FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Halaman 5 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Otak Trailer on Thu Jul 12, 2012 1:42 pm

First topic message reminder :

apa ada yg sanggup bantu ane?jelasin dikitlah apa ente tau perihal ilmu ketuhanan
:lkj:
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down


Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Tue Oct 02, 2012 12:27 am

duren swt wrote:Gw bingung ..monyerang apa lagi ya

Huii Deenee , kemarilah dikau

basi ... striker kok malah on goal mulu ... salah milih tim anda ...

basi basi
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Tue Oct 02, 2012 12:33 am

@dee-nee wrote:
basi ... striker kok malah on goal mulu ... salah milih tim anda ...

basi basi
Bukannya mbales si Fox , eh malah nggodain gw
Elo jatuh cinta beneran sama aku ya ??
binar

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Tue Oct 02, 2012 1:35 am

@Foxhound wrote:
Mbak Dee-Nee,

Bahkan di dalam dunia pengetahuan, religion juga terjadi. Ketika suatu konsep diteliti, dan hasil penelitiannya tidak membawa sesuatu yang pasti, dan kemudian tafsir dan pendapat berbeda muncul… akan terjadi “religion” pada konsep tersebut.

Jadi memang sebenarnya tidak salah; bahwa tafsir, harusnya muncul setelah konsep. Saya paham maksud anda bukannya tidak.

Secara logika, seperti contoh saya di atas. Konsep muncul terlebih dahulu, tafsir kemudian muncul secara berbeda, orang yang cocok dengan tafsir tersebut dan kemudian mengadopsinya dengan sepenuh hati dan yakin akan memeluknya sebagai agama.

Tetapi… ijinkan saya jg menjelaskan bahwa konsep Tuhan di dalam agama Samawi (Yahudi-Kristen-Islam) sendiri sudah berbeda dengan konsep Tuhan di agama lain. Konsep bahwa Tuhan itu ada, dan kemudian manusia mencari Tuhan dan menafsirkan dengan berbeda, tidak berlaku pada agama Samawi. Karena dalam agama Samawi, Tuhan lah yang memperkenalkan diri kepada manusia… Jadi bukan manusia yang mencari siapa itu Tuhan.

Jadi setidaknya, kalau mau dibuat compatible antara sudut pandang anda dengan saya. Maka sebenarnya ada tiga konsep berbeda, yaitu Atheist, Unknown God, dan kemudian Absolute God.

Agnostic, Budha, KongHuCu (kalau mau dibilang agama karena sebenarnya tidak membahas Tuhan), Animisme, Polytheisme… Termasuk dalam kategori Unknown God. Di mana manusia meyakini konsep Tuhan, kemudian mencari the unknown God sehingga muncul tafsir berbeda antar Tuhan. Ini lah yang mendasari pemahaman anda.

Tetapi sekali lagi untuk agama Samawi, the Absolute God declare himself. Jadi bahkan konsep Tuhan itu pun datangnya bukan dari manusia tetapi dari Tuhan itu sendiri, sehingga tafsir tidak dibutuhkan. Maka apabila teori anda bahwa “tafsir muncul setelah konsep” kemudian diberlakukan pada agama Samawi akan terjadi paradox.

Dan karena konsep Tuhannya adalah absolut, maka tidak ada tafsir tentang siapa Tuhan. Tetapi tetap kemudian muncul tafsir tentang pernyataan Tuhan tentang diriNya, seperti apakah Tuhan itu.

Yang saya ulas sebenarnya adalah pernyataan Tuhan tentang diriNya itu, antara Yahudi dan Islam, sangat bertolak belakang. Dan semuanya menganut konsep Absolute God. Jadi tidak mungkin dua2nya benar, harus ada yang satu salah, yang satu benar…. Atau dua2nya salah, yang juga artinya tinggal Atheist dan Unknown God yang mungkin benar.

Tetapi tetap inti dari pesan saya… sesuai judul topik.... Tuhan Islam memang berani tampil beda ☺️

Mas Fox ...sip sip sip ... iya ternyata saya yang kurang cermat melihat tentang Unknown God dan Absolute God ... yup saya setuju dengan anda

nice info nice info

Tapi ...

maaf banget sebelumnya tentang post anda #84 ... terus terang saya tidak baca sepenuhnya waktu reply post tersebut ... cuma sekedar scanning ... maaaaafff banget ... saya waktu itu masih fokus sama nduk blegug tentang kosep Tuhan dan tafsir2an ...

Jadi setelah saya baca lagi ...

Sebagai muslim saya tetap percaya bahwa Tuhan tiga agama samawi ini sama ... yang membedakan adalah bagaimana masing2 umat menafsirkan YANG SAMA ini ... termasuk bagaimana mereka melihat perintah YANG SAMA ini

7:167. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memberitahukan, bahwa sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari kiamat orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka azab yang seburuk-buruknya. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksa-Nya, dan sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Yang artinya hingga akhir jaman nanti Yahudi akan diremukkan oleh Tuhan Islam.

Sebaliknya, YHVH bersumpah terhadap Israel

Zec 2:8 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu--sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya--:
Tentu para muslim akan berdalih... ini belum kiamat, lihat saja nanti....


Yang saya bold adalah tafsir anda pribadi ... dan saya rasa bukan tafsir semua muslim ... at least bukan begitu cara saya menafsiran kedua ayat tersebut ...

Prinsip saya pribadi sih ... semua ayat turun (ditulis/ada) karena terjadinya suatu peristiwa ... ada sejarah dibalik ayat tersebut ... dan saya lebih suka melihat gimana2 nya ...

Zec 2:8 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu--sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya--:

Islampun mengakui Bani Israil (Yahudi) memang bangsa yang disayang Allah ... tetapi sepanjang perjalanan tiga agama samawi ini ... bangsa ini juga yang paling banyak melakukan perbuatan2 yang sanagt dibenci Allah ... (intinya gitu lah)

jadi bila kemudian ada ayat

7:167. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memberitahukan, bahwa sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari kiamat orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka azab yang seburuk-buruknya. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksa-Nya, dan sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Bukankah harus dilihat dulu bagaimana ayat ini turun ... lalu menafsirkannya bagaimana ... lalu apa arti kalimat dan sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ... dari situ akhirnya kita tidak perlu langsung sampai ke penafsiran

"Yang artinya hingga akhir jaman nanti Yahudi akan diremukkan oleh Tuhan Islam"

Apakah yang remuk ini adalah pasti semua Yahudi ... atau Yahudi yang bandel2 saja ?? Bagaimana dengan Yahudi yang sudah taubat (alias minta ampun) ?? karena tertulis juga ... Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al A'raaf 167
http://tafsiranmanusia.blogspot.com/2012/03/al-araaf-161-170.html

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكَ لَيَبْعَثَنَّ عَلَيْهِمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ يَسُومُهُمْ سُوءَ الْعَذَابِ إِنَّ رَبَّكَ لَسَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ (167)
Nabi Muhammad saw. dalam ayat ini diingatkan oleh Allah swt. tentang pemberitahuan-Nya kepada orang-orang Yahudi bahwa Dia akan mengirimkan manusia lain yang lebih perkasa dari mereka untuk menjajah dan menyiksa mereka. Mereka selalu akan hidup dalam kehinaan dan penderitaan sampai akhir zaman disebabkan tindakan mereka yang bertentangan dengan hukum-hukum Tuhan.

Dalam dunia, baik pada zaman dahulu, zaman pertengahan hingga zaman modern ini telah terbukti dengan jelas ancaman Allah swt. tersebut. Sesudah zaman Nabi Sulaiman, bangsa Yahudi diperangi oleh bangsa Babilonia di bawah Raja Nebukadnezar. Mereka hancur, laki-laki mereka banyak yang dibunuh dan wanita-wanitanya banyak yang dijadikan budak sahaya. Banyak pula di antara mereka yang dibawa ke Babilonia sebagai tawanan, sesudah itu dijajah berganti-ganti oleh bermacam-macam kerajaan, karena itu mereka mengalami penderitaan berabad-abad lamanya akibat peperangan yang tak henti-hentinya. Akhirnya mereka jatuh ke tangan bangsa Romawi sampai Nabi Isa a.s. Zaman Romawi Kristen mereka tidak mempunyai kekuasaan lagi bahkan mereka diusir dari negeri mereka dan terpencar-pencar di beberapa negeri. Sebagian mereka melarikan diri ke Jazirah Arab. Tinggallah mereka di daerah ini dengan aman.

Tetapi kemudian sesudah agama Islam datang, mereka memusuhi Nabi Muhammad saw. Padahal beliau telah memberikan kebebasan kepada mereka hidup di daerah Islam berdasarkan perjanjian dengan mereka. Karena sikap permusuhan dan pengkhianatan mereka, terpaksa kaum Muslimin mengusir mereka dari daerah Islam. Ada pula di antara mereka yang di bunuh atau terbunuh karena berpihak kepada kaum musyrikin waktu peperangan.

Pada abad ke-20 ini pun, mereka mengalami penderitaan yang tak terperikan. Dalam perang dunia kedua yang lalu, banyak orang Yahudi menjadi korban kekuasaan Nazi Jerman. Di Amerika, di Eropa dan di Rusia, dewasa ini mereka banyak mengalami penghinaan. Meskipun orang Yahudi sekarang sudah mempunyai tanah air (Negara Israel) namun mereka tetap dalam penderitaan disebabkan umat manusia di dunia ini, terutama umat Islam memusuhi mereka. Negara Israel itu dibentuk dengan mengusir rakyat Palestina yang menjadi penduduk negara tersebut.

Demikianlah nasib bangsa Yahudi itu. Sesungguhnya hukum Allah berlaku terhadap umat yang mendurhakai perintah-perintah-Nya dan membuat onar di dunia ini. Akan tetapi pengampunan dan kasih sayang Allah sangatlah besar dan luas bagi mereka yang taubat dari dosanya, kembali ke jalan Allah dengan penuh kesadaran, dan dengan jalan mengadakan perbaikan di atas dunia, Allah swt. pasti menghapuskan penderitaan mereka.

Dari sekian panjang tafsir depag ini ... yang paling penting bagi saya adalah yang saya bold

Lalu Yahudi yang taubat itu yang gimana ?? dan Yang menjadi Pengadil siapa ?? bukankah balik2nya adalah keputusan Allah juga ?? Lalu akhirnya untuk manusia yang ga tau apa2 mengenai hasil akhir Sang Pengadil ... apakah pantas untuk menentukan mana yang remuk mana yang ga ??

Artinya ... untuk saya pribadi loh ya ... melihat Q 7:167 tersebut adalah sebuah peringatan Allah SWT pada umat muslim untuk tidak melakukan hal2 yang dibenci Allah seperti yang sudah dilakukan Yahudi2 itu ... tapi bukan artinya harus menjustifikasi semua Yahudi pasti dibenci Allah ...

sebagai muslim yang sudah diperingati tentang kelakuan Yahudi ini ... menurut saya loh ya ... ya CT aja lah (cukup tau) bahwa Yahudi punya sifat2 seperti itu ... jadi berhati2lah pada mereka ... tapi urusan apakah mereka akan remuk atau tidak ... bukan lagi urusan saya ...

gitu pendapat saya tentang post anda #84 ... jadi memang tafsir yang beda2 ini bisa berkembang apakah Tuhan itu sama atau tidak

joged joged
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Tue Oct 02, 2012 7:48 pm

@dee-nee wrote:
Yang saya bold adalah tafsir anda pribadi ... dan saya rasa bukan tafsir semua muslim ... at least bukan begitu cara saya menafsiran kedua ayat tersebut ...

Prinsip saya pribadi sih ... semua ayat turun (ditulis/ada) karena terjadinya suatu peristiwa ... ada sejarah dibalik ayat tersebut ... dan saya lebih suka melihat gimana2 nya ...

Mohon maaf sebelumnya Mbak, saya tidak pernah berani menafsirkan AlQuran tanpa melihat bahwa ada segolongan muslim yang secara valid menafsirkannya demikian. Termasuk di FFI. Jadi kalau saya terlihat menafsirkan, anda bisa tagih ke saya, saya pasti bisa kutip dan buktikan memang ada muslim yang menafsirkannya demikian.

Itu sebabnya, kalau lawan diskusi saya misalnya sudah menyatakan diri dia "anti hadits". Ya saya tidak akan berani membawa tafsir muslim yang menggunakan hadits. Biasanya, saya akan memosisikan diri jadi penanya, tanpa berani menafsirkan apa2.

Soal Asbabun Nuzul nya ayat.... saya kira mungkin belum perlu terlalu melebar ke sana.

Islampun mengakui Bani Israil (Yahudi) memang bangsa yang disayang Allah ... tetapi sepanjang perjalanan tiga agama samawi ini ... bangsa ini juga yang paling banyak melakukan perbuatan2 yang sanagt dibenci Allah ... (intinya gitu lah)

jadi bila kemudian ada ayat

"Yang artinya hingga akhir jaman nanti Yahudi akan diremukkan oleh Tuhan Islam"

Apakah yang remuk ini adalah pasti semua Yahudi ... atau Yahudi yang bandel2 saja ?? Bagaimana dengan Yahudi yang sudah taubat (alias minta ampun) ?? karena tertulis juga ... Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Lalu Yahudi yang taubat itu yang gimana ?? dan Yang menjadi Pengadil siapa ?? bukankah balik2nya adalah keputusan Allah juga ?? Lalu akhirnya untuk manusia yang ga tau apa2 mengenai hasil akhir Sang Pengadil ... apakah pantas untuk menentukan mana yang remuk mana yang ga ??

Artinya ... untuk saya pribadi loh ya ... melihat Q 7:167 tersebut adalah sebuah peringatan Allah SWT pada umat muslim untuk tidak melakukan hal2 yang dibenci Allah seperti yang sudah dilakukan Yahudi2 itu ... tapi bukan artinya harus menjustifikasi semua Yahudi pasti dibenci Allah ...

sebagai muslim yang sudah diperingati tentang kelakuan Yahudi ini ... menurut saya loh ya ... ya CT aja lah (cukup tau) bahwa Yahudi punya sifat2 seperti itu ... jadi berhati2lah pada mereka ... tapi urusan apakah mereka akan remuk atau tidak ... bukan lagi urusan saya ...

gitu pendapat saya tentang post anda #84 ... jadi memang tafsir yang beda2 ini bisa berkembang apakah Tuhan itu sama atau tidak

joged joged

Saya sangat senang dan merasa terhormat bahwa mbak Dee-Nee bersedia menerima sudut pandang saya soal Unknown God dan Absolute God. Dan saya juga hormati pemahaman mbak Dee-Nee di atas, dan juga akan sangat tidak relevan apabila saya mendebatnya. Karena meskipun anda sudah bersedia menerima sudut pandang saya, argumen di atas tidak keluar dari sudut pandang tersebut.

Ketika dikatakan agama Samawi semua menganut the Absolute God, Tuhan yang Esa, yang memperkenalkan diriNya kepada manusia. Maka ada informasi yang diyakini datang dari Tuhan (yang absolute) tentang siapa diriNya.

Menurut anda sekarang, sebagai seorang muslimah, apakah informasi yang diyakini datang dari Tuhan tersebut di dalam agama Samawi (yang satu dari Taurat yang satu dari AlQuran misalnya) secara umum punya kesinergian, atau justru bertolak belakang?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Tue Oct 02, 2012 9:22 pm

@Foxhound wrote:
@dee-nee wrote:
Yang saya bold adalah tafsir anda pribadi ... dan saya rasa bukan tafsir semua muslim ... at least bukan begitu cara saya menafsiran kedua ayat tersebut ...

Prinsip saya pribadi sih ... semua ayat turun (ditulis/ada) karena terjadinya suatu peristiwa ... ada sejarah dibalik ayat tersebut ... dan saya lebih suka melihat gimana2 nya ...

Mohon maaf sebelumnya Mbak, saya tidak pernah berani menafsirkan AlQuran tanpa melihat bahwa ada segolongan muslim yang secara valid menafsirkannya demikian. Termasuk di FFI. Jadi kalau saya terlihat menafsirkan, anda bisa tagih ke saya, saya pasti bisa kutip dan buktikan memang ada muslim yang menafsirkannya demikian.

Itu sebabnya, kalau lawan diskusi saya misalnya sudah menyatakan diri dia "anti hadits". Ya saya tidak akan berani membawa tafsir muslim yang menggunakan hadits. Biasanya, saya akan memosisikan diri jadi penanya, tanpa berani menafsirkan apa2.

Hehehehe ... itulah sebabnya saya mengatakan apa yang saya bold ... saya percaya bahwa itu bukan tafsir murni dari anda ... tapi karena saya tidak tau sumbernya ... jadi saya katakan saja itu tafsir anda karena saya ambil dari post anda >> Ok ya ... yang ini tidak perlu dibahas karena saya sudah akui memang bukan anda yang mentafsirkan demikian.

Mengenai hadist ... sebetulnya tidak pas juga bila langsung dikotak2an ada muslim anti-hadist atau pro-hadist ... karena bagi saya ... membaca hadist-pun tidak bisa diambil cuma sepotong2

Biasanya ... untuk saya pribadi ... bila disuruh menilai hadist ... saya akan cari refrensi dulu bagaimana pandangan sebagian besar umat muslim dan ulama terhadap hadist tersebut ... Sudah tersedia google, pandangan ulama dan muslim dari Amerika sampai Mesir sangat mudah sekarang didapat, jadi kenapa saya harus mentok dengan satu pandangan saja ?

(Tambahan : Apakah ini artinya saya anti-hadist atau pro-hadist ?? Bagaimana bila semua pandangan yang saya dapat adalah pro-hadist tapi dengan penjelasan yang lebih rinci)

Lagipula ... saya berulang kali selalu bilang "ini menurut saya loh ya" ... jadi jelas itu adalah pandangan dari pembelajaran saya pribadi

@Foxhound wrote:Soal Asbabun Nuzul nya ayat.... saya kira mungkin belum perlu terlalu melebar ke sana.

Ya tidak harus melebar juga sih ... tapi kalau untuk saya ... asbabun nuzul sangat penting untuk mengetahui apa, bagaimana, dan kenapa ayat tersebut turun ...

Saya tidak bisa meng-heeh-kan suatu ayat, hadist, atau tafsir begitu saja tanpa tau gimana2nya, bila akal dan nurani saya merasa ada yang kurang tepat dalam penafsirannya ... saya merasa perlu mencari rujukan dan refrensi lain ... oleh karena itu asbabun nuzul dan pandangan dari ulama atau banyak umat muslim lainnya juga saya pakai

(saya potong biar ga kepanjangan)

gitu pendapat saya tentang post anda #84 ... jadi memang tafsir yang beda2 ini bisa berkembang apakah Tuhan itu sama atau tidak

@Foxhound wrote:Saya sangat senang dan merasa terhormat bahwa mbak Dee-Nee bersedia menerima sudut pandang saya soal Unknown God dan Absolute God. Dan saya juga hormati pemahaman mbak Dee-Nee di atas, dan juga akan sangat tidak relevan apabila saya mendebatnya. Karena meskipun anda sudah bersedia menerima sudut pandang saya, argumen di atas tidak keluar dari sudut pandang tersebut.

Ketika dikatakan agama Samawi semua menganut the Absolute God, Tuhan yang Esa, yang memperkenalkan diriNya kepada manusia. Maka ada informasi yang diyakini datang dari Tuhan (yang absolute) tentang siapa diriNya.

Menurut anda sekarang, sebagai seorang muslimah, apakah informasi yang diyakini datang dari Tuhan tersebut di dalam agama Samawi (yang satu dari Taurat yang satu dari AlQuran misalnya) secara umum punya kesinergian, atau justru bertolak belakang?

Well ... saya tidak tau banyak tentang agama Yahudi ... harus baca2 dulu ... tapi saya rasa harusnya punya kesinergian dan tidak bertolak belakang ...

However ....

The Qur'an mentions at least three main Islamic scriptures which came before the Qur'an by name.
http://en.wikipedia.org/wiki/Islamic_holy_books

Tawrat (at-Tawrāt): According to the Qur'an, the Tawrat was revealed to Moses, but Muslims believe that the current Torah, although it retains the main message,[citation needed] has suffered corruption over the years, and is no longer reliable. Moses and his brother Aaron used the Torah to preach the message to the Banu-Isra'il (Children of Israel). The Qur'an implies that the Torah is the longest-used scripture, with the Jewish people still using the Torah today, and that all the Hebrew prophets would warn the people of any corruptions that were in the scripture.

Zabur (az-Zabur): The Qur'an mentions the Zabur, often interpreted as being the Book of Psalms, as being the holy scripture revealed to King David. Scholars have often understood the Psalms to have been holy songs of praise. The current Psalms are still praised by many Muslim scholars, but Muslims generally assume that some of the current Psalms were written later and are not divinely revealed.[citation needed]

Injil (al-Injil): The Injil was the holy book revealed to Isa, according to the Qur'an. Although many lay Muslims believe the Injil refers to the entire New Testament, scholars have pointed out that it refers not to the New Testament but to an original Gospel, written by God (Arabic الله Allah: see God in Islam), which was given to Isa. Therefore, according to Muslim belief, the Gospel was the message that Isa, being divinely inspired, preached to the Children of Israel. The current canonical Gospels, in the belief of Muslim scholars, are not divinely revealed but rather are documents of the life of Isa, as written by various contemporaries, disciples and companions. These Gospels, in Muslim belief, contain portions of Isa's teachings but don't represent nor contain the original Gospel, which has been corrupted and/or lost, which was a single book written not by a human but by God.

Saya ambil source dari wiki karena saya nilai wiki cukup netral ... untuk menghindari statement ini klaim Islam dan itu klaim anti-islam ....

tapi silahkan baca yang saya bold ... ternyata Islam sendiri mengatakan kitab2 sebelumnya banyak yang sudah terkorupsi (katakanlah ini klaim Islam) ...

lalu ada yang merah (masih membutuhkan rujukan) ... artinya masih perlu dibahas lagi korupnya seperti apa dan bagaimana ...

Jatuh2nya setiap umat masing2 agama memberi klaim kitab mereka yang paling benar ...

Forum ini saja tidak selesai2 membahas beda pandangan antara Kristen dan Islam (dan ini urusannya ga cuma di forum LI saja, hampir di seluruh dunia manusia berdebat masalah ini terus) ...

Lalu bagaimana saya bisa langsung mensinergikan antara yang satu dari Taurat yang satu dari Al Quran? Saya tunggu aja dulu deh sampai masalah beda pandangan ini selesai ... hehehehehe

Jadi mas Fox ... tetap saya yakini dan imani bahwa ketiga agama samawi ini memang bersinergi dan turun dari satu Tuhan Yang Sama ... tapi bila saya harus membuktikan letak sinerginya ... justru saya bingung gimana caranya kalau tiga2nya masih debatan terus dengan klaim masing2 ...

Coba sekarang mas fox yang kasih tau saya gimana caranya ??

syukron
binar


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Thu Oct 04, 2012 1:40 am, total 1 kali diubah (Reason for editing : ada tambahan)
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by pendekar.rajawali on Tue Oct 02, 2012 10:05 pm

@Otak Trailer wrote:apa ada yg sanggup bantu ane?jelasin dikitlah apa ente tau perihal ilmu ketuhanan
:lkj:

apapun bisa menjadi tuhan dan Tuhan muslim adalah Allah yg menciptakan bumi, langit dan seisinya...
info
avatar
pendekar.rajawali
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 229
Location : Indonesia Raya
Join date : 18.01.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Tue Oct 02, 2012 10:38 pm

@dee-nee wrote:Mengenai hadist ... sebetulnya tidak pas juga bila langsung dikotak2an ada muslim anti-hadist atau pro-hadist ... karena bagi saya ... membaca hadist-pun tidak bisa diambil cuma sepotong2
binar
Ohh Deenee yang caem … elo belom pernah perang sesama muslim sih



Coba cari yang namanya muslim JJ di FFI ...

1. Si JJ itu anti SEMUA hadis => yang lalu dia pernah di tabok si Kompas

2. Nah si Kompas inipun muslim yang anti sebagian hadis yaitu hadis Aisha dinikahi 6 taon

3. Nah si Kompas ini lah yang di KAPIR KAPIRKAN si ustad Jihad Zone ( yang ahli semua hadis )

4. Dah segitu ahlinya ... ehh si Jihad Zone inipun MASIH bacok bacokan sama si Odong odong yaitu mang Odoy yang disini

ketawa guling


Yang MEMBACOK meneriakkan Allahuakbar
Yang DI BACOK PUN meneriakkan Allahuakbar


ketawa guling

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by EbisuSensei on Tue Oct 02, 2012 10:53 pm

duren swt wrote:
@dee-nee wrote:Mengenai hadist ... sebetulnya tidak pas juga bila langsung dikotak2an ada muslim anti-hadist atau pro-hadist ... karena bagi saya ... membaca hadist-pun tidak bisa diambil cuma sepotong2
binar
Ohh Deenee yang caem … elo belom pernah perang sesama muslim sih



Coba cari yang namanya muslim JJ di FFI ...

1. Si JJ itu anti SEMUA hadis => yang lalu dia pernah di tabok si Kompas

2. Nah si Kompas inipun muslim yang anti sebagian hadis yaitu hadis Aisha dinikahi 6 taon

3. Nah si Kompas ini lah yang di KAPIR KAPIRKAN si ustad Jihad Zone ( yang ahli semua hadis )

4. Dah segitu ahlinya ... ehh si Jihad Zone inipun MASIH bacok bacokan sama si Odong odong yaitu mang Odoy yang disini

ketawa guling


Yang MEMBACOK meneriakkan Allahuakbar
Yang DI BACOK PUN meneriakkan Allahuakbar


ketawa guling

Saya kira tidak ada manusia yang sama sekali sama.
Maka dari itu ada MUI, untuk menyatukan umat.

Saya tidak pernah berusaha untuk kontra masalah hadis, karena saya sadar bahwa hadis itu yang menyusun adalah manusia. Jadi bisa saja ada perbedaan.

Dan saya selalu berusaha untuk menuliskan simbol2 agama dengan hormat.
Jadi anda tidak usah bersarkasme dengan saya, ok
pisspiss
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by EHAN on Tue Oct 02, 2012 11:12 pm

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
@EHAN wrote:wah2 permintaan yang berat,, ehmm
Tuhan = Dzat,, tidak ada yang menyerupai-Nya,, seribu teori materi pun nga ada satupun yang mampu menggambarkan,, karena nga satu materipun yang menyerupai,,

Jadi apa muslim menyembah nama doank,, nangis
jangan kan manusia,, malaikat saja tidak mampu melihat Dzat Allah,,( kisah isra' mi'raj dimana jibril tidak mengantar Muhammad bertemu ALLAH langsung,),, tp ko' Muhammad bisa ?? kenapa??

ada hal yang bisa di beritahukan, ada hal yang tidak bisa di beritahukan ( karena akan di anggap gila) " sampaikanlah ilmu itu sesuai batas akal pikiran" karena otak memiliki batas,,

Ini merupakan hal yang sensitif,, derajat manusia berbeda beda berdasarkan taqwa & keihklasan hati,
"Dia dekat jika mau mendekat,, Dia jauh jika kita menjauh,,

orang Islam( muslim ) belum tentu dekat ma Allah pa lagi mau ketemu,,, apalagi belum mengenal Tuhan,, wah berat bosen

gw selalu heran dgn jawaban muslim soal sosok tuhan mereka yg dzat, kurang lebih sama dgn jawaban diatas. jika ribuan teori tidak ada yg bisa menjabarkan karena tidak ada sesuatupun yg menyerupai tuhan, bahkan malaikat sekalipun yg selalu keliaran di sekitar tuhan kalian tidak tahu tuan nya seperti apa.lantas tau darimana kalian2 muslim bhw pernyataan tersebut benar adanya ? bagaimana kalian2 meyakini bhw itu benar dan bukan hanya sekedar ocehan orang mabok ?

terkadang gw suka tertawa geli sendiri dgn jawabn muslim seperti diatas, karena secara ga langsung dia mengatakan bhw tuhannnya tidak ada karna tidak menyerupai apapun. padahal sudah jelas2 di quran bertebaran ayat2 ttg allah swt yg punya emosi, bertangan, bermata, dll. lantas disebut apakah hal2 tsb jika tidak menyerupai manusia ? sungguh kontradiktif.

dini wrote:
Boleh numpang Jawab pertanyaan TS

Kalau menurut gue .. pada dasarnya semua manusia mempunyai konsep yang sama tentang Tuhan

Ilmu ke Tuhanan ini ada dalam agama, dan setiap agama mempunyai caranya masing2 untuk menafsirkan Tuhan, makanya jadilah Tuhan itu berbeda2 ...

maaf tapi ente keliru. justru karena berbeda2 maka ada forum seperti ini...doh????
bukankah konsep itu lahir dari penafsiran ???? hellloo???
jgn terlalu banyak bermain kata2, hanya akan membingungkan diri sendiri dan menyesatkan orang lain.
bagaimana mungkin saya menyembah yang tidak saya lihat.. mau lihat Tuhan saya ( Allah ) nga semudah lu bayangin. orang ngaku islam saja. belum tentu bisa palagi lu.. yakin aja nga pa lagi haqul yakin..
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Tue Oct 02, 2012 11:16 pm

@EbisuSensei wrote:
Jadi anda tidak usah bersarkasme dengan saya, ok
pisspiss
Kapan saya BERSARKASME sama manusia sok ganteng kaya elo ??

Lah nge quote post mu aja baru ini gw lakukan seumur hidup

Mabok mbok di kira kira cuy

pisspiss

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by EbisuSensei on Tue Oct 02, 2012 11:26 pm

duren swt wrote:
@EbisuSensei wrote:
Jadi anda tidak usah bersarkasme dengan saya, ok
pisspiss
Kapan saya BERSARKASME sama manusia sok ganteng kaya elo ??

Lah nge quote post mu aja baru ini gw lakukan seumur hidup

Mabok mbok di kira kira cuy

pisspiss
Saya ingin berdiskusi baek2 dengan anda.
Saya tidak bilang kalo anda pernah bersarkasme dengan saya.
Saya hanya tidak ingin anda menuliskan bahasa2 yang tidak enak saya dengar, ketika berdiskusi dengan saya.

Kembali ke permasalahan.

Hadis yang menyusun manusia, yang memperbanyak juga manusia, jadi wajar bila ada perbedaan2 disana-sini.
Bagaimana pendapat anda?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Tue Oct 02, 2012 11:37 pm

@EbisuSensei wrote:
Saya ingin berdiskusi baek2 dengan anda.
Saya tidak bilang kalo anda pernah bersarkasme dengan saya.
Saya hanya tidak ingin anda menuliskan bahasa2 yang tidak enak saya dengar, ketika berdiskusi dengan saya.
Ohh gitu ..
lha bikin PUISI aja gw pinter , konon lagi klo cuma ngomong baik baik kekeke

Tapi ngadapin yg kaya si Odoy .. ya gw bacok bacokan juga lah
basi

@EbisuSensei wrote:
Hadis yang menyusun manusia, yang memperbanyak juga manusia, jadi wajar bila ada perbedaan2 disana-sini.
Bagaimana pendapat anda?
Ya buang ajalah klo memang bikin pushing .. ya ga

Eitsss jangan marah dulu ... itu bukan sarkasme
SEBAB itulah yang di kibarkan oleh muslim seperti si JJ .

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Tue Oct 02, 2012 11:45 pm

@dee-nee wrote:
Well ... saya tidak tau banyak tentang agama Yahudi ... harus baca2 dulu ... tapi saya rasa harusnya punya kesinergian dan tidak bertolak belakang ...

However ....

tapi silahkan baca yang saya bold ... ternyata Islam sendiri mengatakan kitab2 sebelumnya banyak yang sudah terkorupsi (katakanlah ini klaim Islam) ...

lalu ada yang merah (masih membutuhkan rujukan) ... artinya masih perlu dibahas lagi korupnya seperti apa dan bagaimana ...

Jatuh2nya setiap umat masing2 agama memberi klaim kitab mereka yang paling benar ...

Forum ini saja tidak selesai2 membahas beda pandangan antara Kristen dan Islam (dan ini urusannya ga cuma di forum LI saja, hampir di seluruh dunia manusia berdebat masalah ini terus) ...

Lalu bagaimana saya bisa langsung mensinergikan antara yang satu dari Taurat yang satu dari Al Quran? Saya tunggu aja dulu deh sampai masalah beda pandangan ini selesai ... hehehehehe

http://en.wikipedia.org/wiki/Occam%27s_razor
Occam Razor: "other things being equal, a simpler explanation is better than a more complex one."

Bahasa sederhana: Untuk fenomena yang sama, penjelasan paling sederhana paling benar.

Fenomena bahwa terjadi klaim, mana yang benar antara Kitab suci.
Fenomena terjadi tuduhan dan fitnahan antara Islam ke Yahudi, atau Islam ke Kristen.
Fenomena yang bahkan sudah terjadi sejak Alquran ada, dimana AlQuran juga memfitnah Kristen dan Yahudi.

Kalau anda jelaskan dengan...

"Nggak koq, seharusnya sinergi, tetapi mungkin karena ada tafsir yang berbeda dari manusia sehingga menjadi seperti ini"


dibanding dengan

"Karena memang saling bertentangan"


kira2 mana yang lebih sederhana, memenuhi Occam Razor's law?

Jadi mas Fox ... tetap saya yakini dan imani bahwa ketiga agama samawi ini memang bersinergi dan turun dari satu Tuhan Yang Sama ... tapi bila saya harus membuktikan letak sinerginya ... justru saya bingung gimana caranya kalau tiga2nya masih debatan terus dengan klaim masing2 ...

Coba sekarang mas fox yang kasih tau saya gimana caranya ??

Perdebatan adalah antar manusia, tetapi seringkali ada informasi dari Kitab Suci (yg sekali lagi sama2 diyakini berasal dari Tuhan itu sendiri) yang tidak perlu ditafsirkan aneh2, juga sudah bertentangan.

Sekarang saya kasih contoh lagi aja mbak Dee Nee. Mungkin yang lebih sederhana, yang tidak butuh tafsir macam2. Dijawab aja jujur dan sederhana sehingga saya bisa mengerti lebih dalam lagi jalan pikiran mbak. Tenang aja belum saya pakai semua contoh2nya, satu2 aja

Case #1. Pernyataan sikap Tuhan

2:225. Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun

dengan ini:

Zec 8:17 Janganlah merancang kejahatan dalam hatimu seorang terhadap yang lain dan janganlah mencintai sumpah palsu. Sebab semuanya itu Kubenci, demikianlah firman TUHAN."

Kedua2nya, menjelaskan bagaimana Tuhan memandang sumpah yang bukan sumpah. Menurut anda, bertentangan atau sinergi?


Case #2. Ideologi

Anjuran: Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Lawan

Anjuran: Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya.

menurut anda, ini sinergi, atau bertolak belakang?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by EbisuSensei on Wed Oct 03, 2012 12:05 am

duren swt wrote:
Ya buang ajalah klo memang bikin pushing .. ya ga

Eitsss jangan marah dulu ... itu bukan sarkasme
SEBAB itulah yang di kibarkan oleh muslim seperti si JJ .

Ada yg mengatur untuk itu, dan tidak membuat saya pusing.

Jadi adanya lembaga MUI adalah memang untuk menyatukan perbedaan2 yang ada.

Dan perbedaan2 yang ada, hanya menambah warna saja.

Kalo membuat anda pusing yang wajar2 saja.. ketiwiketiwi
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Wed Oct 03, 2012 12:26 am

@EbisuSensei wrote:

Kalo membuat anda pusing yang wajar2 saja.. ketiwiketiwi
Bukan saya yang pushing ... muslim seperti si JJ yang pushing

Saat kudesak pengaturan jumlah sholat ... hampir aja dia mo sholat 3 kali sehari KARENA katanya di Quran cuma di atur seperti itu

Kok jadi mirip aliran Islam yang di Turki dia ya
lol

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by EbisuSensei on Wed Oct 03, 2012 12:36 am

duren swt wrote:
@EbisuSensei wrote:

Kalo membuat anda pusing yang wajar2 saja.. ketiwiketiwi
Bukan saya yang pushing ... muslim seperti si JJ yang pushing

Saat kudesak pengaturan jumlah sholat ... hampir aja dia mo sholat 3 kali sehari KARENA katanya di Quran cuma di atur seperti itu

Kok jadi mirip aliran Islam yang di Turki dia ya
lol

Ada dua hal yang menyebabkan bisa adanya pertentangan karena perbedaan.

1. Ego.
2. Komunikasi.

Contoh:
Misalkan ada aliran yang menyebutkan sholat hanya 3 kali sehari.
Maka tinggal dilihat, bagaimana fatwa-nya.
Kalo ada perbedaan pendapat, maka diambil pendapat yang terbanyak.

Saya kira cukup disini penjelasan saya, karena OOT.
Dan silahkan kembali ke topik.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Wed Oct 03, 2012 12:46 am

@EbisuSensei wrote:

Saya kira cukup disini penjelasan saya, karena OOT.
Memang post mu kaga ada isinya kok

Subjektif mulu kekeke

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by EbisuSensei on Wed Oct 03, 2012 12:55 am

duren swt wrote:
@EbisuSensei wrote:

Saya kira cukup disini penjelasan saya, karena OOT.
Memang post mu kaga ada isinya kok

Subjektif mulu kekeke

Masih ada pertanyaan yang berhubungan dengan topik?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Wed Oct 03, 2012 1:04 am

@EbisuSensei wrote:
Masih ada pertanyaan yang berhubungan dengan topik?
Dari awal kan situ yang nanya nanya saya .. jangan dibalik dunk seolah olah saya yang nanya nanya situ hehehe
basi

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Wed Oct 03, 2012 2:06 am

ehmm
mengapa anda semuwah tidak memulai dari TUJUAN penciptaan?

bibel tidak menceritakan tujuan penciptaan....

veda pun tidak memuat maksud brahman menciptakan makhluk

apalagi budha lha ujug2 ada siklus alam tanpa awal dan tanpa akhir


kemudian......
disusul dengan BERAPA BANYAK tuhan yg mewujudkan diri sbg manusia hingga masa yesus?

sedangkan tuhan yg memiliki es mosi seperti pak blegug bilang,sayah hanya menganjurkan bahwa pemikiran seperti itu ada ketika MAKHLUK aka ciptaan ADA..


bagemana tuhan dalam SENDIRI nyah pada masa pra penciptaan?apakah samah dengan manusia ketika sendirian?


jika anda jawab SAMAH...maka anda wajib menjabarkan argumen kok bisa samah..
jika anda menjawab tidak..yah uda warung bisa diakhiri dengan bahagia...

bagemana jika surga dan neraka dimusnahkan dan beliow kembali sendirian...

apakah perasaanyah samah dengan manusia ketika dia menghancurkan semua yg dia miliki?

jika iyah,maka anda bisa jabarkan dan ilustrasikan bagemana perasaan tuhan ketika MENGHILANGKAN seluruh ciptaannyah...
jika tidak,warung happy ending deh..



terang terus...dari halaman 1 cuman muter2....padahal gaya bahasanyah seperti di tipi


apa yg disampaikan paman fox dan mbak deenee tentang sinergi wal kontradiksi pun simpel diurai;
“akan tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu.” Dan sumpah ini disebut ‘al-Yamin al-Ghamus’ (sumpah palsu). selaras dengan Zec.

kasihilah isterimu berarti jangan biarkan istrimu berbuat dosa atow durhaka.


@OT
inilah jawaban sayah;
tuhan muslim BEDA dengan tuhan non muslim

karena;
tidak ada yg serupa dengan beliow....anda bisa kaji dari pra penciptaan dan ANDAI surga-neraka oleh beliow dihancurkan.
apabila siklus hindu anda gunakan sebagai acuan...yup..bisa kita mulai...
bila bibel yg anda gunakan lha gemana mungkin?wong yesus aja gak pernah tunjukan kalow SIAP memusnahkan seluruh ciptaannyah....kecuali dengan revisi.

apabila anda berpikiran sama dengan pak blegug lha terus gimana dengan IDIOM?
jika tangan dan mata diartikan seperti tangan manusia maka anda boleh memusnahkan seluruh IDIOM dari muka bumi...


terakhir....
apakah tuhan butuh BERPIKIR ketika menciptakan alam?seperti manusia ketika merencanakan pekerjaan?
kalow tuhan BERPIKIR sebelum mencipta,terang terus,sayah gak bakal sembah.sayah gak butuh tuhan yg MERENCANAKAN sesuatu karena itu tanda dia LEMAH.

kalow ada tanggapan tentang yg merah....sayah tunggu di warung kang FM yg jualan wak abuh dan brow metheny...



**bila ada yg berpikir bahwa sayah es mosi lha itu uda usang cuman sayah bingung baca karena banyak sitilah yg gak sayah mengerti kecuali basa pak duren.
ngakak

avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Wed Oct 03, 2012 6:35 am

man_bleg wrote:
@dee-nee wrote:

wah susah donk jeng, karena disini letak permasalahannya yaitu tentng arti dari konsep.

Ga usah dibahas lah ... kita dah sama2 setuju kok ... saya liat bedanya kan cuma di masalah tata bahasa saja :)

kangen

brarti tuhan nya beda2 toh ? hehehe

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Wed Oct 03, 2012 6:57 am

@abu hanan wrote: ehmm
mengapa anda semuwah tidak memulai dari TUJUAN penciptaan?

bibel tidak menceritakan tujuan penciptaan....

veda pun tidak memuat maksud brahman menciptakan makhluk

apalagi budha lha ujug2 ada siklus alam tanpa awal dan tanpa akhir


kemudian......
disusul dengan BERAPA BANYAK tuhan yg mewujudkan diri sbg manusia hingga masa yesus?

sedangkan tuhan yg memiliki es mosi seperti pak blegug bilang,sayah hanya menganjurkan bahwa pemikiran seperti itu ada ketika MAKHLUK aka ciptaan ADA..


bagemana tuhan dalam SENDIRI nyah pada masa pra penciptaan?apakah samah dengan manusia ketika sendirian?


jika anda jawab SAMAH...maka anda wajib menjabarkan argumen kok bisa samah..
jika anda menjawab tidak..yah uda warung bisa diakhiri dengan bahagia...

bagemana jika surga dan neraka dimusnahkan dan beliow kembali sendirian...

apakah perasaanyah samah dengan manusia ketika dia menghancurkan semua yg dia miliki?

jika iyah,maka anda bisa jabarkan dan ilustrasikan bagemana perasaan tuhan ketika MENGHILANGKAN seluruh ciptaannyah...
jika tidak,warung happy ending deh..



terang terus...dari halaman 1 cuman muter2....padahal gaya bahasanyah seperti di tipi


apa yg disampaikan paman fox dan mbak deenee tentang sinergi wal kontradiksi pun simpel diurai;
“akan tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu.” Dan sumpah ini disebut ‘al-Yamin al-Ghamus’ (sumpah palsu). selaras dengan Zec.

kasihilah isterimu berarti jangan biarkan istrimu berbuat dosa atow durhaka.


@OT
inilah jawaban sayah;
tuhan muslim BEDA dengan tuhan non muslim

karena;
tidak ada yg serupa dengan beliow....anda bisa kaji dari pra penciptaan dan ANDAI surga-neraka oleh beliow dihancurkan.
apabila siklus hindu anda gunakan sebagai acuan...yup..bisa kita mulai...
bila bibel yg anda gunakan lha gemana mungkin?wong yesus aja gak pernah tunjukan kalow SIAP memusnahkan seluruh ciptaannyah....kecuali dengan revisi.

apabila anda berpikiran sama dengan pak blegug lha terus gimana dengan IDIOM?
jika tangan dan mata diartikan seperti tangan manusia maka anda boleh memusnahkan seluruh IDIOM dari muka bumi...


terakhir....
apakah tuhan butuh BERPIKIR ketika menciptakan alam?seperti manusia ketika merencanakan pekerjaan?
kalow tuhan BERPIKIR sebelum mencipta,terang terus,sayah gak bakal sembah.sayah gak butuh tuhan yg MERENCANAKAN sesuatu karena itu tanda dia LEMAH.

kalow ada tanggapan tentang yg merah....sayah tunggu di warung kang FM yg jualan wak abuh dan brow metheny...



**bila ada yg berpikir bahwa sayah es mosi lha itu uda usang cuman sayah bingung baca karena banyak sitilah yg gak sayah mengerti kecuali basa pak duren.
ngakak


klo bgitu di tutup aja ini forum. toh ente jg ga bisa kash bukti gimana tuhan ketika sendiri nya. bukti tuhan itu aja ente mash bingung...hehehe

tuhan yg tidak mirip apa2 itu artinya dia tidak ada. ngapain tuhan ente nurunin quran ? itu artinya dia punya keinginan... hihihi


terlalu banyak bermain kata2, akhirnya bingung sendiri. coba ente renungkan dan bayangkan kata2 ente sendiri, jgn cuma nyablak asal cocok dgn doktrin "dzat yg tidak mirip apa2".

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Wed Oct 03, 2012 8:02 am

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
man_bleg wrote:
@dee-nee wrote:

wah susah donk jeng, karena disini letak permasalahannya yaitu tentng arti dari konsep.

Ga usah dibahas lah ... kita dah sama2 setuju kok ... saya liat bedanya kan cuma di masalah tata bahasa saja :)

kangen

brarti tuhan nya beda2 toh ? hehehe

ya udah dibahas ... coba diulang ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Wed Oct 03, 2012 11:13 am

pak blegug wrote:toh ente jg ga bisa kash bukti gimana tuhan ketika sendiri nya. bukti tuhan itu aja ente mash bingung...hehehe
lha kan sayah uda bilang diatas ;
tidak ada yg serupa dengan beliow....anda bisa kaji dari pra penciptaan dan ANDAI surga-neraka oleh beliow dihancurkan.

manusia ibarat komputer yg zuper canggih dan dilengkapi sensor yg bisa merasakan/ber es mosi…apakah komputer yg uda dirancang demikian hebat bisa mengenali tukangnyah?terlebih jika pak tukang gak kasi informasi apapun tentang hakekat dirinyah.

manusia hanya BESAR di prasangka tetapi gak pernah mampu menjangkau prasangkanyah sendiri.

woleh karena ituh...
mengapa sayah menganjurkan kembali menyimak para avatar tuhan?
dalam konsep bible,ada yesus yg diyakini sebagai tuhan yg mengosongkan diri..atow dalam sitilah laen tuhan yg menjelma jadi manusia.di dalam hindu,juga dikenal avatar kurma (inkarnasi kedua),yg digambarkan sebage kura-kura adalah makhluk amfibi mampu hidup baik di darat dan di air dan menunjukkan bergerak dari bentuk kehidupan dari bawah laut ke permukaan bumi.kemudian juga ada krisna plus sai baba..

berdasarkan parade jelmaan,mana sih yang ABSOLUT benar?
bibel atow veda??

dan anda boleh bertanya,
diantara konsep tuhan yg gak berwujud..mana seh yang absolut benar?
sikh atow islam?

pak blegug wrote:tuhan yg tidak mirip apa2 itu artinya dia tidak ada. ngapain tuhan ente nurunin quran ? itu artinya dia punya keinginan... hihihi
kalow tuhan gak punya keinginan yah berarti tuhan uda mati atow emang gak ada.
Keinginan yg melekat pada tuhan BERBEDA dengan keinginan pada makhluk.ketika tuhan INGIN mencipta maka pada saat yg sama keinginan itu terwujud.
Baiklah…
Pada konteks keinginan….makhluk hidup memiliki keinginan karena DIBERI.apakah seorang yg menaiki mobil pinjaman dari majikan,taruh misal mercy L 300, sama dengan sang majikan?

pak blegug wrote:terlalu banyak bermain kata2, akhirnya bingung sendiri. coba ente renungkan dan bayangkan kata2 ente sendiri, jgn cuma nyablak asal cocok dgn doktrin "dzat yg tidak mirip apa2".
Lha terus pake doktrin apa dunk?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Wed Oct 03, 2012 1:07 pm

@abu hanan wrote:
lha kan sayah uda bilang diatas ;
tidak ada yg serupa dengan beliow....anda bisa kaji dari pra penciptaan dan ANDAI surga-neraka oleh beliow dihancurkan.

tidak ada yg serupa dgn tuhan itu kan menurut ente, menurut quran ngga tuh. sesuai yg sudah saya bilang sblmnya soal rasa, esmosi, dll... makanya gw pertanyakan, kok kontradiktif ?

bukannya menjawab, ini malah mondar mandir ksana kemari....

@abu hanan wrote:
manusia ibarat komputer yg zuper canggih dan dilengkapi sensor yg bisa merasakan/ber es mosi…apakah komputer yg uda dirancang demikian hebat bisa mengenali tukangnyah?terlebih jika pak tukang gak kasi informasi apapun tentang hakekat dirinyah.

manusia hanya BESAR di prasangka tetapi gak pernah mampu menjangkau prasangkanyah sendiri.

semakin ngawur...jelas2 tuhanmu udah kasih info ttg dirinya di quran. tape deeeh....

@abu hanan wrote:
woleh karena ituh...
mengapa sayah menganjurkan kembali menyimak para avatar tuhan?
dalam konsep bible,ada yesus yg diyakini sebagai tuhan yg mengosongkan diri..atow dalam sitilah laen tuhan yg menjelma jadi manusia.di dalam hindu,juga dikenal avatar kurma (inkarnasi kedua),yg digambarkan sebage kura-kura adalah makhluk amfibi mampu hidup baik di darat dan di air dan menunjukkan bergerak dari bentuk kehidupan dari bawah laut ke permukaan bumi.kemudian juga ada krisna plus sai baba..

berdasarkan parade jelmaan,mana sih yang ABSOLUT benar?
bibel atow veda??

dan anda boleh bertanya,
diantara konsep tuhan yg gak berwujud..mana seh yang absolut benar?
sikh atow islam?

ga ada yg benar. lah masing2 ga bisa nunjukin sosok tuhan yg digadang2 kok.... hihihihi

belum terbukti kok udah mau klaim benar...

@abu hanan wrote:
pak blegug wrote:tuhan yg tidak mirip apa2 itu artinya dia tidak ada. ngapain tuhan ente nurunin quran ? itu artinya dia punya keinginan... hihihi
kalow tuhan gak punya keinginan yah berarti tuhan uda mati atow emang gak ada.
Keinginan yg melekat pada tuhan BERBEDA dengan keinginan pada makhluk.ketika tuhan INGIN mencipta maka pada saat yg sama keinginan itu terwujud.
Baiklah…
Pada konteks keinginan….makhluk hidup memiliki keinginan karena DIBERI.apakah seorang yg menaiki mobil pinjaman dari majikan,taruh misal mercy L 300, sama dengan sang majikan?

yayayaya....manusia punya tangan, dan tuhan punya hand , beda ya ? hihihihi...
udah gw bilang, kebanyakan bermain kata2 hanya akan membingungkan dirimu sendiri akhirnya tersesat deh...

@abu hanan wrote:
pak blegug wrote:terlalu banyak bermain kata2, akhirnya bingung sendiri. coba ente renungkan dan bayangkan kata2 ente sendiri, jgn cuma nyablak asal cocok dgn doktrin "dzat yg tidak mirip apa2".
Lha terus pake doktrin apa dunk?

penekanan pada asal cocok.

tapi ente mungkin jg benar menggunakan doktrin dzat yg tidak mirip apa2, cm quran nya aja yg salah...mungkiiiiiiiiin hehe

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik