FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Halaman 7 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by blackbox on Fri Sep 07, 2012 9:27 am

First topic message reminder :

Baik kata Ibrani " אחד - 'EKHAD", "esa", "pertama", "satu", maupun " יחיד - YAKHID" "tunggal", "satu-satunya", "tunggal", "saja", "hanya", "sendiri", berasal dari akar kata induk " ח - KHET" dan " ד -DALET". Aksara KHET dalam tulisan proto-sinaistik -- Ibrani Kuno -- merupakan gambar "tembok" atau "dinding"; sedangkan aksara DALET, Ibrani Kuno: DAL, merupakan gambar "pintu".

Gabungan
kedua aksara yang merupakan simbol itu bermakna "kesatuan". Tembok atau
dinding memisahkan bagian dalam dari bagian luar kemah atau rumah.
Hanya melalui pintu, seseorang dapat masuk atau keluar, thus bagian luar
dan bagian dalam dipersatukan oleh pintu.

Gabungan aksara " ח - KHET" dan " ד -DALET", yaitu " חד - KHAD" , baik dalam bahasa Ibrani maupun Aram, diterjemahkan menjadi "satu".


Bahasa Ibrani:


* Yehezkiel 33:30,
LAI TB, Dan
engkau anak manusia, teman-temanmu sebangsa bercakap-cakap mengenai
engkau dekat tembok-tembok dan di pintu rumah-rumah dan berkata satu (KHAD) sama lain, masing-masing kepada temannya. Silakan datang dan dengar, apa yang difirmankan oleh TUHAN!

KJV, Also,
thou son of man, the children of thy people still are talking against
thee by the walls and in the doors of the houses, and speak one to another, every one to his brother, saying, Come, I pray you, and hear what is the word that cometh forth from the LORD.

Hebrew,
וְאַתָּה
בֶן־אָדָם בְּנֵי עַמְּךָ הַנִּדְבָּרִים בְּךָ אֵצֶל הַקִּירֹות
וּבְפִתְחֵי הַבָּתִּים וְדִבֶּר־חַד אֶת־אַחַד אִישׁ אֶת־אָחִיו לֵאמֹר
בֹּאוּ־נָא וְשִׁמְעוּ מָה הַדָּבָר הַיֹּוצֵא מֵאֵת יְהוָה׃
Translit. interlinear, VE'ATAH
{dan engkau} VEN-'ADAM {anak manusia} BENEY {anak-anak dari} 'AMEKHA
{umatmu} HANIDBARIM {ia dibicarakan} BEKHA {padamu} 'ETSEL {oleh}
HAQIROT {tembok-tembok itu} UVEFITKHEY {dan pada pintu-pintu dari}
HABATIM [rumah-rumah itu} VEDIBER-KHAD {dan mereka berkata -- satu} 'ET-'AKHAD {kepada satu} 'ISY {orang} 'ET-'AKHIV {kepada saudaranya} LE'MOR {berkata} BO'U-NA'
{datanglah] VESYIM'U {dan dengarlah} MAH {apa} HADAVAR {firman itu} HAYOTSE' {yang keluar} ME'ET {dari} YEHOVAH {TUHAN}


Note:
"satu sama lain" diterjemahkan dari kata " חד את־אחד ; KHAD 'ET-'AKHAD", harfiah "satu kepada satu".


Bahasa Aram:


* Ezra 4:8
LAI TB, Rehum,
bupati, dan Simsai, panitera, telah menulis surat terhadap Yerusalem
kepada raja Artahsasta, yang isinya sebagai berikut.

KJV, Rehum the chancellor and Shimshai the scribe wrote a letter against Jerusalem to Artaxerxes the king in this sort:
Hebrew,
רְחוּם בְּעֵל־טְעֵם וְשִׁמְשַׁי סָפְרָא כְּתַבוּ אִגְּרָה חֲדָה עַל־יְרוּשְׁלֶם לְאַרְתַּחְשַׁשְׂתְּא מַלְכָּא כְּנֵמָא׃
Translit. interlinear, REKHUM
{Rehum} BE'EL-TE'EM {majikan pemberi perintah} VESYIMSYAY {dan Simsai}
SOFRA' {juru tulis} KETAVU {mereka menulis} 'IGERAH {surat} KHADAH {satu} 'AL-YERUSYELEM {kepada Yerusalem} LE'ARTAKHSYASTE' {kepada Artahsasta} MALKA' {raja} KENEMA' {bunyinya}



-----





Kata " אֶחָד - 'EKHAD" dari kata אָחַד - 'AKHAD, (Arab: 'AHAD), "esa", adalah kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara 'ALEF di mukanya. Aksara " א - 'ALEF" dalam bahasa Ibrani Kuno merupakan gambar kepala kerbau yang melambangkan kekuatan, kekuasaan, kepemimpinan.
" אחד - 'EKHAD"
adalah kesatuan dari yang jamak, seorang manusia adalah kesatuan dari
tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan. Suatu keluarga adalah kesatuan
dari ayah, ibu, anak. Suatu pohon adalah kesatuan dari akar, batang,
cabang, dahan, ranting, daun. Inilah makna kata 'EKHAD yang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama", "satu", yaitu kesatuan yang kompleks, bukan kesatuan yang absolut.


* Kejadian 1:5
LAI TB, Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama ('EKHAD).
KJV, And God called the light Day, and the darkness he called Night. And the evening and the morning were the first day.
Hebrew,
וַיִּקְרָא אֱלֹהִים לָאֹור יֹום וְלַחֹשֶׁךְ קָרָא לָיְלָה וַיְהִי־עֶרֶב וַיְהִי־בֹקֶר יֹום אֶחָד׃ ף
Translit. interlinear, VAYIQRA'
{dan Dia memanggil, menamakan} 'ELOHIM {Allah} LA'OR {kepada terang}
YOM {hari, siang} VELAKHOSYEKH {dan kepada kegelapan} QARA' {Dia
memanggil, menamakan} LAYELAH {malam} VAYHI-'EREV {dan ia menjadi
petang} VAYHI-VOQER {dan ia menjadi pagi} YOM {hari} 'EKHAD {satu, pertama}



* Kejadian 1:9
LAI TB, [color=green]Berfirmanlah Allah: 'Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu ('EKHAD) tempat, sehingga kelihatan yang kering.' Dan jadilah demikian." –
KJV, And God said, Let the waters under the heaven be gathered together unto one place, and let the dry land appear: and it was so.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים יִקָּווּ הַמַּיִם מִתַּחַת הַשָּׁמַיִם אֶל־מָקֹום אֶחָד וְתֵרָאֶה הַיַּבָּשָׁה וַיְהִי־כֵן׃
Translit. interlinear, VAYO'MER
{dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} YIQAVU {mereka akan berkumpul}
HAMAYIM {air itu} MITAKHAT {di bawah} HASYAMAYIM {langit itu} 'EL-MAQOM
{pada tempat} 'EKHAD {satu} VETERA'EH {dan ia kelihatan} HAYABASYAH {tanah kering} VAYHI-KHEN {dan ia menjadi demikian}




* Ulangan 6:4
LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa ('EKHAD)!
KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:
Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRA'EL {Israel} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} 'ELOHEYNU
{Allah kita} YEHOVAH {dibaca Adonay, TUHAN} EKHAD {esa}




--------






Kata " יָחִיד - YAKHID" (Arab: WAHID), "tunggal", berasal dari kata יָחַד - YAKHAD, yaitu kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara YOD di mukanya. Dalam bahasa Ibrani Kuno, aksara YOD merupakan gambar telapak tangan yang menggenggam. Kata " יחד - YAKHAD ini pun berarti "satu", "kesatuan" namun dalam makna "satu dalam genggaman" yaitu "satu yang absolut" (hanya).


* Kejadian 49:6
LAI-TB, Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu (YAKHAD)
dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah
membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat
keting
lembu.
KJV, O my soul, come not thou into their secret; unto their assembly, mine honor, be not thou united: for in their anger they slew a man, and in their self-will they digged down a wall.
Hebrew,
בְּסֹדָם אַל־תָּבֹא נַפְשִׁי בִּקְהָלָם אַל־תֵּחַד כְּבֹדִי כִּי בְאַפָּם הָרְגוּ אִישׁ וּבִרְצֹנָם עִקְּרוּ־שֹׁור׃
Translit interlinear, BESODAM
{pada permufakatan mereka} 'AL-TAVO' {tidak ia akan datang} NAFSYI
{nafasku, jiwaku} BIQHALAM {pada perkumpulan mereka} 'AL-TEKHAD {tidak
ia akan dipersatukan} KEVODI {kehormatanku} KI {karena} VE'APAM {pada
murka mereka} HAREGU {mereka membunuh} 'ISY {orang} UVIRTSONAM {dan pada
kesenangan mereka} 'IQERU-SYOR {mereka memotong urat keting lembu}



Kata " יחד - YAKHAD juga ditemukan dalam Mazmur 86:11 ("bulatkanlah") dan Yesaya 14:20 ("bersama-sama").

" יחד - YAKHAD adalah " חד - KHAD" dalam genggaman tangan, diterjemahkan dengan "satu-satunya", "tunggal", "hanya", "saja", "sebatang kara", sering dihubungkan dengan anak "tunggal".

Jika " אחד - 'EKHAD" merujuk kepada
kesatuan yang kompleks, maka " יחיד - YAKHID" berhubungan dengan kesatuan yang absolut.


* Kejadian 22:2
LAI-TB, Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal (YAKHID)
itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan
persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu
gunung yang akan Kukatakan kepadamu."
KJV,
And he said, Take now thy son, thine only
son Isaac, whom thou lovest, and get thee into the land of Moriah; and
offer him there for a burnt offering upon one of the mountains which I
will tell thee of.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר
קַח־נָא אֶת־בִּנְךָ אֶת־יְחִידְךָ אֲשֶׁר־אָהַבְתָּ אֶת־יִצְחָק
וְלֶךְ־לְךָ אֶל־אֶרֶץ הַמֹּרִיָּה וְהַעֲלֵהוּ שָׁם לְעֹלָה עַל אַחַד
הֶהָרִים אֲשֶׁר אֹמַר אֵלֶיךָ׃
Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} QAKH-NA' {ambillah} 'ET-BINKHA {anakmu} 'ET-YEKHIDKHA {satu-satunya darimu} 'ASYER-'AHAVTA
{yang engkau mengasihi} 'ET-YITSKHAQ {Ishak} VELEKH-LEKHA {berjalanlah
engkau} 'EL-'ERETS {pada bumi} HAMORIAH {Moria itu} VEHA'ALEHU {dan
persembahkanlah ia} SYAM {di sana} LE'OLAH {sebagai korban bakaran} 'AL
{di atas} 'AKHAD {satu} HEHARIM {gunung-gunung} 'ASYER {yang} 'OMAR {Aku
akan berfirman} 'ELEYKHA {kepadamu}


Tauhid adalah konsep dasar monotheisme dalam agama Abraham (nabi Ibrahim) yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Tauhid berarti menyatakan keesaan (Ibrani: " אחד - 'EKHAD"; Arab: 'AHAD) -- bukan ketunggalan (Ibrani: " יחיד - YAKHID"; Arab: WAHID) -- dan keunikan Allah.

Kata tauhid itu sendiri berasal dari akar kata 'AHAD. Esa berarti kesatuan yang kompleks, bukan satu yang absolut, sedangkan unik bermakna tidak ada yang dapat dibandingkan.


Lawan dari tauhid adalah sirik
yang berarti pembagian atau perpecahan, menyatakan bahwa Allah itu
lebih dari satu, bisa berjumlah tiga, sepuluh, atau ratusan Allah dalam
aspek kuantitas.


Keesaan Allah tidak menyangkal adanya kejamakan dalam diri Allah seperti adanya al asymaul husyna (nama-nama yang indah) dari Allah sebanyak 99 nama, bukan nama tunggal. Demikian pula orang Yahudi mengenal Allah dengan kata " אלהים - 'ELOHÎM", bentuk jamak dari " אלוה - 'ELÔAH ", tetapi senantiasa menggunakan verba tunggal, bukan verba jamak. Kejamakan " אלהים - 'ELOHÎM" di situ dikenal dengan istilah plural of majestic, jamak kebesaran.


Saya pernah mendengar ceramah Prof. Dr. Quraish Shihab di televisi tentang kata Arab yaitu 'AHAD dan WAHID. Jika mendengar kata 'AHAD,
maka dalam pikiran orang Semit akan tergambar sesuatu yang tidak dapat
diterapkan operasi matematika, sedangkan operasi matematika
(tambah/kurang) masih dapat dilakukan pada kata WAHID.

Kata " אחד - 'EKHAD" dapat pula berarti satu-satunya (unik) atau saja. Orang Yahudi tidak menyangkal adalah " אלהים - 'ELOHÎM"
lain seperti allah orang Aram, allah orang Sidon, allah orang Moab,
allah bani Amon, allah orang Filistin (Hakim-hakim 10:6), semuanya
menggunakan kata " אלהים - 'ELOHÎM", tetapi satu-satunya " אלהים - 'ELOHÎM" orang Israel adalah " יהוה - YHVH".



* Ulangan 6:4

LAI-TB, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

KJV, Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD:

Hebrew,
שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה ׀ אֶחָֽד ׃
Translit interlinear, SYEMA'
{dengarlah} YISRÂ'ÊL {Israel} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN}
'ELOHEINÛ {Allah kita} YEHOVÂH {YHVH dibaca Adonai, TUHAN} 'EKHÂD {esa}




Ungkapan "YHVH 'ELOHÊYNÛ YHVH 'EKHÂD" secara konsetual -- bukan secara literal -- dapat diterjemahkan dengan YHVH Allah kita, YHVH saja.


Ada perbedaan konsep tauhid
antara kalangan Sunni dan Syi'ah, di antaranya kalangan Syi'ah tidak mau
menggunakan ungkapan anthropomorfis seperti tangan Allah, wajah Allah,
dan kaki Allah, misalnya kalangan Syi'ah memprotes hadis sahid Bukhari
yang menyatakan bahwa Allah menginjak neraka jahanam dengan kaki-Nya.



بِاسْمِ الآبِ وَالاِبْنِ وَالرُّوحِ الْقُدُس، الآله الو احد، آمِين

Bismil'Abbi, wal-Ibnu, wa-Roh'ul Qudus, Allah'hu Ahad


sumber:biblika,sarapan pagi
avatar
blackbox
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 49
Location : terperangkap di dalam kotak hitam
Join date : 31.08.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down


Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Mon May 20, 2013 2:04 pm

@SEGOROWEDI wrote:
- sudah dibilang: bukan soal boleh/tidak boleh
- menampung/menanggung dosa tidak berarti berdosa
- semua perbuatan manusia pasti boleh atau tidak boleh.
- menampung/menanggung dosa itu sama artinya dengan berdosa.
Buktinya, Yesus terpisah dengan Tuhan => mati.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Tue May 21, 2013 4:21 pm



- gak nyambung
- tidak sama

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Wed May 22, 2013 7:19 am

@SEGOROWEDI wrote:

- gak nyambung
- tidak sama

- bukan gak nyambung, tapi sampeyan yg gak berani jawab. Boleh atau tidak merasa ditinggalkan Tuhan sampai teriak-teriak???

- sama. Buktinya Yesus mati, krn upah dosa adalah mati.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Wed May 22, 2013 9:39 am



- itu alamiah, bukan soal boleh/tidak boleh
- kita menaggung hutang, yang punya hutang bukan kita, hanya kuwajibannya yang kita ambil alih, beda dengan kita punya hutang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Wed May 22, 2013 3:10 pm

@SEGOROWEDI wrote:
- itu alamiah, bukan soal boleh/tidak boleh
- kita menaggung hutang, yang punya hutang bukan kita, hanya kuwajibannya yang kita ambil alih, beda dengan kita punya hutang
- alamiah atau pun tidak alamiah, tetap bisa dinilai itu boleh dilakukan atau tidak. Apalagi sampe teriak-teriak.

- justru konsekuensi dosa itu yg bikin ngeri=mati, berpisah dengan Tuhan, ditinggalkan Tuhan.

Dengan menanggung dosa, Yesus berarti menjalani konsekuensi dari dosa: ditinggal Tuhan, berpisah dengan Tuhan dan mati.

Lebih parah lagi..Yesus telah menjadi DOSA.

P. Baru: II Korintus: 5
5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Wed May 22, 2013 4:10 pm

- prasaan seperti itu wajar, terlepas boleh/tidak boleh
- makanya hanya sebagai penanggung, bukan sebagai pendosanya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Thu May 23, 2013 8:05 am

@SEGOROWEDI wrote:- prasaan seperti itu wajar, terlepas boleh/tidak boleh
- makanya hanya sebagai penanggung, bukan sebagai pendosanya

- kewajaran tetap bisa dinilai boleh atau tidak boleh. Spt halnya kewajaran manusia berbuat dosa.

- justru konsekuensi penanggung dosa malah lebih parah dari pendosanya. Karena si penanggung harus terpisah dari Tuhannya, harus ditinggalkan Tuhan dan MATI.

Apalagi si penanggung dosa TELAH MENJADI DOSA. Yesus telah menjadi DOSA itu sendiri, bukan sekedar penanggung.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Thu May 23, 2013 8:09 am


- tapi ini soal kewajaran, bukan soal boleh/tidak boleh
- emang karena ia yang nanggung, tapi bukan dia pendosanya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Thu May 23, 2013 9:41 am

@SEGOROWEDI wrote:
- tapi ini soal kewajaran, bukan soal boleh/tidak boleh
- emang karena ia yang nanggung, tapi bukan dia pendosanya

-itu kan maunya sampeyan. Padahal semua kewajaran itu bisa dinilai boleh/tidak boleh. Sampeyan takut ya...

- akhirnya semua dosa menjadi milik Yesus. Yesus bahkan telah menjadi DOSA itu sendiri.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Thu May 23, 2013 9:44 am


- silakan aja kalau mo dinilai, tapi itulah kewajaran
- itulah namanya menanggung (dosa)

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Thu May 23, 2013 9:53 am

@SEGOROWEDI wrote:
- silakan aja kalau mo dinilai, tapi itulah kewajaran
- itulah namanya menanggung (dosa)

- saya nanya sama sampeyan...boleh apa gak boleh. Kok sampeyan takut banget...

- dan itu sama dengan yesus berdosa. Krn yg ditanggung adalah dosa, bukan perbuatannya.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Thu May 23, 2013 4:13 pm



- boleh/tidak boleh, itu hal yang wajar, kamu pasti juga mengalami..
- pendosanya kan bukan Yesus

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Fri May 24, 2013 12:13 am

@SEGOROWEDI wrote:

- boleh/tidak boleh, itu hal yang wajar, kamu pasti juga mengalami..
- pendosanya kan bukan Yesus

- lha iya...wajar dialami manusia, tapi sebenarnya boleh atau tidak kalau kita berteriak-teriak spt itu. Boleh/tidak boleh tentu kaitannya dengan dosa lho....

- ya tidak relevan lagi. perbuatan manusia tidak ada artinya lagi ketika dosa sudah ngumpul pd Yesus. Semua manusia sudah tidak berdosa lagi walau mereka berbuat jahat semaunya, semua dosa sudah ngumpul pd Yesus.

Manusia yg berbuat jahat TIDAK AKAN DITINGGALKAN Tuhan, krn mereka tidak berdosa. Justru yg ditinggalkan Tuhan adalah Yesus, krn menjadi TEMPAT PENAMPUNG dosa.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Fri May 24, 2013 11:41 am


- ya udah kalau wajar
- kalau sudah ditanggung/diampuni, ya harus jaga kekudusan, kok malah bebas berbuat dosa gimana..

ditinggalkan/tidak..
wajar kalau merasa ditinggalkan..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by metheny on Mon May 27, 2013 9:04 am

@SEGOROWEDI wrote:
- ya udah kalau wajar
- kalau sudah ditanggung/diampuni, ya harus jaga kekudusan, kok malah bebas berbuat dosa gimana..

ditinggalkan/tidak..
wajar kalau merasa ditinggalkan..

- Kewajaran tidak lepas dari nilai boleh/tidak boleh. Berbuat jahat itu wajar bg manusia, tetapi tetap tidak boleh.

- jaga kekudusan??? Bohong besar....memang segorowedi bisa jaga kekudusan?
Sekecil apapun perbuatan buruk, pasti pernah dilakukan orang Kristen. Tdk satu pun orang Kristen mampu menjaga kekudusan sampai kapan pun.

Jadi....Yesus masih menjadi TAMPUNGAN DOSA hingga saat ini.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by SEGOROWEDI on Thu May 30, 2013 2:44 pm


- konteksnya kan mengajarkan kalau merasa seperti itu apa yang harus dilakukan..
- memang tidak mudah, tetapi harus dilakukan.. jangan malah berpikiran setani: bebas berbuat dosa lagi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by njlajahweb on Sun Oct 08, 2017 10:36 am

Allah itu Esa karena,
BAPA, JESUS juga ROHKUDUS adalah ALLAH atau adalah ALLOHSWT

(berdasar KUALITASKeilahian yang terkandung dalam Keilahian Mereka).
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Allah itu esa/ekhad/ahad, esa atau tunggal/ yakhid/wahid.

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 7 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik