FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Wed Aug 15, 2012 11:37 am

First topic message reminder :

para pemirsa yg dimuliakan allah..

mungkin sayah dan anda uda masuk jadi orang2 yg nge-fans sm SHOLB..jadi sayah berpikir membuka lapak baruh untuk ngebahas KHUSUS term SHOLB..dengan alat2 yg disusun dari hadits dan kamus basa arab...

demikian......

ثُمَّ قَالَ يُنَادِي مُنَادٍ لِيَذْهَبْ كُلُّ قَوْمٍ إِلَى مَا كَانُوا يَعْبُدُونَ فَيَذْهَبُ أَصْحَابُ الصَّلِيبِ مَعَ صَلِيبِهِمْ

"Lantas ada seorang penyeru memanggil-manggil, "Hendaklah setiap kaum pergi menemui yang disembahnya!" Maka pemuja salib pergi bersama salib mereka
Imam Bukhari 6886

عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا حَدَّثَتْهُ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ يَتْرُكُ فِي بَيْتِهِ شَيْئًا فِيهِ تَصَالِيبُ إِلَّا نَقَضَهُ

Aisyah radliallahu 'anhu telah menceritakan kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan (gambar) salib melainkan beliau akan menghancurkannya."
Imam bukhari 5496

عَنْ أَبِي نَوْفَلٍ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ عَلَى عَقَبَةِ الْمَدِينَةِ


Abu Naufal dia berkata; "Saya pernah melihat Abdullah bin Zubair disalib di suatu perbukitan antara Madinah dan Makkah
Imam muslim 4617

Ter-khusus hr imam muslim diatas,kata SHOLB gak ada di redaksi basa arab tetapi عقب diterjemahkan menjadi DISALIB.sedangkan عقب menurut kamus al mufid bisa berarti ;
عَاقَب Menyiksa

عَقَابٌ و عُقُوْبَة Siksa

sehingga,timbul pertanyaan apakah SHOLB dan bagemana penggunaan dari segi hukuman-tubuh-kata benda?

silahkeun siafa ajah boleh masuk asal gak bikin ribut... yuhuii



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Tue Aug 28, 2012 11:31 am

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:wah senang rasanya mas SW balik lagi kemari...

buginih...didalam basa arab secara keseluruhan TIDAK MENYIRATKAN BENTUK mau pake Y wal X atow + bahkan lurus semuwah bisa menjadi benar....karena berbaring pun bisa...

jadi salibnya gimana bentuknya, quran tak tahu
terus, salabu kan pematahan tulang dan pengeluaran sumsum
apa hubungannya dengan bentuk Y, X, + dan I?
al quran bukan gak tau TETAPI menyerahkan model ALAT pada kultur setempat.

taruh misal;suku jawa memiliki tradisi hukuman salaib bentuk LURUS
==>>
LOGIKANYAH = yg dipatahin HARUS berada dibawah (dalam bentuk diatas yg logis adalah mematahkan kaki/mutilasi) agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

jika posisinyah dibalik (kepala dibawah) maka LOGIS jika yg dipotong adalah LEHERNYAH agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM/darah dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

atow suku sunda memiliki tradisi hukuman salib dengan cara MEMBARINGKAN maka HAL LOGIS ADALAH melubangi tulang belakang agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM/darah dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.




untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Tue Aug 28, 2012 11:32 am

@abu hanan wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:wah senang rasanya mas SW balik lagi kemari...

buginih...didalam basa arab secara keseluruhan TIDAK MENYIRATKAN BENTUK mau pake Y wal X atow + bahkan lurus semuwah bisa menjadi benar....karena berbaring pun bisa...

jadi salibnya gimana bentuknya, quran tak tahu
terus, salabu kan pematahan tulang dan pengeluaran sumsum
apa hubungannya dengan bentuk Y, X, + dan I?
al quran bukan gak tau TETAPI menyerahkan model ALAT pada kultur setempat.

taruh misal;suku jawa memiliki tradisi hukuman salaib bentuk LURUS
==>>
LOGIKANYAH = yg dipatahin HARUS berada dibawah (dalam bentuk diatas yg logis adalah mematahkan kaki/mutilasi) agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

jika posisinyah dibalik (kepala dibawah) maka LOGIS jika yg dipotong adalah LEHERNYAH agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM/darah dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

atow suku sunda memiliki tradisi hukuman salib dengan cara MEMBARINGKAN maka HAL LOGIS ADALAH melubangi tulang belakang agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM/darah dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.


hihihi...gambarnyah salah....biyarin dah...susah cari yg model lurus


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 28, 2012 11:43 am

@abu hanan wrote:al quran bukan gak tau TETAPI menyerahkan model ALAT pada kultur setempat.

taruh misal;suku jawa memiliki tradisi hukuman salaib bentuk LURUS
==>>
LOGIKANYAH = yg dipatahin HARUS berada dibawah (dalam bentuk diatas yg logis adalah mematahkan kaki/mutilasi) agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

jika posisinyah dibalik (kepala dibawah) maka LOGIS jika yg dipotong adalah LEHERNYAH agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM/darah dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

atow suku sunda memiliki tradisi hukuman salib dengan cara MEMBARINGKAN maka HAL LOGIS ADALAH melubangi tulang belakang agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM/darah dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

kok terserah kultur gimana, lha yang dimaksud di quran/hadis itu yang kek apa?
mosok bentuk X seperti itu adalah alat pematah tulang dan pengeluar sumsum?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Tue Aug 28, 2012 11:58 am

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:al quran bukan gak tau TETAPI menyerahkan model ALAT pada kultur setempat.

taruh misal;suku jawa memiliki tradisi hukuman salaib bentuk LURUS
==>>
LOGIKANYAH = yg dipatahin HARUS berada dibawah (dalam bentuk diatas yg logis adalah mematahkan kaki/mutilasi) agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

jika posisinyah dibalik (kepala dibawah) maka LOGIS jika yg dipotong adalah LEHERNYAH agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM/darah dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

atow suku sunda memiliki tradisi hukuman salib dengan cara MEMBARINGKAN maka HAL LOGIS ADALAH melubangi tulang belakang agar tujuan MENGELUARKAN SUMSUM/darah dapat tercapai dan korban pun mencapai mati dengan lancar.

kok terserah kultur gimana, lha yang dimaksud di quran/hadis itu yang kek apa?
mosok bentuk X seperti itu adalah alat pematah tulang dan pengeluar sumsum?
lha proses hukuman tuh terjadi di masa kekuasaan siapa?
bentuk X Y + wal lurus adalah MELETAKKAN TERDAKWA/KORBAN..lha terus gimana dunk caranyah agar terdakwa/korban dapat dikeluarkan sumsumnyah kalow masih bergerak bebas?tentu logika sehat akan menyatakan OBJEK HARUS DIAM..X Y + wal lurus kan UPAYA MENDIAMKAN KORBAN.gak menendang2,meronta dan berbagai gerakan yg akan menyulitkan pengeluaran sumsum....

pada gambar diatas,objek PASTI diam/gak bergerak.jadi kalow mematahkan/mutilasi kaki agar sumsum keluar tentu lebih masuk akal dan lebih mudah daripada gak DIDIAMKAN.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 28, 2012 12:19 pm

@abu hanan wrote:lha proses hukuman tuh terjadi di masa kekuasaan siapa?
bentuk X Y + wal lurus adalah MELETAKKAN TERDAKWA/KORBAN..lha terus gimana dunk caranyah agar terdakwa/korban dapat dikeluarkan sumsumnyah kalow masih bergerak bebas?tentu logika sehat akan menyatakan OBJEK HARUS DIAM..X Y + wal lurus kan UPAYA MENDIAMKAN KORBAN.gak menendang2,meronta dan berbagai gerakan yg akan menyulitkan pengeluaran sumsum....

pada gambar diatas,objek PASTI diam/gak bergerak.jadi kalow mematahkan/mutilasi kaki agar sumsum keluar tentu lebih masuk akal dan lebih mudah daripada gak DIDIAMKAN.

lha terserah, silakan tunjukkan yang di quran/hadis itu jaman kekuasaan siapa
lalu masing-masing bentuk salibnya kek gimana?

kan cuman mau matahin tulang dan ngeluarin sumsum
diiket kan juga bisa..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Tue Aug 28, 2012 12:55 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:lha proses hukuman tuh terjadi di masa kekuasaan siapa?
bentuk X Y + wal lurus adalah MELETAKKAN TERDAKWA/KORBAN..lha terus gimana dunk caranyah agar terdakwa/korban dapat dikeluarkan sumsumnyah kalow masih bergerak bebas?tentu logika sehat akan menyatakan OBJEK HARUS DIAM..X Y + wal lurus kan UPAYA MENDIAMKAN KORBAN.gak menendang2,meronta dan berbagai gerakan yg akan menyulitkan pengeluaran sumsum....

pada gambar diatas,objek PASTI diam/gak bergerak.jadi kalow mematahkan/mutilasi kaki agar sumsum keluar tentu lebih masuk akal dan lebih mudah daripada gak DIDIAMKAN.

lha terserah, silakan tunjukkan yang di quran/hadis itu jaman kekuasaan siapa
lalu masing-masing bentuk salibnya kek gimana?

kan cuman mau matahin tulang dan ngeluarin sumsum
diiket kan juga bisa..
kalow anda menuntut AYAT yg bilang ROMAWI gak bakal nemu sampe kapan pun.pendekatan dari sisi sejarah mesti dilakukan...
lha sayah uda bilang al quran GAK PERMASALAHKAN model/bentuk...tapi inti SHOLB tuh yg ditekankan.lagian orang kalow ditangkringin aja di tiang jemuran pun gak bakal mati dalam waktu 3-4 jam...

emang apa yg diiket biar sumsumnya keluar?kalow sumsum bisa keluar sotomatis darah juga meleleh keluar...



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 28, 2012 1:47 pm

@abu hanan wrote:- kalow anda menuntut AYAT yg bilang ROMAWI gak bakal nemu sampe kapan pun.pendekatan dari sisi sejarah mesti dilakukan...
lha sayah uda bilang al quran GAK PERMASALAHKAN model/bentuk...tapi inti SHOLB tuh yg ditekankan.lagian orang kalow ditangkringin aja di tiang jemuran pun gak bakal mati dalam waktu 3-4 jam...

- emang apa yg diiket biar sumsumnya keluar?kalow sumsum bisa keluar sotomatis darah juga meleleh keluar...

- maka gak usah bawa-bawa romawi segala..
justeru saya yang bertanya, alat pematah tulang dan pengeluar sumsum kek apa bentuknya?
lha justeru kalau hanya dipatahkan kakinya gak bakalan mati seumur hidupnya

- tubuhnya diiket, kakinya dipukul pakai pipa besi kan bisa
ngapain susah-susah dipantek pada kayu/ditusuk sate secara vertikal?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Tue Aug 28, 2012 2:25 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:- kalow anda menuntut AYAT yg bilang ROMAWI gak bakal nemu sampe kapan pun.pendekatan dari sisi sejarah mesti dilakukan...
lha sayah uda bilang al quran GAK PERMASALAHKAN model/bentuk...tapi inti SHOLB tuh yg ditekankan.lagian orang kalow ditangkringin aja di tiang jemuran pun gak bakal mati dalam waktu 3-4 jam...

- emang apa yg diiket biar sumsumnya keluar?kalow sumsum bisa keluar sotomatis darah juga meleleh keluar...

- maka gak usah bawa-bawa romawi segala..
justeru saya yang bertanya, alat pematah tulang dan pengeluar sumsum kek apa bentuknya?
lha justeru kalau hanya dipatahkan kakinya gak bakalan mati seumur hidupnya

- tubuhnya diiket, kakinya dipukul pakai pipa besi kan bisa
ngapain susah-susah dipantek pada kayu/ditusuk sate secara vertikal?
- lha ya gak bisa sejarah diabaikan...nabi isa dihukum pake gaya siafa tuh juga mempengaruhi sholb.patah kaki

- yg laen sayah ubek2 post sayah seputar patah kaki dan efeknyah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 28, 2012 3:02 pm

@abu hanan wrote:
- lha ya gak bisa sejarah diabaikan...nabi isa dihukum pake gaya siafa tuh juga mempengaruhi sholb.patah kaki

- yg laen sayah ubek2 post sayah seputar patah kaki dan efeknyah..

- sejarahnya silakan cari sendiri, yang ada isa tidak dibunuh, isa tidak disalabu, gitu kan?
- kalau hanya kaki patah, orang tak akan mati

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Tue Aug 28, 2012 3:09 pm

@abu hanan wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:- kalow anda menuntut AYAT yg bilang ROMAWI gak bakal nemu sampe kapan pun.pendekatan dari sisi sejarah mesti dilakukan...
lha sayah uda bilang al quran GAK PERMASALAHKAN model/bentuk...tapi inti SHOLB tuh yg ditekankan.lagian orang kalow ditangkringin aja di tiang jemuran pun gak bakal mati dalam waktu 3-4 jam...

- emang apa yg diiket biar sumsumnya keluar?kalow sumsum bisa keluar sotomatis darah juga meleleh keluar...

- maka gak usah bawa-bawa romawi segala..
justeru saya yang bertanya, alat pematah tulang dan pengeluar sumsum kek apa bentuknya?
lha justeru kalau hanya dipatahkan kakinya gak bakalan mati seumur hidupnya

- tubuhnya diiket, kakinya dipukul pakai pipa besi kan bisa
ngapain susah-susah dipantek pada kayu/ditusuk sate secara vertikal?
- lha ya gak bisa sejarah diabaikan...nabi isa dihukum pake gaya siafa tuh juga mempengaruhi sholb.patah kaki

- yg laen sayah ubek2 post sayah seputar patah kaki dan efeknyah..
- tubuh diiket aja?gak ada sandaran?

- uda terbukti kan dari sejarah.yesus gak mati,nabi isa gak di-sholb.

-kaki patah gak mati seumur hidup?lha yg jadi tujuan adalah mengeluarkan sumsum berarti mematahkannyah mesti mutilasi..bahkan jika tidak dimulitasi pun tetap aja akan mengeluarkan sumsum dari tulang dan akan berakibat fatal.

Sering terjadi bahwa si terhukum tidak mati kelaparan atau kehausan, tapi bertahan di kayu salib selama beberapa hari (Isid., V, 27;. Senec, Epist ci.). Untuk mempersingkat hukuman karena itu, dan mengurangi penderitaan yang mengerikan, kakinya kadang-kadang rusak (crurifragium, krura frangere;.. CIC, Philipp XIII, xii).

crurifragrium = Frequently, the legs of the person executed were broken or shattered with an iron club, an act called crurifragium, which was also frequently applied without crucifixion to slaves.[21] This act hastened the death of the person but was also meant to deter those who observed the crucifixion from committing offenses.[21]
Sering, kaki-kaki orang dieksekusi patah atau hancur dengan klub besi, sebuah tindakan disebut crurifragium, yang juga sering diterapkan tanpa penyaliban untuk budak. [21] Tindakan ini mempercepat kematian orang tetapi juga dimaksudkan untuk mencegah mereka yang mengamati penyaliban dari tindak pidana melakukan. [21]
http://en.wikipedia.org/wiki/Crucifixion#Details

Legs were often broken to hasten death through severe traumatic shock and fat embolism.
Kaki sering rusak untuk mempercepat kematian melalui syok traumatik berat dan emboli lemak.

Emboli lemak/fat embolism adalah is a type of embolism that is often caused by physical trauma such as fracture of long bones, soft tissue trauma and burns.
Emboli lemak/fat emboli adalah jenis emboli yang sering disebabkan oleh trauma fisik seperti patah tulang panjang, trauma jaringan lunak dan luka bakar.
http://en.wikipedia.org/wiki/Fat_embolism

contoh gambar kalo patah tulang tetapi gak mutilasi ;


yang majemuk,apakah dikondisi seperti itu sumsum gak meleleh keluar?

sedangkan mutilasi seperti gambar asbak di bawah ini kan uda jelas mengeluarkan sumsum dan darah;



dan yg sesuai dengan hukum romawi tuh yg gambar asbak...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by mang odoy on Tue Aug 28, 2012 7:33 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@abu hanan wrote:wah senang rasanya mas SW balik lagi kemari...

buginih...didalam basa arab secara keseluruhan TIDAK MENYIRATKAN BENTUK mau pake Y wal X atow + bahkan lurus semuwah bisa menjadi benar....karena berbaring pun bisa...

jadi salibnya gimana bentuknya, quran tak tahu
terus, salabu kan pematahan tulang dan pengeluaran sumsum
apa hubungannya dengan bentuk Y, X, + dan I?

ha ha ha....dah gak bisa ngomong lu ma gw.... ketiwi

yadah...silahkan dilanjut ngobrolnya sama simbah... lol

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 1:31 pm

@hamba tuhan wrote:تفسير الطبري - (ج 14 / ص 210)
حدثنا أبو كريب وابن وكيع قالا حدثنا مالك بن إسماعيل = وحدثنا أحمد بن إسحاق قال، حدثنا أبو أحمد = جميعًا، عن عبد السلام بن حرب قال، حدثنا غطيف بن أعين، عن مصعب بن سعد، عن عدي بن حاتم قال: أتيت رسولَ الله صلى الله عليه وسلم وفي عُنُقي صليبٌ من ذهب، فقال: يا عديّ، اطرح هذا الوثنَ من عنقك ! قال: فطرحته، وانتهيت إليه وهو يقرأ في "سورة براءة"، فقرأ هذه الآية:(اتخذوا أحبارهم ورُهبانهم أربابًا من دون الله)، قال قلت: يا رسول الله، إنا لسنا نعبدُهم! فقال: أليس يحرِّمون ما أحلَّ الله فتحرِّمونه، ويحلُّون ما حرَّم الله فتحلُّونه؟ قال: قلت: بلى! قال: فتلك عبادتهم! = واللفظ لحديث أبي كريب.
Tafsir ath-Thabari (14/210) - telah menceritakan kepada kami Abu Karib dan Ibn Waki’, katanya, “Telah menceritakan kepada kami Malik bin Isma’il = Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ishaq, “telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad,” = bersama-sama, dari Abdus-Salam bin Harb, katanya, “Telah menceritakan kepada kami Ghuthaif bin A’yan, dari Mash’ab bi Sa’ad dari ‘Adi bin Hatim, ia berkata, “Aku mendatangi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam dan dileherku ada salib dari emas,” lalu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Ya ‘Adi, buanglah (lepaslah) barang ini dari lehermu.” ‘Adi bin Hatim berkata, “Lalu aku membuangnya, dan melupakannya, dan Beliau membaca Surat Baroah,lalu membaca ayat ini, “Attakhadzu ahbarahum wa ruhbanahum arababan min dunillah – mereka jadikan orang-orang alimnya dan para rahibnya sebagai tuhan-tuhan (rabb-rabb) selain Allah.” Adi bin Hatim berkata, “Aku katakan, “Ya Rasulullah, sungguh sekalipun kami tak beribadah kepadanya.” Maka Beliau bersabda, “Bukankah mereka menngharamkan apa Allah haramkan, lalu mereka ikut mengharamkan, dan mereka menghalalkan apa yang Allah haramkan, lalu mereka ikut mengharamkannya?” Adi bin Hatim menjawa, “Itulah bentuk ibadah mereka kepadanya.” Lafadz menurut hadist Abi Karib.

kang mas abu atu2 dl.. sesuai dgn permintaan kang mas, gmn menurut kang mas hadits melalui jalur Abi Karib.....

piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 2:10 pm

@abu hanan wrote:
@hamba tuhan wrote:حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ يَعْنِي ابْنَ حَسَّانَ عَنْ ابْنِ سِيرِينَ عَنْ دِقْرَةَ قَالَتْ
كُنْتُ أَمْشِي مَعَ عَائِشَةَ فِي نِسْوَةٍ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ فَرَأَيْتُ امْرَأَةً عَلَيْهَا خَمِيصَةٌ فِيهَا صُلُبٌ فَقَالَتْ لَهَا عَائِشَةُ انْزَعِي هَذَا مِنْ ثَوْبِكِ فَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَآهُ فِي ثَوْبٍ قَضَبَهُ
Telah menceritakan kepada kami Abu Muaiwiyah telah menceritakan kepada kami Hisyam, yaitu Ibnu Hassan dari Ibnu Sirin dari Diqrah berkata; "Saya pernah berjalan bersama Aisyah melalui para wanita yang berada di antara shafwah dan marwah. Saya melihat ada seorang wanita yang mengenakan gamis yang terdapat gambar salib. Lalu Aisyah berkata kepadanya; 'Lepas salib ini dari bajumu, karena apabila Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam melihat di bajunya, beliau merobeknya'." (AHMAD - 24694)

حَدَّثَنَا يَزِيدُ قَالَ أَخْبَرَنَا هِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَتْنِي دِقْرَةُ أُمُّ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أُذَيْنَةَ قَالَتْ
كُنَّا نَطُوفُ بِالْبَيْتِ مَعَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ فَرَأَتْ عَلَى امْرَأَةٍ بُرْدًا فِيهِ تَصْلِيبٌ فَقَالَتْ أُمُّ الْمُؤْمِنِينَ اطْرَحِيهِ اطْرَحِيهِ فَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى نَحْوَ هَذَا قَضَبَهُ
Telah menceritakan kepada kami Yazid, dia berkata; telah mengabarkan kepada kami Hisyam dari Muhammad berkata; telah menceritakan kepadaku Diqrah, Ummu Abdurrahman bin Udzainah berkata; "Kami berthawaf di Ka'bah bersama ummul mukminin, dan dia melihat seorang wanita mengenakan kain yang ada salibnya. Maka Ummul mukminin berkata; "Buanglah salib itu, buanglah salib itu, karena Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam apabila melihat yang serupa dengan hal ini beliau langsung memotongnya." (AHMAD - 23939)

حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ هِشَامٍ وَعَبْدُ الصَّمَدِ عَنْ حَرْبٍ عَنْ يَحْيَى عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حِطَّانَ أَنَّ عَائِشَةَ حَدَّثَتْهُ قَالَتْ لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَعُ فِي بَيْتِهِ ثَوْبًا فِيهِ تَصْلِيبٌ إِلَّا نَقَضَهُ
Telah menceritakan kepada kami Yahya dari Hisyam dan Abdush Shamad dari Harbi dari Yahya dari Imran bin Hitthan bahwa Aisyah pernah menceritakannya. Dia berkata; "Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam tidak pernah meninggalkan baju yang terdapat (gambar) salib di rumahnya kecuali beliau merobeknya." (AHMAD - 23127)

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ زِيَادٍ عَنْ زِيَادِ بْنِ صُبَيْحٍ الْحَنَفِيِّ قَالَ صَلَّيْتُ إِلَى جَنْبِ ابْنِ عُمَرَ فَوَضَعْتُ يَدِي عَلَى خَاصِرَتِي فَضَرَبَ يَدَيَّ فَلَمَّا صَلَّى قَالَ هَذَا الصَّلْبُ فِي الصَّلَاةِ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَى عَنْهُ
Telah menceritakan kepada kami Waki' telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Ziyad dari Ziyad bin Shubaih Al-Hanafi dia berkata, saya shalat di sisi Ibnu Umar, saya meletakkan kedua tanganku di atas perut, kontan dia memukul tanganku. Selesai shalat, dia berkata, "Ini adalah Salib dalam shalat, Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam telah melarangnya." (AHMAD 5572)

حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ عَلْقَمَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ قَالَ نُبِّئْتُ عَنْ دِقْرَةَ أُمِّ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أُذَيْنَةَ قَالَتْ
كُنَّا نَطُوفُ مَعَ عَائِشَةَ بِالْبَيْتِ فَأَتَاهَا بَعْضُ أَهْلِهَا فَقَالَ إِنَّكِ قَدْ عَرَقْتِ فَغَيِّرِي ثِيَابَكِ فَوَضَعَتْ ثَوْبًا كَانَ عَلَيْهَا فَعَرَضْتُ عَلَيْهِ بُرْدًا عَلَيَّ مُصَلَّبًا فَقَالَتْ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَآهُ فِي ثَوْبٍ قَضَبَهُ
قَالَتْ فَلَمْ تَلْبَسْهُ
Telah menceritakan kepada kami Ismail bin Ibrahim berkata; telah menceritakan kepada kami Salamah bin Al Qomah dari Muhammad bin Sirin berkata; saya telah diberi berita dari Diqrah, Ummu Abdurrahman bin Udzainah berkata; "Kami pernah melakukan thawaf bersama Aisyah di Ka'bah, lalu ada sebagian keluarganya yang mendatanginya seraya berkata; 'Sesungguhnya engkau telah mengetahuinya, gantilah bajumu.' Ia pun melepas baju yang ia pakai. Kemudian aku memberikan kain -yang aku pakai karena terdapat gambar salib-kepadanya. Lalu ia berkata; "Sesungguhnya apabila Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam melihatnya ada dikain, maka beliau pasti merobeknya." Ia berkata; "Ia tidak pernah memakainya lagi." (AHMAD - 24626)

حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ فَضَالَةَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حِطَّانَ أَنَّ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا حَدَّثَتْهُ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ يَتْرُكُ فِي بَيْتِهِ شَيْئًا فِيهِ تَصَالِيبُ إِلَّا نَقَضَهُ
Telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Fadlalah telah menceritakan kepada kami Hisyam dari Yahya dari 'Imran bin Hithan bahwa Aisyah radliallahu 'anhu telah menceritakan kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan (gambar) salib melainkan beliau akan menghancurkannya." (BUKHARI - 5496)

حَدَّثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ عَنْ وَكِيعٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ زِيَادٍ عَنْ زِيَادِ بْنِ صَبِيحٍ الْحَنَفِيِّ قَالَ
صَلَّيْتُ إِلَى جَنْبِ ابْنِ عُمَرَ فَوَضَعْتُ يَدَيَّ عَلَى خَاصِرَتَيَّ فَلَمَّا صَلَّى قَالَ هَذَا الصَّلْبُ فِي الصَّلَاةِ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَى عَنْهُ
Telah menceritakan kepada kami Hannad bin As Sarri dari Waki' dari Sa'id bin Ziyad dari Ziyad bin Shabih Al Hanafi dia berkata; saya shalat di samping Ibnu Umar, lalu aku meletakkan kedua tanganku pada kedua lambungku (bertolak pinggang), seusainya shalat, dia berkata; "Ini adalah salib dalam shalat, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang perbuatan seperti ini." (ABUDAUD - 768)

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا أَبَانُ حَدَّثَنَا يَحْيَى حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ حِطَّانَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَتْرُكُ فِي بَيْتِهِ شَيْئًا فِيهِ تَصْلِيبٌ إِلَّا قَضَبَهُ
Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il berkata, telah menceritakan kepada kami Aban berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya telah menceritakan kepada kami Imran bin Hithan dari 'Aisyah radliallahu 'anha berkata, "Tidaklah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam meninggalkan sesuatu yang berbentuk salib di rumahnya kecuali beliau pasti memotongnya." (ABUDAUD - 3621)

أَخْبَرَنَا حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ عَنْ سُفْيَانَ بْنِ حَبِيبٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ زِيَادٍ عَنْ زِيَادِ بْنِ صُبَيْحٍ قَالَ
صَلَّيْتُ إِلَى جَنْبِ ابْنِ عُمَرَ فَوَضَعْتُ يَدِي عَلَى خَصْرِي فَقَالَ لِي هَكَذَا ضَرْبَةً بِيَدِهِ فَلَمَّا صَلَّيْتُ قُلْتُ لِرَجُلٍ مَنْ هَذَا قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ قُلْتُ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ مَا رَابَكَ مِنِّي قَالَ إِنَّ هَذَا الصَّلْبُ وَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَانَا عَنْهُ
Telah mengabarkan kepada kami Humaid bin Mas'adah dari Sufyan bin Habib dari Sa'id bin Ziyad dari Ziyad bin Shubaih dia berkata; "Aku shalat di samping Ibnu Umar, dan aku meletakkan tanganku di atas pinggangku, maka ia berkata kepadaku, 'Begini yang benar' sambil memukulku dengan tangannya. Setelah selesai shalat aku bertanya kepada seseorang, "Siapa ini? ' la menjawab, "la adalah Abdullah bin Umar'. Lalu aku berkata, 'Wahai Abu Abdurrahman, apa yang membuatmu tidak suka denganku? ' la menjawab, 'Ini adalah penyilangan (salib), dan Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam melarang kami dari hal tersebut. (NASAI - 881)

http://125.164.221.44/hadisonline/hadis9/cari_hadist.php?imam=ahmad&keyNo=23939&x=17&y=10
kang...dari keseluruhan hadits yg dibawa gak ada satupun yang menyiratkan PALANG maupun LURUS....

kalow pun ada yg bersilang seperti yg ditunjukkan dari Ziyad bin Shubaih dia berkata; "Aku shalat di samping Ibnu Umar, dan aku meletakkan tanganku di atas pinggangku,
kira2 bagemana ilustrasi aku meletakkan tanganku di atas pinggangku, menurut kang ht?
kalow sayah membayangkan huruf X dan yg menjadi masalah adalah bagemana hukuman salib model X maupun + bahkan lurus bisa menyebabkan kematian seseorang?

mengingat ;
Imam bukhari 5496

عَنْ أَبِي نَوْفَلٍ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ عَلَى عَقَبَةِ الْمَدِينَةِ

Abu Naufal dia berkata; "Saya pernah melihat Abdullah bin Zubair disalib di suatu perbukitan antara Madinah dan Makkah
Imam muslim 4617
dapat menyebabkan kerancuan term SALIB...


bener kang mas dari keseluruhan hadits yg dibawa gak ada satupun yang menyiratkan PALANG maupun LURUS.... sekarang coba kang mas jelaskan hadits2 diatas yg ada penggunakan kata salib pengertian maknanya yg tepat gmn.... mudah2an dgn penjelasan kang mas umat islam gak haram lg memakai kalung salib atau gak haram lg menggantung salib dirumah masing2.... heheee.... monggo kang mas

piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 2:32 pm

@mang odoy wrote:@HT

ada aja alasan amang..... heheeeeee, ga bosen2 ya amang....

bagian teks lisanul arabi <ص:529>

وما قَتَلُوه وما صَلَبُوه وفيه ولأُصَلِّبَنَّكم في جُذُوعِ النَّخْلِ أَي على جُذُوعِ النخل والصَّلِيبُ المَصْلُوبُ والصَّليب الذي يتخذه النصارى على ذلك الشَّكْل

wamaa qataluuhu wamaa shalabuuhu termasuk didalamnya la ushallibannakum fi juduu'in-nakhli

yakni di atas batang kurma, dan bermula salib adalah al-mashluub (yg disalib), dan SALIB yg diambil oleh orang nasrani adalah atas perumpamaan tersebut.

Nahhh..gitu dong...kalo emang bisa bahasa arab...ngapain ngutip terjemahan ane yang sebenernya BELUM KENA... he he he...
Tapi sayangnya...pak ustat ini cuman nerjemahin BUNTUT nya doang...jadi belum jelas maksudnya...

Sebagai perbandingan...saya ambil yang terjemahan bahasa inggrisnya.

There is also: wa la'u ṣallibannakum fī judhūʿ in-nakhl meaning "on the trunks of palm trees". Ṣalīb also refers to maṣlūb, "the crucified". Ṣalīb is what the Christians take [as a symbol] of that form.

Ada juga : wa la'u ṣallibannakum fī judhūʿ in-nakhl yang artinya "PADA BATANG POHON KORMA". SALIB juga merujuk ke kata MASLUB "si TERSALIB".
SALIB sebagaimana yang diambil oleh kaum Kristen dari bentuk tersebut.


Jadi...dari hasil terjemahan pak ustat sendiri dan terjemahan saya....kita bisa melihat dengan seksama...bahwa sebenernya.... yang MENGAMBIL KATA "SALIB" sebagai symbol agama Kristen yang berbentuk TIANG JEMURAN..adalah Umat Kristen sendiri...dengan mengambil gambaran si terhukum pada jaman Firaun yang dipasang di BATANG POHON KURMA. Dan bukannya berdasarkan pada AKAR KATA "SHAD LAM BA" itu sendiri.

Karena kalo berdasarkan akar kata "shad lam ba" .... penjelasan Ibn Manzur mengenai kata SALIB ini sudah begitu jelas seperti dijabarkan berikut ini.
Perhatikan yang saya WARNAI MERAH CETAK TEBAL...!!!


وفي الحديث: أَنه لـمَّا قَدِمَ مَكَّةَ أَتاه أَصحابُ الصُّلُب؛ قيل: هم الذين يَجْمَعُون العِظام إِذا أُخِذَت عنها لُحومُها فيَطْبُخونها بالماءِ، فإِذا خرج الدَّسَمُ منها جمعوه وائْتَدَمُوا به. يقال اصْطَلَبَ فلانٌ العِظام إِذا فَعَل بها ذلك. والصُّلُبُ جمع صَليب، والصَّلِـيبُ: الوَدَكُز والصَّلِـيبُ والصَّلَبُ: الصديد الذي يَسيلُ من الميت. والصَّلْبُ: مصدر صَلَبَه يَصْلُبه صَلْباً، وأَصله من الصَّلِـيب وهو: الوَدَك. وفي حديث عليّ: أَنه اسْتُفْتِـيَ في استعمال صَلِـيبِ الـمَوْتَى في الدِّلاءِ والسُّفُن، فَـأَبـى عليهم، وبه سُمِّي الـمَصْلُوب لما يَسِـيلُ من وَدَكه. والصَّلْبُ، هذه القِتْلة المعروفة، مشتق من ذلك، لأَن وَدَكه وصديده يَسِـيل. وقد صَلَبه يَصْلِـبُه صَلْباً، وصَلَّبه، شُدِّدَ للتكثي وفي التنزيل العزيز: وما قَتَلُوه وما صَلَبُوه. وفيه: ولأُصَلِّـبَنَّكم في جُذُوعِ النَّخْلِ؛ أَي على جُذُوعِ النخل. والصَّلِـيبُ: الـمَصْلُوبُ. والصَّليب الذي يتخذه النصارى على ذلك الشَّكْل.

And in the ḥadīth: "When he came to Makkah, the makers of ṣalub came to him. It was said that they are the ones who collect bones after meat was removed and cook them in water. When the fat appears they collect it and ate it. We say that someone iṣtalaba the bones when he does so with the bones. As for ṣalub, it is the plural of ṣalīb which means wadak." Ṣalīb and ṣalab also refer to the pus that leaks from the dead. Ṣalb is the infinitive form of ṣalab [past form], yaṣlubu [present form], it is derived from ṣalīb which is the wadak. And in the ḥadīth of Alī, he was asked about the use of the ṣalīb of the dead for crafting [dilā'] and boats and he forbade it. And so was called the "crucified" because of the [wadak] that leaks from him. And ṣalb is that famous death [i.e., crucifixion] which is derived from the same origin because the wadak of the dead and his ichor leaks. The verb is ṣalaba [past form], yaṣlubu [present form], ṣalban [infinitive form], ṣallaba is the exagerated form implying multiplicity. And in the Holy Revelation [i.e., the Qur'an]: wa mā qatalūhu wa mā ṣalabūhu ["they did not kill him or they crucified him"]. There is also: wa la'u ṣallibannakum fī judhūʿ in-nakhl meaning "on the trunks of palm trees". Ṣalīb also refers to maṣlūb, "the crucified". Ṣalīb is what the Christians take [as a symbol] of that form.

Dan dalam sebuah Hadist :

Ketika dia datang ke Mekkah, para pembuat SALUB datang kepadanya. Dikatakan bahwa mereka adalah orang yang mengumpulkan tulang tulang setelah dagingnya dikelupas dan memasak tulang tulang itu dalam air. Ketika si lemaknya muncul ke permukaan, mereka mengumpulkannya dan memakannnya. Kita mengatakan bahwa seseorang ISTILABA tulang tulang ketika dia memeras sari dari tulang tersebut.

Sebagaimana halnya kata SALUB, itu adalah bentuk jamak dari SALIB yang berarti WADAK.

SALIB dan SALAB juga merujuk kepada NANAH yang meleleh dari MAYAT.

SALB adalah bentuk Infinitive dari SALAB [bentuk lampau], YASLUBU [bentuk sekarang] diambil dari kata SALIB yang mana berarti WADAK.

Dan didalam sebuah hadist Ali, dia ditanya tentang penggunaan dari SALIB orang mati untuk Crafting (kerajinan tangan) da perahu dan dia melarangnya.

Dan seseorang dikatakan sebagai “The Crucified/ Si Tersalib” karena WADAK/SUMSUM yang meleleh dari tubuhnya.

Dan SALB adalah kematian yang sangat terkenal (Contoh : Krusifiksi) yang man diambil dari kata yang sama karena WADAK/SUM-SUM dan NANAH yang meleleh.

Kata kerja SALABA (bentuk lampau) YASLUBU (bentuk sekarang), SALBAN (bentuk infinitf), SALLABA adalah bentuk kata yang dibesar-besarkan yang menyiratkan keseragaman. Dan didalam Kitab Suci Al-Quran : WA MA QATALAHU WA MA SHOLABUHU (mereka tidak membunuhnya atow menyalibnya). Ada juga WA LA’U SALIBANNAKUM FI JUDHU IN NAKHL yang artinya “aku akan menyalib kamu sekalian pada pangkal pohon kurma”.

SALIB juga merujuk ke MASLUB yang artinya THE CRUCIFIED/ SI TERSALIB.

SALIB sebagaimana yang diambil oleh kaum Kristen dari bentuk tersebut

Kalow pak ustat tidak setuju dengan hasil terjemahan saya dari terjemahan bahasa inggrisnya.

Sekaran waktunya untuk pak ustat untuk MENTERJEMAHKAN yang arab gundulnya. Seterusnya kita bandingkan.
Dan akan saya BUKTIKAN.....bahwa KRISTEN lah yang sudah SEMBARANGAN mengambil kata SALIB ini sebagai TERMINOLOGI.

SIlahkan...!!




Mang odoyku sayang.... pengertian salib itu cukup luas.... contohnya lg : aslabat al hamilu (perempuan hamil itu melahirkan secara prematur) dan seorang perempuan disebut salib jika anaknya meninggal karena lahir prematur......

SALIB juga merujuk ke MASLUB yang artinya THE CRUCIFIED/ SI TERSALIB.

SALIB sebagaimana yang diambil oleh kaum Kristen dari bentuk tersebut

Ini kita bahas lg deh amang.... ibnu manzur mengakuikan bahwa kaum nasrani mengambil perumpaan salib atas hal demikian????
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 2:42 pm

@MO

@mang odoy wrote:Lhoo...ya jelas nyambung lahhh...
Kalow pada jaman Nabi Muhammad belum ada terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani ke Arab...berarti kata STAUROS masih dalam bentuk aslinya, dan belum diartikan SALIB. Berarti kata ESTAUROSAN masih dalam bentuk aslinya dan belum diterjemahkan dan disama artikan dengan SHALABUU.

Pan panjenengan sendiri yang bilang gini..
"...kesimpulan : ayat ini adalah bantahan terhadap rumor/ isu/ berita artinya meluruskan sejarah yg berkembang dari waktu peristiwa itu terjadi sampai saat turunnya ayat ini terhadap pembunuhan dan penyaliban nabi isa dikayu palang/ tiang jemuran sekaligus bantahan terhadap kaum nasrani yg mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang)......"

Mangkanya saya kasih bukti sejarah...pada saat Nabi Muhammad hidup....pada saat An-Nisa 157 diturunkan..... kaum KRISTEN DI MEKKAH....sama sekali tidak menyebut STAUROS (alat eksekusi Yesus) dengan kata SALIB. Sama sekali tidak menyebut kata kerja ESTAUROSAN dengan kata SHALABUU.

Kesimpulan panjenengan diatas...adalah kesimpulan dimana TERJEMAHAN AL-QURAN sudah terdistorsi dengan pemahaman Kristen. Sehingga kalimah WA MA SHALABUU HU...seakan akan adalah kalimat negatif dari pernyataan di Lukas 23:33.
Jadi jelas...kesimpulan anda itu adalah KESIMPULAN YANG TERDISTORSI oleh kaum Kristen. Dimana kata SHALABUU-YUSLABU-USALLIB dalam Al-Quran sudah dibabat rata dan diterjemahkan kedalam bahasa inggris menjadi TO CRUCIFY. Kata "estaurosan/stauroo" dalam 4 Kitab Kanonik pun diterjemahkan menjadi TO CRUCIFY. Seakan akan kata "stauroo" vs "shalabuu-yuslabu-usallib" mempunyai MAKNA YANG SAMA.

Maka...lahirlah KESIMPULAN PANJENENGAN tersebut....

Mau BERKELIT sebelah mana lagiii...???

Coba deh pembaca lain yg menilai nyambung atau gak ya????
MO : Kalow pada jaman Nabi Muhammad belum ada terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani ke Arab...berarti kata STAUROS masih dalam bentuk aslinya, dan belum diartikan SALIB. Berarti kata ESTAUROSAN masih dalam bentuk aslinya dan belum diterjemahkan dan disama artikan dengan SHALABUU.
HT : "...kesimpulan : ayat ini adalah bantahan terhadap rumor/ isu/ berita artinya meluruskan sejarah yg berkembang dari waktu peristiwa itu terjadi sampai saat turunnya ayat ini terhadap pembunuhan dan penyaliban nabi isa dikayu palang/ tiang jemuran sekaligus bantahan terhadap kaum nasrani yg mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang)......"

Dimana ya nyambungnya?????? Atau saya yg udah bingung neh.......

@mang odoy wrote: Iyaa...dari taun atu juga saya sudah tau hal itu...makanya saya bongkar abis forum MK dan di LI.

Yang harus anda pertimbangkan..adalah....sejarah waktu An-Nisa 157 ini diturunkan semasa Nabi Muhammad masih hidup.
Pan terbukti...kaum KRISTEN saat itu...sama sekali belum menyebut lambang agama mereka yang berbentuk Tiang Jemuran dengan kata SALIB. Kan terbukti mereka belum menyebut kata kerja "stauroo/estaurosan' dengan kata "shalabuu-yuslabu-usallib"...???
Karena saati itu.... belum ada TERJEMAHAN dari Ibrani atow Yunani kedalam bahasa Arab.

Sedangkan kata SALIB adalah MUTLAK BAHASA ARAB.
Anda mau MENGINGKARINYA...???

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لِتُنْذِرَ أُمَّ الْقُرَىٰ وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنْذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ فَرِيقٌ فِي الْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِي السَّعِيرِ

42.7. Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam.

Kalo ada Muslim yang dengan ringannya berkomentar..

"ngapain sih ngeributin kata SALIB MENYALIB...toh itu adalah masalah BAHASA...SERAPAN BAHASA.."

Hadapi aja ayat diatas.....!!
Neh saya kasih dikit referensinya:

Artefak Arkeologi Salib Ummul Jimal (Umm Al Jimal)

Ummul Jimal (Umm al Jimal) adalah sebuah kota kuno yang lama telah punah.

Kota ini berdiri pada abad ke 2 M di Arabia dalam wilayah kerajaan Nabatea yang didirikan oleh suku Arab Nabit yang merupakan keturunan Nebayot/ Nabit bin Ismail bin Ibrahim (Torat, Kejadian 25:13). Warga kota Ummul Jimal adalah umat Al Masih Arabia purba. Ini dapat dibuktikan dengan keberadaan prasasti salib purba yang ditemukan terpahat pada artefak batu kota tersebut.

Kota Ummul Jimal dihancurkan oleh pasukan pagan Romawi pada pertengahan abad ketiga. Ini berarti, pahatan salib Ummul Jimal berasal dari masa antara abad kedua (tahun 100-an Masehi) sampai pertengahan abad ke tiga (sekitar tahun 250-an Masehi).

Artefak arkeologis ini mempunyai arti yang sangat penting bagi umat Al Masih: Artefak ini adalah bukti materiil bahwa simbol salib telah digunakan oleh umat Al Masih jauh sebelum konsili Nicea. Dengan demikian, tuduhan bahwa salib adalah hasil rekayasa Kaisar Romawi melalui Konsili Nicea (325 M) adalah tuduhan yang sama sekali tidak relevan dan berlawanan dengan bukti arkeologis yang ada. Tidak ada secuil artefak arkeologis pun dari masa sebelum abad ke 3 Masehi yang mendukung pernyataan bahwa Isa Al Masih tidak disalibkan.
Bagaimanapun, artefak arkeologis ini juga merupakan bukti historis bahwa umat Al Masih Arabia pra-konsili Nicea (sebelum 325 M) juga mengakui dan mengimani bahwa Isa Al Masih wafat dengan cara disalibkan. Bahwa Isa Al Masih tidak disalibkan oleh orang Yahudi ada tertulis dalam Injil dan dalam Al Qur'an. Dalam hal ini, keduanya tidak bertentangan. Injil mengisahkan bahwa Isa Al Masih disalibkan oleh pasukan Romawi.

http://note-bks.blogspot.com/2011/12/artefak-arkeologi-salib-ummul-jimal-umm.html


Mang tau drmn bahwa kaum nasrani tidak pernah memepercayai salib tiang jemuran sebelum turunnya an-nisa 157???? Sertakan referensinya donk mang.....
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 2:44 pm

mau istirahat dl deh... msh byk banget PR nya neh... ntar2 aja ditanggpein.... baru nyampe dr aceh.... heheeeeee

piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Wed Aug 29, 2012 3:59 pm

@hamba tuhan wrote:
@abu hanan wrote:
Imam bukhari 5496

عَنْ أَبِي نَوْفَلٍ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ عَلَى عَقَبَةِ الْمَدِينَةِ

Abu Naufal dia berkata; "Saya pernah melihat Abdullah bin Zubair disalib di suatu perbukitan antara Madinah dan Makkah
Imam muslim 4617
dapat menyebabkan kerancuan term SALIB...


bener kang mas dari keseluruhan hadits yg dibawa gak ada satupun yang menyiratkan PALANG maupun LURUS.... sekarang coba kang mas jelaskan hadits2 diatas yg ada penggunakan kata salib pengertian maknanya yg tepat gmn.... mudah2an dgn penjelasan kang mas umat islam gak haram lg memakai kalung salib atau gak haram lg menggantung salib dirumah masing2.... heheee.... monggo kang mas

piss
hahahaha.....
@ALL..maaf kang ht...tulisan inih ditujukan bagi semuwah pemirsa bukan bil khusus akang....

****************************
pertama kita sepakati dulu keseluruhan hadits diatas TIDAK MENYIRATKAN JELAS model salib.kecuali "kacak pinggang" yg bisa berarti model X Y +

pengharaman GAMBAR SALIB baik X Y + dan lurus adalah berangkat dari PENINGKATAN DERAJAT suatu alat siksa hukuman menjadi SIMBOL BERHALA.
keren kan?dari sekedar alat kemudian berubah menjadi SIMBOL BERHALA ato bahkan menjadi BERHALA...

simbol palang merah internasional yang + pun dapat diartikan simbol berhala yaitu dengan kasih yesus kita kasihi umat manusia....anggap aja begitu.

disisi lain,simbol PMI dapat dibaca sebagai tambahlah darah bagi yg kekurangan.

balik ke hadits...............
mengapa sayah menganggap ada kerancuan di term salib?
Imam bukhari 5496

عَنْ أَبِي نَوْفَلٍ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ عَلَى عَقَبَةِ الْمَدِينَةِ

Abu Naufal dia berkata; "Saya pernah melihat Abdullah bin Zubair disalib di suatu perbukitan antara Madinah dan Makkah
Imam muslim 4617
sedangkan عَقَبَةِ memiliki makna PENYIKSAAN....sehingga salib/sholb dapat disejajarkan dengan عَقَبَةِ yaitu PENYIKSAAN yg ruar biyasa hanya saja عَقَبَةِ pada hadits imam bukhari diterjemahkan menjadi diSALIB.

itulah kerancuan yg sayah kamsutkan...sehingga
ht wrote:sekarang coba kang mas jelaskan hadits2 diatas yg ada penggunakan kata salib
adalah merujuk ke alat siksa yg dijadikan berhala/simbol berhala...uda tentu pembicara (sang guru besar,muhammad bin abdullah) dan pendengar (yg diajak bicara beliow) SAAT ITU paham tanpa dijelaskan apa itu TANDA SALIB.beda dengan keadaan kita saat ini yg harus mengurai mencari karena banyak yg telah terdistorsi.

kilas balik sejarah....
Walker berkata, “Orang-orang Kristen awal bahkan menolak salib karena (bersifat) pagan. Patung-patung Yesus awal tidak menggambarkan dia di atas salib, tetapi dalam samaran ‘Gembala yang Baik’ yang membawa domba.” (Acharya, The Christ Conspiracy)
Salib Keltik Pra-Kristen banyak ditemukan di tepi Sungai Shannon di Irlandia ditemukan dengan gambar relief dewa bumi dan roh hutan.


uda barang tentu seorang nabi pilihan MENGETAHUI simbol2 berhala yg telah ada sebelum beliau dilahirkan....hanya saja yg demikian itu tidak diberitakan al quran...dan gak diurai di hadits tetapi KEWAJIBAN muslim menelusuri MENGAPA nabi muhammad MELARANG TANDA SALIB di thn 600M.....dan larangan itu TIDAK DAPAT DIBATASI atas penggunaan simbol salib oleh kresten.bahkan lebih jauh lagi...

sayah berkamsut mengajak anda semuwah bahwa nabi muhammad dianugerahi PENGLIHATAN MASA DEPAN sehingga menjadi konsekuensi logis jika beliow dianugerahi PENGLIHATAN MASA LALU....gak percaya?buka lapak baru ...PM sayah kalow uda ready... yuhuii

sesuatu yg sitimewa dari seorang anak manusia yg bernama muhammad bin abdullah bin abdul muthalib atas pengetahuan/informasi dari allah atas kesesatan umat di masa lalu dan menjadi simbol sesat bagi orang2 yg hadir setelah beliow.jangkauan TANDA SALIB yang dikamsut beliow adalah mencakup masa pra kristen dan mencakup belahan dunia laennyah..jadi bisa model swastika-swadaya-swakarsa maupun swasta.

seperti ini ;


atu dalam berbagai budaya ada inih;


nah kita letakkan salib ala hindu dan astec yg berusia lebih tua dari kelahiran yesus....bukankah keduanyah (hindu dan astec) adalah penyembah berhala?dan simbol tersebut dijadikan simbol ketuhanan..

termasuk pula yg inih;



bukankah sayah dan anda sama2 gak TAU model apa tanda salib yg tercantum pada hadits2 diatas kan?
dan sejarah membuktikan bahwa salib adalah simbol berhala/berhala sejak pra kristen,terlepas dari model dan bentuknyah

tetapi yang wajib diperhatikan adalah
وَةِ فَرَأَيْتُ امْرَأَةً عَلَيْهَا خَمِيصَةٌ فِيهَا صُلُبٌ
Saya melihat ada seorang wanita yang mengenakan gamis yang terdapat (gambar) salib.
(AHMAD - 24694)
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَعُ فِي بَيْتِهِ ثَوْبًا فِيهِ تَصْلِيبٌ إِلَّا نَقَضَهُ
Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam tidak pernah meninggalkan baju yang terdapat (gambar) salib di rumahnya kecuali beliau merobeknya
(AHMAD - 23127)

dan hadits imam bukhari dan lainnyah diatas adalah serupa jadi sayah ambil 2 aja sbg bahan belajar.

perhatikan;
yg sayah gedein ADALAH KATA BENDA jadi kita wajib membedakan antara kata benda dan SHOLB sbg kata kerja...

analogi sederhana adalah;
pistol = kata benda -->>تَصْلِيبٌ dan صُلُبٌ
menembak = kata kerja-->>SHOLABU

atas an nisa 157,صَلَبُو yang berakar pada shod lam ba maka hendaknyah dikembalikan ke pemakaian akar shod lam ba di dalam al quran itu sendiri.

bagemana al quran menggunakan shod lam ba dan aplikasinyah di berbagai konteks ayat.

yuhuii
wassalam


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 4:09 pm

@abu hanan wrote:
@hamba tuhan wrote:
@abu hanan wrote:
Imam bukhari 5496

عَنْ أَبِي نَوْفَلٍ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ عَلَى عَقَبَةِ الْمَدِينَةِ

Abu Naufal dia berkata; "Saya pernah melihat Abdullah bin Zubair disalib di suatu perbukitan antara Madinah dan Makkah
Imam muslim 4617
dapat menyebabkan kerancuan term SALIB...


bener kang mas dari keseluruhan hadits yg dibawa gak ada satupun yang menyiratkan PALANG maupun LURUS.... sekarang coba kang mas jelaskan hadits2 diatas yg ada penggunakan kata salib pengertian maknanya yg tepat gmn.... mudah2an dgn penjelasan kang mas umat islam gak haram lg memakai kalung salib atau gak haram lg menggantung salib dirumah masing2.... heheee.... monggo kang mas

piss
hahahaha.....
@ALL..maaf kang ht...tulisan inih ditujukan bagi semuwah pemirsa bukan bil khusus akang....

****************************
pertama kita sepakati dulu keseluruhan hadits diatas TIDAK MENYIRATKAN JELAS model salib.kecuali "kacak pinggang" yg bisa berarti model X Y +

pengharaman GAMBAR SALIB baik X Y + dan lurus adalah berangkat dari PENINGKATAN DERAJAT suatu alat siksa hukuman menjadi SIMBOL BERHALA.
keren kan?dari sekedar alat kemudian berubah menjadi SIMBOL BERHALA ato bahkan menjadi BERHALA...

simbol palang merah internasional yang + pun dapat diartikan simbol berhala yaitu dengan kasih yesus kita kasihi umat manusia....anggap aja begitu.

disisi lain,simbol PMI dapat dibaca sebagai tambahlah darah bagi yg kekurangan.

balik ke hadits...............
mengapa sayah menganggap ada kerancuan di term salib?
Imam bukhari 5496

عَنْ أَبِي نَوْفَلٍ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ عَلَى عَقَبَةِ الْمَدِينَةِ

Abu Naufal dia berkata; "Saya pernah melihat Abdullah bin Zubair disalib di suatu perbukitan antara Madinah dan Makkah
Imam muslim 4617
sedangkan عَقَبَةِ memiliki makna PENYIKSAAN....sehingga salib/sholb dapat disejajarkan dengan عَقَبَةِ yaitu PENYIKSAAN yg ruar biyasa hanya saja عَقَبَةِ pada hadits imam bukhari diterjemahkan menjadi diSALIB.

itulah kerancuan yg sayah kamsutkan...sehingga
ht wrote:sekarang coba kang mas jelaskan hadits2 diatas yg ada penggunakan kata salib
adalah merujuk ke alat siksa yg dijadikan berhala/simbol berhala...uda tentu pembicara (sang guru besar,muhammad bin abdullah) dan pendengar (yg diajak bicara beliow) SAAT ITU paham tanpa dijelaskan apa itu TANDA SALIB.beda dengan keadaan kita saat ini yg harus mengurai mencari karena banyak yg telah terdistorsi.

kilas balik sejarah....
Walker berkata, “Orang-orang Kristen awal bahkan menolak salib karena (bersifat) pagan. Patung-patung Yesus awal tidak menggambarkan dia di atas salib, tetapi dalam samaran ‘Gembala yang Baik’ yang membawa domba.” (Acharya, The Christ Conspiracy)
Salib Keltik Pra-Kristen banyak ditemukan di tepi Sungai Shannon di Irlandia ditemukan dengan gambar relief dewa bumi dan roh hutan.


uda barang tentu seorang nabi pilihan MENGETAHUI simbol2 berhala yg telah ada sebelum beliau dilahirkan....hanya saja yg demikian itu tidak diberitakan al quran...dan gak diurai di hadits tetapi KEWAJIBAN muslim menelusuri MENGAPA nabi muhammad MELARANG TANDA SALIB di thn 600M.....dan larangan itu TIDAK DAPAT DIBATASI atas penggunaan simbol salib oleh kresten.bahkan lebih jauh lagi...

sayah berkamsut mengajak anda semuwah bahwa nabi muhammad dianugerahi PENGLIHATAN MASA DEPAN sehingga menjadi konsekuensi logis jika beliow dianugerahi PENGLIHATAN MASA LALU....gak percaya?buka lapak baru ...PM sayah kalow uda ready... yuhuii

sesuatu yg sitimewa dari seorang anak manusia yg bernama muhammad bin abdullah bin abdul muthalib atas pengetahuan/informasi dari allah atas kesesatan umat di masa lalu dan menjadi simbol sesat bagi orang2 yg hadir setelah beliow.jangkauan TANDA SALIB yang dikamsut beliow adalah mencakup masa pra kristen dan mencakup belahan dunia laennyah..jadi bisa model swastika-swadaya-swakarsa maupun swasta.

seperti ini ;


atu dalam berbagai budaya ada inih;


nah kita letakkan salib ala hindu dan astec yg berusia lebih tua dari kelahiran yesus....bukankah keduanyah (hindu dan astec) adalah penyembah berhala?dan simbol tersebut dijadikan simbol ketuhanan..

termasuk pula yg inih;



bukankah sayah dan anda sama2 gak TAU model apa tanda salib yg tercantum pada hadits2 diatas kan?
dan sejarah membuktikan bahwa salib adalah simbol berhala/berhala sejak pra kristen,terlepas dari model dan bentuknyah

tetapi yang wajib diperhatikan adalah
وَةِ فَرَأَيْتُ امْرَأَةً عَلَيْهَا خَمِيصَةٌ فِيهَا صُلُبٌ
Saya melihat ada seorang wanita yang mengenakan gamis yang terdapat (gambar) salib.
(AHMAD - 24694)
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَعُ فِي بَيْتِهِ ثَوْبًا فِيهِ تَصْلِيبٌ إِلَّا نَقَضَهُ
Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam tidak pernah meninggalkan baju yang terdapat (gambar) salib di rumahnya kecuali beliau merobeknya
(AHMAD - 23127)

dan hadits imam bukhari dan lainnyah diatas adalah serupa jadi sayah ambil 2 aja sbg bahan belajar.

perhatikan;
yg sayah gedein ADALAH KATA BENDA jadi kita wajib membedakan antara kata benda dan SHOLB sbg kata kerja...

analogi sederhana adalah;
pistol = kata benda -->>تَصْلِيبٌ dan صُلُبٌ
menembak = kata kerja-->>SHOLABU

atas an nisa 157,صَلَبُو yang berakar pada shod lam ba maka hendaknyah dikembalikan ke pemakaian akar shod lam ba di dalam al quran itu sendiri.

bagemana al quran menggunakan shod lam ba dan aplikasinyah di berbagai konteks ayat.

yuhuii
wassalam

sebenarnya bro FM pernah mengaplikasikan cara pemaknaan kalimat dalam ayat alquran bahwa gak selamanya diartikan literal loh kang mas abu.....

MAKARO / MAKRUN arti asalnya adalah daun yang lebat, yang saking banyaknya hingga tidak diketahui tautan satu sama lainnya.

http://www.laskarislam.com/t3350-ingin-nanya
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Wed Aug 29, 2012 4:15 pm

@kang
setuju..yang sayah kamsutkan adalah dalam menelusuri SALIB yg disampaikan allah di an nisa 157,menurutnyah sayah, lewat ;
5.konteks objek pembahasan
4.akar basa arab/shorof
1.quran bil quran
2.quran bil hadits
3.quran bil sejarah
6.gaya basa/sastra
7.nahwu/grammar

sengaja gak urutin nomor....cape....dari SD selalu 1 2 3 4 5 6 7
ketawa guling


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by mang odoy on Wed Aug 29, 2012 7:11 pm

@hamba tuhan wrote:@MO

@mang odoy wrote: Nahh..sekarang saya tampilkan BUKTI BUKTI SEJARAH...yang isinya adalah BANTAHAN tentang hujjah anda tersebut....bahwa...INTINYA..... tidak ada terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani kedalam BAHASA ARAB.... baik itu Perjanjian Lama atow Perjanjian Baru...pada jaman Nabi Muhammad...artinya...pada saat An-Nisa 157 ini DIWAHYUKAN..!!

Simak baik baik ..

@hamba tuhan wrote: kesimpulan : ayat ini adalah bantahan terhadap rumor/ isu/ berita artinya meluruskan sejarah yg berkembang dari waktu peristiwa itu terjadi sampai saat turunnya ayat ini terhadap pembunuhan dan penyaliban nabi isa dikayu palang/ tiang jemuran sekaligus bantahan terhadap kaum nasrani yg mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang)......

Gima mau kita lanjut amangku sayang.... lg2 amangku salah memahami postingan lawan diskusi... coba deh baca baik2 amang

HT : bantahan terhadap kaum nasrani yg mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang)......

MO : tidak ada terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani kedalam BAHASA ARAB.... baik itu Perjanjian Lama atow Perjanjian Baru...pada jaman Nabi Muhammad...artinya...pada saat An-Nisa 157 ini DIWAHYUKAN..!!

Kira2 nyambung gak ya mang..... ngapain amangku sayang permasalahkan tidak ada terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani kedalam BAHASA ARAB???? Pernyataan saya sendiri gak menyinggung mslah terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani kedalam BAHASA ARAB..... pernyataan saya tentang kepercayaan nasrani tentang mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang), gmn kita meluruskan ini ya.... pemahaman yg berbeda dan slg bertolak belakang

yuhuii

Lari pagi mulu nih pak ustat...

Pertanyaan saya...
"Mana BUKTI SEJARAH nya bahwa KAUM KRISTEN saat Nabi Muhammad HIDUP...sudah menyebut Tiang Jemuran (Palang perpalangan)/Lambang agama mereka.... dengan kata SALIB....????"

Sedangkan bukti sudah tersaji...bahwa terjemahan Bible baik itu PL maupun PB...digarap kedalam bahasa Arab jauhh setelah wafatnya Nabi Muhammad.

Kalo anda bilang bahwa An-Nisa 157 MEMBANTAH pengsakralan Tiang Jemuran oleh Umat Kristen....mana buktinya...???

Karena pemahaman bahwa Tiang Jemuran/Kayu Palang/Lambang Agama Kristen dimaknai SALIB/CROSS...ini jelas sekali setelah ada proyek PENERJEMAHAN.

Buktinya.....
Kata USALLIB-YUSLABU-SHALABUU dalam Al-Quran diterjemahkan kedalam bahasa inggris menjadi TO CRUCIFY. Begitupun kata STAUROO/ESTAUROSAN dalam Kitab Kanon diterjemahkan menjadi TO CRUCIFY.

Kan ini sudah keliatan BENTUK KECURANGAN dari pihak Kristen seakan akan...
STAUROO/ESTAUROSAN versus USALLIB-YUSLABU-SHALABUU
Mempunyai ARTI dan MAKNA yang sama.
Padahal....bullshit..!!

Kan BULLSHIT ini yang anda BELA dan PERTAHANKAN...???

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 7:35 pm

@mang odoy wrote:
@hamba tuhan wrote:@MO

@mang odoy wrote: Nahh..sekarang saya tampilkan BUKTI BUKTI SEJARAH...yang isinya adalah BANTAHAN tentang hujjah anda tersebut....bahwa...INTINYA..... tidak ada terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani kedalam BAHASA ARAB.... baik itu Perjanjian Lama atow Perjanjian Baru...pada jaman Nabi Muhammad...artinya...pada saat An-Nisa 157 ini DIWAHYUKAN..!!

Simak baik baik ..

@hamba tuhan wrote: kesimpulan : ayat ini adalah bantahan terhadap rumor/ isu/ berita artinya meluruskan sejarah yg berkembang dari waktu peristiwa itu terjadi sampai saat turunnya ayat ini terhadap pembunuhan dan penyaliban nabi isa dikayu palang/ tiang jemuran sekaligus bantahan terhadap kaum nasrani yg mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang)......

Gima mau kita lanjut amangku sayang.... lg2 amangku salah memahami postingan lawan diskusi... coba deh baca baik2 amang

HT : bantahan terhadap kaum nasrani yg mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang)......

MO : tidak ada terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani kedalam BAHASA ARAB.... baik itu Perjanjian Lama atow Perjanjian Baru...pada jaman Nabi Muhammad...artinya...pada saat An-Nisa 157 ini DIWAHYUKAN..!!

Kira2 nyambung gak ya mang..... ngapain amangku sayang permasalahkan tidak ada terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani kedalam BAHASA ARAB???? Pernyataan saya sendiri gak menyinggung mslah terjemahan Bible dari Ibrani atow Yunani kedalam BAHASA ARAB..... pernyataan saya tentang kepercayaan nasrani tentang mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang), gmn kita meluruskan ini ya.... pemahaman yg berbeda dan slg bertolak belakang

yuhuii

Lari pagi mulu nih pak ustat...

Pertanyaan saya...
"Mana BUKTI SEJARAH nya bahwa KAUM KRISTEN saat Nabi Muhammad HIDUP...sudah menyebut Tiang Jemuran (Palang perpalangan)/Lambang agama mereka.... dengan kata SALIB....????"

Sedangkan bukti sudah tersaji...bahwa terjemahan Bible baik itu PL maupun PB...digarap kedalam bahasa Arab jauhh setelah wafatnya Nabi Muhammad.

Kalo anda bilang bahwa An-Nisa 157 MEMBANTAH pengsakralan Tiang Jemuran oleh Umat Kristen....mana buktinya...???

Karena pemahaman bahwa Tiang Jemuran/Kayu Palang/Lambang Agama Kristen dimaknai SALIB/CROSS...ini jelas sekali setelah ada proyek PENERJEMAHAN.

Buktinya.....
Kata USALLIB-YUSLABU-SHALABUU dalam Al-Quran diterjemahkan kedalam bahasa inggris menjadi TO CRUCIFY. Begitupun kata STAUROO/ESTAUROSAN dalam Kitab Kanon diterjemahkan menjadi TO CRUCIFY.

Kan ini sudah keliatan BENTUK KECURANGAN dari pihak Kristen seakan akan...
STAUROO/ESTAUROSAN versus USALLIB-YUSLABU-SHALABUU
Mempunyai ARTI dan MAKNA yang sama.
Padahal....bullshit..!!

Kan BULLSHIT ini yang anda BELA dan PERTAHANKAN...???

gada yg jalan pagi disini amang...makanya dibaca baik2 dan cermat apa judul yg diangkat oleh TS, neh saya perhatikan dr dl amang hanya bertanya.. bertanya dan bertanya aja mulu..... heheeeeee

SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 7:49 pm

@hamba tuhan wrote:
@hamba tuhan wrote:تفسير الطبري - (ج 14 / ص 210)
حدثنا أبو كريب وابن وكيع قالا حدثنا مالك بن إسماعيل = وحدثنا أحمد بن إسحاق قال، حدثنا أبو أحمد = جميعًا، عن عبد السلام بن حرب قال، حدثنا غطيف بن أعين، عن مصعب بن سعد، عن عدي بن حاتم قال: أتيت رسولَ الله صلى الله عليه وسلم وفي عُنُقي صليبٌ من ذهب، فقال: يا عديّ، اطرح هذا الوثنَ من عنقك ! قال: فطرحته، وانتهيت إليه وهو يقرأ في "سورة براءة"، فقرأ هذه الآية:(اتخذوا أحبارهم ورُهبانهم أربابًا من دون الله)، قال قلت: يا رسول الله، إنا لسنا نعبدُهم! فقال: أليس يحرِّمون ما أحلَّ الله فتحرِّمونه، ويحلُّون ما حرَّم الله فتحلُّونه؟ قال: قلت: بلى! قال: فتلك عبادتهم! = واللفظ لحديث أبي كريب.
Tafsir ath-Thabari (14/210) - telah menceritakan kepada kami Abu Karib dan Ibn Waki’, katanya, “Telah menceritakan kepada kami Malik bin Isma’il = Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ishaq, “telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad,” = bersama-sama, dari Abdus-Salam bin Harb, katanya, “Telah menceritakan kepada kami Ghuthaif bin A’yan, dari Mash’ab bi Sa’ad dari ‘Adi bin Hatim, ia berkata, “Aku mendatangi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam dan dileherku ada salib dari emas,” lalu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Ya ‘Adi, buanglah (lepaslah) barang ini dari lehermu.” ‘Adi bin Hatim berkata, “Lalu aku membuangnya, dan melupakannya, dan Beliau membaca Surat Baroah,lalu membaca ayat ini, “Attakhadzu ahbarahum wa ruhbanahum arababan min dunillah – mereka jadikan orang-orang alimnya dan para rahibnya sebagai tuhan-tuhan (rabb-rabb) selain Allah.” Adi bin Hatim berkata, “Aku katakan, “Ya Rasulullah, sungguh sekalipun kami tak beribadah kepadanya.” Maka Beliau bersabda, “Bukankah mereka menngharamkan apa Allah haramkan, lalu mereka ikut mengharamkan, dan mereka menghalalkan apa yang Allah haramkan, lalu mereka ikut mengharamkannya?” Adi bin Hatim menjawa, “Itulah bentuk ibadah mereka kepadanya.” Lafadz menurut hadist Abi Karib.

kang mas abu atu2 dl.. sesuai dgn permintaan kang mas, gmn menurut kang mas hadits melalui jalur Abi Karib.....

piss

kang mas... ini dl ditanggepin, bukankah ini permintaan kang mas sendiri.... heheeeee, neh malah ngasih PR buat saya.....

piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by hamba tuhan on Wed Aug 29, 2012 7:50 pm

@abu hanan wrote:@kang
setuju..yang sayah kamsutkan adalah dalam menelusuri SALIB yg disampaikan allah di an nisa 157,menurutnyah sayah, lewat ;
5.konteks objek pembahasan
4.akar basa arab/shorof
1.quran bil quran
2.quran bil hadits
3.quran bil sejarah
6.gaya basa/sastra
7.nahwu/grammar

sengaja gak urutin nomor....cape....dari SD selalu 1 2 3 4 5 6 7
ketawa guling

melalui jalur hadits dl kita bedah dimari kang mas.... ntuh PR kang mas diatas sesuai dgn kang mas tanyakan sebelumnya.... heheeeeee

piss
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by mang odoy on Thu Aug 30, 2012 8:51 am

@HT

gada yg jalan pagi disini amang...makanya dibaca baik2 dan cermat apa judul yg diangkat oleh TS, neh saya perhatikan dr dl amang hanya bertanya.. bertanya dan bertanya aja mulu..... heheeeeee

SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

"Hamba Tuhan" berpendapat....

MENYALIB = MENYILANG
SALIB = SILANG


Kaum Kristen berpendapat .......

ESTAUROSAN/STAUROO = TO CRUCIFY
STAUROS = CROSS


Kata TO CRUCIFY diambil dari bahasa Latin "CRUX"... yang artinya PALANG bisa berbentuk "X" "T" atow "+".... dan akhirnya dijadikan kata dalam bahasa Inggris jadi CROSS.

SETALI TIGA UANG...SAMA SAJA !!!

SALIB dikaji secara tatabahasa ARAB...???
Terbukti bahwa akar kata "shad lam ba" kagak ada nyangsang nyangsangya sama palang perpalangan....

Mau pake dalih yang ini...??
kesimpulan : ayat ini adalah bantahan terhadap rumor/ isu/ berita artinya meluruskan sejarah yg berkembang dari waktu peristiwa itu terjadi sampai saat turunnya ayat ini tterhadap pembunuhan dan penyaliban nabi isa dikayu palang/ tiang jemuran sekaligus bantahan terhadap kaum nasrani yg mensakralkan salib(tiang jemuran/ kayu palang)......

Inipun KELAUT.... karena bukti sejarah tidak mendukung...

Where are you going brother...???
Nowhere to go.....!!

usil usil usil usil usil usil



mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by abu hanan on Mon Sep 03, 2012 3:29 pm

@hamba tuhan wrote:
@hamba tuhan wrote:
@hamba tuhan wrote:تفسير الطبري - (ج 14 / ص 210)
حدثنا أبو كريب وابن وكيع قالا حدثنا مالك بن إسماعيل = وحدثنا أحمد بن إسحاق قال، حدثنا أبو أحمد = جميعًا، عن عبد السلام بن حرب قال، حدثنا غطيف بن أعين، عن مصعب بن سعد، عن عدي بن حاتم قال: أتيت رسولَ الله صلى الله عليه وسلم وفي عُنُقي صليبٌ من ذهب، فقال: يا عديّ، اطرح هذا الوثنَ من عنقك ! قال: فطرحته، وانتهيت إليه وهو يقرأ في "سورة براءة"، فقرأ هذه الآية:(اتخذوا أحبارهم ورُهبانهم أربابًا من دون الله)، قال قلت: يا رسول الله، إنا لسنا نعبدُهم! فقال: أليس يحرِّمون ما أحلَّ الله فتحرِّمونه، ويحلُّون ما حرَّم الله فتحلُّونه؟ قال: قلت: بلى! قال: فتلك عبادتهم! = واللفظ لحديث أبي كريب.
Tafsir ath-Thabari (14/210) - telah menceritakan kepada kami Abu Karib dan Ibn Waki’, katanya, “Telah menceritakan kepada kami Malik bin Isma’il = Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ishaq, “telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad,” = bersama-sama, dari Abdus-Salam bin Harb, katanya, “Telah menceritakan kepada kami Ghuthaif bin A’yan, dari Mash’ab bi Sa’ad dari ‘Adi bin Hatim, ia berkata, “Aku mendatangi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam dan dileherku ada salib dari emas,” lalu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Ya ‘Adi, buanglah (lepaslah) barang ini dari lehermu.” ‘Adi bin Hatim berkata, “Lalu aku membuangnya, dan melupakannya, dan Beliau membaca Surat Baroah,lalu membaca ayat ini, “Attakhadzu ahbarahum wa ruhbanahum arababan min dunillah – mereka jadikan orang-orang alimnya dan para rahibnya sebagai tuhan-tuhan (rabb-rabb) selain Allah.” Adi bin Hatim berkata, “Aku katakan, “Ya Rasulullah, sungguh sekalipun kami tak beribadah kepadanya.” Maka Beliau bersabda, “Bukankah mereka menngharamkan apa Allah haramkan, lalu mereka ikut mengharamkan, dan mereka menghalalkan apa yang Allah haramkan, lalu mereka ikut mengharamkannya?” Adi bin Hatim menjawa, “Itulah bentuk ibadah mereka kepadanya.” Lafadz menurut hadist Abi Karib.

kang mas abu atu2 dl.. sesuai dgn permintaan kang mas, gmn menurut kang mas hadits melalui jalur Abi Karib.....

piss

kang mas... ini dl ditanggepin, bukankah ini permintaan kang mas sendiri.... heheeeee, neh malah ngasih PR buat saya.....

piss
lha kan uda sayah tanngapin diatas....
kelemahan hadits ini ;
1.perawi Ghuthaif bin A'yan tidak dikenal dalam hadits....
2.isi hadits gak nyambung dengan konteks ayat al quran,itupun kalow dibaca sepintas.lebih dalamnyah lagi;
yg menjadi tuhan adalah RAHIB
matan hadits pada frasa "singkirkan berhala itu dari dirimu"


afa artinyah???
RAHIB/PENDETA menjadi tuhan karena meng-halal kan yg diharamkan allah dan sebaliknyah...sehingga menjadi MUNGKIN jika salib mengalami PENINGKATAN DERAJAT dari alat hukuman menjadi BERHALA oleh sebab RAHIB yg menabrak halal wal haram...yup,rahiblah yg menjadikan SIMBOL SALIB dari alat hukuman menjadi berhala...tetapi bukan itu (simbol salibnyah) yg menjadi penjelasan ayat...
dan salib tersebut apakah uda jelas modelnyah?

piss


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALIB..mengkaji dari segi hadits dan term basa arab

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik