FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Sombrero on Sun Jul 08, 2012 2:59 pm

First topic message reminder :

Apakah hamba tuhan sama dengan anak tuhan? Orkris paling bokis kalau disuruh berbahasa narsis tentang eksis nya om Yesus sebagai Anak Allah, ini nubuatan dari zaman zebot kalau Yesus cuma HAMBA saja :

Yesaya 42:1 : Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

Matius 3:17 :
lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Kitab Yesaya menubuatkan Yesus sebagai HAMBA ALLAH, bukan sebagai Anak Allah, atau Allah itu sendiri...

Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 16
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down


Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Uriel on Thu Oct 04, 2012 12:31 am

...terus plih disebut anak siapa?...
muslim pengennya jadi hamba
ditawarin jadi anak gk mau

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 415
Location : bandung
Join date : 01.07.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by mang odoy on Thu Oct 04, 2012 3:15 am

wahh....PANCINGANNYA belum nyanggut nih...hi hi hi....

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by SEGOROWEDI on Thu Oct 04, 2012 8:04 am

@Uriel wrote:
muslim pengennya jadi hamba
ditawarin jadi anak gk mau

keknya ilahnya gak pernah nawarin

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by EbisuSensei on Tue Oct 09, 2012 5:32 pm

post #24 kok nggak ada yang menanggapi?
sungguh kacian dirimu @amangku.. nangisnangis
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Foxhound on Tue Oct 09, 2012 11:04 pm

@mang odoy wrote:
Liat ayat aslinya dimari..
http://biblos.com/isaiah/42-1.htm

Yang jadi point utama dalam ayat itu adalah...

1471 [e] lag·gō·w·yim לַגּוֹיִ֥ם to the nations

GOYIM dalam ayat diatas lajim disebut GENTILES (Bangsa Non-Yahudi).

Pernahkah YESUS MENYEBARKAN Ajarannya kepada NON-YAHUDI....???

Ada yang bisa menjawab..???

Kalau gitu, jawab dahulu pertanyaan saya ya:
Emang, ajaran siapa yang tersebar sekarang di bangsa2? Ajaran Yahudi, atau ajaran Yesus?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by EbisuSensei on Wed Oct 10, 2012 3:54 pm

@Foxhound wrote:
@mang odoy wrote:
Liat ayat aslinya dimari..
http://biblos.com/isaiah/42-1.htm

Yang jadi point utama dalam ayat itu adalah...

1471 [e] lag·gō·w·yim לַגּוֹיִ֥ם to the nations

GOYIM dalam ayat diatas lajim disebut GENTILES (Bangsa Non-Yahudi).

Pernahkah YESUS MENYEBARKAN Ajarannya kepada NON-YAHUDI....???

Ada yang bisa menjawab..???

Kalau gitu, jawab dahulu pertanyaan saya ya:
Emang, ajaran siapa yang tersebar sekarang di bangsa2? Ajaran Yahudi, atau ajaran Yesus?
Bukan ajaran Yahudi dan bukan pula ajaran Yesus.
Sudah, sekarang silahkan tanggapi post #24.. pisspiss
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Foxhound on Wed Oct 10, 2012 4:16 pm

@EbisuSensei wrote:
Bukan ajaran Yahudi dan bukan pula ajaran Yesus.
Sudah, sekarang silahkan tanggapi post #24.. pisspiss

Lho2? Lha sesuai kutipan Mang Odoy, lantas ajaran siapa?!? Yesus punya ajarannya, Yahudi punya ajarannya. Yahudi tidak mengakui ajaran Yesus.... Kalau Israel sekarang ikut ajaran Yahudi... lha bangsa2 lain, termasuk saya, emang ikut ajaran Yahudi?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by EbisuSensei on Wed Oct 10, 2012 4:24 pm

@Foxhound wrote:
@EbisuSensei wrote:
Bukan ajaran Yahudi dan bukan pula ajaran Yesus.
Sudah, sekarang silahkan tanggapi post #24.. pisspiss

Lho2? Lha sesuai kutipan Mang Odoy, lantas ajaran siapa?!? Yesus punya ajarannya, Yahudi punya ajarannya. Yahudi tidak mengakui ajaran Yesus.... Kalau Israel sekarang ikut ajaran Yahudi... lha bangsa2 lain, termasuk saya, emang ikut ajaran Yahudi?
Sebenarnya ajaran Nabi Isa as sama dengan ajaran Yahudi.
Karena Nabi Isa as turun untuk meluruskan ajran Yahudi
Maka dari itu, saya jawab bukan ajaran Yahudi dan bukan pula ajaran Yesus. ehmmehmm
Apakah anda menganggap ajaran Nabi Isa as berbeda dengan ajaran Nabi Musa as?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by oglikom on Wed Oct 10, 2012 8:23 pm

@atas

Memang benar Isa AS MELURUSKAN ajaran Yahudi dengan meletakkan hukum baru. Dan Isa adalah satu-satunya dinyatakan sebagai pembuat hukum, bukan pelaksana dari hukum-hukum.
Dari kesanggupannya mengubah hukum-hukum Yahudi (Taurat) dengan cara menghalalkan sebahagian dari apa2 yang diharamkan untuk manusia.

Seperti yang tertulis dalam

Qs 3.50
Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mujizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.

Kalau pengertian anda adalah ajaran Muhammad sepertinya tidak tepat. info

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Foxhound on Thu Oct 11, 2012 12:20 am

@EbisuSensei wrote:
Apakah anda menganggap ajaran Nabi Isa as berbeda dengan ajaran Nabi Musa as?

Musa mengajarkan "mata ganti mata, gigi ganti gigi"

Yesus mengajarkan "tampar pipi kanan, kasih pipi kiri"

Sama nggak bang?

@EbisuSensei wrote:
Sebenarnya ajaran Nabi Isa as sama dengan ajaran Yahudi.
Karena Nabi Isa as turun untuk meluruskan ajran Yahudi
Maka dari itu, saya jawab bukan ajaran Yahudi dan bukan pula ajaran Yesus. ehmmehmm

Baca yang saya tebali... berarti nggak sama...

Balik lagi... yang menyebar keseluruh bangsa... termasuk ke saya, ajaran Yesus, atau ajaran Yahudi?!? Ajaran "mata ganti mata", atau ajaran "tampar pipi kanan kasih pipi kiri"?

avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by EbisuSensei on Thu Oct 11, 2012 3:26 pm

@Foxhound wrote:
Musa mengajarkan "mata ganti mata, gigi ganti gigi"

Yesus mengajarkan "tampar pipi kanan, kasih pipi kiri"

Sama nggak bang?
Kenapa kejauhan?
Pertimbangkan saja, kenapa dalam alkitab masih ada PL.
Kan sudah ada PB, tinggal dihapus saja PL-nya kan?
Dan dijadikan buku tersendiri, tidak usah dijadikan satu dengan alkitab.
Anda bisa saja bilang: "itu untuk cermin" atau "itu untuk pengetahuan sejarah/nubuat dll".

Dan yang saya maksud dengan meluruskan adalah menegakkan.
Bukan mengganti atau menghapus.
Karena bangsa Yahudi saat itu sudah menyimpang jauh dari ajaran Nabi Musa as.

Dan sebenarnya nggak usah lari2 ke mana2.
Tinggal jawab saja post #24.
Supaya saya bisa tahu (tentunya si mang juga.. he.. he.. he..) apakah benar Yesus berusaha mengajarkan ajarannya kepada orang2 yang bukan dari bangsa Yahudi.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by SEGOROWEDI on Thu Oct 11, 2012 4:57 pm

@EbisuSensei wrote:Kenapa kejauhan?
Pertimbangkan saja, kenapa dalam alkitab masih ada PL.
Kan sudah ada PB, tinggal dihapus saja PL-nya kan?
Dan dijadikan buku tersendiri, tidak usah dijadikan satu dengan alkitab.
Anda bisa saja bilang: "itu untuk cermin" atau "itu untuk pengetahuan sejarah/nubuat dll".

kenapa dihapus? wong sebagai background..
yang penting tidak dituduh palsu tapi dicomot/dicontek dan diakui sebagai diktean jibril di sebuah goa
piss

@EbisuSensei wrote:Dan yang saya maksud dengan meluruskan adalah menegakkan.
Bukan mengganti atau menghapus.
Karena bangsa Yahudi saat itu sudah menyimpang jauh dari ajaran Nabi Musa as.

menyimpang apanya?
yahudi masih melarang membunuh, malah dibengkokkan oleh muhammadmu
menjadi boleh membunuh, bahkan dapat pahala..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by EbisuSensei on Thu Oct 11, 2012 5:02 pm

Lha terus untuk pertanyaa post #24, mana?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by SEGOROWEDI on Thu Oct 11, 2012 5:38 pm

@EbisuSensei wrote:Lha terus untuk pertanyaa post #24, mana?

Matius 28:19
"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus"

ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by EbisuSensei on Thu Oct 11, 2012 5:43 pm

Bukan itu yang ditanyakan oleh amang.

INI LHOO..
Pernahkah YESUS MENYEBARKAN Ajarannya kepada NON-YAHUDI....???
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Foxhound on Fri Oct 12, 2012 3:36 pm

@EbisuSensei wrote:Bukan itu yang ditanyakan oleh amang.

INI LHOO..
Pernahkah YESUS MENYEBARKAN Ajarannya kepada NON-YAHUDI....???

Dah dua kali benernya, yang ditanya ama Mang Odoy, buat saya nggak nyambung dgn logika saya... Ini berarti yang ketiga. Karena itu sebelum salah menjawab, saya harus nyambung dulu... motivasi, latar belakang dan konsep knowledge dan logika yang mendasari pertanyaan itu apa.

Benarkah yang dinubuatkan oleh Nabi Yesaya adalah YESUS...???
Perlu PEMBEDAHAN yang mendalam...dan bukan asal comot......terjemahan LAI lagi yang dipake...... bokis tu terjemahan.....
Liat ayat aslinya dimari..
http://biblos.com/isaiah/42-1.htm
Yang jadi point utama dalam ayat itu adalah...
1471 [e] lag·gō·w·yim לַגּוֹיִ֥ם to the nations
GOYIM dalam ayat diatas lajim disebut GENTILES (Bangsa Non-Yahudi).

Pertanyaan #1: Yang dinubuatkan siapa, apakah Yesus?

Asumsi Jawaban Pertanyaan #1: Jelas bukan
Alasan Asumsi Jawaban Pertanyaan #1: karena yang dinubuatkan mendapatkan pengajaran, menggunakan kata "Gentiles" bkn "Yahudi"

Lantas bantahan dikuatkan dengan,
Pertanyaan #2: Apakah Yesus pernah mengajar gentiles?


Logika saya berkata, Pertanyaan #2 bisa keluar, karena yang bertanya punya asumsi; ajaran bisa tersebar jika dan hanya jika diajarkan langsung.

Muhammad, tidak pernah mengajar langsung muslim Indonesia... emang ajaran Islam di Indonesia, sumbernya dari siapa? Siapa berani bilang Islam bukan ajaran / didikan Muhammad?!?

Makanya sekarang saya ganti nanya, emang yang tersebar di Gentiles ajaran siapa? Pertanyaan diajar langsung oleh Yesus apa nggak, jelas nggak relevan.

Tetapi, sekarang yang menyebar di bangsa2, itu ajaran Yesus atau ajaran Yahudi?!? Kan ingin membuktikan yang dinubuatkan Yesaya itu Yesus atau bukan?

Kenapa kejauhan?
Pertimbangkan saja, kenapa dalam alkitab masih ada PL.
Kan sudah ada PB, tinggal dihapus saja PL-nya kan?
Dan dijadikan buku tersendiri, tidak usah dijadikan satu dengan alkitab.
Anda bisa saja bilang: "itu untuk cermin" atau "itu untuk pengetahuan sejarah/nubuat dll".

Dan yang saya maksud dengan meluruskan adalah menegakkan.
Bukan mengganti atau menghapus.
Karena bangsa Yahudi saat itu sudah menyimpang jauh dari ajaran Nabi Musa as.

Dan sebenarnya nggak usah lari2 ke mana2.
Tinggal jawab saja post #24.
Supaya saya bisa tahu (tentunya si mang juga.. he.. he.. he..) apakah benar Yesus berusaha mengajarkan ajarannya kepada orang2 yang bukan dari bangsa Yahudi.

Situ yang kejauhan, ditanya pertanyaan sederhana jawabannya tinggal sama dan tidak aja koq malah reply tiga paragraf gak nyambung... Siapa yang lari2 kemana2?

Tak posting lagi aja ya pertanyaan situ:

F: Ajaran siapa yang menyebar ke bangsa2, Yahudi atau Yesus?

E: Bukan ajaran Yahudi dan bukan pula ajaran Yesus.

F: Sesuai kutipan Mang Odoy, Yesus punya ajarannya, Yahudi punya ajarannya. Yahudi tidak mengakui ajaran Yesus.... Kalau Israel sekarang ikut ajaran Yahudi... lha bangsa2 lain, termasuk saya, emang ikut ajaran Yahudi?

E: Sebenarnya ajaran Nabi Isa as sama dengan ajaran Yahudi.

F:
Musa mengajarkan "mata ganti mata, gigi ganti gigi"
Yesus mengajarkan "tampar pipi kanan, kasih pipi kiri"
Sama nggak bang?

Tinggal dijawab to? Konfirmasi pernyataan anda... atau memang cuma asbun?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by EbisuSensei on Fri Oct 12, 2012 3:47 pm

Kenapa saya jawab sampe 3 paragraf?
Karena jelas saya tidak bersedia untuk OOT terlebih dahulu.

Saya sendiri masih ragu dengan ayat yang anda ajukan.
Apakah benar itu ayat asli?

Gini saja, lebih baik saya nyimak dulu, dan kita tunggu amang..

Berikut ini sebagai tambahan saja:
Nabi Muhammad SAW, saat beliau masih menjalankan misinya, mengajar ke beberapa bangsa seperti Yahudi dan Arab dan beberapa bangsa lain.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 12, 2012 5:42 pm

@EbisuSensei wrote:Bukan itu yang ditanyakan oleh amang.

INI LHOO..
Pernahkah YESUS MENYEBARKAN Ajarannya kepada NON-YAHUDI....???

pernah, secara mengutus murid-murid-Nya
jawaban via ayat di atas terlalu cerdas buat anda keknya, sori

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Uriel on Fri Oct 12, 2012 8:55 pm

@ebisu
Musa mengajarkan "mata ganti mata, gigi ganti gigi"
Yesus mengajarkan "tampar pipi kanan, kasih pipi kiri"
ajaran mana yang sekarang tersebar di antara bangsa2???
silahkan dijawab dengan tegas.....
ato emang asbun??

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 415
Location : bandung
Join date : 01.07.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Foxhound on Sat Oct 13, 2012 1:25 am

@EbisuSensei wrote:Kenapa saya jawab sampe 3 paragraf?
Karena jelas saya tidak bersedia untuk OOT terlebih dahulu.
Saya sendiri masih ragu dengan ayat yang anda ajukan.
Apakah benar itu ayat asli?

Nah ini ni yang kadang repot.... dah ngomong panjang2 dan lebar2... buntutnya masih nanya asli apa nggak... Kalau ndak yakin asli apa nggak, ya jangan didebatin topiknya... Debat dulu asli apa kagak.


Gini saja, lebih baik saya nyimak dulu, dan kita tunggu amang..

Berikut ini sebagai tambahan saja:
Nabi Muhammad SAW, saat beliau masih menjalankan misinya, mengajar ke beberapa bangsa seperti Yahudi dan Arab dan beberapa bangsa lain.

Ngajar bangsa Indonesia nggak? Kalau nggak, berarti Islam di Indonesia bukan ajara Muhammad ya?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by EbisuSensei on Sat Oct 13, 2012 4:03 pm

@Foxhound wrote:
Ngajar bangsa Indonesia nggak? Kalau nggak, berarti Islam di Indonesia bukan ajara Muhammad ya?
Anda salah paham.
Yang saya maksud beliau secara langsung mengajar kepada bangsa Arab dan juga bangsa Yahudi.
Dan beliau mengajak secara langsung kepada penguasa Romawi saat itu, walau sekedar lewat surat.

Kalo anda masih tidak bisa menjawab post #24, maka sayanyimak dulu saja.... okeey....
pisspiss
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by SEGOROWEDI on Sat Oct 13, 2012 6:39 pm

@EbisuSensei wrote:
Kalo anda masih tidak bisa menjawab post #24, maka sayanyimak dulu saja.... okeey....
pisspiss

#43

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH HAMBA TUHAN = ANAK TUHAN ?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik