FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Page 3 of 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

View previous topic View next topic Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by janganbilangbilang on Thu Aug 09, 2012 1:15 am

@: atas

maklum, TS nya udah terlanjur basah, mau mundur ego ama S*tan di temanin mulu, mau maju, yesus gak kasi garansi buat dia diadili kelak....jd modelnya kek gini...gentayangan mulu....hehehehehehe.....

buat ts:
ingat bung, hidup hanya sekali, jd hati ma otak di pake jg, jgn napsu ama ego aja dipake, mgkin di hati kecilnya ts udah tau kebenaran islam. ..... semoga di bukakan pintu hatinya
amin

janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 8
Male
Age: 68
Posts: 506
Location: Sulawesi
Humor: Mengapa Pula Mereka Mengharapkan ada 'tuhan" Yang harus "mati"..???
Join date: 2012-04-09

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by janganbilangbilang on Thu Aug 09, 2012 1:25 am

barabasmurtad wrote:
Sombrero wrote:
Wedi wrote:kalau belum ada: kok muhammad bilang bapaknya di neraka? kalau nerakanya belum ada, kamu gak bisa juga dong bilang: bisa saja di neraka?

Secara alkitabiah sendiri bahwa manusia masuk neraka pada hari penghakiman, dan KETIKA Ibu dan ayah nabi masuk neraka, artinya adalah "masa depan" bukan masa sekarang, dan tentang masa depan itu masih KELAK dan bisa di mohonkan ampun oleh anak2 yang soleh. Mengenai TATA CARA mendoakan orang tua kita cuma ada di dunia islam.

sekali lagi, Wed....ucapan itu bisa saja bermakna sebuah peringatan, "Ayah Nabi saja bisa masuk Neraka (kagak ada KKN) apalagi cuman manusia biasa?

Bagaimana dengan kristen2 yang sudah di kubur berpakaian ala pesta itu saat ini apakah ada di sorga? Hehehe...tidak ada bukti mereka di sorga, ternyata benar, bahwa kristen2 itu masih di alam kubur....menunggu penghakiman juga, kan?

Secara alkitabiah sendiri bahwa manusia masuk neraka pada hari penghakiman, dan KETIKA Ibu dan ayah nabi masuk neraka, artinya adalah "masa depan" bukan masa sekarang, dan tentang masa depan itu masih KELAK dan bisa di mohonkan ampun oleh anak2 yang soleh. Mengenai TATA CARA mendoakan orang tua kita cuma ada di dunia islam.
BANDINGKAN DENGAN:
Dari Anas ra diriwayatkan seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw: “Ya Rasulullah! Dimana tempat bapakku?”
Jawab nabi saw: “Di neraka!” Ketika orang itu berlalu, nabi saw memanggilnya kembali seraya bersabda: “Sesungguhnya bapakku dan bapakmu di neraka.”(HSM 162).
apakah perkataan ini mengacu KE MASA DEPAN???? bapaknya Anas sudah mati demikian juga dan bapak Muhammad. Jadi mungkinkah JAWABAN ITU MENGACU KE MASA DEPAN YAITU KE MASA PENGHAKIMAN????
PAKAILAH PENGERTIANMU!!!!!

Bagaimana dengan kristen2 yang sudah di kubur berpakaian ala pesta itu saat ini apakah ada di sorga? Hehehe...tidak ada bukti mereka di sorga, ternyata benar, bahwa kristen2 itu masih di alam kubur....menunggu penghakiman juga, kan?
APAKAH ANDA BERPIKIR SEMUA ORANG KRISTEN MASUK SURGA????
Tuhan Yesus berfirman:
Rev 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

Joh 3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Joh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Rom 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
Rom 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Mar 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.


Ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar seseorang diselamatkan; SETIAP SAAT Tuhan Yesus berdiri di pintu hati semua orang dan mengetuknya.
1) membuka pintu hati untuk mengundangNya masuk ke dalam hati
2) mengakui dengan mulut bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hati bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati
3) dibaptis dimana orang itu ditenggelamkan sebagai tanda dirinya telah mati dari segala dosa dan ikatan dunia bersama2 dengan Yesus untuk kemudian dibangkitkan bersama2 dengan Yesus untuk menjalani suatu KEHIDUPAN YANG BARU karena Roh Kudus akan tinggal di dalam hati orang itu.

Ini adalah awal dari SUATU KEHIDUPAN YANG BARU DIMANA ROH, JIWA DAN TUBUNYA TELAH DIPERBAHARUI, untuk kemudian hdiup di bawah PIMPINAN ROH KUDUS dengan membina suatu PERSEKUTUAN PRIBADI DENGAN ALLAH melalui PERENUNGAN DAN PEMAHAMAN FirmanNya yang pada akhirnya akan terus DIPERBAHARUI agar menjadi semakin serupa dengan Kristus.

jadi hanya orang2 yang SEPERTI INILAH YANG LAYAK UNTUK MASUK KE DALAM KERAJAAN ALLAH!!!!

jadi menurut ente n ajaran ente syarat masuk surga apaan tuh...?? yg simple aja kalimatnya yah...

janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 8
Male
Age: 68
Posts: 506
Location: Sulawesi
Humor: Mengapa Pula Mereka Mengharapkan ada 'tuhan" Yang harus "mati"..???
Join date: 2012-04-09

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by Gerabah on Tue Aug 28, 2012 9:54 pm

Yesus menjamin bisa masuk surga dengan perintahnya sbb. :
"Barangsiapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga".(Matius 5:19)

Tidak ada jaminan Yesus bisa masuk surga (dgn tegas) selain perintah diatas. Nggak percaya dengan perintah Yesus itu ??

Gerabah
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Total Like dan Thanks: 1
Posts: 83
Join date: 2011-11-22

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Aug 29, 2012 9:20 am

kuda poni wrote:
denger2 niiih ... ..
ada tiga posisi/tempat diakhirat nanti A--- B----C
A: tempat kita manusia di adili/dihisab
B :neraka
C :surga
naaah... setelah diadili manusia menuju neraka (B) yg diatasnya ada jembatan yang
menghubungkan ke surga(C). lalu melewati jembatan itu, apakah sampai ke C/surga atou tidak,
tergantung hasil pengadilan di A.
wes ewes ewes... wuuss...

:he\'em :he\'em

denger dari mana/siapa?
keputusan pengadilannya gimana?

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Aug 29, 2012 9:21 am

Gerabah wrote:Yesus menjamin bisa masuk surga dengan perintahnya sbb. :
"Barangsiapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga".(Matius 5:19)

Tidak ada jaminan Yesus bisa masuk surga (dgn tegas) selain perintah diatas. Nggak percaya dengan perintah Yesus itu ??

OOT

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by Gerabah on Wed Aug 29, 2012 9:50 am

SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:Yesus menjamin bisa masuk surga dengan perintahnya sbb. :
"Barangsiapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga".(Matius 5:19)

Tidak ada jaminan Yesus bisa masuk surga (dgn tegas) selain perintah diatas. Nggak percaya dengan perintah Yesus itu ??

OOT

Bukan OOT coi, ini masih ada korelasinya atau persamaannya dengan topik ini. Apa kamu tidak percaya dengan perintah Yesus tsb. ?!

yes

Gerabah
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Total Like dan Thanks: 1
Posts: 83
Join date: 2011-11-22

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Aug 29, 2012 9:55 am

Gerabah wrote:
Bukan OOT coi, ini masih ada korelasinya atau persamaannya dengan topik ini. Apa kamu tidak percaya dengan perintah Yesus tsb. ?!

yes

mana korelasinya?
dengan muhammad saat ini di neraka dan jaminan muslim masuk sorga

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by Gerabah on Wed Aug 29, 2012 10:06 am

SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:
Bukan OOT coi, ini masih ada korelasinya atau persamaannya dengan topik ini. Apa kamu tidak percaya dengan perintah Yesus tsb. ?!

yes

mana korelasinya?
dengan muhammad saat ini di neraka dan jaminan muslim masuk sorga

Nabi Muhammad saat ini di neraka ?! wow ngarang lagi kau !

Tentang jaminan Muslim masuk surga adalah pasti dengan syarat mentaati perintah dan menjauhi larangan (hukum Allah) sebagaimana perintah Yesus di Matius 5:19 tsb. Apakah kamu masih tidak percaya dengan perintah Yesus itu ?!



Gerabah
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Total Like dan Thanks: 1
Posts: 83
Join date: 2011-11-22

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Aug 29, 2012 4:01 pm

Gerabah wrote:Nabi Muhammad saat ini di neraka ?! wow ngarang lagi kau !

Tentang jaminan Muslim masuk surga adalah pasti dengan syarat mentaati perintah dan menjauhi larangan (hukum Allah) sebagaimana perintah Yesus di Matius 5:19 tsb. Apakah kamu masih tidak percaya dengan perintah Yesus itu ?!


lha dimana dia sekarang? jasadnya sudah jadi tanah, rohnya gentayangan?
lalu apa muhammad mentaati perintah/larangan ini:

Kesepuluh firman

1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2 ''Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
13 Jangan membunuh.
14 Jangan berzinah.
15 Jangan mencuri.
16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.''

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by Gerabah on Wed Aug 29, 2012 6:35 pm

SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:Nabi Muhammad saat ini di neraka ?! wow ngarang lagi kau !

Tentang jaminan Muslim masuk surga adalah pasti dengan syarat mentaati perintah dan menjauhi larangan (hukum Allah) sebagaimana perintah Yesus di Matius 5:19 tsb. Apakah kamu masih tidak percaya dengan perintah Yesus itu ?!


1) lha dimana dia sekarang? jasadnya sudah jadi tanah, rohnya gentayangan?
2) lalu apa muhammad mentaati perintah/larangan ini:

Kesepuluh firman

1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2 ''Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
13 Jangan membunuh.
14 Jangan berzinah.
15 Jangan mencuri.
16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.''

1) Nah, kelihatan kau hanya omdo tanpa didukung fakta dan data.
2) Jaminan Yesus bisa masuk surga adalah dengan melakukan (mengamalkan) dan mengajarkan hukum taurat (hukum Allah) sedangkan bagi Muslim adalah (sama) dengan mentaati dan mengamalkan hukum Allah (Al Quran).
Sepuluh firman adalah ringkasan dari seluruh hukum taurat (hukum Allah), padahal Yesus tidak memerintahkan untuk mengamalkan sepuluh perintah Allah, tapi yang diperintahkan adalah mengamalkan seluruh hukum taurat (baca Matius 5:19)

Kelihatan kau tidak meyakini perintah Yesus di matius 5:19, iya kan ?!



Gerabah
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Total Like dan Thanks: 1
Posts: 83
Join date: 2011-11-22

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by EHAN on Fri Aug 31, 2012 10:02 am

Gerabah wrote:
SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:Nabi Muhammad saat ini di neraka ?! wow ngarang lagi kau !

Tentang jaminan Muslim masuk surga adalah pasti dengan syarat mentaati perintah dan menjauhi larangan (hukum Allah) sebagaimana perintah Yesus di Matius 5:19 tsb. Apakah kamu masih tidak percaya dengan perintah Yesus itu ?!


1) lha dimana dia sekarang? jasadnya sudah jadi tanah, rohnya gentayangan?
2) lalu apa muhammad mentaati perintah/larangan ini:

Kesepuluh firman

1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2 ''Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
13 Jangan membunuh.
14 Jangan berzinah.
15 Jangan mencuri.
16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.''

1) Nah, kelihatan kau hanya omdo tanpa didukung fakta dan data.
2) Jaminan Yesus bisa masuk surga adalah dengan melakukan (mengamalkan) dan mengajarkan hukum taurat (hukum Allah) sedangkan bagi Muslim adalah (sama) dengan mentaati dan mengamalkan hukum Allah (Al Quran).
Sepuluh firman adalah ringkasan dari seluruh hukum taurat (hukum Allah), padahal Yesus tidak memerintahkan untuk mengamalkan sepuluh perintah Allah, tapi yang diperintahkan adalah mengamalkan seluruh hukum taurat (baca Matius 5:19)

Kelihatan kau tidak meyakini perintah Yesus di matius 5:19, iya kan ?!


perintah Tuhan dia (segorowedi ) aja di langgar ( contoh; makan babi),, masa mau masuk surga,, logikanya di mana,, katanya CERDAS. tapiii ?????

EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Total Like dan Thanks: 39
Male
Posts: 1377
Location: kalimantan
Humor: Tuhan main tebak-tebakan kepada wanita, eh tebakannya salah. Yohanes 4;16-17 nih yang salah ayatnya atau Yesusnya.??
Join date: 2012-07-16

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Tue Sep 04, 2012 3:31 pm

Gerabah wrote:
SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:Nabi Muhammad saat ini di neraka ?! wow ngarang lagi kau !

Tentang jaminan Muslim masuk surga adalah pasti dengan syarat mentaati perintah dan menjauhi larangan (hukum Allah) sebagaimana perintah Yesus di Matius 5:19 tsb. Apakah kamu masih tidak percaya dengan perintah Yesus itu ?!


1) lha dimana dia sekarang? jasadnya sudah jadi tanah, rohnya gentayangan?
2) lalu apa muhammad mentaati perintah/larangan ini:

Kesepuluh firman

1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2 ''Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
13 Jangan membunuh.
14 Jangan berzinah.
15 Jangan mencuri.
16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.''

1) Nah, kelihatan kau hanya omdo tanpa didukung fakta dan data.
2) Jaminan Yesus bisa masuk surga adalah dengan melakukan (mengamalkan) dan mengajarkan hukum taurat (hukum Allah) sedangkan bagi Muslim adalah (sama) dengan mentaati dan mengamalkan hukum Allah (Al Quran).
Sepuluh firman adalah ringkasan dari seluruh hukum taurat (hukum Allah), padahal Yesus tidak memerintahkan untuk mengamalkan sepuluh perintah Allah, tapi yang diperintahkan adalah mengamalkan seluruh hukum taurat (baca Matius 5:19)

Kelihatan kau tidak meyakini perintah Yesus di matius 5:19, iya kan ?!


10 firman yag SEMUA DILANGGAR MUHAMMAD
iya kan?

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Tue Sep 04, 2012 3:34 pm

EHAN wrote: perintah Tuhan dia (segorowedi ) aja di langgar ( contoh; makan babi),, masa mau masuk surga,, logikanya di mana,, katanya CERDAS. tapiii ?????

jangan lupa..
Yesus datang untuk menggenapi hukum taurat
penggenapan oleh Yesus: makanan tidak menajiskan orang

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by putramentari on Sun Sep 09, 2012 9:05 pm

SEGOROWEDI wrote:
EHAN wrote: perintah Tuhan dia (segorowedi ) aja di langgar ( contoh; makan babi),, masa mau masuk surga,, logikanya di mana,, katanya CERDAS. tapiii ?????

jangan lupa..
Yesus datang untuk menggenapi hukum taurat
penggenapan oleh Yesus: makanan tidak menajiskan orang

halah, udah dibilang konteks ayat tersebut adalah cara makan bukan makanannya :

Mat 15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi
makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."


putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 113
Male
Age: 33
Posts: 4843
Location: Pekanbaru
Job/hobbies: Open The christian's mind about jesus Christ & Pelintirology Tafsir Aliran sesat yang mengaku Islam yaitu Ahmadiyah
Humor: Paulus & HMGA ternyata setali 3 uang Alias sama sama menyesatkan
Join date: 2012-03-04

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by santri on Sun Sep 09, 2012 9:26 pm

[quote="SEGOROWEDI"]
Gerabah wrote:
SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:Nabi

Kesepuluh firman

1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2 ''Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
13 Jangan membunuh.
14 Jangan berzinah.
15 Jangan mencuri.
16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.''

Warna Merah selalu dilanggar kaum kristen ....

santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Posts: 275
Job/hobbies: baca
Join date: 2012-07-30

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 12, 2012 2:12 pm

putramentari wrote:

halah, udah dibilang konteks ayat tersebut adalah cara makan bukan makanannya :

Mat 15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi
makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."


poinnya di 'makan'
tangan yang tidak dibasuh membuat makanan yang dimakan najis
kalau tidak untuk makan kan gak najis tangannya

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 12, 2012 2:14 pm

[quote="santri"]
SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:
SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:Nabi

Kesepuluh firman

1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2 ''Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
13 Jangan membunuh.
14 Jangan berzinah.
15 Jangan mencuri.
16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.''

Warna Merah selalu dilanggar kaum kristen ....

tidak benar
yang benar semua (tidak hanya yang merah) dilanggar muhammad

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by putramentari on Wed Sep 12, 2012 2:40 pm

SEGOROWEDI wrote:
putramentari wrote:

halah, udah dibilang konteks ayat tersebut adalah cara makan bukan makanannya :

Mat 15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi
makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."


poinnya di 'makan'
tangan yang tidak dibasuh membuat makanan yang dimakan najis
kalau tidak untuk makan kan gak najis tangannya

2Ti 2:14 Ingatkanlah dan pesankanlah semuanya itu dengan sungguh-sungguh kepada mereka di hadapan Allah, agar jangan mereka bersilat kata, karena hal itu sama sekali tidak berguna, malah mengacaukan orang yang mendengarnya.

panas

putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 113
Male
Age: 33
Posts: 4843
Location: Pekanbaru
Job/hobbies: Open The christian's mind about jesus Christ & Pelintirology Tafsir Aliran sesat yang mengaku Islam yaitu Ahmadiyah
Humor: Paulus & HMGA ternyata setali 3 uang Alias sama sama menyesatkan
Join date: 2012-03-04

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Sat Sep 15, 2012 9:29 am

mari belajar membaca:
Mat 15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

- tangan tidak dicucinya yang menajiskan? atau
- makanan yang dimakan dengan tangan yang tidak dicuci yang menajiskan?

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by putramentari on Mon Sep 17, 2012 10:25 pm

SEGOROWEDI wrote:mari belajar membaca:
Mat 15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

- tangan tidak dicucinya yang menajiskan? atau
- makanan yang dimakan dengan tangan yang tidak dicuci yang menajiskan?

argumen konyol, memahami kalimat sederhana ajah udah mencret :
no jelas tertulis :
Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

bicara masalah cara makan dikira masalah makanan, bilang ajah doyan makan babi

putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 113
Male
Age: 33
Posts: 4843
Location: Pekanbaru
Job/hobbies: Open The christian's mind about jesus Christ & Pelintirology Tafsir Aliran sesat yang mengaku Islam yaitu Ahmadiyah
Humor: Paulus & HMGA ternyata setali 3 uang Alias sama sama menyesatkan
Join date: 2012-03-04

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by Gerabah on Tue Sep 18, 2012 9:23 am

SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:
SEGOROWEDI wrote:
Gerabah wrote:Nabi Muhammad saat ini di neraka ?! wow ngarang lagi kau !

Tentang jaminan Muslim masuk surga adalah pasti dengan syarat mentaati perintah dan menjauhi larangan (hukum Allah) sebagaimana perintah Yesus di Matius 5:19 tsb. Apakah kamu masih tidak percaya dengan perintah Yesus itu ?!


1) lha dimana dia sekarang? jasadnya sudah jadi tanah, rohnya gentayangan?
2) lalu apa muhammad mentaati perintah/larangan ini:

Kesepuluh firman

1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2 ''Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
13 Jangan membunuh.
14 Jangan berzinah.
15 Jangan mencuri.
16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.''

1) Nah, kelihatan kau hanya omdo tanpa didukung fakta dan data.
2) Jaminan Yesus bisa masuk surga adalah dengan melakukan (mengamalkan) dan mengajarkan hukum taurat (hukum Allah) sedangkan bagi Muslim adalah (sama) dengan mentaati dan mengamalkan hukum Allah (Al Quran).
Sepuluh firman adalah ringkasan dari seluruh hukum taurat (hukum Allah), padahal Yesus tidak memerintahkan untuk mengamalkan sepuluh perintah Allah, tapi yang diperintahkan adalah mengamalkan seluruh hukum taurat (baca Matius 5:19)

Kelihatan kau tidak meyakini perintah Yesus di matius 5:19, iya kan ?!


10 firman yag SEMUA DILANGGAR MUHAMMAD
iya kan?

Di threat ini, segorowedi mulai sempoyongan. Dengan fakta ini terbukti kalau kekristenan itu benar-benar anti kristus, terbukti bahwa perintah Yesus di Matius 5:19 yang jelas dan tegas Yesus menjamin bisa masuk kerajaan sorga dengan mengamalkan aturan hukum Taurat, justru itu diabaikan dan mereka lebih mentaati perintah paulus sbb. : "Jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Masihkah kalian menentang perintah Yesus tsb.....??!







Gerabah
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Total Like dan Thanks: 1
Posts: 83
Join date: 2011-11-22

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Tue Sep 18, 2012 11:45 am

putramentari wrote:
SEGOROWEDI wrote:mari belajar membaca:
Mat 15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

- tangan tidak dicucinya yang menajiskan? atau
- makanan yang dimakan dengan tangan yang tidak dicuci yang menajiskan?

argumen konyol, memahami kalimat sederhana ajah udah mencret :
no jelas tertulis :
Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

bicara masalah cara makan dikira masalah makanan, bilang ajah doyan makan babi

penekananya kan di MAKAN, bukan tangan...

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by SEGOROWEDI on Tue Sep 18, 2012 11:58 am

Gerabah wrote:
Di threat ini, segorowedi mulai sempoyongan. Dengan fakta ini terbukti kalau kekristenan itu benar-benar anti kristus, terbukti bahwa perintah Yesus di Matius 5:19 yang jelas dan tegas Yesus menjamin bisa masuk kerajaan sorga dengan mengamalkan aturan hukum Taurat, justru itu diabaikan dan mereka lebih mentaati perintah paulus sbb. : "Jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Masihkah kalian menentang perintah Yesus tsb.....??!

yang taat mengamalkan aturan hukum taurat memang masuk kerajaan sorga
tapi siapa dia orangnya yang tak pernah melanggarnya?
maka pilihan ada padamu:
- mengandalkan kemampuanmu mengamalkan hukum taurat (yang muhammadmu aja melanggarnya), atau
- menyerahkan sepenuhnya pada Yesus, Sang Juruselamat

SEGOROWEDI
MAYOR JENDERAL
MAYOR JENDERAL

Total Like dan Thanks: 107
Posts: 30135
Join date: 2011-11-12

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by putramentari on Tue Sep 18, 2012 8:13 pm

SEGOROWEDI wrote:
putramentari wrote:
SEGOROWEDI wrote:mari belajar membaca:
Mat 15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

- tangan tidak dicucinya yang menajiskan? atau
- makanan yang dimakan dengan tangan yang tidak dicuci yang menajiskan?

argumen konyol, memahami kalimat sederhana ajah udah mencret :
no jelas tertulis :
Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

bicara masalah cara makan dikira masalah makanan, bilang ajah doyan makan babi

penekananya kan di MAKAN, bukan tangan...
argumen putus asa sang pemakan babi

putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 113
Male
Age: 33
Posts: 4843
Location: Pekanbaru
Job/hobbies: Open The christian's mind about jesus Christ & Pelintirology Tafsir Aliran sesat yang mengaku Islam yaitu Ahmadiyah
Humor: Paulus & HMGA ternyata setali 3 uang Alias sama sama menyesatkan
Join date: 2012-03-04

Back to top Go down

Re: SILAHKAN MUSLIM MENYANGGAH!!!!!

Post by putramentari on Tue Sep 18, 2012 8:20 pm

Gerabah wrote:
Di threat ini, segorowedi mulai sempoyongan. Dengan fakta ini terbukti kalau kekristenan itu benar-benar anti kristus, terbukti bahwa perintah Yesus di Matius 5:19 yang jelas dan tegas Yesus menjamin bisa masuk kerajaan sorga dengan mengamalkan aturan hukum Taurat, justru itu diabaikan dan mereka lebih mentaati perintah paulus sbb. : "Jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Masihkah kalian menentang perintah Yesus tsb.....??!

SEGOROWEDI wrote:yang taat mengamalkan aturan hukum taurat memang masuk kerajaan sorga
tapi siapa dia orangnya yang tak pernah melanggarnya?

itulah ujian ketaatan, tidak gampang untuk meraih sesuatu
SEGOROWEDI wrote:maka pilihan ada padamu:
- mengandalkan kemampuanmu mengamalkan hukum taurat (yang muhammadmu aja melanggarnya), atau
- menyerahkan sepenuhnya pada Yesus, Sang Juruselamat
untuk apa berharap pada yesus yang juga manusia :
Yes 2:22 Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?

putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 113
Male
Age: 33
Posts: 4843
Location: Pekanbaru
Job/hobbies: Open The christian's mind about jesus Christ & Pelintirology Tafsir Aliran sesat yang mengaku Islam yaitu Ahmadiyah
Humor: Paulus & HMGA ternyata setali 3 uang Alias sama sama menyesatkan
Join date: 2012-03-04

Back to top Go down

Page 3 of 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

View previous topic View next topic Back to top


Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum