FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by keroncong on Fri Jul 20, 2012 6:04 pm

First topic message reminder :

teman-teman kristen, saya ingin tahu bagaimana tatacara ibadah puasa dalam agama kristen. saya tahu dalam ajaran kristen ada ibadah puasa, tolong jelaskan bagaimana tatacaranya........ semangat semangat
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Sat Jul 28, 2012 11:15 am

@brotherOON wrote:Puasa Nabi DAUD

2 Samuel 12:16-17 Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun semalam-malaman itu ia berbaring di tanah. Maka datanglah kepadanya para tua-tua yang di rumahnya untuk meminta ia bangun dari lantai, tetapi ia tidak mau; juga ia tidak makan bersama-sama dengan mereka.

Mazmur 35:12 -13 Mereka membalas kebaikanku dengan kejahatan; perasaan bulus mencekam aku. Tetapi aku, ketika mereka sakit, aku memakai pakaian kabung; aku menyiksa diriku dengan berpuasa, dan doaku kembali timbul dalam dadaku

Mazmur 69:10 Aku meremukkan diriku dengan berpuasa

Puasa Nabi NEHEMIAH

Nehemiah 1:4 Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit,

Puasa Nabi EZRA

Ezra 8:21. Kemudian di sana, di tepi sungai Ahawa itu, aku memaklumkan puasa supaya kami merendahkan diri di hadapan Allah kami dan memohon kepada-Nya jalan yang aman bagi kami, bagi anak-anak kami dan segala harta benda kami.

Ezra 10:6. Sesudah itu Ezra pergi dari depan rumah Allah menuju bilik Yohanan bin Elyasib, dan di sana ia bermalam dengan tidak makan roti dan minum air, sebab ia berkabung karena orang-orang buangan itu telah melakukan perbuatan tidak setia.

Puasa Nabi DANIEL

Daniel 9:3 Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa

Daniel 10:3 makanan yang sedap tidak kumakan, daging dan anggur tidak masuk ke dalam mulutku dan aku tidak berurap sampai berlalu tiga minggu penuh

Sifat Puasa Nabi Yesaya

Yesaya 58:4 Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.
mamat 16:29. Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.

gak ada perintah/kewajiban dari Tuhan

@brotherOON wrote:Imamat 23:26-27 TUHAN berfirman kepada Musa: “Akan tetapi pada tanggal sepuluh bulan yang ketujuh itu ada hari Pendamaian; kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan harus merendahkan diri dengan berpuasa dan mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN.

Bilangan 29:7 Pada hari yang kesepuluh bulan yang ketujuh itu haruslah kamu mengadakan pertemuan yang kudus dan merendahkan dirimu dengan berpuasa, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan.

yang diperintah Musa dan spesifik untuk korban hari raya
dan perintahnya gak cuman itu kalau harus diikutin..
btw. Yesus sudah menggenapi semuanya, jadi kita ikut penggenapan secara Yesus
PL ibarat cermin

@brotherOON wrote:Anda bilang puasa demi khusuk dalam doa tapi kok kalimat akibatnya (sebenernya sih pola kalimatnya amburadul )

dengan berpuasa, penghayatan dan kekhusukan doa lebih mendalam

@brotherOON wrote:gmn ya korelasinya ??? Anda berpikir bahwa yang menyuruh agar khusuk dalam doa adalah pasti setan? terus smua ajaran puasa yang ada di alkitab smua setan yang menyuruh atau bagaimana?

pasa sebagai kewajiban/keharusan universal
itu kemauan setan

@brotherOON wrote:puasa adalah menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, tidak hanya memindahkan jam makan dan juga tidak ada pengumbaran hawa nafsu smua biasa saja. Anda bilng sperti itu kan karena
1. Anda ngga ngerti makna dan hakikat puasa
2. Anda tidak puasa karena bukan org beriman

jadi org yg ga puasa ngeliat org puasa ya bgitu jdinya, argumentasi buta namanya

lihat aja faktanya!
menu dan cara buka puasanya tidak seperti biasanya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Sat Jul 28, 2012 11:24 am

ichreza wrote:
oooo jadi pak wedi jarang puasa n puasa klo pengen doanya khusuk doang....... ketawa guling ketawa guling apa hubungannya doa ama puasa ? n puasanya kek gimana?

btw pak wedi dah pernah cobain puasa ala islam?
taruhan yuk, kuat berapa hari........... ntar klo menang tak kasih double award deh.....jadi ntar awardnya ada dua..... sholat yuk sholat yuk

Misalnya di Kisah Rasul mencatat tentang orang-orang percaya yang berpuasa sebelum mereka mengambil keputusan-keputusan penting (Kisah Rasul 13:4; 14:23). Doa dan puasa sering dihubungkan bersama (Lukas 2:37; 5:33). Fokus dari puasa bukan soal tidak makan, tetapi tujuannya adalah melepaskan mata kita dari hal-hal duniawi dan berpusat pada Tuhan. Puasa bukan untuk menghukum tubuh, tapi untuk memusatkan perhatian pada Tuhan.. Tujuan puasanya muslim beda.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by brotherOON on Sat Jul 28, 2012 12:46 pm


gak ada perintah/kewajiban dari Tuhan

memang tidak ada perintah/ kewajiban yang tertulis memang secara eksplisit di dalam alkitab tentang perintah puasa tapi bukan berarti tidak dikenal ibadah puasa dari Adam smpe yesus sperti yang Anda klaim. Ketika nabi2 dalam alkitab melakukan puasa maka mengapa tidak ditiru krena toh apa yang mereka lakukan adalah teladan yang mestinya dicontoh, bukan bgitu?

bukan bermaksud OOT tpi coba kita aplikasikan pda ibadah lain org kristen yaitu ibadah hari minggu, di dalam alkitab tidak ada perintah ibadah hari minggu juga tidak pernh yesus maupun nabi2 sblomnya ibadah hari minggu tpi toh kristen beribadah hari minggu. Sementara ibadah puasa tidak ada perintah secara eksplisit tpi nabi2 termasuk yesus toh ibadah puasa, mengapa yg ini tidak ditiru kan gitu?

Mungkin bgini ya bung wedi alesan dalam kristen tidak dikenal puasa adalah krena kristen itu sendiri independen dari ajaran yesus maupun nabi2 yg lain, krena kita tahu yang mendirikan agama kristen bukan yesus tapi paulus. Yesus tidak pernah mengenal kristen jadi lepas tidak berhubungan. Jadi dalam kristen tidak dikenalnya ibadah puasa bukan krena di alkitab tidak ada ajarannya tapi krena kristen itu sendiri bukan merupakan ajaran nabi2 terdahulu.

dengan berpuasa, penghayatan dan kekhusukan doa lebih mendalam

lah iya toh dengan berpuasa bisa lbih khusyuk kenapa Anda malah bilang kalau perintah puasa itu datangnya dari syetan? Bukankah justru sebaliknya yang tidak menganjurkan puasa agar doa tidak lbih khusyuk itu adalh syetan? bagamana ceritanya ene bsa kebalik?

lihat aja faktanya!
menu dan cara buka puasanya tidak seperti biasanya

ehmm memang kenapa dengan menu dan cara buka puasa? bisa lbih diperjelas?

brotherOON
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 105
Kepercayaan : Islam
Location : Lost World
Join date : 07.07.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by Sombrero on Sun Jul 29, 2012 3:04 am

Kristen memang aneh ajarannya, lebih pada mengkhususkan soal HATI, karena dianggab menyembah dalam roh dan kebenaran, jadi ibadah tidak perlu fisik, yang penting ELING....ELING....cuma disuruh membersihkan hati tentang kebaikan ( Walau prakteknya munafik)

"kristen TIDAK pernah menyembah Allah, apalagi meneladani puasa....." Walau Tuhan kristen memberikan keteladanan tentang puasa, dianggabnya ajaran dari setan. Yesus juga melakukan hal demikian...ajaran seeetaaan !

Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 16
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Sun Jul 29, 2012 12:42 pm

@brotherOON wrote:memang tidak ada perintah/ kewajiban yang tertulis memang secara eksplisit di dalam alkitab tentang perintah puasa tapi bukan berarti tidak dikenal ibadah puasa dari Adam smpe yesus sperti yang Anda klaim. Ketika nabi2 dalam alkitab melakukan puasa maka mengapa tidak ditiru krena toh apa yang mereka lakukan adalah teladan yang mestinya dicontoh, bukan bgitu?

kalau mau melakukan silakan, tetapi bukan keharusan/kewajiban dari Tuhan
dan dasarnya demi kekhusukan dalam doa sebelum mengambil keputusan penting atau yang lain-lain

@brotherOON wrote:bukan bermaksud OOT tpi coba kita aplikasikan pda ibadah lain org kristen yaitu ibadah hari minggu, di dalam alkitab tidak ada perintah ibadah hari minggu juga tidak pernh yesus maupun nabi2 sblomnya ibadah hari minggu tpi toh kristen beribadah hari minggu. Sementara ibadah puasa tidak ada perintah secara eksplisit tpi nabi2 termasuk yesus toh ibadah puasa, mengapa yg ini tidak ditiru kan gitu?

ibadah bisa hari apapun, apa masalahnya kita ibadah hari minggu? atau tidak hari minggu..
kalian kok hobinya asal niru-niru, bahkan model baju dan jenggot

@brotherOON wrote:Mungkin bgini ya bung wedi alesan dalam kristen tidak dikenal puasa adalah krena kristen itu sendiri independen dari ajaran yesus maupun nabi2 yg lain, krena kita tahu yang mendirikan agama kristen bukan yesus tapi paulus. Yesus tidak pernah mengenal kristen jadi lepas tidak berhubungan. Jadi dalam kristen tidak dikenalnya ibadah puasa bukan krena di alkitab tidak ada ajarannya tapi krena kristen itu sendiri bukan merupakan ajaran nabi2 terdahulu.

alasannya:
tidak diperintahkan/diwajibkan oleh Tuhan
dan Tuhan tidak melarang orang berpuasa demi tujuan di atas
maka yang mengharuskan/mewajibkan puasa pasti SETAN

@brotherOON wrote:lah iya toh dengan berpuasa bisa lbih khusyuk kenapa Anda malah bilang kalau perintah puasa itu datangnya dari syetan? Bukankah justru sebaliknya yang tidak menganjurkan puasa agar doa tidak lbih khusyuk itu adalh syetan? bagamana ceritanya ene bsa kebalik?

soal keharusan/kewajibannya itu yang dari setan
bukan puasanya, ngerti?

@brotherOON wrote:memang kenapa dengan menu dan cara buka puasa? bisa lbih diperjelas?

jor-joran, tidak wajar seperti menu sehari-hari
bahkan nyerbu resto-resto mewah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Sun Jul 29, 2012 12:50 pm

@Sombrero wrote:Kristen memang aneh ajarannya, lebih pada mengkhususkan soal HATI, karena dianggab menyembah dalam roh dan kebenaran, jadi ibadah tidak perlu fisik, yang penting ELING....ELING....cuma disuruh membersihkan hati tentang kebaikan ( Walau prakteknya munafik)

"kristen TIDAK pernah menyembah Allah, apalagi meneladani puasa....." Walau Tuhan kristen memberikan keteladanan tentang puasa, dianggabnya ajaran dari setan. Yesus juga melakukan hal demikian...ajaran seeetaaan !

ketika kamu beritual fisikal:
menghadap arah benda tertentu, melakukan gerakan-gerakan fisik tertentu, di waktu-waktu tertentu, dengan mantera-mantera tertentu, diulang-ulang seperti senam irama, apa Tuhan menghendaki dan senag hati-Nya dengan penyembahan yang demikian? padahal yang serba fisikal seperti itu adalah penyembahan a la SETAN

sekali lagi bukan puasanya
tetapi yang mewajibkan/mengharuskan puasa, apalagi puasanya demi ketaqwaan
adalah SETAN

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by Sombrero on Sun Jul 29, 2012 6:51 pm

Wedi wrote:ketika kamu beritual fisikal:
menghadap arah benda tertentu,
melakukan gerakan-gerakan fisik tertentu, di waktu-waktu tertentu,
dengan mantera-mantera tertentu, diulang-ulang seperti senam irama, apa Tuhan menghendaki dan senag hati-Nya dengan penyembahan yang demikian? padahal yang serba fisikal seperti itu adalah penyembahan a la SETAN

"APAKAH tuhanmu senang hati-Nya dengan bernyanyi2 dan berjingkrak2 dihari minggu, padahal semua itu TIDAK ADA PERINTAHNYA?" Silahkan jawab pertanyaan ini?

ajaran menyembah dalam islam, sama seperti ajaran para nabi yang dikenal "besujud' - apakah kristen bersujud?

Wedi wrote:sekali lagi bukan puasanya
tetapi yang mewajibkan/mengharuskan puasa, apalagi puasanya demi ketaqwaan adalah SETAN

Ngeyelmu terus2an ke arah ajaran setan yah? "Yesus berpuasa, apa tujuannya, adakah tuhan berpuasa segala?"

kalau Puasanya si Tuhan untuk mengajari umatnya, ternyata Umatnya semua pada mbalelo kayak kamu....apakah puasanya Yesus BUKAN keteladanan?

Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 16
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by brotherOON on Sun Jul 29, 2012 8:07 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@brotherOON wrote:memang tidak ada perintah/ kewajiban yang tertulis memang secara eksplisit di dalam alkitab tentang perintah puasa tapi bukan berarti tidak dikenal ibadah puasa dari Adam smpe yesus sperti yang Anda klaim. Ketika nabi2 dalam alkitab melakukan puasa maka mengapa tidak ditiru krena toh apa yang mereka lakukan adalah teladan yang mestinya dicontoh, bukan bgitu?

kalau mau melakukan silakan, tetapi bukan keharusan/kewajiban dari Tuhan
dan dasarnya demi kekhusukan dalam doa sebelum mengambil keputusan penting atau yang lain-lain

@brotherOON wrote:bukan bermaksud OOT tpi coba kita aplikasikan pda ibadah lain org kristen yaitu ibadah hari minggu, di dalam alkitab tidak ada perintah ibadah hari minggu juga tidak pernh yesus maupun nabi2 sblomnya ibadah hari minggu tpi toh kristen beribadah hari minggu. Sementara ibadah puasa tidak ada perintah secara eksplisit tpi nabi2 termasuk yesus toh ibadah puasa, mengapa yg ini tidak ditiru kan gitu?

ibadah bisa hari apapun, apa masalahnya kita ibadah hari minggu? atau tidak hari minggu..
kalian kok hobinya asal niru-niru, bahkan model baju dan jenggot

@brotherOON wrote:Mungkin bgini ya bung wedi alesan dalam kristen tidak dikenal puasa adalah krena kristen itu sendiri independen dari ajaran yesus maupun nabi2 yg lain, krena kita tahu yang mendirikan agama kristen bukan yesus tapi paulus. Yesus tidak pernah mengenal kristen jadi lepas tidak berhubungan. Jadi dalam kristen tidak dikenalnya ibadah puasa bukan krena di alkitab tidak ada ajarannya tapi krena kristen itu sendiri bukan merupakan ajaran nabi2 terdahulu.

alasannya:
tidak diperintahkan/diwajibkan oleh Tuhan
dan Tuhan tidak melarang orang berpuasa demi tujuan di atas
maka yang mengharuskan/mewajibkan puasa pasti SETAN

@brotherOON wrote:lah iya toh dengan berpuasa bisa lbih khusyuk kenapa Anda malah bilang kalau perintah puasa itu datangnya dari syetan? Bukankah justru sebaliknya yang tidak menganjurkan puasa agar doa tidak lbih khusyuk itu adalh syetan? bagamana ceritanya ene bsa kebalik?

soal keharusan/kewajibannya itu yang dari setan
bukan puasanya, ngerti?

@brotherOON wrote:memang kenapa dengan menu dan cara buka puasa? bisa lbih diperjelas?

jor-joran, tidak wajar seperti menu sehari-hari
bahkan nyerbu resto-resto mewah


jadi bisakah kita simpulkan bahwa apapun ibadah dalam kristen itu bebas tak usah ada dasar perintah free bebas,, TIDAK HARUS KHUSYUK KARENA KALO PERINTAH HARUS KHUSYUK BERARTI ITU SETAN dengan kata lain ibadah sambil maen2 juga bisa..
Bisa kita simpulkan demikian bung wedi? byar tmen2 jemaat tau sbnernya sperti apa ibadah org kristen yg sesungguhnya

dan sebagai konsekuensi lanjutan saya minta dasar dari klaim Anda kalo ada suatu perintah untuk beribadah dngan khusyuk khsusnya dalam masalah ini adalah puasa itu pasti dari setan. Silakan bung wedi


brotherOON
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 105
Kepercayaan : Islam
Location : Lost World
Join date : 07.07.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 30, 2012 2:11 pm

@Sombrero wrote:"APAKAH tuhanmu senang hati-Nya dengan bernyanyi2 dan berjingkrak2 dihari minggu, padahal semua itu TIDAK ADA PERINTAHNYA?" Silahkan jawab pertanyaan ini?

senang dong..
menghadap-Nya dengan penuh suka-cita
bukan merintih-rintih dan melolong-lolong ketakutan kek melihat hantu
apalagi secara bersenam berjamaah

@Sombrero wrote:ajaran menyembah dalam islam, sama seperti ajaran para nabi yang dikenal "besujud' - apakah kristen bersujud?

sujud kan hanya posisi berdoa, pun tidak harus secara sujud
yang jadi masalah itu kalau jadi senam berjamaah

@Sombrero wrote:Ngeyelmu terus2an ke arah ajaran setan yah? "Yesus berpuasa, apa tujuannya, adakah tuhan berpuasa segala?"

kalau Puasanya si Tuhan untuk mengajari umatnya, ternyata Umatnya semua pada mbalelo kayak kamu....apakah puasanya Yesus BUKAN keteladanan?

pengajarannya banyak..
soal manusia hidup tidak hanya dari roti, melainkan dari firman Allah dan sebagainya

bukan mbalelo, tapi memang tidak diperintah..
apa Yesus mengulang-ulang puasa-Nya itu setiap tahun?
apa Yesus menyuruh murid-murid berpuasa seperti diri-Nya?
apa murid-urid-Nya pada puasa seperti diri-Nya?
kan tidak..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 30, 2012 2:15 pm

@brotherOON wrote:
jadi bisakah kita simpulkan bahwa apapun ibadah dalam kristen itu bebas tak usah ada dasar perintah free bebas,, TIDAK HARUS KHUSYUK KARENA KALO PERINTAH HARUS KHUSYUK BERARTI ITU SETAN dengan kata lain ibadah sambil maen2 juga bisa..
Bisa kita simpulkan demikian bung wedi? byar tmen2 jemaat tau sbnernya sperti apa ibadah org kristen yg sesungguhnya

dan sebagai konsekuensi lanjutan saya minta dasar dari klaim Anda kalo ada suatu perintah untuk beribadah dngan khusyuk khsusnya dalam masalah ini adalah puasa itu pasti dari setan. Silakan bung wedi

ibadah/kewajiban puasa, tidak ada di kristen
dan Tuhan tidak pernah mewajibkannya

lha siapa lagi yang mewajibkan kalau bukan setan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by keroncong on Mon Jul 30, 2012 11:19 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@brotherOON wrote:
jadi bisakah kita simpulkan bahwa apapun ibadah dalam kristen itu bebas tak usah ada dasar perintah free bebas,, TIDAK HARUS KHUSYUK KARENA KALO PERINTAH HARUS KHUSYUK BERARTI ITU SETAN dengan kata lain ibadah sambil maen2 juga bisa..
Bisa kita simpulkan demikian bung wedi? byar tmen2 jemaat tau sbnernya sperti apa ibadah org kristen yg sesungguhnya

dan sebagai konsekuensi lanjutan saya minta dasar dari klaim Anda kalo ada suatu perintah untuk beribadah dngan khusyuk khsusnya dalam masalah ini adalah puasa itu pasti dari setan. Silakan bung wedi

ibadah/kewajiban puasa, tidak ada di kristen
dan Tuhan tidak pernah mewajibkannya

lha siapa lagi yang mewajibkan kalau bukan setan?

jadi menurut om wed, puasa bukan termasuk ibadah...?
tapi hanya sekedar untuk mengkhusyukkan ritual ibadah laen?

apakah dalam definisi kekristenan ibadah itu sifatnya wajib saja? lalu bagaimana dengan ibadah yang bersifat anjuran (tidak wajib)?
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 31, 2012 7:52 am

ichreza wrote:
jadi menurut om wed, puasa bukan termasuk ibadah...?
tapi hanya sekedar untuk mengkhusyukkan ritual ibadah laen?

apakah dalam definisi kekristenan ibadah itu sifatnya wajib saja? lalu bagaimana dengan ibadah yang bersifat anjuran (tidak wajib)?

Ibadah adalah menyembah Allah atau mengabdi kepada Allah. Dalam mempersembahkan ibadah kepada Allah, para hambaNya harus menundukkan diri untuk mengungkapkan rasa takut penuh hormat, kekaguman dan ketakjuban penuh puja kepada Tuhan (Kej. 24 : 26). Hal itu dapat dilakukan secara pribadi, tapi juga melalui ibadah umat (bersama) dengan liturgi atau upacara tertentu.

Namun ibadah juga harus dipahami bukan hanya terbatas pada ‘upacara agama’ (misalnya di Jemaat), tapi ibadah adalah mencakup persembahan seluruh hidup dan semua aktivitas sehari-hari kepada Allah.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by putramentari on Wed Aug 01, 2012 3:10 pm

@SEGOROWEDI wrote:gak ada ibadah/kewajiban/perintah berpuasa dari Tuhan di Kristen
bahkan dari jaman Adam juga kagak pernah ada

yang nyuruh kalian puasa siapa?

ada tuch wed :

Mat 6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Mat 6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
Mat 6:18 supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by santri on Wed Aug 29, 2012 8:54 pm

@SEGOROWEDI wrote:gak ada ibadah/kewajiban/perintah berpuasa dari Tuhan di Kristen
bahkan dari jaman Adam juga kagak pernah ada

yang nyuruh kalian puasa siapa?

lagi-lagi saya temukan jawaban dari seorang wedi yang selalu tidak menggunakan daya pikirnya....


Puasa dalam Agama Kristen

Apakah tujuannya kita berpuasa?

1. Untuk merendahkan diri di hadapan Allah
2. Untuk menyatakan rasa kasih kita kepada Tuhan Yesus
3. Untuk mendisiplinkan tubuh kita dari keinginan duniawi, salah satu cara untuk menyangkal diri.
4. Untuk menambah rasa simpati kepada sesama, agar bisa merasakan penderitaan orang lain.
5. Untuk meminta jawaban Tuhan atas permasalahan kita.
6. Untuk mengusir jenis setan tertentu yang hanya bisa diusir dengan doa puasa.

Apakah dalam Agama Kristen ada yang namanya Puasa?

Agama Kristen Protestan tidak mewajibkan untuk berpuasa, sedangkan Kristen Katolik mewajibkan untuk berpuasa pada masa pra-paskah.

Bagaimana cara kita berpuasa?

Terserah pribadi masing-masing. Tentukan sendiri jangka waktunya: 8 jam, 1 hari, 1 hari 1 malam, 3 hari, 7 hari, 40 hari, dst. Tentukan jenis puasanya: hanya makan sayur, tidak makan, tidak makan dan tidak minum, atau puasa kebiasaan jelek seperti ; tidak merokok, tidak berjudi, dll.Perbanyak jam doa, pujian penyembahan dan baca Alkitab spy lebih efektif.

Apakah Tuhan Yesus mengajarkan agar kita berpuasa?
Ya, Yesus mengajarkan agar murid-muridNya untuk berpuasa. Tuhan Yesus berkata: “Dan apabila kamu berpuasa,…” (Mat 6:16). Kata apabila artinya adalah sebagai orang Kristen, pada suatu saat kita akan berpuasa. Hanya waktunya sebaiknya tidak diwajibkan oleh agama, karena niat berpuasa timbul dari masing-masing pribadi.

Apa yang Yesus ajarkan ketika kita berpuasa?

Sedapat mungkin agar tidak ada orang lain yang tahu jika kita berpuasa. Biar hanya Tuhan yang tahu dan memberi upah kepada kita. Oleh karena itu agama Kristen tidak mewajibkan waktu puasa.

Mengapa murid-murid Yesus tidak berpuasa ketika Ia bersama mereka?
Karena puasa adalah untuk menunjukkan kepada Allah, sedangkan Yesus adalah Imanuel (=Allah beserta kita).

Untuk apa berpuasa jika Allah sudah ada di tengah-tengah mereka?
Yesus telah menjelaskan dalam Mat 9:15. Yesus juga menerangkan lewat perumpamaan bahwa puasa dalam Perjanjian Lama berbeda dengan puasa dalam Perjanjian Baru. (Mat 9:16-17).

Apakah bedanya puasa dalam PL dan PB?
Puasa dalam PL yang dilakukan secara rutin oleh bangsa Israel adalah untuk menantikan kedatangan Mesias, Penyelamat bangsa Israel yang dijanjikan dalam kitab Taurat dan kitab para nabi. Sedangkan dalam PB, Mesias telah datang dan berkarya. Artinya Keselamatan sudah datang, dan kita berpuasa untuk menjaga keselamatan yang sudah kita miliki.

Apakah ada niat puasa selain jawaban diatas?
Ya, seperti Musa dan Elia, mereka berpuasa karena memang Tuhan memberikan kekuatan untuk bersekutu secara intim dengan Tuhan, sehingga mereka tidak merasa lapar dan haus, seperti keadaan di sorga. Lainnya untuk situasi yang mendesak, untuk meminta belas kasihan dati Tuhan, untuk meminta agar Tuhan bertindak dalam masalah kehidupan kita, untuk meminta kekuatan Allah dalam pelayanan.

Apa saja puasa yang tercatat dalam PL?
1. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel 34:28)
2. Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16)
3. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8)
4. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16)
5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13)
6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
7. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17)
8. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7)

Apa saja puasa yang tercatat dalam PB?
1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Mat 4:2)
2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Mat 11:18)
3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kis 9:9)
4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kis 13:2-3)

Selamat berpuasa!Tuhan Yesus memberkati.


(sumber http://gemawarta.wordpress.com) <<< padahal ini situs yang mengidolakan Yesus
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Thu Aug 30, 2012 8:03 am

@putramentari wrote:
ada tuch wed :

Mat 6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Mat 6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
Mat 6:18 supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."


apabila kamu/engkau berpuasa
boleh berpuasa tapi tidak keharusan/kewajiban

dan lihat puasanya!
beda dengan yang kalian lakukan, bahkan jangan sampai orang lain tahu kalau kamu berpuasa
lha kalian? menuntut warung-warung tutup padahal itu pencaharian normal sehari-hari

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Thu Aug 30, 2012 8:07 am

@santri wrote:
@SEGOROWEDI wrote:gak ada ibadah/kewajiban/perintah berpuasa dari Tuhan di Kristen
bahkan dari jaman Adam juga kagak pernah ada

yang nyuruh kalian puasa siapa?

lagi-lagi saya temukan jawaban dari seorang wedi yang selalu tidak menggunakan daya pikirnya....


Puasa dalam Agama Kristen

Apakah tujuannya kita berpuasa?

1. Untuk merendahkan diri di hadapan Allah
2. Untuk menyatakan rasa kasih kita kepada Tuhan Yesus
3. Untuk mendisiplinkan tubuh kita dari keinginan duniawi, salah satu cara untuk menyangkal diri.
4. Untuk menambah rasa simpati kepada sesama, agar bisa merasakan penderitaan orang lain.
5. Untuk meminta jawaban Tuhan atas permasalahan kita.
6. Untuk mengusir jenis setan tertentu yang hanya bisa diusir dengan doa puasa.

Apakah dalam Agama Kristen ada yang namanya Puasa?

Agama Kristen Protestan tidak mewajibkan untuk berpuasa, sedangkan Kristen Katolik mewajibkan untuk berpuasa pada masa pra-paskah.

Bagaimana cara kita berpuasa?

Terserah pribadi masing-masing. Tentukan sendiri jangka waktunya: 8 jam, 1 hari, 1 hari 1 malam, 3 hari, 7 hari, 40 hari, dst. Tentukan jenis puasanya: hanya makan sayur, tidak makan, tidak makan dan tidak minum, atau puasa kebiasaan jelek seperti ; tidak merokok, tidak berjudi, dll.Perbanyak jam doa, pujian penyembahan dan baca Alkitab spy lebih efektif.

Apakah Tuhan Yesus mengajarkan agar kita berpuasa?
Ya, Yesus mengajarkan agar murid-muridNya untuk berpuasa. Tuhan Yesus berkata: “Dan apabila kamu berpuasa,…” (Mat 6:16). Kata apabila artinya adalah sebagai orang Kristen, pada suatu saat kita akan berpuasa. Hanya waktunya sebaiknya tidak diwajibkan oleh agama, karena niat berpuasa timbul dari masing-masing pribadi.

Apa yang Yesus ajarkan ketika kita berpuasa?

Sedapat mungkin agar tidak ada orang lain yang tahu jika kita berpuasa. Biar hanya Tuhan yang tahu dan memberi upah kepada kita. Oleh karena itu agama Kristen tidak mewajibkan waktu puasa.

Mengapa murid-murid Yesus tidak berpuasa ketika Ia bersama mereka?
Karena puasa adalah untuk menunjukkan kepada Allah, sedangkan Yesus adalah Imanuel (=Allah beserta kita).

Untuk apa berpuasa jika Allah sudah ada di tengah-tengah mereka?
Yesus telah menjelaskan dalam Mat 9:15. Yesus juga menerangkan lewat perumpamaan bahwa puasa dalam Perjanjian Lama berbeda dengan puasa dalam Perjanjian Baru. (Mat 9:16-17).

Apakah bedanya puasa dalam PL dan PB?
Puasa dalam PL yang dilakukan secara rutin oleh bangsa Israel adalah untuk menantikan kedatangan Mesias, Penyelamat bangsa Israel yang dijanjikan dalam kitab Taurat dan kitab para nabi. Sedangkan dalam PB, Mesias telah datang dan berkarya. Artinya Keselamatan sudah datang, dan kita berpuasa untuk menjaga keselamatan yang sudah kita miliki.

Apakah ada niat puasa selain jawaban diatas?
Ya, seperti Musa dan Elia, mereka berpuasa karena memang Tuhan memberikan kekuatan untuk bersekutu secara intim dengan Tuhan, sehingga mereka tidak merasa lapar dan haus, seperti keadaan di sorga. Lainnya untuk situasi yang mendesak, untuk meminta belas kasihan dati Tuhan, untuk meminta agar Tuhan bertindak dalam masalah kehidupan kita, untuk meminta kekuatan Allah dalam pelayanan.

Apa saja puasa yang tercatat dalam PL?
1. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel 34:28)
2. Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16)
3. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8)
4. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16)
5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13)
6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
7. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17)
8. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7)

Apa saja puasa yang tercatat dalam PB?
1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Mat 4:2)
2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Mat 11:18)
3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kis 9:9)
4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kis 13:2-3)

Selamat berpuasa!Tuhan Yesus memberkati.


(sumber http://gemawarta.wordpress.com) <<< padahal ini situs yang mengidolakan Yesus

boleh berpuasa
untuk maksud/tujuan tertentu, tetapi kewajiban/keharusan berpuasa tidak ada
Yesus kan tidak mengulang-ulang puasa-Nya setiap tahun?
demikian juga murid-murid-Nya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by putramentari on Thu Aug 30, 2012 11:57 am

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
ada tuch wed :

Mat 6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Mat 6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
Mat 6:18 supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."


apabila kamu/engkau berpuasa
boleh berpuasa tapi tidak keharusan/kewajiban

dan lihat puasanya!
beda dengan yang kalian lakukan, bahkan jangan sampai orang lain tahu kalau kamu berpuasa
lha kalian? menuntut warung-warung tutup padahal itu pencaharian normal sehari-hari

kayaknya mau OOT ke FPI nich
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by santri on Thu Aug 30, 2012 4:14 pm

@SEGOROWEDI wrote:gak ada ibadah/kewajiban/perintah berpuasa dari Tuhan di Kristen
bahkan dari jaman Adam juga kagak pernah ada

yang nyuruh kalian puasa siapa?

Gak ada Ibadah = gak ada anjuran. Betul Wed ...?

dari jaman Adam juga kagak pernah ada = Apa betul Wed ...?

lalu saat ini KAMU BERAGAMA APA .....? TUHANMU SIAPA.....? YESUS pun berpuasa ...JADI KAMU MENYEMBAH PAULUS GUNDUL?

Aku makin gak yakin kalau agamamu kristen,kamu menjelaskan tentang kristen gak pernah detail dan meyakinkan.
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 03, 2012 5:19 pm

@putramentari wrote:
kayaknya mau OOT ke FPI nich

dan lihat puasanya!
beda dengan yang kalian lakukan, bahkan jangan sampai orang lain tahu kalau kamu berpuasa
lha kalian? menuntut warung-warung tutup padahal itu pencaharian normal sehari-hari..

beda banget..
Tuhan mengajarkan jika puasa jangan sampai orang lain tahu
tapi kalian puasanya diumumumumkan bahkan pakai sweeping-sweepingan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by putramentari on Mon Sep 03, 2012 5:24 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@putramentari wrote:
kayaknya mau OOT ke FPI nich

dan lihat puasanya!
beda dengan yang kalian lakukan, bahkan jangan sampai orang lain tahu kalau kamu berpuasa
lha kalian? menuntut warung-warung tutup padahal itu pencaharian normal sehari-hari..

beda banget..
Tuhan mengajarkan jika puasa jangan sampai orang lain tahu
tapi kalian puasanya diumumumumkan bahkan pakai sweeping-sweepingan

dan OOT pun semakin menjadi jadi
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Thu Sep 06, 2012 9:31 am

keharusan/kewajiban puasa tidak ada
Tuhan tidak pernah mengharuskan/mewajibkan puasa

*apalagi puasa secara mindah jam makan
*puasa yang dipertontonkan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by keroncong on Fri Sep 14, 2012 1:49 am

@SEGOROWEDI wrote:keharusan/kewajiban puasa tidak ada
Tuhan tidak pernah mengharuskan/mewajibkan puasa

*apalagi puasa secara mindah jam makan
*puasa yang dipertontonkan

benar sekali nak wed..... zaman PL & PB, puasa itu hanya bersifat anjuran alias sunnah bobo bobo
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by Foxhound on Mon Oct 01, 2012 12:59 am

ichreza wrote:teman-teman kristen, saya ingin tahu bagaimana tatacara ibadah puasa dalam agama kristen. saya tahu dalam ajaran kristen ada ibadah puasa, tolong jelaskan bagaimana tatacaranya........

Puasa di dalam kekristenan, sebenarnya tidak diatur secara spesifik, sama dengan tata cara ibadah yang lain yang tidak diatur secara spesifik. Tetapi inti dari berpuasa adalah menyangkal diri. Jadi ada yang berpuasa sederhana dengan berkomitmen tidak memakan sesuatu yang dia sukai, tetapi ada juga yang tidak makan minum seharian. Ada yang melakukan puasa Daniel, ada pula orang seperti John C Maxwell, yang dalam bukunya pernah mengaku mengikuti puasa 40 hari 40 malam (hanya minum air).

Tetapi ada satu yang pasti di dalam kekristenan dikatakan tentang puasa. Kalau orang Kristen berpuasa, jangan sampai ada yang tahu kalau dia sedang berpuasa.

Mat 6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Mat 6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
Mat 6:18 supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Mon Oct 01, 2012 2:22 pm

ichreza wrote:
benar sekali nak wed..... zaman PL & PB, puasa itu hanya bersifat anjuran alias sunnah bobo bobo

anjuran dari sapa?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by SEGOROWEDI on Mon Oct 01, 2012 2:26 pm



@Foxhound wrote:
Tetapi ada satu yang pasti di dalam kekristenan dikatakan tentang puasa. Kalau orang Kristen berpuasa, jangan sampai ada yang tahu kalau dia sedang berpuasa.

beda dengan model puasanya tetanggaku
digembar-gemborkan sypaya orang tahu bahkan warung-warung disweeping
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bagaimana cara ibadah puasa dalam agama kristen?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik