FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Halaman 4 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Otak Trailer on Thu Jul 12, 2012 1:42 pm

First topic message reminder :

apa ada yg sanggup bantu ane?jelasin dikitlah apa ente tau perihal ilmu ketuhanan
:lkj:
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down


Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Sat Sep 29, 2012 12:08 pm

padahal sudah jelas2 di quran bertebaran ayat2 ttg allah swt yg punya emosi, bertangan, bermata, dll. lantas disebut apakah hal2 tsb jika tidak menyerupai manusia ? sungguh kontradiktif.
emosi merupakan sitilah yg dikenalkan untuk ciptaan dari pencipta.

dan sejumlah simbol digunakan utk memudahkan manusia dalam mengenailnyah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Sat Sep 29, 2012 11:27 pm

@abu hanan wrote:
padahal sudah jelas2 di quran bertebaran ayat2 ttg allah swt yg punya emosi, bertangan, bermata, dll. lantas disebut apakah hal2 tsb jika tidak menyerupai manusia ? sungguh kontradiktif.
emosi merupakan sitilah yg dikenalkan untuk ciptaan dari pencipta.

dan sejumlah simbol digunakan utk memudahkan manusia dalam mengenailnyah..

mengenal apa ? mengenal perasaan sang tuhan ? kembali lagi donk bhw tuhan ternyata sama dgn manusia. jdi dalil bhw dzat itu tdk mirip apa2 itu darimana ? maaf tapi jawaban ente tidak menjawab persoalan.

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Sun Sep 30, 2012 6:10 pm

@Otak Trailer wrote:
@dee-nee wrote:Boleh numpang Jawab pertanyaan TS

Kalau menurut gue .. pada dasarnya semua manusia mempunyai konsep yang sama tentang Tuhan

Ilmu ke Tuhanan ini ada dalam agama, dan setiap agama mempunyai caranya masing2 untuk menafsirkan Tuhan, makanya jadilah Tuhan itu berbeda2 ...

Dengan begitu,apa berarti tuhan muslim is sama dengan tuhan kafir?
Lo sembah Allah yg lo seru as God.Kristen sembah Yesus as manifestasi or avatara of Bapa.

Is sama or berbeda?
Parah bangets quality moslem slimer in this forum.
bacot

Sorry saya ga liat kalo ada balasannya ... dah basi juga yah ...

basi basi

Saya bilang secara konsep Tuhan itu sama ... maksudnya konsep disini adalah bagaimana semua theist mempercayai adanya Tuhan ...

Diantara konsep yang sama bagi para theist ini ... lalu ditafsirkannya beda2 ... dengan cara yang berbeda pula ... makanya jadinya Tuhannya beda2

Ada yang bilang matahari itu Tuhan ... caranya mereka menyembah matahari ... Ada yang bilang pohon ini punya kekuatan Tuhan ... caranya mereka menyembah pohon.

Yang diyakini oleh Islam adalah ... udah ga usah ribet nyembah2 benda ... yang intinya aja yang disembah.

Saya pribadi ... kalo ditanya is sama or berbeda? Ya yang justru harus ditanya duluan adalah mereka yang nyembah benda itu ... yang disembah itu apanya ?? bendanya atau sesuatu yang terkandung dalam benda itu ... konsep Tuhan bagi mereka itu gimana ...

Yahweh, Allah Bapa, atau Allah SWT bagi saya sama .... tapi bila Yesus masuk sebagai Tuhan ... artinya mereka punya penafsiran yang berbeda lagi tentang konsep Tuhan ini ...

ngerti atau tambah mbulet ya ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Sun Sep 30, 2012 6:15 pm

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
dini wrote:
Boleh numpang Jawab pertanyaan TS

Kalau menurut gue .. pada dasarnya semua manusia mempunyai konsep yang sama tentang Tuhan

Ilmu ke Tuhanan ini ada dalam agama, dan setiap agama mempunyai caranya masing2 untuk menafsirkan Tuhan, makanya jadilah Tuhan itu berbeda2 ...

maaf tapi ente keliru. justru karena berbeda2 maka ada forum seperti ini...doh????
bukankah konsep itu lahir dari penafsiran ???? hellloo???
jgn terlalu banyak bermain kata2, hanya akan membingungkan diri sendiri dan menyesatkan orang lain.

No .. (yang saya bold) menurut saya ... konsep Tuhan ada dulu baru terjadi tafsir tentang bagaimana Tuhan itu ... dan memang forum seperti ini selalu meributkan yang beda2 tafsir ini ... bukan ngeributin konsep Tuhan ...

konsep Tuhan bagi semua theist pada dasarnya sama ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Sun Sep 30, 2012 6:36 pm

@dee-nee wrote:
@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
dini wrote:
Boleh numpang Jawab pertanyaan TS

Kalau menurut gue .. pada dasarnya semua manusia mempunyai konsep yang sama tentang Tuhan

Ilmu ke Tuhanan ini ada dalam agama, dan setiap agama mempunyai caranya masing2 untuk menafsirkan Tuhan, makanya jadilah Tuhan itu berbeda2 ...

maaf tapi ente keliru. justru karena berbeda2 maka ada forum seperti ini...doh????
bukankah konsep itu lahir dari penafsiran ???? hellloo???
jgn terlalu banyak bermain kata2, hanya akan membingungkan diri sendiri dan menyesatkan orang lain.

No .. (yang saya bold) menurut saya ... konsep Tuhan ada dulu baru terjadi tafsir tentang bagaimana Tuhan itu ... dan memang forum seperti ini selalu meributkan yang beda2 tafsir ini ... bukan ngeributin konsep Tuhan ...

konsep Tuhan bagi semua theist pada dasarnya sama ...

oh no no no... justru keadaan tuhan lahir dari penafsiran manusia atas keadaan sekitarnya. karena manusia berpikir ttg alam semesta lah makanya lahir teori bhw di suatu masa tentulah ada yg berkuasa/membuat segala sesuatu di alam semesta ini. karena manusia melihat dan takjub akan fenomena alam lah maka lahir berbagai macam dewa dewi kuno, dari dewa matahari hingga dewi kecantikan.

dari fenomena alam yg tidak dimengerti inilah maka lahir konsep tuhan/dewa yg baik atau buruk, dewa marah atau bahagia. jika keadaan aman tentram, dianggap dewa sedang senang dan jika ada musibah maka dianggap dewa sedang marah. hal ini diasosiasikan dgn sikap manusia itu sendiri sesuai sikon dari emosi. ya maklum lah, otak jaman dulu beda jauh ama otak jaman sekarang.

forum ini tidak hanya perbedaan soal tafsir namun perbedaan sosok dari tuhan itu sendiri. kalo hanya masalah perbedaan tafsir, seharusnya hanya ada 1 sumber pengetahuan bagi semua yg berdebat. misal seperti masalah penentuan awal dan akhir puasa, itu bru disebut perbedaan tafsir. klo udah menyangkut antar aagama, itu udah masalah perbedaan konsep.

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Sun Sep 30, 2012 6:40 pm

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
@dee-nee wrote:
@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
dini wrote:
Boleh numpang Jawab pertanyaan TS

Kalau menurut gue .. pada dasarnya semua manusia mempunyai konsep yang sama tentang Tuhan

Ilmu ke Tuhanan ini ada dalam agama, dan setiap agama mempunyai caranya masing2 untuk menafsirkan Tuhan, makanya jadilah Tuhan itu berbeda2 ...

maaf tapi ente keliru. justru karena berbeda2 maka ada forum seperti ini...doh????
bukankah konsep itu lahir dari penafsiran ???? hellloo???
jgn terlalu banyak bermain kata2, hanya akan membingungkan diri sendiri dan menyesatkan orang lain.

No .. (yang saya bold) menurut saya ... konsep Tuhan ada dulu baru terjadi tafsir tentang bagaimana Tuhan itu ... dan memang forum seperti ini selalu meributkan yang beda2 tafsir ini ... bukan ngeributin konsep Tuhan ...

konsep Tuhan bagi semua theist pada dasarnya sama ...

oh no no no... justru keadaan tuhan lahir dari penafsiran manusia atas keadaan sekitarnya. karena manusia berpikir ttg alam semesta lah makanya lahir teori bhw di suatu masa tentulah ada yg berkuasa/membuat segala sesuatu di alam semesta ini. karena manusia melihat dan takjub akan fenomena alam lah maka lahir berbagai macam dewa dewi kuno, dari dewa matahari hingga dewi kecantikan.

dari fenomena alam yg tidak dimengerti inilah maka lahir konsep tuhan/dewa yg baik atau buruk, dewa marah atau bahagia. jika keadaan aman tentram, dianggap dewa sedang senang dan jika ada musibah maka dianggap dewa sedang marah. hal ini diasosiasikan dgn sikap manusia itu sendiri sesuai sikon dari emosi. ya maklum lah, otak jaman dulu beda jauh ama otak jaman sekarang.

forum ini tidak hanya perbedaan soal tafsir namun perbedaan sosok dari tuhan itu sendiri. kalo hanya masalah perbedaan tafsir, seharusnya hanya ada 1 sumber pengetahuan bagi semua yg berdebat. misal seperti masalah penentuan awal dan akhir puasa, itu bru disebut perbedaan tafsir. klo udah menyangkut antar aagama, itu udah masalah perbedaan konsep.

Maksudku gini loh ... ini manusia nih ... dia melihat fenomena alam dsb ... lalu manusia sadar bahwa ada suatu energi maha sempurna yang menguasai alam ini >>> lahirlah konsep Tuhan

Setelah mereka sadar akan keberadaan si energi maha sempurna yang menguasai alam ini >> berkembanglah berbagai penafsiran tentang siapa, apa, dan bagaimana si MAHA SEMPURNA itu ...
(tambahan : berikut bagaimana masing2 manusia menafsirkan cara menyembah si MAHA SEMPURNA ini)

yang saya bold diatas tentang dewa dewi itu sudah merupakan hasil penafsiran dari kesadaran mereka bahwa Tuhan itu ada ... si MAHA SEMPURNA itu ada ... konsep Tuhan sudah ada)

Jadilah forum2 kaya gini ... hehehehe



Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Sun Sep 30, 2012 6:46 pm, total 2 kali diubah (Reason for editing : ada tambahan)
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Sun Sep 30, 2012 7:15 pm

@dee-nee wrote:

Maksudku gini loh ... ini manusia nih ... dia melihat fenomena alam dsb ... lalu manusia sadar bahwa ada suatu energi maha sempurna yang menguasai alam ini >>> lahirlah konsep Tuhan

dan maksud gw adalah proses melihat fenomena alam dan sadar akan sebuah entiti luar biasa itu yg disebut penafsiran....

melihat dan sadar, get it ?

@dee-nee wrote:
Setelah mereka sadar akan keberadaan si energi maha sempurna yang menguasai alam ini >> berkembanglah berbagai penafsiran tentang siapa, apa, dan bagaimana si MAHA SEMPURNA itu ...
(tambahan : berikut bagaimana masing2 manusia menafsirkan cara menyembah si MAHA SEMPURNA ini)

mbaaa...itu namanya menyusun konsep panas






MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Sun Sep 30, 2012 11:57 pm

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:

dan maksud gw adalah proses melihat fenomena alam dan sadar akan sebuah entiti luar biasa itu yg disebut penafsiran....

melihat dan sadar, get it ?

Ok ... saya setuju dengan anda ... benar banget ... tapi maksud kalimat saya sebelumnya adalah

Saya bilang secara konsep Tuhan itu sama ... maksudnya konsep disini adalah bagaimana semua theist mempercayai adanya Tuhan ...

Diantara konsep yang sama bagi para theist ini ... lalu ditafsirkannya beda2 ... dengan cara yang berbeda pula ... makanya jadinya Tuhannya beda2

Jadi ... kalau runut di tahapan anda ... setelah adanya penafsiran tentang fenomena alam dsb ... lalu apakah penafsiran setelah melihat fenomena alam ini pasti berakhir dengan konsep Tuhan ?? Bagaimana dengan para atheist dan scientist ... kurang apalagi mereka dalam menafsirkan fenomena alam ... tetap mereka tidak sampai pada konsep Tuhan

Jadi memang ada penafsiran dulu tentang fenomena alam ... lalu terbagi antara atheist dan theist ... bung OT yang punya tret ini kan atheist ... makanya langsung saya simpulkan ... bagi para theist konsep Tuhan sama ... namun penafsirannya yang berbeda ...

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
@dee-nee wrote:
Setelah mereka sadar akan keberadaan si energi maha sempurna yang menguasai alam ini >> berkembanglah berbagai penafsiran tentang siapa, apa, dan bagaimana si MAHA SEMPURNA itu ...
(tambahan : berikut bagaimana masing2 manusia menafsirkan cara menyembah si MAHA SEMPURNA ini)

mbaaa...itu namanya menyusun konsep panas

tet tot .... jelasin coba maksudnya apa dan salah saya dimana ...

joged joged


avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Mon Oct 01, 2012 1:30 am

@dee-nee wrote:Boleh numpang Jawab pertanyaan TS

Kalau menurut gue .. pada dasarnya semua manusia mempunyai konsep yang sama tentang Tuhan

Ilmu ke Tuhanan ini ada dalam agama, dan setiap agama mempunyai caranya masing2 untuk menafsirkan Tuhan, makanya jadilah Tuhan itu berbeda2 ...

Saya kira tidak... Yang pasti Islam memang benar2 berani tampil beda...

Tuhan di Islam, adalah Alloh yang mengikuti segala kemauan dan keinginan nabinya (termasuk keinginan ngembat mantan menantunya, hingga muncul ayat yang mengkritik budaya Arab yang memperlakukan anak angkat selayaknya anak kandung). Sehingga seringkali saya juga jadi bingung... benernya yang tuhan yang mana.

Kemudian antara Tuhan Islam dan Tuhan Yahudi.... jelas sangat bertolak belakang. Tuhan Yahudi, YHVH, telah membuktikan diri-Nya dalam setiap janjiNya kepada umatNya Israel.

Sedangkan di FFI, sampai sekarang, ketika saya minta janji Alloh kepada umatnya Islam / Arab, sebuah janji yang tegas dan pasti (yang tidak disertai insyaallah), yang kemudian terbukti sudah ditepati... belum ada muslim yang memberikannya kepada saya. Mungkin nanti di sini ada...

Tetapi intinya bukan hanya itu, konsep muslim soal Tuhan mereka (mungkin tidak bisa secara general juga akan diakui oleh beberapa muslim dengan pemahaman berbeda) adalah juga Tuhan yang membenci kaum Yahudi dan Nasrani.

Tuhan Islam, bersumpah bahwa hingga hari kiamat, dia akan mengirim kepada mereka orang2 yang akan menimpakan azab yang seburuk2nya.

7:167. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memberitahukan, bahwa sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari kiamat orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka azab yang seburuk-buruknya. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksa-Nya, dan sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Yang artinya hingga akhir jaman nanti Yahudi akan diremukkan oleh Tuhan Islam.

Sebaliknya, YHVH bersumpah terhadap Israel

Zec 2:8 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu--sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya--:

Tentu para muslim akan berdalih... ini belum kiamat, lihat saja nanti....

Mungkin bisa begitu, tetapi yang ingin saya uji adalah, kenapa muslim begitu percaya terhadap janji tuhan mereka? Adakah satu saja janji yang tegas dan pasti dari AllohSWT kepada umat nya Islam / Arab, tanpa insyaallah, yang memang sudah terbukti tergenapi sehingga mereka begitu percayanya?

Sementara perbuatan YHVH terhadap Israel, sudah begitu nyata.

Eze 36:22 Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang.
Eze 36:23 Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.
Eze 36:24 Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu.

Apa yang dilakukan YHVH kepada Israel, sebenarnya bukan hanya untuk Israel, tetapi untuk menyatakan kepada bangsa2 bahwa Dialah Tuhan seperti yang tercantum di sana.

Jadi.... memang Tuhan Islam berbeda dan bertolak belakang dengan YHVH. Ya tinggal percaya yang mana kan? Kalau salah ya wallahualam nanti di akherat...
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Mon Oct 01, 2012 6:52 am

@dee-nee wrote:

Jadi ... kalau runut di tahapan anda ... setelah adanya penafsiran tentang fenomena alam dsb ... lalu apakah penafsiran setelah melihat fenomena alam ini pasti berakhir dengan konsep Tuhan ?? Bagaimana dengan para atheist dan scientist ... kurang apalagi mereka dalam menafsirkan fenomena alam ... tetap mereka tidak sampai pada konsep Tuhan

Jadi memang ada penafsiran dulu tentang fenomena alam ... lalu terbagi antara atheist dan theist ... bung OT yang punya tret ini kan atheist ... makanya langsung saya simpulkan ... bagi para theist konsep Tuhan sama ... namun penafsirannya yang berbeda ...

penafsiran theist atas fenomena nya yg sama yaitu keadaan tuhan, konsep tuhannya yg berbeda2.

@dee-nee wrote:
tet tot .... jelasin coba maksudnya apa dan salah saya dimana ...

joged joged



hehehe...klo udah mengarah menjelaskan ttg detil itu namanya udah konsep mbaaa.... apa dan bagaimana bentuk,sifat, dan segala tetek bengek ttg tuhan itu sudah masuk area konsep.

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Mon Oct 01, 2012 9:13 am

@Foxhound wrote:
@dee-nee wrote:Boleh numpang Jawab pertanyaan TS

Kalau menurut gue .. pada dasarnya semua manusia mempunyai konsep yang sama tentang Tuhan

Ilmu ke Tuhanan ini ada dalam agama, dan setiap agama mempunyai caranya masing2 untuk menafsirkan Tuhan, makanya jadilah Tuhan itu berbeda2 ...

Saya kira tidak... Yang pasti Islam memang benar2 berani tampil beda...

Tuhan di Islam, adalah Alloh yang mengikuti segala kemauan dan keinginan nabinya (termasuk keinginan ngembat mantan menantunya, hingga muncul ayat yang mengkritik budaya Arab yang memperlakukan anak angkat selayaknya anak kandung). Sehingga seringkali saya juga jadi bingung... benernya yang tuhan yang mana.

Kemudian antara Tuhan Islam dan Tuhan Yahudi.... jelas sangat bertolak belakang. Tuhan Yahudi, YHVH, telah membuktikan diri-Nya dalam setiap janjiNya kepada umatNya Israel.

Sedangkan di FFI, sampai sekarang, ketika saya minta janji Alloh kepada umatnya Islam / Arab, sebuah janji yang tegas dan pasti (yang tidak disertai insyaallah), yang kemudian terbukti sudah ditepati... belum ada muslim yang memberikannya kepada saya. Mungkin nanti di sini ada...

Tetapi intinya bukan hanya itu, konsep muslim soal Tuhan mereka (mungkin tidak bisa secara general juga akan diakui oleh beberapa muslim dengan pemahaman berbeda) adalah juga Tuhan yang membenci kaum Yahudi dan Nasrani.

Tuhan Islam, bersumpah bahwa hingga hari kiamat, dia akan mengirim kepada mereka orang2 yang akan menimpakan azab yang seburuk2nya.

7:167. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memberitahukan, bahwa sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari kiamat orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka azab yang seburuk-buruknya. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksa-Nya, dan sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Yang artinya hingga akhir jaman nanti Yahudi akan diremukkan oleh Tuhan Islam.

Sebaliknya, YHVH bersumpah terhadap Israel

Zec 2:8 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu--sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya--:

Tentu para muslim akan berdalih... ini belum kiamat, lihat saja nanti....

Mungkin bisa begitu, tetapi yang ingin saya uji adalah, kenapa muslim begitu percaya terhadap janji tuhan mereka? Adakah satu saja janji yang tegas dan pasti dari AllohSWT kepada umat nya Islam / Arab, tanpa insyaallah, yang memang sudah terbukti tergenapi sehingga mereka begitu percayanya?

Sementara perbuatan YHVH terhadap Israel, sudah begitu nyata.

Eze 36:22 Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang.
Eze 36:23 Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.
Eze 36:24 Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu.

Apa yang dilakukan YHVH kepada Israel, sebenarnya bukan hanya untuk Israel, tetapi untuk menyatakan kepada bangsa2 bahwa Dialah Tuhan seperti yang tercantum di sana.

Jadi.... memang Tuhan Islam berbeda dan bertolak belakang dengan YHVH. Ya tinggal percaya yang mana kan? Kalau salah ya wallahualam nanti di akherat...

semua yang anda katakan sudah masuk dalam tafsir setelah adanya konsep Tuhan

pliss pliss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Mon Oct 01, 2012 9:14 am

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
penafsiran theist atas fenomena nya yg sama yaitu keadaan tuhan, konsep tuhannya yg berbeda2.

Keadaan Tuhan ?? .... kekekekeke

Jadi menurut anda ... urutannya adalah tafsir fenomena alam ... trus khusus untuk theist mereka jadi tau keadaan Tuhan ... lalu mereka baru bikin konsep Tuhan ... gitu ya ??

bedanya apa sih antara konsep Tuhan sama keadaan Tuhan ?? lalu yang disebut keadaan Tuhan itu maksudnya gimana ??

Konsep Tuhan yang jadi beda2 atau konsep agama yang jadi beda2 ??

Urutan saya khusus untuk theist adalah : tafsir alam >> konsep Tuhan >> tafsir tentang Tuhan >>> konsep agama ... >> karena saya bicara khusus untuk theist ... saya langsung pada yang saya bold

Bagaimana menurut anda ??

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:hehehe...klo udah mengarah menjelaskan ttg detil itu namanya udah konsep mbaaa.... apa dan bagaimana bentuk,sifat, dan segala tetek bengek ttg tuhan itu sudah masuk area konsep.

Yang ini ga usah dibahas ya ... fokus yang diatas aja ... okey nduk

binar
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Mon Oct 01, 2012 12:24 pm

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
@abu hanan wrote:
padahal sudah jelas2 di quran bertebaran ayat2 ttg allah swt yg punya emosi, bertangan, bermata, dll. lantas disebut apakah hal2 tsb jika tidak menyerupai manusia ? sungguh kontradiktif.
emosi merupakan sitilah yg dikenalkan untuk ciptaan dari pencipta.

dan sejumlah simbol digunakan utk memudahkan manusia dalam mengenailnyah..

mengenal apa ? mengenal perasaan sang tuhan ? kembali lagi donk bhw tuhan ternyata sama dgn manusia. jdi dalil bhw dzat itu tdk mirip apa2 itu darimana ? maaf tapi jawaban ente tidak menjawab persoalan.
yup...sayah tidak menjawab itu disinih..kalow anda keliling mungkin akan menemukan apa yg sayah kamsut..maaf..sayah lupa linknyah..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Mon Oct 01, 2012 12:39 pm

@Foxhound wrote:

Saya kira tidak... Yang pasti Islam memang benar2 berani tampil beda...

Tuhan di Islam, adalah Alloh yang mengikuti segala kemauan dan keinginan nabinya (termasuk keinginan ngembat mantan menantunya, hingga muncul ayat yang mengkritik budaya Arab yang memperlakukan anak angkat selayaknya anak kandung). Sehingga seringkali saya juga jadi bingung... benernya yang tuhan yang mana.

Kemudian antara Tuhan Islam dan Tuhan Yahudi.... jelas sangat bertolak belakang. Tuhan Yahudi, YHVH, telah membuktikan diri-Nya dalam setiap janjiNya kepada umatNya Israel.
Sayah sengaja membuka warung baru untuk membahas 2 hal,yg jika tidak memungkinkan maka 1 itu uda cukup,anak angkat.tetapi jika anda tidak keberatan dalam obrolan pun bisa juga mengembangkan ke janji yg diyakini muslim.

http://www.laskarislam.com/t3804-hukum-anak-angkat-islam-dan-janji-allah#40069


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by SEGOROWEDI on Mon Oct 01, 2012 12:47 pm

Tuhan-nya Musa ketika ditanya namanya hanya menjawab:
AKU ADALAH AKU

sedang ilahnya muhammad dan muslim
namanya ALOH SWT

kesimpulan:
BEDA

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by abu hanan on Mon Oct 01, 2012 1:17 pm

@Foxhound wrote:

Tetapi intinya bukan hanya itu, konsep muslim soal Tuhan mereka (mungkin tidak bisa secara general juga akan diakui oleh beberapa muslim dengan pemahaman berbeda) adalah juga Tuhan yang membenci kaum Yahudi dan Nasrani.

Tuhan Islam, bersumpah bahwa hingga hari kiamat, dia akan mengirim kepada mereka orang2 yang akan menimpakan azab yang seburuk2nya.


[url= http://www.laskarislam.com/t3601-belajar-dgn-kang-abu-dan-bro-metheny] http://www.laskarislam.com/t3601-belajar-dgn-kang-abu-dan-bro-metheny[/url]

thread ini saya buka karena bro musicman kecapean jadi mak comblang.... dan biar bisa ngobrol dgn kang abu tanpa "wasilah" maka saya buka thread ini dengan topik yg saya sendiri belum selesai belajarnya, maka saya sebagai murid meminta kesediaan guru2 saya yaitu kang abu dan bro metheny untuk tulisan yg saya quote dibawah ini ( suasana serius neh wkwkwk )
anda bisa nongkrong di warung sanah...sekalian bawa kopi dan rokok kretek...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by MaNuSiA_bLeGuG on Mon Oct 01, 2012 2:44 pm

@dee-nee wrote:

Keadaan Tuhan ?? .... kekekekeke

Jadi menurut anda ... urutannya adalah tafsir fenomena alam ... trus khusus untuk theist mereka jadi tau keadaan Tuhan ... lalu mereka baru bikin konsep Tuhan ... gitu ya ??

bedanya apa sih antara konsep Tuhan sama keadaan Tuhan ?? lalu yang disebut keadaan Tuhan itu maksudnya gimana ??

mksd dari "keadaan" itu bukan kondisi tapi ke-ADA-an hehehe...

memang begitu adanya, agama2 lahir didunia selalu disebabkan karena ketidak mampuan otal manusia utk mengerti ttg penyebab2 dan mengatasi fenomena yg terjadi di alam seperti bencana alam, wabah penyakit, dll. awalnya manusia menafsirkan bhw masing2 peristiwa besar itu pasti kerjaan sesosok yg memiliki kuasa besar yg perlu disembah atau diberi persembahan utk memuaskan keinginan sosok trsbt agar terhindar dari misalnya bencana alam, dan lahirlah berbagai macam dewa2 yg mewakili masing2 peristiwa. perkembangan berlanjut hingga munculnya faham monotheism, dan bukan islam loh yg pertama kali berfaham mono.


@dee-nee wrote:
Konsep Tuhan yang jadi beda2 atau konsep agama yang jadi beda2 ??

Urutan saya khusus untuk theist adalah : tafsir alam >> konsep Tuhan >> tafsir tentang Tuhan >>> konsep agama ... >> karena saya bicara khusus untuk theist ... saya langsung pada yang saya bold

Bagaimana menurut anda ??

setuju, karena emg sesuai perkataan saya awal2 bhw konsep tuhan lahir dari penafsiran atas fenomena alam kcuali bagian tafsir tuhan. dan karena penafsiran atas fenomena alam tsb lah lahir konsep tuhan/dewa yg senang klo sedang panen, marah klo sedang gagal panen misalnya. dan saya rasa ini yg anda maksud sbg tafsir tuhan. menafsirkan berbagai kejadian sehari2 dgn ketuhanan. atau saya salah ?

@dee-nee wrote:
@MaNuSiA_bLeGuG wrote:hehehe...klo udah mengarah menjelaskan ttg detil itu namanya udah konsep mbaaa.... apa dan bagaimana bentuk,sifat, dan segala tetek bengek ttg tuhan itu sudah masuk area konsep.

Yang ini ga usah dibahas ya ... fokus yang diatas aja ... okey nduk

binar

wah susah donk jeng, karena disini letak permasalahannya yaitu tentng arti dari konsep.

MaNuSiA_bLeGuG
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 38
Location : di hatimu
Join date : 28.09.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by dee-nee on Mon Oct 01, 2012 3:53 pm

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
@dee-nee wrote:

Keadaan Tuhan ?? .... kekekekeke

Jadi menurut anda ... urutannya adalah tafsir fenomena alam ... trus khusus untuk theist mereka jadi tau keadaan Tuhan ... lalu mereka baru bikin konsep Tuhan ... gitu ya ??

bedanya apa sih antara konsep Tuhan sama keadaan Tuhan ?? lalu yang disebut keadaan Tuhan itu maksudnya gimana ??

mksd dari "keadaan" itu bukan kondisi tapi ke-ADA-an hehehe...

memang begitu adanya, agama2 lahir didunia selalu disebabkan karena ketidak mampuan otal manusia utk mengerti ttg penyebab2 dan mengatasi fenomena yg terjadi di alam seperti bencana alam, wabah penyakit, dll. awalnya manusia menafsirkan bhw masing2 peristiwa besar itu pasti kerjaan sesosok yg memiliki kuasa besar yg perlu disembah atau diberi persembahan utk memuaskan keinginan sosok trsbt agar terhindar dari misalnya bencana alam, dan lahirlah berbagai macam dewa2 yg mewakili masing2 peristiwa. perkembangan berlanjut hingga munculnya faham monotheism, dan bukan islam loh yg pertama kali berfaham mono.

sip sip ... setuju dengan anda

nice info

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
@dee-nee wrote:
Konsep Tuhan yang jadi beda2 atau konsep agama yang jadi beda2 ??

Urutan saya khusus untuk theist adalah : tafsir alam >> konsep Tuhan >> tafsir tentang Tuhan >>> konsep agama ... >> karena saya bicara khusus untuk theist ... saya langsung pada yang saya bold

Bagaimana menurut anda ??

setuju, karena emg sesuai perkataan saya awal2 bhw konsep tuhan lahir dari penafsiran atas fenomena alam kcuali bagian tafsir tuhan. dan karena penafsiran atas fenomena alam tsb lah lahir konsep tuhan/dewa yg senang klo sedang panen, marah klo sedang gagal panen misalnya. dan saya rasa ini yg anda maksud sbg tafsir tuhan. menafsirkan berbagai kejadian sehari2 dgn ketuhanan. atau saya salah ?

sip sip ... setuju lagi dengan anda

nice info nice info

@MaNuSiA_bLeGuG wrote:
@dee-nee wrote:
@MaNuSiA_bLeGuG wrote:hehehe...klo udah mengarah menjelaskan ttg detil itu namanya udah konsep mbaaa.... apa dan bagaimana bentuk,sifat, dan segala tetek bengek ttg tuhan itu sudah masuk area konsep.

Yang ini ga usah dibahas ya ... fokus yang diatas aja ... okey nduk

binar

wah susah donk jeng, karena disini letak permasalahannya yaitu tentng arti dari konsep.

Ga usah dibahas lah ... kita dah sama2 setuju kok ... saya liat bedanya kan cuma di masalah tata bahasa saja :)

kangen
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Mon Oct 01, 2012 5:21 pm


Mbak Dee-Nee,

Bahkan di dalam dunia pengetahuan, religion juga terjadi. Ketika suatu konsep diteliti, dan hasil penelitiannya tidak membawa sesuatu yang pasti, dan kemudian tafsir dan pendapat berbeda muncul… akan terjadi “religion” pada konsep tersebut.

Jadi memang sebenarnya tidak salah; bahwa tafsir, harusnya muncul setelah konsep. Saya paham maksud anda bukannya tidak.

Secara logika, seperti contoh saya di atas. Konsep muncul terlebih dahulu, tafsir kemudian muncul secara berbeda, orang yang cocok dengan tafsir tersebut dan kemudian mengadopsinya dengan sepenuh hati dan yakin akan memeluknya sebagai agama.

Tetapi… ijinkan saya jg menjelaskan bahwa konsep Tuhan di dalam agama Samawi (Yahudi-Kristen-Islam) sendiri sudah berbeda dengan konsep Tuhan di agama lain. Konsep bahwa Tuhan itu ada, dan kemudian manusia mencari Tuhan dan menafsirkan dengan berbeda, tidak berlaku pada agama Samawi. Karena dalam agama Samawi, Tuhan lah yang memperkenalkan diri kepada manusia… Jadi bukan manusia yang mencari siapa itu Tuhan.

Jadi setidaknya, kalau mau dibuat compatible antara sudut pandang anda dengan saya. Maka sebenarnya ada tiga konsep berbeda, yaitu Atheist, Unknown God, dan kemudian Absolute God.

Agnostic, Budha, KongHuCu (kalau mau dibilang agama karena sebenarnya tidak membahas Tuhan), Animisme, Polytheisme… Termasuk dalam kategori Unknown God. Di mana manusia meyakini konsep Tuhan, kemudian mencari the unknown God sehingga muncul tafsir berbeda antar Tuhan. Ini lah yang mendasari pemahaman anda.

Tetapi sekali lagi untuk agama Samawi, the Absolute God declare himself. Jadi bahkan konsep Tuhan itu pun datangnya bukan dari manusia tetapi dari Tuhan itu sendiri, sehingga tafsir tidak dibutuhkan. Maka apabila teori anda bahwa “tafsir muncul setelah konsep” kemudian diberlakukan pada agama Samawi akan terjadi paradox.

Dan karena konsep Tuhannya adalah absolut, maka tidak ada tafsir tentang siapa Tuhan. Tetapi tetap kemudian muncul tafsir tentang pernyataan Tuhan tentang diriNya, seperti apakah Tuhan itu.

Yang saya ulas sebenarnya adalah pernyataan Tuhan tentang diriNya itu, antara Yahudi dan Islam, sangat bertolak belakang. Dan semuanya menganut konsep Absolute God. Jadi tidak mungkin dua2nya benar, harus ada yang satu salah, yang satu benar…. Atau dua2nya salah, yang juga artinya tinggal Atheist dan Unknown God yang mungkin benar.

Tetapi tetap inti dari pesan saya… sesuai judul topik.... Tuhan Islam memang berani tampil beda ☺
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Mon Oct 01, 2012 5:33 pm

@abu hanan wrote:Sayah sengaja membuka warung baru untuk membahas 2 hal,yg jika tidak memungkinkan maka 1 itu uda cukup,anak angkat.tetapi jika anda tidak keberatan dalam obrolan pun bisa juga mengembangkan ke janji yg diyakini muslim.

http://www.laskarislam.com/t3804-hukum-anak-angkat-islam-dan-janji-allah#40069

Bang Abu, mohon maaf, mungkin karena masih trainee... saya diundang di thread itu atau di thread satunya untuk membahas anak angkat?

Karena yang anda kasih linknya di atas, saya tidak bisa post reply.

avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by musicman on Mon Oct 01, 2012 5:57 pm

@Fox

Seharusnya bisa. Mohon ditunggu konfirmasinya, sedang di cek.
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Admin on Mon Oct 01, 2012 6:12 pm

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, sekarang sudah bisa diakses...
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://www.laskarislam.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Mon Oct 01, 2012 8:26 pm

@Foxhound wrote:
Tuhan lah yang memperkenalkan diri kepada manusia… Jadi bukan manusia yang mencari siapa itu Tuhan.

@Fox

Saya ingin jadi striker muslim nih kekeke

Pertanyaan :
Apa bukti AWAL dan bukti LANJUTAN ... dari pernyataan bung Fox diatas ??

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Foxhound on Mon Oct 01, 2012 8:37 pm

Kalau memang anda striker muslim, anda harus meyakini AlQuran itu firman Alloh yang tidak mungkin salah lho
boong

duren swt wrote:
Pertanyaan :
Apa bukti AWAL dan bukti LANJUTAN ... dari pernyataan bung Fox diatas ??

Kitab Suci yang diilhami (langsung) dari Tuhan.

Kalimat di atas, berlaku bagi Yahudi dan Islam. Ketika seseorang mempercayai agama Yahudi, atau Islam, mereka mengakui bahwa Kitab Suci yang mereka pegang adalah dari Tuhan mereka masing2 secara langsung. Dan dengan mudah akan bisa ditemui frase2 seperti "Tuhan berfirman" atau "Alloh berfirman"

Sedangkan Kristen, mengakui bahwa Tuhan telah hadir secara langsung di tengah2 manusia. Dan juga mengakui bahwa Tuhan yang sama sudah pernah memberikan perintah langsung melalui para Nabi, menyatakan siapa diriNya, dan apa yang akan dilakukanNya.
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Guest on Mon Oct 01, 2012 9:01 pm

Gw bingung ..monyerang apa lagi ya

Huii Deenee , kemarilah dikau

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tuhan muslim berbeda dengan tuhan agama lain

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik