FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sesatkah isa bugis?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sesatkah isa bugis?

Post by keroncong on Sun Jul 22, 2012 5:33 am

Kalau nada ingin mencari tahu lebih lanjut tentang kesesatan ajaran Isa Bugis ini, sebenarnya tidak perlu repot-repot. Sebab ada banyak sekali penelitian yang telah dilakukan bukan hanya secara pribadi dan orang awam, bahkan sekelas Departemen Agama RI pun sudah melakukannya. Selain itu ada banyak sekali buku hasil penelitian tentang kesesatan ajaran ini.

Hasil penelitian di Departemen Agama RI sendiri kemudian sudah melahirkan tindakan yaitu secara tegas menyatakan bahwa apa yang diajarkan Isa Bugis selama ini adalah ajaran yang sesat. Dan hasil penelitian Proyek Pengawasan Kegiatan Keagamaan dan Aliran-aliran/faham-faham disebutkan,”Ada sinyalemen bahwa gerakan Lebaga Pembaharu yang dipimpin Isa Bugis ini ada hubungannya dengan gerkan komunis international dalam rangka usaha meng-come back-an sisa-sisa G 30 S/PKI di Indonesia.

Hal itu tertulis dalam buku “Beberapa hal tentang AGAMA DAN ALIRAN KEBATINAN di Indonesia oleh Drs. R.E. Djamali Kertoharjo, Proyek Pengawasan Kegiatan Keagamaan dan Aliran-aliran/faham-faham Departemen Agama RI 1972, hal. 174.

Siapakah Isa Bugis ?
Isa Bugis lahir di Aceh Pidie tahun 1926. Dia mengajarkan agama Islam dengan pemahaman yang menyimpang bahkan sampai kepada masalah-masalah prinsipil dalam aqidah Islam.

Dan beberapa penggalan ajaran sesatnya antara lain adalah :
Menipu Dengan Kesan Ilmiyah
Untuk menarik orang awam, dia berusaha memberikan sentuhan asesoris ilmiyah dalam doktrinnya. Sehingga bagi mereka yang benar-benar awam yang merasa apa yang diajarkan itu benar dan logis. Bahkan ada semacam kebanggaan tersendiri karena kesannya Al-Quran itu sangat ilmiyah secara teknologi. Bahkan semua fenomena di alam ini menurutnya harus ada penjelasan ilimiyahnya. Bila tidak, maka harus diingkari kebenarannya.

Dan sudut pandang ini, Isa Bugis pun berani mengingkari mu`jizat para Nabi yang menurutnya bohong karena tidak sesuai dengan kaidah ilmiyah. Kisah Nabi Musa as, membelah laut, kisah penyembelihan Nabi Ismail as dan terjadinya hari kiamat adalah hal-hal yang diingkarinya. Termasuk mengatakan bahwa burung Ababil dalam surat Al-Fiil itu maknanya adalah pesawat terbang dari Babilonia.

Anti Segala Hal Yang Berbau Arab
Selain itu Isa Bugis kelihatan sekali anti dengan arab. Segala yang berbau arab termasuk bahasa arab sekalipun tidak disenanginya. Dia mengatakan bahwa air zam-zam adalah air bekas bangkai, ka`bah adalah berhala, juru dakwah dari negeri arab yang menyebarkan agama Islam ke berbagai negeri disebutnya sebagai orang-orang yang mabuk yang haus darah dan harta. Dan menurutnya, Indonesia adalah diantara sekian banyak korban-korban kebiadaban Arabisme. Sedangkan Al-Quran menurutnya bukanlah berbahasa arab, sehingga untuk memahami Al-Quran, tidak perlu mempelajari bahasa Arab. Menurutnya, semua orang yang intelek boleh-boleh saja menafsirkan Al-Quran walau tidak mengerti satu patah katapun bahasa Arab. Bahkan menurutnya, semua kitab tafsir Al-Quran yang ada sekarang harus musiumkan karena semuanya salah.

Menafsirkan Al-Quran Dengan Hawa Nafsu
Isa Bugis dan para pengikutnya gemar sekali menafsirkan kata-kata dalam Al-Quran dengan seenak dengkulnya sendiri. Ayat ‘Iza Zulzilatil Ardhu Zilzalaha” diartikan dengan traktor yang meratakan bumi. Surat Al-Ikhlas yang ayatnya berbunyi ‘Qul Huwallahu Ahad`, diartikan menjadi : ‘Allah pemersatu kehidupan’.

Anti Syariat Islam
Jangan tanya masalah syariat Islam, karena Isa Bugis adalah penentang sejati syariat Islam. Menurutnya, Nabi Muhammad SAW adalah pembangkit imperialisme Arab. Sedangkan ilmu-ilmu tauhid, fiqih dan sejenisnya menurutnya adalah syirik. Ulama yang mengajarkan ilmu-ilmu itu harus diasingkan ke Pulau Seribu.

Dan seperti umumnya aliran sesat lainnya, Isa Bugis pun terjebak dengan dikhotomi periode Mekkah dan Madinah dalam masalah penerapan syariat. Dia mengatakan sekarang ini masih perioke Mekkah sehingga tidak ada kewajiban shalat, puasa dan lainya. Bahkan minuman keraspun belum lagi diharamkan.

Korbannya Adalah Orang Awam
Menilik dari zahirnya kesesatan ajaran ini, maka nampaknya hanya muslimin yang terlalu awam saja yang bisa dibohongi aliran sesat ini. Atau bisa jadi dia belum sampai pada tingkat tertentu dari hirarti kadrirasi dalam aliran sesat ini, sehingga masih belum lagi dibukakan borok aliran seperti ini. Dan ini adalah taktik licik yang paling sering digunakan untuk menjaring kader. Nanti bila sudah terlanjur masuk, barulah dia akan sadar akan kesesatan ajaran ini. Tapi tergantung pada kekuatan aqidahnya, apakah dia akan menolak ajaran itu dan keluar, atau dia akan terus disesatkan oleh syetan.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik