FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by santri on Tue Aug 28, 2012 9:27 pm

First topic message reminder :

Karena selalu muncul pertanyaan dari Segorowedi yang berbunyi: Ngapain ritual pakai jedot-jedotin dahi di lantai...? Dan disini saya yang sedang belajar mencari Ilmu mencoba memberikan sedikit gambaran tentang :

PENTINGNYA DAHI SAAT WUDLU DAN SUJUD

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang Abu Jahal, ‘sebuah' simbol musuh Rasul dan Islam, dalam surat Al-‘Alaq 96:15-16.

كَلَّا لَئِن لَّمْ يَنتَهِ لَنَسْفَعاً بِالنَّاصِيَةِ

نَاصِيَةٍ كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ

Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, (yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka.

Sebetulnya secara etimologi, kata nashiyah (نَّاصِيَةِ) (Inggris: forelock) adalah bagian-bagian yang tumbuh rambut di bagian dahi. Menurut Al Faraa: pada bagian dahilah Allah akan menangkap Abu Jahal. Sementara Al-Alousi berkomentar: dahi disebutkan dalam ayat di atas untuk mempertegas bahwa orang ini (Abu Jahal) adalah penuh kebohongan dan dosa. Karena kebohongan dan dosa Abu Jahal inilah semua bagian tubuhnya adalah bohong dan dosa. Al Alousi kemudian menambahkan: Dahi disebutkan secara spesifik di sini karena Abu Jahal mempunyai kebiasaan yang sangat khusus untuk menjaga bagian tubuhnya ini dengan selalu menyisir dan memberi wewangian (dalam budaya Arab, menangkap bagian dahi adalah merupakan penghinaan yang sangat besar), dan secara simbolis Allah akan menghinakan betul Abu Jahal.

Menurut riwayat Ahmad, dalam sebuah hadits, Rasul bersabda: "Ya Tuhanku, aku adalah hamba-Mu, dan anak dari hamba-Mu dan anak dari hamba perempuan-Mu, dahiku berada di tangan-Mu,...". Hadis ini menunjukkan bawa nasib seseorang dan dahinya berada di tangan Allah, dan memperkuat tentang betapa pentingnya peranan dahi dalam memandu dan mengontrol sifat-sifat manusia. Jadi mengapa Allah memberi petunjuk bahwa dahi pada tubuh manusia begitu penting? Bagian-bagian apakah yang ada di balik dahi manusia sehingga bagian ini begitu penting untuk mempertanggungjawabkan sifat manusia dan akan mengontrol sifat-sifat kebenaran dan kebohongannya, baik dan buruk, bila sesorang dapat mengendalikannya? Ini dijelaskan dalam buku Gray Anatomy karangan Warwick Williams.

Fakta akademis tentang otak

Otak dengan lapisan yang berbeda

Setiap lapisan memiliki fungsi berbeda yang satu sama lain saling komplementer dalam mengatur fungsi bagian tubuh manusia lainnya. Frontal lobe ternyata diketahui sebagai (kecuali pada binatang) yang bertanggungjawab atas sifat dan perkembangan kemampuan berbicara. Frontal lobe adalah lapisan besar terletak di bagian depan dan galur pusat dan memiliki lima pusat saraf yang lokasi dan posisinya berbeda. Pusat saraf ini adalah:

1- Primary Motor Area yang membantu pergerakan bebas otot-otot di bagian kiri tubuh manusia.

2- Secondary Motor Area yang membantu pergerakan bebas otot-otot di bagian kanan tubuh manusia.

3- Frontal Eye Field yang membantu pergerakan mata ke beberapa arah secara harmonis.

4- Motor Speech Area yang mengkoordinasi gerakan organ-organ untuk bicara seperti tenggorokan, lidah dan muka.

5- Pre-Frontal Cortex, yang terletak tepat di belakang dahi, merupakan bagian terbesar dari frontal lobe dan berfungsi untuk membentuk sifat-sifat seseorang, dan memiliki efek dalam menentukan kemampuan mengambil inisiatif dan mempertimbangkan sesuatu (judgement).

Karena prefrontal cortex terletak tepat di belakang dahi yang sangat dalam, bagian ini mengontrol sifat-sifat manusia seperti kejujuran dan kebohongan, benar dan salah, dan kemampuan membedakan di antara sifat-sifat tersebut.

Studi elektronik yang dilakukan pada otak dan kajian atas fungsi-fungsi elektrik organ tubuh manusia membuktikan bahwa frontal lobe baik pada manusia maupun binatang dapat rusak yang sering menyebabkan degradasi kemampuan mentalnya. Kerusakan pada frontal lobe ini dapat merubah sifat asli manusia sampai pada suatu tingkat sehingga dia mampu melakukan perbuatan jahat yang merusak prinsip-prinsip moralnya, memorinya, dan kemampuannya untuk mengatasi problem-problem mentalnya.

Frontal lobe pada otak manusia dipercaya sebagai pusat pengendali inisiatif manusia untuk berbohong. Semua aktifitas mental berbohong dilakukan di dalamnya dan kemudian ditransfer ke organ-organ penyampai melalui tindakan kebohongan. Rencana-rencana jahat juga dilakukan dalam frontal lobe ini sebelum ditransfer ke organ-organ pelaksananya. Dalam Ensikopedia Britannica, frontal lobe dikatakan bertanggung jawab atas semua tindakan jahat dan merupakan pusat pengendali dan kontrol.

Jadi ayat Al-Qur'an dan Hadits di atas memang mengacu secara akurat pada frontal lobe yang terletak di balik dahi manusia yang dalam yang merupakan pusat pengendalian dan kontrol perbuatan manusia yang berhubungan dengan kejujuran, kebohongan, baik, buruk dan keseimbangan di antaranya. Ini ternyata telah dapat dibuktikan oleh studi-studi ilmiah di paruh ke dua abad 20 yang lalu.

Fakta ilmiah lain tentang otak


Otak dikelilingi oleh tiga membran yang di antaranya terdapat apa yang dinamakan cerebral spinal fluid (CSF), yang berfungsi untuk melindungi, memberi nutrisi, dan menjaga suhu otak (mendinginkan).Telah diketahui bahwa otak di balik tengkorak kepala kita mempunyai bobot 50 gram, meskipun bobot sebetulnya adalah 1.700 gram. Prinsip ilmu fisika mengatakan bahwa volume sebuah benda yang mengapung di atas cairan adalah sama dengan volume cairan yang tumpah (berpindah). Inilah keajaiban kekuasaan Allah, karena kita tidak merasakan berat otak kita yang sesungguhnya karena otak kita berenang di atas CSF ini, yang datang dari bagian khusus di otak kita juga yang dinamakan "the corogy plexus", dan berotasi di dalamnya dan muncul di bagian lain yang merupakan jaringat air lokal. (domestic water net). Siklus ini terjadi lima kali sehari. Sebagaimana umat Islam lakukan setiap sebelum sholat, otak kita juga dicuci lima kali sehari!

Kita bersujud dengan meletakkan bagian frontal lobe di hadapan Allah karena frontal lobe inilah pusat pengambilan keputusan. Ketika seorang muslim sujud dan menyembah Allah, maka dahinya dan dirinya dipersembahkan pada Allah untuk hanya hal yang benar dan haq.

Terjemahan bebas dari tulisan Dr. Sharif Kaf Al Ghazal berjudul: Reflections on the Medical Miracles of the Holy Quran.

Semoga saudara Wedi memahami apa yang sudah saya sampaikan, namun saya masih ragu akan tulisan diatas bisa dipahami dengan benar karena dahi saudara wedi tidak pernah dibersihkan dan berakibat kesulitan mamahami argumen dari lawan bicaranya meskipun dengan bahasa yang sangat sederhana.

lol lol lol
avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down


Re: PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 09, 2012 2:29 pm

putramentari wrote:
ya udah, bait syaithon juga boleh, yang penting ada arahnya

mana yang harus ke arah (benda) tertentu?
*soal arah ya pastilah berarah, kecuali kamu tidak punya muka

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by putramentari on Sun Sep 09, 2012 2:32 pm

SEGOROWEDI wrote:
putramentari wrote:
tapi fakta yang berbicara, bukan hanya bualan kosong

fakta, tetapi mengkorelasikannya dengan olah-raga ringan (berdiri, ruku, sujud)
adalah kebodohan yang nyta
ilmiah telah membuktikan, kalo ente bilang kebodohan , nampak bahwa anda hanya menunjukkan kelemahan argumen
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by SEGOROWEDI on Tue Sep 11, 2012 3:20 pm

putramentari wrote:
ilmiah telah membuktikan, kalo ente bilang kebodohan , nampak bahwa anda hanya menunjukkan kelemahan argumen

sama-sama fakta belum tentu ada korelasinya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by putramentari on Tue Sep 11, 2012 3:55 pm

SEGOROWEDI wrote:
putramentari wrote:
ilmiah telah membuktikan, kalo ente bilang kebodohan , nampak bahwa anda hanya menunjukkan kelemahan argumen

sama-sama fakta belum tentu ada korelasinya

udah terbukti ada korelasinya kok ngeles, tapi ya udahlah itu terserah anda, bukan bunda ente yang salah mengandung tapi salah bapak yang ngisi warung
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 24, 2012 11:54 am

putramentari wrote:
udah terbukti ada korelasinya kok ngeles, tapi ya udahlah itu terserah anda, bukan bunda ente yang salah mengandung tapi salah bapak yang ngisi warung

terbukti itu kalau sudah diuji korelasinya dan hasilnya signifikan
yang kamu tampilkan hanya 2 fakta, itu saja
padahal faktor penyebab kanker amat sangat banyak sekali
mosok hanya karena olehraga: berdiri, ruku, dan sujud?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by DOMBA BERTARING SERIGALA on Mon Dec 10, 2012 2:41 pm

putramentari wrote:
SEGOROWEDI wrote:
putramentari wrote:
itulah hebatnya rahasia ibadah dalam islam, ibadah sekaligus menyehatkan, RUARRRRRRRRRRRRR BIASAAAAAAAAAAAAAAAA

kalau mau lebh luar biasa lagi, jangan cuman berdiri, rukuk, sujud
ganti dengan gerakan-gerakan eorobic yang lebih dinamis
kalau perlu pakai barbel segala, kek agung hercules itu..

sholat jelas ada perintahnya kok melenceng ke aerobic, please donk ah
pahala dapat, kesehatan dapat, luar biasa

Sekalian aja mungkin si 'Takut Laut" pengennya umat muslim beribadah sholat pake organ tunggal...

sambil joget...

kayak di gereja brader...

ehmm
avatar
DOMBA BERTARING SERIGALA
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 217
Join date : 06.12.11
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by Hamba Kecil on Wed May 22, 2013 9:52 pm

saya aja setiap melihatnya merinding..
apalagi yang secara berjamaah ribuan orang seperti yang di mekah itu
ini pasti bukan kehendak Tuhan[/quote]

Merinding krna takjub ya? Di agama anda g ad gerakan kompak dlm beribadah. Bkn hnya dr aspek kesehatan, bnyak sekali nilai plus dari shalat, dlm hal ini saya ingin mnyampaikan mslh kekompakan yg bisa diaplikasikan dlm kehidupan sehari-hari
avatar
Hamba Kecil
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 185
Kepercayaan : Islam
Location : Palembang
Join date : 09.01.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: PERTANYAAN SEGOROWEDI YANG SELALU DIULANG-ULANG

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik