..karena yang kita jadikan rujukan adalah 4 Kitab Kanonik.

Bahwa....
"YESUS TIDAK DIEKSEKUSI MENURUT HUKUM TAURAT...TAPI MENURUT HUKUM ROMAWI"

Jadi prediksi mengenai :
1. Jumlah takaran obat yang diminumkan
2. Hukum Taurat mengenai kandungan Alkohol

Ini tidak berlaku dalam eksekusi tersebut. Karena saat itu, Yesus SEPENUHNYA ada dalam kekuasaan Pilatus, dan hukum eksekusi yang dipake pun, adalah HUKUM ROMAWI.

Karena Pilatus yang punya kendali...ditambah dengan bantuan Yusuf Arimatea (murid rahasia Yesus yang kaya raya dan ahli pengobatan). Jadi dalam hal takaran obat yang terkandung dalam ramuan yang diminumkan ke Yesus. Kita tidak akan bisa menemukannnya. Lhaa wong cuman Yusuf Arimatea dan Pilatus yang tau.

Jadi...kalo ditanya apakah Yesus PINGSAN sehabis minum ramuan tersebut...jawabannya ."YA".

Oke..segitu dulu tanggapan dari saya...silahkan kalo ada yang mau komen...wa bil khusus..buat SEHU KRISTOLOGI saya...bang MUSICMAN.

Wasalam,
yg sayah tebelin mang...sayah keberatan jika 4 kanonik yg dijadiin rujukan..karena 4 kanon tuh berdiri atas dasar PL..kalow dari PL uda ngebantah (kontra) dg kanon...

ah wrote:Jadi mau pake haoma drinks maupun vinegar kalow kita mengacu ke basa ibrani yah tetap aja memiliki pengertian sama.dan
Maz 69:
(20) Engkau mengenal celaku, maluku dan nodaku; semua lawanku ada di hadapanMu. (21) Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur, tetapi tidak kudapati.
(22) Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam”.

Ayat mazmur diatas merupakan ungkapan atas PENGHINAAN…mau dikasi empedu untuk dimakan dan anggur untuk diminum adalah PENGHINAAN atas objek/tertuduh..
menurutnyah sayah, bukan pada TATA HUKUMAN yg ala romawi tetapi POSISI nabi isa....karena tujuan utama minum anggur kan Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa..biyarpun yg kasi minum tuh gergadu romawi lha kalow si gerdadu tuh keturunan yahudi bugimanah?kan gak ada bukti berupa ka te pe dari si gerdadu kecuali SERDADU ROMAWI...karena herodes aja masih berdarah yahudi jadi gak menutup kemungkinan si gerdadu juga berdarah yahudi yg pro nabi isa....

sehingga pak yusuf arimatea pasti SADAR dan PAHAM akan amsal 31/6 sehingga sesuai post si mang ;
si mang wrote:ditambah dengan bantuan Yusuf Arimatea (murid rahasia Yesus yang kaya raya dan ahli pengobatan). Jadi dalam hal takaran obat yang terkandung dalam ramuan yang diminumkan ke Yesus
beliow tau bahwa nabi isa akan menjadi BINASA/wafat/mati sehingga beliow pasti berpikir ttg CARA meloloskan beliow dari kematian.

dugaan sayah;skenario pilatus agar serdadu yg kasi minum tuh wajar karena gak mungkin ada org sipil berkeliaran di areal tkp..penjagaan pasti ada.dan logis jika HANYA serdadu yg BISA kasi minum dan gak logis kalow yg kasi minum tuh org yahudi sipil.
untuk itu ada TITIPAN agar ramuan yg disiapkan dapat masuk melalui tenggorokan nabi isa/yesus.

logikanyah sayah = kalow nabi isa setuju MEMINUM berarti beliow RELA dihina dan pilihan alat hukuman yg ala romawi adalah pilihan yg gak bisa dihindari beliow..opsi yg dimiliki nabi isa tersebut hanya 2,minum atow tidak.
kalow minum yah ayat mazmur BERLAKU atas beliow,beliow memilih menjadi terhina sehingga klop dengan hukuman ala penjahat terkutuk.
kalow gak minum yah berarti pak yohanes nulis gak bener...
ah wrote:apa artinya pasal 18/11?yesus sebenarnyah menolak jika bukan bapa sendiri yg kasi minum tapi pak yohanes lupa kalow yg kasi minum bukan bapa tapi manusia dan ironisnyah yesus meminumnyah….dan yesus menyadari sepenuhnyah kalow beliow neh lagi dihina.harga diri terinjak tetapi dengan mudah dikalahkan rasa haus…kecuali bapa mencabut larangan tentang minuman yg memabukkan di saat itu..

kamsutnyah sayah dari pasal 18/11 adalah cawan yg diberikan bapa HARUS berisi SESUATU yg gak dilarang bapa.
apakah anggur dilarang oleh bapa?YA.Amsal 31/4
Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur, ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,

dan tinggal kita semuwah meletakkan nabi isa di posisi yg mana dari 5 opsi yg terlihat olehnyah sayah;
1.menurut yahudi,nabi isa adalah org biasa atow bukan org besar jadi yah pantas aja kalow dibunuh dan disuapin cairan anggur.
2.menurut kristen,nabi isa adalah org sitimewa yg relah dihina dan menjalani hukuman ala terkutuk.
3.menurut allah (baik ditinjau dari PL-PB maupun al quran),nabi isa adalah org besar (pembesar)....
4.nabi isa adalah org biasa yg relah dihina dan menjalani hukuman ala terkutuk.
5.nabi isa adalah org sitimewa yg gak mungkin rela dihina namun tetap menjalani hukuman ala terkutuk.

dan apapun yg anda pilih dari 5 tersebut akan berpengaruh terhadap kesimpulan pingsan dan gak pingsan.

**kemungkinan positif baginyah sayah (kalow emang minum) adalah cairan yg diminum bersama ramuan adalah black coffee....
cari dukungan mode on hahahahah.....lha beliow kan begadang semalem suntuk sebelum ditangkap hihihi....


gemana neh,secara medis apakah ada pengaruh bagi fisik org yg mengalami pingsan disaat berdiri dan tetap berdiri hingga beberapa jam??
silahkeun dilanjut.....


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by hamba tuhan on Thu Jun 28, 2012 2:51 pm

“Maka dengan sebab mereka melanggar janji, Kami laknat mereka, dan Kami jadikan hati-hati mereka keras seperti batu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang telah diperingatkan kepada mereka, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sedikit di antara mereka, Maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Ma`idah: 13)

buat rekan2 dan akhi2... jgn terlalu deh kita jadikan hujjah sebagai dalil yg kuat itu alkitab, kalo hanya sebagai gambaran saja mah bisa dimaklumin... alkitab bukan pegangan kita umat islam, jgn kita dahulukan alkitab drpd sumber2 islam sendiri.... sekedar perbandingan seh oke2 aja.... wassalam

avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by abu hanan on Thu Jun 28, 2012 3:05 pm

@hamba tuhan wrote:“Maka dengan sebab mereka melanggar janji, Kami laknat mereka, dan Kami jadikan hati-hati mereka keras seperti batu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang telah diperingatkan kepada mereka, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sedikit di antara mereka, Maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Ma`idah: 13)

buat rekan2 dan akhi2... jgn terlalu deh kita jadikan hujjah sebagai dalil yg kuat itu alkitab, kalo hanya sebagai gambaran saja mah bisa dimaklumin... alkitab bukan pegangan kita umat islam, jgn kita dahulukan alkitab drpd sumber2 islam sendiri.... sekedar perbandingan seh oke2 aja.... wassalam

tanpa mengurangi rasa hormat sayah kepada salah banyak dari org2 yg sayah anggapsbg gurunyah sayah yakni kang ht;
ah wrote:bahan diskusi yg dianjurkan ;
1.bibel
2.ilmu kedokteran

yang diperlukan;
argumen sehat-logis-ilmiah
bugitu...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by hamba tuhan on Thu Jun 28, 2012 3:08 pm

@abu hanan wrote:
@hamba tuhan wrote:“Maka dengan sebab mereka melanggar janji, Kami laknat mereka, dan Kami jadikan hati-hati mereka keras seperti batu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang telah diperingatkan kepada mereka, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sedikit di antara mereka, Maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Ma`idah: 13)

buat rekan2 dan akhi2... jgn terlalu deh kita jadikan hujjah sebagai dalil yg kuat itu alkitab, kalo hanya sebagai gambaran saja mah bisa dimaklumin... alkitab bukan pegangan kita umat islam, jgn kita dahulukan alkitab drpd sumber2 islam sendiri.... sekedar perbandingan seh oke2 aja.... wassalam

tanpa mengurangi rasa hormat sayah kepada salah banyak dari org2 yg sayah anggapsbg gurunyah sayah yakni kang ht;
ah wrote:bahan diskusi yg dianjurkan ;
1.bibel
2.ilmu kedokteran

yang diperlukan;
argumen sehat-logis-ilmiah
bugitu...

sip kang mas....

:lkj:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by musicman on Thu Jun 28, 2012 3:09 pm

@mang odoy wrote:TO : ALL

Semua masukan masukan di tret ini, saya nilai cukup bagus, itu tandanya kita mau berpikir.

Tapi satu hal yang JANGAN DILUPAKAN..karena yang kita jadikan rujukan adalah 4 Kitab Kanonik.

Bahwa....
"YESUS TIDAK DIEKSEKUSI MENURUT HUKUM TAURAT...TAPI MENURUT HUKUM ROMAWI"

Jadi prediksi mengenai :
1. Jumlah takaran obat yang diminumkan
2. Hukum Taurat mengenai kandungan Alkohol

Ini tidak berlaku dalam eksekusi tersebut. Karena saat itu, Yesus SEPENUHNYA ada dalam kekuasaan Pilatus, dan hukum eksekusi yang dipake pun, adalah HUKUM ROMAWI.

Karena Pilatus yang punya kendali...ditambah dengan bantuan Yusuf Arimatea (murid rahasia Yesus yang kaya raya dan ahli pengobatan). Jadi dalam hal takaran obat yang terkandung dalam ramuan yang diminumkan ke Yesus. Kita tidak akan bisa menemukannnya. Lhaa wong cuman Yusuf Arimatea dan Pilatus yang tau.

Jadi...kalo ditanya apakah Yesus PINGSAN sehabis minum ramuan tersebut...jawabannya ."YA".
hmm..anda diposisi meyakini Yesus Pingsan yah mang..


sedikit penasaran mang..
menurut anda mang, Kalau Yesus dalam kondisi lemah
Pingsan dan Ngga Pingsan itu bagaimana anda mendeteksinya mang? sampai anda beranggapan Yesus Pingsan?

:)

mau gak mau yah...segi2 lain yg anda bilang ngga perlu sebetulnya perlu dikaji

begini mang...
Justru menurut saya, point itu yg menjadi menarik disini.

Jadi prediksi mengenai :
Jumlah takaran obat yang diminumkan..dll.....dll...


masih perlu di analisa (walau saya juga blm tau jawabnya..hehehe) ketawa guling


Yesus dihukum Romawi memang benar, tp kemungkinan yg multitafsir mengenai kondisi Yesus yg cukup menarik untuk di "lirik"


Oke..segitu dulu tanggapan dari saya...silahkan kalo ada yang mau komen...wa bil khusus..buat SEHU KRISTOLOGI saya...bang MUSICMAN.

Wasalam,
walah, yg doyan mantengin anda Di AFF itu saya kok Mang..
:)


Hamba Tuhan wrote;
buat rekan2 dan akhi2... jgn terlalu deh kita jadikan hujjah sebagai dalil yg kuat itu alkitab, kalo hanya sebagai gambaran saja mah bisa dimaklumin... alkitab bukan pegangan kita umat islam, jgn kita dahulukan alkitab drpd sumber2 islam sendiri.... sekedar perbandingan seh oke2 aja.... wassalam

Insya Allah Al quran lebih Utama.
seperti halnya kita sebagai muslim membantah ketuhanan Yesus dr ayat2 Alkitab, tidak serta merta membuat Kita sebagai Muslim lebih mengutamakan Bible drpd Al quran.

Alhamdulillah..
Syukron Tausiyahnya Bung HT ..
sholat yuk
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by wolfie on Thu Jun 28, 2012 4:08 pm

Para prajurit Roma mengumumkan kematian Yesus, dan Ia telah mati, bukan pingsan apalagi sadar. Darah bercampur air yang keluar dari luka yang dibuat dari tusukan tombak seorang prajurit di lambungNya, merupakan bukti nyata dari hal ini.

Jika para penulis Injil mempunyai kecenderungan untuk mengungkapkan bahwa Yesus tidak mati melainkan hanya pingsan saja, maka tentunyalah mereka akan tertahan oleh orang-orang yang menjadi saksi mata dalam peristiwa penyaliban itu, di mana banyak di antaranya yang menjadi musuh mereka. Jika para murid melakukan kesalahan dalam pengungkapan mereka, mereka akan ditentang oleh orang-orang yang mengetahui peristiwa tersebut.



avatar
wolfie
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 396
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 19.06.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah nabi Isa Pingsan saat Prosesi?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 11 Previous  1, 2, 3, ... 9, 10, 11  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik