FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Halaman 6 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Otak Trailer on Thu Jul 12, 2012 1:42 pm

First topic message reminder :

apa ada yg sanggup bantu ane?jelasin dikitlah apa ente tau perihal ilmu ketuhanan
:lkj:
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down


Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Wed Oct 03, 2012 1:53 pm

pak blegug wrote:tidak ada yg serupa dgn tuhan itu kan menurut ente, menurut quran ngga tuh.
tapi ente mungkin jg benar menggunakan doktrin dzat yg tidak mirip apa2, cm quran nya aja yg salah...mungkiiiiiiiiin hehe

“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. “ (QS. Asy-Syura: 11)

pak blegug wrote: sesuai yg sudah saya bilang sblmnya soal rasa, esmosi, dll... makanya gw pertanyakan, kok kontradiktif ?
nah terbukti deh…uda gak bisa bedain mobil pinjaman dan mobil milik sendiri

pak blegug wrote:semakin ngawur...jelas2 tuhanmu udah kasih info ttg dirinya di quran. tape deeeh....
mana ayatnyah?

pak blegug wrote:ga ada yg benar. lah masing2 ga bisa nunjukin sosok tuhan yg digadang2 kok.... hihihihi

belum terbukti kok udah mau klaim benar...
lho gimana sih?kristen uda tunjukin tuh yesus,tuhan yang dapat dicapai indra manusia.
Wah wah….hindu juga uda tunjukin pak rama dan kresna..tapi anda masih menolak juga..tape bangets..

pak blegug wrote:yayayaya....manusia punya tangan, dan tuhan punya hand , beda ya ? hihihihi...
udah gw bilang, kebanyakan bermain kata2 hanya akan membingungkan dirimu sendiri akhirnya tersesat deh...
lha terus gimana dengan IDIOM?
jika tangan dan mata diartikan seperti tangan manusia maka anda boleh memusnahkan seluruh IDIOM dari muka bumi...

bener2 deh…mana yg pinjaman dan siapa yg kasi pinjam uda gak bisa bedain..

pak blegug wrote:penekanan pada asal cocok.
Kasi contoh dunk..yah minimal KONSEP ala pak blegug-isme…

Ditelan dulu aja pak…
pak blegug wrote:tuhan yg tidak mirip apa2 itu artinya dia tidak ada. ngapain tuhan ente nurunin quran ? itu artinya dia punya keinginan... hihihi
tuhan yg tidak mirip apa2,menurut logika anda,berarti dia tidak ada..TIDAK ADA tapi kok punya keinginan…


basi


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by betoro on Wed Oct 03, 2012 6:37 pm

pak blegug wrote:semakin ngawur...jelas2 tuhanmu udah kasih info ttg dirinya di quran. tape deeeh....
@abu hanan wrote:

mana ayatnyah?

Kalau tidak ada ayatnya mungkin sekarang Muslim tidak tau ke 99 ashma ulhusna.... usil

betoro
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 4
Location : Malang
Join date : 02.10.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Wed Oct 03, 2012 9:33 pm

@Foxhound wrote:
http://en.wikipedia.org/wiki/Occam%27s_razor
Occam Razor: "other things being equal, a simpler explanation is better than a more complex one."

Bahasa sederhana: Untuk fenomena yang sama, penjelasan paling sederhana paling benar.

Fenomena bahwa terjadi klaim, mana yang benar antara Kitab suci.
Fenomena terjadi tuduhan dan fitnahan antara Islam ke Yahudi, atau Islam ke Kristen.
Fenomena yang bahkan sudah terjadi sejak Alquran ada, dimana AlQuran juga memfitnah Kristen dan Yahudi.

Kalau anda jelaskan dengan...

"Nggak koq, seharusnya sinergi, tetapi mungkin karena ada tafsir yang berbeda dari manusia sehingga menjadi seperti ini"

dibanding dengan

"Karena memang saling bertentangan"

kira2 mana yang lebih sederhana, memenuhi Occam Razor's law?

Gini deh ... biar ga ribet dengan teori2an ... saya tanya saja ke mas Fox dulu ... Jadi menurut mas Fox :

Apakah tiga agama ini mempunyai Tuhan yang berbeda atau sama ??
artinya Yahweh, Allah Bapa, dan Allah SWT adalah Tuhan yang berbeda ... apakah anda setuju ??
Apapun jawaban anda tolong diberikan alasannya ...

Khusus untuk yang saya bold : Saya tidak tahu apakah masalah ini bisa disebut sebagai fitnah ...
kalau saya analogikan : Andaikan kasusnya belum selesai ... apakah kita bisa mengatakan KPK telah memfitnah Angie dan Miranda bila KPK meng-klaim mereka berdua sudah melakukan tindakan korupsi ??

Tapi ... ya saya tidak mau berdebat tentang masalah ini ... jadi kita lewatkan saja

@Foxhound wrote:
Perdebatan adalah antar manusia, tetapi seringkali ada informasi dari Kitab Suci (yg sekali lagi sama2 diyakini berasal dari Tuhan itu sendiri) yang tidak perlu ditafsirkan aneh2, juga sudah bertentangan.

yang ini kita bahas setelah anda menjawab pertanyaan saya diatas

thanks much

piss

@Foxhound wrote:Sekarang saya kasih contoh lagi aja mbak Dee Nee. Mungkin yang lebih sederhana, yang tidak butuh tafsir macam2. Dijawab aja jujur dan sederhana sehingga saya bisa mengerti lebih dalam lagi jalan pikiran mbak. Tenang aja belum saya pakai semua contoh2nya, satu2 aja

Case #1. Pernyataan sikap Tuhan

2:225. Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun

dengan ini:

Zec 8:17 Janganlah merancang kejahatan dalam hatimu seorang terhadap yang lain dan janganlah mencintai sumpah palsu. Sebab semuanya itu Kubenci, demikianlah firman TUHAN."

Kedua2nya, menjelaskan bagaimana Tuhan memandang sumpah yang bukan sumpah. Menurut anda, bertentangan atau sinergi?


Case #2. Ideologi

Anjuran: Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Lawan

Anjuran: Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya.

menurut anda, ini sinergi, atau bertolak belakang?

Untuk case #1 bagaimana kalau anda kasih dulu link ke saya supaya saya bisa mengerti tafsir ayat ini secara Taurat ... dan bukan secara Bible ... (karena disini anda minta dibandingkan antara Quran dan Taurat kan)

Maaf ... tapi saya susah sekali cari tafsir ala Taurat ini ... selalu mentoknya ke Bible terus ...

untuk case #2 >> daripada membandingkan antara dua anjuran versi anda (atau siapapun yang anda contek) ... lebih baik bawa saja ayatnya (secara full dan tidak dipotong2) ... supaya bisa saya lihat sinergi atau bertolak belakang ..

thanks again

yes
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Wed Oct 03, 2012 10:39 pm

Apakah tiga agama ini mempunyai Tuhan yang berbeda atau sama ??
artinya Yahweh, Allah Bapa, dan Allah SWT adalah Tuhan yang berbeda ... apakah anda setuju ??
Apapun jawaban anda tolong diberikan alasannya ...

Saya batasi hanya YHVH dan AllohSWT mbak. Sejak awal thread ini, saya tegas berkata dua itu tidak mungkin Tuhan yang sama, atau bisa juga, salah satunya bukan Tuhan.

Alasan saya konsisten sejak awal. Perkenalan diri antara YHVH dan AllohSWT di Kitab Suci yang sama2 diyakini berasal dari masing2 sangat bertolak belakang. Kalau anda mau berkata bahwa Taurat yg dr YHVH sudah diubah2.... yang ngomong diubah2, ya tuduhan kitab yang dr AllohSWT, yg juga tidak bisa dibuktikan benar bahwa kitab2 Yahudi yang dikatakan mengandung firman dr YHVH benar sudah diubah2.

@dee-nee wrote:
Khusus untuk yang saya bold : Saya tidak tahu apakah masalah ini bisa disebut sebagai fitnah ...
kalau saya analogikan : Andaikan kasusnya belum selesai ... apakah kita bisa mengatakan KPK telah memfitnah Angie dan Miranda bila KPK meng-klaim mereka berdua sudah melakukan tindakan korupsi ??

Tapi ... ya saya tidak mau berdebat tentang masalah ini ... jadi kita lewatkan saja

Ok, saya tidak akan berdebat. Tapi sekedar ingin tahu pendapat mbak aja. Saya berkata AlQuran menuduh (ada) Yahudi yang menyembah Uzair sebagai putera Allah. Kalau tokoh Uzair itu aja tidak ada yang tahu siapa. Yahudi tidak ada yang mengenalnya sama sekali. Sumber2 resmi agama Yahudi juga bahkan tidak pernah menyebutnya. Menurut Mbak, apakah memang tidak bisa disebut fitnah sampai kasusnya selesai? Kapan kasus yang tidak pernah ada itu akan selesai?

@Foxhound wrote:
Perdebatan adalah antar manusia, tetapi seringkali ada informasi dari Kitab Suci (yg sekali lagi sama2 diyakini berasal dari Tuhan itu sendiri) yang tidak perlu ditafsirkan aneh2, juga sudah bertentangan.

@Dee-Nee wrote:
yang ini kita bahas setelah anda menjawab pertanyaan saya diatas

Silahkan kalau begitu

@Dee-Nee wrote:
Untuk case #1 bagaimana kalau anda kasih dulu link ke saya supaya saya bisa mengerti tafsir ayat ini secara Taurat ... dan bukan secara Bible ... (karena disini anda minta dibandingkan antara Quran dan Taurat kan)

Maaf ... tapi saya susah sekali cari tafsir ala Taurat ini ... selalu mentoknya ke Bible terus ...

Mbak Dee-Nee, sebelum lanjut, saya ingin update anda dan muslim2 di sini kenyataan sebenarnya tentang Bible.

Muslim, memang taunya bahwa kitab2 Yahudi hanya taurat dan zabur. Karena memang AlQuran informasinya tentang Yahudi dan Kristen cenderung tidak lengkap dan tidak sesuai fakta. Tetapi seluruh kitab2 yang ada di Perjanjian Lama di dalam bible, sebenarnya semuanya ditulis oleh nabi2 dan tokoh2 yang diakui oleh bangsa Yahudi.

Sedangkan Perjanjian Baru, terdapat empat kitab yang disebut injil, yang ditulis berdasarkan kesaksian masing2 empat orang rasul berbeda. Ditambah surat-surat Paulus kepada jemaat2. Ditambah kesaksian2 rasul2 yang lain. Injil sendiri, bukan seperti Taurat atau AlQuran, suatu kitab yang diwahyukan dari Tuhan kepada nabiNya (seperti kiraan muslim2 pada umumnya, karena itu pernyataan AlQuran, yang juga kacau bin ngawur).

Yesus lah injil itu sendiri, oleh karena itu empat kitab yang mengisahkannya disebut dengan injil. KelahiranNya, kesaksian hidupNya, ajaranNya tentang kasih dan bagaimana hidup sebagai orang yang diselamatkan, kematianNya, kebangkitanNya dan kenaikanNya... itulah suatu rangkaian Injil (kabar baik) yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain.

Sedangkan zabur atau Mazmur, adalah karangan Daud, dan juga Musa (yang ini juga tidak diketahui muslim pada umumnya karena AlQuran taunya zabur diberikan AllohSWT kpd Daud). Memang orang Kristen mengakui bahwa Mazmur diilhami oleh kedekatan hati Daud kepada YHVH. Tetapi Mazmur, bukanlah wahyu YHVH kepada Daud seperti laiknya AlQuran wahyu AllohSWT kepada Muhammad.

Kenyataan2 seperti ini, membuat saya mengatakan AlQuran itu kacau dalam menulis tentang Yahudi dan Kristen. Sok tahu, tapi mengklaim bahwa isinya benar sempurna, tidak mungkin salah. Dan buntutnya.... supaya AlQuran dikatakan benar, maka yang asli dituduh palsu atau sudah dirubah2, hanya untuk membenarkan AlQuran.

Cukup OOTnya, balik lagi ke topik. Dan bagi muslim yang mungkin ingin membahas apa yang saya tulis di atas, mungkin lebih baik bikin thread baru.


Taurat hanya berisikan hukum, hukum yang diberikan kepada bangsa Israel. Tetapi wahyu YHVH tidak hanya terdapat di Taurat. Karena yang dibahas adalah YHVH bangsa Yahudi, maka valid untuk menunjukkan siapa Dia dari kitab2 PL.

Silahkan ditelaah lagi apa yang sudah saya kutip.


untuk case #2 >> daripada membandingkan antara dua anjuran versi anda (atau siapapun yang anda contek) ... lebih baik bawa saja ayatnya (secara full dan tidak dipotong2) ... supaya bisa saya lihat sinergi atau bertolak belakang ..
thanks again
yes

Case #2, saya lebih ingin melihat opini mbak Dee-nee secara jujur dari sebuah konsep. Bukan soal informasi tentang Tuhan. Tetapi melainkan implementasi ajaran dari Tuhan itu sendiri.

ok lah, kalau mbak Dee-nee minta perikop lengkap:
Itu adalah 'anjuran' dari Paulus, implementasi hukum Kasih

Col 3:12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.
Col 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.
Col 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.
Col 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.
Col 3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.
Col 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.
Col 3:18 Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.
Col 3:19 Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.
Col 3:20 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.
Col 3:21 Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.
Col 3:22 Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan.
Col 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.
Col 3:24 Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.
Col 3:25 Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.

sedangkan anjuran yang kedua, bukan sekedar anjuran, tetapi firman dari AllohSWT itu sendiri

4:34. Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Kalau memang Tuhan si Paulus, dan AllohSWT adalah sama... berarti Paulus, salah menafsirkan maksud dari Tuhan. Itu sebenarnya yang saya ingin dengar opini dari mbak DeeNee. Dengan konsep bahwa Tuhan Kristen dan Tuhan Islam adalah sinergi, dan manusia hanya menafsirkannya berbeda.... Apakah ajaran Paulus... "Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia." adalah salah tafsir maksud Tuhan, karena AllohSWT memerintahkan suami memukul isteri ketika khawatir akan nusyuznya?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Wed Oct 03, 2012 10:44 pm

@abu hanan wrote:

“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. “ (QS. Asy-Syura: 11)

wah selamat, anda telah berhasil membuktikan bhw quran kontradiktif...bravo!!!!

@abu hanan wrote:

nah terbukti deh…uda gak bisa bedain mobil pinjaman dan mobil milik sendiri.

lha terus gimana dengan IDIOM?
jika tangan dan mata diartikan seperti tangan manusia maka anda boleh memusnahkan seluruh IDIOM dari muka bumi...

bener2 deh…mana yg pinjaman dan siapa yg kasi pinjam uda gak bisa bedain...

mo mobil sendiri mo pinjaman, tetep aja namanya MOBIL...

klo mo ngomong soal idiom, tolong ya dimengerti dulu apa itu idiom...

An idiom (Latin: idioma, "special property", f. Greek: ἰδίωμα – idiōma, "special feature, special phrasing", f. Greek: ἴδιος – idios, "one’s own") is an expression consisting of a combination of words that has a figurative meaning.
http://en.wikipedia.org/wiki/Idiom

artinya terdiri lebih dari 1 kata. contoh : muka tembok, kaki tangan, kambing hitam, daun pintu, dll...


Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT bila mencintai hamba-Nya memanggil Jibril seraya berfirman, ‘Sesungguhnya Aku mencintai si fulan, maka cintailah dia.’” Rasulullah bersabda, “Maka, Jibril pun mencintai si fulan.” Lalu, Jibril menyeru semua penduduk langit, “Sesungguhnya Allah mencintai si fulan.” Nabi bersabda, “Maka, si fulan dicintai penduduk langit dan dia pun diterima oleh penduduk bumi.”

Jika Allah membenci seorang hamba, Dia memanggil Jibril dan berfirman, “Sesungguhnya Aku membenci si fulan, maka bencilah dia sehingga Jibril pun membencinya.” Rasulullah bersabda, “Lalu, Jibril menyeru penduduk langit, ‘Sesungguhnya Allah membenci si fulan, maka bencilah dia.’” Penduduk langit pun membenci si fulan, kemudian dia pun dibenci penduduk bumi. (HR Bukhari dan Muslim).


“Dan barang siapa yang dihinakan Allah, maka tidak seorang pun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.” (QS al-Hajj 18).

hehehe idiom...tapeee deeeh


@abu hanan wrote:
mana ayatnyah?

haduh2.... masak ga kenal tuhan sendiri ckckckck apa kata dunia ?!?!?!

99 nama tuhanmu bukankah sudah menggambarkan dirinya ?
tidak beranak tidak beristri dan juga tidak diperanakan bukankah info jg ttg tuhanmu ?
maha penyesat bukankah juga menggambarkan tuhanmu ?
bahkan dia juga memberi nama nya kepada mu, yaitu allah swt.
rumahnya di arsy ( entah dimana ) yg pasti jauh, katanya sih 50 ribu tahun bru nyampe
punya piaraan namanya bouraq
pembantunya bernama jibril
dan lain2... ayatnya lu cari aja sendiri xixixi enak aja ngerjain gw :p

gw aja cukup denger pertanyaan " tuhan apa yg punya piaraan bouraq?" , otomatis gw jawab " allah swt!!!" hihihi....


@abu hanan wrote:
belum terbukti kok udah mau klaim benar...
lho gimana sih?kristen uda tunjukin tuh yesus,tuhan yang dapat dicapai indra manusia.
Wah wah….hindu juga uda tunjukin pak rama dan kresna..tapi anda masih menolak juga..tape bangets..

ah ente lebay...

klo elu percaya yg ditunjukin kristen ama hindu itu tuhan, elu udah murtad sekarang....


@abu hanan wrote:
pak blegug wrote:penekanan pada asal cocok.
Kasi contoh dunk..yah minimal KONSEP ala pak blegug-isme…

Ditelan dulu aja pak…
pak blegug wrote:tuhan yg tidak mirip apa2 itu artinya dia tidak ada. ngapain tuhan ente nurunin quran ? itu artinya dia punya keinginan... hihihi
tuhan yg tidak mirip apa2,menurut logika anda,berarti dia tidak ada..TIDAK ADA tapi kok punya keinginan…


basi

wah..wah..wah...otaknya si hanan mulai korslet hihihi....

yg bilang tuhan loe itu ada siapa ? gw ? mimpi!!!!

justru gw bilang ke ente bhw sebenernya ente tuh dah bener bhw allah swt lu itu emg ga ada sesuai definisi " tidak ada yg serupa dgn dia", berhub lu msh muslim itulah yg bikin gw bingung. kenapa ente masih muslim ? lah pemikiran ente dah bertentangan dgn quran hahaha...

dan ternyata di awal2 bahkan ente dah berhasil membuktikan bhw quran itu ternyata kontradiktif hihihi...alhamduladiiiii

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Wed Oct 03, 2012 11:08 pm

@atas
1.Kontradiktif gimana?
Coba deh jelasinlah konsep ketuhanan yg bener..jadi ada pencerahan di sinih..

2.Owh...jadi tangan allah = tangan manusia.allah sedih = manusia sedih
Begitu?

3.Lha kan pak blegug bilang "tidak serupa apapun berarti tidak ada.tapi allah punya keinginan"
Kamsutnyah gemana seh?

4.Bouraq yg piaraan allah tuh emang pak blegug pernah liat kandangnyah?

5.Lha kan anda minta bukti tuhan..mangkah itu sayah kasi yesus sm krisna adalah tuhan yg material..kok masih gak percaya?

6.Owh..mungkin idiom bukan sitilah yg tepat...perumpamaan aja deh..

7.pak blegug berhasil memahami quran...sep dah...tentang waktu yg 50rb thn di sisi tuhan tuh pengertiannyah gemana pak?



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by janganbilangbilang on Wed Oct 03, 2012 11:28 pm

dr judulnya sih,
mnurut ane yg muslim Tuhan Saya adalh Tuhan kalian semuanyah... Allah hanya satu tuhan tiada yg lain
tapi yang kalian anggap tuhan khususnya nasrani sih.. keknya beda deh...


Terakhir diubah oleh janganbilangbilang tanggal Thu Oct 04, 2012 12:06 am, total 1 kali diubah
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 71
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Wed Oct 03, 2012 11:31 pm

@abu hanan wrote:@atas
1.Kontradiktif gimana?

di satu sisi bilang ga ada yg serupa, disisi lain menunjukan kesamaan dgn ciptaan

@abu hanan wrote:
Coba deh jelasinlah konsep ketuhanan yg bener..jadi ada pencerahan di sinih..

emg ada yg gw bilang bener ? kok nanya ke sayah....

@abu hanan wrote:
2.Owh...jadi tangan allah = tangan manusia.allah sedih = manusia sedih
Begitu?

mending belajar lagi deh soal idiom yah, skalian pelajari syarat penggunaan idiom.... yg namanya idiom itu ga asal njeblak nongol dimana2 ga ada angin ga ada hujan.

@abu hanan wrote:
3.Lha kan pak blegug bilang "tidak serupa apapun berarti tidak ada.tapi allah punya keinginan"
Kamsutnyah gemana seh?

kok nanya balik ? justru ini pertanyaan sayah dari tadi hihihihi....di satu sisi ente bilang si allah ga mirip siapa2, di sisi lain allah swt menurunkan quran pasti krn ada tujuan dan keinginan yg diharapkan.

@abu hanan wrote:
4.Bouraq yg piaraan allah tuh emang pak blegug pernah liat kandangnyah?

emg piaraan kudu pake kandang ?

@abu hanan wrote:
5.Lha kan anda minta bukti tuhan..mangkah itu sayah kasi yesus sm krisna adalah tuhan yg material..kok masih gak percaya?

mangkanya saya jawab, "elu aja kagak percaya, knapa gw mesti?"

@abu hanan wrote:
6.Owh..mungkin idiom bukan sitilah yg tepat...perumpamaan aja deh...
kata juga ga bisa seujug2 disebut perumpamaan...

masih ga masuk ke perumpamaan.

udah deh ga ush ngeles macem2... malah mengarang bebas hihihi

@abu hanan wrote:
7.pak blegug berhasil memahami quran...sep dah...tentang waktu yg 50rb thn di sisi tuhan tuh pengertiannyah gemana pak?


OOT

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Uriel on Thu Oct 04, 2012 12:19 am

om fox wrote:Muslim, memang taunya bahwa kitab2 Yahudi hanya taurat dan zabur. Karena memang AlQuran informasinya tentang Yahudi dan Kristen cenderung tidak lengkap dan tidak sesuai fakta. Tetapi seluruh kitab2 yang ada di Perjanjian Lama di dalam bible, sebenarnya semuanya ditulis oleh nabi2 dan tokoh2 yang diakui oleh bangsa Yahudi.

Sedangkan Perjanjian Baru, terdapat empat kitab yang disebut injil, yang ditulis berdasarkan kesaksian masing2 empat orang rasul berbeda. Ditambah surat-surat Paulus kepada jemaat2. Ditambah kesaksian2 rasul2 yang lain. Injil sendiri, bukan seperti Taurat atau AlQuran, suatu kitab yang diwahyukan dari Tuhan kepada nabiNya (seperti kiraan muslim2 pada umumnya, karena itu pernyataan AlQuran, yang juga kacau bin ngawur).

Yesus lah injil itu sendiri, oleh karena itu empat kitab yang mengisahkannya disebut dengan injil. KelahiranNya, kesaksian hidupNya, ajaranNya tentang kasih dan bagaimana hidup sebagai orang yang diselamatkan, kematianNya, kebangkitanNya dan kenaikanNya... itulah suatu rangkaian Injil (kabar baik) yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain.

Sedangkan zabur atau Mazmur, adalah karangan Daud, dan juga Musa (yang ini juga tidak diketahui muslim pada umumnya karena AlQuran taunya zabur diberikan AllohSWT kpd Daud). Memang orang Kristen mengakui bahwa Mazmur diilhami oleh kedekatan hati Daud kepada YHVH. Tetapi Mazmur, bukanlah wahyu YHVH kepada Daud seperti laiknya AlQuran wahyu AllohSWT kepada Muhammad.

Kenyataan2 seperti ini, membuat saya mengatakan AlQuran itu kacau dalam menulis tentang Yahudi dan Kristen. Sok tahu, tapi mengklaim bahwa isinya benar sempurna, tidak mungkin salah. Dan buntutnya.... supaya AlQuran dikatakan benar, maka yang asli dituduh palsu atau sudah dirubah2, hanya untuk membenarkan AlQuran.

Cukup OOTnya, balik lagi ke topik. Dan bagi muslim yang mungkin ingin membahas apa yang saya tulis di atas, mungkin lebih baik bikin thread baru.
apa ada tmn2 muslim yang mau nerima tantangan om fox ini
karena,,jujur,,saya sndiri juga uda bosan dengar ocehan muslim kalo bibel ini itu lah,,palsu lah,,di edit2 lah,,quran yang paling benar lah
tapi masi ada aja yang kutip2 alkitab buat mendukung keyakinannya
kayak si mulut besar si odoy,,
pas bahas msalah salib,,ngutip2 yohanes
pas liat kidung agung,,dibilang nya hasil kerjaan orang stress
muak saya melihat double standar muslim

saya jadi tim hore2 aja
wkwkwkwkwkwkwkwkw
bakal seru ini topik
kira2 kakak dini bakal mau gk ya bahas ini??ato tmn muslim lainnya??
usil

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 415
Location : bandung
Join date : 01.07.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Thu Oct 04, 2012 12:26 am

@pak blegug

1.Pak blegug bilang"kesamaan allah dan manusia adalah berupa keinginan,punya mata,telinga".
Sayah pahami:kesamaan manusia dan hewan adalah punya nafsu syahwat,mata,telinga.jadi manusia dan hewan adalah serupa.

3 apa 4 yah?
Pak blegug gak percaya kalow tuhan pernah menjadi makhluk material.dan juga menolak allah.
Sayah pahami:pak blegug tanpa sadar telah menjadi tuhan.

7.Pak blegug bilang masalah waktu adalah oot.
Sayah pahami:pak blegug lagi ngeles.

dan karena pak blegug gak mampu menembus batas ketika tuhan belum menciptakan apapun.yah sayah sarankan segera urus sk pelantikan tuhan dari sebelah.




untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by janganbilangbilang on Thu Oct 04, 2012 12:29 am

keknya dah ada tritnya tuh....?? jln2 ksana dlu ah...
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 71
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Thu Oct 04, 2012 12:54 am

@abu hanan wrote:@pak blegug

1.Pak blegug bilang"kesamaan allah dan manusia adalah berupa keinginan,punya mata,telinga".
Sayah pahami:kesamaan manusia dan hewan adalah punya nafsu syahwat,mata,telinga.jadi manusia dan hewan adalah serupa.

serupa tapi tak sama. manusia emg memiliki kesamaan dgn monyet dalam beberapa hal, salah satunya organ tubuh. maka itu lahir kecurigaan manusia berasal dari monyet. dan tidak ada satupun ayat yg menyatakan bhw manusia tidak memiliki kesamaan dgn apapun.

lain halnya dgn si allah swt, dia tidak mengenal teori "serupa tapi tak sama". baginya unsur apapun yg ada di ciptaannya tidak mungkin ada didirinya, karena itu akan mengurangi kesuciannya... bgitu kira2 kata muslim2 hehehe....

@abu hanan wrote:
3 apa 4 yah?
Pak blegug gak percaya kalow tuhan pernah menjadi makhluk material.dan juga menolak allah.
Sayah pahami:pak blegug tanpa sadar telah menjadi tuhan.

berarti kita sama donk.... hihihi

kan muslim menolak juga klo tuhan jdi material ? heheheh...

@abu hanan wrote:
7.Pak blegug bilang masalah waktu adalah oot.
Sayah pahami:pak blegug lagi ngeles.

hehehe...saya anggap abu hanan otaknya dah korslet...

@abu hanan wrote:
dan karena pak blegug gak mampu menembus batas ketika tuhan belum menciptakan apapun.yah sayah sarankan segera urus sk pelantikan tuhan dari sebelah.


yah namanya jg cuma saran toh...ga perlu saya turuti hihihi..apalgi saran hasil dari asumsi yg salah dan ngawur

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Thu Oct 04, 2012 12:59 am

repost ...


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Thu Oct 04, 2012 2:09 am, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Thu Oct 04, 2012 1:06 am

@Uriel wrote:
om fox wrote:Muslim, memang taunya bahwa kitab2 Yahudi hanya taurat dan zabur. Karena memang AlQuran informasinya tentang Yahudi dan Kristen cenderung tidak lengkap dan tidak sesuai fakta. Tetapi seluruh kitab2 yang ada di Perjanjian Lama di dalam bible, sebenarnya semuanya ditulis oleh nabi2 dan tokoh2 yang diakui oleh bangsa Yahudi.

Sedangkan Perjanjian Baru, terdapat empat kitab yang disebut injil, yang ditulis berdasarkan kesaksian masing2 empat orang rasul berbeda. Ditambah surat-surat Paulus kepada jemaat2. Ditambah kesaksian2 rasul2 yang lain. Injil sendiri, bukan seperti Taurat atau AlQuran, suatu kitab yang diwahyukan dari Tuhan kepada nabiNya (seperti kiraan muslim2 pada umumnya, karena itu pernyataan AlQuran, yang juga kacau bin ngawur).

Yesus lah injil itu sendiri, oleh karena itu empat kitab yang mengisahkannya disebut dengan injil. KelahiranNya, kesaksian hidupNya, ajaranNya tentang kasih dan bagaimana hidup sebagai orang yang diselamatkan, kematianNya, kebangkitanNya dan kenaikanNya... itulah suatu rangkaian Injil (kabar baik) yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain.

Sedangkan zabur atau Mazmur, adalah karangan Daud, dan juga Musa (yang ini juga tidak diketahui muslim pada umumnya karena AlQuran taunya zabur diberikan AllohSWT kpd Daud). Memang orang Kristen mengakui bahwa Mazmur diilhami oleh kedekatan hati Daud kepada YHVH. Tetapi Mazmur, bukanlah wahyu YHVH kepada Daud seperti laiknya AlQuran wahyu AllohSWT kepada Muhammad.

Kenyataan2 seperti ini, membuat saya mengatakan AlQuran itu kacau dalam menulis tentang Yahudi dan Kristen. Sok tahu, tapi mengklaim bahwa isinya benar sempurna, tidak mungkin salah. Dan buntutnya.... supaya AlQuran dikatakan benar, maka yang asli dituduh palsu atau sudah dirubah2, hanya untuk membenarkan AlQuran.

Cukup OOTnya, balik lagi ke topik. Dan bagi muslim yang mungkin ingin membahas apa yang saya tulis di atas, mungkin lebih baik bikin thread baru.
apa ada tmn2 muslim yang mau nerima tantangan om fox ini
karena,,jujur,,saya sndiri juga uda bosan dengar ocehan muslim kalo bibel ini itu lah,,palsu lah,,di edit2 lah,,quran yang paling benar lah
tapi masi ada aja yang kutip2 alkitab buat mendukung keyakinannya
kayak si mulut besar si odoy,,
pas bahas msalah salib,,ngutip2 yohanes
pas liat kidung agung,,dibilang nya hasil kerjaan orang stress
muak saya melihat double standar muslim

saya jadi tim hore2 aja
wkwkwkwkwkwkwkwkw
bakal seru ini topik
kira2 kakak dini bakal mau gk ya bahas ini??ato tmn muslim lainnya??
usil

Hehehehe ... no Riel ... saya dah janji ga mau masuk dalam perdebatan beda pandangan ... ntar saya kaya mang odoy lagi ... debatnya ga selse2 akhirnya sayang2an sama mas wedi ... LOL

senang

Segala hormat kepada mang odoy dan mas wedi ... becanda loh

piss


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Thu Oct 04, 2012 2:11 am, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Thu Oct 04, 2012 1:11 am

@Foxhound wrote:
@dee-nee wrote:Apakah tiga agama ini mempunyai Tuhan yang berbeda atau sama ??
artinya Yahweh, Allah Bapa, dan Allah SWT adalah Tuhan yang berbeda ... apakah anda setuju ??
Apapun jawaban anda tolong diberikan alasannya ...

Saya batasi hanya YHVH dan AllohSWT mbak. Sejak awal thread ini, saya tegas berkata dua itu tidak mungkin Tuhan yang sama, atau bisa juga, salah satunya bukan Tuhan.

Alasan saya konsisten sejak awal. Perkenalan diri antara YHVH dan AllohSWT di Kitab Suci yang sama2 diyakini berasal dari masing2 sangat bertolak belakang. Kalau anda mau berkata bahwa Taurat yg dr YHVH sudah diubah2.... yang ngomong diubah2, ya tuduhan kitab yang dr AllohSWT, yg juga tidak bisa dibuktikan benar bahwa kitab2 Yahudi yang dikatakan mengandung firman dr YHVH benar sudah diubah2.

Yang saya bold harusnya bukan tidak bisa dibuktikan ... tapi belum bisa dibuktikan ... dan yang belum inilah yang tidak selesai2 perdebatannya ...

Makanya saya justru aneh kalau disuruh mensinergikan antara Taurat dan Quran yang masih banyak perdebatan disitu ...

Lalu karena anda membawa Occam Razor's Law ... saya hanya ingin pastikan saja pandangan anda gimana tentang 3 agama ini ... YHVH dan Allah SWT anda bilang beda .... lalu apakah anda berani bilang YHVH dan Allah Bapa aka Yesus adalah sama ?? Ingat ... Yahudi tidak mengakui Yesus adalah Tuhan ...

Point saya sebetulnya simpel :
Agama I = mempunyai pandangan A
Agama II = mempunyai pandangan A dan B >>> Agama I tidak mengakui B
Agama III = mempunyai pandangan A, B, C >>> Agama I dan II tidak mengakui C

Kelihatan kan kronologis nya ... agama selanjutnya selalu ditolak oleh agama sebelumnya ... kenapa penolakan itu terjadi ... semua karena adanya beda pandangan (pandangan baru ditolak oleh pandangan sebelumnya) ...

Debatnya adalah : Apakah pandangan baru ini salah ?? atau Apakah pandangan lama yang salah ??
Itulah yang tidak selesai2 ... artinya belum bisa dipastikan mana yang benar mana yang salah >> dilihat dari posisi saya sebagai pihak netral yah

@Foxhound wrote:
@dee-nee wrote:
Khusus untuk yang saya bold : Saya tidak tahu apakah masalah ini bisa disebut sebagai fitnah ...
kalau saya analogikan : Andaikan kasusnya belum selesai ... apakah kita bisa mengatakan KPK telah memfitnah Angie dan Miranda bila KPK meng-klaim mereka berdua sudah melakukan tindakan korupsi ??

Tapi ... ya saya tidak mau berdebat tentang masalah ini ... jadi kita lewatkan saja

Ok, saya tidak akan berdebat. Tapi sekedar ingin tahu pendapat mbak aja. Saya berkata Al Quran menuduh (ada) Yahudi yang menyembah Uzair sebagai putera Allah. Kalau tokoh Uzair itu aja tidak ada yang tahu siapa. Yahudi tidak ada yang mengenalnya sama sekali. Sumber2 resmi agama Yahudi juga bahkan tidak pernah menyebutnya. Menurut Mbak, apakah memang tidak bisa disebut fitnah sampai kasusnya selesai? Kapan kasus yang tidak pernah ada itu akan selesai?

Who knows ?? Ada atau tidak ada siapa tau semua akan selesai ...

:optimis

@Foxhound wrote:
@dee-nee wrote:
@Foxhound wrote:
Perdebatan adalah antar manusia, tetapi seringkali ada informasi dari Kitab Suci (yg sekali lagi sama2 diyakini berasal dari Tuhan itu sendiri) yang tidak perlu ditafsirkan aneh2, juga sudah bertentangan.

yang ini kita bahas setelah anda menjawab pertanyaan saya diatas

Silahkan kalau begitu

Belum dijawab ...

@Foxhound wrote: Mbak Dee-Nee, sebelum lanjut, saya ingin update anda dan muslim2 di sini kenyataan sebenarnya tentang Bible.

(Dini : saya potong biar ga kepanjangan)

Taurat hanya berisikan hukum, hukum yang diberikan kepada bangsa Israel. Tetapi wahyu YHVH tidak hanya terdapat di Taurat. Karena yang dibahas adalah YHVH bangsa Yahudi, maka valid untuk menunjukkan siapa Dia dari kitab2 PL.

Silahkan ditelaah lagi apa yang sudah saya kutip.

Bukan begitu maksud saya ... saya tidak menanyakan isinya ... silahkan anda katakan bahwa isinya sama ... tetapi tetap penafsirannya berbeda

http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20080721021325AAgGDEb

The Christian Bible has one single interpretation with no wiggle room. Learn to read the Hebrew Bible in its original language. You will find more in it than you could ever imagine!

The Hebrew word for prayer actually means "to judge oneself."
The Hebrew word for sacrifice doesn't mean to give up something valuable, it means to "bring one closer to God."
The root of the Hebrew word for peace (shalom) means "whole, entire."
There are so many things you will NEVER understand until you read the Bible in its original language!
There are so many things you will NEVER understand until you read commentaries recorded in the Talmud from the thousands of sages throughout the centuries!

Yang saya minta tafsir ala Yahudi ... bukan tafsir ala Nasrani ... kalau soal ayat saya bisa cross-check di torah online ... tapi tidak ada penjelasan apapun tentang tafsir Yahudi disitu

@Foxhound wrote:
Case #2, saya lebih ingin melihat opini mbak Dee-nee secara jujur dari sebuah konsep. Bukan soal informasi tentang Tuhan. Tetapi melainkan implementasi ajaran dari Tuhan itu sendiri.

ok lah, kalau mbak Dee-nee minta perikop lengkap:
Itu adalah 'anjuran' dari Paulus, implementasi hukum Kasih

Col 3:12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.
Col 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.
Col 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.
Col 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.
Col 3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.
Col 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.
Col 3:18 Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.
Col 3:19 Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Col 3:20 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.
Col 3:21 Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.
Col 3:22 Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan.
Col 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.
Col 3:24 Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.
Col 3:25 Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.

Yaaahhh ... kok jadi punyanya Paulus sih ... kekekeke ... ga jadi dong Taurat vs Al Quran nya ... well tapi ok lah ... walaupun saya rada2 gimana gitu sama Paulus ini ...

Yang saya bold merah : Bagaimana anjuran Paulus bila ada istri yang tidak tunduk pada suami ??

@Foxhound wrote:sedangkan anjuran yang kedua, bukan sekedar anjuran, tetapi firman dari AllohSWT itu sendiri

4:34. Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Fokus pada yang bold biru saja ... apakah ada kesamaan dengan bold merah nya Paulus ??

@Foxhound wrote:
Kalau memang Tuhan si Paulus, dan AllohSWT adalah sama... berarti Paulus, salah menafsirkan maksud dari Tuhan. Itu sebenarnya yang saya ingin dengar opini dari mbak DeeNee. Dengan konsep bahwa Tuhan Kristen dan Tuhan Islam adalah sinergi, dan manusia hanya menafsirkannya berbeda.... Apakah ajaran Paulus... "Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia." adalah salah tafsir maksud Tuhan, karena AllohSWT memerintahkan suami memukul isteri ketika khawatir akan nusyuznya?

Yang bold hitam : No no no ... tidak harus begitu tafsirnya

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah An Nisaa' 34
الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا (34)

Pada ayat ini Allah menjelaskan bahwa kaum laki-laki adalah pemimpin, pemelihara, pembela dan pemberi nafkah; bertanggung jawab penuh terhadap kaum wanita yang menjadi istri dan yang menjadi keluarganya. Oleh karena itu wajib bagi setiap istri menaati suaminya. Dan apabila suami tidak memenuhi kewajiban dan tanggung jawabnya, maka istri berhak mengadukannya kepada hakim yang berwenang menyelesaikannya.
Menurut riwayat Ibnu Abi Hatim bahwa

جاءت امرأة إلى النبي صلى الله عليه وسلم تشكو أن زوجها لطمها فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : القصاص

Artinya:
Seorang perempuan mengadu kepada Rasulullah saw bahwa suaminya telah memukulnya. Rasulullah saw bersabda: "Ia akan dikenakan hukum kisas.
(H.R. Hasan Al Basri dari Muqatil)
Diriwayatkan pula bahwa wanita itu kembali ke rumahnya dan suaminya tidak mendapat hukuman kisas sebagai balasan terhadap tindakannya, karena ayat ini membolehkan memukul istri yang tidak taat kepada suaminya.

Yang dimaksud dengan istri yang saleh dalam ayat ini ialah istri yang disifatkan dalam sabda Rasulullah saw:

خير النساء التي إذا نظرت إليها سرتك وإذا أمرتها أطاعاتك وإذا غبت عنها حفظتك في مالك وفي نفسها
Artinya:
"Sebaik-baik perempuan ialah apabila engkau melihatnya menyenangkan hatimu, dan apabila engkau menyuruhnya ia mengikuti perintahmu, dan apabila engkau tidak berada di sampingnya ia memelihara hartamu dan menjaga dirinya"
(H.R. Ibnu Jarir dan Baihaqy dari Abu Hurairah)

Inilah yang dinamakan istri yang saleh, sedang yang selalu membangkang dinamakan istri yang nusyuz (yang tidak taat). Selanjutnya Allah menerangkan bagaimana seharusnya suami berlaku terhadap istri yang tidak taat kepadanya (nusyuz), yaitu menasihatinya dengan baik Kalau nasihat itu tidak berhasil, maka suami berpisah dari tempat tidur istrinya, dan kalau tidak berubah juga, barulah memukulnya dengan pukulan yang enteng yang tidak mengenai muka dan tidak meninggalkan bekas.

Setelah itu Allah memperingatkan para suami, bila istri sudah kembali taat kepadanya, janganlah lagi Si suami mencari-cari jalan untuk menyusahkan istrinya, seperti membongkar-bongkar kesalahan-kesalahan yang sudah lalu, tetapi bukalah lembaran hidup baru yang mesra dan melupakan hal-hal yang sudah lalu. Bertindaklah dengan baik dan bijaksana, karena Allah Maha Mengetahui lagi Maha Besar.

atau ini juga boleh
http://beta.quran.com/id/4/27-37/#34/

Punya Quraish Shihab

Suami memiliki hak memelihara, melindungi dan menangani urusan istri, karena sifat-sifat pemberian Allah yang memungkinkan mereka melakukan hal-hal yang ia lakukan itu, dan kerja keras yang ia lakukan untuk membiayai keluarga. Oleh karena itu, yang disebut sebagai istri yang salehah adalah istri yang taat kepada Allah dan suami, dan menjaga segala sesuatu yang tidak diketahui langsung oleh suami. Karena, memang, Allah telah memerintahkan dan menunjukkan istri untuk melakukan hal itu. Kepada istri yang menampakkan tanda-tanda ketidakpatuhan, berilah nasihat dengan perkataan yang menyentuh, jauhi ia di tempat tidur, kemudian beri hukuman berupa pukulan ringan yang tidak melukai, ketika ia tidak menampakkan perbaikan. Jika dengan salah satu cara itu ia sadar dan kembali mematuhi suami, maka suami tidak boleh menempuh cara lain yang lebih kejam dengan maksud menyakiti dan menganiaya istri. Allah sungguh lebih mampu--untuk melakukan itu--dan membalas suami, jika suami terus menyakiti dan menganiaya istri.

yes

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by pendekar.rajawali on Thu Oct 04, 2012 5:15 am

Urun rembug

Yahudi
Kata YHWH selalu terkait dengan peristiwa ketika Musa menanyakan nama Allah (=Elohim) (Keluaran 3:13). Sang Ilahi merespon pertanyaan Musa dengan berkata “Aku adalah Aku” (Keluaran 3:14).

Kristen
Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu.”

Islam
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
اللَّهُ الصَّمَدُ
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ
وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

klo dikatakan YWHW adalah Tuhan Musa, Ibrahim, Daud, Yusuf, Isa itulah Tuhan Islam, kecuali Yesus yg dinyatakan sebagai inkarnasi dari Bapa..

beres kan? lol
avatar
pendekar.rajawali
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 229
Location : Indonesia Raya
Join date : 18.01.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Thu Oct 04, 2012 6:32 pm

@dee-nee wrote:
Yang saya bold harusnya bukan tidak bisa dibuktikan ... tapi belum bisa dibuktikan ... dan yang belum inilah yang tidak selesai2 perdebatannya ...

Masak? Sudah ada bukti perkamen Qumran Laut Mati bahwa 2000 thn yang lalu (sebelum Quran ada pun), kitab2 Yahudi dalam bahasa Ibrani masih sama dengan yang sekarang tuh.... lantas gimana cara membuktikannya dirubah2?

Makanya saya justru aneh kalau disuruh mensinergikan antara Taurat dan Quran yang masih banyak perdebatan disitu

Occam razor's law : Taurat dan quran banyak perdebatan karena tidak sinergi dan saling bertolak belakang.

Perdebatan muncul karena tidak bisa sinergi, bukan terbalik tidak bisa disinergikan karena masih banyak perdebatan.

...
Lalu karena anda membawa Occam Razor's Law ... saya hanya ingin pastikan saja pandangan anda gimana tentang 3 agama ini ... YHVH dan Allah SWT anda bilang beda .... lalu apakah anda berani bilang YHVH dan Allah Bapa aka Yesus adalah sama ?? Ingat ... Yahudi tidak mengakui Yesus adalah Tuhan ...

Nah, kalau soal YHVH vs Bapa/Anak/RohKudus ini baru benar2 tafsir dan pandangan mbak Dee-nee.... karena sumbernya sama... tetapi tafsirnya tentang Tuhan berbeda. Tetapi sumbernya tidak saling bertolak belakang, karena menggunakan sumber yang sama. Menggunakan pernyataan Tuhan yang sama....

Sedangkan YHVH vs AllohSWT, sumber pernyataan Tuhan nya saja sudah bertolak belakang.

Debatnya adalah : Apakah pandangan baru ini salah ?? atau Apakah pandangan lama yang salah ??
Itulah yang tidak selesai2 ... artinya belum bisa dipastikan mana yang benar mana yang salah >> dilihat dari posisi saya sebagai pihak netral yah

Saya setuju, dan ini bukan hanya berlaku pada agama samawi, tetapi pada semua religion, termasuk "religion" di dunia ilmu pengetahuan.

Tetapi bukan itu yang saya tekankan, perbedaan yang mencolok antara keduanya itu bukan terjadi pada sisi pandangan, tetapi sumber informasi yang diklaim berasal dari Tuhan. Sehingga tanpa pandangan pun, sebenarnya secara jelas beda terlihat bahwa Tuhan nya berbeda.

Ok, saya tambahkan satu lagi dah....

AllohSWT mengatakan dia maha Esa.... yang diterjemahkan cuma ada satu-satunya... berbentuk atau dari zat (entah apapun tafsir dari kata zat tersebut), mempunyai 99 nama.

Sedangkan YHVH memperkenalkan diri Esa (yang artinya bukan satu, tetapi kesatuan), tetapi juga jamak, berbentuk roh, dan tidak bernama.

Apakah berarti itu Tuhan yang sama?

@Foxhound wrote:
Ok, saya tidak akan berdebat. Tapi sekedar ingin tahu pendapat mbak aja. Saya berkata Al Quran menuduh (ada) Yahudi yang menyembah Uzair sebagai putera Allah. Kalau tokoh Uzair itu aja tidak ada yang tahu siapa. Yahudi tidak ada yang mengenalnya sama sekali. Sumber2 resmi agama Yahudi juga bahkan tidak pernah menyebutnya. Menurut Mbak, apakah memang tidak bisa disebut fitnah sampai kasusnya selesai? Kapan kasus yang tidak pernah ada itu akan selesai?

@Dee-Nee wrote:Who knows ?? Ada atau tidak ada siapa tau semua akan selesai ...

Jadi kalau saya bilang "mbak Dee-Nee sudah berzinah dengan Kang Prapto Mangkubroto", maka saya tidak bisa dibilang memfitnah, sampai ada yang bisa membuktikan bahwa Kang Prapto Mangkubroto itu benar2 tidak ada ya?

Dan kalau kemudian semua bukti tentang ketiadaan Kang Prapto Mangkubroto itu dipresentasikan di depan saya secara jelaspun. Saya akan mengajukan alibi bahwa "saya tidak bisa dibilang memfitnah sampai kapanpun (who knows), karena siapa tahu seribu lima ratus tahun lagi, Kang Prapto Mangkubroto itu ternyata bisa dibuktikan ada."

siippp... deh....

@dee-nee wrote:
yang ini kita bahas setelah anda menjawab pertanyaan saya diatas
@Foxhound wrote:Silahkan kalau begitu
@dee-nee wrote:Belum dijawab ...

lho? yg Paragraf pertama itu mbak Dee-Nee. Ni saya ulas lagi ya di quote bawahnya.


Pertanyaan: Apakah Tuhan tiga agama itu sama? Apa alasannya?

Jawab: Saya batasi hanya YHVH dan AllohSWT mbak. Sejak awal thread ini, saya tegas berkata dua itu tidak mungkin Tuhan yang sama, atau bisa juga, salah satunya bukan Tuhan.

Alasan saya konsisten sejak awal. Perkenalan diri antara YHVH dan AllohSWT di Kitab Suci yang sama2 diyakini berasal dari masing2 sangat bertolak belakang.

@Dee-Nee wrote:
Bukan begitu maksud saya ... saya tidak menanyakan isinya ... silahkan anda katakan bahwa isinya sama ... tetapi tetap penafsirannya berbeda

Yang saya minta tafsir ala Yahudi ... bukan tafsir ala Nasrani ... kalau soal ayat saya bisa cross-check di torah online ... tapi tidak ada penjelasan apapun tentang tafsir Yahudi disitu

Sebelumnya anda mempertanyakan, koq bible, bukan taurat? Sekarang anda mempertanyakan tafsirnya, koq Nasrani, bukan Yahudi? Yang benar yang mana mbak Dee Nee?

Dan tolong jelaskan kepada saya apa sih yang dimaksud anda dengan tafsir Nasrani, dan apa yang dimaksud tafsir Yahudi?

Saya kasih tambahan info lagi tentang kekristenan: semua orang yang bersekolah theologia, mendapat pendidikan http://en.wikipedia.org/wiki/Hermeneutics ... yang artinya, penyelidikan akan Alkitab bukan hanya kembali ke bahasa asal... melainkan juga analisa tentang kebudayaan dan keadaan di masa tersebut.

Yang kenyataannya, sama dengan yang terjadi pada AlQuran.... mau kembali ke bahasa asalnya pun, juga tetap menghasilkan tafsir berbeda, dan buntutnya muncullah mazhab2 berbeda.


Jadi kalau anda minta bahasa Ibraninya untuk saya jabarkan satu2 di sini juga boleh Mbak DeeNee, tapi kalau mempersingkat waktu sih, kalau boleh, dan bisa percaya... saya katakan ndak beda jauh koq... dan sederhana kan sumpah palsu dibenci YHVH

Sumpah Palsu

שׁקר
sheqer
sheh'-ker
From sheqer; an untruth; by implication a sham (often adverbially): - without a cause, deceit (-ful), false (-hood, -ly), feignedly, liar, + lie, lying, vain (thing), wrongfully.

שׁבוּעה
shebû‛âh
sheb-oo-aw'
Feminine passive participle of shâba‛; properly something sworn, that is, an oath: - curse, oath, X sworn.

Yang saya tebali di salah satu arti Palsu, adalah "without a cause", "tanpa maksud, tanpa tujuan"

@Dee-Nee wrote:
Yaaahhh ... kok jadi punyanya Paulus sih ... kekekeke ... ga jadi dong Taurat vs Al Quran nya ... well tapi ok lah ... walaupun saya rada2 gimana gitu sama Paulus ini ...

Lho bukan gitu Mbak DeeNee. Harap baca lengkap pernyataan saya.... Saya ulang lagi dengan mungkin lebih sederhana:

Saya bawa Paulus, bukan untuk PB VS AlQuran... saya bawa Paulus adalah untuk menunjukkan bahwa tafsir Paulus tidak sama dengan perintah AllohSWT. Kalau memang Tuhannya sinergi sesuai dalil mbak Dee-Nee... Apakah Paulus salah tafsir?

Yang saya bold merah : Bagaimana anjuran Paulus bila ada istri yang tidak tunduk pada suami ??

Anjurannya kan cuma satu mbak, Kasihilah Istrimu, janganlah berlaku kasar terhadap dia... nggak pake embel2 "hanya kalau tunduk".... Makanya saya hanya ingin tanya sederhana, apabila asumsinya adalah Tuhannya Paulus dan AllohSWT itu adalah Tuhan yang sama, apakah memang Paulus itu salah tafsir dengan keinginan Tuhan?

@Dee-Nee wrote:
Fokus pada yang bold biru saja ... apakah ada kesamaan dengan bold merah nya Paulus ??

Sepintas sama ya Mbak Dee-Nee? Tapi Paulus menafsirkannya "kasihilah isterimu janganlah berlaku kasar terhadap dia" tuh.... tanpa embel2... Makanya sekali lagi saya tanya, apakah menurut Mbak Dee Nee, Paulus salah menafsirkan keinginan Tuhan?

@Foxhound wrote:
Kalau memang Tuhan si Paulus, dan AllohSWT adalah sama... berarti Paulus, salah menafsirkan maksud dari Tuhan. Itu sebenarnya yang saya ingin dengar opini dari mbak DeeNee. Dengan konsep bahwa Tuhan Kristen dan Tuhan Islam adalah sinergi, dan manusia hanya menafsirkannya berbeda.... Apakah ajaran Paulus... "Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia." adalah salah tafsir maksud Tuhan, karena AllohSWT memerintahkan suami memukul isteri ketika khawatir akan nusyuznya?

@Dee-Nee wrote:Yang bold hitam : No no no ... tidak harus begitu tafsirnya

Mbak Dee-Nee, saya kan cuma mengutip apa adanya... langsung dari AlQuran... kalau memang AlQuran itu diberikan tidak pernah berubah2, asli, dalam bahasa yang terang dan jelas.... kenapa koq ditafsir2kan sih?

Muslim aja ribut, teriak2 bahwa alkitab dipalsukan ketika diterjemahkan ke bahasa indonesia.... kenapa yang ini malah ditafsir2kan oleh Depag?

Saya tuh.... ingin tahu... apa si Paulus ini licik dan curang menafsirkan keinginan Tuhan dengan berkata "kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap Dia".... kalau anda bawa tafsir depag kan jadinya Tafsir Paulus VS Tafsir Depag.... ya nanti baliknya ke asumsi mbak Dee Nee lagi kalau ini tafsir lawan tafsir.

Yang saya ingin pendapat dari mbak Dee Nee adalah Tafsir Paulus VS Kata Alloh. Jadi.. sekali lagi, apakah Paulus salah tafsir?



avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Fri Oct 05, 2012 2:44 pm

@Foxhound wrote:
Masak? Sudah ada bukti perkamen Qumran Laut Mati bahwa 2000 thn yang lalu (sebelum Quran ada pun), kitab2 Yahudi dalam bahasa Ibrani masih sama dengan yang sekarang tuh.... lantas gimana cara membuktikannya dirubah2?

Ga tau saya gimana membuktikannya ... hasil debatannya gimana ?? masih ngotot2an ga ??
Kan saya bilang tunggu sampai debatannya selesai ...
dan saya ga mau ikut debatan ... saya tunggu hasilnya aja

@Foxhound wrote:
Occam razor's law : Taurat dan quran banyak perdebatan karena tidak sinergi dan saling bertolak belakang.

Perdebatan muncul karena tidak bisa sinergi, bukan terbalik tidak bisa disinergikan karena masih banyak perdebatan.

Kenapa harus fokus hanya di Taurat vs Al Quran saja ??
Apakah tidak ada perdebatan antara Yahudi dan Nasrani ?? Antara Taurat dan PB ?? Antara YHVH dan konsep trinitas ??
yang saya bold ... apakah anda bisa pastikan bahwa Yahudi dan Nasrani itu bersinergi ?? wong faktanya ada perdebatan juga antara YHVH vs konsep trinitas

@Foxhound wrote:Nah, kalau soal YHVH vs Bapa/Anak/RohKudus ini baru benar2 tafsir dan pandangan mbak Dee-nee.... karena sumbernya sama... tetapi tafsirnya tentang Tuhan berbeda. Tetapi sumbernya tidak saling bertolak belakang, karena menggunakan sumber yang sama. Menggunakan pernyataan Tuhan yang sama....

Sedangkan YHVH vs AllohSWT, sumber pernyataan Tuhan nya saja sudah bertolak belakang.

Mas Fox ... kita kan tidak sedang membahas soal kesamaan sumber ... kita membahas tentang Tuhan Yahudi dan Tuhan Islam .... antara YHVH vs Allah SWT ... jadi bawalah sumber Yahudi (itu saja intinya)

@Foxhound wrote:
Saya setuju, dan ini bukan hanya berlaku pada agama samawi, tetapi pada semua religion, termasuk "religion" di dunia ilmu pengetahuan.

Tetapi bukan itu yang saya tekankan, perbedaan yang mencolok antara keduanya itu bukan terjadi pada sisi pandangan, tetapi sumber informasi yang diklaim berasal dari Tuhan. Sehingga tanpa pandangan pun, sebenarnya secara jelas beda terlihat bahwa Tuhan nya berbeda.

Ok, saya tambahkan satu lagi dah....

AllohSWT mengatakan dia maha Esa.... yang diterjemahkan cuma ada satu-satunya... berbentuk atau dari zat (entah apapun tafsir dari kata zat tersebut), mempunyai 99 nama.

Sedangkan YHVH memperkenalkan diri Esa (yang artinya bukan satu, tetapi kesatuan), tetapi juga jamak, berbentuk roh, dan tidak bernama.

Apakah berarti itu Tuhan yang sama?

Begini2 ... saya ga tau apakah benar urusan nama ini harus menjadi masalah untuk melihat esensi Tuhan ...
99 nama itu kan nama2 sifat ...

Yahudi bilang Mas Fox adalah ketua kelas ... cuma dia ketua kelas
Islam bilang Mas Fox yang baik budi, yang tidak sombong, yang jagoan, yang lagipula pinter, adalah ketua kelas ... cuma dia ketua kelas ...

kok saya tidak melihat ada urgensinya untuk kemudian harus dibeda2kan ...

Lalu ada yang nanya2 masalah wujud dan bentuk ... roh vs zat ....

Terus terang buat saya ... saya tidak akan pernah mau berkutat dengan masalah wujudnya apa sih Tuhan itu ... seperti apa sih Tuhan, kaya gimana sih Tuhan, dsb

Ada yang bilang energi, spirit, roh, zat, apapun itu ... yang penting buat saya, Allah adalah SESUATU YANG MAHA SEMPURNA (dengan 99 sifatnya itu) ....

dan menurut saya ... manusia yang nyoba2 untuk mengetahui seperti apa Tuhan exactly ... sama saja seperti boneka yang mencoba tau tentang manusia

Manusia itu cuma sebutir pasir gitu loh dibanding SANG MAHA ini .... ga akan sanggup manusia untuk menerka2 wujud dan bentukNya seperti apa ...

Yang saya bold (seperti pernah saya bilang pada member lain di forum ini) : Bila kita melihat keindahan samudra artinya kita melihat keindahan Tuhan ... Bila kita melihat kedamaian umat artinya kita melihat kedamaian Tuhan .. Bila kita melihat kedasyatan bencana alam artinya kita melihat kedasyatan Tuhan

Saya tanya pada mas fox ... apakah bila2 yang saya sebut diatas juga berlaku dalam iman anda ?? Lalu bagaimana anda menafsirkan kata Tuhan disini ?? satu2nya, kesatuan, atau jamak ??

Berkaitan dengan kalimat saya yang bila2 itu ...
Lalu apakah kita menganggap benda2 spt Samudra, Umat (manusia), atau Bencana Alam adalah Tuhan ??
... Tidak kan ...

oleh karena itu dikatakan Allah SWT tidak ada bentuk bendanya .... tidak bisa dikatakan seperti apa seperti apa pake panca indra, logika, dan kapasitas pola pikir manusia ...

Sekarang mari kita tanyakan pada para Yahudi ... begini juga ga cara mereka berpikir tentang YHVH ... kalau sama artinya sinergi dengan Allah SWT ... kan simple toh tanpa harus ngurusin nama atau sebutan ...

@Foxhound wrote:
Jadi kalau saya bilang "mbak Dee-Nee sudah berzinah dengan Kang Prapto Mangkubroto", maka saya tidak bisa dibilang memfitnah, sampai ada yang bisa membuktikan bahwa Kang Prapto Mangkubroto itu benar2 tidak ada ya?

Dan kalau kemudian semua bukti tentang ketiadaan Kang Prapto Mangkubroto itu dipresentasikan di depan saya secara jelaspun. Saya akan mengajukan alibi bahwa "saya tidak bisa dibilang memfitnah sampai kapanpun (who knows), karena siapa tahu seribu lima ratus tahun lagi, Kang Prapto Mangkubroto itu ternyata bisa dibuktikan ada."

tergantung bagaimana alibi dan bukti nya ... sepanjang belum bisa dibuktikan ada atau ga nya si akang ... semua masih menjadi praduga ... praduga tak bersalah dan praduga bersalah ... fitnah artinya anda sudah mendukung salah satu dari dua praduga tersebut ... dan itu ga fair ... wong blum final kok praduga nya ...

@Foxhound wrote:
Jawab: Saya batasi hanya YHVH dan AllohSWT mbak. Sejak awal thread ini, saya tegas berkata dua itu tidak mungkin Tuhan yang sama, atau bisa juga, salah satunya bukan Tuhan.

Alasan saya konsisten sejak awal. Perkenalan diri antara YHVH dan AllohSWT di Kitab Suci yang sama2 diyakini berasal dari masing2 sangat bertolak belakang.

walaupun anda membatasi YHVH dan Allah SWT atau Taurat vs Al Quran ... tapi yang anda bawa tetap isinya Bible ... kalau mau konsisten bawalah Taurat vs Al Quran ... berikut tafsir dari umat nya

@Foxhound wrote:Sebelumnya anda mempertanyakan, koq bible, bukan taurat? Sekarang anda mempertanyakan tafsirnya, koq Nasrani, bukan Yahudi? Yang benar yang mana mbak Dee Nee?

Saya minta anda bawa ayat dari Taurat/Torah dari bukunya orang Yahudi berikut penafsiran mereka ... bukan dari bukunya Nasrani dan tafsir yang ada di Bible ... walaupun ceritanya anda bilang sama ....

@Foxhound wrote:Dan tolong jelaskan kepada saya apa sih yang dimaksud anda dengan tafsir Nasrani, dan apa yang dimaksud tafsir Yahudi?

(saya potong biar ga kepanjangan)

Gini loh maksud saya .... link yang anda bawa itu kan klaim Nasrani ... yang saya minta disini justru klaim Yahudi tentang ayat tersebut ... Yahudi dari mulut Rabbi Yahudi tentang penafsiran ayat tersebut ...

Alasannya : bukan saya meragukan apa yang ada di PL ... tapi kan biar enak gitu loh mensinergikannya ... YHVH dan Allah SWT, Taurat dan Al Quran, Yahudi dan Islam ... jadi pure gitu sinerginya ...

lanjut ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Fri Oct 05, 2012 2:49 pm

@Foxhound wrote:
Lho bukan gitu Mbak DeeNee. Harap baca lengkap pernyataan saya.... Saya ulang lagi dengan mungkin lebih sederhana:

Saya bawa Paulus, bukan untuk PB VS AlQuran... saya bawa Paulus adalah untuk menunjukkan bahwa tafsir Paulus tidak sama dengan perintah AllohSWT. Kalau memang Tuhannya sinergi sesuai dalil mbak Dee-Nee... Apakah Paulus salah tafsir?.

Runutan anda itu seperti ini ... anda meyakini Taurat=PL ... jika ada PL tentu ada PB ... lalu Paulus menafsirkan PB ... hingga jadilah buah A (misalnya) ... lalu buah A ini anda bawa2 untuk dibandingkan dengan buah B yang murni dari Al Quran ... lalu anda mengambil kesimpulan A vs B = Taurat vs Al Quran

Masalahnya .... Yahudi yang punya Taurat ini mengakui PB ga ?? Tuhan dalam Taurat ini sama ga dengan Tuhan dalam PB ?? umat yang punya Taurat ini mau ga ayatnya ditafsirkan oleh Paulus ??

Makanya dari awal saya bilang ... saya tidak tau tentang Yahudi ... jadi tidak tau bagaimana mensinergikannya ... tapi keyakinan saya adalah harusnya sinergi ... lalu anda minta saya buktikan keyakinan saya ini tapi yang anda bawa2 isi bible

Oleh karena itu ... bila anda tau tentang agama Yahudi berikut ajaran2 asli mereka dan bukan dari Bible?? saya minta dong link nya biar saya juga bisa lihat sinergi atau ga ..

kan gitu arah diskusi ini ...

@Foxhound wrote:
Anjurannya kan cuma satu mbak, Kasihilah Istrimu, janganlah berlaku kasar terhadap dia... nggak pake embel2 "hanya kalau tunduk".... Makanya saya hanya ingin tanya sederhana, apabila asumsinya adalah Tuhannya Paulus dan AllohSWT itu adalah Tuhan yang sama, apakah memang Paulus itu salah tafsir dengan keinginan Tuhan?

Pertanyaan saya : Bagaimana tindakan Mas Fox sebagai seorang kepala rumah tangga bila menghadapi istri yang tidak menurut, ga bisa menjadi istri yang baik, dsb ... bila disesuaikan dengan ajaran Paulus ??

Bagaimana Paulus mengajarkan anda bila terjadi masalah dalam rumah tangga ??

@Foxhound wrote:

Sepintas sama ya Mbak Dee-Nee? Tapi Paulus menafsirkannya "kasihilah isterimu janganlah berlaku kasar terhadap dia" tuh.... tanpa embel2... Makanya sekali lagi saya tanya, apakah menurut Mbak Dee Nee, Paulus salah menafsirkan keinginan Tuhan?

Saya minta fokus tapi anda masih ngurusin embel2 ...

Berkaitan dengan embel2nya .... saya tanya lagi seperti di atas ... lalu bagaimana Paulus mengajarkan anda bila terjadi masalah dalam rumah tangga ??

@Foxhound wrote:
Kalau memang Tuhan si Paulus, dan AllohSWT adalah sama... berarti Paulus, salah menafsirkan maksud dari Tuhan. Itu sebenarnya yang saya ingin dengar opini dari mbak DeeNee. Dengan konsep bahwa Tuhan Kristen dan Tuhan Islam adalah sinergi, dan manusia hanya menafsirkannya berbeda. ... Apakah ajaran Paulus... "Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia." adalah salah tafsir maksud Tuhan, karena AllohSWT memerintahkan suami memukul isteri ketika khawatir akan nusyuznya?

Yang saya bold justru saya bingung jawabnya ...
1. Memang Tuhannya Paulus = Allah SWT ??
2. Memang Paulus menafsirkan maksud Tuhan ?? maksud Tuhan atau maksud Yesus ??
3. Karena tafsir manusianya beda ... maka Tuhannya juga beda ...

Jadi ya sudahlah ... kita lupakan saja apakah Tuhan Kristen dan Tuhan Islam ini sama atau beda

saya fokus membandingkan ayatnya saja

Saya tidak bilang Paulus salah tafsir ... tapi saya katakan saja kurang lengkap
makanya saya tanya

Bagaimana anjuran Paulus bila terjadi masalah dalam rumah tangga ??

@Foxhound wrote:
Mbak Dee-Nee, saya kan cuma mengutip apa adanya... langsung dari AlQuran... kalau memang AlQuran itu diberikan tidak pernah berubah2, asli, dalam bahasa yang terang dan jelas.... kenapa koq ditafsir2kan sih?

Iya saya tau anda cuma mengutip ... saya ga protes kok cuma meluruskan :)

Yang bold : karena Al Quran turun langsung dari Allah SWT ... itulah kenapa manusia harus bisa mencerna dan menafsirkan dengan sebaik2nya maksud ayat tersebut ... caranya bisa dilihat dari bagaimana Muhammad SAW menerangkan (baik melalui perkataan maupun perbuatan beliau), belajar dari ulama, dsb.

Lagipula bukankah semua kitab suci memang membutuhkan tafsir ?? Saya malah bingung dengan pertanyaan anda ...

@Foxhound wrote:Muslim aja ribut, teriak2 bahwa alkitab dipalsukan ketika diterjemahkan ke bahasa indonesia.... kenapa yang ini malah ditafsir2kan oleh Depag?

no comment ... karena saya ga pernah diajak ikutan teriak2 ... kekekeke

@Foxhound wrote:Saya tuh.... ingin tahu... apa si Paulus ini licik dan curang menafsirkan keinginan Tuhan dengan berkata "kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap Dia".... kalau anda bawa tafsir depag kan jadinya Tafsir Paulus VS Tafsir Depag.... ya nanti baliknya ke asumsi mbak Dee Nee lagi kalau ini tafsir lawan tafsir.

Yang saya ingin pendapat dari mbak Dee Nee adalah Tafsir Paulus VS Kata Alloh. Jadi.. sekali lagi, apakah Paulus salah tafsir?

Apa saya pernah bilang tafsir Paulus salah ?? Apa saya pernah bilang Paulus licik ??

Saya hanya menekankan bahwa tafsir Paulus itu tidak lengkap (bukan tidak baik loh ya) ... dan yang lebih lengkap adalah apa yang dikatakan Allah SWT
itulah kenapa Islam disebut agama yang melengkapi ... agama penutup yang telah disempurnakan ... >> maaf tidak bermaksud merendahkan siapapun ... saya hanya mengatakan apa yang saya imani

(yang saya bold : eng ing eng ... pasti banyak yang sebel bacanya ... apalagi club infotainment nya tukang cabe ... kekekeke)

joged joged

PS : Mas Fox ... terserah apakah diskusi ini mau diteruskan atau tidak ... tapi jujur ... saya males kalau disuruh membanding2kan agama ...

Kan TS ini hanya menanyakan apakah Tuhan Islam sama dengan Tuhan lain .... saya tegaskan secara konsep Tuhan adalah sama ... tapi penafsiran manusia yang membuatnya berbeda (akhirnya ada Tuhan asli ada Tuhan palsu) ... begitu saja sih intinya ...

syukron

binar
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Fri Oct 05, 2012 2:53 pm

SAMPAH

BY SAYAH

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by oglikom on Sun Oct 07, 2012 1:00 am

@dee-nee wrote:Kan TS ini hanya menanyakan apakah Tuhan Islam sama dengan Tuhan lain .... saya tegaskan secara konsep Tuhan adalah sama ... tapi penafsiran manusia yang membuatnya berbeda (akhirnya ada Tuhan asli ada Tuhan palsu) ... begitu saja sih intinya ...

syukron
binar
Sepertinya perlu penjelasan dan pembahasan lebih lanjut untuk penafsiran, karena Islam sendiri berbeda penafsirannya dengan sesama penyembah Alloh, yaitu kaum Quraisy.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by frontline defender on Sun Oct 07, 2012 11:01 am

@oglikom wrote:
@dee-nee wrote:Kan TS ini hanya menanyakan apakah Tuhan Islam sama dengan Tuhan lain .... saya tegaskan secara konsep Tuhan adalah sama ... tapi penafsiran manusia yang membuatnya berbeda (akhirnya ada Tuhan asli ada Tuhan palsu) ... begitu saja sih intinya ...

syukron
binar
Sepertinya perlu penjelasan dan pembahasan lebih lanjut untuk penafsiran, karena Islam sendiri berbeda penafsirannya dengan sesama penyembah Alloh, yaitu kaum Quraisy.
jangan ngomong gitu, ingat FFI pernah bikin Thread :**kutipan plus link** ---> kata "Alloh" bikinannya Kristen Arab? ngakak
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by frontline defender on Sun Oct 07, 2012 11:20 am

soal "Tuhan itu Roh", Alkitab biasa menyebut apapun yang tidak terlihat sebagai "roh", jika begitu maka di Al-Qur'an juga ada :
6:103. Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui.
67:14. Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?
yes


avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by oglikom on Sun Oct 07, 2012 6:14 pm

@frontline defender wrote:soal "Tuhan itu Roh", Alkitab biasa menyebut apapun yang tidak terlihat sebagai "roh", jika begitu maka di Al-Qur'an juga ada :
6:103. Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui.
67:14. Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?
yes


Muhammad saja tidak di beri pengetahuan soal Roh.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by isaku on Sun Oct 07, 2012 8:59 pm

@atas
Om, ente di ffi ngapain aja sih om.. Dikeluarkan dong ilmunya.. Petantang petenteng g jelas

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik