FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Halaman 7 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Otak Trailer on Thu Jul 12, 2012 1:42 pm

First topic message reminder :

apa ada yg sanggup bantu ane?jelasin dikitlah apa ente tau perihal ilmu ketuhanan
:lkj:
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down


Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by oglikom on Sun Oct 07, 2012 9:18 pm

Tole...minta tausiya apa?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Mon Oct 08, 2012 9:18 pm

@dee-nee wrote:
Ga tau saya gimana membuktikannya ... hasil debatannya gimana ?? masih ngotot2an ga ??
Kan saya bilang tunggu sampai debatannya selesai ...
dan saya ga mau ikut debatan ... saya tunggu hasilnya aja

Duh mbak Deenee. Koq debat? Satu menuduh yang satu, yang satu sudah membuktikan bahwa tuduhan itu salah. Koq dibilang berdebat?

@Dee-Nee wrote:
Kenapa harus fokus hanya di Taurat vs Al Quran saja ??
Apakah tidak ada perdebatan antara Yahudi dan Nasrani ?? Antara Taurat dan PB ?? Antara YHVH dan konsep trinitas ??
yang saya bold ... apakah anda bisa pastikan bahwa Yahudi dan Nasrani itu bersinergi ?? wong faktanya ada perdebatan juga antara YHVH vs konsep trinitas

Gini mbak Deenee.. Diskusi ini kan tentang apakah Tuhan antara agama itu sama. Saya bawa konsep Absolute God dari agama samawi, dimana karakteristiknya adalah Tuhan yang memperkenalkan diriNya sendiri lewat kitab suci sehingga Tuhan itu seperti apa sebenarnya tidak perlu ditafsirkan manusia seperti Unknwon God. Tetapi saya juga menulis bahwa pada akhirnya tetap pernyataan Tuhan itu sendiri ditafsirkan.

For the sake of argument, karena mbak Dee Nee membawa konsep bahwa perbedaan Tuhan itu karena tafsir manusia. Saya batasi hanya Yahudi VS Islam, Kitab2 Nabi Yahudi (Septuagint, include Torah) VS AlQuran. Kenapa koq nasrani nggak diikutsertakan? Karena Nasrani VS Yahudi, pake sumber yang sama, tafsir berbeda. Sedangkan yang kita bahas ini kan ruang lingkupnya harusnya menghindari tafsir.

Diskusi di sini adalah untuk menunjukkan bahwa tanpa tafsir, cukup dari informasi mainstream Kitab suci yang sama2 diakui sebagai Firman Tuhan, sudah menunjukkan bahwa YHVH sangat berbeda dengan AllohSWT. Dan saya jamin, kitab nabi yang saya bawa pun, adalah kitab yang diakui sebagai firman Tuhan scr langsung dari Tuhan kepada nabi, meskipun bukan Taurat.

Tetapi kitab2 di nasrani seperti yang anda ketahui ada di PB, justru mostly bukan Firman Tuhan scr langsung dari Tuhan kepada rasul.

Oleh karena itu, for the sake of argument, saya batasi case study nya, hanya Yahudi vs Islam, YHVH vs AllohSWT.

@Dee-Nee wrote:Mas Fox ... kita kan tidak sedang membahas soal kesamaan sumber ... kita membahas tentang Tuhan Yahudi dan Tuhan Islam .... antara YHVH vs Allah SWT ... jadi bawalah sumber Yahudi (itu saja intinya)

Sumber Yahudi, termasuk Septuagint mbak Dee-Nee, kitab2 milik orang Yahudi, bukan Kristen. Yang saya kutip itu jg termasuk di dalam Septuagint.
http://en.wikipedia.org/wiki/Septuagint#Table_of_books

@Dee-Nee wrote:
Manusia itu cuma sebutir pasir gitu loh dibanding SANG MAHA ini .... ga akan sanggup manusia untuk menerka2 wujud dan bentukNya seperti apa ...
.
.
.
Sekarang mari kita tanyakan pada para Yahudi ... begini juga ga cara mereka berpikir tentang YHVH ... kalau sama artinya sinergi dengan Allah SWT ... kan simple toh tanpa harus ngurusin nama atau sebutan ...

Gini mbak, saya kembalikan ke konteks, bahwa yang kita bahas ini kan bukan penafsiran. Melainkan pernyataan Tuhan tentang dirinya, sebenarnya argumen saya sederhana. Kalau pengakuan Tuhan akan dirinya itu berbeda, apakah bisa disebut Tuhan yang sama?

Diskusi ini tidak kemana2 karena saya lihat mbak Dee Nee mungkin juga berpikir contoh saya terlalu direct ke tuhan islam dan yahudi. Kita back to basic of principle aja dahulu. Saya kasih permisalan yang tidak ada hubungannya dahulu:

Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?

@Foxhound wrote:
Jadi kalau saya bilang "mbak Dee-Nee sudah berzinah dengan Kang Prapto Mangkubroto", maka saya tidak bisa dibilang memfitnah, sampai ada yang bisa membuktikan bahwa Kang Prapto Mangkubroto itu benar2 tidak ada ya?

Dan kalau kemudian semua bukti tentang ketiadaan Kang Prapto Mangkubroto itu dipresentasikan di depan saya secara jelaspun. Saya akan mengajukan alibi bahwa "saya tidak bisa dibilang memfitnah sampai kapanpun (who knows), karena siapa tahu seribu lima ratus tahun lagi, Kang Prapto Mangkubroto itu ternyata bisa dibuktikan ada."

DeeNee wrote:tergantung bagaimana alibi dan bukti nya ... sepanjang belum bisa dibuktikan ada atau ga nya si akang ... semua masih menjadi praduga ... praduga tak bersalah dan praduga bersalah ... fitnah artinya anda sudah mendukung salah satu dari dua praduga tersebut ... dan itu ga fair ... wong blum final kok praduga nya ...

Tapi kalau misal yang ngomong itu AlQuran, yang disatu sisi juga mengklaim bahwa AlQuran tidak mungkin salah, dan bahkan kemudian digunakan alibi untuk menghabisi yang dituduh?

DeeNee wrote:
walaupun anda membatasi YHVH dan Allah SWT atau Taurat vs Al Quran ... tapi yang anda bawa tetap isinya Bible ... kalau mau konsisten bawalah Taurat vs Al Quran ... berikut tafsir dari umat nya

Saya minta anda bawa ayat dari Taurat/Torah dari bukunya orang Yahudi berikut penafsiran mereka ... bukan dari bukunya Nasrani dan tafsir yang ada di Bible ... walaupun ceritanya anda bilang sama ....

Saya jelaskan, sekali lagi. Yang saya bawa itu salah satu kitab dari kanon Septuagint, sudah ada 3 abad sebelum Yesus lahir. Itu sumber resmi kepercayaan orang2 Yahudi. Saya kira tidak susah kan mengerti hal tersebut?

Soal Paulus sekarang, saya nggak quote lg Mbak Dee-Nee.... Saya kira mbak Dee Nee belum paham soal kenapa saya bawa Paulus.

1. Mbak Dee-Nee, punya pandangan bahwa Tuhan itu harusnya sama, tetapi orang2 menafsirkan nya berbeda sehingga jadi Tuhan yang berbeda.

2. Dari sudut pandang tersebut, saya ingin menguji case.

3. Saya bawa instruksi AllohSWT, yang karena dipercayai adalah Tuhan berarti instruksi langsung yang jelas dan bahkan diklaim dengan bahasa yang jelas dan sempurna. Yang tentunya nggak perlu ditafsirkan macam2.

4. Saya bawa ajaran tafsir Paulus, yang ternyata bertolak belakang dengan nomor 3.

5. Mengacu pada premise nomor 1, di lawankan premise no 3, maka kesimpulannya seharusnya adalah Paulus salah tafsir.

Makanya saya bertanya kepada mbak Dee-Nee.... apakah benar bahwa dengan mengajarkan seperti itu, Paulus itu salah tafsir?

Saya tidak sedang berdebat ajarannya mbak DeeNee, saya tidak sedang berkata "ajaran Islam memukul istri" kalah dengan "ajaran kasihilah istrimu janganlah berbuat kasar terhadap dia"..... Saya cuma ingin konfirmasi, karena bertolak belakang... apakah menurut mbak DeeNee, Paulus itu salah tafsir? Itu tok, nggak ada pertanyaan tambahan.


Tambahan, hanya untuk menjawab pertanyaan untuk menghormati yang bertanya... tetapi ini bukan menjawab untuk berdebat, karena sekali lagi sy bukan sedang membandingkan mana yang lebih baik sejak awal

Kalau ditanya soal ajran Paulus mbak DeeNee... apabila istri tidak mau tunduk.

Kekristenan mengajarkan bagaimana kita (org Kristen itu sendiri) hidup, bukan mengajarkan bagaimana kita melakukan sesuatu agar orang lain hidup menurut keinginan kita.

Istri sudah mendapatkan pengajarannya sendiri. Suami sudah mendapatkan pengajarannya sendiri. Tokh, tidak ada yang bisa menjamin suami sudah terlebih dahulu taat terhadap firman Tuhan sebelum 'memaksa' isterinya untuk tunduk. Pertobatan di dalam Tuhan, perlu untuk seorang Kristen bisa dengan rendah hati taat terhadap Firman Tuhan. Suami isteri, kalau dua2nya taat terhadap Tuhan, ya itu yang terjadi... yang satu mengasihi isteri dan tidak kasar, yang satu tunduk terhadap suami. Kalau gagal melakukannya, ya sdh gagal jadi orang Kristen.

Kalau ditanya, lho berarti di Kristen, kalau isteri tidak tunduk pada suami solusinya lantas apa? Ya saya juga akan tanya dulu, kenapa koq pertanyaannya bukan "kalau suami tidak mengasihi isteri dan kemudian berlaku kasar terhadap isteri, solusinya apa?"

Pola pikir pertanyaan yang terucap dari kalian di sini... adalah pola pikir muslim yang menomorduakan wanita. Jadi, saya tidak akan pernah bisa menjawab ajaran kekristenan dari sudut pandang seorang muslim.... Sudah kayak minyak dan air. Knowledge base nya berbeda... sehingga logikanya juga jauh berbeda.
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Tue Oct 09, 2012 7:16 am

@Foxhound

Hmmm saya jadi lupa masing2 quote membahas yang mana ... saya baca ulang lagi ya mas fox supaya tidak tumpang tindih

@Foxhound wrote:
Duh mbak Deenee. Koq debat? Satu menuduh yang satu, yang satu sudah membuktikan bahwa tuduhan itu salah. Koq dibilang berdebat?

Ok saya koreksi ... bukan debat tetapi beda pendapat ...

Quote anda ini berawal dari keterangan wiki yang saya bawa bahwa Islam mengatakan Taurat dan Injil sudah banyak dirubah ... lalu anda balas dengan teori Occam Razor yang intinya : Untuk fenomena yang sama, penjelasan yang lebih sederhana adalah lebih baik daripada yang lebih ribet .... artinya bagi anda ... Kalau memang isinya sudah berbeda artinya Tuhannya juga berbeda (anda mengambil cara penyederhanaan)

Kembali ke quote >> anda katakan Satu menuduh yang satu, yang satu sudah membuktikan bahwa tuduhan itu salah. Koq dibilang berdebat?

Dini : nah lalu bagaimana hasilnya ?? apakah yang satu lagi sudah meng-iya-kan atau masih ada beda pendapat tentang hal tersebut ??

Bagaimana kabarnya dengan forum ini ... toh faktanya eyel2an masih ada terus ... jadi walaupun yang satu sudah membuktikan bahwa tuduhan itu salah ... yang satupun juga sudah membuktikan bahwa yang dikatakan sebagai tuduhan itu ternyata benar ....

Oleh karena itu saya tidak mau masuk dalam beda pendapat tiada henti ini ... tapi ... bukan pula artinya konsep penyederhanaan anda bisa saya benarkan ... karena disini kita bicara Tuhan dan tidak bisa begitu saja disederhanakan hanya karena adanya beda pendapat antara manusia


@Foxhound wrote:
Gini mbak Deenee.. Diskusi ini kan tentang apakah Tuhan antara agama itu sama. Saya bawa konsep Absolute God dari agama samawi, dimana karakteristiknya adalah Tuhan yang memperkenalkan diriNya sendiri lewat kitab suci sehingga Tuhan itu seperti apa sebenarnya tidak perlu ditafsirkan manusia seperti Unknwon God. Tetapi saya juga menulis bahwa pada akhirnya tetap pernyataan Tuhan itu sendiri ditafsirkan.

For the sake of argument, karena mbak Dee Nee membawa konsep bahwa perbedaan Tuhan itu karena tafsir manusia. Saya batasi hanya Yahudi VS Islam, Kitab2 Nabi Yahudi (Septuagint, include Torah) VS AlQuran. Kenapa koq nasrani nggak diikutsertakan? Karena Nasrani VS Yahudi, pake sumber yang sama, tafsir berbeda. Sedangkan yang kita bahas ini kan ruang lingkupnya harusnya menghindari tafsir.

Diskusi di sini adalah untuk menunjukkan bahwa tanpa tafsir, cukup dari informasi mainstream Kitab suci yang sama2 diakui sebagai Firman Tuhan, sudah menunjukkan bahwa YHVH sangat berbeda dengan AllohSWT. Dan saya jamin, kitab nabi yang saya bawa pun, adalah kitab yang diakui sebagai firman Tuhan scr langsung dari Tuhan kepada nabi, meskipun bukan Taurat.

Tetapi kitab2 di nasrani seperti yang anda ketahui ada di PB, justru mostly bukan Firman Tuhan scr langsung dari Tuhan kepada rasul.

Oleh karena itu, for the sake of argument, saya batasi case study nya, hanya Yahudi vs Islam, YHVH vs AllohSWT.

Yang saya bold saja yang menjadi fokus saya ...
Kalimat bold paling akhir justru bikin saya bingung ... lah gimana bisa tanpa tafsir .. wong cara muslim membaca Al Quran diharuskan pake tafsir ... malah repot kalo harus dengan cara membaca langsung gleg

Pun akhirnya anda salah dalam mengerti maksud QS 7:167 dan menyatakan
"Yang artinya hingga akhir jaman nanti Yahudi akan diremukkan oleh Tuhan Islam"

kalau anda mengatakan "cukup dari informasi mainstream Kitab suci yang sama2 diakui sebagai Firman Tuhan" >> inilah cara penyederhanaan anda ... yang tidak bisa saya pakai karena alasan saya diatas (bold merah)

@Foxhound wrote:Gini mbak, saya kembalikan ke konteks, bahwa yang kita bahas ini kan bukan penafsiran. Melainkan pernyataan Tuhan tentang dirinya, sebenarnya argumen saya sederhana. Kalau pengakuan Tuhan akan dirinya itu berbeda, apakah bisa disebut Tuhan yang sama?

Begini loh Mas Fox ... apa yang saya maksud sebelumnya tentang konsep Tuhan justru juga sudah lepas dari tafsir ... yaitu konsep awal Tuhan itu sendiri ... seperti saya pernah bilang ke manusia blegug ... runutannya adalah konsep Tuhan >> tafsir tentang Tuhan >>> konsep agama ... (perhatikan kalimat saya yang bila bila)

Bila kita melihat keindahan samudra artinya kita melihat keindahan Tuhan ... Bila kita melihat kedamaian umat artinya kita melihat kedamaian Tuhan .. Bila kita melihat kedasyatan bencana alam artinya kita melihat kedasyatan Tuhan >>> Lalu bagaimana anda menafsirkan kata Tuhan disini ?? satu2nya, kesatuan, atau jamak ??

Makanya saya tanya ... apakah ini juga berlaku dalam iman anda ?? kalau iya ... artinya konsep kita tentang Tuhan sama ... lalu saya menambahkan

Berkaitan dengan kalimat saya yang bila2 itu ...
Lalu apakah kita menganggap benda2 spt Samudra, Umat (manusia), atau Bencana Alam adalah Tuhan ??
... Tidak kan ...

oleh karena itu dikatakan Allah SWT tidak ada bentuk bendanya .... tidak bisa dikatakan seperti apa seperti apa pake panca indra, logika, dan kapasitas pola pikir manusia

ini sudah masuk ke tafsir tentang Tuhan ... dan disini yang membedakan antara konsep agama satu dengan yang lainnya

Dan karena kita membandingkan YHVH vs Allah SWT ... saya tanya lagi

Sekarang mari kita tanyakan pada para Yahudi ... begini juga ga cara mereka berpikir tentang YHVH ... kalau sama artinya sinergi dengan Allah SWT ... kan simple toh tanpa harus ngurusin nama atau sebutan

sinergi artinya ... baik dimulai dari Konsep Tuhan sama ... dilanjutkan dengan Tafsir Tuhan sama ... dilanjutkan lagi dengan konsep agama (tauhid) sama ....

Nah lalu ... kalau kita berkutat hanya pada "pernyataan Tuhan tentang dirinya yang berbeda2 dalam setiap kitab suci" (seperti anda minta) ... apakah itu bukan artinya anda mengambil cara penyerdehanaan lagi .... sifatnya terlalu konstekstual ... nanti ribut2 masalah roh halus vs zat2an lagi ... padahal balik lagi ke pendapat saya yang bold merah

@Foxhound wrote:Diskusi ini tidak kemana2 karena saya lihat mbak Dee Nee mungkin juga berpikir contoh saya terlalu direct ke tuhan islam dan yahudi. Kita back to basic of principle aja dahulu. Saya kasih permisalan yang tidak ada hubungannya dahulu:

Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?

Ada yang perlu kita garis bawahi disini ... perbedaan bagaimana manusia menerima atau mengerti isi kitab bukan artinya Tuhannya harus beda ... yang jadi perbedaan hanya bagaimana manusia menafsirkan Tuhan dan bukan bagaimana manusia menafsirkan atau membaca kitab

Misal saya nulis lagu balonku pake tulisan arab ... ya bacalah dari kanan ke kiri ... bila saya nulis pake bahasa Cina ... ya bacalah dari atas ke bawah ... kalau disama2in cara bacanya ... arti lagu tersebut memang jadi ga sama ... padahal intinya sama2 nyanyi balonku

Yang saya maksud : "karena tafsir yang berbeda maka Tuhannya juga beda" adalah tafsir tentang konsep Tuhan ... bukan tafsir untuk mengerti maksud Tuhan ... bukan tafsir kitab suci ... tapi tafsir manusia tentang bagaimana dan siapa Tuhan mereka ... matahari kah ?? pohon kah ?? dsb

Justru kalau mau back to principle tentang apakah Tuhannya sama atau tidak ... kita kembalikan saja bagaimana kita memahami kalimat saya yang bila bila itu .... tidak perlu melebar hingga harus disejajarkan isi masing2 kitab suci nya... kan yang penting adalah SEPERTI APA TUHAN DALAM OTAK KITA ... sama atau tidak ...

@Foxhound wrote:Soal Paulus sekarang, saya nggak quote lg Mbak Dee-Nee.... Saya kira mbak Dee Nee belum paham soal kenapa saya bawa Paulus.

1. Mbak Dee-Nee, punya pandangan bahwa Tuhan itu harusnya sama, tetapi orang2 menafsirkan nya berbeda sehingga jadi Tuhan yang berbeda.

2. Dari sudut pandang tersebut, saya ingin menguji case.

3. Saya bawa instruksi AllohSWT, yang karena dipercayai adalah Tuhan berarti instruksi langsung yang jelas dan bahkan diklaim dengan bahasa yang jelas dan sempurna. Yang tentunya nggak perlu ditafsirkan macam2.

4. Saya bawa ajaran tafsir Paulus, yang ternyata bertolak belakang dengan nomor 3.

5. Mengacu pada premise nomor 1, di lawankan premise no 3, maka kesimpulannya seharusnya adalah Paulus salah tafsir.

Makanya saya bertanya kepada mbak Dee-Nee.... apakah benar bahwa dengan mengajarkan seperti itu, Paulus itu salah tafsir?

yang no 3 dan saya bold >>> itu adalah cara anda membaca kitab anda ... bukan cara saya membaca kitab saya ... dan tafsir yang saya bawa bukan tafsir yang macam2 juga ... justru anda yang bilang tafsir macam2

1 smp 5 ... Gini ... dari cara anda menjelaskan ... anda benar2 mensejajarkan dua agama lalu dicari perbedaannya ... bagi saya ... kenapa harus berpikir seperti itu ... bagaimana kalau saya berpendapat bahwa :

karena ketiga agama samawi ini tidak datang dalam waktu yang sama ... maka agama berikutnya adalah agama yang meneruskan agama sebelumnya ... artinya Tuhan yang sama telah tiga kali menurunkan agama yang berbeda ...

walaupun mungkin dalam arti universalnya ... sebetulnya Tuhan menurunkan agama yang sama dari nabi pertama sampai nabi terakhir ... tapi justru karena manusia yang membeda2kannya maka ada tiga agama yang berbeda

Lalu apakah Paulus salah tafsir ?? >>> saya jawab ... ya tidak juga ... tapi memang apa yang dikatakan Paulus tidak seperti yang ada di Al Quran ... alasannya ... karena waktu saat turunnya ayat dan tafsir Paulus juga beda

@Foxhound wrote:Saya tidak sedang berdebat ajarannya mbak DeeNee, saya tidak sedang berkata "ajaran Islam memukul istri" kalah dengan "ajaran kasihilah istrimu janganlah berbuat kasar terhadap dia"..... Saya cuma ingin konfirmasi, karena bertolak belakang... apakah menurut mbak DeeNee, Paulus itu salah tafsir? Itu tok, nggak ada pertanyaan tambahan.

Tambahan, hanya untuk menjawab pertanyaan untuk menghormati yang bertanya... tetapi ini bukan menjawab untuk berdebat, karena sekali lagi sy bukan sedang membandingkan mana yang lebih baik sejak awal

Hehehehe saya juga tidak sedang berdebat untuk membandingkan mana yang lebih baik kok ... tapi dari kalimat perbandingan anda tentang :

1. Tuhan Yahudi sayang dengan bangsa Yahudi vs Tuhan Islam ingin meremukkan Yahudi
2. Paulus mengajarkan harus mengasihi istri vs Tuhan Islam mengajarkan memukul istri (ingat bahwa sebelumnya anda juga tidak memberi ayat dengan lengkap)

posisi saya disini bukan sedang membandingkan mana yang lebih baik ... tapi hanya meluruskan cara anda memandang ayat Al Quran yang anda bawa ... dan kenapa harus saya luruskan ?? ... karena anda ingin membandingkan dua tafsir dari dua agama tersebut ...

begitu saja balasan saya

binar

Catatan : banyak quote anda yang saya potong (maaf ... bukan tidak saya hargai ... tapi saya tidak mau diskusi ini terlalu melebar)
- tentang tafsir Yahudi vs tafsir Kristen >> ya sudah ... yang ini tidak perlu dibahas
- tentang diskusi masalah akang Prapto >> inipun saya pikir tidak perlu dibahas
- tentang Paulus dan ajarannya dalam klg >> inipun saya rasa tidak perlu dibahas ... terima kasih ... saya sudah baca ... sebetulnya ada tulisan anda disini yang ingin saya tanggapi .... tapi ga ah ... males :P

thanks much

yes



avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Tue Oct 09, 2012 11:24 am

@dee-nee wrote:
Bagaimana kabarnya dengan forum ini ... toh faktanya eyel2an masih ada terus ... jadi walaupun yang satu sudah membuktikan bahwa tuduhan itu salah ... yang satupun juga sudah membuktikan bahwa yang dikatakan sebagai tuduhan itu ternyata benar ....

Bisa ditunjukkan kepada saya? Sampai sekarang, saya belum bisa menemukan orang yang bisa membuktikan tuduhan2 dan fitnah AlQuran itu benar. Yang ada adalah mereka memaksa yang dituduh membuktikan bahwa tuduhan AlQuran itu salah.

Kalimat bold paling akhir justru bikin saya bingung ... lah gimana bisa tanpa tafsir .. wong cara muslim membaca Al Quran diharuskan pake tafsir ... malah repot kalo harus dengan cara membaca langsung gleg

Pun akhirnya anda salah dalam mengerti maksud QS 7:167 dan menyatakan
"Yang artinya hingga akhir jaman nanti Yahudi akan diremukkan oleh Tuhan Islam"

kalau anda mengatakan "cukup dari informasi mainstream Kitab suci yang sama2 diakui sebagai Firman Tuhan" >> inilah cara penyederhanaan anda ... yang tidak bisa saya pakai karena alasan saya diatas (bold merah)

Mungkin dari sudut pandang Mbak DeeNee seperti itu... Dan salah satu alasan juga kenapa saya di FFI punya jargon:
Islam adalah ajaran buruk yang ditafsirkan baik oleh muslim, bukan ajaran baik yang ditafsirkan buruk oleh FFI.

Karena untuk mendapatkan Islam sebagai ajaran baik, muslim selalu bersembunyi dibalik tafsir (yg sering dipaksakan), sedangkan kalau AlQuran dibaca apa adanya sesuai klaim AlQuran sendiri bahwa AQ diturunkan dalam bahasa yang sempurna, terang dan jelas (yg harusnya artinya ndak butuh tafsir), selalu membuat orang mengkernyitkan mata.

Bila kita melihat keindahan samudra artinya kita melihat keindahan Tuhan ... Bila kita melihat kedamaian umat artinya kita melihat kedamaian Tuhan .. Bila kita melihat kedasyatan bencana alam artinya kita melihat kedasyatan Tuhan >>> Lalu bagaimana anda menafsirkan kata Tuhan disini ?? satu2nya, kesatuan, atau jamak ??

Makanya saya tanya ... apakah ini juga berlaku dalam iman anda ?? kalau iya ... artinya konsep kita tentang Tuhan sama ...

Mana bisa begitu Mbak Dee-Nee, itu namanya non sequitur, karena masih ada kemungkinan bahwa tuhan anda adalah tuhan yang mengklaim bahwa alam semesta adalah ciptaannya padahal bukan.


ini sudah masuk ke tafsir tentang Tuhan ... dan disini yang membedakan antara konsep agama satu dengan yang lainnya

Dan karena kita membandingkan YHVH vs Allah SWT ... saya tanya lagi

Sekarang mari kita tanyakan pada para Yahudi ... begini juga ga cara mereka berpikir tentang YHVH ... kalau sama artinya sinergi dengan Allah SWT ... kan simple toh tanpa harus ngurusin nama atau sebutan

sinergi artinya ... baik dimulai dari Konsep Tuhan sama ... dilanjutkan dengan Tafsir Tuhan sama ... dilanjutkan lagi dengan konsep agama (tauhid) sama ....

Nah lalu ... kalau kita berkutat hanya pada "pernyataan Tuhan tentang dirinya yang berbeda2 dalam setiap kitab suci" (seperti anda minta) ... apakah itu bukan artinya anda mengambil cara penyerdehanaan lagi .... sifatnya terlalu konstekstual ... nanti ribut2 masalah roh halus vs zat2an lagi ... padahal balik lagi ke pendapat saya yang bold merah

Mungkin yang lebih sederhana, seperti apa mau Tuhan, apa yang disuka dan apa yang tidak disuka. Karena itu saya bawakan contoh, dalam firman yang diberikan secara langsung dr YHVH kepada nabinya... YHVH membenci sumpah palsu (dimana sudah saya tunjukkan dalam bahasa aslinya, termasuk sumpah yang tidak dimaksud), sedangkan AllohSWT dalam firman yang diberikan secara langsung kepada nabinya, mentoleransi sumpah palsu.


@Foxhound wrote:Diskusi ini tidak kemana2 karena saya lihat mbak Dee Nee mungkin juga berpikir contoh saya terlalu direct ke tuhan islam dan yahudi. Kita back to basic of principle aja dahulu. Saya kasih permisalan yang tidak ada hubungannya dahulu:

Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?

DeeNee wrote:Ada yang perlu kita garis bawahi disini ... perbedaan bagaimana manusia menerima atau mengerti isi kitab bukan artinya Tuhannya harus beda ... yang jadi perbedaan hanya bagaimana manusia menafsirkan Tuhan dan bukan bagaimana manusia menafsirkan atau membaca kitab

Misal saya nulis lagu balonku pake tulisan arab ... ya bacalah dari kanan ke kiri ... bila saya nulis pake bahasa Cina ... ya bacalah dari atas ke bawah ... kalau disama2in cara bacanya ... arti lagu tersebut memang jadi ga sama ... padahal intinya sama2 nyanyi balonku

Yang saya maksud : "karena tafsir yang berbeda maka Tuhannya juga beda" adalah tafsir tentang konsep Tuhan ... bukan tafsir untuk mengerti maksud Tuhan ... bukan tafsir kitab suci ... tapi tafsir manusia tentang bagaimana dan siapa Tuhan mereka ... matahari kah ?? pohon kah ?? dsb

Justru kalau mau back to principle tentang apakah Tuhannya sama atau tidak ... kita kembalikan saja bagaimana kita memahami kalimat saya yang bila bila itu .... tidak perlu melebar hingga harus disejajarkan isi masing2 kitab suci nya... kan yang penting adalah SEPERTI APA TUHAN DALAM OTAK KITA ... sama atau tidak ...

Saya heran mbak DeeNee, ketika saya memberikan contoh yang tidak terkait dengan kitab suci pun, dengan ilustrasi seperti itu, ada keberatan dari mbak DeeNee untuk menjawab dengan sederhana antara Ya dan Tidak. Dan mengembalikan lagi kepada tafsir manusia.

Kalau memang adalah soal tafsir, apapun arahnya, yang disalahkan akan kembali lagi tafsir manusia. Demikian juga dengan yang di bawah ini

@Dee-Nee wrote:
karena ketiga agama samawi ini tidak datang dalam waktu yang sama ... maka agama berikutnya adalah agama yang meneruskan agama sebelumnya ... artinya Tuhan yang sama telah tiga kali menurunkan agama yang berbeda ...

walaupun mungkin dalam arti universalnya ... sebetulnya Tuhan menurunkan agama yang sama dari nabi pertama sampai nabi terakhir ... tapi justru karena manusia yang membeda2kannya maka ada tiga agama yang berbeda

Ini yang saya tidak bisa terima. Karena sejak turunnya AlQuran, fitnah sudah terjadi terhadap Yahudi dan Kristen. Ajaran AlQuran dari depan sampai belakang, semuanya memutar balikkan ajaran di Alkitab. Kalau geser dikit kiri kanan, mungkin masalah tafsir, tapi kalau sudah 180 derajad bertolak belakang. Ya terlalu maksa kalau muslim bilang itu tafsir.

Justru inti pembicaraan di sini adalah, sesuai topiknya Tuhan muslim berbeda dengan Tuhan agama lain, harus saya katakan ya. Sedangkan mbak Dee Nee kan berkata tidak, dan bahkan kali ini menduga Tuhannya sama, menurunkan tiga agama berbeda.

Kalau agama adalah tafsir, maka cara melihat apakah Tuhannya sama atau tidak, ya mengeliminasi tafsir. Kembali ke Kitab Suci secara literal di poin2 tertentu, terutama dalam poin2 dimana diakui bahwa Tuhan berbicara langsung.

Kalau mbak DeeNee ngotot baca AlQuran harus pakai tafsir, ya susah. Berarti memang Islam adalah agama multi tafsir, jadi ya memang ini tidak bisa diteruskan diskusinya. Karena kita tidak bisa berdiri dalam knowledge base yang sama bagaimana membuktikan bahwa YHVH dan AllohSWT berbeda. Apapun bukti yang diajukan, mbak DeeNee akan ngotot bahwa AlQuran harus dibaca pakai tafsir. Dan terbukti ketika saya kasih case yg tidak nyata:

Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?

Mbak Dee-Nee tidak berani menjawabnya dengan tegas dan sederhana, melainkan berkelit kemana2 lagi dan berusaha menggiring opini ke tafsir MbakDeeNee tentang Tuhan ketika mengamati alam. Padahal ini di depan sekali sudah saya bahas bahwa konsep Tuhan yang banyak itu muncul dari tafsir manusia terhadap unknown God ketika mengamati alam semesta. Sedangkan di sini kita bicara tentang Absolute God.

Tetapi saya akan keep in mind, bahwa menurut mbak DeeNee, AlQuran tidak bisa ditelan mentah2 dan harus mengandalkan tafsir. Kalau berkenan, bisakah buka thread baru untuk menjelaskan kepada saya, bagaimana cara mengerti tafsir AlQuran yang satu itu benar dan yang satu itu salah? Karena kalau AlQuran diturunkan dalam bahasa yang jelas dan sempurna, tidak berubah sejak awal, dijaga keasliannya... tetapi kalau memahaminya harus ditafsirkan manusia dengan nafsu berbeda2.... ya tidak ada gunanya AlQuran dijaga.


Hehehehe saya juga tidak sedang berdebat untuk membandingkan mana yang lebih baik kok ... tapi dari kalimat perbandingan anda tentang :

1. Tuhan Yahudi sayang dengan bangsa Yahudi vs Tuhan Islam ingin meremukkan Yahudi
2. Paulus mengajarkan harus mengasihi istri vs Tuhan Islam mengajarkan memukul istri (ingat bahwa sebelumnya anda juga tidak memberi ayat dengan lengkap)

posisi saya disini bukan sedang membandingkan mana yang lebih baik ... tapi hanya meluruskan cara anda memandang ayat Al Quran yang anda bawa ... dan kenapa harus saya luruskan ?? ... karena anda ingin membandingkan dua tafsir dari dua agama tersebut ...

Mbak DeeNee, dari awal, saya bawanya ayat kitab suci, bahkan bukan tafsir. Tapi terus aja mbak DeeNee ngotot saya disuruh bawa tafsir. Tafsir Yahudi lah, yang itu tafsir Nasrani lah... Bahkan ketika yang saya bawa ayat AlQuran, anda juga ngotot lagi ayat AlQuran harus pakai tafsir.

Ya kalau gitu, kesimpulannya sederhana aja... kenyataannya Tuhan muslim berbeda dengan Tuhan agama lain... tetapi ditafsirkan adalahTuhan yang sama oleh mbak DeeNee...

piss
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Tue Oct 09, 2012 8:21 pm

@Foxhound wrote:
Bisa ditunjukkan kepada saya? Sampai sekarang, saya belum bisa menemukan orang yang bisa membuktikan tuduhan2 dan fitnah AlQuran itu benar. Yang ada adalah mereka memaksa yang dituduh membuktikan bahwa tuduhan AlQuran itu salah.

obrolan anda dengan mang odoy tentang palungan saja anda juga tidak meyakini bahwa Yesus lahir di kandang domba, mas wedi beda lagi, dsb dsb .... Saya ambil contoh duel mang odoy vs mas wedi tentang penyaliban Isa ... hingga sekarang apakah ada kalimat mang odoy berbunyi "Oke lah gue akui Yesus memang mati di kayu salib"

Scope terkecil saja ... selama mang odoy atau mas wedi blum bilang 'Iya' pada pihak lawan .... semua masih 50 : 50 .... ada kemungkinan mang odoy yang benar ada kemungkinan mang odoy yang salah ... vice versa untuk mas wedi .... jadi apa yang dilakukan mang odoy blum bisa dibilang tuduhan selama dia masih yakin benar

@Foxhound wrote:Mungkin dari sudut pandang Mbak DeeNee seperti itu... Dan salah satu alasan juga kenapa saya di FFI punya jargon:
Islam adalah ajaran buruk yang ditafsirkan baik oleh muslim, bukan ajaran baik yang ditafsirkan buruk oleh FFI.

Karena untuk mendapatkan Islam sebagai ajaran baik, muslim selalu bersembunyi dibalik tafsir (yg sering dipaksakan), sedangkan kalau AlQuran dibaca apa adanya sesuai klaim AlQuran sendiri bahwa AQ diturunkan dalam bahasa yang sempurna, terang dan jelas (yg harusnya artinya ndak butuh tafsir), selalu membuat orang mengkernyitkan mata.

Inilah yang saya kritik tentang FFI ... yang punya agama siapa ... yang tau gimana caranya baca Al Quran siapa ... loh kok ini ada orang di luar area malah bikin jargon sendiri2 tentang suatu hal yang mereka tidak bisa lakukan sama sekali ...

Contoh : anda biasa bawa mobil automatic ... lalu anda ketemu mobil manual ... karena ga ngerti gimana nyetirnya ... anda membuat jargon

Mobil manual adalah mobil ribet yang ditafsirkan mudah dikendarai oleh muslim, bukan mobil simple yang ditafsirkan susah dikendarai oleh FFI

Point nya : FFI mau tergerak ga mind-set nya untuk belajar gimana caranya bawa mobil manual ... ga mau belajar kok malah mobil manualnya yang diberi jargon

@Foxhound wrote:
Bila kita melihat keindahan samudra artinya kita melihat keindahan Tuhan ... Bila kita melihat kedamaian umat artinya kita melihat kedamaian Tuhan .. Bila kita melihat kedasyatan bencana alam artinya kita melihat kedasyatan Tuhan >>> Lalu bagaimana anda menafsirkan kata Tuhan disini ?? satu2nya, kesatuan, atau jamak ??

Makanya saya tanya ... apakah ini juga berlaku dalam iman anda ?? kalau iya ... artinya konsep kita tentang Tuhan sama ...

Mana bisa begitu Mbak Dee-Nee, itu namanya non sequitur, karena masih ada kemungkinan bahwa tuhan anda adalah tuhan yang mengklaim bahwa alam semesta adalah ciptaannya padahal bukan.

Fokus mas fox ... saya katakan konsep kita tentang Tuhan adalah sama ... bukan artinya Tuhan kita sama ... jadi bagaimana manusia berpikir tentang Tuhan itu adalah sama ...

@Foxhound wrote:Mungkin yang lebih sederhana, seperti apa mau Tuhan, apa yang disuka dan apa yang tidak disuka. Karena itu saya bawakan contoh, dalam firman yang diberikan secara langsung dr YHVH kepada nabinya... YHVH membenci sumpah palsu (dimana sudah saya tunjukkan dalam bahasa aslinya, termasuk sumpah yang tidak dimaksud), sedangkan AllohSWT dalam firman yang diberikan secara langsung kepada nabinya, mentoleransi sumpah palsu.

yang saya bold : kalau anda mau yang ini ... tanyakan dulu dalam diri anda ... anda mau terima ga argumen saya tentang bagaimana saya membaca Al Quran ...
Justru karena saya lihat anda tidak mau terima dan malah bilang saya menafsirkan macem2 ... ya saya kembalikan saja dulu pada konsep awal tentang Tuhan secara universal ... tidak menggunakan agama

@Foxhound wrote:Saya heran mbak DeeNee, ketika saya memberikan contoh yang tidak terkait dengan kitab suci pun, dengan ilustrasi seperti itu, ada keberatan dari mbak DeeNee untuk menjawab dengan sederhana antara Ya dan Tidak. Dan mengembalikan lagi kepada tafsir manusia.

Kapan anda memberi contoh yang tidak terkait dengan kitab suci ?? yang ini ...

Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?


Lah anda tau darimana tentang perkataan Tuhan tentang penciptaan alam ini kalau ga di kitab suci ... artinya anda tetap membandingkan Tuhan dari kitab sucinya toh ....

@Foxhound wrote:
@Dee-Nee wrote:
@Foxhound wrote:Kalau memang adalah soal tafsir, apapun arahnya, yang disalahkan akan kembali lagi tafsir manusia. Demikian juga dengan yang di bawah ini


karena ketiga agama samawi ini tidak datang dalam waktu yang sama ... maka agama berikutnya adalah agama yang meneruskan agama sebelumnya ... artinya Tuhan yang sama telah tiga kali menurunkan agama yang berbeda ...

walaupun mungkin dalam arti universalnya ... sebetulnya Tuhan menurunkan agama yang sama dari nabi pertama sampai nabi terakhir ... tapi justru karena manusia yang membeda2kannya maka ada tiga agama yang berbeda

Ini yang saya tidak bisa terima. Karena sejak turunnya AlQuran, fitnah sudah terjadi terhadap Yahudi dan Kristen. Ajaran AlQuran dari depan sampai belakang, semuanya memutar balikkan ajaran di Alkitab. Kalau geser dikit kiri kanan, mungkin masalah tafsir, tapi kalau sudah 180 derajad bertolak belakang. Ya terlalu maksa kalau muslim bilang itu tafsir.

Justru inti pembicaraan di sini adalah, sesuai topiknya Tuhan muslim berbeda dengan Tuhan agama lain, harus saya katakan ya. Sedangkan mbak Dee Nee kan berkata tidak, dan bahkan kali ini menduga Tuhannya sama, menurunkan tiga agama berbeda.

Itu dia masalahnya bila kita bicara tentang Tuhan difokuskan pada agama ... tiga agama ini saja kan masih eyel2an dan saling tidak mendukung ... blum lagi eyel2an masalah cara baca kitab ... makanya saya lebih senang kita fokus tentang konsep Tuhan secara universal bagi manusia ... karena kalau dibandingkan pake kitab ... anda ga mau terima juga cara saya meyakini kitab saya .... padahal diskusi ini seharusnya dua arah

katakanlah kalimat saya tentang Tuhan menurunkan tiga agama adalah klaim saya sebagai muslim .... lalu klaim saya ini ditolak oleh anda ... Ditolak apa artinya klaim saya salah ?? Kan jatuhnya tetep eyel2an ...

Justru saya bingung dengan anda ... dari awal saya minta bawa Taurat kemari ... anda kekeuh bilang Taurat = PL ... ok .. saya iyakan ...

lalu anda bawa tafsir Paulus tentang perkataan Yesus ... dan anda bandingkan Quran ... anda klaim Yesus = Tuhan ... jadi buat anda tafsir Paulus bisa disejajarkan dengan ayat Quran .. untuk melihat apakah Tuhannya sama atau tidak ...

lalu saya tanya lagi ... lalu dengan YHWH gimana ?? Yahudi mau ga YHWH disamakan dengan Yesus ... anda bilang ... itu kan hanya perbedaan tafsir manusia ... intinya sama2 dari Tuhan ... >>> Loh ???

Sementara saya bawa tafsir Al Quran ... anda bilang saya menafsirkan macem2 dan minta to the point aja ke kalimat dalam ayat ...

Jadi disatu pihak anda maunya YHWH = Trinitas >>> dan bila ada masalah itu hanya masalah beda tafsir
Tapi dipihak lain anda tidak mau YHWH = Allah SWT >>> dan bila ada masalah itu artinya Tuhannya memang beda

Kalau anda menolak YHWH = Allah SWT .... katakan juga YHWH tidak sama dengan Trinitas ... karena tiga ini semua lahir dari kitab suci ... Artinya katakan bahwa Tuhan dalam tiga agama ini juga beda semua

@Foxhound wrote:Kalau agama adalah tafsir, maka cara melihat apakah Tuhannya sama atau tidak, ya mengeliminasi tafsir. Kembali ke Kitab Suci secara literal di poin2 tertentu, terutama dalam poin2 dimana diakui bahwa Tuhan berbicara langsung.

Kalimat saya tentang Quran juga cukup literal kok tentang poin per poin nya ... justru anda yang tidak melihat Al Quran point per point ... tentang ayat Yahudi malah anda tidak lihat poin "dan sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang" ... padahal ada poin nya disitu ... tapi anda anggap ga penting

@Foxhound wrote:Kalau mbak DeeNee ngotot baca AlQuran harus pakai tafsir, ya susah. Berarti memang Islam adalah agama multi tafsir, jadi ya memang ini tidak bisa diteruskan diskusinya. Karena kita tidak bisa berdiri dalam knowledge base yang sama bagaimana membuktikan bahwa YHVH dan AllohSWT berbeda. Apapun bukti yang diajukan, mbak DeeNee akan ngotot bahwa AlQuran harus dibaca pakai tafsir. Dan terbukti ketika saya kasih case yg tidak nyata:

Silahkan buka ini
http://www.laskarislam.com/t1438p50-tahapan-dan-aspek-yang-berbeda-dari-oknum-trinitas#33880

Lihat bagaimana antara SEGOROWEDI dan Pembela Kristen juga eyel2an tentang pemahaman oknum Yesus dalam Trinitas ... apakah bukan artinya Nasrani juga multi tafsir ...

lanjut ...

@Foxhound wrote:Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?

Bagaimana kalau dalam kitab A Tuhan berkata aku menciptakan langit dahulu baru bintang ... lalu di kitab B Tuhan berkata aku menciptakan bintang yang terbentuk dari bla bla bla ... lalu di bab selanjutnya Tuhan berkata aku menciptakan langit yang terdiri dari bla bla bla ....

Apakah artinya Tuhan dalam kitab B bicaranya ga runut ?? Apakah bisa disamakan begitu saja keinginan perkataan Tuhan tersebut ... dalam kitab A Tuhan ingin menceritakan urutan kerja Dia ... dalam kitab B Tuhan ingin menceritakan hasil dari kerja Dia .... Apa itu artinya Tuhan dalam kitab A dan B berbeda ??

@Foxhound wrote:Mbak Dee-Nee tidak berani menjawabnya dengan tegas dan sederhana, melainkan berkelit kemana2 lagi dan berusaha menggiring opini ke tafsir MbakDeeNee tentang Tuhan ketika mengamati alam. Padahal ini di depan sekali sudah saya bahas bahwa konsep Tuhan yang banyak itu muncul dari tafsir manusia terhadap unknown God ketika mengamati alam semesta. Sedangkan di sini kita bicara tentang Absolute God.

Lalu anda berpikir anda sudah tau banget gitu tentang keinginan Absolute God ini hanya dari satu kitab anda saja ... padahal tafsir Absolute God versi kitab anda ini juga ditolak oleh agama sebelumnya

@Foxhound wrote:Tetapi saya akan keep in mind, bahwa menurut mbak DeeNee, AlQuran tidak bisa ditelan mentah2 dan harus mengandalkan tafsir. Kalau berkenan, bisakah buka thread baru untuk menjelaskan kepada saya, bagaimana cara mengerti tafsir AlQuran yang satu itu benar dan yang satu itu salah? Karena kalau AlQuran diturunkan dalam bahasa yang jelas dan sempurna, tidak berubah sejak awal, dijaga keasliannya... tetapi kalau memahaminya harus ditafsirkan manusia dengan nafsu berbeda2.... ya tidak ada gunanya AlQuran dijaga.

Pertama ... kembali ke link yang saya beri tentang mas wedi vs Sdr. PK ... link ini saja sudah menjadi bukti bahwa dalam satu agama pun walaupun garis besarnya sama ... didalamnya manusia masih bisa memahami isi kitab tersebut sesuai dengan pola pikir nya masing2 ... justru sangat naif kalau bilang baca kitab ga pake tafsir ... anda saja punya tafsir berbeda dengan Kristiani lain tentang palungan Yesus ... Manusia itu kan diberi otak toh ... justru aneh kalo baca kitab ga pake mikir ...

Kedua ... mengenai tafsir Al Quran yang saya bawa ... saya tampilkan tafsir Depag dan Quraish Shihab ... Depag berperan sebagai instansi sah pemerintah ... QS sebagai seorang cendikiawan muslim di Indonesia ... Artinya saya memberi penjelasan sebelumnya juga bukan asal tafsir ... saya merujuk pada pihak2 yang saya anggap mengerti benar tentang agama ini ...

Ketiga ... yang saya bold ... yang dimaksud dijaga itu isinya jangan sampai berubah2 ... aslinya dibilang air zam2 ... berubah jadi air aqua ... gitu loh maksudnya

Bukan tafsirnya yang dijaga ... kalau tafsir ... gimana bisa dijaga wong semua manusia punya hak untuk menafsirkan sesuai pola pikir mereka ... tapi memang harus merujuk pada apa yang dikatakan oleh ulama (inipun silang pendapat)

Apakah tafsir itu benar atau salah .... diskusikan saja lagi ... eyel2an aja lagi seperti link yang saya kasih tentang SEGOROWEDI vs Sdr. PK

@Foxhound wrote:Mbak DeeNee, dari awal, saya bawanya ayat kitab suci, bahkan bukan tafsir. Tapi terus aja mbak DeeNee ngotot saya disuruh bawa tafsir. Tafsir Yahudi lah, yang itu tafsir Nasrani lah... Bahkan ketika yang saya bawa ayat AlQuran, anda juga ngotot lagi ayat AlQuran harus pakai tafsir.

Gini loh ... saya tidak minta ayat tersebut harus disertakan tafsir yahudi ... saya hanya minta link nya supaya saya bisa baca sendiri ... karena saya ga ngerti itu ayat ceritanya gimana dan ngomongin apa ... saya cuma mau tau maksudnya apa ... dan sepanjang saya googling selalu diartikan oleh web Kristen ... padahal yang saya mau adalah saya baca dari web Yahudi ... saya cuma mau tau apa sih yang dikatakan rabbi Yahudi tentang ayat tersebut ... itu saja

Lalu kok malah anda yang ngarti2kan ayat itu ... padahal anda Kristen ... kan jadi susah buat saya

@Foxhound wrote:Ya kalau gitu, kesimpulannya sederhana aja... kenyataannya Tuhan muslim berbeda dengan Tuhan agama lain... tetapi ditafsirkan adalahTuhan yang sama oleh mbak DeeNee...
piss

Nope ... terbalik ... secara konsep Tuhan adalah sama (konsep YHWH sinergi dengan konsep Allah SWT) ... dan karena YHWH ditafsirkan lain oleh manusia ... maka jadilah Tuhannya beda2 (ada Tuhan asli ada Tuhan palsu)

dan menurut mas fox ... kalau mau dibedakan pake agama ... maka YHWH, Trinitas, Allah SWT beda semua

Jadi ga mau diterusin nih diskusinya ?? oke oke aja sih buat saya ...

binar
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Tue Oct 09, 2012 9:18 pm

@dee-nee wrote:Gini loh ... saya tidak minta ayat tersebut harus disertakan tafsir yahudi ... saya hanya minta link nya supaya saya bisa baca sendiri ... karena saya ga ngerti itu ayat ceritanya gimana dan ngomongin apa ... saya cuma mau tau maksudnya apa ... dan sepanjang saya googling selalu diartikan oleh web Kristen ... padahal yang saya mau adalah saya baca dari web Yahudi ... saya cuma mau tau apa sih yang dikatakan rabbi Yahudi tentang ayat tersebut ... itu saja


@Fox

Tampaknya bung Fox harus cape nih ... untuk menjelaskan beda dan persamaan antara Tanakh Jahudi dengan PL Kristen hehe

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Tue Oct 09, 2012 9:59 pm

@dee-nee wrote:@duren

kesimpulannya YHWH is sinergi dengan Allah SWT ... YHWH dan Allah SWT is not sinergi dengan Trinitas
Yupzz

Bagi muslim seperti dirimu tentu saja YHWH butuh BERHALA Anshar hehe

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Wed Oct 10, 2012 12:24 am

@dee-nee wrote:
obrolan anda dengan mang odoy tentang palungan saja anda juga tidak meyakini bahwa Yesus lahir di kandang domba, mas wedi beda lagi, dsb dsb .... Saya ambil contoh duel mang odoy vs mas wedi tentang penyaliban Isa ... hingga sekarang apakah ada kalimat mang odoy berbunyi "Oke lah gue akui Yesus memang mati di kayu salib"

Scope terkecil saja ... selama mang odoy atau mas wedi blum bilang 'Iya' pada pihak lawan .... semua masih 50 : 50 .... ada kemungkinan mang odoy yang benar ada kemungkinan mang odoy yang salah ... vice versa untuk mas wedi .... jadi apa yang dilakukan mang odoy blum bisa dibilang tuduhan selama dia masih yakin benar

Urutannya jadi gini nih:
1. AlQuran menuduh tanpa bukti bahwa Alkitab sudah diubah2.
2. Penemuan perkamen di gua Qumran membuktikan bahwa tidak ada yang berubah.
3. Muslim tidak tahu, atau pura2 tidak tahu, atau tidak mau tahu tentang bukti itu... dan tetap ngotot (tanpa bukti) Alkitab sudah diubah2. Karena kalau ngaku tidak berubah, sama aja ngaku AlQurannya basi.
4. Ada muslimah DeeNee, menggunakan alibi; karena muslim tidak tahu, atau pura2 tidak tahu, atau tidak mahu tahu, dan tetap ngotot Alkitab sudah diubah2, artinya masih belum bisa dibuktikan bahwa Alkitab memang tidak diubah2.

Circular reasoning muslim model baru.... perlu diupdate di FFI rasanya...

@Dee-Nee wrote:
Inilah yang saya kritik tentang FFI ... yang punya agama siapa ... yang tau gimana caranya baca Al Quran siapa ... loh kok ini ada orang di luar area malah bikin jargon sendiri2 tentang suatu hal yang mereka tidak bisa lakukan sama sekali ...

Great,
Inilah yang saya kritik tentang AlQuran dan Islam ... yang punya agama siapa ... yang tau gimana caranya baca Al kitab siapa ... loh kok ini ada orang di luar area malah bikin jargon sendiri2 tentang suatu hal yang mereka tidak ketahui sama sekali ...


Contoh : anda biasa bawa mobil automatic ... lalu anda ketemu mobil manual ... karena ga ngerti gimana nyetirnya ... anda membuat jargon
Mobil manual adalah mobil ribet yang ditafsirkan mudah dikendarai oleh muslim, bukan mobil simple yang ditafsirkan susah dikendarai oleh FFI
Point nya : FFI mau tergerak ga mind-set nya untuk belajar gimana caranya bawa mobil manual ... ga mau belajar kok malah mobil manualnya yang diberi jargon

Kalau memang salah, ya buktikan donk, bawa ayatnya ke sini, nggak usah ditafsirkan... Kalau saya bawa ayat AlQuran (yang ngakunya turun dalam bahasa yang jelas dan sempurna), muslim harus ngotot ditafsirkan sedemikian rupa... Itu saja kan sudah cukup untuk membuktikan bahwa Alquran itu butuh ditafsirkan baru keliatan baik...

@Dee-nee wrote:
Fokus mas fox ... saya katakan konsep kita tentang Tuhan adalah sama ... bukan artinya Tuhan kita sama ... jadi bagaimana manusia berpikir tentang Tuhan itu adalah sama ...

Sip, berarti YHVH dan AllohSWT beda ya?

@Foxhound wrote:Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?


DeeNee wrote:Lah anda tau darimana tentang perkataan Tuhan tentang penciptaan alam ini kalau ga di kitab suci ... artinya anda tetap membandingkan Tuhan dari kitab sucinya toh ....

Duuh.... anda ini pura2 tidak tahu kata "misal" atau memang cuma mau ngeyel debat kusir?


DeeNee wrote:lalu anda bawa tafsir Paulus tentang perkataan Yesus ... dan anda bandingkan Quran ... anda klaim Yesus = Tuhan ... jadi buat anda tafsir Paulus bisa disejajarkan dengan ayat Quran .. untuk melihat apakah Tuhannya sama atau tidak ...

Ini nih... dijelaskan sampe mabuk, juga tetap aja dengan sengaja memutarbalikkan motivasi saya. Saya sudah jelaskan berkali2 saya bawa Paulus dalam konsep dan asumsi knowledge base mengikuti logika mbak DeeNee bahwa Tuhannya sama... gimana sih?!? Koq sekarang diputar balik saya bawa Yesus=Tuhan. Lha kalau bawa Yesus=Tuhan, ya jelas sudah kagak sama dengan tuhan di AQ. Waktu saya bawa Paulus, kan premisenya apabila tuhannya sama.

DeeNee wrote:
Kalimat saya tentang Quran juga cukup literal kok tentang poin per poin nya ... justru anda yang tidak melihat Al Quran point per point ... tentang ayat Yahudi malah anda tidak lihat poin "dan sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang" ... padahal ada poin nya disitu ... tapi anda anggap ga penting

Ya sudah, kalau gitu dijawab aja... saat ini Bangsa Israel sedang diazab oleh AllohSWT, atau sedang diberkati oleh AllohSWT menurut tafsir mbak DeeNee?

DeeNee wrote:
Silahkan buka ini
http://www.laskarislam.com/t1438p50-tahapan-dan-aspek-yang-berbeda-dari-oknum-trinitas#33880

Lihat bagaimana antara SEGOROWEDI dan Pembela Kristen juga eyel2an tentang pemahaman oknum Yesus dalam Trinitas ... apakah bukan artinya Nasrani juga multi tafsir ...

lanjut ...

Memang Nasrani adalah agama multi tafsir... makanya jadi banyak tuh... ada Calvinist, Lutheran, Baptist, Katolik, Advent... dan ada Foxhound.... karena ada tertulis:
1Co 11:19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.

Cuma... tidak ada klaim atau tertulis: "Alkitab ditulis dengan bahasa yang terang dan jelas dan sempurna"

@Foxhound wrote:Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?

DeeNee wrote:Bagaimana kalau dalam kitab A Tuhan berkata aku menciptakan langit dahulu baru bintang ... lalu di kitab B Tuhan berkata aku menciptakan bintang yang terbentuk dari bla bla bla ... lalu di bab selanjutnya Tuhan berkata aku menciptakan langit yang terdiri dari bla bla bla ....

Apakah artinya Tuhan dalam kitab B bicaranya ga runut ?? Apakah bisa disamakan begitu saja keinginan perkataan Tuhan tersebut ... dalam kitab A Tuhan ingin menceritakan urutan kerja Dia ... dalam kitab B Tuhan ingin menceritakan hasil dari kerja Dia .... Apa itu artinya Tuhan dalam kitab A dan B berbeda ??

Kalau kasusnya seperti yang disodorkan Mbak DeeNee, maka tidak bisa diidentifikasi apakah berbeda atau sama. Ada kemungkinan sama, tetapi penulisnya berbeda.

Saya sudah jawab case mbak DeeNee... sekarang tolong jawab case saya.

DeeNee wrote:
Lalu anda berpikir anda sudah tau banget gitu tentang keinginan Absolute God ini hanya dari satu kitab anda saja ... padahal tafsir Absolute God versi kitab anda ini juga ditolak oleh agama sebelumnya

Justru itu saya batasi dngan YHVH dan AllohSWT. Ndak perlu tafsir Nasrani dibawa2, jadi melebar dengan knowledge base yang lebih nggak jelas lagi.

@Dee-Nee wrote:
Gini loh ... saya tidak minta ayat tersebut harus disertakan tafsir yahudi ... saya hanya minta link nya supaya saya bisa baca sendiri ... karena saya ga ngerti itu ayat ceritanya gimana dan ngomongin apa ... saya cuma mau tau maksudnya apa ... dan sepanjang saya googling selalu diartikan oleh web Kristen ... padahal yang saya mau adalah saya baca dari web Yahudi ... saya cuma mau tau apa sih yang dikatakan rabbi Yahudi tentang ayat tersebut ... itu saja

Lalu kok malah anda yang ngarti2kan ayat itu ... padahal anda Kristen ... kan jadi susah buat saya

kalau gitu, harusnya next time kalau ada muslim yang mengarti2kan ayat2 PL atau PB langsung aja dijawab "Sorry, anda tidak kredibel, case closed", gitu ya?

DeeNee wrote:
Nope ... terbalik ... secara konsep Tuhan adalah sama (konsep YHWH sinergi dengan konsep Allah SWT) ... dan karena YHWH ditafsirkan lain oleh manusia ... maka jadilah Tuhannya beda2 (ada Tuhan asli ada Tuhan palsu)

dan menurut mas fox ... kalau mau dibedakan pake agama ... maka YHWH, Trinitas, Allah SWT beda semua

Jadi ga mau diterusin nih diskusinya ?? oke oke aja sih buat saya ...

binar

Gini aja, saya mundurkan kaki satu langkah....

Terserah mau pake tafsir Alquran, mau dibaca langsung, mau dari pengertian mbak Deenee...

Pertanyaan pertama: Mana yang lebih dikasihi AllohSWT? Bangsa Arab atau Bangsa Israel?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Wed Oct 10, 2012 6:56 pm

@Foxhound wrote:Urutannya jadi gini nih:
1. AlQuran menuduh tanpa bukti bahwa Alkitab sudah diubah2.
2. Penemuan perkamen di gua Qumran membuktikan bahwa tidak ada yang berubah.
3. Muslim tidak tahu, atau pura2 tidak tahu, atau tidak mau tahu tentang bukti itu... dan tetap ngotot (tanpa bukti) Alkitab sudah diubah2. Karena kalau ngaku tidak berubah, sama aja ngaku AlQurannya basi.
4. Ada muslimah DeeNee, menggunakan alibi; karena muslim tidak tahu, atau pura2 tidak tahu, atau tidak mahu tahu, dan tetap ngotot Alkitab sudah diubah2, artinya masih belum bisa dibuktikan bahwa Alkitab memang tidak diubah2.

Circular reasoning muslim model baru.... perlu diupdate di FFI rasanya...

Lah buktinya mang odoy bisa tuh memberi dalil bahwa Yesus ga pernah mati di kayu salib ... dan ini didukung oleh BBC loh ... BBC kurang legitimate apalagi dalam melakukan penelitian ... ya masa BBC mau anda bilang fitnah juga ... mau anda bilang pura2 tidak tahu juga ... mau anda bilang pro-Islam juga ... mau anda bilang klaim Islam juga ... chance nya cuma BBC bisa benar bisa juga salah ... tapi BBC ga fitnah

Hahahahahaha .... jadi ikutan debat kusir nih saya ... udah ah ga mau ikut2an

@Foxhound wrote:
Kalau memang salah, ya buktikan donk, bawa ayatnya ke sini, nggak usah ditafsirkan... Kalau saya bawa ayat AlQuran (yang ngakunya turun dalam bahasa yang jelas dan sempurna), muslim harus ngotot ditafsirkan sedemikian rupa... Itu saja kan sudah cukup untuk membuktikan bahwa Alquran itu butuh ditafsirkan baru keliatan baik...

Bold hitam : masih kekeuh ternyata dengan pola pikir ala FFI yang ga mau belajar bagaimana muslim membaca Al Quran ... harusnya dibalik ... buktikan bahwa FFI punya keinginan belajar

Bold merah : saya simpan dulu sebagai catatan dan saya beri tanda (*)

ehmm

@Foxhound wrote:
@Dee-nee wrote:
Fokus mas fox ... saya katakan konsep kita tentang Tuhan adalah sama ... bukan artinya Tuhan kita sama ... jadi bagaimana manusia berpikir tentang Tuhan itu adalah sama ...

Sip, berarti YHVH dan AllohSWT beda ya?

Skip dulu ... tunggu anda connect maksud saya

@Foxhound wrote:
DeeNee wrote:Lah anda tau darimana tentang perkataan Tuhan tentang penciptaan alam ini kalau ga di kitab suci ... artinya anda tetap membandingkan Tuhan dari kitab sucinya toh ....

Duuh.... anda ini pura2 tidak tahu kata "misal" atau memang cuma mau ngeyel debat kusir?

Ingat pernyataan anda ini

@Foxhound wrote:Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?

Jadi seandainya pake "misal" sekalipun ... anda tau darimana perkataan masing2 Tuhan tentang penciptaan alam kalau ga dari perbandingan kitab suci ... ya masa anda yang liat sendiri waktu Tuhan menciptakan langit dan bintang ?? Kalah T-Rex

@Foxhound wrote:
Ini nih... dijelaskan sampe mabuk, juga tetap aja dengan sengaja memutarbalikkan motivasi saya. Saya sudah jelaskan berkali2 saya bawa Paulus dalam konsep dan asumsi knowledge base mengikuti logika mbak DeeNee bahwa Tuhannya sama... gimana sih?!? Koq sekarang diputar balik saya bawa Yesus=Tuhan. Lha kalau bawa Yesus=Tuhan, ya jelas sudah kagak sama dengan tuhan di AQ. Waktu saya bawa Paulus, kan premisenya apabila tuhannya sama.

Ya sudah ... jadi premise nya sama2 pake perkataan Tuhan kan ... saya ga masalah anda bawa2 Paulus ...
yang justru jadi masalah adalah ... setelah saya uraikan keterangan saya ... malah anda tolak dan bilang saya pake tafsir macam2 .... saya sudah terima cara anda tapi anda tolak cara saya ...

Silahkan tentukan posisi ketidak fair-an anda dalam diskusi ini

@Foxhound wrote:
DeeNee wrote:
Kalimat saya tentang Quran juga cukup literal kok tentang poin per poin nya ... justru anda yang tidak melihat Al Quran point per point ... tentang ayat Yahudi malah anda tidak lihat poin "dan sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang" ... padahal ada poin nya disitu ... tapi anda anggap ga penting

Ya sudah, kalau gitu dijawab aja... saat ini Bangsa Israel sedang diazab oleh AllohSWT, atau sedang diberkati oleh AllohSWT menurut tafsir mbak DeeNee?

Tergantung ... yang berlaku zalim diazab ... yang tidak berlaku zalim tidak diazab ...
dan sebetulnya saya juga tidak punya hak menentukan keputusan Allah SWT ... kecuali kalau saya pake sifat anda yang suka kepedean merasa tau keinginan Tuhan

@Foxhound wrote:
Memang Nasrani adalah agama multi tafsir... makanya jadi banyak tuh... ada Calvinist, Lutheran, Baptist, Katolik, Advent... dan ada Foxhound.... karena ada tertulis:
1Co 11:19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.

Cuma... tidak ada klaim atau tertulis: "Alkitab ditulis dengan bahasa yang terang dan jelas dan sempurna"

Bahasa yang terang dan jelas dan sempurna itu adalah isinya yang tidak berubah sampai kapanpun ... tapi dalam membaca Al Quran tetap tidak boleh asal gleg, harus diliat periwayatannya, harus diliat maksudnya apa, artinya apa ... oleh karena itu belajar sama ulama yang lebih mengerti ...

Perhatikan warna per warna antara ayat dan arti yang saya berikan ... dan cara anda membandingkan

7:167. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memberitahukan, bahwa sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari kiamat orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka azab yang seburuk-buruknya. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksa-Nya, dan sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Artinya : Nabi Muhammad saw. dalam ayat ini diingatkan oleh Allah swt. tentang pemberitahuan-Nya kepada orang-orang Yahudi bahwa Dia akan mengirimkan manusia lain yang lebih perkasa dari mereka untuk menjajah dan menyiksa mereka. Mereka selalu akan hidup dalam kehinaan dan penderitaan sampai akhir zaman disebabkan tindakan mereka yang bertentangan dengan hukum-hukum Tuhan.

Akan tetapi pengampunan dan kasih sayang Allah sangatlah besar dan luas bagi mereka yang taubat dari dosanya, kembali ke jalan Allah dengan penuh kesadaran, dan dengan jalan mengadakan perbaikan di atas dunia, Allah swt. pasti menghapuskan penderitaan mereka.

Artian ala Mas Fox : Yang artinya hingga akhir jaman nanti Yahudi akan diremukkan oleh Tuhan Islam.

4:34. Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Artinya : Suami memiliki hak memelihara, melindungi dan menangani urusan istri, karena sifat-sifat pemberian Allah yang memungkinkan mereka melakukan hal-hal yang ia lakukan itu, dan kerja keras yang ia lakukan untuk membiayai keluarga. Oleh karena itu, yang disebut sebagai istri yang salehah adalah istri yang taat kepada Allah dan suami, dan menjaga segala sesuatu yang tidak diketahui langsung oleh suami. Karena, memang, Allah telah memerintahkan dan menunjukkan istri untuk melakukan hal itu. Kepada istri yang menampakkan tanda-tanda ketidakpatuhan, berilah nasihat dengan perkataan yang menyentuh, jauhi ia di tempat tidur, kemudian beri hukuman berupa pukulan ringan yang tidak melukai, ketika ia tidak menampakkan perbaikan. Jika dengan salah satu cara itu ia sadar dan kembali mematuhi suami, maka suami tidak boleh menempuh cara lain yang lebih kejam dengan maksud menyakiti dan menganiaya istri. Bertindaklah dengan baik dan bijaksana, karena Allah Maha Mengetahui lagi Maha Besar.

Artian ala Mas Fox : AllohSWT memerintahkan suami memukul isteri ketika khawatir akan nusyuznya?

Lihat ... kurang literal apalagi saya memberi artian dari masing2 ayat ... sudah sangat poin per poin ... jelas dan runut dibandingkan artian Mas Fox yang justru sama sekali tidak literal ...
Pertanyaan saya ... lalu yang suka tafsir macam2 itu siapa ?? ...
Saya kembalikan catatan saya diatas (*)

@Foxhound wrote:muslim harus ngotot ditafsirkan sedemikian rupa... Itu saja kan sudah cukup untuk membuktikan bahwa Alquran itu butuh ditafsirkan baru keliatan baik

Yang seperti ini typical kalimat FFI banget ... dan ini yang saya kritik ... FFI yang asal2an mengartikan ayat ... akhirnya malah FFI yang blunder sendiri

@Foxhound wrote:Kalau kasusnya seperti yang disodorkan Mbak DeeNee, maka tidak bisa diidentifikasi apakah berbeda atau sama. Ada kemungkinan sama, tetapi penulisnya berbeda.

jadi yang ini

@Foxhound wrote:Kalau misal tuhan yang satu bilang, aku menciptakan langit dahulu baru bintang. Tuhan yang satu misal bilang aku menciptakan bintang dulu baru langit, sesat lah yang bilang tuhan menciptakan langit dahulu baru bintang. Apakah ini adalah sosok tuhan yang sama?

batal ya ...

artinya memang sangat tidak relevan membandingkan Tuhan melalui ayat per ayat yang waktu dan tujuan turunnya ayat saja sudah berbeda

@Foxhound wrote:
Justru itu saya batasi dngan YHVH dan AllohSWT. Ndak perlu tafsir Nasrani dibawa2, jadi melebar dengan knowledge base yang lebih nggak jelas lagi.

memang saya ga mau tafsir Nasrani dibawa2 ... mau saya adalah mendengar atau membaca rabbi Yahudi ngomongin ayat itu ... as simple as that

@Foxhound wrote:

kalau gitu, harusnya next time kalau ada muslim yang mengarti2kan ayat2 PL atau PB langsung aja dijawab "Sorry, anda tidak kredibel, case closed", gitu ya?

1. Anda memang punya hak untuk bicara demikian dan debat kepada muslimnya ...
2. Case kita disini anda membandingkan YHWH vs Allah SWT ... dan simple nya saya minta Taurat vs Al Quran
3. Kasusnya beda dengan muslim yang posisinya memang ingin mengkritisi Kristen ...
Lalui sekarang dimana posisi anda ?? Ingin fokus mengkritisi Islam atau membandingkan YHWH vs Allah SWT
Kalau ingin mengkritisi Islam ... saya tidak masalah anda bawa2 artian anda sendiri

@Foxhound wrote:
Gini aja, saya mundurkan kaki satu langkah....
Terserah mau pake tafsir Alquran, mau dibaca langsung, mau dari pengertian mbak Deenee...
Pertanyaan pertama: Mana yang lebih dikasihi AllohSWT? Bangsa Arab atau Bangsa Israel?

Semua bangsa dikasihi Allah SWT ... karena Islam agama universal ...
bila antara bangsa Arab atau bangsa Israel ... saya ga tau ... karena saya lihat bangsa Arab sekarang juga banyak yang tidak menjalankan murni perintah Allah SWT .... semua baliknya adalah hak prerogative Allah SWT

Mas Fox : Dari awal saya sudah ingin mengakhiri diskusi ini ... karena saya tidak mau masuk dalam debat agama ... saya sangat berterima kasih bila anda juga mau mengakhiri

syukron
binar


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Wed Oct 10, 2012 9:05 pm, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Wed Oct 10, 2012 7:18 pm

Hehehe yayank gw jadi ahli tafsir ni

@Deenee
Bantuin aku dunk nafsir ayat ini di trit http://www.laskarislam.com/t3891-bagi-orang-arab-apa-yg-disebut-dengan-kabah#41526

Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.

Soalnya ... mbah mu si Abu Hanan dah pernah ampir gila cuma karena nafsir itu
usil

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Wed Oct 10, 2012 9:06 pm

duren swt wrote:Hehehe yayank gw jadi ahli tafsir ni

@Deenee
Bantuin aku dunk nafsir ayat ini di trit http://www.laskarislam.com/t3891-bagi-orang-arab-apa-yg-disebut-dengan-kabah#41526

Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.

Soalnya ... mbah mu si Abu Hanan dah pernah ampir gila cuma karena nafsir itu
usil

ahli tafsir dari hongkong ... wong cuma copas dari depag kok ... gosip aja lu ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Wed Oct 10, 2012 9:20 pm

@dee-nee wrote:
duren swt wrote:Hehehe yayank gw jadi ahli tafsir ni

@Deenee
Bantuin aku dunk nafsir ayat ini di trit http://www.laskarislam.com/t3891-bagi-orang-arab-apa-yg-disebut-dengan-kabah#41526

Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.

Soalnya ... mbah mu si Abu Hanan dah pernah ampir gila cuma karena nafsir itu
usil

ahli tafsir dari hongkong ... wong cuma copas dari depag kok ... gosip aja lu ...
Kekeke emank bener deh ... muslim yang debat sama duren => RATA RATA JADI GILA

piss

Baca tuh permintaan ku ... elo obok obok deh Arabicnya *** deleted by Mod ***
Cmonnn .. afa SANUBARIMU ga teriris iris mendengar RINTIHAN si Alloh

Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan?
Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.

Deeneeee ....DIMANA KEADILANNNNNNN usil

** tidak diperkenankan menyampaikan link yang tidak ada isi/copas/kesimpulan **

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Wed Oct 10, 2012 9:59 pm

duren swt wrote:
@dee-nee wrote:
duren swt wrote:Hehehe yayank gw jadi ahli tafsir ni

@Deenee
Bantuin aku dunk nafsir ayat ini di trit http://www.laskarislam.com/t3891-bagi-orang-arab-apa-yg-disebut-dengan-kabah#41526

Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.

Soalnya ... mbah mu si Abu Hanan dah pernah ampir gila cuma karena nafsir itu
usil

ahli tafsir dari hongkong ... wong cuma copas dari depag kok ... gosip aja lu ...
Kekeke emank bener deh ... muslim yang debat sama duren => RATA RATA JADI GILA

piss

Baca tuh permintaan ku ... elo obok obok deh Arabicnya http://quran.bblm.go.id/
Cmonnn .. afa SANUBARIMU ga teriris iris mendengar RINTIHAN si Alloh

Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan?
Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.

Deeneeee ....DIMANA KEADILANNNNNNN usil


Apa sih ... kasih link ga jelas ... anda mau tanya apa ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by frontline defender on Wed Oct 10, 2012 10:19 pm

si duren cuman mau ngasih infotainment doank! ketiwi
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Wed Oct 10, 2012 10:52 pm

@frontline defender wrote:si duren cuman mau ngasih infotainment doank! ketiwi
Tapi sayang ... elo elo yang muslim ga mampu membantah :

Alloh mu merintih rintih ...minta keadilan


Tuhh lihat penderitaan si Deenee ... ampe MINTA DI SUAPIN masalah klik klik link

usil

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Wed Oct 10, 2012 11:01 pm

@dee-nee wrote:Mas Fox : Dari awal saya sudah ingin mengakhiri diskusi ini ... karena saya tidak mau masuk dalam debat agama ... saya sangat berterima kasih bila anda juga mau mengakhiri

syukron
binar

Ini maksudnya, minta berhenti, saya juga disuruh diem berhenti ngomong gitu ya?

Ya kalau gitu maksudnya... saya berhenti...

yes
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by metalizer on Wed Oct 10, 2012 11:52 pm

@Foxhound wrote:
Mungkin yang lebih sederhana, seperti apa mau Tuhan, apa yang disuka dan apa yang tidak disuka. Karena itu saya bawakan contoh, dalam firman yang diberikan secara langsung dr YHVH kepada nabinya... YHVH membenci sumpah palsu (dimana sudah saya tunjukkan dalam bahasa aslinya, termasuk sumpah yang tidak dimaksud), sedangkan AllohSWT dalam firman yang diberikan secara langsung kepada nabinya, mentoleransi sumpah palsu.


nggak salah nii ??? ehmm

mau mengoyak luka lama basi

metalizer
KOPRAL
KOPRAL

Posts : 23
Join date : 25.11.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Thu Oct 11, 2012 12:24 am

@metalizer wrote:
nggak salah nii ??? ehmm

mau mengoyak luka lama basi

Yang mana ya? Lupa tuh.. apa yang ada muslim kabur setelah nggak berani ngaku mazhabnya apa itu?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Thu Oct 11, 2012 10:49 am

@Foxhound wrote:
@dee-nee wrote:Mas Fox : Dari awal saya sudah ingin mengakhiri diskusi ini ... karena saya tidak mau masuk dalam debat agama ... saya sangat berterima kasih bila anda juga mau mengakhiri

syukron
binar

Ini maksudnya, minta berhenti, saya juga disuruh diem berhenti ngomong gitu ya?

Ya kalau gitu maksudnya... saya berhenti...

yes

Hehehehehehe ... maksudnya balik ke TS saja ... berbicara Tuhan secara universal dan tidak perlu membandingkan antara ayat satu dengan lainnya karena jatuhnya pasti tidak relevan dan malah jadi perbandingan agama ....

penjelasan lanjutan anda tentang Kristen dalam ajaran Paulus saja sudah OOT dari TS ... oleh karena itu tidak saya tanggapi ...

Begini ... iman saya adalah juga mempercayai nabi2 sebelum Muhammad SAW... termasuk Isa aka Yesus, Musa, Ibrahim, dsb ....

Dalam hal inipun saya meyakini apa yang dikatakan Yesus adalah perkataan yang benar ... jadi saya memang tidak punya masalah dengan Yesus

Sementara kalimat saya yang tertulis Islam agama yang disempurnakan ... sebetulnya hanya untuk ngomporin duren and the geng ... bukan untuk OOT dan tidak termasuk dalam TS ... oleh karena itu langsung saya sudahi

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Thu Oct 11, 2012 10:59 am

@dee-nee wrote: berbicara Tuhan secara universal dan tidak perlu membandingkan antara ayat satu dengan lainnya karena jatuhnya pasti tidak relevan dan malah jadi perbandingan agama ....
Sejak kapan ada Tuhan universal ??

Dalam sebuah ayat ... Alloh mu mengatakan dirinya sebagai TUHAN NEGRI INI - ( negri Arab )

Sementara Tuhan Jahudi selalu menyatakan dirinya sebagai TUHAN ISRAEL


Belum lagi klo elo mendengar pengakuan dari TUHAN wong JOWO ... TUHAN wong BATAK ... DEWA wong INDIA .... DEWA wong NIPPON


Semuanya melakukan KLAIM sebagai Tuhan - Ilah yang menciptakan dunia


Pertanyaan :
Apa mereka itu OKNUM yang sama dan bisa disebut sebagai Tuhan universal ??



Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Fri Oct 12, 2012 12:18 am


yes
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Fri Oct 12, 2012 7:23 am

duren swt wrote:
@dee-nee wrote: berbicara Tuhan secara universal dan tidak perlu membandingkan antara ayat satu dengan lainnya karena jatuhnya pasti tidak relevan dan malah jadi perbandingan agama ....
Sejak kapan ada Tuhan universal ??

Dalam sebuah ayat ... Alloh mu mengatakan dirinya sebagai TUHAN NEGRI INI - ( negri Arab )

Sementara Tuhan Jahudi selalu menyatakan dirinya sebagai TUHAN ISRAEL


Belum lagi klo elo mendengar pengakuan dari TUHAN wong JOWO ... TUHAN wong BATAK ... DEWA wong INDIA .... DEWA wong NIPPON


Semuanya melakukan KLAIM sebagai Tuhan - Ilah yang menciptakan dunia

Pertanyaan :
Apa mereka itu OKNUM yang sama dan bisa disebut sebagai Tuhan universal ??


Manusia pada dasarnya sama ga ?? Secara universal semua manusia itu kaya gimana ??
Saya ga bicara nama ... kalo nama ... ada sejuta nama Tuhan di dunia ...

doooohhh ck ck ck ... segini aja toh konsep Tuhan buat FFI

No wonder ...

Kalau saya tanya

1. Ren ... gajah itu kaya gimana sih ??? Masa anda langsung bayangin binatang yang hidup di laut
2. Ren ... monyet itu apa sih ?? Apa anda langsung bayangin binatang yang terbang2 pake sayap

dsb

3. Jadi ... sekarang saya tanya .... Ren ... Tuhan itu kaya gimana sih buat anda ???
Silahkan jawab ... dengan kemampuan berpikir terbaik mu ya ... janji loohhhh

binar


avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Fri Oct 12, 2012 11:55 am

@dee-nee wrote:
Manusia pada dasarnya sama ga ?? Secara universal semua manusia itu kaya gimana ??
Saya ga bicara nama ... kalo nama ... ada sejuta nama Tuhan di dunia ...

doooohhh ck ck ck ... segini aja toh konsep Tuhan buat FFI

No wonder ...

Kalau saya tanya

1. Ren ... gajah itu kaya gimana sih ??? Masa anda langsung bayangin binatang yang hidup di laut
2. Ren ... monyet itu apa sih ?? Apa anda langsung bayangin binatang yang terbang2 pake sayap

dsb

3. Jadi ... sekarang saya tanya .... Ren ... Tuhan itu kaya gimana sih buat anda ???
Silahkan jawab ... dengan kemampuan berpikir terbaik mu ya ... janji loohhhh

binar


Pertanyaan sederhana ginian kok di pules pules sih


Semuanya melakukan KLAIM sebagai Tuhan - Ilah yang menciptakan dunia

Pertanyaan :
Apa mereka itu OKNUM yang sama dan bisa disebut sebagai Tuhan universal ??
Sanggup mencerna kalimat afa ga ya ??
basi

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Fri Oct 12, 2012 1:02 pm

duren swt wrote:
Semuanya melakukan KLAIM sebagai Tuhan - Ilah yang menciptakan dunia

Pertanyaan :
Apa mereka itu OKNUM yang sama dan bisa disebut sebagai Tuhan universal ??
Sanggup mencerna kalimat afa ga ya ??
basi

Sanggup banget jeng ... justru ternyata anda yang ga nyetrum2
kekekekekeke

Makanya ... kalo sudah bicara oknum itu sudah masuk tafsir manusia tentang Tuhan dan jelas Tuhannya jadi beda2 dan ga ada yang sama ... artinya sudah pasti masing2 agama punya Tuhannya sendiri2 (apalagi kalau dihubungkan per ayat, per nama dan per oknum)

Jadi untuk dilihat apakah sama atau tidak ... jangan pakai tafsir manusia dilihat dari agamanya ... tapi dikembalikan lagi dari awal bagaimana cara manusia berpikir tentang Tuhan secara umum

sepertinya anda mengalami masalah ya membaca postingan panjang ...
Saya sudah bahas ini dengan Manusia blegug dan Foxhound ... masih aja blum nyangkut

ck ck ck ck

binar
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Fri Oct 12, 2012 1:24 pm

@dee-nee wrote:
duren swt wrote:
Semuanya melakukan KLAIM sebagai Tuhan - Ilah yang menciptakan dunia

Pertanyaan :
Apa mereka itu OKNUM yang sama dan bisa disebut sebagai Tuhan universal ??
Sanggup mencerna kalimat afa ga ya ??
basi

Jadi untuk dilihat apakah sama atau tidak ... jangan pakai tafsir manusia dilihat dari agamanya ... tapi dikembalikan lagi dari awal bagaimana cara manusia berpikir tentang Tuhan secara umum

Sadar ga ngomong MABOK MU yang saling bertentangan pada bold merah dan biru ini

  • jangan pakai tafsir manusia dilihat dari agamanya
    VS

    bagaimana cara manusia berpikir
    .



Emanknya manusia MENAFSIR itu apa bukan hasil MIKIR ??

sepertinya anda mengalami masalah ya membaca postingan panjang ...
Sepertinya untuk memahami kalimat pendek yang keluar dari mulut mu sendiri aja ... elo dah mengalami masalah besar
piss

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 7 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik