FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Penurunan Jumlah Umat Kristen

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Penurunan Jumlah Umat Kristen

Post by Penyaran on Mon Jul 02, 2012 7:51 pm

First topic message reminder :

Sydney, Australia – Meskipun sebagian besar warga Australia memeluk agama Kristen, namun agama Kristen secara keseluruhan di negeri kanguru tersebut mengalami sebuah penurunan yang tetap, sementara jumlah pemeluk agama Timur seperti Buddhisme dan Hinduisme mengalami perkembangan. Demikian yang telah diungkapkan oleh sebuah sensus nasional di Australia.

Seperti yang dilaporkan oleh Christian Post, Badan Statistik Australia baru-baru ini mengungkapkan serangkaian penemuannya untuk tahun 2011, yang menunjukkan bahwa agama Kristen tetap menjadi agama yang mayoritas di antara penduduk Australia yang berjumlah 21.507.717 orang, dan diklaim sebagai agama yang dipeluk oleh 61,1 persen responden – meskipun demikian angka tersebut mengalami penurunan hampir 3 persen dari 63,9 persen di tahun 2006.

Di antara umat Kristen tersebut, 25,3 persen menyatakan dirinya sebagai umat Katolik, 17,1 persen sebagai umat Anglikan, 5 persen sebagai umat Methodis, dan 2,8 persen sebagai umat Presbiterian – ini berarti bahwa setiap dominasi agama Kristen utama di Australia telah mengalami kemunduran dalam keanggotaannya dari tahun 2006.

Terlebih lagi, antara 1986 dan 2006, jumlah umat Hindu di Australia meningkat tujuh kali lipat, sedangkan jumlah umat Buddha meningkat lima kali lipat. Jumlah warga Australia yang tidak beragama meningkat menjadi 22,3 persen pada 2011 dari 18,7 persen populasi pada tahun 2006. Bahkan pada sensus 2006, sebesar 55.000 warga memilih Jedi sebagai agama mereka. Jedi adalah sebuah keyakinan yang berasal dari film seri Star Wars karya George Lucas.

Tren kemunduran Kristen di Australia belakangan ini mungkin terjadi akibat sebuah pergeseran budaya utama dunia. India, sebuah negara Hindu terbesar merupakan tempat lahir para imigran yang datang ke Australia, sebesar 13,1 persen, kemudian diikuti oleh imigran asal Inggris sebesar 12,1 persen.

Para imigran asal Asia juga menyumbang sejumlah besar orang yang pindah ke Australia dengan imigran asal China dan Filipina yang menempatkan urutan terdepan dalam jumlah.

Direktur eksekutif sensus nasional 2011, Andrew Henderson mengatakan bahwa secara mendasar, hal ini menyebabkan pergeseran percampuran budaya Australia. Secara keseluruhan, sekitar satu dari empat warga Australia lahir di uar negeri, dan sebanyak 43,1 persen dari warga memiliki setidaknya satu orang tua yang berasal dari luar negeri. [Bhagavant, 26/6/12, Sum]

Sumber: http://berita.bhagavant.com/2012/06/26/mundurnya-kristen-berkembangnya-buddhisme-di-australia.html


Terakhir diubah oleh Penyaran tanggal Tue Dec 25, 2012 2:26 am, total 1 kali diubah

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down


Re: Penurunan Jumlah Umat Kristen

Post by Penyaran on Thu Apr 04, 2013 2:12 pm

Orang Kristen Bisa Jadi Minoritas di Inggris

LONDON, KOMPAS.com — Umat Kristen bisa menjadi kelompok minoritas di Inggris dan Wales tahun 2018. Demikian menurut analisis hasil sensus terbaru di Inggris, yang mengungkapkan adanya penurunan lebih dari 4 juta jumlah orang Kristen.

Penurunan jumlah orang Kristen terjadi di tengah penurunan luas jumlah orang beragama apa pun di negara itu meskipun tren itu sebagian diimbangi oleh peningkatan 1,6 juta jumlah umat Islam.

Kaum sekularis mengatakan, tren meninggalkan agama Kristen merupakan peringatan bagi otoritas gereja bahwa sikap-sikap konservatif mereka tidak berperan baik bagi publik.

Kantor Statistik Nasional Inggris, seperti dilaporkan The Guardian, Rabu (12/12/2012), mengungkapkan penurunan itu saat Gereja Inggris menjadi tuan rumah pertemuan para uskup Anglikan untuk membahas krisis terkait keputusan sinode bulan lalu yang menolak penahbisan uskup perempuan. Hal itu juga muncul saat Pemerintah Inggris menanggapi penentangan agama terhadap pernikahan sesama jenis dengan mengumumkan rancangan undang-undang yang secara eksplisit menyatakan bahwa akan menjadi hal ilegal bagi Gereja Inggris dan gereja di Wales menikahkan pasangan sesama jenis, dan bahwa hukum gereja, yang melarang pernikahan sesama jenis, akan terus berlaku.

Agama Kristen tetap menjadi agama terbesar di Inggris dan Wales, dengan jumlah pengikut mencapai 33,2 juta orang, atau 59 persen dari populasi. Namun 14,1 juta orang, sekitar seperempat dari populasi dan sebuah peningkatan sebesar 6,4 juta lebih selama satu dekade, mengatakan mereka tidak memiliki agama apa pun.

Seorang perempuan juru bicara Gereja Inggris mengatakan, angka-angka itu "memastikan kita tetap sebuah bangsa yang beriman" tetapi mengakui bahwa "penurunan jumlah mereka yang mengidentifikasi diri sebagai orang Kristen merupakan sebuah tantangan".

Seorang juru bicara Konferensi Waligereja Katolik Inggris dan Wales mengatakan, penurunan tersebut konsisten dengan sikap sosial terbaru dan survei-survei nilai sosial. "Walaupun ini sebuah tantangan, faktanya bahwa enam dari 10 orang di Inggris dan Wales mengidentifikasi diri sebagai orang Kristen tidak mengecilkan hati," katanya.

Warga Inggris yang mengidentifikasi diri sebagai Muslim pada tahun 2011 berjumlah 2,7 juta orang, naik dari 1,55 juta orang tahun 2001.

http://internasional.kompas.com/read/2012/12/13/06012738/Orang.Kristen.Bisa.Jadi.Minoritas.di.Inggris

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penurunan Jumlah Umat Kristen

Post by Penyaran on Thu Apr 04, 2013 2:19 pm

Jumlah Umat Kristen di AS Berkurang

VIVAnews - Sebuah survei di Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah penganut agama Kristen di Negeri Paman Sam menurun selama 20 tahun terakhir. Pada saat bersamaan, jumlah orang yang mengaku tidak terikat dengan agama tertentu malah meningkat. Hal ini disebabkan penolakan warga AS terhadap konsep agama.

Presiden Liga Katolik William Donohue memperkirakan pergeseran nilai menuju individualisme selama 25 tahun terakhir memicu penurunan itu. "Tapi harus ditegaskan bahwa mereka bukan ateis, mereka hanya tidak ingin hidup mereka diatur," kata dia seperti dimuat laman stasiun televisi CNN, Senin 9 Maret 2009.

Sebanyak 75 persen warga AS menganut agama Kristen dalam survei identifikasi religi yang dilakukan Kolese Trinitas di Hartford, Connecticut. Jumlah itu 11 persen lebih sedikit dari penganut Kristen pada 1990. Survei ini dilakukan pada 54.561 responden antara Februari hingga November 2008.

Secara spesifik, survei itu menunjukkan kenaikan penganut Kristen Evangelis. Satu dari tiga warga AS mengaku menganut Evangelis, jumlah penganut aliran ini juga meroket dari 200.000 orang pada 1990 menjadi 8 juta pada tahun ini. Sementara pengaruh gereja Kristen Episkopal atau Luther justru memudar.

Mark Silk dari Kolese Trinitas mengatakan pengungkapan skandal pelecehan seksual yang dilakukan pendeta Katolik terhadap anak-anak membuat agama itu ditinggalkan penganutnya. Kondisi ini diperparah dengan upaya tokoh senior gereja menutupi skandal itu.

Silk juga menyatakan warga AS kini bisa menerima orang yang mengaku tidak beragama. Kebudayaan, menurut Silk, telah banyak berubah. "Presiden Barack Obama pun memberikan tempat bagi mereka yang tidak beragama dalam pidato pelantikannya Januari lalu," kata dia.

Survei ini memperlihatkan satu dari lima warga negara-negara bagian AS menyatakan diri tidak beragama atau tidak menjawab pertanyaan mengenai agama. Satu dari empat orang juga menyatakan tidak mengharapkan pemakaman religius.

Namun Presiden Konsil Riset Keluarga Tony Perkins masih berharap orang-orang akan kembali pada agama atau kepercayaan mereka. "Jika survei ini dilakukan tahun depan, apakah ada perubahan? Saya rasa di tengah krisis ekonomi sekarang orang akan kembali pada agamanya masing-masing," ujar Perkins.

http://dunia.news.viva.co.id/news/read/38681-jumlah_umat_kristen_di_as_berkurang

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penurunan Jumlah Umat Kristen

Post by Penyaran on Thu Apr 04, 2013 2:22 pm

Populasi Kristen di Eropa Menurun

Sebuah riset yang dilakukan oleh Global Christianity menyebutkan bahwa jumlah populasi Kristen di Eropa turun dari 95 persen menjadi 76 persen dalam 100 tahun lalu.

Kantor berita taghrib (TNA) melaporkan, sekitar setengah dari umat Kristen dunia menganut faham Katolik dan 37 persen dari mereka beraliran Protestan. Sisanya bermazhab Ortodoks dan pengikut gereja-gereja lain.

Sementara Islam adalah agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen. Muslim membentuk seperempat populasi masyarakat dunia.

Menurut studi Forum Pew Research Center, 100 tahun lalu, dua-pertiga pemeluk Kristen dunia tinggal di Eropa, tetapi sekarang hanya sekitar seperempat dari semua komunitas Kristen tinggal di sana. Lebih dari sepertiga umat Kristen berada di Amerika, sekitar seperempat tinggal di sub-Sahara Afrika dan 13 persen tinggal di Asia dan Pasifik.

Riset tersebut memberikan data tentang populasi Kristiani di dunia menurut wilayah, negara dan tradisi serta didasarkan pada sekitar 2.400 sumber, termasuk angka sensus dan survei populasi nasional representatif. Ini adalah bagian dari proyek untuk menganalisis perubahan agama dan dampaknya pada masyarakat di seluruh dunia. (FIPMI/RM)

http://www.taqrib.info/indonesia/index.php?option=com_content&view=article&id=1097:populasi-kristen-menurun-di-eropa&catid=42:gozaresh&Itemid=98

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penurunan Jumlah Umat Kristen

Post by Shiloh on Wed Jul 24, 2013 4:26 am

Penyaran wrote:Populasi Kristen di Eropa Menurun

Sebuah riset yang dilakukan oleh Global Christianity menyebutkan bahwa jumlah populasi Kristen di Eropa turun dari 95 persen menjadi 76 persen dalam 100 tahun lalu.

Kantor berita taghrib (TNA) melaporkan, sekitar setengah dari umat Kristen dunia menganut faham Katolik dan 37 persen dari mereka beraliran Protestan. Sisanya bermazhab Ortodoks dan pengikut gereja-gereja lain.

Sementara Islam adalah agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen. Muslim membentuk seperempat populasi masyarakat dunia.

Menurut studi Forum Pew Research Center, 100 tahun lalu, dua-pertiga pemeluk Kristen dunia tinggal di Eropa, tetapi sekarang hanya sekitar seperempat dari semua komunitas Kristen tinggal di sana. Lebih dari sepertiga umat Kristen berada di Amerika, sekitar seperempat tinggal di sub-Sahara Afrika dan 13 persen tinggal di Asia dan Pasifik.

Riset tersebut memberikan data tentang populasi Kristiani di dunia menurut wilayah, negara dan tradisi serta didasarkan pada sekitar 2.400 sumber, termasuk angka sensus dan survei populasi nasional representatif. Ini adalah bagian dari proyek untuk menganalisis perubahan agama dan dampaknya pada masyarakat di seluruh dunia. (FIPMI/RM)

http://www.taqrib.info/indonesia/index.php?option=com_content&view=article&id=1097:populasi-kristen-menurun-di-eropa&catid=42:gozaresh&Itemid=98

Yg terjadi di Eropah adalah Science (atheism) mengalahkan theism.
Tapi Christianity tumbuh dan berkembang di Asia dan Afrika..... dari banyaknya yg convert.

Islam tumbuh karena faktor kelahiran.
Dan kehilangan di islam (murtad).. enggak bisa benar2x dihitung. Sedangkan mualaf diagung-agungkan (apa enggak sirik yah) dan digembar-gemborkan sbg "Piala" apalagi kalo bule dan chinese .. kalo yg org afrika/asia(selain chinese) mualaf cmn yg bener2x terkenal aja yg di sambut hangat.... yg lain2xnya enggak terlalu dianggap... kesian.

Shiloh
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Female
Posts : 50
Kepercayaan : Protestan
Location : Rumahku
Join date : 12.06.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penurunan Jumlah Umat Kristen

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik