FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by hamba tuhan on Sun Jun 24, 2012 2:41 pm

First topic message reminder :

menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???... monggo....
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down


Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 30, 2012 1:56 pm

@hamba tuhan wrote:
yadah saya ikutin aja bung wed.... jd bgni... Kej. 3:1 Adapun iblis ialah yang paling cerdik dari segala mahluk ciptaan Tuhan

hanya segitu aja bung wed????

lha terserah kamu..
masih ada kebingungan lagi atau tidak

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by hamba tuhan on Sat Jun 30, 2012 2:01 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@hamba tuhan wrote:
yadah saya ikutin aja bung wed.... jd bgni... Kej. 3:1 Adapun iblis ialah yang paling cerdik dari segala mahluk ciptaan Tuhan

hanya segitu aja bung wed????

lha terserah kamu..
masih ada kebingungan lagi atau tidak

hheeee..... serius dah selesai penjelasannya menurut bung wed Kej. 3:1 tsb?????

yang paling cerdik maksudnya apa seh????

avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 30, 2012 2:05 pm

@hamba tuhan wrote:
hheeee..... serius dah selesai penjelasannya menurut bung wed Kej. 3:1 tsb?????

yang paling cerdik maksudnya apa seh????

paling banyak akal
*mosok kek gitu ditanyakan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by hamba tuhan on Sat Jun 30, 2012 2:08 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@hamba tuhan wrote:
hheeee..... serius dah selesai penjelasannya menurut bung wed Kej. 3:1 tsb?????

yang paling cerdik maksudnya apa seh????

paling banyak akal
*mosok kek gitu ditanyakan?

jd diantara makhluk ciptaan Tuhan hanya iblis yg plg banyak akal ya???? bung wed sendiri sebagai manusia ga banyak akal neh.... lol
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 30, 2012 2:12 pm

@hamba tuhan wrote:
jd diantara makhluk ciptaan Tuhan hanya iblis yg plg banyak akal ya???? bung wed sendiri sebagai manusia ga banyak akal neh.... lol

iblis bisa mengakali manusia (baca: adam)
mana pernah sebaliknya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by keroncong on Mon Jul 02, 2012 6:24 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@hamba tuhan wrote:
bung wed... coba jelasin neh ayat alkitab deh... jgn jd diskusi kusir

Kej. 3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat

:lkj:

ular -> iblis
binatang darat -> mahluk ciptaan Tuhan

tolong jelaskan secara ilmiah, panjang dan lebar serta lebih berbobot....apa hubungannya kecerdikan dengan iblis? apakah iblis lebih cerdik ketimbang manusia?
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 1:20 pm

ichreza wrote:
tolong jelaskan secara ilmiah, panjang dan lebar serta lebih berbobot....apa hubungannya kecerdikan dengan iblis? apakah iblis lebih cerdik ketimbang manusia?

iblis bisa menyesatkan/menipu manusia
tapi gak bisa sebaliknya

saking cerdiknya iblis
membunuh manusia dihadiahi pahala dan bidadari sorga pada percaya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by EbisuSensei on Tue Jul 03, 2012 2:27 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
tolong jelaskan secara ilmiah, panjang dan lebar serta lebih berbobot....apa hubungannya kecerdikan dengan iblis? apakah iblis lebih cerdik ketimbang manusia?

iblis bisa menyesatkan/menipu manusia
tapi gak bisa sebaliknya

saking cerdiknya iblis
membunuh manusia dihadiahi pahala dan bidadari sorga pada percaya
Apakah bisa mudah berubah bentuk, lantas lebih cerdik wed?
Penjelasanmu kagak nyambung.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 2:29 pm

@EbisuSensei wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
tolong jelaskan secara ilmiah, panjang dan lebar serta lebih berbobot....apa hubungannya kecerdikan dengan iblis? apakah iblis lebih cerdik ketimbang manusia?

iblis bisa menyesatkan/menipu manusia
tapi gak bisa sebaliknya

saking cerdiknya iblis
membunuh manusia dihadiahi pahala dan bidadari sorga pada percaya
Apakah bisa mudah berubah bentuk, lantas lebih cerdik wed?
Penjelasanmu kagak nyambung.

yang bicara perubahan bentuk siapa ya?
ternyata kamu masih 'sakit'

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by putramentari on Tue Jul 03, 2012 2:39 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
murid yesus pun iblis, khan cerdik :

Mat_10:16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. tepuk tangan

ada syarat lain: tulus seperti merpati
tidak kek murid setan: sudah bodoh, jago takiya lagi..

ups masuk Neraka ntar Om, kayak Paulus :
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus
dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke
Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Kamu bodoh! harus diserahkan ke dalam
neraka yang menyala-nyala. (Matius 5:22)
ketawa guling
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 2:43 pm

@putramentari wrote:
ups masuk Neraka ntar Om, kayak Paulus :
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus
dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke
Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Kamu bodoh! harus diserahkan ke dalam
neraka yang menyala-nyala. (Matius 5:22)
ketawa guling

berarti gak ada orang bodoh dong?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by putramentari on Tue Jul 03, 2012 3:09 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
ups masuk Neraka ntar Om, kayak Paulus :
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus
dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke
Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Kamu bodoh! harus diserahkan ke dalam
neraka yang menyala-nyala. (Matius 5:22)
ketawa guling

berarti gak ada orang bodoh dong?

ente percaya bacot yesus gak ketiwi
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 3:13 pm

@putramentari wrote:
ente percaya bacot yesus gak ketiwi

keluar sifat muhamatinya..
keluar karakter padang pasirnya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by putramentari on Tue Jul 03, 2012 3:23 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
ente percaya bacot yesus gak ketiwi

keluar sifat muhamatinya..
keluar karakter padang pasirnya

udah ketemu paulus belum di neraka ketawa guling
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 3:25 pm

@putramentari wrote:
udah ketemu paulus belum di neraka ketawa guling

gak ada
adanya muhammad yang lagi kicat-kicat

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by putramentari on Tue Jul 03, 2012 3:29 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
udah ketemu paulus belum di neraka ketawa guling

gak ada
adanya muhammad yang lagi kicat-kicat
waduh, bohong lagi, tambah parah :

Ams_21:28 Saksi bohong akan binasa, tetapi orang yang mendengarkan akan tetap berbicara. ketawa guling
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 3:33 pm

@putramentari wrote:
waduh, bohong lagi, tambah parah:

Ams_21:28 Saksi bohong akan binasa, tetapi orang yang mendengarkan akan tetap berbicara. ketawa guling

paulus dari jahat jadi baik, muhammad sebaliknya
maka jelas siapa yang kini kicat-kicat di neraka jahanam

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by putramentari on Tue Jul 03, 2012 3:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
waduh, bohong lagi, tambah parah:

Ams_21:28 Saksi bohong akan binasa, tetapi orang yang mendengarkan akan tetap berbicara. ketawa guling

paulus dari jahat jadi baik, muhammad sebaliknya
maka jelas siapa yang kini kicat-kicat di neraka jahanam

Tapi kok masuk neraka :

Mari kita lihat :
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus
dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke
Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Kamu bodoh! harus diserahkan ke dalam
neraka yang menyala-nyala. (Matius 5:22)
Apakah Paulus pernah mengatakan bodoh kepada orang lain ?
Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu?
Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di
depanmu? (Galatia 3:1)
Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang
mengakhirinya di dalam daging? (Galatia 3:3)
Jadi kalau menurut Matius 5:22, Paulus berada di Neraka.
panas
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 3:46 pm

@putramentari wrote:
Tapi kok masuk neraka :

Mari kita lihat :
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus
dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke
Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Kamu bodoh! harus diserahkan ke dalam
neraka yang menyala-nyala. (Matius 5:22)
Apakah Paulus pernah mengatakan bodoh kepada orang lain ?
Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu?
Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di
depanmu? (Galatia 3:1)
Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang
mengakhirinya di dalam daging? (Galatia 3:3)
Jadi kalau menurut Matius 5:22, Paulus berada di Neraka.
panas

kalau bodoh ya harus dikatakan bodoh, mosok dibilang pinter?


Terakhir diubah oleh SEGOROWEDI tanggal Tue Jul 03, 2012 3:47 pm, total 1 kali diubah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by EbisuSensei on Tue Jul 03, 2012 3:47 pm

@SEGOROWEDI wrote:
yang bicara perubahan bentuk siapa ya?
ternyata kamu masih 'sakit'

oh ya maap.. maap.. ketiwiketiwi

Kenapa manusia tidak bisa menipu iblis?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by putramentari on Tue Jul 03, 2012 3:49 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
Tapi kok masuk neraka :

Mari kita lihat :
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus
dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke
Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Kamu bodoh! harus diserahkan ke dalam
neraka yang menyala-nyala. (Matius 5:22)
Apakah Paulus pernah mengatakan bodoh kepada orang lain ?
Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu?
Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di
depanmu? (Galatia 3:1)
Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang
mengakhirinya di dalam daging? (Galatia 3:3)
Jadi kalau menurut Matius 5:22, Paulus berada di Neraka.
panas

kalau bodoh ya harus dikatakan bodoh, mosok dibilang pinter?

anda komplain ke yesus jangan ke ane, die yang ngemeng ehmm
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 4:10 pm

@EbisuSensei wrote:
oh ya maap.. maap.. ketiwiketiwi

Kenapa manusia tidak bisa menipu iblis?

manusia siapa yang pernah dan bisa (menipu iblis)?
*semoga bisa sembuh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 4:11 pm

@putramentari wrote:
anda komplain ke yesus jangan ke ane, die yang ngemeng ehmm

siapa yang komplain?
lha wong kamu yang gak pernah mau melihat konteks, asal gebyah uyah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by putramentari on Tue Jul 03, 2012 4:38 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
anda komplain ke yesus jangan ke ane, die yang ngemeng ehmm

siapa yang komplain?
lha wong kamu yang gak pernah mau melihat konteks, asal gebyah uyah

jurus andalan kalo gak bisa jawab ya gini ehmm
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 03, 2012 7:49 pm

@putramentari wrote:
jurus andalan kalo gak bisa jawab ya gini ehmm

lha konteks penggenapan hukm taurat dan kitab para nabi
dicampur aduk dengan surat kepada jemaat di galatia

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: menurut alkitab ular yang dikutuk oleh Tuhan menjadi Iblis atau iblis yang dikutuk oleh Tuhan jadi ular???

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik